30 Juni 2016

Skuadron Serbu 13 Beroperasi Setelah Lebaran

30 Juni 2016



Helicopter Fennec akan memperkuat Skuadron 13 Penerbangan Angkatan Darat (photo : Arturedo)

TANJUNG REDEB – Skuadron Serbu 13 Penerbad yang berada di Bandara Kalimarau, siap dioperasikan dalam waktu dekat. Komadan dan sejumlah personelnya, telah berada di Kabupaten Berau, saat ini.

“Penerbad (Skuadron Serbu 13, red.) tinggal diresmikan saja. Dan rencananya memang setelah lebaran ini mulai beroperasi,” ungkap Dandim 0902/TRD, Letkol Czi Slamet Santoso kepada Berau Post, Selasa (28/6).

Untuk progresnya, dikatakan Slamet, baru mencapai sekitar 60 persen. Pasalnya, peralatan, armada helikopter dan sebagainya belum bergeser ke Kabupaten Berau. Termasuk pembangunan rumah prajurit.

“Tetap dioperasikan dan itu sambil berjalan, ya setelah lebaran itu sebagian peralatan dan unit akan bergeser. Heli penerbad kan ada di Tarakan, nah itu nantinya akan di tempatkan di Berau,” terangnya.


Terkait pembangunan perumahan prajurit, rencana awal pembangunan telah disepakati dengan Pemkab Berau di depan lapangan golf Jalan Raja Alam, Kecamatan Teluk Bayur, sesuai persetujuan Bupati Berau saat masih dipimpin Makmur HAPK.

Tetapi, pihaknya tetap akan berkoordinasi dan bersurat kembali terkait rencana pembangunan perumahan prajurit, kepada Bupati Berau saat ini.

Rencananya, pembangunan perumahan untuk 50 prajurit yang akan bertugas di Skuadron Serbu 13, juga bisa dilaksanakan usai Idulfitri nanti.

”Saat ini sudah ada komandannya di Berau, dan ada sekitar 30 sampai 40 personel juga ada di Berau. Mereka sementara tinggal di barak Skuadron. Untuk rumah komandannya sudah jadi,” jelasnya.

Ditanya jenis helikopter yang akan beroperasi di Berau, Slamet belum mengetahui pasti. Informasi awal yang didapatkannya, baru satu jenis. “Kemungkinan ada jenis lain, saya belum tahu pasti,” pungkasnya.

Seperti diketahui, Skuadron Serbu 13 yang dibangun di area eks terminal lama Bandara Kalimarau, sudah dilengkapi Shelter, apron, markas komando (mako), hanggar, gudang har, barak siaga, mes perwira, rumah dinas komandan dan rumah dinas wakil komandan.

(ProKal)

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar