27 November 2015

Skuadron Serbu 13 TNI AD Siap Beroperasi

27 November 2015

Skuadron Serbu 13 TNI AD berlokasi di Tanjung Redeb, Berau, Kalimantan Timur (photo : Kaskus Militer)

TANJUNG REDEB- Dibangun sejak beberapa tahun lalu, Skuadron Serbu 13 yang ditempatkan di Bandar Udara (Bandara) Kalimarau telah siap dioperasikan. Sesuai jadwal yang ditetapkan, pengoperasian dilaksanakan pada triwulan I tahun 2016 mendatang.

Keberadaan Skuadron Serbu 13 tersebut dipaparkan di depan Komandan Pusat Penerbangan Angkatan Darat (Danpus Penerbad) Brigjen TNI Benny Susianto dan Penjabat (Pj) Bupati Berau Syarifuddin. Berikut  pejabat terkait di jajaran Pemkab Berau, bertempat di Ruang Kakaban Setkab Berau, Kamis (26/11).

Skuadron Serbu 13 yang dibangun di area eks terminal lama Bandara Kalimarau tersebut sudah dilengkapi Shelter 1 unit, apron 1 unit, markas komando (mako) 1 unit, hanggar 1 unit, gudang har 1 unit, barak siaga 1 unit, mes perwira 1 unit, rumah dinas komandan 1 unit dan rumah dinas wakil komandan 1 unit. Kesiapan personel pun sudah dilakukan, termasuk alutsista yang akan ditempatkan di skuadron serbu 13. Dalam presentasi Skuadron Serbu 13, juga disampaikan usulan untuk logo dari skuadron yang akan diambil dari daerah ini.

Komandan Pusat Penerbang Angkatan Darat (Penerbad) Brigjen TNI Benny Susianto mengatakan, pengembangan skuadron terus dilakukan dengan pemenuhan fasilitas. Keberadaan skuadron ini nantinya tak hanya untuk TNI, tetapi juga masyarakat dan pemerintah Kabupaten Berau. Beberapa event bisa digelar di skuadron ini. Saat ini menurut Benny, yang dipersiapkan adalah pembangunan asrama  prajurit. Pihaknya sudah mendapat lokasi yang dinilai sangat strategis, baik untuk kawasan pemukiman maupun jarak tempuh menuju kawasan skuadron.

“Untuk itu, saya berharap mendapat dukungan dari Pemerintah Kabupaten Berau dalam rencana pengembangan ini. Kami menyampaikan terima kasih kepada Pemkab Berau yang telah mendukung pembangunan skuadron ini,” ungkapnya.

Sedangkan Pj Bupati Berau Syarifuddin, menyebutkan, Pemkab Berau memberikan dukungan penuh keberadaan Skuadron Serbu 13 yang dibangun di daerah ini. Menurutnya skuadron tempur ini sangat penting dan strategis. Tak hanya memberikan jaminan keamanan wilayah dan masyarakat, namun keberadaan Skuadron ini juga memberikan dampak terhadap pertumbuhan pada sektor sektor lain di Bumi Batiwakkal, termasuk sektor perekonomian.

“Pemerihtah Kabupatan Berau memberikan dukungan penuh dalam pembangunan Skuadron Serbu 13 di daerah ini,” ucapnya. 

(Kaltim Post)

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar