13 Januari 2016

Tujuh Lanud Tipe C Naik Status Menjadi Tipe B

13 Januari 2016


Tujuh pangkalan udara yang naik kelas adalah Padang (Sumatera Barat), Palembang (Sumatera Selatan), Tarakan (Kalimantan Utara), Lombok (NTB),  Morotai (Maluku Utara), dan Merauke (Papua). (photo : Jeff Prananda)

Naik Status, Lanud Padang Dilengkapi Pesawat Tempur dan Tambahan Personel

PADANG – Pangkalan TNI Angkatan Udara (Lanud) Padang akan berubah status menjadi tipe B dari sebelumnya tipe C.

Perubahan ini akan diresmikan Panglima Komando Operasi Angkatan Udara I (Pangkoopsau I), Marsekal Pertama (Marsma) Yuyu Sutisna, Selasa (12/1) di Padang.

Sejalan dengan itu, Komandan Lanud juga akan berganti dari Letkol Pnb. M. Apon kepada Kolonel Pnb. I Putu Gede Suastika. Serah terima jabatannya akan dilaksanakan bersamaan dengan peresmian peningkatan tipe Lanud.

Pangkoopsau I membeberkan, perubahan status ini sudah menjadi rencana strategis (renstra) dari Angkatan Udara. 

“Ada tujuh Lanud Tipe C yang naik status menjadi tipe B di Indonesia. Di Koopsau I ada tiga, yaitu Padang, Palembang, dan Ranai,” katanya tadi siang.

Selain itu, keberadaan Padang di Pantai Barat Sumatera yang terbuka menurutnya memiliki ancaman yang sangat besar, sehingga perlu dijaga dengan baik, termasuk untuk menjaga pulau-pulau terluar. 

Seiring dengan perubahan ini, selain penambahan personel dari 180 orang saat ini menjadi lebih 200 orang, ke depan di Lanud Padang akan ada pesawat tempur dan pesawat angkut yang menjalankan operasi maupun latihan.

“Nanti akan ada penambahan frekuensi penerbangan pesawat tempur dan pesawat angkut di Lanud Padang, tapi memang belum bisa home base di sini,” terangnya. (Harian Singgalang)


TNI AU juga akan menambah pasukan di Lanud yang naik kelas (photo : Ryan Boedi)

TNI AU siap hadapi sengketa Laut China Selatan

Padang (ANTARA News) - Panglima Komando Operasi TNI AU I, Marsekal Pertama Yuyu Sutisna, menyatakan, "Kita tidak terlibat konflik namun kita harus siap dengan segala kemungkinan yang akan terjadi," katanya, di Padang, Selasa.

Dia menyinggung antisipasi perkembangan di Laut China Selatan alias Laut Tiongkok Selatan. Dia katakan itu setelah serah terima jabatan komandan Pangkalan Udara TNI AU Padang.

Salah satu antisipasi itu, kata dia, menaikkan status Pangkalan Udara Natuna di Kepulauan Riau menjadi tipe B yang dipimpin seorang kolonel, dari semula tipe C. Pangkalan udara ini adalah pangkalan udara terdepan Indonesia di tepian Laut China Selatan. 

"Dengan naiknya tipe Lanud Natuna maka akan ada pembangunan sarana dan prasarana secara bertahap dan memungkinkan akan adanya pergelaran pasukan sesuai kebutuhan," jelasnya.


Ia mengatakan kenaikan tipe pangkalan udara TNI AU itu diikuti enam yang lain, yaitu Pangkalan Udara TNI AU Padang, Pangkalan Udara TNI AU Palembang, Pangkalan Udara TNI AU Tarakan, Pangkalan Udara TNI AU Lombok, Pangkalan Udara TNI AU Morotai, dan Pangkalan Udara TNI AU Merauke. (Antara)

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar