29 November 2015

Pulau Ndana NTT, Sekarang Dijaga oleh Marinir

29 November 2015


Pulau Ndana, Rote, Nusa Tenggara Timur (image : GoogleMaps)

Pulau Ndana, Bagian Terluar Indonesia, Dulu Tentara Australia Sering Singgah, Kini Dijaga Marinir

Mengunjungi pulau terluar Indonesia selalu begitu mengagumkan. Bukan hanya keindahan alamnya, adat dan budaya masyarakat di pulau-pulau itu sangatlah menarik. Begitu pula pulau terluar yang berbatasan dengan benua Australia, Pulau Ndana di Kabupaten Rote, Nusa Tenggara Timur (NTT). Kita akan dibawa ke ''surga'' yang lain. 

Untuk sampai ke pulau yang kini dijaga TNI-AL tersebut, kita harus menempuh perjalanan yang cukup panjang. Dari Kupang, kita harus terbang ke Kota Ba'a 

Kota Ba'a adalah ibu kota Kabupaten Rote Ndao. Pulau Ndana terletak di kabupaten yang baru berusia 14 tahun itu.

Untuk meneruskan perjalanan ke Pulau Ndana dari Ba'a, masih diperlukan waktu 1,5 jam. Kondisi ombak pun cukup tinggi, meski cukup bersahabat. Begitu tiba di Pulau Ndana, suasana sangat sepi. Namun, pemandangan pantainya sangat indah. Pasir putih membentang dari garis pantai. Debur ombak terus berderu. 

Begitu memasuki Pulau Ndana, kita disambut papan nama dari kayu bertulisan Selamat Datang di Pulau Ndana dalam dua bahasa, Indonesia dan Inggris. Tidak jauh dari papan nama tersebut, tampak barak TNI-AD.

Barak tersebut terdiri atas tiga bangunan utama. Di bagian belakang, terdapat lapangan yang kerap digunakan para anggota TNI untuk berolahraga. Ada pula sebuah sumur yang disesuaikan dengan warna doreng TNI.

Sebagai informasi, tanah untuk pembangunan barak TNI diberikan secara gratis oleh keluarga Mesakh yang memegang hak ulayat atas Pulau Ndana. Hal tersebut sesuai dengan surat permohonan komandan Korem 161/Wirasakti Kupang pada 3 September 2007. Mereka juga menyerahkan tanah seluas 400 meter persegi pada 2001 untuk pembangunan mercusuar.


Pulau Ndana, pulau terluar di bagian selatan Indonesia yang kini dijaga oleh TNI (photo : JPNN)

Selain itu, hingga September 2013, pemerintah telah merampungkan pembangunan kantor Posal (Pos AL), menara, dan dua unit rumah dinas lengkap dengan alsatri serta genset. Keluarga Mesakh juga menyerahkan tanah seluas 400 meter persegi pada 2001 untuk pembangunan mercusuar.

"Dalam perjanjian antara TNI dan keluarga Mesakh, anggota TNI harus menjaga hutan agar tetap utuh dan tidak boleh menembak rusa. Di sini banyak rusa yang berkeliaran, meski hewan itu sangat jarang terlihat," kata Kusman.

Menurut pria 38 tahun itu, sebelum TNI berada di pulau tersebut, patroli angkatan laut Australia kerap mengunjungi pulau itu. Hal tersebut dinilai cukup berisiko bagi keutuhan wilayah Indonesia.

"Sebelum ada markas TNI di sini, kapal-kapal patroli Australia kadang singgah di sini. Untuk menjaga keamanan pulau, sejak 2006, ditempatkan TNI Angkatan Darat dan satuan Marinir. Awalnya, pulau ini adalah wilayah kerajaan. Keturunannya sekarang ya keluarga Mesakh itu," jelasnya.

Selain bercerita soal sejarah, para anggota TNI siap mengantar para turis berkeliling pulau. Jika jumlah turis hanya beberapa orang, biasanya mereka akan diajak melihat-lihat keindahan Pulau Ndana dengan kendaraan motor beroda tiga. Kendaraan tersebut bisa memuat 4-5 orang. Di kota besar, kendaraan itu kerap digunakan untuk mengangkut barang seperti galon air mineral."Kami menyebutnya Viar (merek motor Viar, Red)," ujar Kusman.  

Berkeliling pulau dengan menaiki Viar cukup seru. Pengemudinya pun harus piawai. Sebab, medan yang ditempuh bukan jalanan beraspal, melainkan padang rumput dan semak belukar. Guncangan-guncangan kecil pun mengiringi perjalanan. Kadang Viar selip saat melewati medan berpasir. Karena itu, penumpang sebaiknya berpegangan erat.

Kendaraan tersebut juga digunakan para anggota TNI untuk berpatroli. Karena mereka kerap berpatroli dan mengantar tamu, di sepanjang area pulau yang seluas 14,19 kilometer persegi atau sekitar 1.400 hektare itu sudah terbentuk jalan setapak. "Ini (jalan) ya kami yang bentuk. Gara-gara kami tiap hari patroli dan antar tamu," jelas pria asal Surabaya tersebut.

Namun, lanjut Kusman, tidak semua medan di Pulau Ndana bisa dilewati dengan Viar. Misalnya, jalan menuju danau air tawar, salah satunya danau merah. Wisatawan pun harus berjalan kaki. Perjalanan ke danau yang memang berwarna merah itu sedikit melelahkan karena medannya penuh semak belukar dan berbatu ditambah udara yang sangat panas.

See full article JPNN

Tidak ada komentar:

Posting Komentar