02 Juli 2019

Selesai Diretrofit, Tanker A-1309 Siap Kembali Bertugas

02 Juli 2019


Pesawat tanker KC-130B A1309 (photo : TNI AU)

Tiga Tahun Jalani Retrofit di Malaysia, Tanker A-1309 Tiba di Malang

AIRSPACE REVIEW (AngkasaReview.com) – Pesawat tanker KC-130B nomor ekor A-1309 milik Skadron Udara 32 Lanud Abdulrachman Saleh, Malang tiba kembali di rumahnya setelah tiga tahun menjalani retrofit di AIROD ( Aircraft Inspection Repair & Overhaul Depot), Selangor, Malaysia sejak Agustus 2016.

Retrofit merupakan kegiatan penguatan struktur, penambahan komponen, dan peningkatan kemampuan.

Pada A-1309 di antaranya dilakukan penggantian outer wing, struktur, serta peningkatan/modifikasi ECS, APU, avionik, dan generator disconnect.

Kepala Penerangan Lanud Abdulrachman Saleh Letkol Sus Dodo Agusprio menginformasikan kepada Airspace Review, A-1309 kembali ke Tanah Air pada Sabtu, (29/6/2019) pukul 11.50 WIB.


Tangki bahan bakar di dalam peswat A1309 (photo : TNI AU)

Pesawat diterbangkan dari Pangkalan Udara Subang, Malaysia selama empat jam dengan pilot Letkol Pnb Taufik NC.

Setiba di Lanud Abdulrachman Saleh, A-1309 disambut dengan upacara militer dan penyiraman air bunga oleh Komandan Lanud Abdulrachman Saleh Marsma TNI Hesly Paat di lapangan apel Skadron Udara 32.

KSAU Marsekal TNI Yuyu Sutisna sempat meninjau proses retrofit A-1309 di AIROD, Malaysia pada Agustus tahun lalu. Ia berharap proses pengerjaan retrofit A-1309 dapat dilaksanakan tepat waktu karena pesawat tanker ini sangat dibutuhkan oleh Indonesia, TNI AU khususnya.

KC-130B A-1309 merupakan satu-satunya pesawat tanker yang dimiliki TNI Angkatan Udara saat ini. Pesawat ini telah mengabdi di TNI AU sejak tahun 1960-an.


Air refuelling pesawat Su-30 oleh pesawat KC-130B (photo : TNI AU)

Indonesia memiliki dua pesawat tanker berbasis C-130B. Satu lagi, A-1310, mengalami musibah di Medan, Sumatera Utara beberapa tahun lalu.

Walau pesawat ini buatan Amerika Serikat, A-1309 telah dimodifikasi di Indonesia sehingga memiliki kemampuan pengisian bahan bakar di udara (air refueling) terhadap pesawat Su-27/30 buatan Rusia.

Proses pelaksanaan air refueling terhadap jet tempur Sukhoi sudah rutin dilaksanakan sebelum pesawat ini diretrofit di Malaysia.

(AirSpaceReview)

173 komentar:

  1. Kesian Malaysia... songlap je la....😁😁

    BalasHapus
    Balasan
    1. Seharusnya kita malu negara seluas indonesia pesawat tanker cuma 1.. Lebih baik mengkritisi daripada memberikan angin surga dan janji belaka... Bangun2 kalian semua kekuatan udara TNI AU memang tertinggal...

      Hapus
    2. Dan selama 3 tahun tidak ada pengisian bahan bakar lewat udara.. Berarti kalau meronda harus landing dipangkalan aju terdekat untuk pengisian bahan bakar... Bangun kalian semua.. Negara indonesia negara yang luas negara kepulauan...

      Hapus
    3. Ente yg bangun brur xaxaxaxaxaxaxaxaxa kerjaan kok nyinyir tanpa beri masukan berarti, itu sdh ada n pesen pesawatnya silahkan cari sendiri linknya ada banyak,semua pengadaan ada rulenya, semua pengadaan ada strateginya,semua pengadaan ada urgensinya (alutsista),g ujug2 paklek beli pesawat tanker ada????, Oh ada dik,mau berapa????? 10 paklek,d bungkus kresek aja ya paklek.... xaxaxaxaxaxaxaxaxa nih 🍌🍌🍌🍌🍌

      Hapus
    4. Sabar mas'e nanti juga mau di beli pesawat tanker yg ada tusukannya sekalian biar F 16 bisa nyusu..heehee

      Hapus
    5. @mbah pret ... Saya juga mau dikasih pisang, kalau tidak ada yang mengkritisi bagaimana bisa terlaksana pemenuhan alutsista???

      Hapus
    6. Kritis sih boleh brur cuma jangan nyinyir, seolah-olah pemerintah g berbuat apa2 n diam saja, emf itu apa?? Sekarang tugas kita selain kritis juga beri masukan dong,jangan pesimis kronis, Indonesia sdh d track yg benar kok,selain beli alutsista dr luar secara bersamaan kita jg membangun alutsista sendiri,tuk mengejar teknologi n kemandirian,alon2 asal kelakon xaxaxaxaxaxaxaxaxa...

      Hapus
    7. Oke program sudah berjalan.. Tetapi eksekusi nya terlambat... Kinerja harus ditingkatkan.. Karena target pencapaian pemenuhan alutsista juga harus memikirkan faktor ancaman nyata dari luar...

      Hapus
    8. Makanya kan ada emf,utk teknologi g gampang mempelajarinya,g semua negara maju mau berbagi ilmu kecuali kalau ada maunya, makanya bersabar brur yg penting pemerintah lagi berusaha berlari mengejar ketertinggalan, utk masalah ancaman serahkan kpd badan terkait dalam hal ini Kemhan,kita sebagai orang awam cuma bisa mengingatkan n jangan lupa mendukung dong... xaxaxaxaxaxaxaxaxa

      Hapus
    9. Itu karna lo banyak ngomong doang.. Bayar pajak lo lari. Tp mulut lo kayak gak disubsidi... So iye lo..😁😁

      Hapus
    10. yg komen di kari org2 goblok doang. komen sok berkelas pdhal goblok jgn sok2an ngoming ini itu kesan nya lu lu pda sakit hati ya. kata2 nya fake tp sakit sm goblok nya REAL wkwkw cmn bikin dosa sndri lu punya tangn cmn buat ngehujat ga da kerjaan bgt. lu pengangguran ya. bkn nya nmbah ilmu malah ketularan goblok cacat mental akut. Sakit hati nya smpe ke DNA.

      Hapus
    11. ngeles kita paling hebat. bla bla bla. komenan ente cunguk ga sdkit pun ngsih ilmu. cmn ngehasu org biar benci malaysia. gue kh real2an aja yo koment fage asean. bkn ngebacot ampe berbusah kyk anak kecil. prcuma bacotan ga bermanfaat ga ada untung nya. cmn bkin dosa sm omongan sndri. hihi

      Hapus
    12. Lhoalah ada Malon LG ngigau xaxaxaxaxaxaxaxaxa nih 🍌🍌🍌🍌🍌

      Hapus
  2. Ke dua...
    Diamankan dr beruk sialan beserta konco gempurwaria dkk...😁😁

    BalasHapus
    Balasan
    1. Perawatan last Hercules di malonsia, selanjutnya perawatan di lakukan di GMF.

      Hapus
    2. Buang masa je mro Kat sana.... efesien la di GMF....bye bye Malay😁

      Hapus
    3. Lamo sangat 3 tahun waktu yg di butuhkan tuk maintenance. Keong.....!

      Hapus
    4. Good by malon... Good by airod...πŸ‘‹

      Hapus
    5. 3 taon cepet banget, kok gak sekaliaj 1pesawat 7 taon biar yang kerja tambah pikun, malon malon kerja 1jam melancap 6jam

      Hapus
    6. Hwakakakakaakak..
      Kerja gini aja 3 taon, gimana mo bikin pesawat..??

      Idiot Gempurwira, Xxavier & administrasi Isuzu sebelah Deftech..

      LoL
      πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚

      Hapus
    7. Cek bautπŸ”© masih lengkap ndk..? Takutnya di colong lgiπŸ˜“πŸ˜“

      Hapus
    8. Yah itulah tetangga kita om PS seharusnya kan gak perlu 3taun, kalau bisa yah 9bulan 10hari itu maximal (tambah kayak bidan saya)

      Hapus
    9. Gak heran Kasau pernah sampai perlu nengok ini Herky ke sono..lha wong kerjainnya lelet..

      Beginikah lisensian servisnya LM..?
      πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚

      Hapus
    10. TNI tak puas la..
      GMF overtake all maintenance herky...

      Hapus
    11. 3 tahun iya2...masa service center lama aja...di sathar Major servicing paling lama 2 tahun...coba lah waktu lebih 1 tahun lg di apain tuh herky...owh mungkin karena alasannya ini tipe tanker x ya...xiixiii

      Hapus
    12. https://youtu.be/czAjgFUECrM
      Nie tempat pemeliharaan herky...Sathar 15 depo 10 bandung.
      Full capacity hangar 4 bijik
      Herky setiap 6000 jam atau 6 tahun harus masuk major servicing
      Kalau TNI AU ngerjain sendiri sementara pesawat herky ada 28 bijik yg harus dipelihara..pasti readness pesawat herky rendah...makanya butuh pihak2 lain untuk MRO.

      Hapus
  3. Masa berkenaan 3 tahun hanya untuk retrofit di malonesia ni penyebab TNI AU meminta pihak Garuda melalui GMF untuk segera membuat fasilitas serupa di tanah air,
    Selain lebih efesien,kita TDK buang masa percuma akibat maintenance yg asal2an ,sdh bayar mahal tp kualiti kurang memuaskan....😁😁

    BalasHapus
    Balasan
    1. Welcome GMF...😘😍

      Hapus
    2. Mungkin di sengajain di bikin lama oleh si keong air moncrodπŸ˜€ dgn tujuan untuk menghambat kemampuan strategis dari sista udara tidak optimal

      Hapus
    3. Engineer malonesia harap segera cari keje tempat baru,Krn TNI AU tak Sudi mro Kat Airod...harap maklumlah..

      Hapus
    4. Menjijikkan sangat..
      3 years gone by stupidity engineer...LM must stop the license for them...

      Hapus
    5. Bahkan engineer tni au kita kemaren hasil kerjasama MRO dengan GMF pesawat Boeing 737....hasilnya sekarang sudah bisa major servicing di hangar Sathar 14..gak perlu pesawatnya di bawa lagi ke hangar GMF

      Hapus
  4. Macam inikah retrofit di airod buang masa 3 tahun macam tak ada ahli saja. Coba bayangkan bikin kapal atau pesawat bahru pastilah lebih lama dari 3 tahun macam kd maharogol tuh...😁

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tapi ada yang cakap bisa bikin next gen 6 cukup masa 2 tahun saja LOL 😁

      Hapus
    2. Bina PTM gen 6 dalam masa 2 tahun,Malon wet dream 😁😁😁

      Hapus
    3. They only Selfi je bisanya.

      Hapus
  5. Retrofit masa 3 tahun low quality πŸ‘Ž

    BalasHapus
  6. sejak Agustus 2016.
    ------------------------------------------

    lamanyooo bah haha!πŸ˜…πŸ˜…πŸ˜…
    gpp, ini contoh klo retrofit emaang lama tak mungkin 4 bulan cem plengker konon haha!🀣🀣🀣

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul ompal,Malon claim dalam masa 8 bulan mampu MRO 6 sampe 8 biji flanker,saya sih gk percaya ompal,US & Rusia yg punya pabrikan pespur pun butuh masa 12 lebih untuk MRO 1 biji pespur

      Hapus
    2. mas palu, saya masih polos nih soal mro pesawat.

      apa bener MRO sebiji C 130 B modiv tanker bisa makan waktu selama itu?

      apakah saking sparepartnya langka atau gimana ?

      kalau sepemahaman saya biasaya kalu MRO pesawat rata rata makan waktu 1 tahunan

      Hapus
    3. cuman 1 yg uda selesai SLEP, baru masuk 2 bijik lg.
      tahun depan 15 bijik nunggu turun, dokunya om pit, target ampe 2035 wakkk haha!😳😳😳

      itu pon bila klausul ini dibayarken
      (refurbishment package to the tune of RM2.2 billion, until 2035) haha!πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚

      om pit, ini berita lgs dr ksau-lah bkn brita kaleng kaleng haha!πŸ˜‰πŸ˜‰πŸ˜‰

      Hapus
  7. 3 years for 1 Herky MAINTENANCE...???

    BalasHapus
    Balasan
    1. MRO abal2 om 😁😁😁

      Hapus
    2. Masa suram la tu....😁

      Hapus
    3. Tenang aja Airod besok bakalan bangkrut, karena pelanggannya lari ke GMF-Aeroasia

      Hapus
  8. Kl nolong? Kita itu retrofit bayar,tambah goblok dadakno malon iki pantes negaramu bangkrut

    BalasHapus
    Balasan
    1. 😁😁😁 Malon maintenance 1 biji herky butuh masa 3 tahun,Indonesia bina 1 biji CN-235 sahajepun hanya butuh masa 1 tahun...FACT MALON IS TRULLY IDIOT ASIA 😁😁😁

      Hapus
    2. Takutnya setelah retrofit 3taon om pit baru pakai 500 taon gak bisa terbang lagi tambah rugi kita

      Hapus
    3. Cukup la buang Wang mro disana....😁

      Hapus
    4. Tukang php @ engine bs hilang di songlap bila di retrofit di AIROD

      Hapus
    5. Tapi malon kata: kita mah bebas suka2 lah (hukum alam orang gila mah bebas) sesuai sama otak rakyat malon

      Hapus
    6. kiro kiro tahun ngarep kok bangkrut kui, tutup gudang airod'e

      wkwkwk

      Hapus
    7. Nggeh rencanae didadosaken pitrad

      Hapus
  9. Buang masa 3 tahun....
    TNI AU go to GMF,good bye Airod...😁

    BalasHapus
    Balasan
    1. Airod is MRO DUMBER ALL OVER THE WORLD πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚

      Hapus
  10. Airod taon depan direnvasi saja, kerja kelamaan lebih baik jadi panti pijat je

    BalasHapus
    Balasan
    1. Khusus pijat gay...😁

      Hapus
    2. Pijat gay memanjangkan kemaluan malon

      Hapus
    3. Melebarkan lubang zubor.. 😁😁

      Hapus
    4. 😁😁😁 AIROD di ubah suai jadi panti pijat MAIROD guna lebarkan jubor gempur,harta,Paul,unknown,maha,myms,sein 😁😁😁

      Hapus
    5. Retrofit pm tua biar bisa mengabdi lagi, pm guy bisa gak diretrofit sama malon?

      Hapus
    6. Wkwkwkwk...retrofit 1 pesawat butuh masa 3 thn kalo retrofit PM butuh berapa tahun? πŸ˜‚

      Hapus
  11. Engineer Malon are idiot,to MRO 1 aircraft must be taken 3 years,engineer malon are truly idiot 😁😁😁

    BalasHapus
  12. Malon's engineers are idiot,to MRO 1 aircraft must be taken 3 years πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚

    BalasHapus
  13. Benar2 kerja tak de quality 3 tahun baru selesai..nasib baik gmf indonesia lepas nie kasih setel

    BalasHapus
  14. TNI Will go....
    Mro for 3 years is so long long time.... πŸ˜†

    BalasHapus
  15. Kesian malaysia....pekerja orang asing,ahli orang asing baru duit kopi tampal stiker kerja tempatan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Room boy dan petugas cleaning servis Airod banyak Melayu Malon πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚

      Hapus
  16. Poor Indon.... Tidak mampu retrofit pesawat sendiri!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Matamu pake
      Itu sdh ada GMF...jgn malas membaca nyet...

      Hapus
    2. Kata siapa tak mampu? Gmf indonesia selama ini terlalu sibuk mro pesawat sipil jadi over full order

      Hapus
    3. Retrofit malon lembik dan lembab cem arnab πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚

      Hapus
    4. Siap siap aja Airod bakalan bangkrut, kustomernya lari ke GMF-Aeroasia

      Hapus
  17. Sudah pernah didahas ini om remppit 1jam kerja 1jam selfi 6jam melancap jadi kira2 268 jam kerja pertaon melancapnya 1608jam

    BalasHapus
  18. Bila ada engineer Airod nak cari keje di GMF masih ada lowong...
    Tp buat isi keje bersih2 je...cem cleaning servis..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terutama harta yg ngaku architecture tapi tiada knowledge πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚

      Hapus
    2. Tukang parkir didepan gedung GMF lowong bila gempurwaria nak mw lamar keje... Jom..jgn malu2.

      Hapus
    3. Tapi malon bisanya Chhia ma bersih2 dubor ne , mau terima Kerja tak?

      Hapus
    4. Itu bisa lamar Kat panti pijat Plus2 Kat mangga besar...😁

      Hapus
    5. Or jalan pattaya di surabaya tapi siap2 ada satpol pp

      Hapus
  19. KC-130B A-1309 ini adalah salah satu dari 5 herki yg di retrofit airod sejak 2016 okeh ocehπŸ‘ŒπŸ‘ŒπŸ‘Œ

    https://defense-studies.blogspot.com/2016/09/kemhan-perbaiki-lima-pesawat-hercules.html

    ksau sidak A-1309 taon laluw ahsiyaapp haha!πŸ‘πŸ‘πŸ‘
    https://defense-studies.blogspot.com/2018/08/kasau-kunjungi-upgrade-hercules-1309-di.html#comment-form


    herkules tni au masi ada beberapa lagi yg akan datang dari ostralia, abis di apgred jugak haha!πŸ‘πŸ‘πŸ‘

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jgn lg di retrofit di Malon om,retrofit malon tuh lembik dan lembab cem arnab ompal 😁😁😁

      Hapus
    2. 5 bijik "CHUKUP haha!πŸ˜‹πŸ˜‹πŸ˜‹

      Hapus
    3. Tinggal 1 bijik om herky yg dari ausy yg belum tiba A1338...dengar kabar untuk yg 1 ini MRO nya tidak di ausy..tapi di england makanya rada sedikit lama.

      Hapus
  20. Selama ini gmf tak terima order tni karena pesawat sipil indonesia teramat banyak yg tiap hari servis....setelah ada line baru spesial militery baru terima order...dan maaf tool gmf jauh lebih canggih banding airod cap ayam

    BalasHapus
    Balasan
    1. GMF akan ayam2kan Airod 😁😁😁

      Hapus
    2. Itu derma je dr indo kerna disana kesulitan ekonomi...😁

      Hapus
    3. Bukan kesulitan mikir om kayaknya malon jarang mikir 3 taon pasti pembengkakan biaya itu,mungkin biaya kopi2

      Hapus
  21. abis dari airod tetangga kesayangan & ostrali, herki kita yg banyak ituw uda apgred jugak di
    negerinya om ben, dan rekor nich 9 bijik herki haha!πŸ€—πŸ€—πŸ€—

    "Mabes TNI AU memiliki program peremajaan (retrovit) terhadap sembilan(9)unit Hercules yang dimilikinya. Empat di antaranya telah selesai diremajakan di Singapore Technical Industry (STI) Singapura.
    Dalam program itu, TNI AU sekaligus mengirimkan teknisi untuk meningkatkan kemampuannya dalam pemeliharaan dan perbaikan pesawat Hercules.

    BalasHapus
    Balasan
    1. ehhmnnnn...sbnernya ada yg salah kaprah, herkules tni-au ituw dikirim keluar negeri bkn buat servis rutin,
      namun apgred ato servis mendalam biasa disebut retrofit. maklum pesawat lama, susah sucad bok haha!🧐🧐🧐

      klo buat perawatan berkala, depohar/sathar kita uda biasa jalanin sejak taon 60an haha!🀠🀠🀠

      makloum kite kan pengguna nomer 2 setelah amrik diduniya haha!πŸ˜‰πŸ˜‰πŸ˜‰

      klo ada sucad lengkap sich, pasti bisa perawatan mendalam, lah bowing 737 aja kite cek d sendiri di sathar bkn mro luar lho haha!😊😊😊

      Hapus
    2. Kalau service rutin benar om pal dimari mah..sudah tersedia Sathar 15 depohar 10 yg biasa ngurusin herky...bahkan kalau cuma service ringan/sedang biasa di lakukan di skatek yg biasanya berkedudukan sama dengan skadronnya.

      Hapus
    3. Boeing 737-2x9 TNI-AU aja dapat penghargaan dari Boeing, karena berhasil dirawat dan terbang sampai saat ini

      Hapus
    4. B 737 seri 200...barang antik..heehee

      Hapus
  22. Lebih baik airod fokus bina kereta terbang nih 😐😐😴😁😁😁😁😁😁

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kereta lori je,lebih mudah buatnya,banyakbdigunakan ibu2 belanja Kat pasar swalayan...sila je

      Hapus
    2. Kereta kebal buat angkut pokok pisang 🍌🍌🍌🍌 kehkehkeh..

      Hapus
  23. We help Malaysian to retro the herky,Wang mro nya bisa buat beli sembako ya...

    BalasHapus
  24. dan tahun laluw, Pabrikan avionik Amerika Serikat (AS), Honeywell Aerospace selesai melakukan upgrade kepada 18 bijik pesawat pengangkut angkut militer C-130 Hercules yang dioperasikan TNI-AU, termasuk yang didapat dari hibah Australia hore..18 bijik haha!😎😎😎

    Rampung, Pembaruan Pesawat Hercules TNI AU oleh Honeywell
    https://defense-studies.blogspot.com/2018/02/rampung-pembaruan-pesawat-hercules-tni.html#comment-form

    bersyukurlah puluhan herkules kita tetep diperhatikan. sambil mnunggu super J, gmf kasi kabar baek hore mare, gutbai mro tetangga haha!πŸ‘‹πŸ‘‹πŸ‘‹

    BalasHapus
  25. eiitt ada kabar gembira buat sang fete, setelah 20 tahun merawat cn-235 angkatan udara tetangga kesayangan. diperpanjang lagi kontrak perawatan berkala...uhuyy bisa 40 taon dlm genggaman sang fete haha!🀝🀝🀝

    "However Indonesian Aerospace the manufacturer of RMAF CN-235s was awarded a three year MRO contract by the government"

    http://www.malaysiandefence.com/mpa-and-upgrades/

    BalasHapus
    Balasan
    1. Gempurwaria dkk harus faham...😁

      Hapus
    2. Gempur waria cs pura2 dungu bila baca link yg dihantarkan ompal

      Hapus
    3. ternyata tetangga jiran doyan juga tuh "pesawat ikan asin'.. kirain udah ganti selera "kalkun' A400

      Hapus
    4. ampyun dah om DB, ikan asyin show jgn dibawak2, byk awewe disini haha!🧜‍♀️🧜‍♀️🧜‍♀️

      Hapus
    5. buat ompol jugak yg diatas gaes haha!😜😜😜

      Hapus
    6. Mereka maloners tak mahu faham dan terima reality karena penyakit mental jealous sudah mendarah daging tak terkira πŸ˜€

      Hapus
    7. Mindset & mentalnya sudah di brain wash sama tuannya british...jadi malon ya seperti itu kelakuannya.

      Hapus
  26. Lho kereta terbang? Wah barang baru wujudnya gimana? Kasih contoh pengin liat bener2 Soalnya baru denger ini hari

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kereta nak guna sayap cem malaikat je ni...

      Hapus
    2. Wah saya kira ada bener, kalau itu mah proyek tipu2 lagi ceritanya ,tukang ngimpi bener2 nih malon

      Hapus
    3. Kereta terbang guna angkut pig,cow,goat cem mahathir,mat sabu & yg dipertuan agung malon 😁😁😁

      Hapus
    4. Itu Bukan kereta terbang itu mah truk pasir om pit

      Hapus
  27. TIGA TAHUN !
    ngapain aja kerja lo malon ?

    pantaslah TNI-AU sudah tidak mau memakai jasa airod lagi.

    MALON GUOBLOK !!!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Engineer malon kelamaan melancap bro 😁😁😁

      Hapus
    2. Melancap kat gudang belakang airod

      Hapus
    3. Lemot bin lama seperti keong cara perbaikannya.

      Hapus
    4. Gimana ngga mau lama bro, banyakan online disini sambil sumpah serapah dimari

      Hapus
  28. Malon nih cem katak dibawah tempurung,cakap mendunia mampu bina jet pejuang PTM generasi 6 dalam masa 2 tahun tapi untuk MRO 1 ekor herky je pun mesti butuh masa 3 tahun...lon,lon kalo punya angan2 dan mimpi tuh mesti realistis dan logic lon,jgn mimpi basah je kerja Korang semua,punya mimpi dan angan2 setinggi langit bisa bina jet pejuang PTM generasi 6 tapi apa daya kemampuan/capability dan otak tak de...nyadar lon,malu sikit lah 😁😁😁

    BalasHapus
  29. GMF akan ayam2kan AIROD 😁😁😁

    BalasHapus
  30. Speechless For Malon.....just Geleng-geleng...
    KOG MASIH ADA NEGARA MACAM MALON INI DIDUNIA YA...?

    =============malon..malon

    BalasHapus
  31. Ini kayaknya yang retrofit tangker kita gempoor dkk pantas lama

    BalasHapus
  32. bagian A-1309 yang perlu di upgrade
    Enchanced Ground Proximity Warning System
    anti Ice valve (berguna untuk pesawat yang terbang di hujan/badai)
    VXP HUMS analisis getaran mesin
    Viper HMIA (radio komunikasi) optional
    Main Engine GEnerator Shaft upgrade kit (mengurangi maintance yang mengurangi masa pemakaian gearbox) saat pesawat berputar tajam / u turn)
    air turbine starter (berguna menghidupi mesin dengan memompa udara saat mesin mati di udara)

    BalasHapus
  33. Terimakasih untuk saudara saudaraku di Malaysia yg telah meretrofit pesawat kebanggan kami, semoga semakin erat kerjasama dua negara kedepannya,, aamin..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tahi laso muke kau tuh....ku berakan aja ke?

      Hapus
    2. Si admin sekulah itu lagi kah..?

      πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚
      LoL

      Hapus
    3. Retroit kita ke malon ga gratisan coy, kita bayar, tapi terlalu lama time perbaikannya😌

      Hapus
    4. MRO Malon lembik & lembab cem arnab 😁😁😁

      Hapus
    5. Terima kasih buat PT.DI yg sudah merawat CN 235 malon...bayarnya pake cash ya jgn pakai minyak sawit...wkwkkwk

      Hapus
    6. Fakta malon menikus.... Mentality ayam ayam sayur je... Tak de marwah di kawasan.. Itu cakap siape keh?.. Itu cakap PM dan menterimu sendiri.. Mereka jujor.. Ko tak jujor... Kalian munafik yang menolak reality... Again and again poor malays..😁😁

      Hapus
  34. Kasihan airod di tinggal pelanggan potensialnya TNI AU yg mempunyai 30 an pesawat herky. Ckckck....

    BalasHapus
  35. You still don't understand if airod cap ayam?

    BalasHapus
  36. Herky punya tudm yg operasional ada berapa bijikah?

    BalasHapus
  37. KL = KONTOL LEMBAB 😬

    kelamaan gilak 😬 😬 😬

    buang masa je

    BalasHapus
  38. rugi lah kalau enjiner malon lembab berpikir.

    tiada kepakaran.

    itu airod enjineer orang luar malon.

    bumiputra malon hanya tampal nama airod je.

    seperti pabrik singapura yaitu SAM.

    jadi tetaplah malon full of idiot people

    BalasHapus
  39. AIROD itu cuma nama perusahaannya je. Tenaga ahlinya tetap dr Indonesia, yg mantan pekerja PT.DI dahulu IPTN.
    Oleh sebab tuh TNI mahu percayakan pesawatnya dirawat di AIROD.
    Sebab tenaga ahli malon hanya ayam sayur je....hikhikhik

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bersiap saja mereka bakalan ditinggal ahli ahli dari Indonesia. Saat ini PT. RAI bersiap membangun pabrikan pesawat di bandara kalijati, artinya orang-orang ex IPTN bakalan dipanggil pulang

      Hapus
  40. Malon's MRO are dumber all over the world

    BalasHapus
  41. Airod ayam sayur lembab cem arnab 😁😁😁

    BalasHapus
  42. Dulu malon memperlekehkan Indonesia yg tiada MRO herky,tapi lihat kenyataan nya sekarang MRO Herky Malon lembab cem arnab aq cuma bisa gelak ngakak guling2 πŸ˜πŸ˜πŸ˜πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚

    BalasHapus
  43. Herky malon ada 12 bijik...tapi yg operasional ya brp ya..kalau mro nya 1 pesawat butuh 3 tahun...ya paling ready 4 bijik je.

    BalasHapus
  44. Siap siap saja Airod bakalan gulung tikar, pemain lama di pesawat sipil GMF-Aeroasia mulai ikutan di pesawat militer. Bakalan lari pelanggan Airod ke GMF-Aeroasia

    BalasHapus
  45. Udh siap siap aja, Airod bakalan bangkrut pelanggannya pada lari ke GMF-Aeroasia. Siap siap aja Airod bakalan jadi pabrik dadah terbesar di Asia Tenggara

    BalasHapus
  46. jane aku arep protes, amen ngebam ngebom ae.

    lha bulan wingi wes ngebom terus mosok saiki yo ngebom ngebom terus.
    http://militermeter.com/lima-pesawat-sukhoi-su-27-30-tni-au-latihan-penembakan-rudal-air-to-ground-di-pandanwangi-lumajang/


    pak saaken pesawate pak, kok gawe latian terus. peh

    BalasHapus
  47. Bukti MALON ngga bisa kerja, 3 tahun pesawat disana mau nge Up harga. Bakaln bangkrut Airod sama GMF-Aeroasia

    BalasHapus
  48. Fakta malon menikus.... Mentality ayam ayam sayur je... Tak de marwah di kawasan.. Itu cakap siape keh?.. Itu cakap PM dan menterimu sendiri.. Mereka jujor.. Ko tak jujor... Kalian munafik yang menolak reality... Again and again poor malays..😁😁

    BalasHapus
  49. Fakta malon menikus.... Mentality ayam ayam sayur je... Tak de marwah di kawasan.. Itu cakap siape keh?.. Itu cakap PM dan menterimu sendiri.. Mereka jujor.. Ko tak jujor... Kalian munafik yang menolak reality... Again and again poor malays..😁😁

    BalasHapus
  50. Pur...koran bekas digelar Pur ..😁

    BalasHapus
  51. Esiabet adalah Salah Satu Bandar Situs Judi Online Uang Asli Terbersar & Terpercaya
    Disini kamu jangan pernah takut untuk WD Gede...
    Karena berapapun kemenangan anda pasti di bayar !!

    Kelebihan ESIABET
    SPESIAL BONUS :
    - UANG TUNAI SEBESAR 2.000.000
    - BONUS MEMBER BARU 20%
    - BONUS CASHBACK MINGGUAN 5% - 10%
    - BONUS NEXT DEPOSIT 5%
    - BONUS ROLLINGAN POKER 0.5%
    - BONUS REFERRAL 5%
    - Mega Jackpot Rp 60 JUTA

    Permainan di ESIABET 1 ID untuk Semua Games :
    πŸ’° SPORTBOOK
    πŸ’° LIVE CASINO
    πŸ’° POKER ONLINE
    πŸ’° TOGEL SGP
    πŸ’° SABUNG AYAM
    πŸ’° SLOT GAMES

    Minimal Deposit & Withdraw 25.000
    Support bank BCA, Mandiri, BNI, BRI
    ▬▬▬▬
    🀳Hubungi kami segera :
    ☎Whatapps: +855 96 844 6193
    πŸ“±LINE : SENTABET888
    πŸ“±IG = BANDARESIABET303
    Link Alternatif :
    ◘ www,esiabet,live
    ◘ www,esiabet,club
    Versi Mobile :
    ◘ m,esiabet,live
    ◘ m,esiabet,club
    ▬▬▬▬
    DAFTAR .. BERMAIN .. dan MENANG‼πŸ‘ŒπŸ˜

    BalasHapus
  52. Edan tiga tahun baru kelar, orang malon ngapain aja kerjanya?? apa emang ga bisa kerja ?

    BalasHapus
  53. Airod taon depan tutup jadi kebon pisang je buat makan beruk malon

    BalasHapus
  54. permisi ya
    mau numpang promosi bo kelinci99
    cashback kami berikan sebesar 5% untuk permainan live casino ya bos
    silahkan kunjungi WWWoKELINCIPOKER99oME

    BalasHapus
  55. Thread sepi baru komen ...... pengecut la...😁

    BalasHapus
  56. RETROFIT DIMALAYSIA RUPANYA MANA SEMUA PAKAR AEROSPACE INDON HAHAHA

    BalasHapus
  57. TAPI GMFNYA NGAK MUNGKIN DAPAT MRO PESAWAT USAF SAMA USMC KAN...BUKTINYA MALAYSIA DIPERCAYA UTK MRO PESAWAT KUASA BESAR HAHA

    BalasHapus