04 Maret 2017

KRI Nagapasa 403 akan Tiba di Indonesia Bulan April

04 Maret 2017


Kapal selam KRI Nagapasa 403 (all photos : Korps Hiu Kencana)

Kapal Selam Pesanan dari Korsel akan Tiba di Indonesia Bulan April

Jakarta - TNI AL memesan tiga kapal selam dari Korea Selatan. Satu dari tiga kapal telah jadi dan akan segera dibawa ke Indonesia untuk kemudian dioperasionalkan.

Kapal selam tersebut dipesan Indonesia dari DSME (Daewoo Shipbuilding & Marine Engineering) dengan proses Transfer of Technology (ToT). Satu kapal yang konstruksinya telah jadi sejak tahun lalu itu masih pada tahap uji coba.

Direncanakan kapal yang dibangun sejak tahun 2013 tersebut akan segera dikirimkan ke Indonesia setelah rangkaian uji coba selesai dilakukan.

"Kapal selam datang satu nanti bulan April," ungkap KSAL Laksamana Ade Supandi di Mabes TNI AL, Cilangkap, Jakarta Timur, Jumat (3/3/2017).

Ade sendiri bersama Menhan Ryamizard Ryacudu menyaksikan langsung peluncuran pertama kapal selam dengan kode Hull Number H.7712 itu di galanagan kapal DSME di Dermaga Okpo, Korea Selatan pada 24 Maret 2016. Sesuai dengan kontrak, kapal pertama dan kedua dilaksanakan di Korsel, dan yang ketiga akan dilakukan di galangan kapal PT PAL Indonesia karena proses ToT.

Selama proses pembangunan kapal selam pertama dan kedua, semua berada di bawah kendali pengawasan Satuan Tugas Proyek Pengadaan Kapal Selam (Satgas Yekda KDSE DSME209) yang dipimpin oleh Kolonel Laut (P) Iwan Isnurwanto. Untuk meraih kesuksesan pembangunan kapal selama ketiga, PT PAL telah mengirimkan sejumlah 113 insinyur ke DSME, Korea Selatan, untuk terlibat dalam proses ToT dan pembelajaran pembangunan dan pengembangan kapal selam secara mandiri melalui tahap On the Job Training (OJT).



Kapal Selam Diesel Elektrik DSME209 yang merupakan produksi ekspor pertama kali pemerintah Korea Selatan tersebut merupakan pengembangan dari kapal selam tipe Chang Bogo Class milik Republic of Korean Navy (ROK Navy) dan Kapal Selam tipe Cakra klas yang dimiliki oleh TNI Angkatan Laut. Meski banyak yang menyebut nama kapal selam ini sebagai Chang Bogo Class, kabarnya sudah ada nama yang disiapkan bagi kapal selam yang dipersenjatai dengan torpedo berukuran 533 mm tersebut.

Kabarnya, kapal selam pertama akan diberi nama KRI Nagabanda 403. Kemudian kapal kedua dan ketiga masing-masing akan dinamai KRI Trisula 404 dan KRI Nagarangsang 405. Indonesia sendiri menandatangani kontrak pengadaan tiga kapal selam dengan DSME pada Desember 2011. Keseluruhan kapal akan diselesaikan pada tahun 2019.

Kapal selam ini mempunyai panjang 61,3 meter dengan kecepatan ± 21 knot di bawah air, dan dengan ketahanan berlayar lebih dari 50 hari. Secara umum kapal selam Chang Bogo Class ini memiliki beberapa kelebihan dari sisi teknologinya, seperti State of The Art technology yang meliputi Latest Combat System, Enhanced Operating System, Non-hull Penetrating Mast and Comfortable Accomodation. 

Selain dipersenjatai torpedo dengan fasilitas delapan buah tabung peluncur, kapal selama Chang Bogo Class juga dirancang untuk mampu mendeploy ranjau laut, meluncurkan rudal anti kapal permukaan, serta mampu melepaskan Torpedo Counter Measure.

TNI AL sendiri sudah menyiapkan markas untuk kapal selam baru. Kapal-kapal selam Chang Bogo Class rencananya akan bermarkas di Teluk Palu, Sulawesi.

