03 Agustus 2016

TR-47C: Radar Pengendali Tembakan KCR Clurit Class

02 Agustus 2016


Type 347 Radar 'RICE BOWL' fire control radar/TR-47C (nama ekspor) Radar kendali tembakan buatan China yang dipasang di Clurit class (photo : defence.pk)

TR-47C: Mengenal Kemampuan Radar Pengendali Tembakan di KCR Clurit Class TNI AL

Clurit Class tentu punya kesan tersendiri dalam jagad alutsista nasional, pasalnya inilah jenis KCR (Kapal Cepat Rudal) dari Satuan Kapal Cepat (Satkat) TNI AL yang pertama kali dipasangi kanon CIWS (Close In Weapon System), maklum adopsi CIWS hingga kini masih jadi ‘barang langka’ di arsenal kapal perang TNI AL. Selain kanon CIWS enam laras, senjata utama pada Clurit Class adalah dua peluncur rudal anti kapal C-705.

Clurit Class yang dibangun dari platform PC-40 menjadi momentum penting adopsi KCR yang diproduksi di dalam negeri. Kombinasi CIWS enam laras dan keberadaan rudal anti kapal menjadi suguhan senjata terbaru yang sebelumnya belum pernah dikenal TNI AL. Dua unit Clurit Clas, yakni KRI Clurit 641 dan KRI Kujang 642 kini telah dilengkapi kanon CIWS NG-18 kaliber 30 mm. Sebagai informasi, NG-18 tak lain adalah varian dari kanon AK-630M asal Rusia yang diproduksi secara lisensi oleh Norinco, manufaktur alutsista dari Cina. NG-18 hanya mengalami modifikasi pada desain kubah yang lebih modern.


Clurit class KCR (photo : IndoMiliter)

Dengan kanon CIWS buatan Cina, plus rudal anti kapal C-705 yang juga produksi Negeri Tirai Bambu, maka bisa ditebak combat management system yang diadopsi juga berasal dari Cina. Dan karena Clurit Class tergolong ‘padat’ senjata canggih, maka diperlukan dukungan sistem sensor dan radar yang dapat menyesuaikan dengan fungsi senjata. Bersamaan dengan instalasi kanon CIWS NG-18 di KRI Clurit 641 dan KRI Kujang 642, turut juga dipasang radar pengendali tembakan TR-47C dan radar searching SR-47AG.

TR-47C bisa disebut sebagai elemen vital pada moda operasi kanon NG-18, tanpa radar ini maka kanon tak dapat difungsikan secara optimal. TR-47C dilengkapi dengan built in electro optical sensor berupa TV dan infra red tracker. Radar ini beroperasi di frekuensi J band pada rentang 15.7 dan 17.3 Ghz. Jangkauan penjejakan radar ini ditaksir hingga radius 9 Km. Sementara dari sisi kanon NG-18, daya tembaknya digadang maksimum hingga 4.000 meter dan jarak tembak minimum 500 meter. NG-18 (AK-630) dengan kecepatan tembak 4.000 – 5.000 proyektil per menit, dipercaya sanggup mematahkan serangan dari rudal anti kapal.


Type 364 Radar air/surface search radar/SR-47AG (nama ekspor) Search radar buatan China yang dipasang di Clurit class (photo : cjdby)

Selain radar TR-47C, di puncak menara kapal terdapat radar intai SR-47AG, radar ini dapat mendeteksi sasaran di udara dari jarak 40 Km dan deteksi sasaran pada permukaan sejauh 25 Km. Pada saat diluncurkan pada medio tahun 2011 – 2012, baik KRI Clurit 641 dan KRI Kujang 642 masih ‘kosongan,’belum terlihat bekal radar TR-47C dan SR-47AG. Saat diluncurkan kedua kapal perang buatan PT Palindo Marine ini baru dilengkapi kanon Vektor G12 kaliber 20 mm pada haluan, yang kemudian digantikan CIWS NG-18.

Selain KRI Clurit 641 dan KRI Kujang 642, keluarga besar Clurit Class terdiri dari KRI Beladau 643, KRI Alamang 644, KRI Surik 645, KRI Siwar 646, KRI Parang 647, dan KRI Tereparang 648. Keenamnya secara bertahap akan diubah untuk menggunakan CIWS NG-18.

(IndoMiliter)

7 komentar:

  1. hmm.. buatan tiongkok semua
    kira2 dipakai buat patroli sekitar Natuna ga ya?

    bila ketemu armada tiongkok secara fungsi efektiv ga, alat2 tersebut?

    BalasHapus
  2. Kapal kcr berukuran 40 m kecil jellas tidak cocok buat patroli di lautan bebas natuna penuh ombak besar dan kapal perang besar dari china . Tni al butuh kapal besar untuk menjaga luas nusantara kian hari tambah berat .

    BalasHapus
    Balasan
    1. Memang bukan utk patroli di natuna kali. Fungsinya utk shore patrol and defense. Solarnya aja ga bakal cukup utk patroli jauh2.. ngapain di suruh ke natuna.cuma orang bodoh yg ngirim kapal 40m utk patroli jauh2.

      Hapus
  3. Ada potensi konflik dg cina tp beli alutsista dari cina...aneh bin ajaib.

    BalasHapus
  4. Sing penting murah meriah brooo...

    .

    BalasHapus
  5. Search radar range hanya 25 km untuk surface target? Bidik c-705 nya pake apa donk? Mubazir rudal nya kalo baru bisa nembak target 20 km

    BalasHapus
  6. Dear Admin,

    Mohon dimuat artikel yg lebih detail mengenai kapal jenis KCR ini. Apakah sensor2 yg terpasang hanya itu? Bagaimana dengan datalink, EW, decoy, countermeasure, apakah terisnttal pada kapal2 tsb?
    Mohon info seberapa tangguh System NG18 terutama dalam menghadan salvo rudal, misal dlm menghadang 3 rudal seaskua yg dtg bersamaan sekaligus?

    Terimakasih, salam.

    BalasHapus