18 Januari 2016

PT PAL Launching Fregat PKR-10514

18 Januari 2016

Kapal fregat PKR-10514 mempunyai kecepatan maks 28 knot, endurance 20 hari, payload,  dan sea state level 5 (photo : Merdeka)

Keren! PT PAL Perkenalkan Kapal Perang 'Perusak' Pertama made in RI

Jakarta -Hari ini, PT PAL Indonesia (Persero) memperkenalkan 2 jenis kapal perang yakni Strategic Sealift Vessel (SSV) pesanan militer Filipina dan kapal Guided Missile Frigate/Perusak Kawal Rudal (PKR) pesanan TNI AL.

Untuk PKR, kapal ini merupakan varian kapal perang canggih yang khusus difungsikan untuk pertempuran, berbeda dengan SSV yang hanya untuk supporting perang dan non perang. PKR juga dikenal sebagai kapal perang tercanggih dikelasnya karena dilengkapi rudal dan torpedo.

"Hari ini, kita juga launching kapal Perusak Kawal Rudal (PKR). PKR ini adalah kapal light frigate pertama yang dibangun di Indonesia," kata Direktur Utama PAL, Firmansyah Arifin, kepada detikFinance, Senin (18/1/2016).

PAL sendiri menggandeng produsen kapal perang asal Belanda, Damen. Damen dan PAL bekerjasama mengembangkan dan memproduksi 2 unit kapal jenis light frigate pesanan TNI AL ini.

Untuk merakit dan memproduksi kapal PKR, terdapat 7 modul atau bagian kapal yang harus disatukan.

Untuk PKR ke-1, sebanyak 5 modul dibuat di PAL dan 2 modul dibuat di Damen. Sedangkan PKR ke-2, sebanyak 6 modul akan dibuat di PAL dan 1 modul dibuat di Damen. Selanjutnya, modul itu disatukan menjadi kapal perang utuh pada galangan kapal milik PAL di Surabaya.

"Kapal ke-3 dan seterusnya semua modul sudah bisa dibuat di Indonesia," sebutnya.

Karena PKR merupakan kapal canggih dan kelas frigate pertama diproduksi di Indonesia, PAL memperoleh proses transfer of technology dari Damen.

Badan Usaha Milik negara (BUMN) bidang perkapalan ini juga telah mengirimkan 70 insinyur ke Damen, Belanda untuk terlibat dalam proses pembelajaran pengembangan PKR secara mandiri.



"Mereka (Damen) ke Indonesia untuk mendukung alih teknologi karena kapal langsung dibangun di Indonesia. Proses pembangunan ada kerja sama alih teknologi dengan supervisor dari mereka. Di sisi lain, ada 70 orang PAL yang berangkat ke Damen untuk belajar di sana," sebutnya.

Pada peluncuran kali ini, pembangunan PKR ke-1 telah tuntas 85%. Proses selanjutnya adalah finishing hingga pengujian. Firmansyah mengaku, proses pengembangan dan perakitan light figate ini relatif lebih rumit dan sulit daripada kapal SSV.

Alhasil, PAL dan Damen membutuhkan waktu 4 tahun untuk melahirkan 1 unit PKR.

"Light frigate pembangunannya butuh 4 tahun. Dia kemampuan tempurnya beda sama SSV. SSV bukan kapal tempur tapi supporting tempur sehingga bisa (pembangunan) 2 tahun," ujarnya. (Detik)

Kapal 'Perusak' Buatan PAL Bisa Hancurkan Kapal Selam dan Jet Tempur

Jakarta -Kapal perang jenis Guided Missile Frigate/Perusak Kawal Rudal (PKR) hasil kerjasama PT PAL Indonesia (Persero) dan Damen, Belanda memiliki beberapa kemampuan tempur mumpuni.



Kapal perusak ini memiliki empat kemampuan tempur. Kemampuan pertama adalah perang antar permukaan. Dengan tembakan torpedo dan rudal, PKR bisa menenggelamkan kapal perang musuh.

Fungsi lain adalah perang permukaan ke udara. Senjata dari PKR bisa memporak-porandakan jet tempur atau pesawat musuh.

"Kapal ini bisa difungsikan untuk perang bawah laut yakni menenggelamkan kapal selam," kata Direktur Utama PAL, Firmansyah Arifin, kepada detikFinance, Senin (18/1/2016).

Kemampuan keempat adalah perang elektronika. Dengan peralatan elektronika, PKR karya PAL dan Damen ini bisa membajak atau melakukan jammer terhadap sistem persenjataan dan kendali dari kapal perang musuh.

"Perang elektronika itu lebih canggih. Misal peluru kendali dikendalikan secara elektronika. Kalau kapal kita di-jammer, kita nggak bisa kendalikan peluru kendali kita. Ini mirip seperti pesawat tempur, kalau sudah dikunci, ya sudah nggak bisa ngapa-ngapain," tambahnya.


PKR yang dibuat di PAL ini memiliki panjang 105 meter dan lebar 14 meter. Kapal ini bisa melesat dengan kecepatan 28 knots. Saat beroperasi, PKR bisa membawa 120 kru kapal. 

(Detik)

67 komentar:

  1. Balasan
    1. Ya sama" bung shade anuar, terima kasih banyak atas dukungany, semoga galangan kapal malaysia juga bisa cepat menyusul membuat kapal light fregate buatan dalam negeri sendiri.

      Hapus
    2. Sebenarnya pihak TLDM lebih cenderung kearah rekabentuk kapal kelas sigma semasa fasa pemilihan program SGPV. Strange but true. Pemilihan kapal kelas Gowind lebih kpd kehendak industri tempatan dan faktor politik. The Gowind type design gained more steam after TNI AL decided to go with the damen based design aka PKR 105. Susah juga kalau kapal kami mempunyai sistem dan rekabentuk yg sama seperti kapal "musuh". Kapal kelas Hydra dan Saleh Reis merupakan contoh terbaik.

      Hapus
    3. Kapal ni biasa ja, kelebihan cuma pada sistem pertahanan udara ja dari sigma yg 4 terdahulu. Gowind tldm dan PKR 10514 masih belum bisa mengalahkan singapore punya formidable class dari segi air defense dan radar. Level sea state nya pun tahap 5. Gowind tldm tahap 9 sama dgn formidable class.. Jujur saya katakan disini dari segi design kapal ni x menarik reka bentuknya. Itu klu dari segi design berkaca pada mataku yg melihatnya. Mngkin pada pandangan mata orang lain melihat nya cantik atau biasa saja. So masingx2 menilainya

      Hapus
    4. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
  2. Desainnya macam meko100 tapi lebih berat...tahniah buat indonesia...mantap mudahan nanti kita boleh bekerjasama utk membuat kapal yg lebih besar mcm destroyer gitu..ahah

    BalasHapus
  3. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  4. Bebei, kalo klewang part II tau kabarnya gimana ga?

    BalasHapus
    Balasan
    1. pasti jawabany Classified wkwkwk, klewang itu kapal perang siluman klas tinggi untuk infoy pasti susah untuk di dapat.

      Hapus
    2. kan sayang bro, itu kapal kalau jadi operasional ajeb banget. manteb tuh buat patroli di Indonesia Barat cos laut di sana cocok untuk jenis kapal trimaran

      Hapus
    3. Sebenernya tidak clasified juga, cuma belajar dari pengalaman, pemerintah memilih untuk "diam dulu" sampai benar2 jadi. PKR ini salah satu contohnya. Klewang jilid dua terakhir saya tau sudah proses pemasangan mast radar/cone untuk radar sea giraffe buatan swedia.

      Hapus
    4. Bro Bebei, thanks infonya. Ada linknya ga bro? Iya si, mending diam-diam menghanyutkan. Gw takutnya dulu itu terbakarnya karena sabotase. Banyak yang bilang masalah kelistrikan, tapi mengingat kemajuan teknologi yang terdapat pada klewang kecurigaan itu tetap ada terlepas dari apa yang diberitakan di mass media. Thanks b4 Bei

      Hapus
    5. Link foto sempat ada di subforum militer kaskus,tapi ga lama kemudian dihapus,jadi mohon maaf tidak bisa memberi bukti. Sejak kasus klewang, pihak militer jadi lebih bijak dalam membagi informasi.

      Hapus
    6. Yup, and membiarkan kita mimpi basah mulu :D

      Hapus
    7. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
  5. Kapal baru buatan pt pal bertehnolgi tinggi di desain bisa menghindari radiasi radar musuh infra merah crobong asap punya desain khusus . Kapal punya ke mampuan siluman sigma classs makan waktu lama , belanda mantan penjajajah tledor alih tehology akibat krisis melanda kawasan eropa 3 tahunlampou rasuan loby loby tingkat tinggi jakarta Menuwai sukses dan selamat buat indonesia bisa bikin kapal perang canggih bertehnolgi tinggi .

    BalasHapus
    Balasan
    1. Radar kok ada radiasiy y baru denger gue dah kayak nuklir aje ada radiasiy , ini lo apa gue yg oot bin bloon !

      Hapus
    2. Doni sugara@ ga malu bodoh di pamer 2 ke publik ....kalau baca baca di internet gumpet di kampung hasil sperti anda bodoh bin mantap hehe ...gaca duluu lah baru comment di madia !

      Hapus
    3. Doni sugara@ ga malu bodoh di pamer 2 ke publik ....kalau baca baca di internet gumpet di kampung hasil sperti anda bodoh bin mantap hehe ...gaca duluu lah baru comment di madia !

      Hapus
    4. si muarif mencak" suaray kaya singa bawa" kampung segala lagi apa coba maksudy kgak profesional lo Rif ? gw dari kemarin sudah ngaca di cermin dan baru sadar sekarang ternyata gw itu ganteng wkwkwk , pantes baru" ini banyak cewek" antre hampirin gw, ehh ternyata nagih hutang wkwkwk

      Hapus
    5. muarif ini ngomong apaan? -_-

      Hapus
    6. muarif ini ngomong apaan? -_-

      Hapus
  6. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  7. Balasan
    1. Sudahh lah maluu orang kampung sokk pinter ....bagus diamm .

      Hapus
    2. Lucuu haha....ane chenk and ricek doni@ ini ke bayakan menghayal ke mampuan nihil .

      Hapus
    3. Lucuu haha....ane chenk and ricek doni@ ini ke bayakan menghayal ke mampuan nihil .

      Hapus
    4. kemampuan kamu emang seperti apa muarif ? kaya KEHED gitu xixixi

      Hapus
    5. Muarif.. kok pertanyaan sayabdi thread ah64-apache sampai sekarang ga dijelasin. Tolong dong jelasin maksud lapisan anti peluru untuk rotor yang anda bilang itu apa?

      Hapus
  8. Indonesia sudah ketinggalan untuk kemandirian alutsista dengan kemampuan hight tecch sekitar 15 - 25 tahun dari negara" maju, ada 2 cara untuk mengejar ketertinggalan trsbut yaitu
    1. Dengan R & D, karena dengan R & D memerlukan waktu yg lama serta biaya yg tidak sedikit, ingat indonesia sudah tertinggal jauh sekitar 15 - 25 tahun untuk mampu mengimbangi negara" maju dan tidak ada waktu lgi bagi ilmuan indonesia yg di sokong pemerintah untuk ber leha - leha / bersantai"
    2. Kemandirian bisa di lakukan dengan joint venture / joint production walaupun tot hanya di dapat beberapa persen % dari produsen alutsista, sisay yg lom kita kuasai bisa di lakukan dengan R & D di negeri sendiri,pungkas Dirut PT.PINDAD Silmi karim. simpel ternyata pemikiran dirut. Pt.pindad silmi karim, keren bangets pemikirany

    BalasHapus
    Balasan
    1. Seorang ilmuan tidak ada jaminan sukses jadi peminpin ulung dan itu fakta ....lupakan ocehan ilmuan bisanya ke pentingan asing di utamakan . Belajar dan kreksi diri jalan terbaik menuju sukses . Eropa barat salah kelola akibat nya bangkrut sekarang tehnology tinggi mereka agung agung kan dan berbiaya ya mahal gak laku di pssaran gemis 2 mondar mandir ke jakarta gajak kerja sama bersilimut tot tot markotot pingin balik modal hehe ...

      Hapus
    2. Seorang ilmuan tidak ada jaminan sukses jadi peminpin ulung dan itu fakta ....lupakan ocehan ilmuan bisanya ke pentingan asing di utamakan . Belajar dan kreksi diri jalan terbaik menuju sukses . Eropa barat salah kelola akibat nya bangkrut sekarang tehnology tinggi mereka agung agung kan dan berbiaya ya mahal gak laku di pssaran gemis 2 mondar mandir ke jakarta gajak kerja sama bersilimut tot tot markotot pingin balik modal hehe ...

      Hapus
    3. Muarif: Muarif.. kok pertanyaan saya di thread ah64-apache sampai sekarang ga dijelasin. Tolong dong jelasin maksud lapisan anti peluru untuk rotor yang anda bilang itu apa? Kan ente superduperahlinyayang palingpinterseduniajagadraya. Jelasin dong ke yang lain materialnya apa,helikopter yg pake apa aja gitu.. kalo ga bisa yaaaa... ehmmm.. maklum aja deh yaaa...

      Hapus
    4. Bebei....bebei dalam arti bahasa daerahku 750km dari pulau tua jawa ...BEBEI artinya (terancam ) maaf ajaa ...bisa terancam di bui karna tingkah lakunya sendiri nimbun harta di si... si... broo hehe...maaf nasip orang kan ga ada yg tahu lohh ...kalau duluu kan enak yg punya harta kapalan bisa langsung jadi mentri SEKARANG trek recond berotak encer berwawasan luas dan tidak pinter gakalin rakyat sendiri .

      Hapus
    5. Hahahaha... penjelasan apaan tuuuh... wahai pemirsa yg terhormat silahkan di nikmati omongan muarif buat bahan ketawa ya.. hihihi...

      Hapus
    6. gak disini gak ditempat lain ya ada aja abg allay sok pinter belajar komen ya mas, kalo ditanya, jawabannya malah gak nyambung...xixixixi

      Hapus
  9. Untuk kapal perang besutan belanda mantan penjajah negeri khatulistiwa ini, memang tidak di ragukan oleh TNI AL, mampu menyikirkan pesaing" ternama ketika tender di laksanakan yaitu ferancis,italia,serta rusia, klw menurut isu yg beredar kapal" bekas yg di beli TNI AL dari belanda terkenal ketangguhany serta kokoh tida goyang ketika mengarungi wilayah indonesia bagian timur yg terkenal keganasan ombaky yg tinggi, selain itu juga mesin yg awet serta bandel meskipun sudah 40 tahun umury / usiay masih berfungsi dengan baik dan masih layak di pakai TNI AL.

    Corvet sigma 90 m yg juga merupkan buatan belanda suatu ketika pernah hilang di layar radar kapal" perang pasukan perdamain PBB yg bertugas di lebanon padahal jaraky hanya puluhan meter saja, ketika kapal perang korvet sigma Tni Al ini sudah mendekat baru muncul di layar radar, atas peristiwa itu sontak membuat awak kapal perang pbb kaget dan tidak percaya dengan kejadian trsbut, dan sempat melapor atas peristiwa trsebut ke pihal Tni Al, Tni Al hanya tersenyum, korpet sigma 90 m memang di desain berkemampuan siluman,

    Bagaimana dengan generasiy sigma PKR 105 m, pasti tidak akan jawh berbeda dengan pendahuluy corvet sigma 90 m soal kecanggihany, bahkan PKR memiliki kemampuan 4D, dan yang mengagumkan adalah selain di desain siluman mampu menghadapi peperangan elektronik / pernika , mampu menjaming musuh

    BalasHapus
  10. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  11. Taniah indonesia. .atas keberhasilan membuat kapal perang..Ini menandakan negara Asean juga mampu mendiri membuat peralatan perang..Harap Pkr ini dapat dijual dinegara 2 Asean. .

    BalasHapus
  12. Dikabarkan bahwa TNI AL membutuhkan kapal sejenis sebanyak 25 unit.
    Dan direncanakan PT.PAL memhuat sekelas heavy fregate dan destroyer.
    Semoga segers terealisasi seperti yang sekarang ini. Aamiin.

    BalasHapus
    Balasan
    1. http://garudamiliter.blogspot.co.id/2016/01/komisi-i-tni-al-rapat-soal-pembangunan.html?m=1
      Berita rapat terkait kebutuhan PKR

      Hapus
    2. Just a slight info, since the military industries start to use a lot of local material and labor, the "komisi 1" are thinking to throw more money for the buildup of indonesian military,because it proved to have major impact on economics. Those PKR worth more than $200mill(complete), and more than halve of that are thrown back to indonesia economics because it were build by local shipyard. I hope it will happen, really hope it did.

      Hapus
    3. Wow... Amin Bro. Kalau betul, hal yang sama juga bisa dipakai untuk Changbogo, IFX, medium tank with Turkey, Badak... holy moly. Btw, baru 85% kan? 15%nya sistem persenjataan ya Bro?

      Hapus
    4. Tergantung apa yg di masukin, perlengkapan termasuk,senjata sensor, CMS dan perlengkapannya bisa memakan porsi antra 15-40% dari harga total sebuah kapal perang. Makin canggih persenjataannya ya makin besar persentase terhadap nilai kapal. Setau saya Kapal perang denmark yg mengadopsi sistem modul stanflex sangat murah banget2 harga Hullnya, tapi harga sistemnya mahaaal....

      Hapus
  13. Sebagai langkah awal, semua harus di apresiasi. Jika industri strategis anak bangsa di hargai, digunakan dan me dapat kepercayaan niscaya akan menghasilkan produk strategis yg lebih modern dan hebat. Tidak perlu berkomentar buruk terhadap hasil karya saudara sebangsamu. Karena bad or good is our country.

    BalasHapus
  14. Sebagai langkah awal, semua harus di apresiasi. Jika industri strategis anak bangsa di hargai, digunakan dan me dapat kepercayaan niscaya akan menghasilkan produk strategis yg lebih modern dan hebat. Tidak perlu berkomentar buruk terhadap hasil karya saudara sebangsamu. Karena bad or good is our country.

    BalasHapus
  15. Sejujurnya kapal perang fregat pkr dan the destroyer kebutuhan mendesak buat pertahanan nusantara yg maha luas yata2 sudah terancam di kepung ...di kepung moncong senjata dari segala arah. Musuh yata sudah terpangpang jellas contoh : media 85% sudah di kuasai asing itu sudah kekalahan telak buat nusantra . Gonta ganti peminpin hampir di stiap kabinet pemerintahan baru pasti bertabur mentri di tunjuk asing . Contoh : kementrian strategis BUMN DAN ENERGI pasti bukan dari kalangan nasionalis .anda tahu sendirj kalangan nasionalis pilih mati dari pada krupsi .

    BalasHapus
    Balasan
    1. Muarif.. kok pertanyaan saya di thread ah64-apache sampai sekarang ga dijelasin. Tolong dong jelasin maksud lapisan anti peluru untuk rotor yang anda bilang itu apa? Kan ente ahlinya yangsuperduperpintarmahatahuapaajasejagadraya.. jelasin dong brooo... jangan menghindar ajaaa..

      Hapus
  16. Kita bicara kapal perang pkr kawal rudal broo ...kapal perang pkr sudah jadi di bangun di pt pal ship bulding surabaya dan kami ikut bangga ....cuma itu kapal perang pkr10514 masih kosongan ,yata yata musti di kawal ..kawal untuk melengkapi pkr dengan ( exocet block 3 ,rudal mica ,cuwis milinium and kinglip sonar dan perangkap electronic ecm esm di butuhkan dana tidak sedikit 60 juta euro . Jangan sampai kapal perang pkr 10514 sudah jadi tukang tikung ...tikung dana hibah dari rakyat jadi raja di nusantara . Itu kapal perang bikin cilaka bangsa namanya hehe...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ya udah biar ga gue tanya2 terus ente tinggal jelasin aja di thread ah64-apache, susah amat sih.. daripada gue kejar2 terus jawabannya, jujur aja gw pengin tau nih jenis materialnya apa, dan helikopter yg pake apa aja.. :p

      Hapus
    2. Kalo ente ga bisa jelasin tinggal ngaku aja kalo ente bego jd ga gw kejar lg, atau kalo ente ga mau gw kejar2 trus soal itu yaaa jangan pernah nongol lagi di blog ini, Gampang kan.

      Hapus
    3. Bebei saya igatkan ...untung jauh kalau dekat bisa kenak tinju hehe...ku liat dari jauh BEBEI PAKEK NAMA PALSU ... tapi kalau di raba di internet keliatan jellas siapa bebei dan tinggal di mana sampai genteng rumah nya terpang pang sangat jellas broo .

      Hapus
    4. Bebei saya igatkan ...untung jauh kalau dekat bisa kenak tinju hehe...ku liat dari jauh BEBEI PAKEK NAMA PALSU ... tapi kalau di raba di internet keliatan jellas siapa bebei dan tinggal di mana sampai genteng rumah nya terpang pang sangat jellas broo .

      Hapus
    5. Ahahahaha.... :D :D :D :D
      Payaaah enteeee... :p

      Hapus
    6. Wkwkwkwkwkwk... Perut gw sakit baca ni komen

      Hapus
    7. Seru tau ngerjain trollers.. secara mereka hobby asal jeplak kalo ngomong.. pasti tar balesnya aneh2 deh. Hehehe.. besok2 kl dia komen lagi bakal gw tanya lg tuh material anti peluru buat rotor. Hihihi...

      Hapus
    8. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
  17. Kira PT.PAL buat Kapal Induk Sekelas Nimitz kapan yaaa ??

    BalasHapus
  18. kira" PT.PAL Udah punya rencana belum buat Kapal Induk sekelas Nimitz...

    BalasHapus
  19. Anda memang benar Ridwan. Ada kebenaran dalam komentar Anda. Saya juga telah menerima pinjaman dari organisasi ini disebut KIVA. Saya menghubungi (info.kivafunding@gmail.com) Mereka sangat tulus. Terima kasih untuk berbagi informasi ini.

    BalasHapus
  20. Hello,
    Ini adalah untuk memaklumkan kepada orang ramai bahawa Puan Jane Alison, pemberi pinjaman pinjaman peribadi mempunyai membuka peluang kewangan untuk semua orang yang memerlukan apa-apa bantuan kewangan. Kami memberi pinjaman pada kadar 2% kadar faedah kepada individu, syarikat dan syarikat-syarikat di bawah terma dan syarat yang jelas dan mudah difahami. hubungi hari ini kami melalui e-mel supaya kita boleh memberikan syarat-syarat pinjaman dan syarat-syarat kami di: (saintloanss@gmail.com)

    BalasHapus
  21. Halo, aku Mrs. lamina Sulaman, pemberi pinjaman uang pribadi, yang Anda dalam utang? Anda membutuhkan dorongan keuangan? pinjaman untuk mendirikan sebuah bisnis baru, untuk bertemu dengan tagihan Anda, memperluas bisnis Anda di tahun ini dan juga untuk renovasi rumah Anda. Aku memberikan pinjaman untuk lokal, internasional dan juga perusahaan pada tingkat bunga yang sangat rendah dari 2% dan kami memiliki banyak orang dan kami siap untuk membantu lebih banyak, semua yang kita butuhkan adalah Anda Anda untuk menerapkan dan mendapatkan pinjaman Anda dan kami tidak terburu-buru pelanggan kami untuk membayar pinjaman mereka lebih kami memberi mereka lebih banyak untuk digunakan dan kembali pinjaman dan kami tidak mengenakan biaya pelanggan banyak cos kami itu dibayarkan, Anda dapat menghubungi kami melalui Email: (laminasulaman@gmail.com) Anda dipersilakan untuk kami perusahaan pinjaman dan kami akan memberikan yang terbaik dari layanan kami.

    BalasHapus