29 Februari 2024

Presiden Menyaksikan Penyerahan 52 Unit Ranpur Pindad

29 Februari 2024

Jumlah alutsista yang diserahkan Pindad berjumlah 52 unit (photo: Pindad)

Presiden Joko Widodo menyaksikan penyerahan BAST Alpalhankam dari Menteri Pertahanan, Prabowo Subianto kepada Panglima TNI, Kapolri, dan seluruh Kepala Staf Angkatan pada Rapat Pimpinan (Rapim) TNI Polri yang diselenggarakan pada Rabu, 28 Februari 2024 di Mabes TNI Cilangkap, Jakarta Timur.  Adapun alpalhankam PT Pindad yang diserahkan sebanyak 52 unit meliputi:
-10 unit medium tank Harimau, 
-3 unit ranpur Badak, 
-10 unit ranpur infanteri Pandur, 
-12 unit ranpur Anoa, 
-7 unit rantis Komodo, dan 
-10 unit ranops Maung.

Harimau medium tank (photo: Pindad)

Rapim TNI Polri turut dihadiri oleh Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan Hadi Tjahjanto, Menteri Pertahanan Prabowo Subianto, Panglima TNI Jenderal Agus Subiyanto, Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo, Kepala Staf TNI Angkatan Darat Jenderal Maruli Simanjuntak, Kepala Staf TNI Angkatan Laut Laksamana Muhammad Ali, Kepala Staf TNI Angkatan Udara Marsekal Fadjar Prasetyo, Direktur Utama PT Len Industri (Persero) Bobby Rasyidin, Direktur Utama PT Pindad Abraham Mose, dan Direktur Produksi PT Pindad Budhiarto. 

Pandur amfibi 8x8 (photo: Pindad)

Presiden Joko Widodo kemudian menyampaikan arahan pada Rapim TNI Polri, terkait isu pertahanan dan kemananan, Presiden menyoroti perlunya TNI dan Polri untuk beradaptasi dengan perkembangan teknologi, termasuk perang siber dan penggunaan drone. Kepala Negara juga mengingatkan tentang pentingnya memperkuat profesionalisme, pelayanan terhadap masyarakat, dan sinergi antar kesatuan.

Badak 6x6 (photo: Pindad)

“Penguasaan Iptek jelas akan makin dibutuhkan. TNI-Polri harus menjadi pembelajar yang aktif, pembelajar yang adaptif. TNI-Polri juga harus mampu melakukan deteksi dini, mengambil langkah antisipasi, memperkuat profesionalisme dan pelayanan terhadap masyarakat, memperkuat nilai-nilai TNI Prima, Polri yang Presisi, serta kemanunggalan dengan rakyat,” ungkapnya.

Maung 4x4 (photo: Pindad)

Dalam rapat gabungan TNI-Polri tahun ini, TNI selaku tuan rumah mengangkat tema "TNI-Polri Siap Mewujudkan Pertahanan Keamanan untuk Indonesia Maju". Usai acara, Presiden Joko Widodo langsung meninggalkan lokasi Rapim TNI-Polri, Menteri Pertahanan Prabowo Subianto bersama Panglima TNI Jenderal Agus Subiyanto, Kapolri Jenderal Pol. Listyo Sigit Prabowo dan seluruh Kepala Staf Angkatan kemudian lanjut mengecek kesiapan prajurit dan alpalhankam yang digelar di lapangan depan GOR Ahmad Yani.

Komodo 4x4 (photo: Pindad)

Dalam rapim tersebut, Presiden Joko Widodo juga memberikan penghargaan kenaikan pangkat istimewa kepada Menteri Pertahanan Prabowo Subianto. Prabowo menerima kenaikan pangkat istimewa dari purnawirawan jenderal bintang tiga menjadi jenderal TNI Kehormatan bintang empat. Penganugerahan tersebut merupakan bentuk penghargaan dan peneguhan dedikasi kepada rakyat, bangsa, dan negara.

65 komentar:

  1. 200 lebih alutsista buatan RI dipamerkan saat Rapim TNI-Polri 2024

    https://m.antaranews.com/berita/3987810/200-lebih-alutsista-buatan-ri-dipamerkan-saat-rapim-tni-polri-2024

    BalasHapus
  2. HIDANGAN WARISAN BABI = Bak kut teh merupakan hidangan berupa sup yang terbuat dari iga daging babi. Sup ini dimasak perlahan dengan berbagai rempah sehingga kaldunya bening kecokleatan. Belum lama ini, pemerintah Malaysia menetapkan bak kut teh sebagai hidangan warisan.
    ---
    MONYET MENCURI DOKUMEN MILITER MALAYSIA.......
    Menurut laporan Malay Mail, seperti dikutip dari Channel News Asia, insiden itu terjadi ketika sekelompok monyet mencuri dokumen di kamp militer Terendak.

    BalasHapus
  3. PT Pindad saat ini sedang menyelesaikan pesanan tank Harimau untuk TNI AD, terus memproduksi panser Anoa dengan versi terkini. Juga panser kanon Badak dan lain-lain. Di matra udara PT DI sedang mengerjakan 6 pesawat NC 212 untuk Filipina, baru saja menyerahkan 5 unit NC212 untuk TNI AU dan memenuhi pesanan CN 235 untuk tiga matra TNI. Pesanan puluhan helikopter berbagai jenis telah diserahkan ke user TNI AU dan TNI AD.
    ----
    MONUMEN MIG29 = Sudah tentu, pemindahan MiG-29N sebagai monumen akan menutup pelbagai spekulasi alam maya berhubung masa depan pesawat tersebut

    BalasHapus
  4. Jam terbang beberapa galangan kapal swasta nasional sudah teruji dalam pengadaan kapal perang berbagai jenis yang dibutuhkan TNI AL. Misalnya pembuatan 8 kapal cepat rudal little but lethal "Clurit Class", 12 kapal jenis landing ship tank "Bintuni Class", 14 kapal patroli cepat. Termasuk kapal perang trimaran KRI Golok 688 yang fenomenal itu. Dan puluhan kapal patroli berlabel KAL. Saat ini sedang berproses pembangunan 3 kapal perang jenis korvet, 1 kapal perang intelijen bawah air, 2 kapal patroli cepat. Semuanya dikerjakan galangan kapal swasta nasional.
    PT PAL sendiri saat ini sedang menggarap proyek kapal perang prestisius baik untuk keperluan domestik maupun ekspor. Ada pembangunan 2 heavy fregate merah putih untuk TNI AL, ada 2 LPD untuk angkatan laut Filipina, ada 1 LPD untuk angkatan laut Uni Emirat Arab. BUMN matra laut ini sukses membangun 6 kapal LPD, 6 kapal cepat rudal "Sampari Class", 2 korvet "Martadinata Class", 1 kapal selam "Nagapasa Class".
    ---
    LCS (LAUGHING CENTER STOCK) = “If we were to build only two ships, it will cost around RM4.5 billion each, making it the world’s most expensive ship for its class and make us a laughing-stock to the world”.

    BalasHapus
  5. Nah aset Baharu lagi, Malon Kalis hutang aset usaaang semua wkwkwkwk wkwkwkwk wkwkwkwk

    BalasHapus
  6. Aset baru lagi asli buatan Indonesia.
    Tapi masih kalah dengan tank sride kancut Malon yang sudah lebih dulu injak injak planet namex

    BalasHapus
    Balasan
    1. Belum lagi rudal taming sari konon nak hantarkan beruk ke langit tujuh

      Hapus
  7. PANDUR DGN ALASAN AMPHIBI DI BUAT GESER ANOA PADAHAL ANOA JUGA BISA BERENANG DARI JUMLAH SAJA ANEH HARUSNYA LEBIH BANYAK BADAK YANG DI BELI TIDAK CUMA PURA² SEOLAH CARE KE PRODUK ASLI NKRI YANG SENGAJA DI BUAT UNTUK GANTIKAN ALUTSISTA TUA SHG TIDAK ADA REFURBISH UNTUK YANG TELAH ADA PENGGANTINYA SALAH SATUNYA BADAK 6X6 & KAPLAN TANK HARUSNYA SUDAH BANYAK UNTUK DAMPINGI LEOPARD SERTA ISI UNIT² KAVALERI RI , TDK CUMA PURA² INGIN MAJUKAN UNIT TEMPUR , PANDURNYA JELAS BERTURET ISRAEL ITU YANG DI CARINYA UNTUK LANGGAR UNDANG² DENGAN SENGAJA PADAHAL MASIH TURET DARI NEGARA LAIN , JUGA LEBIH EFEKTIF ANOA 3 TERBARU GURUN YANG BISA DI PAKAI JUGA UNTUK PANSER AL ATAU AD ATAU ANOA AMPHIBI YANG SEPERTINYA HENDAK DI SINGKIRKAN PADAHAL BISA DI TAMBAH TURET TERBARU 30 MM COCKERIL X YANG LUAR BIASA MUTAKHIR & BISA JUGA DI PASANG DI MORINO ATAU KOMODO .

    PANDUR TUA LAGI BARU KELUAR TAPI SUDAH TERTINGGAL SATU LEVEL SUDAH BARANG VINTAGE TECHNOLOGINYA , JAUH DARI MILIK CZECH & AUSTRIA YANG TERBARU , MASIH KERENAN ANOA 3 GURUN ASLI PINDAD & DITAMBAH TURET JHON COCKERIL 30 MM Di TERBARU ATAU DARI GROUP TURET KAPLAN PINDAD PASTI TIDAK ADA LAWAN.

    BalasHapus
    Balasan
    1. KOMODO , ANOA AMPHIBI & ANOA GURUN DI TAMBAH TURET COCKERIL X I TERBARU PASTI MANTAP TAK ADA LAWAN,
      PANTAS KAWAL PERAIRAN & DARATAN NKRI.

      Hapus
    2. Yg vintage dari Pandur kita apa?

      Hapus
    3. Kalo situ nyinyirin retrofit AMX, naah itu masuk akal dul...

      Lha wong Austria aja barusan order 200an Pandur kok, dibilang tua..

      Hapus
    4. YG ANEH ITU JALAN PIKIRANMU

      Hapus
    5. Pikiran mu yg Vintage SOK TAU... wkkkkwkk

      Hapus
  8. Beberapa ranpur PINDAD selain sudah dites uji ledakan oleh ranjau dan bom, juga dites uji oleh serangan drone dari sisi atas ranpur dan juga tes uji misil atgm.

    Dengan penumpang asli yaitu si setoy, gempork dan beruk beruk Malon lainnya. Kalau mereka semua selamat berarti aman itu ranpur dari serangan senjata tsb.

    BalasHapus
  9. Giliran produk dalam negri yang ga masuk SIPRI di publish jumlahnya, sayang banget padahal ini rahasia negara, bangga tapi agak blunder klo data lengkapnya di publish gini

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jumlah => rahasia negara?
      Lha wong data milik negara manapun ada di web..

      😂😂😂😂

      Hapus
    2. Masalah keterbukaan informasi, kita bagusnya ikutin AS. Alias, jumlah alutsista yg dibeli bukan rahasia.

      Hanya negara yg sangat otoriter yg merahasiakan jumlah alutsista yg dibeli. Rusia saja terbuka kalau masalah jumlah.

      Yg dirahasiakan biasanya detail spesifik.

      Hapus
    3. Mengetahui jumlah di era sekarang yg sangat mudah mencari akses.. bukan lagi sebuah rahasia.

      Justru yg deterent adalah ketika sebuah negara yg punya pabrik pembuatan alat militernya sendiri ..itu menjadi menakutkan karena negara tsb bisa memproduksi sendiri dengan jumlah yang sesuka hati.

      Yg masih rahasia adalah
      Taktik & teknik dalam pertempuran.
      kapan waktu & dimana deploy sebuah gerak pasukan & alat tempur.
      Spesifikasi detail teknis & kelemahan alat perang.

      Hapus
  10. Foto pandur nya beda mint,yg diserahkan yg pake armor sama rantis baru juga dri Ralika.
    Gak lengkap ni upload nya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mimin hanya mengilustrasikan

      😂😂😂😂

      Hapus
    2. Bisa bisa nnti si kadal melon komen bilang pandur nya GOIB
      🤔

      Hapus
  11. Berharap terus ada pesanan/batch selanjutnya berkesinambungan terutama
    Tank harimau
    Pandur 2 untuk AD/marinir Ok
    Panser badak 6x6

    BalasHapus
  12. Parah.... Pandur nya sudah bertahun tahun di pesan baru 15 buah sampai..... Yang 10 buah ni pun yang tempohari baru tiba yang sebelumnya 5 buah... 🤣🤣🤣🤣

    15 buah masih sikit woiiii... 😂😂😂

    BalasHapus
  13. Manakala tank Kaplan... Hanya 10 buah.... Sikit sangat tu.... 🤣🤣🤣🤣

    BalasHapus
    Balasan
    1. Memang nya negara situ punya🤣🤣🤣🤣

      Hapus
    2. Jangan lupa lon ya tank harimau ini adalah salah satu tank medium terbaik di dunia bahkan amirika sedang mengembangkan tank medium ini dan blum luncur dan yang jelas tank medium canggih ini adalah karya anak bangsa Indonesia bersama Turkiye

      Hapus
  14. Laaah..
    Berbanding malon tak ada satupun pesawat ke Pitch black 2024.

    LEMAH woeeiiy

    😂😂😂😂😂😂😂

    BalasHapus
  15. Sikit mana berbanding Hornet malon?
    Itupun 1 bijiknya telah meletup, mangkrak lagi

    😂😂😂

    BalasHapus
  16. Selamat pagi warga Kornubamate. Kabare? Waras?

    Baguss...Tak lama lagi tinggal 20 sahaja yang baik. Selainnya RUSAK. Wkwkwkwkwkwk....

    https://pbs.twimg.com/media/F-YUi0jbEAAWaST.jpg

    BalasHapus
  17. AIRTIMES = Bernaung di bawah DEFEND ID ialah PT Len Industri (Persero) sebagai induk dengan anak syarikatnya termasuklah PT Pindad.
    Melihat pencapaian industri pertahanan negara jiran ini menimbulkan beribu persoalan, mengapakah perkara sama tidak berlaku di Malaysia.
    Bukan bermakna kita tiada syarikat pertahanan, tetapi untuk membandingkan pencapaian syarikat pertahanan negara kita dengan di sana begitu jauh kemampuannya.
    Mengapakah begitu?
    😝BOTOLI = BODOH TOLOL KORUPSI😝

    BalasHapus
  18. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  19. https://twitter.com/DefenArt/status/1762841693295092212?t=3N4ik4cHWQHPigIzEA2zPQ&s=19

    Min bahas dong Al Maryah Project buatan Indonesia

    BalasHapus
  20. Malon..Malon "katak dalam tempurung"

    BalasHapus
  21. Asik pagi² 2 ekor Ras Silangan udh muncul @Rusli & MMW..Malon Shopping keh?
    Cukup 10 Harimau buat ngancurin Gempi armor setipis Tissue dan Tank KW yg Poland sendiri sebagai Produsen lbh memilih Leopard🤣🤣🤣

    BalasHapus
  22. Rusli & MMW hari ini udh Jepitin Kontol korang ke Pintu keh?!?..Planningnya mau Ngebual apa hari wahai mahluk² Ngentooood🤣🩲🇲🇾🩲

    BalasHapus
  23. Titah yg dipertuang Agoong Raja Kontol dr Semenanjung titisan dr Dewa LGBT, hari ini Rusli harus melayani Bangla dan Rohingya sampai Dubur somplak.

    BalasHapus
  24. INDONESIA ITU KEREN BANGETS :

    secara bertahap BERHASIL KUASAI TEKNOLOGI MANUFAKTUR :
    1. TANK MEDIUM
    2. PLATFORM PANSER 8X8
    3. PLATFORM PANSER 6X6
    4. PLATFORM KENDARAAN TAKTIS 4X4
    5. Sepeda Motor Taktis Elektrik


    kalo malon?
    malon dari dulu sampe hari ini hanya BUAL BESAR DOANG ....HAHAHAHAHAHAHAHA...

    malon SUDAH TERTINGGAL DAN TERPINGGIRKAN OLEH INDONESIA YANG SEMAKIN MAJU KUAT DAN SEJAHTERA.


    BalasHapus
  25. hmmn sampe taon kelima masi dominasi pesenan mef 2,
    pnasaran ituw kozak uda lama dioprek pindad jd diternakin gak yak...mayan kan bikin seblah makin FANASSsss haha!🔥🔥🔥

    BalasHapus
    Balasan
    1. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
    2. Kopitiam haha!😅😅😅
      prasaan dikirim kesini uda lama dech...pinising masa 2 taon lebih om pedang, emang isiannya. Agak Laen yak haha!😋😋😋

      Hapus
  26. malon pemilik f-18 PALING SEDIKIT DI DUNIA !

    HAHAHAHAHAHAHAHAHAHAHAHA......

    malon MISKIN DAN LEMAH NICH YEEEEE......

    WKWKWKWKWKWKWKWKWKWKWKWK.....

    BalasHapus
  27. WOOOIIIII.....lon malon ....mana BUKTI FAKTA kalo malon SUDAH MEMPRODUKSI SENDIRI MEDIUM TANK ?

    kenapa lon malon ? KEPANASAN ya dirilisnya INFORMASI ANGKA JUMLAH UNIT YANG DISERAHKAN ?

    BalasHapus
  28. Malon menandingi shoping SG ini dengan AKAN shoping LCA versi mengemis BARTER sawit

    😂😂😂😂😂😂

    https://www.indomiliter.com/singapura-pesan-delapan-unit-f-35a-total-operasikan-20-unit-jet-tempur-stealth-f-35a-b-di-tahun-2030/

    BalasHapus
  29. ada yg ke ims 2 mgg laluw gak?
    satu M3 digelar gde amat yak, gimana 18 bijik haha!😋😋😋
    betewe banyak beud mobil listrik, yg dr pietnam mayan halus disainnya, gk nyangka aja hasil karya nguyen masuk, lha proton KL malah senyap haha!👻👻👻

    BalasHapus
    Balasan
    1. Malon buat mobil listrik versi power bank oom, cukop sekali colok bisa ke Namex..

      😂😂😂😂

      Hapus
    2. Gede banget om pal.. apalagi Uda di buka.

      Gak kebayang 8 unit di sejajarkan

      Hapus
    3. tekonologi hasil teote alien yak om pedang haha!🤖🤖🤖

      nyoihh, penasaran m3 gelar di sungai musi om tupz, muat yak haha!👍👍👍

      Hapus
  30. CEK AJA TUCH DAFTAR ASSET malon diantaranya:

    Mig29 Fulcrum >>> akan GROUNDED PERMANENTLY

    F-18 C/D >>> JUMLAH PALING SEDIKIT DI DUNIA


    malon NO MONEY = NO BUDGET PROCUREMENT = NO MRCA

    malon KRISIS MONETER >>> NILAI TUKAR ringgit malon SEMAKIN LEMAH TERHADAP US DOLLAR.

    HAHAHAHAHAHAHAHAHAHAHAHA

    BalasHapus
  31. Nasib baik sebelahnya AKAN shoping LCA...😂😂😂😂

    ===

    "...Jet F-35 akan menggantikan armada F-16 Singapura yang sudah tua, yang dijadwalkan pensiun pada pertengahan tahun 2030-an. Armada pesawat tempur RSAF di masa depan akan terdiri dari jet F-35A, F-35B dan F-15SG..."

    BalasHapus
  32. Chinese Research Vessel, Haiyang Dizhi 8 Is In Malaysia’s EEZ Waters For Two Weeks
    Security & Sovereignty 6th Feb 2024


    At this point, it has been two weeks since the Chinese research vessel, Haiyang Dizhi 8, is in the waters of the Exclusive Economic Zone (EEZ) of Malaysia near Beting Patinggi Ali (Luconia Shoals), believed to be conducting seabed research in the area waters belonging to Malaysia that are rich in oil and gas treasures.

    According to international researcher Raymond Powell, the Chinese research vessel was once detected at its closest position of about 100 nautical miles from the coast of Malaysia.

    “The Chinese survey vessel, Haiyang Dizhi 8, is still under the control of the country’s coast guard vessel, CCG 5202, since it entered Malaysia’s EEZ on Jan 24.”

    TLDM TIDO KEH..ASET LAPOK TAKDE MINYAK🩲🇲🇾🩲🤣🤣🤣🤣🤣

    BalasHapus
  33. TLDM di Ayam²in sm CCG? Itu baru CCG..coba kalau yg datang PLANavy bisa nangis darah, berak kapur TLDM🤣🤣🤣

    BalasHapus
  34. LPD FILIPINA = Setelah penandatanganan kontrak penjualan dua unit LPD (Landing Platform Dock) atau SSV (Strategic Sealift Vessel) Tarlac Class (tambahan) antara PT PAL Indonesia dengan Departemen Pertahanan Filipina di Manila pada Juni 2022, kini ada kabar terbaru dari Surabaya Diwartakan bahwa pada hari ini, 10 Agustus 2023, telah dimulai tahapan pemotongan baja pertama – first steel cutting atas dua LPD tersebut.
    ---
    LPD UEA = PT PAL melaksanakan upacara First Steel Cutting Landing Platform Dock (LPD) 163 M, yakni proyek Al Maryah milik Angkatan Laut Uni Emirat Arab, pada 28 Februari.
    😝 FIRST STEEL CUTTING 😝

    BalasHapus