30 Juni 2021

Dislambair Koarmada II Tingkatkan Kemampuan Operasikan Diving System

30 Juni 2021

Latihan Pengoperasian Diving System (photos : Koarmada 2)

TNI AL.Koarmada II-Dinas Penyelamatan Bawah Air (Dislambair) Koarmada II menggelar Latihan Pengoperasian Diving System kepada 15 orang penyelamnya, sebagai upaya meningkatkan pengetahuan, kemampuan dan keterampilan personel mereka dalam pengoperasian peralatan selam tersebut.


Latihan yang telah berlangsung sejak tanggal 21 Juni 2021 ini, diakhiri dengan latihan praktek yang dilaksanakan di dua lokasi yakni Diving Tank dan Ponton Lumba-Lumba Dislambair, pada Kamis (24/6). Para peserta sebelumnya telah dibekali dengan sejumlah teori, antara lain Teori Pengisian Udara Ke Dalam Air Bank Diving System dan Diving Bell. Kemudian Teori Pengoperasian Dive Control Diving System dan Diving Bell, Teori Pengoperasian Crane Zicom ponton lumba–lumba, dan Teori Pengoperasian Chamber Diving System.


Sementara itu saat latihan praktek, para peserta melakukan praktek penyelaman menggunakan Diving Bell, dan penyelam keluar dari diving bell menggunakan alat selam MK-27 yang dilanjutkan dekompresi Chamber.


Terpisah, Kadislambair Koarmada II Kolonel Laut (T) Eduard Simbolon mengatakan bahwa Latihan Pengoperasian Diving System juga bertujuan untuk meningkatkan kemampuan personel Penyelam tentang prosedur keselamatan kerja dalam penggunaan dan pengoperasian peralatan selam Diving System.


“Hal ini supaya mereka mampu melaksanakan prosedur organisasi dalam menggunakan alat bantu peralatan selam. Selain itu juga sebagai wujud implementasi dari instruksi Pangkoarmada II Laksda TNI Dr.Iwan Isnurwanto, S.H.,M.A.P., M.Tr.(Han) terkait program prioritas Kasal Laksamana TNI Yudo Margono, S.E.,M.M. di bidang Pembangunan SDM TNI AL yang unggul,” tandas Kadislambair.

Eksesais Kelelawar 12/21 Menguji Kecekapan dan Kesiagaan Anak Kapal Pesawat EC 725 AP dan Pasukan Khas Udara (PASKAU) TUDM

30 Juni 2021


Eksesais Kelelawar 12/21 (all photos : TUDM)

SABAH - Markas Wilayah Udara 2 (MAWILUD 2) telah mengkoordinasikan Eksesais KELAWAR 12/21 yang dilaksanakan di kawasan perairan Operasi Pasir, Sabah bermula 21 hingga 28 Mei 21.  Eksesais seumpama ini kali terakhir dilaksanakan pada tahun 2014 dan tahun ini dilaksanakan dengan beberapa perubahan termasuk norma baharu ketika dilanda krisis kesihatan global pandemik Covid-19.


Eksesais ini bertujuan untuk memperkasakan kesiagaan dan kecekapan anak kapal pesawat helikopter EC 725 AP di samping penambahbaikan dalam penerbangan taktikal ketika menghadapi konflik dan ancaman pada waktu malam. Pelaksanaan eksesais ini turut melibatkan usaha sama bersepadu anak kapal dan skudaron bersama Pasukan Khas Udara (PASKAU) TUDM, Markas ATB 2 serta pasukan sahabat yang lain.


Antara aktiviti eksesais yang dilaksanakan ialah ‘Night Tactical Formation, Night Tactical Navigation, Night Aerial Sniping, Aerial Broadcasting using Long Range Acoustic Device (LRAD), Night Overwater Rescue dan Maritime Counter Terrorism Mission (MCTM)’.


Secara keseluruhannya, eksesais kali ini telah mencapai objektif dan misi yang telah ditetapkan. Hasil gabungan semua agensi yang terlibat telah menjadikan eksesais ini berjaya disepadukan dalam memperkasa dan menilai tahap kompetensi anggota yang terlibat terhadap pelaksanaan sesuatu misi, terutamanya sebagai persediaan sekiranya konflik sebenar berlaku.

DTI and the Royal Thai Army Signed an Agreement on RnD of the D-Eyes 04 Medium-Sized UAV

30 Juni 2021

D-Eyes 4 Male UAV/UCAV (photos : AAG, DTI)

Signing ceremony of a memorandum of understanding (MOA: Memorandum of Agreement) between the Defense Technology Institute, DTI and the Royal Thai Army on research and development of medium-sized unmanned aerial vehicle systems for the Army Aviation Center held on June 22, 2021.

It is the latest progress of the project since DTI and the Royal Thai Army signed a Memorandum of Understanding (MOU) on research and development of unmanned aerial vehicle systems and against unmanned aerial vehicle systems on December 7,  2020. The Counter-Unmanned Aerial System (C-UAS) was tested in May 2021.


The DTI D-eyes 04 medium unmanned aerial vehicle system to be developed is based on the CY-9 medium unmanned aerial vehicle of Beihang UAS Technology Co., Ltd. The aircraft system is a fixed-wing aircraft that uses a runway for take-off and landing.

Features wingspan 14m, gross weight installed payload 150kg, operating time. 12-20 hours, operating range of more than 200km, equipped with EO/IR (Electro-Optical/Infra-Red) cameras, working day-night with anti-vibration system by employing 3 officers.


It is understood that the D-eyes 04 UAS will be supplied for Artillery regiments search for targets by The Royal Thai Army Artillery Brigade replaced the old system, such as the Searcher II Israeli UAV, which in this latest signing Army Aviation Center was identified as a unit to be commissioned for trial use.

DTI Thailand previously delivered the D-eyes 02 Mini UAV to the Royal Thai Marine Corps (RTMC) for trial use on December 9, 2020.
The development of the DTI family of unmanned aerial vehicle systems D-eyes in various DTI models represents a success in supporting research and development in the domestic security industry where government agencies have been used to try and procure it into service. 

(AAG)

Prabowo Appoints Qatar Defense Lobbyist to Speed Up Defence Deals with U.S.

30 Juni 2021

Quick process of deal to purchase of F-15QA fighter jets shows Qatar has deep-rooted support from Washington, this provides lessons learned for other countries doing arms-deal with U.S. (photo : Boeing)

Indonesian Defence Minister Appoints Qatar Defense Lobbyist in Washington to speed up defence deals.

Consultant Christopher Ott, who represents the Qatari defence conglomerate Barzan in Washington, has been hired to facilitate US defence sales to Jakarta, whose position has become strategic in the context of growing tensions with China.

See full article Intelligence Online

29 Juni 2021

Lockheed Martin : Three Reasons the F-16 Block 72 is the Ideal Bridge to Fifth-Generation Capabilities

29 Juni 2021

F-16V Block 72 for Indonesia (image : Lockheed Martin)

It’s not your standard fourth-generation aircraft.

The F-16 Block 72 incorporates the latest advances in technology and combat capability – many of which could be considered fifth generation. Here are three reasons why the powerful F-16 Block 72 can serve as a bridge between Indonesia’s current fleet of F-16s and fifth-generation aircraft like the F-35.

1. It could be considered a 4-and-a-half generation fighter

Lockheed Martin is the only company in the world that has two operational fifth-generation fighters, the F-22 and F-35. That means Lockheed Martin can leverage the fifth-generation technologies of these platforms and integrate them back into the F-16 Block 72 for Indonesia – and vice versa.

For example, Northrop Grumman’s advanced APG-83 Advanced Electronically Scanned Array (AESA) radar provides 5th generation capabilities by leveraging hardware and software commonality with the F-22 and F-35 AESA radars. APG-83 shares 95% software commonality and 70% hardware commonality with the F-35 radar.

Overall, Lockheed Martin provides a proven and comprehensive high-value transfer of advanced aerospace technology and a transition plan from fourth to fifth generation.

2. Common infrastructure and supply chain

With 34 F-16s already, the Indonesian Air Force has existing F-16 support equipment, spares, and trained pilots and maintenance personnel in place. Recently upgraded IDAF F-16A Block 15 aircraft brought mid-life structural enhancements and upgraded avionics to the fleet, and now these jets would complement Block 72 F-16s.

With this F-16 experience and infrastructure already in place, the F-16 Block 72 would allow for a more smooth, efficient transition and cost-effective operations because initial investments are complete. Additionally, with more than 3,000 F-16s in operation today by 25 countries, F-16 users worldwide can share information as well as sustainment projects and costs associated with maintaining the F-16 – many of which are common with fifth-generation users. In fact, about half of the F-16 supply chain is in common with the F-22 and F-35.

Greeting card Lockheed Martin to TNI in 2017 (image : Lockheed Martin) 

3. Building partnerships

Many international F-35 users also operated the F-16 – either in the past or continuously today. Most upgraded their existing F-16 fleets to the latest configuration as an initial path in the transition to fifth-generation fighter technologies.

Today, the F-16 continues to serve as the workhouse of the NATO air fleet and allied defense missions around the world. By choosing the F-16 Block 72, Indonesia would join a network of nations operating earlier-model F-16s, new F-16s and F-35s. While any discussions on fifth-generation aircraft for Indonesia will begin with the U.S. government, the F-16 Block 72 offers the Indonesian Air Force a path to fifth-generation capabilities in the future.

F-16 for Indonesia: Infrastructure Primed & Ready

The F-16 is a strategic and valuable choice for many customers around the world seeking advanced fighter aircraft capabilities, regional and worldwide partnerships, and affordable lifecycle costs.

Five nations have chosen the new F-16 Block 70/72 for these reasons and more.

One more reason why Indonesia should be next? It’s got much of the existing infrastructure that’s needed to support it in place already.

With its current fleet of 34 F-16 Block 15 aircraft, the Indonesian Air Force has existing F-16 support equipment and spares … as well as trained pilots and maintenance personnel. That fleet recently completed mid-life structural enhancements and upgraded avionics that will keep them capable for decades. New Block 72 jets would complement and amplify this existing fleet.

Choosing another new aircraft other than an F-16 for its future fighter, the Indonesian Air Force would have to heavily invest in new infrastructure, train new pilots and maintainers, integrate new ground support equipment, and procure a separate set of weapons than the current inventory used for F-16s.

Introducing a new aircraft into the fleet could mean there is less commonality in terms of sustainment and well as interoperability challenges within the fleet and with regional allies. Training for and sustaining multiple different aircraft platforms will be more difficult and costly than maintaining a single platform such as the F-16.

With the necessary F-16 experience and infrastructure already in place, the F-16 Block 72 would allow the Indonesian Air Force a more smooth, efficient transition and cost-effective operations – ensuring it’s ready for any mission, anytime.

Batch One Order : 10 Tanks will be Produced in Turkey and 8 in Indonesia

29 Juni 2021

Kaplan MT in production (photo : Defence Turkey Magazine)

KAPLAN MT Tank is in mass production

Yöneticisi Mustafa, ZAHA and KAPLAN Program Manager of Turkey's leading land platforms manufacturer FNSS, made important statements about the KAPLAN MT Tank (local name : Harimau Hitam).

FNSS Defense Systems Inc. Mustafa KAPLAN, who gave important information about the KAPLAN MT Medium Weight Class Tank developed by the Indonesian company PT Pindad based on the needs of the Indonesian Armed Forces, made the following statements:

“Our Modern Medium Weight Tank Development Project, which we are currently conducting with the Indonesian Government, continues. Here, too, we are carrying out a joint tank development project with PT Pindad, a local company in Indonesia, within a partnership structure. In this context, we successfully completed the design and qualification of 2 Medium Weight Tanks, and started mass production activities.” used his statements.

Kaplan MT progress in June 2021 (photo : Barbaros Toprakoğlu)

Under the contract, 18 KAPLAN MT tanks will be produced, the first 10 tanks will be produced in Turkey and the remaining 8 tanks will be produced in Indonesia.

The KAPLAN MT Project, which was implemented within the scope of the project where FNSS successfully applied the technology transfer model to PT Pindad, is the first export contract signed by Turkey in the Medium Weight Tank Class, as well as being initiated and concluded within the framework of the Defense Industry Cooperation Agreements signed between Indonesia and Turkey. It draws attention as it is the first project to be reached.

(SavunmaSanayiST)

DEFTECH Peroleh Kontrak Pasokan Truk 1 Ton untuk Tentera Darat Malaysia

29 Juni 2021

Truk Isuzu 1 ton/Truk Perkasa 1 ton (photo : HC Cargo)

DRB Hicom Defense Technologies (DEFTECH) telah mendapatkan kontrak untuk memasok 150 truk GS Kargo (Gunasama atau Utility) 1 ton ke Angkatan Darat Malaysia pada Oktober 2020. Truk-truk ini, yang diperoleh di bawah Program Mobilitas Fase 2 Angkatan Darat tidak hanya akan digunakan di Malaysia tetapi juga untuk tugas pemeliharaan perdamaian di luar negeri.

Sampai saat ini, belum ada indikasi jenis truk militer 1 ton apa yang akan dipasok DEFETCH meskipun perusahaan diketahui telah memasok lebih dari 2.000 truk militer 3 ton yang dikenal sebagai Handalan (generasi pertama dan kedua) dalam berbagai varian ke Angkatan Darat Malaysia, Angkatan Darat Kamboja, militer Timor, Angkatan Darat Australia serta Angkatan Darat Kerajaan Brunei (RBLF).

Truk Handalan III (photo : Pertahanan Pertiwi)

DRB-Hicom, induk perusahaan DEFTECH telah menjalin hubungan dengan TATA untuk distribusi truk Super Ace 1 ton. Perusahaan sebelumnya telah merakit truk Isuzu yang dikenal sebagai truk Perkasa 1 ton yang juga telah dioperasikan oleh Angkatan Bersenjata Malaysia (MAF) untuk berbagai peran dan tugas.

Pada tahun 2012, DEFTECH telah memperkenalkan generasi ketiga dari Handalan melalui kemitraan dengan TATA Motors dari India. Tidak diketahui apakah perusahaan mendatangkan truk Handalan III dalam keikutsertaannya pada pelaksanaan tender 150 truk GS kargo 3 ton untuk melengkapi lini pertama dan meningkatkan kemampuan lini kedua. Pengadaan baru ini merupakan bagian dari Program Mobilitas Tahap 3 Angkatan Darat.

(MFH)

Tantangan Offset Rencana Akuisisi Jet Tempur Rafale & F-15

29 Juni 2021

Manufakturing pesawat tempur Rafale (photo : Dassault)

Penandatangan Letter of Intent (LOI) antara Kementerian Pertahanan Republik Indonesia (Kemhan RI) dengan Dassault Aviation pada 7 Juni 2021 untuk pengadaan 36 jet tempur Rafale dengan nilai diperkirakan sekitar US$ 7 miliar melahirkan berbagai tantangan bagi Indonesia. Tantangan terbentang dari kemampuan mengamankan ketersediaan Penetapan Sumber Pembiayaan (PSP) bagi program tersebut hingga soal implementasi offset oleh Indonesia. Untuk menjaga keseimbangan hubungan dengan beberapa anggota permanen Dewan Keamanan PBB, Indonesia berencana membeli 36 jet tempur F-15 dari Amerika Serikat (AS) dengan nilai diperkirakan US$ 5 miliar. Sebagaimana LOI Rafale, rencana akuisisi F-15 dari Washington akan memunculkan tantangan pula bagi Jakarta dari berbagai aspek seperti finansial dan industri.

Selain aspek finansial, yaitu ketersediaan anggaran untuk memborong kedua tipe pesawat tempur tersebut, tantangan lain yang perlu dicermati berasal dari aspek industri. Penerapan offset sesuai Undang-undang Nomor 16 Tahun 2012 tentang Industri Pertahanan lebih mudah untuk dinilai daripada penerapan kandungan lokal, karena penerapan kandungan lokal tidak selalu berarti peningkatan penguasaan teknologi tinggi. Mengacu pada undang-undang itu, nilai offset minimal 35% dengan peningkatan 10% per lima tahun. Offset langsung menjadi fokus dalam bahasan ini, di mana beberapa hal perlu menjadi perhatian.

Pertama, paket offset. Terkait pengadaan pesawat tempur, paket offset yang diajukan oleh Indonesia kepada Dassault Aviation dan Boeing sebaiknya meliputi manufaktur komponen pesawat tempur dan teknologi elektronika pertahanan. Untuk manufaktur komponen, Indonesia mempunyai pengalaman dalam program Peace Bima Sena, yaitu pembelian 12 F-16A/B Block 15 OCU pada 1986. Menyangkut elektronika pertahanan, akan menjadi hal baru karena cakupannya terkait perangkat elektronika yang terdapat pada pesawat tempur. Indonesia perlu mengindentifikasi teknologi elektronika pertahanan yang hendak diajukan sebagai offset, yang cakupannya terbentang dari avionik, sensor (radar, optronics) dan komunikasi (radio, datalink).