Bukan hanya KRI Nagabanda saja yang akan tiba, ada sejumlah kapal baru yang akan dimiliki jajaran TNI AL tahun ini. Kapal-kapal baru itu ada berbagai jenis. Tak hanya kapal perang, namun ada juga kapal untuk latihan.

"PKR (perusak kawal rudal) sudah ya, kapal layar latih, kemudian kapal-kapal PC (patroli cepat)," tutur Ade.

(Detik)

31 komentar:

  1. Incredible job Pt Pal. Salute to you.

    BalasHapus
  2. kasel, pkr, kapal latih tiang tinggi, smua baru yesss.

    BalasHapus
    Balasan
    1. sukhoinya bila mau dipesan rudal??

      Hapus
    2. ngemenk yg bner napeh jgn dibolak balik gt guwe bingung tong, pgn kena godem yach, sini setor jidatmu haha!

      Hapus
  3. Pak sby klo buat modernisasi alutsista emank top markotop..

    BalasHapus
    Balasan
    1. hebat yg sekarang lah...gak beli alutsista blassss....asyik harga naik..listrik naik...semua naik...pajak motor naik....kabarnya sebentar lg lpg 3kg jadi 30 ribu

      Hapus
    2. tapi bayarin smua tagihan bon2 pembelian penguasa sblomnya, asem haha!

      om daru, masa sich gak beli blass, coba dech cek dibawah ini, mungkin si om lufa ato gak jidatnya siap2 setor buat digodem, semoga lancar jaya cepet inget haha!

      konteksnya beli kan??nich liat

      1.nexter caesar belom sebulan kan pesen lageee

      http://defense-studies.blogspot.co.uk/2017/02/kemhan-kembali-tambah-18-meriam-caesar.html

      2.norinco mlrs

      http://defense-studies.blogspot.co.uk/2015/03/indonesia-mendapatkan-lisensi-produksi.html

      http://defense-studies.blogspot.co.uk/2017/01/pelatihan-roket-mlrs-norinco-type-90b.html


      jk pesen badak buat ad

      3.http://defense-studies.blogspot.co.uk/2016/01/wapres-jk-pesan-50-panser-badak-untuk.html

      4.pandur dan ponton

      http://defense-studies.blogspot.co.uk/2016/11/czechoslovak-group-signs-usd39-million.html

      5.LST AT4

      http://defense-studies.blogspot.co.uk/2016/06/pembangunan-kapal-lst-at-4-dimulai.html

      6.ADRI-L

      http://defense-studies.blogspot.co.uk/2016/07/tni-ad-resmikan-kapal-adri-l-lcu-1200.html

      7.AWEWE kesayangan 55jt dollar. haha!

      8. M109 BE, Paladin
      http://defense-studies.blogspot.co.uk/2016/08/positif-indonesia-akan-membeli-howitzer.html

      9. KCR 60m
      http://defense-studies.blogspot.co.uk/2017/02/pal-kembali-bangun-kapal-cepat-rudal.html
      masih byk lg blom kesebut.

      yg waiting list:
      1. airbus a400M
      2. satelit militer
      3. SUSI
      4. AWEWE 6 ekor

      sini jidatnya disetor dolo biar fintar songlapnya om daru haha!

      Hapus
  4. Apa nggak ada nomor lambung selain 404 ..IMAGE 404 itu jeuleeeK . NOT FOUND....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Justru bukannya malah bagus.. 404 not found. Kapal selam kalo sebentar2 ketauan ya buat apa.

      Hapus
  5. kemarin hanggar produksi kapal selam pt pal sudah jadi....mesin tool dan segala pernak perniknya udah beli belum ya????termasuk crane khusus....machine buat roll hull body bulat dll .

    BalasHapus
    Balasan
    1. Udah dong ,nggak kayak sebelah cuma modal stiker doang ,xxxxx shipyard padahal hanya bisa bikin perahu...ck..ck..

      Hapus
    2. Abang kalo komentar yang jelas dong baaangg...
      Yang dimaksud "sebelah" itu siapa baaangg...??

      Hapus
    3. Swuandaru sotoy...padahal habis kulakan berita dari jk-geer

      Hapus
  6. Ikut senang alih teknologi berjalan,, perlahan tapi pasti jgn hiraukan mrk yg sibuk nyinyir,, maju terus defense industry of indonesia

    BalasHapus
  7. omm merakit aja omm...merakit dgn RnD beza tuch...mesin,rudal,bms,sonar,torpedo sumanya impor omm..kayaknya pt pal bisa merakit badan aja...wkwkwkwk..serius om.katak hendak kebulan..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mendingan daripada nyinyir aja kayak lu...lagipula jarang sekali produsen yang memproduksi semua bagian kendaraannya sendiri

      Hapus
    2. Ya produksi 3 ke di PAL hanya merakit ,tapi yang ke 4 dan seterusnya sudah bisa buat sendiri,walau desainnya tetap sama . Tambahan lagi kita tak perlu overhoul keluar negri .

      Hapus
    3. Tau nih bisanya nyinyir doang. Namanya belajar ya bertahap lah. Ngerakit dulu, tau seluk beluknya mungkin baru modifikasi, paham 100% baru R&D sendiri dari awal.

      Part masih impor? Biasa aja. Namanya juga spesialisasi industri. Lagian perusahaan LN juga banyak yang beli Commercial Off The Shelf parts buat barang designnya sendiri karena lebih murah dari bikin semua part from the scratch.

      Negara sendiri lagi usaha bukannya didukung malah cuma nyinyir doang.

      Hapus
    4. Entar yang keemfat semua hull dibuat didalam negeri, kan kafan hari udah dijelasin kalau baja pt.kratau steel siap menyuflai buat hull/body kafal selam yang dibuat ft.fal. hmmm... 😒

      Hapus
  8. dari pada katak dalam tempurung kerjanya nnyinyir doing lol

    BalasHapus
  9. Semoga gak sakit2an ini kapal selam (dsme 209-1400) 🙏

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yang fasti langsung bisa nyelem baaang hehehe 😝

      Hapus
    2. Luthfi@dari sana bisa nyelem,setelah nyampek sini belum dapet 4 tahun
      Udah sakit kayak aki-aki yang dulu berobat kesana

      Hapus
    3. Scan@ di belilah lagian kita banyak stok kok torpedo gak perlu belipun gak masalah 😜

      Hapus
  10. Dear admin...
    I believe you seek higher trafic recenly, believe me you got it.

    Since from early time yor blog it was good one, although less conversation occurd due not open member forum ofcourse, and this may one of view from several blogs that post on its original article, thats make interesting point. As we know perhaps you are also well a ware about one blog a news blog also, that on first time have agood interaction section although it bit slopy then boom, cames unknown provocated as hoax campaigner across the internet. And as a result thus who speak behave as such easily recognize as part of thus commentator in that blog spread across the net and plague all content in the net with stupid inflame inssult content to others. And shame many of them are Indonesian. Well sorry about that, as you can see they only appear in certain post, any post in english they not even rea it because they simply can't...
    As i said in the beginning this blog is god without any google transsate interferre, original post from any sourch available. And please remind this. The blog they came from is slowly abandon by readers and slow down, cause what to many distruction on comment makes loyal and god readers who realy like information irritated and go away. Since wiki also references it contaons from this blog, is a wise if you also manage to warn those commentator not to set flame and made this blog rotten by their unbehave attitude to the others..

    regards I'm almost a decade as reader of your blog

    BalasHapus
    Balasan
    1. yg plng bandel cuman om antiembalgo tante, suwer dech haha!

      Hapus
  11. hanggar produksi kapal selam pt pal kemarin terlihat kapasitas produksi maximum ukuran 2000 ton....artinya nanti maximum sampai varian 214 atau 212....kapal 3000-4000 ton gak bisa dibuat

    BalasHapus
    Balasan
    1. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
    2. kalo gak bisa buat yach, belilah. jgn kayak org susah dech komengnya haha!
      tp sesuai kebutuhan, seprti kt ri 1

      Hapus