26 Agustus 2016

Skadron Helikopter 13 akan Diperkuat dengan 32 Helikopter

26 Agustus 2016


Helikopter Fennec TNI AD (photo : intawebbram)

Wow, Kabupaten Ini Bakal Diperkuat dengan 32 Helikopter !

TRIBUNKALTIM.CO, TANJUNG REDEB – Setelah dibangun sejak 2014 lalu, Skadron Helikopter 13 akhirnya diresmikan Panglima Kodam VI Mulawarman, Mayjen TNI Johny L Tobing, Kamis (25/8/2016).

Peresmian operasional Skadron Helikopter ini juga dihadiri jajaran TNI mulai dari Korem Aji Suryanatakesuma, Kodim Tanjung Redeb, Yon Armed, Kapolres Berau, Bupati dan Wakil Bupati Berau bersama jajarannya.

Dalam upacara peresmian tersebut, TNI juga menggelar 1 unit helikopeter Bell 412, Mi 17 dan pesawat Cassa 21.

Ditemui usai meresmikan Skadron Helikopter 13, Mayjen TNI Johny L Tobing mengatakan pembentukan satuan Skadron Pusat Penerbangan Angkatan Darat (Pus Penerbad) ini merupakan bagian strategis Angkatan Darat sejak tahun 2010 sampai 2019.

“Jadi (pembentukan Skadron) ini telah melalui berbagai kajian yang matang, kami bentuk Skadron untuk menambah kekuatan militer untuk tujuan perang maupun mendukung operasi TNI lainnya, terutama di wilayah perbatasan,” ungkapnya.

Terpisah, Komandan Skadron Helikopeter 13, Letkol Slamet Riyadi mengatakan, untuk sementara ini hanya ada satu unit helikopter Bell 412 untuk mendukung logistik di Skadron 13.

Secara umum, satu skadron memiliki 32 unit helikopter dan akan dipenuhi secara bertahap.

“Penambahan helikopter ini akan dilakukan secara bertahap, tahun 2017 nanti juga akan ada pengadaan baru, jumlahnya juga masih belum diketahui, tergantung situasi karena Panglima TNI yang akan menentukan berapa kekuatan yang dibutuhkan,” jelasnya.

Rencananya, ada tiga jenis helikopter yang beroperasi di skadron ini, diantaranya Bell 412, Fennec dan Bolcow. 

(TribunNews)

3 komentar:

  1. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  2. Perbatasan memang wajib diperkuat dengan alutsista yang gahar tur canggih.


    #

    BalasHapus
  3. Kok tdk ada ya skadron heli serang di Papua dan aceh, minimal ada 1 skdaron komposit, 4 heli serang Fennec/Mi 35P dan 8 heli angkut Mi 17/bell 412

    BalasHapus