12 Oktober 2015

Jaga Lanud di Seluruh Indonesia, Korpaskhas Rencana Beli Rantis Baja Pindad

12 Oktober 2015


Paskhas akan membeli 119 kendaraan taktis Pindad untuk 9 batalyon Paskhas, tipe kendaraan yang diharapkan adalah mirip Doosan DST Baracuda 4x4 (photo : Kaskus Militer)

JAKARTA, KOMPAS.com - Korps Pasukan Khas (Korpaskhas) TNI Angkatan Udara berencana melakukan pengadaan ratusan kendaraan taktis (Rantis) baja untuk membantu pertahanan pangkalan udara sekaligus mobilisasi personel. 

Terkait pengadaan ini, Direktur Utama PT Pindad Silmi Karim mendatangi Markas Komando Korpaskhas di Lapangan Udara Sulaiman, Margahayu, Bandung, beberapa hari lalu. Kunjungan ini merupakan kunjungan balasan setelah Komandan Korpaskhas Mareskal Muda TNI Adrian Wattimena berkunjung ke PT Pindad di Jalan Gatot Subroto, Bandung, awal 2015 lalu.

"Setelah kami melihat kemampuan rantis yang dipamerkan saat menyambangi Pindad, kami merasa rantis itu cocok dalam mendukung tugas Korpaskhas," ujar Adrian, melalui keterangan tertulis yang diterima Kompas.com, Senin (12/10/2015) pagi. 

Kendaraan taktis Arwana yang tampil dalam Indo Defence 2010 (photo : ipenk)

Rantis baja yang mirip dengan Baracuda milik Polri tersebut rencananya difungsikan untuk dua tujuan. Pertama, bantuan pertahanan serta mobilisasi personel. Kedua, antisipasi kontijensi berupa perebutan pangkalan udara.

"Standarnya, memang harus ada rantis baja untuk melindungi alutsista di pangkalan udara di seluruh Indonesia," ujar Adrian. 

Rencananya, rantis baja tersebut akan ditempatkan di sembilan batalyon TNI AU di seluruh Indonesia, yakni dua batalyon di Jakarta, sementara sisanya masing-masing satu batalyon ada di Makassar, Malang, Madiun, Pontianak, Kalimantan Utara, Medan dan Biak. 

Direktur Utama PT Pindad Silmi Karim mengapresiasi rencana pengadaan rantis baja tersebut. 

"Saya saya sudah menyampaikan rencana tersebut kepada Menteri Pertahanan Ryamizard Ryacudu," ujar Silmi.

(Kompas)

2 komentar:

  1. PT Pindad juga jangan lupa buat mobil BI, utk mengamankan uang negara..............

    BalasHapus
    Balasan
    1. sejujurnya kendaraan taktis jeeb COMODO pindad selusi tepat segera di produksi massal buat tni , asal jeeb comodo anti peluru buat prajurit di perbatasan .

      Hapus