01 Oktober 2015

Kopaska Melatih Kompi Taipur Kostrad

01 Oktober 2015


 Latihan pasukan Taipur Kostrad di laut (photos : Kostrad)

JMOL – Satuan Komando Pasukan Katak Komando Armada RI Kawasan Barat (Satkopaska Koarmabar) mengadakan pelatihan bagi 88 personel Kompi Intai Tempur (Taipur) Batalyon Intelijen Kostrad Tahun 2015. Kegiatan tersebut dibuka Komandan Satkopaska Koarmabar (Dansatkopaskaarmabar) Letkol Laut (E) Monang H. Sitompul dalam suatu upacara militer yang dilaksanakan di lapangan apel Markas Komando Satkopaska Koarmabar, Pondok Dayung, Jakarta Utara, Senin (28/9) lalu.

Dansatkopaskaarmabar dalam amanatnya antara lain mengatakan bahwa tujuan latihan ini adalah untuk melatih dan membentuk personel Satuan Jajaran Kostrad untuk menjadi personel Kompi Taipur yang memiliki kemampuan khusus dalam melaksanakan operasi di berbagai bentuk medan khususnya di air, dalam mengembangkan kemampuan baik perorangan, tim dan kerjasama dalam organisasi satuan.

Lebih lanjut Dansatkopaskaarmabar menyampaikan bahwa sasaran yang ingin dicapai dari latihan ini adalah kemampuan untuk merencanakan sebuah operasi sampai dengan pelaksanaan dengan tujuan untuk mengaplikasikan dan menerapkan standar prosedur operasi yang ada, sehingga akan tercipta kesiapsiagaan prajurit yang profesional.



Mengakhiri amanatnya, Dansatkopaskaarmabar antara lain menekankan kepada perwira pelaksana beserta seluruh staf dan pelaku latihan untuk selalu menjaga keamanan baik personel maupun material dengan selalu mengacu kepada standar prosedur operasi. Di samping itu juga agar melaksanakan latihan secara serius dan bersungguh-sungguh serta bertanggung jawab.

Direncanaka latihan ini akan berlangsung selama 29 hari dari tanggal 28 September sampai dengan 23 Oktober 2015 dengan lokasi latihan di Ksatrian TNI AL Pondok Dayung, perairan Teluk Jakarta, Pondok Cabe serta Pulau Laki, Kepulauan Seribu.  Adapun materi yang dilatihkan meliputi renang rintis, renang kompas bawah air (RKBA), selam malam, dayung perahu karet senyap, long range navigation, perimeter pantai dan taktik satuan kecil (TSK) serta terjun laut.

(Jurnal Maritim)

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar