11 Februari 2024

AFP, USINDOPACOM Holds 3rd Maritime Cooperative Activity

11 Februari 2024

BRP Gregorio Del Pilar (PS15) and USS Gabrielle Giffords (LCS 10) (photos: PN)

The Armed Forces of the Philippines and the U.S. Indo-Pacific Command successfully carried out the third PH-US Maritime Cooperative Activity (MCA) in the #WestPhilippineSea on Friday, February 9, reaffirming the countries’ commitment to bolstering regional security and stability. 

The Philippine Navy’s BRP Gregorio Del Pilar (PS15) and Naval Air Wing's AW109 Helicopter (NH434) together with the U.S. Navy’s USS Gabrielle Giffords (LCS 10), embarked with an MH-60S Sea Hawk, sailed together and participated in advanced planning and maritime communication operations within the Philippines’ Exclusive Economic Zone.


The MCA has become a routine activity for both Filipino and U.S. militaries to continuously enhance interoperability through the conduct of maritime security and maritime domain awareness operations. Among the events held were COMMEX, PHOTEX, DIVTACS and OOW Maneuvers.

“The continuous maritime cooperative activity manifests the enduring partnership between the Philippines and the U.S. militaries. It demonstrates our commitment to a free and open Indo-Pacific, and fosters closer cooperation towards further enhancing our maritime capabilities,” AFP Chief of Staff, General Romeo Brawner Jr said.

(PN)

44 komentar:

  1. Ampun deh
    https://www.zonajakarta.com/nasional/67311812391/indonesia-ada-fregat-merah-putih-dan-korvet-paolo-thaon-di-revel-class-sementara-malaysia-berharap-pada-kapal-perang-mangkrak

    BalasHapus
  2. Sementara KAPAL FONALD DUCK masih mangkrak...malu wooooi sama pinoy

    🇲🇾🇲🇾🇲🇾🇲🇾 🐔🐔🐔🐔🐔

    Wkwkwkwkwkwkwkwkwk

    BalasHapus
  3. BEZA KASTA...HAHAHA

    INDONESIA
    2 PPA THAON FI REFEL CLASS
    6 FREMM
    2 AH 140

    MALINGCIA
    6 LCS (VERSI MANGKRAK)



    🇲🇾🇲🇾🇲🇾🇲🇾 🐔🐔🐔🐔🐔

    🤣🤣🤣🤣🤣🤣


    Wkwkwkwkwkwkwkwkwkwkwkwkwkwkwkwkwkwk

    BalasHapus
  4. CAPEK DEH ,
    APAKAH DIANTARA KALIAN PASUKAN² KETEK ADAKAH YANG KEBAGIAN KOMISI PEMBELIAN MIRAGE HIBAH BEKAS ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sudah beli ? Ada link ? Sudah bayar DP ? Jgn jadi tukang fitnah.... Gak baik

      Hapus
    2. Aku mau komisinya.😆
      Daftar ke siapa?

      Hapus
    3. Running text CNN > jubir Kemhan : Rencana pembelian Mirage telah dibatalkan

      Hapus
    4. koen iso mingkem gak ???.....tak seselno congormu nang gununge cantrikwatine om smilikity...ambyar koen.....

      Hapus

  5. Kelas gahar semua yg dibidik. Gimana Menkeu nggak pusing ya.

    Indonesia Bidik Fregat Navantia Spanyol Alpha 5000 Pengganti FREMM

    https://www.zonajakarta.com/nasional/67311834489/indonesia-bidik-fregat-navantia-spanyol-alpha-5000-pengganti-fremm

    BalasHapus
    Balasan
    1. Web yang itu ya?
      Saran ane, ndak perlu seriusin

      Hapus
    2. Kalau mau galangan Eropa, lebih baik tetap dengan Fincantieri. Atau balik dengan Damen lagi saja. Bisa ikut proyek Belanda-Belgia.

      Hapus
    3. Aye lbh mengkrucut keDamen..Damen sdh terbukti soalnya, tinggal berani gk Menhan beli jgn ketengan ky beli rokok diwarung madura🤭😂

      Hapus
    4. Njur FMP itu dianggap apa.....bukan fregat gitu

      Nganu kok diambil semua 👎👎👎

      Hapus
    5. Om PS, iya om itu sumber atau pengamatnya abal2. Cuma utk bikin Jiran makin iri aja om

      Hapus
    6. zonajakarta iku admine TSETOW koplak......gak tau mangan bangku sekolah......wkwkwkwkkkkkk

      Hapus
  6. TLDM READINESS 58.6% = Perkara tersebut dinyatakan oleh beliau semasa menyampaikan Perutusan Tahun Baharu 2024 dan Setahun Pemerintahan Panglima Tentera Laut di Wisma Pertahanan. “Kesiagaan TLDM masih berada di bawah sasaran iaitu 58.6% berbanding sasaran 75%"
    ---
    4 MKM ABLE TO FLY = The Royal Malaysian Air Force (RMAF) bought a total of 18 Su-30MKMs from Russia last decade. Fourteen of those jets require repairs.
    ---
    TANK BREAK DOWN = The Malaysian Army has apologised after a military vehicle broke down along a road in Kuala Lumpur on Saturday (Aug 27), a day after a tank malfunctioned and blocked traffic.
    ---
    REGIONS WEAKEST = the Malaysian military is today the region’s weakest. It is riddled with corruption, poor planning, and interference by political leaders in procurement .....
    😝FACT THE REGIONS WEAKEST😝

    BalasHapus
  7. Mau tambah dana atau kurangkan unit, Maharogolele tetaplah cacat salah potong, biarpun cecah air sudah tua Bangka berkarat 🤣🤣🤣🤣

    BalasHapus
  8. Ini Baru nama nya Kapal kombatan..Kapal tuh Cecah air, masa kapal Kombatan berjimat diDarat sampai BangJamilMaaampoos..sampai Rosmah pakai Gstring pusing² menara petronas hasil hutang PGN & Pertamina Indonesia

    BalasHapus
  9. Berita macam gini bikin MALON NGAMUK
    🤣🤣🤣🤣🤣🤣🤣

    BalasHapus
  10. Ketika Majapahit Tunduk dan Patut kepada Superiority China (Dinasti MIng)
    Ketika Kaisar Cina Memaafkan Raja Majapahit
    Pada masa kerajaan Majapahit dan Dinasti Ming, setidaknya ada dua insiden selama 2 negara ini menjalani hubungan politik dan diplomatik, yakni:
    1.) Seorang utusan Cina dib*nuh dalam misinya ke Sanfoqi (Sriwijaya/Palembang) untuk mengakui kemerdekaan Sriwijaya dari kerajaan Majapahit pada tahun 1377 (Kemungkinan ketika Parameswara memberontak terhadap Majapahit). Kaisar Hongwu menerima 300 “budak hitam” (budak Kunlun) dan satu tugu peringatan berlapis emas sebagai kompensasi dari raja Hayam Wuruk.
    Dekrit tentang pembunuhan utusan Cina ini dicatat dalam Ming Shilu (Ming Veritable Records):
    “Saya memerintah orang Cina dan orang barbar, dan dalam pemerintahan saya, saya tidak membedakan antara yang dekat dan yang jauh. Tanah anda terisolasi di sebuah pulau di lautan, dan akhir-akhir ini anda sering mengirim utusan ke Tiongkok. Meski mengaku memberikan upeti, namun nyatanya mencari keuntungan juga, saya menghormati rasa loyalitas dengan menerima utusan dengan tata cara yang sesuai. Sebelumnya, utusan yang diutus raja negara Sanfoqi (Sriwijaya) menyerahkan sebuah peringatan dan meminta segel dan jumbai.
    Saya senang dengan kekaguman mereka terhadap kebajikan dan kemudian mengirim utusan untuk menyampaikan hal ini kepada mereka, untuk menunjukkan kepedulian saya terhadap orang-orang yang jauh. Siapa yang mengira akan ada rencana jahat yang membuat utusan itu diperdaya dan dib*nuh? Bagaimana mungkin anda, dengan mengandalkan lokasi anda di tempat yang berbahaya dan jauh, berani bertindak sembrono dan menghina? . . . Jika anda meremehkan kemarahan Cina, maka anda harus bersiap untuk melindungi kekayaan anda. Jika tidak, anda akan mengundang kehancuran pada diri anda sendiri, dan penyesalan tidak akan ada gunanya.”
    Pada awalnya Kaisar Cina berencana untuk menangkap duta Jawa yang sedang berada di Cina, namun pada akhirnya Kaisar Cina memberikan maaf seperti yang dimuat dalam Mingshan cang (oleh He Qiaoyuan) :
    “Saya ingin memenjarakan anda, tetapi saya memikirkan ikatan antara anda dengan orang tua, istri, dan anak-anak anda. Perasaan seperti itu sama bagi orang Cina maupun orang asing”

    BalasHapus
    Balasan
    1. Supremo LG halu, abis maen dg Bangla..😁😁😁

      Hapus
  11. 2.) 170 anggota kedutaan Cina terb*nuh di Jawa selama perang Paregreg pada tahun 1406. Kaisar Yongle kemudian meringankan hukumannya dengan hanya menerima 10.000 tael emas sebagai kompensasi, hanya seperenam dari jumlah 60.000 tael emas yang dituntut
    Dekrit mengenai kompensasi hukuman pembayaran ini dimuat dalam Ming Shilu (Ming Veritable Records):
    " Itu hanya untuk membuat orang-orang yang jauh menyadari kejahatan mereka. Kami tidak menginginkan emas mereka! Karena mereka sudah merasa bersalah, maka semua emas yang terutang harus dibebaskan "
    Kaisar Yongle juga menyatakan:
    “Apakah saya memerlukan emas itu? Saya hanya ingin orang-orang yang jauh takut pada [saya]"
    Dalam Xianbin lu (oleh Luo Yuejiong) disebutkan:
    "Jika saja Kaisar marah, maka Jawa akan berlumuran d*rah dan m*yat. Itulah sebabnya penguasa suci itu hanya menuntut hukuman emas sebagai gantinya"
    Pemberian maaf Kaisar Cina terhadap Majapahit ini adalah simbolisasi superioritas moral orang Cina & Konghucu/Konfusianisme, orang Cina memang menganggap orang Jawa sebagai orang barbar, yang suka bertindak semaunya sendiri (orang Cina menganggap bahwa semua orang di selatan Cina seperti Jawa, Melayu, Siam, Kamboja,dll semuanya adalah orang barbar). Dekrit kekaisaran menekankan dikotomi moralisme Konfusianisme dan materialisme barbar yang diucapkan dengan nada agung "Putra Langit". Orang-orang barbar hanya “mencari keuntungan” dalam sistem upeti, sementara Tiongkok mempertahankannya karena alasan kesetiaan dan loyalitas. Dekrit juga menyiratkan bahwa Cina bisa saja menyerang Jawa kapanpun jika Cina menginginkannya, namun karena Kaisar Cina merasa dirinya lebih "beradab", oleh sebab itu ia lebih memilih untuk memberikan maaf dan hanya memberi peringatan.
    Hitungan kasar:
    * 1 tael = 38 gram
    * 60.000 tael = kurang lebih 2.267 kg atau 2.2 ton.
    * 10.000 tael = kurang lebih 377 kg
    * 1 kg emas harganya kurang lebih 1 miliar rupiah
    * 60.000 tael / 2.267 kg = 2.2 triliun rupiah
    * 10.000 tael / 377 kg = 377 miliar rupiah
    Sumber:
    Wang, Yuanfei. Writing Pirates Vernacular Fiction and Oceans in Late Ming China. University of Michigan Press. 2021

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sumber2 primer jaman dinasti Ming sudah banyak menjadi bahan studi ilmuwan2 nusantara dan barat untuk melengkapi penulisan sejarah majapahit. Sumber primer dimaksud terutama naskah Ming Shi bab 324 tentang Jawa, naskah Yingya Shenglan jarya Ma Huan, dan naskah Zhufanzhi karya Zhao Rukuo. Tulisan2 tersebut menggambarkan kondisi Jawa atau majapahit dengan cukup lengkap sesuai versi masing2. Ming Shi sebagai catatan resmi kerajaan tentu saja menampilkan pandangan kerajaan yang berkepentingan meninggikan kedudukan Kaisar dimata rakyatnya akan berbeda dengan pandangan Ma Huan, yang langsung datang di Jawa.
      Apalagi dibanding sumber naskah lokal semisal Negara kertagama, prasasti dan naskah2 setelahnya serta sumber lainnya dari Arab dan nusantara.

      Fakta sejarah yang tidak terbantahkan, Jawa tidak pernah takluk dari cina dan sejak jaman dinasti Yuan, Jawa memimpin Nusantara untuk membendung pengaruh Mongol / Yuan
      Fakta juga bahwa Malaka menghamba ke Cina untuk mendapatkan perlindungan dari serangan Majapahit dan kerajaan2 asing lainnya

      Hapus
    2. Ada beruk mabok. Ngomong nggak nyambung. Ini lg depresi kelamaan miskin

      Hapus
    3. Supremo anda sudah baca hasil2 penelitian ilmuwan nusantara dan barat tentang majapahit?
      Klo belum gak usah lah komen tentang sejarah majapahit .......
      🤣🤣🤣🤣🤣🤣

      Hapus
  12. TLDM READINESS 58.6% = Perkara tersebut dinyatakan oleh beliau semasa menyampaikan Perutusan Tahun Baharu 2024 dan Setahun Pemerintahan Panglima Tentera Laut di Wisma Pertahanan. “Kesiagaan TLDM masih berada di bawah sasaran iaitu 58.6% berbanding sasaran 75%"
    ---
    4 MKM ABLE TO FLY = The Royal Malaysian Air Force (RMAF) bought a total of 18 Su-30MKMs from Russia last decade. Fourteen of those jets require repairs.
    ---
    TANK BREAK DOWN = The Malaysian Army has apologised after a military vehicle broke down along a road in Kuala Lumpur on Saturday (Aug 27), a day after a tank malfunctioned and blocked traffic.
    ---
    REGIONS WEAKEST = the Malaysian military is today the region’s weakest. It is riddled with corruption, poor planning, and interference by political leaders in procurement .....
    😝FACT THE REGIONS WEAKEST😝

    BalasHapus
  13. Saat bertandang ke galangan PT PAL Indonesia, progres Frigate Merah Putih adalah telah tergarap 58 blok dari total 161 blok untuk membangun kapal ini.

    "Target, April sudah diletakkan di graving dock, akan di-erection di situ," kata Djoned.

    Adapun sistem sensor, persenjataan, komunikasi, dan kontrol dari sistem sensor, weapon, and comand atau sewaco kapal sedang dalam tahap renegosiasi untuk mendapatkan ToT yang sebenarnya.

    "Kalau CMS kita beli glondongan tanpa ToT kita tidak tahu apakah ada backdoor. (Kalau begitu), apakah kita bisa jamin perintah tidak bocor?" tanya Djoned.




    Yaa semoga saja tepat waktu 😁😁😁

    BalasHapus
  14. Baru setahun sudah KARATAN... 🤣🤣🤣🤣🤣

    Patutlah MALAYSIA TOLAK dan memilih 20 buah Ejder Yalçın buatan Turkiye.. 🤭🤭🤭

    BalasHapus
    Balasan
    1. TLDM READINESS 58.6% = Perkara tersebut dinyatakan oleh beliau semasa menyampaikan Perutusan Tahun Baharu 2024 dan Setahun Pemerintahan Panglima Tentera Laut di Wisma Pertahanan. “Kesiagaan TLDM masih berada di bawah sasaran iaitu 58.6% berbanding sasaran 75%"
      ---
      4 MKM ABLE TO FLY = The Royal Malaysian Air Force (RMAF) bought a total of 18 Su-30MKMs from Russia last decade. Fourteen of those jets require repairs.
      ---
      TANK BREAK DOWN = The Malaysian Army has apologised after a military vehicle broke down along a road in Kuala Lumpur on Saturday (Aug 27), a day after a tank malfunctioned and blocked traffic.
      ---
      REGIONS WEAKEST = the Malaysian military is today the region’s weakest. It is riddled with corruption, poor planning, and interference by political leaders in procurement .....
      😝FACT THE REGIONS WEAKEST😝

      Hapus
    2. Ha ha ha pork...pork. cerdas dikit dong pork

      Hapus
    3. Raja bual kerasukan dah muncul dari bilik bermenung.wk .wk.wk tetap saja komennya makin tolol.

      Hapus
  15. Hahahaha geng MALON PENDENGKI sudah muncul.
    Tetap dengan DENGKI, MEMBUAL dan tebar HOAX
    🤣🤣🤣🤣🤣🤣🤣🤣

    BalasHapus
  16. Ada 3 raja dan 6 perdana menteri Malaysia yang juga memiliki garis keturunan etnis dari kepulauan Indonesia
    😛EKSPOR RAJA DAN PM DARI INDONESIA😛

    BalasHapus
    Balasan
    1. Emang ada raja MALON yang asli semenanjung?

      Hapus
    2. Ada RAJA SINGA OM wkwkwkkw......

      Hapus
    3. 🤣🤣🤣🤣🤣🤣🤣🤣

      Hapus
    4. Kedah didirikan oleh pendatang dari Persia (versi lain India, Tamil, Arab)
      Malaka didirikan oleh pangeran dari Sriwijaya yang pernah menjabat di Majapahit
      Johor didirikan oleh keturunan Sultan Malaka berarti keturunan Sriwijays
      Selangor didirikan oleh keturunan Bugis
      Negeri Sembilan didirikan orang Minang

      Hapus
    5. Bukti Wilayah JAJAHAN = RAJA KETURUNAN INDONESIA ...
      Bukti Bangsa PEMALAS Inferior = PM KETURUNAN INDONESIA ....
      😛😛😛

      Hapus
  17. Satelit Gen-3 akan menghasilkan gambar dengan resolusi 50 cm.....
    BlackSky has also provided Assured subscription-based real-time imagery and analytics services to support the Indonesian MoD. These multi-year contracts have a combined value of approximately $50 million dollars.
    ---
    VSAT TSGN DI BELI TELKOM =
    PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (Telkom) melalui anak usahanya PT Telekomunikasi Indonesia International (Telin) menyepakati pembelian mayoritas saham TS Global Network Sdn Bhd (TSGN), perusahaan Malaysia penyedia dominan layanan komunikasi satelit. Pemindahan kepemilikan mayoritas TSGN kepada Telin
    😛24/7 LOCK ON😛

    BalasHapus
  18. 2024 MYR 19,7 (approx. US$ 4,370 Billion) : LEASE AGAIN !!!
    2023 MYR 17,74 : LEASE
    2022 MYR 16,14 : LEASE
    DEFICIT 4,3% : The Malaysian government remains committed to fiscal consolidation with the fiscal deficit expected to improve to 4.3% of GDP by end-2024 (2023e: 5.0%)
    ---PLAT TIPIS--
    PLAT TIPIS ALUMUNIUM = G2000 Mk II memiliki lambung aluminium dan berbobot sekitar 26 ton pada beban standarnya.
    AV8 PLAT TIPIS = Pelindung aluminium dan baja komposit, lapis baja tambahan di depan dan samping lambung hingga STANAG 2569 Level 1...
    --SEWA--
    SEWA 4x4 = Pejabat perusahaan mengatakan kepada Janes di pameran bahwa Angkatan Bersenjata Malaysia sedang mencari untuk menyewa Tarantula
    SEWA HELI = perjanjian sewa dengan penyedia layanan penerbangan lokal, Aerotree, untuk menyediakan empat helikopter bekas Sikorsky UH-60A+ Black Hawk.
    SEWA HELI = 4 buah Helikopter Leonardo AW 139 yang diperolehi secara sewaan
    SEWA HELI = Kerajaan sebelum ini pernah menyewa Helikopter Latihan Airbus EC120B dan Flight Simulation Training Device (FSTD) Untuk Kegunaan Kursus Asas Juruterbang Helikopter TUDM. Selain itu, kerajaan turut pernah menyewa 5 unit Helikopter EC120B; 1 unit Sistem Simulator
    SEWA BOAT = sewaan Bot Op Pasir merangkumi 10 unit Fast Interceptor Boat (FIB); 10 unit Utility Boat; 10 unit Rigid Hull Fender Boat (RHFB); 10 unit Rover Fiber Glass (Rover).
    SEWA HIDROGRAFI = MV Aishah AIM 4, yang diperoleh menerusi kontrak sewaan dari syarikat Breitlink Engineering Services Sdn Bhd (BESSB)
    SEWA MOTOR = The Royal Military Police Corp (KPTD) celebrated the lease of 40 brand-new BMW R1250RT
    --LIGHT--
    Light Scout Attack
    Light combat aircraft
    😝PLAT TIPIS😝SEWA😝LIGHT😝

    BalasHapus
  19. pg สล็อต วอเลท บริการที่เรายินดี เสนอ เพื่อมอบความสบายสบาย ให้กับผู้เล่นรวมทั้งสมาชิกของเรา ด้วยบริการเพิ่ม PG SLOT สำหรับเล่น ซุปเปอร์ผ่าน ทรูมันนี่ วอเล็ทวิถีทางเล่นของยอดฮิตอย่างใหญ่โต

    BalasHapus