10 Juni 2016

Test Flight Pesawat Tempur Sukhoi Ex Overhaul Berjalan Sukses

10 Juni 2016


Pesawat Su-30Mk2 TS-3006 (photo : kaskus militer)

Makassar, Laras Post - Mesin jet tempur Sukhoi SU-30 MK2 meraung-raung tepat di langit Lanud Sultan Hasanuddin, Selasa (7/6), burung besi canggih super sonic itu pun bergerak cepat melesat dengan berbagai manuver. Test flight satu unit pesawat tempur Sukhoi SU-30 MK2 tail number TS-3006 yang dilaksanakan selama sehari. Sukhoi TS-3006 yang sebelumnya menjalani perawatan tingkat berat di Belarusia dan tiba di Lanud Sultan Hasanuddin pada 26 Mei lalu, kemudian menjalani perakitan di Skadron Teknik 044 oleh tim teknisi langsung dari Rusia bekerjasama dengan para teknisi dari Skadron Teknik 044 Lanud Sultan Hasanuddin berjalan lancar dan tepat waktu sesuai rencana.

Pesawat tempur Sukhoi SU-30 MK2 made-in Komsomolsk-na Amure Aircraft Production Association, Rusia itu, sengaja melakukan test flight guna meyakinkan seluruh fungsi teknis berjalan dengan normal, pasca perakitan kurang lebih dua Minggu, selanjutnya melaksanakan test flight, dimulai dengan pelaksanaan briefing penerbangan yang dihadiri Komandan Lanud Sultan Hasanuddin Marsma TNI Nanang Santoso beserta Staf, 2 pilot test flight dan crew pesawat dari Rusia masing-masing Danis dan Pavel, para penerbang tempur Skadron Udara 11, serta petugas PLLU dan Meteorologi Lanud Sultan Hasanuddin.

Test Flight pesawat tempur canggih super sonic itu, dilakukan 2 shorty, pertama dipiloti penerbang Rusia Danis dan Pavel, kemudian pada shorty kedua dipiloti langsung Komandan Skadron Udara 11 dan Komandan Wing 5. Test flight Sukhoi TS-3006 kurang lebih selama 1 jam, dilaksanakan tepat di atas ruang udara Lanud Sultan Hasanuddin dan sekitarnya, dengan melaksanakan beberapa manuver di udara tersebut disaksikan langsung para Kepala Dinas serta Pejabat Staf Lanud Sultan Hasanuddin, tak lupa gemuruh tepuk tangan mengiringi test flight Sukhoi yang berjalan lancar dan sukses.

(LarasPost)

2 komentar: