21 Desember 2018

2022, Pesawat N219 Amfibi Uji Terbang

21 Desember 2018


N219 versi amfibi (image : Detik)

FAJAR.CO.ID, BOGOR – Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (Lapan) mengatakan pesawat perintis N219 Amfibi yang akan dikembangkan pada 2019 diperkirakan akan mulai uji coba terbang pada 2022.

“Begitu selesai pengembangan float dan peningkatan basic pesawat, maka pada 2022 mulai flight test (uji coba penerbangan),” kata Kepala Pusat Teknologi Penerbangan Lapan Gunawan Setyo Prabowo dalam Sosialisasi Hasil Feasibility Study Pengembangan N219 Amfibi di Kantor Pusat Teknologi Penerbangan Lapan di Rumpin, Bogor, Jawa Barat, Kamis (20/12).

Gunawan mengatakan setelah sertifikasi penerbangan untuk pesawat N219 pada 2019, maka pengembangan pada pesawat N219 Amfibi akan dimulai.

Pada dua tahun pertama yakni 2019-2020 akan dilakukan pengembangan float yang berguna untuk menganti roda agar pesawat dapat mengapung di atas permukaan air.



Project Manager Pesawat N219 Amfibi Budi Sampurno menuturkan pada pengembangan pesawat amfibi itu, juga akan dilakukan penguatan pesawat dasar yang digunakan yakni pesawat N219 termasuk penguatan struktur dan komponen. Karena adanya penambahan float untuk pesawat amfibi sehingga perlu penyesuaian dan modifikasi pada pesawat dasar.

Namun, Budi menuturkan tidak ada perubahan besar pada pesawat dasar yang digunakan karena jika sampai terjadi perubahan besar maka perlu ada sertifikasi penerbangan ulang, dan itu akan membutuhkan waktu yang lagi.

Budi mengatakan pesawat N219 Amfibi akan menggunakan pesawat N219 sebagai pesawat dasar yang kemudian dimodifikasi dan dikembangkan dengan memakai float agar bisa mendarat di permukaan air sehingga menjadi pesawat amfibi.

Dia menuturkan untuk pengujian terbang perdana pesawat N219 Amfibi itu tentu membutuhkan landasan tertentu, misalnya, salah satu tempat yang mungkin bisa digunakan adalah Pulau Panjang di Kepulauan Seribu.

Project Engineer Pesawat N219 Amfibi Bambang Sumantri menuturkan sembari pengembangan float pada 2020, juga secara paralel dilakukan peningkatan pada pesawat dasar, yang kemudian dilakukan konfigurasi antara pesawat dasar dan float untuk menciptakan pesawat amfibi.

Bambang menuturkan pengembangan pesawat N219 amfibi secara total membutuhkan waktu selama empat tahun.

“Dua tahun pertama float development, tahun ketiga prototipe aircraft amfibi dan tahun keempat yakni 2022 di akhir tahun sudah certified terbang, itu targetnya,” ujarnya.

(Fajar)

34 komentar:

  1. But sadly for malaysial 😩

    Perdana Menteri, Tun Dr. Ma­hathir Mohamad me­nga­kui bahawa kerajaan meng­alami masalah kekurangan dana kerana ia dibebani dengan hutang negara melebihi RM1 tri­lion yang ditinggalkan oleh ke­rajaan terdahulu.

    Katanya, sebahagian besar da­ripada wang kerajaan akan digunakan untuk membayar hutang.

    Inilah keutamaan kita kini, ia­itu untuk menyelesaikan ma­salah hutang ini,” katanya dengan menambah kegagalan berbuat demikian boleh membawa kepada risiko negara menjadi bankrap.
    Kita masih boleh bertahan wa­laupun menggunakan pesa­wat-pesawat yang ketinggalan zaman.

    http://m.utusan.com.my/berita/nasional/negara-kurang-dana-1.758913

    Jom kumpul coin buat malaysial miskin

    Kih kih kih

    BalasHapus
  2. Hebat hebat, ternyata sudah di uji coba. Thniah PTDI dan lapan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. tinggal nunggu si N 245 dan Rai R 80 datang bro
      dan juga pesawat AWACS dan intai buatan dalam negeri juga di tunggu pemgembangannya, karena Indonesia butuh pesawat AWACS dan intai nya

      Hapus
  3. Sadly for malaysial 😥
    Philipine already buy 16 black hawk from US and 8 attack heli from turkey.
    Poor Malaysial still use old craps Nuri until now..

    http://www.defense-aerospace.com/articles-view/release/3/198265/philippines-to-buy-16-black-hawks%2C-8-turkish-t_129-attack-helicopters.html

    Kih kih kih

    BalasHapus
  4. Pengaruh ke kemampuan jelajah pesawat ga ya di banding yg non amfibi,karena drag lebih besar d sistem pendaratan di air?

    BalasHapus
  5. Ugly design and POOR QUALITY.

    FLYING COFFIN

    BalasHapus
  6. bwahahhahaa.. beruk2 mlons semakin bengap melihat indonesia menghasilkan produk2 baru brkualitas.. sedangkan dinegaranya masih ribut masalah perkauman.. antara melayu vs india, melayu vs cina. UGLY MALONS.. xixixi..

    BalasHapus
  7. Hati-hati di forum ini banyak 🐷🐷 Aseng yang bersuliweran. Ada 🐷 Aseng yang berperan sebagai orang Malaysia seperti si unknown, padshpa dia tinggal di Jakarta. Ada juga 🐷 Aseng yang berperan seperti seorang nasionalis NKRI sejati, seperti si Mat Rempit dan lain-lainnya. Mereka pura-pura saling mem-bully padahal mereka punya tujuan yang sama yaitu mengadu domba NKRI dengan Malaysia yang sama-sama mayoritas Muslim. Waspada, waspada wahai kaum.muslimin NKRI dan Malaysia, jangan sampai negara' kita dikuasai oleh bangsa 🐷 itu. Jangan sampai nasib kita seperti bangsa Uyghur yang sekarang sedang dibantai oleh Bangsa 🐷 cina

    BalasHapus
    Balasan
    1. kita...???? bwahahhahaaa.. lo aja kali ruk.. beruk malons... Kami bangsa indonesia sejak ratusan tahun sudah biasa hidup majemuk berbeda2.. laaaahh kalian.. para beruk2 malons..?? sama Undang2 ICERD saja takut.. kahakahkah.. sampai kapanpun mentality pengemis bangga jadi penjilat.. itulah melayu malon.. 😅😅😅😅

      Hapus
    2. Ane dukung anti ICERD, go..go..go..👍👍👍

      Makin diistimewakan, makin disubsidi, makin manja, makin nyantai...nikmaaat..👍




      (dan mangkin lemah..😁😁😁)
      😂😂😂

      Hapus
    3. Ada banci beruk malon lolos dari tangkapan satpol pp, jangan mejeng disini mejeng di bkt aja

      Hapus
  8. design float atau pengapung ini sulit lho...karena akan menghitung berat total pesawat plus beban total kemampuan angkut...plus berat total float iu sendiri...baru menentukan besar kecil pengapung.,..beda dengan amphibi dengan konsep kapal yang bisa terbang...gak perlu pengapubg

    BalasHapus
    Balasan
    1. sudah berpengalaman bikin Pesawat amphibi kok, kan varian cn 235 ada yang amphibi

      Hapus
    2. Serahkan pada ahlinya, mereka bisa...😎

      Hapus
    3. CN235 Amphibi 🤔🤔🤔

      Habibie kale....

      Hapus
    4. Emang ada kok cn-235 amfibi, tapi diproduksi cuma 1 doang...biasa pesenan tetangga 💁💁💁

      Hapus
    5. "CN-235 versi amfibi...limited edition 👇👇👇"

      https://m.kaskus.co.id/thread/56cfbdf99e74047e658b4567/breakingnews-pesawat-cn235-tudm-dilaporkan-terhempas/2

      Hapus
  9. kalau soal ngambang kita patut belajar ame malon beruk, mereka berhasil membuat kapal selam ngambang selamanya 😜😝

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wakekekekek...
      🤣🤣🤣🤣🤣

      Hapus
    2. Hwakakakakak..😂😂
      Sadis, tapi betul juga bro!👍👍

      Hapus
  10. Indonesia perlu 1000 unit pesawat amphibi dilengkapi flare, peluncur roket kecil dipasang sayap kiri dan kanan mengantisipasi serangan dr darat, dan meriam cal 12,7 mm, shg terhindar musibah di ukraina dimana pswt sipil ditembak pakai rudal anti pesawat

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hedew...mesti wong iki targete gak masuk akal...duite sopo bos

      Hapus
  11. yok jalan jalan ke dompetQQ dot com, agen judi online terbaik di indonesia

    BalasHapus
  12. this aircraft is good for an archepelago country like PH.. hope our govt. consider this aircraft. ASEAN please stop fighting with each other..

    BalasHapus
    Balasan
    1. kau bisa ucapkan hal itu ke beruk malays provokator kerusuhan disini...😁😁 kami hanya membela diri..😋😋😋

      Hapus
  13. haloo saya mau memberi tau nih agens128 dan Anapoker
    adalah agen terbaik dengan pelayanan nya 24 setiap hari non stop , dan untuk deposit dan withdrawnya
    paling lama hanya butuh waktu 3 menit saja dan sekarang juga bisa menggunakan ovo dan juga go-pay tidak ada kan pelayanan seenak dan secepat ini hanya di sini loh
    buruann join agens128 dan mainkan permainan baru vivo slotnya

    Contact Kami :
    BBM : D8B84EE1 / AGENS128
    Line id : agens1288
    WhatsApp : 085222555128

    BalasHapus