19 Januari 2016

Pesawat "Drone" Akan Dioperasikan di Nunukan dan Sebatik

19 Januari 2016


Drone multi rotor (photo : IndoCropCircles)

KSAD Jenderal TNI Mulyono Kunjungi Wilayah Perbatasan

NUNUKAN, BERITAKALTARA.com- Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal TNI Mulyono melakukan kunjungan ke wilayah perbatasan Kabupaten Nunukan Kalimantan Utara. Sebelum melakukan kunjungan ke Nunukan, Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) yang menggantikan Jenderal Gatot Nurmantyo tersebut mengunjungi wilayah Sebatik dengan menumpang helikopter Helly Bell 142.

Rombongan dua unit pesawat Helly Bell 142 tersebut tiba di Bandara Nunukan pada pukul 10:50 wita. Dia mengatakan kunjungan ke wilayah perbatasan adalah untuk meninjau keberadaan pos-pos di wilayah perbatasan.

”Panglima TNI telah menggariskan bahwa kita harus mengevaluasi dan memeperkuat kembali pos-pos perbatasan agar supaya lebih efektif lagi di dalam tugas-tugas TNI. Saya selaku panglima angkatan darat di samping untuk melaksanakan itu saya juga pingin tahu karena di situ juga ada batalyon-batalyon menjadi pembinaan saya. Seperti apa kegiatan mereka, apa kesulitan mereka sehingga saya selaku panglima angkatan darat bisa mengambil kebijakan kebijakan untuk mengembangkan satuan batalyon,” ujarnya, Kamis (14/01/2016).

Selain meninjau keberadaan pos pos di wilayah perbatasan, mantan Panglima Komando Cadangan Strategis (Pangkostrad) tersebut juga melakukan peninjauan terhadap pembangunan pangkalan drone di wilayah perbatasan. Dua pangkalan pesawat drone tersebut berada di Aji Kuning Pulau Sebatik dan di Seimenggaris Kabupaten Nunukan.

Menurutnya kedua lapangan drone tersebut siap dioperasikan. Dari dua pangkalan pesawat drone tersebut rencananya TNI akan mengoperasikan dua jenis pesawat drone yaitu dari 36 X – wing dan multi rotor.

“Pangkalannya sudah, nanti di Seimenggaris dan Aji kuning. Kan lapangan sudah selesai tinggal nanti bagaimana operasional yang harus kita lakukan. Lapangananya dua nanti akan ada 36 X wing dan muli rotor,“ ujar Mulyono, Kamis (14/01/2016).

Dari Bandara Nunukan, Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal TNI Mulyono langsung menuju ke Pos Kotis Satgas Pamtas Yonif 521 Dadaha Yodha yang berada di Jalan Gajah Mada Nunukan. Kurang lebih 30 menit berada di Pos Kotis Satgas Pamtas Yonif 521 Dadaha Yodha, Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jendral TNI Mulyono langsung kembali ke Bandara Nunukan untuk menuju Tarakan.

(Berita Kaltara)

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar