16 Juni 2016

Ujicoba Embarkasi dan Debarkasi Tank Leopard ke KRI Teluk Bintuni 520

16 Juni 2016

MBT Leopard 2 TNI AD (photo : TNI AL)

Pangarmatim Terima Kunjungan Kapuskon Baranahan Kemhan RI

Panglima Komando Armada RI Kawasan Timur (Pangarmatim) Laksamana Muda (Laksda) TNI Darwanto, S.H.,M.A.P., menerima kunjungan Kepala Pusat Konstruksi  Badan Sarana Pertahanan (Kapuskom Baranahan) Kemhan RI, Brigjen TNI Zaenal Arifin, S.IP, bertempat di ruang VIP Nala Koarmatim Ujung, Surabaya. Kamis, (16/6).

Usai melaksanakan pertemuan singkat, Brigjen TNI Zaenal Arifin beserta Pangarmatim dan rombongan meninjau Uji Coba dengan menggunakan metoda pengamatan fisik, embarkasi dan debarkasi Tank Leopard  ke atau dari KRI melewati Dermaga Beaching yang telah  selesai dibangun. Dan sebagai penyelenggara pelaksanaan Uji Coba Beaching Plate dan uji rampa, turn table serta snatchwinch  KRI Teluk Bintuni-520 yang sandar di Dermaga E Koarmatim.

KRI Teluk Bintuni 520 (photo : pojokmedia)

Kegiatan ini merupakan tindaklanjut pembangunan kekuatan TNI AL pada TA.2014, yang telah dilaksanakan pembangunan fasilitas Beaching Plate di kolam labuh Koarmatim. Selain itu, uji coba tersebut bertujuan untuk mengetahui kemampuan Beaching Plate yang dibangun dan kemampuan rampa, turn table serta snatchwinch KRI Teluk Bintuni-520, dalam mengangkut Tank MBT Leopard.

Pengujian secara bersamaan dimaksudkan agar dalam pelaksanaan operasional KRI dapat berjalan secara maksimal guna mendukung mobilisasi MBT melalui Daerah Basis Angkatan Laut (DBAL) Ujung Surabaya dapat dilaksanakan dengan baik, dan dari sisi pelaksanaan pengujian lebih efektif serta efisien.

Hadir dalam peninjauan tersebut diantaranya, Kepala Staf Koarmatim (Kasarmatim) Laksamana Pertama (Laksma) TNI Mintoro Yulianto, S.Sos.,M.Si., Komandan Gugus Tempur Laut Koarmatim (Danguspurlatim) Laksma TNI I.N.G. Ariawan, S.E.,M.M., serta para Pejabat Utama Koarmatim dan seluruh Tim Uji dari Kemhan RI.

(Koarmatim)

3 komentar:

  1. Semoga berhasil melalui semua uji!
    LST buatan lokal.

    BalasHapus
  2. Setelah ada perbaikan pada kapal dan pembangunan infrastruktur pelabuhan kira kira berapa kapasitas angkut kapal KRI BINTUNI ini yaa??

    BalasHapus
    Balasan
    1. http://lampung.antaranews.com/berita/282402/kri-teluk-bintuni-520-diserahterimakan

      "kapasitas angkut untuk 10 tank, dan dua transporter, serta satu helikopter."

      Hapus