07 Januari 2016

Lima F-16C/D Akan Datang Awal Maret

07 Januari 2016


F-16C/D TNI AU (photo : Rezza Habibie)

Lima Pesawat Tempur F16 Bakal 'Tinggal' di Natuna

VIVA.co.id - Tentara Nasional Indonesia (TNI) terus menambah kekuatan militer di Natuna, Kepulauan Riau. Bahkan TNI AU sedang membangun Landasan Udara (Lanud) tipe B sebagai basis kekuatan angkatan udara.

Kepala Staf Angkatan Udara (KSAU), Marsekal TNI Agus Supriatna mengatakan, pengembangan Lanud menjadi tipe B sejalan dengan rencana penambahan pasukan khusus angkutan udara (Paskhas).

"Rencana (penambahan) batalyon Paskhas, tapi lihat dulu pembangunan (Lanud) di Natuna, mungkin awalnya tidak satu batalyon" ujar Agus di Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta, Selasa malam, 5 Januari 2016.

Selain itu, beberapa pesawat tempur juga akan di siagakan di Kepulauan Natuna. Sedangkan tambahan pesawat F16 yang rencana akan tiba awal Maret mendatang akan ditempatkan di Lanud tipe A di Riau.

"Radar di Natuna juga kita geser ke tempat strategis. Begitu juga pesawat tempur yang standby di sana. Untuk pesawat F 16 harusnya sudah datang lima pesawat. Tapi ada sesuatu hal mundur akhir Februari atau awal Maret dan diletakkan di Riau," kata dia.

Seperti diketahui, wilayah Kepulauan Natuna terletak di perairan selat Malaka dan berbatasan dengan wilayah Laut Cina Selatan. Ketegangan di Natuna meningkat setelah Tiongkok sempat mengklaim wilayah Natuna masuk kedalam teritorialnya.

TNI pun terus menyiagakan beberapa armada tempur menjaga kedaulatan Indonesia. Blok Natuna diketahui kaya akan kandungan minyak bumi.

(Viva)

20 komentar:

  1. Pakar meliter barat sudah berkoar koar dalam jangka 10 tahun akan datang jet tempur bermesin tunggal bakal kurang efektif buat pertempuran modrent daya angkut senjata terbatas dan ke selamatan sang pilot lebih terjamin 2 mesin ....apa lagi negara sebesar indonesia butuh jet tempur class berat sukhoi 35 sanggup terbang jauh tampa bantuan tangki bahan bakar di sayap .

    BalasHapus
  2. f16 upgrade TNI memang bagus, tapi karena singapore dan australia udah upgrade ke f22 makanya nggak pny masalah mampu hadapi f16 upgrade TNI. Tapi kl cina hadapi F16 TNI, kemungkinan china "bakalan" pake SU 35 dan SU upgrade lainnya. dan segala tipuan strategi militer Cina. Artinya TNI memerlukan radar darat anti udara/laut jarak lebih jauh lagi dan rudal jarak lbh jauh lagi yaitu memandu rudal darat jarak 600km dari pulau natuna.. itu efek serangan besar.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sejak kapan F22 boleh di ekspor keluar amerika? Ada link beritanya?

      Hapus
    2. ohya, ralat.bukan f22..tp f35..

      Hapus
  3. Aussie sudah order f35 dan singapore masih berkira utk order f35,bukan f22 kerna f22 hanya utk amerika..walaupun bermesin tunggal dan bukan betul2 block 52 tp kehadiran pesawat2 ini boleh menaikkan deterent bg TNI dlm bentuk jumlah.lgpun indo memerlukan pesawat yg bnyk utk mencover wilayah yg luas.just my opinion

    BalasHapus
  4. Nampak nya bukan saja vietnam, filipina dan malaysia gusar tentang armada tongkok tapi juga indonesia. .

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terlepas dari masalah tiongkok, armada tempur AU indonesia sebagian besar memang sudah tua,jd peremajaan wajib sebelum terlambat kaya filipina. Sebagian F16, HAWK, sukhoi mendekati akhir masa pakai airframe.F16 ini utk juga utk stopgap sebelum KFX operasional. Pengadaan sukhoi baru jg terus di usahakan dan itu terlepas dari masalah tiongkok.

      Hapus
    2. Bro Bebei, sukhoi paling tua 2003/2004. Masa iya udah mo abis masa pakai air framenya? Are you sure? Hawk and f16 mank iya, tapi masa iya sukhoi juga. Apalagi setau saya sukhoi dipakai hanya untuk buru sergap (selain latihan and pamer) untuk usia mesin memang lebih pendek dari pesawat buatan barat. Tapi w setuju ma Bro Bebei, Si Dadang kayanya mesti belajar banyak d.

      Hapus
    3. sukhoi tua? tar super tucano lu bilang pesawat PD 2 kali ya? wah elu bedua musti diklat bela negara dulu biar agak nasionalis ga jadi anjing barat mulu..bisanya ngomongin di belakang...sampah lu bedua

      Hapus
    4. Bro Dadang, saya bilang sukhoi kitabyang paling tua kita itu dibeli pada tahun 2003 atau 2004 berarti airframenya masih bagus. Sedangkan pemakaian mesin Flanker family memang lebih singkat dari pada mesin pesawat buatan barat. Please baca kalimat dan penjelasan dengan lebih seksama dan teliti sebelum anda menuduh seseorang yang tidak-tidak. Dan tolong bisakah pernyataan anda didukung dengan bukti?

      Hapus
  5. rongsokan f 16 bekas kek gini jelas bakal rontok sama AU china

    BalasHapus
    Balasan
    1. Lebih baik ada daripada tidak ada, lihat tu filipina air force, terlalu menyedihkan, padahal tahun zaman presiden marcos dulu air force mereka sgt kuat di asean. Skrng harus minta simpati, bantuan untuk mendapatkan alutsista dari korea, amerika dan jepun untuk menhadapi china di LCS.

      Hapus
    2. Rongsokan juga ente ga bisa bikin, spek rongsokan ini aja ente ga ngerti kok, dan ga bakalan ngerti di jelasin. Ga bayar pajak ga usah ikutan komplain,duit jg bukan duit ente. Ga tau apa2 mending diem di pojokan, biar ga malu kalo ketauan bego

      Hapus
  6. bro Ndhari.. filipina menyedihkan? lihat lebih seksama.. zaman sby kita itu diatur buat jadi sama kek filipin.. dari pesawat latih, ampe pesawat baru dari korea..cuma beda speknya doang..kelasnya sama...sama-sama sampah..negara segede kita tu harusnya udah kek india atawa brazil..jangan dibandinginya sama negara filipin kacangan

    BalasHapus
  7. bebei...haduh ini yang bego udah pasti elu..ya jelas gua gabisa..emang ada orang indonesia yang bisa bikin pesawat tempur? gausah pespur..mesin jet buat pesawat aja pabrik sekelas iptn gabisa buat..lu kalo bacot pake logika dikit napa biar keliatan waras dikit, jadi gua ga kek ngobrol ama banci comberan dari taman lawang...itu baru satu..sekarang gua tanya lagi..emang ada orang indo kaga bayar pajak? elu punya motor tiap taun bayar apaan bei? elu beli makan di mall apa kaga kena ppn? jangan2 elu kaga tau singkatan ppn? udah ah males gua ngobrol ama comberan kek elu..gausah ngomong nasionalis dulu..elu mah ngomongnya pake otak aja kagak...males gua

    BalasHapus
    Balasan
    1. Cina aja masih ngopi mesin Rusia, kalaupun ada, penelitian mesin buat J20 sampai sekarang belum jelas pengembangannya. Kalau gw liat Dadang ngomong selalu tanpa bukti kongkrit. Bisanya maki orang aja. Bilangin orang ga nasionalis lah apalah. Gw yakin si Bebei cinya sama Indonesia, tapi kami berdua ga cinta buta bertabur mimpi. Kami belajar dari kenyataan dan fakta yang ada. Kenyataan itu pahit, tapi kita harus belajar dari kenyataan. Ingat kata Tsun tzu 'kenali dirimu kenali lawanmu dalam 100 pertempuran kau akan menang 100 kali'. Kita disini belajar tentang kelemahan dan kelebihan kita, kelemahan kelebihan teman kita juga kelemahan kelebihan musuh kita supaaya dalam 100 pertemputan kita bisa menang 100 kali. Ignorance can bring you down before you know it.

      Hapus
  8. Bro Dadang....orang indonesia lagi buat pesawat tempur joint dengan korea selatan, bukan IPTN tapi PT.DI....PT.DI itu bukan industri mesin bro tapi industri pesawat terbang, boeing juga nggak bikin mesin sendiri bro, boeing gunakan mesin GE.

    Bro Dadang nih orang yang rendah diri (inferior) terhadap bangsa lain dan nggak percaya diri, malu maluin jadi bangsa Indonesia.

    Jadi anggota bangsa tuh jangan rendah diri bro.....harus percaya diri karena memang kita mampu, hanya perlu waktu saja untuk riset, karena tertinggal jauh soal memulai itu saja.

    BalasHapus
  9. Bro Dadang....memangnya pesawat tempur china itu sudah battle proven ?, pesawat tempur china itu belum battle proven bro dan nggak ada yang mau beli juga kecuali pakistan itupun yang digunakan pakistan chian nggak mau pake juga, kalaupun ada yang mau beli itu juga negara kacang goreng seperti myanmar, kenapa ?, karena banyak negara ragu soal kualitas pesawat tempur buatan china, kalau F-16 semua orang juga tau bro, sudah jelas battle proven.

    F-16 itu sudah malang melintang di medan perang dan sudah terbukti kehebatannya. Jadi kalau menulis tolong difikir dululah.....gitu bro Dadang.

    BalasHapus
  10. Memang HEBAT F 16, tapi kebisingan yang ditimbulkan oleh pesawat ini di atas kota Pekanbaru, sangatlah menyakitkan. Apalagi saat menelpon atau teriam telp. diluar rumah tidak ada lagi yang kedengaran jika pas saat ini melintas pesawat2 TNI AU ini. Belum lagi jika terjadi accident, karena berada diatas kota Pekanbaru pelintasannya....mungkin kita dapat bayangkan risiko yang timbul. Mohon kepada petinggi TNI AU, untuk melaksanakan latihan agar tidak melintas diatas kota Pekanbaru.

    BalasHapus