Untuk elektronika pertahanan, Indonesia harus berurusan dengan dua pihak sekaligus, yaitu Original Equipment Manufacturer (OEM) dan pemerintah di mana OEM bermarkas. OEM itu di antaranya Thales untuk Rafale, sementara Raytheon dan Collins Aerospace termasuk OEM peralatan elektronika pertahanan di F-15. Urusan dengan pemerintah di mana OEM bermarkas mutlak karena mustahil ada program offset tanpa lisensi ekspor teknologi pertahanan. Offset elektronika pertahanan memiliki potensi nilai penguasaan teknologi yang tinggi dibandingkan dengan kandungan lokal. Sebab kandungan lokal dapat saja berupa man hours dan pelatihan yang tidak berkontribusi pada penguasaan teknologi maju oleh industri pertahanan.

Manufakturing pesawat tempur F-15EX (photo : Boeing)

Kedua, kapasitas penyerapan teknologi. Penguasaan teknologi maju melalui offset memprasyaratkan pula kesiapan industri pertahanan Indonesia menyerap teknologi yang diberikan oleh OEM. Titik kritis dengan offset bukan pada PT Dirgantara Indonesia, namun pada PT LEN Industri sebagai BUMN elektronika pertahanan. BUMN ini memang telah memiliki kerjasama dengan Thales untuk elektronika pertahanan pada kapal perang, namun tantangannya adalah bagaimana kapabilitas PT LEN Industri terkait dengan elektronika pertahanan yang menjadi bagian dari sistem pesawat tempur.

Kapasitas penyerapan teknologi di bidang elektronika pertahanan merupakan hal kritis. Karena mengacu pada data Janes, kemampuan industri ini di Indonesia tergolong weak-moderate, yaitu risiko bagi industri pertahanan lokal dalam hal delay, penalti, knowhow dan lain-lain berada pada tingkat sangat besar. Merupakan suatu fakta bahwa BUMN elektronika pertahanan telah merambah pasar Angkatan Udara, namun baru sebatas tactical radio communication dan tactical datalink. Namun seberapa besar kapasitas penyerapan teknologi maju terkait avionik dan sensor masih harus dibuktikan oleh PT LEN Industri.

Ketiga, juru runding andal. Untuk mendapatkan paket offset dengan kandungan teknologi tinggi sekaligus bernilai besar dalam nominal dolar AS atau Euro, Indonesia membutuhkan juru runding andal yang mampu bernegosiasi dengan Prancis dan AS. Washington dikenal tergolong pelit untuk paket offset dibandingkan dengan Paris, sehingga kehadiran juru runding andal adalah kebutuhan mutlak bagi Indonesia. Keberhasilan mendapatkan program offset F-16A/B Block 15 OCU senilai US$18 juta dari nilai kontrak US$337 juta karena Indonesia mempunyai juru runding andal yang memiliki pengetahuan dan pemahaman tentang teknologi tinggi sekaligus karakter dan cara berpikir orang Barat sebagai mitra negosiasi.

Apakah Kemhan RI dan/atau industri pertahanan Indonesia saat ini memiliki juru runding andal untuk offset? Pengalaman dari negosiasi program KFX/IFX di awal dekade ini menunjukkan Indonesia hari ini tidak mempunyai juru runding andal untuk teknologi tinggi. Solusi terhadap masalah itu di antaranya adalah menyewa pihak ketiga yang memiliki kapasitas terkait negosiasi offset, terlepas dari paspor yang dipegang oleh pihak ketiga tersebut. Peluang untuk mendapatkan offset dari Prancis cukup besar, namun tidak demikian bila Indonesia memutuskan membeli F-15 dari AS sehingga kehadiran juru runding andal mutlak adanya.

Sampai saat ini, belum ada informasi sahih tentang teknologi apa yang diminta oleh Indonesia dari Prancis sebagai offset Rafale. Belum jelas apakah asumsi nilai kontrak US$ 7 miliar untuk 36 jet tempur Rafale sudah termasuk program offset atau tidak, karena biasanya biaya akuisisi dengan paket offset lebih mahal daripada pembelian biasa. Begitu pula ancang-ancang teknologi apa yang akan diminta dari Washington apabila Jakarta memutuskan menandantangani kontrak F-15.

28 Juni 2021

Yonmarhanlan III Laksanakan Pertahanan Darat dan Udara Latihan Armada Jaya XXXIX

28 Juni 2021

Meriam PSU Twin 35mm turut dibawa dalam Latihan Armada Jaya XXXIX (photos : Korps Marinir)

Prajurit Batalyon Marinir Pertahanan Pangkalan (Yonmarhanlan) III bertugas sebagai Unsur Tugas Pertahanan Darat dan Udara Pangkalan di Terminal JICT II Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta Utara, Sabtu (26/06/2021).

Kegiatan ini dalam rangka mendukung Latihan Puncak TNI AL Armada Jaya XXXIX 2021 yang akan digelar pada tanggal 28 Juni mendatang.

Meriam PSU M1939 61-K kaliber 37 mm laras tunggal masih digunakan Marinir (photo : Korps Marinir)

Sebagai bagian dari Satuan Tugas Pertahanan Pangkalan (ST Hanlan) Yonmarhanlan III bertanggung jawab mengamankan wilayah udara pangkalan dengan menempatkan pucuk-pucuk SG 43 PSU, meriam ARH 37mm dan BVP-2 di Dermaga JICT dan Kolinlamil.

Sedangkan untuk pertahanan darat Yonmarhanlan III secara aktif memnuverkan QRF Quick Respon Forces untuk melaksanakan patroli pengaman pangkalan  serta dengan menempatkan pos-pos pengamanan di titik-titik rawan.

SG-43 Goryunov dengan munisi 7.62×54mmR (photo : Marinir)

Danyonmarhanlan III Mayor Marinir Amin Surya Laga,  S.E., M.Tr.Opsla., menyampaikan, “Kegiatan ini sebagai bagian dari peningkatan profesionlisme prajurit, utamakan keamanan baik personel maupun material, Guna tercapainya tujuan latihan Armada Jaya XXXIX Tahun 2021,” ujarnya.


"Kegiatan ini  tidak hanya berhenti setelah kegiatan ini berakhir, tetapi menjadi momentum bagi kita semua untuk selalu saling mendukung setiap ada kegiatan apapun," pungkas Danyonmarhanlan III.

RTAF will be Equipped with 12 AT-6 Wolverine Attack Aircraft

28 Juni 2021

AT-6 Wolverine (photo : USAF)

The Air Force has announced the winner of a bid for the project to supply eight light attack aircraft, in a specific way procurement of light attack aircraft with equipment, spare parts, support systems, training and other equipment necessary. Which selected the AT-6 Wolverine aircraft from Textron Aviation Defense LLC of the United States. Total amount is 4,314 million baht.

The project is a continuation of the PC-9M procurement programme, with competitors T-6 from Textron, PC-21 from Pilatus, and KT-1 Wongbee from KAI. The T-6 won the competition. The project's plan is to acquire 12 downstream trainers to replace the PC-9M, which had signed a contract in 2020, and to supply 12 attack planes using the same plan as the other 12 trainers. Delivery plan are 8 aircraft in 2021 and 4 aircraft in 2022 to replace the 411 Squadron's L-39ZA/ART which had been retired in March.

Textron's proposal is to allow manufacturers in Thailand to produce up to 40% of the parts to be assembled into aerospace and to do final assembly in Thailand. Thai Aviation Industry Company Limited or TAI, which is a State-Owned Enterprise of the Air Force. It also provides access to the operational flight program to customize, modify and equip the weapon systems the Air Force needs.

(TAF)

ASEAN Nation Seeks To Buy 2 Russian Project 22160, Build Another 2 Vessels - Shipbuilder

28 Juni 2021

Project 22160 Vasily Bykov class has 94m in length and weights of 1700 tonnes (photo : VK)

ST. PETERSBURG (UrduPoint News/Sputnik) One of the countries of the Association of Southeast Asian Nations (ASEAN) has expressed interest in buying two Project 22160 patrol ships from Russia and building two more at its own shipyards, Renat Mistakhov, head of the AK Bars shipbuilder, told Sputnik on Friday.

The ASEAN union includes Cambodia, Singapore, Brunei, Laos, Indonesia, Malaysia, Thailand, Myanmar, the Philippines, and Vietnam.

"One of the ASEAN countries is interested.

They say that they want to build two ships on our territory and two ships on theirs," Mistakhov said at the International Naval Salon.

This potential customer wants the Russian company to set up a production process and train workers, he added.

In the past, India made use of a similar scheme as it ordered four Project 11356 ships. Two are being built in Russia and are expected to be delivered to India by 2023 at the latest, and two other ships will be built at India's Goa Shipyard Limited.

Lorenzana: Pricey F-16s Prompted Look at Fighter Jet Options

28 Juni 2021

F-16 block 70/72 for PAF (photo : rhk111)

MANILA, Philippines—Defense Secretary Delfin Lorenzana said the F-16 fighter jets that were being offered by the United States were “expensive”, prompting the Philippine Air Force (PAF) to look at other options.

“The US wants us to buy their F-16s. It’s very expensive so the PAF is evaluating others,” he told INQUIRER.net on Friday (June 25).

The Pentagon on Thursday (June 24) announced that the US State Department has approved the possible sale of F-16 fighter jets, along with Sidewinder and Harpoon missiles, to the Philippines.

The Philippine government had requested to buy 10 F-16C Block 70/72 aircraft and two F-16D Block 70/72 aircraft produced by Lockheed Martin Co., with an estimated cost of $2.43 billion (around P120 billion). The arms package included parts and training, according to the Pentagon’s Defense Security Cooperation Agency.

The proposed sale will improve the Philippines’ capability to meet current and future threats by enabling the deployment of fighter aircraft for its operations, it said.

Lorenzana said the PAF has narrowed the choice for multi-role fighters between Lockheed Martin’s F-16 and SAAB’s Gripen and a decision would be revealed “soon.”


He said the PAF hopes a deal could be signed before President Rodrigo Duterte steps down from office next year.

Last month, Lorenzana renewed a call to acquire multi-role fighters as it is “a critical capability for the defense of our country’s territorial airspace” against external threats.

Top Diplomats of S. Korea, Indonesia Agree on Close Cooperation for KF-21/IF-X Fighter

28 Juni 2021

KF-21/IF-X fighter (image : Daum)

Top diplomats of S. Korea, Indonesia agree on close cooperation for joint fighter project

SEOUL (Yonhap) -- The top diplomats of South Korea and Indonesia agreed Friday to closely cooperate to smoothly proceed with joint fighter jet development and other mutually beneficial projects, the foreign ministry said.

Foreign Minister Chung Eui-yong and his Indonesian counterpart, Retno L.P. Marsudi, held talks to discuss bilateral cooperation and regional and global issues. Indonesia was the last leg of his five-day trip to Southeast Asia that also included visits to Vietnam and Singapore.

"The ministers assessed outcomes of cooperation that the two countries have achieved in the defense industry sector, which symbolizes their strategic trust," the ministry said in a press release.

"Especially, the ministers agreed to closely cooperate to make sure that mutually beneficial, substantive cooperation projects like the KF-21/IF-X project will proceed smoothly," it added.

Under a bilateral arrangement for the KF-21/IF-X project, Indonesia had promised to shoulder 20 percent of the cost for the development of fighters. But it stopped making payments after investing 227.2 billion won (US$201 million).

The two ministers also agreed to expand cooperation in the areas of vaccine procurement and public health to overcome the new coronavirus. To that end, Chung said that Seoul plans to offer Indonesia $4 million worth of items, including COVID-19 diagnostic kits, this year.

Chung pledged to continue close exchanges with Indonesia, calling the country a "core" partner of Seoul's New Southern Policy aimed at strengthening ties with the Association of Southeast Asian Nations.

Chung also paid a courtesy call on President Joko Widodo and stressed that the two countries' relations have been at their best in recent years.

27 Juni 2021

Yon Ranratfib 1 Marinir Laksanakan Pergeseran Material Ranpur

27 Juni 2021

Pergeseran kendaraan tempur pendaraft amfibi Korps Marinir TNI AL (photos : PasMar1)

Batalyon Kendaraan Pendarat Amfibi 1 Marinir (Yonranrarfib 1 Mar) melaksanakan pergeseran material Kendaraan Tempur (Ranpur) yang akan digunakan dalam Latihan Armada Jaya XXXIX yang bertempat di Garase Menkav 1 Kesatrian Marinir Hartono Cilandak, Jakarta Selatan, Kamis (24/06/2021).


Guna Menghadapi latihan puncak TNI Angkatan Laut Armada Jaya XXXIX tahun 2021 yang akan dilaksanakan di Daerah Latihan Pantai Todak Dabo Singkep Kepulauan Riau, Yonranratfib 1 Mar melaksanakan pergeseran Ranpur dari Kesatrian Marinir Hartono menuju ke Daerah Embarkasi Material di Dermaga Jakarta International Container Terminal (JICT).


Kegiatan Sermat Ranpur tersebut, diawali dengan Apel kesiapan pengecekan personel maupun material untuk memastikan kelengkapan serta unsur-unsur yang terlibat, dan dilanjutkan dengan doa agar kegiatan berjalan dengan lancar.


Kegiatan Sermat Ranpur tersebut dibagi menjadi beberapa gelombang yang akan dilaksanakan mulai hari ini sampai dengan hari Sabtu. Adapun Ranpur yang akan digunakan dalam latihan tersebut antara lain Ranpur BTR 50 PM 15 Unit dan  LVT 7 A1 5 Unit.


Selama kegiatan Sermat Ranpur tersebut tetap mengedepankan protokol kesehatan pencegahan penyebaran Covid-19 dan tetap mengedepankan faktor keamanan baik personil maupun material.

(TNI)

Waiting For The Third LMS Arrived

27 Juni 2021

Third LMS KD Panah 113 on her launching ceremony (photo : IRustang)

Waiting For The Panah PCM

The third Keris class Littoral Mission Ship (LMS) is expected to arrive at its homebase at Kota Kinabalu Naval Base near Teluk Sepanggar on October 2021.

It is widely believed that the third LMS known as the LMS3 or Panah Pre-commissioned Module (PCM) will be commissioned into service with the Royal Malaysian Navy (RMN) once arriving at the base.

Just llike its older sister ships namely the KD Keris and KD Sundang, it will undergo work outs before being deployed. Both the Keris and Sundang have seen deployments to the Gugusan Semarang Peninjau in Spratlys and Beting Patinggi Ali off Bintulu to monitor Vietnamese trawlers and Chinese Coast Guard cutters intruding Malaysian waters.

It is likely that due to their Chinese origin, they will be Westernised in stages by introducing and integrating Western made equipment, weapon and system. This exercise is similar to the one conducted on Royal Malaysian Air Force (RMAF) MiG-MAPO built Mikoyan-Gurenvich Mig-29N/NUB (NATO Reporting Name: Fulcrum) supersonic interceptor jets.

(MFH)

Kisah Kapal Perang Indonesia Buru Kapal Selam Asing yang Terobos Teritori Laut NKRI

27 Juni 2021

KRI Samadikun 341 destroyer escort Claud Jones class (photo : TNI AL)

Sosok.ID - Tenggelamnya KRI Nanggala-402 menjadi sebuah pelajaran berharga bagi TNI AL.

Jika dilihat dari sudut pandang lain maka saat pencarian KRI Nanggala-402 TNI AL kesulitan melacak dimana kapal selam tersebut.

Di sini bisa diasumsikan aspek peperangan Anti Kapal Selam (AKS) masih sangat terbatas.

Contoh saja kisah dibawah ini.

Mengutip lib.ui.ac.id, seperti diceritakan oleh Laksda TNI (Purn) Ir. Budiman Djoko Said, MM, suatu hari pada tahun 1981, sebuah Gugus Tugas (GT) Eskader dibawah pimpinan Laksma TNI Iman Taufiq dengan salah satu unsurnya yakni KRI Samadikun mendeteksi kehadiran kapal selam asing di perairan Bawean.

"Dini hari di dekat perairan Bawean dilaporkan KRI Samadikun kontak (tidak jelas kontak KRI Samadikun dengan kapal selam, entah Probable, Possible atau positive Submarine) kapal selam, jelas bukan kapal selam RI," ujar Laksda Budiman.

Tampak belakang Samadikun-class destroyer escort (photo : Keris)

Awak kapal KRI Samadikun yakin satu yang pasti, kapal selam yang mereka dapati bukan milik Indonesia.

Mendapati hal itu Laksma Iman Taufiq memanggil Laksda Budiman untuk menanyakan saran terbaik guna menyikapi hal ini.

"Tembak saja komandan!," jawab Laksda Budiman.

Keputusan untuk mengeksekusi kapal selam tersebut terang Budiman berdasarkan waktu pengambilan keputusan sudah lebih dari 1 jam dan kontak dengan kapal selam asing tersebut melalui komunikasi bawah air (WUT) hanya terjadi 2 kali dengan isyarat morse atau istilahnya "Randu Jawab Nihil."

Dan Eskader Laksma TNI Iman Taufiq lantas mengambil keputusan untuk menembak kapal selam asing tersebut.

Segera semua unsur Gugus Tugas Eskader pimpinan Laksma TNI Iman Taufiq siaga tempur anti peperangan kapal selam.

Persenjtaan anti kapal selam KRI Samadikun 341 terdiri dari 2 peluncur torpedo Mk 32 (masing-masing tiga tabung) dan 2 pucuk mortar anti kapal selam Hedgehog Mk 11 (photo : TNI AL)

Setelahnya bom-bom laut diceburkan dengan kecermatan tinggi agar mengenai sasaran.

Dua jam lamanya KRI Samadikun dan unsur anti kapal selam TNI AL lainnya melacak dan membombardir kapal selam asing tersebut.

Setelah dirasa sudah cukup, pemboman dihentikan.

Selang waktu beberapa bulan kemudian, baru hasil pengeboman laut itu kelihatan.

"Beberapa bulan kemudian saya dipanggil oleh Laksma Iman Taufiq dan menyampaikan pesan singkat hasil beliau menghadap petinggi intelijen nasional waktu itu yang menyatakan bahwa ada kapal selam aktor negara yang masuk dok untuk perbaikan," kata Laksda (Purn) Ir. Budiman Djoko Said, MM.

Jika saja peperangan AKS TNI AL saat itu lebih mumpuni mungkin saja kapal selam asing tersebut bisa ditenggelamkan.

26 Juni 2021

Puspenerbad Gelar Latihan Tembak Senjata Pesawat Terbang

26 Juni 2021

Latihan menggunakan helikopter Bell 412 EP (photo : TNI AD)

JAKARTA - Pusat Penerbangan Angkatan Darat (Puspenerbad) melaksanakan latihan menembak senjata pesawat terbang (Latbak Jat Sabang). Latihan tersebut digelar di Pelempungan, Semarang, Jawa Tengah pada Jumat (25/06/2021).

Latihan tersebut diikuti sebanyak 80 prajurit penerbang Angkatan Darat. Mereka terdiri dari 30 orang penyelenggara, 30 orang pelaku, dan 20 orang pendukung.

Komandan Pusat Penerbangan Angkatan Darat (Danpuspenerbad) Mayjen TNI Teguh Pudjo Rumekso menjelaskan, tujuan diselenggarakannya latihan adalah untuk memelihara dan meningkatkan kemampuan menembak senjata pesawat terbang prajurit Penerbad. Lebih lanjut latihan ini juga akan memupuk pelindungan diri prajurit saat melaksanakan operasi militer.

Latihan menembak senapan mesin M80 Gatling Gun yang terpasang pada helikopter (photo : TNI AD)

"Latihan ini merupakan salah satu latihan guna meningkatkan profesionalisme prajurit Penerbad, yang menitikberatkan kemampuan untuk melaksanakan salah satu fungsi Penerbad yaitu fungsi tembakan dengan menggunakan helikopter serbu beserta persenjataannya secara taktis di lapangan untuk menghacurkan objek vital dan perkubuan musuh serta melindungi diri dalam rangka melaksanakan Operasi Militer Perang (OMP) dan Operasi militer selain perang (OMSP) bersifat tempur," kata Mayjen TNI Teguh Pudjo Rumekso yang juga menjadi pimpinan umum latihan dalam keterangan tertulis, Jumat (25/06/2021).

Komandan Latihan Letkol Cpn I Made Puput Wikarma dan Koordinator Materi Latihan Letkol Cpn Dwi Cahyo Budiarto menyampaikan bahwa latihan tersebut menggunakan dua unit Helikopter Bell 412/EP. Adapun mereka juga menggunakan senjata AP M80 Gatling Gun serta senjata MAG-58 Kal 7,62 mm.


Latihan menembak senapan mesin MAG58 cal 7,62 mm yang terpasang pada helikopter (photo : Forum Sejarah & Militer)

Rangkaian materi latihan tersebut yaknik teknik terbang saat penembakan senjata MAG-58 serta senjata AP M80 Ball Gatling Gun. Selain itu, materi latihan tersebut juga akan melakukan mission planning penembakan, pengetahuan dan pengoperasionalan senjata, serta prosedur penembakan serta Crew Resource Management (CRM).

Sasaran latihan tersebut agar prajurit Penerbad memahami teknik melaksanakan penembakan senjata MAG-58 pada siang dan malam hari, serta senjata AP M80 Ball Gatling Gun pada siang hari.

Untuk diketahui latihan tersebut diselenggarakan selama lima hari. Puspenad telah menggelar latihan tersebut sejak 21 Juni 2021 dan akan selesai 25 Juni 2021.

(SindoNews)

Functional Testing of 2.75 Inch Rocket HE and TP Munitions

26 Juni 2021

Naval AW-109 conduct live firing test with 2.75 inch rockets (all photos : Philippine Fleet)

Crow Valley Range, Capaz, Tarlac – The Commander Philippine Fleet, RADM ALBERTO B CARLOS PN observed the test firing of the Navy's 2.75 Inch Rockets on June 22, 2021 at Crow Valley Range, Capaz, Tarlac. 


As the primary provider of Naval ships and aircrafts, RADM CARLOS saw through the successful conduct of live test firing of munitions in order to ensure its functionality and capability with the Philippine Navy's Naval Helicopter (AW-109) Rocket Launchers.


The satisfactory testing also highlighted the cooperation between the Philippine Navy and the Philippine Air Force as they shared operational information and experience in firing the same type of rockets.

AS, Indonesia Bangun Pusat Pelatihan Coast Guard di Batam

26 Juni 2021

Pusat pelatihan ini merupakan upaya kolaborasi antara Bakamla RI, US Coast Guard, Kantor Urusan Narkotika dan Penegakan Hukum Internasional (INL) Kedutaan Besar AS, Satuan Tugas Antar Badan Gabungan Barat (Joint Interagency Task Force West) dan Komando Indo-Pasifik AS (photo : Bakamla)

Indonesia dan Amerika Serikat sepakat untuk membangun Pusat Pelatihan Maritim Badan Keamanan Laut Indonesia (Bakamla) di Pangkalan Armada Batam, Kepulauan Riau.

Kesepakatan ini ditandai dengan peletakan batu pertama Pusat pelatihan Maritim Bakamla oleh Duta Besar AS Sung Kim dan Kepala Bakamla Laksdya TNI Aan Kurnia yang diwakili Deputi Kebijakan dan Strategi Laksda Bakamla Tatit E. Witjaksono pada Jumat.

Dubes AS Sung Kim mengatakan inisiatif proyek senilai USD3,5 juta dolar atau sekitar Rp43 miliar adalah upaya berkelanjutan negaranya dalam bermitra dengan Indonesia untuk memerangi kejahatan transnasional.

Dukungan pelatihan ini, kata dia, mencakup penyediaan peralatan, pelatihan dan bantuan teknis kepada Bakamla.

“Sebagai sahabat dan mitra, Amerika berkomitmen mendukung peran utama Indonesia dalam memajukan perdamaian dan keamanan regional dengan melawan kejahatan domestik dan transnasional,” kata Dubes Kim.

Laksda Bakamla Tatit E. Witjaksono mengatakan pusat pelatihan ini akan dimiliki dan dioperasikan oleh Bakamla.

Fasilitas ini merupakan sarana penting meningkatkan kompetensi personel lembaganya dalam menjawab tantangan tugas menjamin keamanan laut.

“Pusat pelatihan yang dibangun ini akan mencakup ruang kelas, ruang kantor, barak, dapur makan, dan landasan peluncuran kapal. Tempat ini akan menampung hingga 50 siswa dan 12 instruktur”," ujar Tatit.

(AA)

25 Juni 2021

Camcopter S-100 Peroleh Sertifikasi dari Kemhan

25 Juni 2021

Camcopter S-100 saat diuji coba oleh TNI AL (photo : Tribun)

Penandatangan Penyerahanan Sertifikat Kelaikudaraan Militer Camcopter S-100 Unmanned Air System UAS

Rabu (16/06) Di ruang kerja Kapuslaik Lantai 10 Gedung Jenderal A.H Nasution dilaksanakan kegiatan Penandatanganan dan Penyerahkan Sertifikat Kelaikudaraan Militer Campcopter S-100 Unmanned Air System kepada Bapak Mochamad Henry selaku Direktur Utama PT. Bhinneka Dwi Persada sebagai penyedia materiil. 

Pada kegiatan penyerahan sertifikat Laksma TNI Teguh Sugiono, S.E., M.M di dampingi oleh Kabid Laik Udara Kolonel Tek Arif Andrijanto, beserta beberapa Inspektor Kelaikan IMAA (Indonesian Military Airworthiness Authority). Kegiatan berjalan lancar dengan selalu memperhatikan Protokol Kesehatan dan Pencegahan Covid-19.

Penandatanganan dan Penyerahan Sertifikat Kelaikudaraan Militer Campcopter S-100 Unmanned Air System, dilaksanakan setelah seluruh proses kegiatan Sertifikasi Kelaikan Militer yang meliputi kegiatan Aplikasi, Verifikasi Dokumen/Review Document, Pemeriksaan Kesesuaian/Conformity Inspection dan Pengujian Fungsi/Functional Test yang telah melalui rangkaian proses pengujian Statis dan pengujian Dinamis yang dilaksanakan oleh Tim Kelaikan IMAA.

Campcopter S-100 Unmanned Air System ini kedepannya akan beroperasi dan digunakan oleh TNI AU.

UKEF Finances Indonesia for the Purchase of C130J

25 Juni 2021

Indonesia joins as C-130J Super Hercules operators (image : Lockheed Martin)

UK government reports export credit arrangements for 2020

The UK's export credit agency, UK Export Financing (UKEF), revealed in its annual report on 22 June that it had underwritten a record GBP12.3 billion (USD17.1 billion) for UK industry during the 2020/21 financial year.

Key transactions in the annual report included the beginning of the drawing of GBP1.13 billion to BAE Systems in support of the manufacture of Eurofighter Typhoon and BAE Systems Hawk trainer aircraft to Qatar. 

Indonesia

In addition, buyer credit guarantees for Indonesia were supplied for the acquisition of Lockheed Martin C-130J Hercules medium transport aircraft (maximum liability of GBP74.6 million) and air-defence systems from Thales UK (maximum liability of GBP29.8 million).

The report also noted that “a strong pipeline of transactions is in place for 2021–22” for defence deals. The organisation is also anticipating a significant transaction in support of the space sector in the coming months, with space also being a potential significant growth area.

The maximum export credit liability for the defence sector in 2020–21 was valued at GBP1.24 billion, representing 10% of overall liability for the UK government. The aerospace sector dominated support during the year, accounting for 59% of export credit liability worth GBP7.07 billion. The impact of the Covid-19 pandemic on the commercial aviation sector drove much of this support, with a total of GBP6.2 billion provided to Rolls-Royce, British Airways, and easyJet for working capital requirements to support ongoing operations.