16 November 2015

Pasukan Taipur 6 Kostrad Terbentuk

16 November 2015


Peleton Taipur ke-1 pada Tahun 2001, saat ini sudah ada 6 peleton Taipur (photo : Kostrad)

Pengintai Tempur TNI Punya Kemampuan Operasi di Segala Medan

Jakarta, CNN Indonesia -- Panglima Komando Strategis TNI Angkatan Darat (Pangkostrad) Letjen TNI Edy Rahmayadi menyatakan pembentukan satuan Pengintai Tempur (Taipur) TNI bertujuan melatih dan membentuk prajurit satuan jajaran Kostrad menjadi prajurit Taipur yang memiliki kemampuan khusus dalam melaksanakan tugas operasi.

“Tugas operasinya di berbagai bentuk medan baik di rawa, laut, hutan, gunung, dan perkotaan,” kata Edy dalam keterangannya yang diterima CNN, Sabtu (14/11).

Edy mengatakan prajurit Taipur Kostrad harus mempunyai kemampuan khusus dalam melaksanakan tugas operasi lawan gerilya, pertempuran pemukiman dan perkotaan, pertempuran jarak dekat, tugas intelijen Sandhi Yudha serta intelijen tempur aspek laut.

Satuan Taipur, ujar Edy, selain memiliki kemampuan tempur khusus juga dilengkapi dengan peralatan tempur khusus, seperti alat selam tempur close circuit, kendaraan bawah air, dan berbagai jenis senjata canggih lainnya.

Pada upacara penutupan Latihan Pembentukan Taipur VI Kostrad 2015, di Lapangan Subdenharlat Kostrad Jatiluhur, Purwakarta, Jawa Barat, Jumat (13/11), Edy menyematkan Brevet Kehormatan Taipur kepada sejumlah petinggi di TNI AD. 

Menteri Pertahanan Ryamizard Ryacudu adalah penggagas sekaligus pendiri satuan Taipur pada  2001, pada saat menjabat sebagai Panglima Kostrad. Saat itu Ryamizard ingin agar Kostrad memiliki satuan khusus dengan kualifikasi khusus yang mampu melaksanakan operasi pengintaian dan eksekusi langsung di sasaran.

Saat ini Kostrad telah memiliki satuan tempur yang berkualifikasi khusus, yaitu Satuan Para Raider, Satuan Raider, dan satuan Taipur. Pembentukan Taipur ke-6 Tahun 2015 ini berjalan selama enam bulan. Sebelumnya telah diawali dengan pembentukan Taipur ke-1 pada 2001, pembentukan Taipur ke-2 pada 2002, Taipur ke-3 tahun 2003, Taipur ke-4 tahun 2004, Taipur ke-5 tahun 2009, dan Taipur ke-6 tahun 2015 ini. 

(CNN)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar