23 November 2015

Korps Marinir Resmikan Puslatpur Bancar, Tuban

23 November 2015

Puslatpur Marinir Animha di Kecamatan Bancar Tuban akan fokus sebagai tempat latihan pasukan amphibi (photo : Antara)

kabartuban.com – Bersamaan dengan peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Korps Marinir yang ke 70, Komando Korps Marinir Mayjen TNI Buyung Lalana meresmikan Pusat Latihan Pertempuran (Puslatpur) Marinir Animha di Kecamatan Bancar Tuban. Nantinya,lokasi tersebut akan fokus sebagai tempat latihan pasukan amphibi, Sabtu (21/11/2015).

“Puslatpur yang berbatasan dengan Provinsi Jawa tengah sangat strategis sebagai tempat latihan marinir,” kata Komando Korps Marinir, Mayjen TNI Buyung Lalana.

Menurutnya, lokasi tersebut memiliki karakteristik laut yang mendukung meningkatkan kekuatan Marinir di Provinsi Jawa Timur. Kondisi pantai yang memadai tersebut sangat mendukung manuver kendaraan tempur marinir, termasuk kendaraan tank amphibi.

Hingga diresmikan hari ini, baru ada dua unit tank yang disiapkan untuk latihan pasukan, dan kendaraan lainnya akan menyusul bersamaan dengan persiapan perlengakapan Puslatpur. Selain pasukan amphibi, akan ditempatkan pula datasemen pemeliharaan dengan kekuatan minimal 200 personil untuk mendukung operasional Puslatpur tersebut.

“Puslatpur Tuban merupakan salah satu lokasi latihan tempur di Jawa Timur, melengkapi Puslatpur di Malang, Grati, dan Situbondo,” imbuh Buyung..

Lebih lanjut Mayjen TNI Buyung Lelana mengatakan, dari semua lokasi latihan Marinir di Jawa Timur, satu dengan yang lainnya memiliki ciri dan karakteristik masing-masing, Seperti halnya di Malang fokus latihan operasi darat, dan di Tuban sesuai meningkatkan kemampuan pasukan amphibi,” pungkasnya.

(KabarTuban)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar