25 Februari 2024

Jet Tempur Generasi ke-5 Türkiye KAAN Berhasil Menyelesaikan Penerbangan Pertamanya

25 Februari 2024

Jet tempur TAF KAAN buatan Turkiye mempunyai mtow 27,215 kg dan kecepatan maksimal Mach 1.8 (all photos: AA)

Masyarakat Turki pada hari Rabu menyaksikan tonggak sejarah industri pertahanan lainnya ketika jet tempur pertama yang dikembangkan di dalam negeri menyelesaikan penerbangan pertamanya, yang merupakan bagian dari upaya negara tersebut untuk meningkatkan angkatan udaranya dan mengekang ketergantungan pada luar negeri.

Dinamakan KAAN, pesawat tempur generasi kelima lepas landas pada Rabu dini hari dan mengudara sebentar sebelum kembali ke pangkalan udara di utara Ankara, menurut video yang dibagikan oleh pengembangnya, Turkish Aerospace Industries (TAI).

Penerbangan ini menandai “ambang kritis” lainnya, kata Presiden Recep Tayyip Erdoğan.

“Kami mengalami salah satu hari yang membanggakan bagi industri pertahanan Turki. Pesawat tempur buatan kami, KAAN, berhasil menyelesaikan penerbangan pertamanya hari ini. Türkiye melewati ambang batas kritis lainnya dalam memproduksi jet tempur generasi kelima,” kata Erdogan pada sebuah acara di wilayah barat. Provinsi Afyonkarahisar.

Temel Kotil, Kepala TAI, mengatakan KAAN bertahan di udara selama 13 menit dan mencapai kecepatan 230 knot di ketinggian 8.000 kaki.


"Sayap baja Turki di langit!" Menteri Perindustrian dan Teknologi Mehmet Fatih Kacır mengatakan dalam sebuah postingan di platform media sosial X, yang sebelumnya dikenal sebagai Twitter.

“Dengan KAAN, negara kita tidak hanya akan memiliki jet tempur generasi kelima tetapi juga teknologi yang hanya dimiliki oleh sedikit negara di dunia,” Haluk Görgün, kepala Kepresidenan Industri Pertahanan (SSB), menulis di X.

Sebelumnya, para insinyur melakukan uji kursi peluncuran KAAN, uji statis full-length, uji statis permukaan kontrol, uji roda pendaratan, uji sistem avionik, uji bahan bakar, uji penyalaan mesin, dan uji taxiing.

Diluncurkan secara publik tahun lalu, jet tersebut dianggap sebagai proyek paling ambisius di Türkiye hingga saat ini. Pesawat perang tersebut melakukan debut di landasan pacu dan menyelesaikan uji taksi pertamanya setelah menyalakan mesinnya untuk pertama kalinya pada pertengahan Maret tahun lalu.

Hal ini diupayakan untuk menggantikan armada F-16 yang sudah tua dalam inventaris Komando Angkatan Udara, yang rencananya akan dihapuskan mulai tahun 2030-an.


Jet tempur baru ini awalnya akan ditenagai oleh dua mesin General Electric F-110, yang juga digunakan pada jet Lockheed Martin F-16 generasi keempat.

Türkiye bertujuan untuk menggunakan mesin produksi dalam negeri, yang "hampir siap", pada KAAN dalam produksi serial, kata Görgün, dan diharapkan akan dimulai pada tahun 2028.

Pesawat ini akan mampu melakukan pertempuran udara-ke-udara dengan senjata generasi baru dan serangan presisi dari senjata internal dengan kecepatan supersonik dan akan memberikan peningkatan kekuatan tempur dengan kecerdasan buatan dan dukungan jaringan saraf.

Jet tersebut akan menjadikan Türkiye salah satu dari sedikit negara yang memiliki infrastruktur dan teknologi untuk memproduksi pesawat tempur generasi kelima.

See full article Daily Sabah

22 komentar:

  1. MONUMEN MIG29 = Sudah tentu, pemindahan MiG-29N sebagai monumen akan menutup pelbagai spekulasi alam maya berhubung masa depan pesawat tersebut
    ---
    (UGV LCS) UNMANNED GROUND VEHICLE TERBESAR DUNIA = Laporan Jawatankuasa Kira-Kira Wang Negara (PAC) berhubung kemajuan projek pembinaan kapal tempur pesisir (LCS) Tentera Laut Diraja Malaysia (TLDM) mendedahkan lima kapal itu dijangka siap pada 2029
    😛PARAH MONUMEN MIG = UGV LCS TERBESAR DUNIA😛

    BalasHapus
  2. MONYET MENCURI DOKUMEN MILITER MALAYSIA.......
    Menurut laporan Malay Mail, seperti dikutip dari Channel NewsAsia, insiden itu terjadi hari Minggu (31/7) ketika sekelompok monyet mencuri dokumen di kamp militer Terendak.
    ----
    DAPA AND KAI NOT FOUND = the Defense Acquisition Program Administration and KAI have stated that they have been investigating for fifteen days and have not found any evidence of national secrets such as core technology being leaked.....
    ---
    KOREA MILITARY OFFICIALS = the military officials urge restraint and patience as there is no solid evidence to support such rumors. Another military official added, “We believe no content has emerged that would violate military secrets or the Defense Industry Technology Security Act. Thus, it seems that there was no core technology that could be classified as a secret.”
    😝KALAH SAMA MONYET😝

    BalasHapus
  3. Orang orang Malaysia sibuk dengan urusan iri hati, dengki, sombong, ujub dengan masa lalu yg sebenarnya tidak hebat juga disamping itu juga malas kebanyakan nonton bokep....20 tahun berlalu Malaysia masih begitu saja sedangkan negara lain sudah semakin maju ke depan....tapi sampai sekarang pun masih belum sadar...yah ternyata Malaysia masih TOLOL dan DUNGU dan BODOH...

    BalasHapus
  4. Punya KAAN tapi masih berharap bisa beli f 35, maksudnya apa ya ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Menagih janji.
      Turki itu tim inti penyumbang tekhnologi utama joint development F35 dan sudah menanamkan biaya yang besar ke LM.
      Tetapi gegara beli rudal S400 rusia, Turki ditendang dari joint development F35 oleh pemerintah ASU.

      Hapus
  5. KAAN masih proto, F-35 sudah mass product.
    Dan Turki ingin hak-nya atas sejumlah F-35 yang sudah mereka bayar ke US

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalo tetangga sebelah ada proyek peswat PTM gen 6 namanya Sing Khir Khan 😁🤟

      Hapus
  6. Oh ini pesawat yang joint dengan MALON ya
    🤣🤣🤣🤣🤣🤣🤣🤣

    BalasHapus
  7. Klo dri segi dimensi ukuran pesawat Khan hampir sebesar Shukoi,ngalahin F22,F15,J20 😃

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dimensinya masih jauh lebih besar jet pejuang PTM Gen-6 Malon.
      Karena disesuaikan dengan konsep peperangan antar GALAKSI seperti yang disyaratkan TUDM.

      Terutama jauh lebih besar BUAL nya.

      Hapus
  8. masih cantikan KF-21.....KAAN agak nanggung.....Indonesia klo ditawari, jgn langsung mau......biar battle proven dulu.....palagan perang dekat turki khan banyak tuh, biar direyen dipalagan itu dulu.....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul
      Hubungan Turki tidak baik baik saja dengan Yunani. Dan Yunani sedang menunggu pesawat F35
      Sepertinya palagan jet KAAN Turki VS F35 bakal terjadi disana .

      Hapus
  9. Turki ada peswat 5 Khan
    Malon ada peswat gen 6 Singkir Khan

    BalasHapus
  10. di hurjet dan KAAN ini tak de bendera Malon ke??

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ada....bendera malon ada di sempak para pilotnya, sesuai dgn kontribusi mereka yaitu menciptaka teknologi sempak khusus pilot antar planet 🙄🙄

      Hapus
  11. TURKIYE SEBENTAR LAGI SAMA DENGAN INDONESIA JADI PRODUSEN BARU PESAWAT TEMPUR GENERASI LANJUT & MENJADIKAN NEGARANYA JADI NEGARA KE 6 YANG MAMPU BANGUN FIGHTER MUTAKHIR SETELAH INDONESIA/KOREA SELATAN.

    SEMOGA FIGHTER JET MODERN MUTAKHIR BUATAN BANGSA INDONESIA IF 21 🇮🇩 INDONESIAN FIGHTER JET YANG SEKARANG TELAH SEDANG MASUKI MASA PRODUKSI BISA SEGERA MASUKI SQUADRON² TEMPUR NKRI SEPERTI RENCANA YANG TELAH DI TETAPKAN NEGARA INDONESIA .

    SUKSES TERUS INDONESIA
    IF 21 🇮🇩🇰🇷KF 21 KOREA SELATAN DENGAN PROJECT FIGHTER JET GENERASI LANJUTNYA YANG MODERN & MUTAKHIR ,
    JADILAH JADI YANG TERBAIK & PILIHAN TERBAIK UNTUK KEKUATAN SUPREMASI UDARA.


    BalasHapus
  12. https://www.astroawani.com/berita-malaysia/malaysia-dijangka-miliki-pesawat-tempur-sendiri-2030-penyelidik-pertahanan-173313?


    Kalau Bual bikin seram

    BalasHapus
  13. "Keistimewaan pesawat ini nanti ialah ia akan disaluti cat khas jenis 'Hydrophobic Radar Absortion Material Coating' yang berperanan memperkukuhkan teknologi Stealth dan boleh digunakan pada apa jua situasi serta iklim di muka bumi ini.
    "Berbanding dengan teknologi Amerika Syarikat, mereka menggunakan cat jenis 'Hydophilic Radar Absortion Material Coating'. Cat ini memberi kesan yang sama dari segi teknologi Stealth, namun terdapat kekurangan ketika pesawat diterbangkan pada cuaca basah atau hujan kerana cat jenis ini menyerap air dan dikhuatiri mampu mengganggu sistem penerbangan pesawat terbabit," katanya.



    Insinyur Salah Potong kalau sembang bikin seram 🤣🤣🤣🤣

    BalasHapus
  14. Rusli Sembang Korang Malon ke KAAN project..mana kq gk ada Bendera WangKopi Jalur Gemilang🤣🤣🤣

    BalasHapus