15 Maret 2022

GMF Peroleh Sertifikasi dari Lockheed Martin untuk MRO Pesawat C-130H

15 Maret 2022

Pesawat C-130 Hercules TNI AU (photo : Kumparan)

Mantapkan Ekspansi Industri Pertahanan, GMF Dipercaya Lockheed Martin Rawat Hercules

KONTAN.CO.ID - Langkah PT Garuda Maintenance Facility Aero Asia Tbk (GMF) kian mantap dalam strategi ekspansi pada industri pertahanan dengan berhasil diraihnya sertifikat dan persetujuan dari Lockheed Martin atas kapasitas perawatan pesawat Hercules C-130H untuk pekerjaan overhaul, refurbishment, dan modifikasi.

Keberhasilan ini berangkat dari adanya kesepakatan offset atau Offset Project Agreement (OPA) antara pemerintah Indonesia, dalam hal ini Kementerian Pertahanan (Kemhan RI) dan Lockheed Martin, yang merupakan perusahaan kedirgantaraan, senjata, pertahanan, keamanan informasi, dan teknologi asal Amerika Serikat.

Dengan sertifikat ini, GMF semakin dipercaya oleh Lockheed Martin untuk merawat setiap armada C-130 yang dimiliki Indonesia. Adapun dukungan dari Lockheed Martin ini kemudian menjadi landasan bagi GMF untuk memperbaharui Certificate of Approval Military Repair Station (AMARS) dari Indonesian Defence Airworthiness Authority (IDAA). Sehingga pada 2022, GMF mendapat sertifikasi AMARS yang melingkupi A330 series, B737 series, C212 series, dan C130 B/H/HS.

Direktur Utama GMF, Andi Fahrurrozi, menyampaikan pentingnya sertifikat AMARS dalam mendukung ekspansi yang GMF lakukan. “Pembaharuan sertifikat AMARS dengan penambahan kapabilitias ini menjadi modal bagi GMF untuk mendukung dan melaksanakan mandat yang disampaikan oleh Menhan RI, Prabowo Subianto, tentang perawatan alutsista yang perlu dimaksimalkan pengerjaannya di tanah air. Kami, dengan penuh rasa bangga dan tangan terbuka, akan mendukung hal tersebut dengan segenap daya upaya,” ujar Andi.

Perbedaan antara sertifikasi yang didapatkan GMF tahun ini terdapat pada penambahan kapabiltas C212 Series dan C130. Dukungan dari Lockheed Martin memungkinkan GMF untuk melakukan perawatan pesawat Hercules C130 hingga Structural Integrity Program (SIP). Dengan penambahan ini, GMF menjadi satu-satunya perusahaan Maintenance, Repair, and Overhaul (MRO) tanah air yang memegang sertifikat AMARS.

Adapun dukungan yang diberikan Lockheed Martin kepada GMF di antaranya berupa technical data license, license agreement, dan service bulletin untuk modernisasi pesawat Hercules C130 yang melingkupi pekerjaan replacement center wing box dan avionic upgrade.

Demi memantapkan lagi langkahnya dalam ekspansi di sektor pertahanan, GMF pun terus berkomitmen untuk mengembangkan kapasitas dan kapabilitas. Salah satunya dengan membangun relasi yang kuat dengan para mitra, salah satunya Lockheed Martin. Komitmen ini akan diwujudkan dengan peningkatan kualitas dalam hal fasilitas, tools & equipment, IT system, dan sumber daya manusia.

“Kami akan menyerap berbagai ilmu dan pengalaman dari Lockheed Martin dan partner-partner lain dalam setiap on site support yang diberikan, serta mempelajari manual data yang diberikan agar ke depannya GMF semakin siap dalam memperluas ekspansi keindustri pertahanan,” tutup Andi.

124 komentar:

  1. Balasan
    1. Simpang siur Om Yowa...

      Saling release berita hoax adalah salah satu bagian dari perang

      Hapus
    2. Yang menguasai informasi dan intelijen sudah setengah kemenangan perang

      Hapus
  2. GMF bakal jadi tempat service MRO se ASEAN....keren dibanding malay yg hanya bisa membual je🤣🤣

    BalasHapus
  3. “Kami akan menyerap berbagai ilmu dan pengalaman dari Lockheed Martin dan partner-partner lain dalam setiap on site support yang diberikan, serta mempelajari manual data yang diberikan agar ke depannya GMF semakin siap dalam memperluas ekspansi keindustri pertahanan,” tutup Andi.



    Bukan Pintar Bual dan Pintar sewa macam sebelah negara KERAjaan tu..

    Malon Tolol...

    BalasHapus
  4. "Sehingga pada 2022, GMF mendapat sertifikasi AMARS yang melingkupi A330 series, B737 series, C212 series, dan C130 B/H/HS.."

    ======
    Next : C-130J. 😁

    BalasHapus
  5. AIROD ?
    MRO 1 bijik = 3 tahun

    Ahahahahahahahahahahahahah

    BalasHapus
  6. BARU DAPAT? TAHNIAH..TAPI MASIH PAKARNYA AIROD HAHA

    BalasHapus
    Balasan
    1. pakar?

      MRO 1 pesawat = 3 tahun?

      WKWKWKWKK ky gitu dibilang pakar...
      WKWKWKWK

      Hapus
  7. AIROD SUDAH SERVIS HERCULES AU SERATA DUNIA MALAH SERVIS HERCULES USMC JUGA WKWKW

    BalasHapus
    Balasan
    1. kenangan memang indah ya lon..

      Aircrot PAKARnya MRO 1 pesawat 3 tahun
      WKWKWKWKKW..

      Hapus
  8. OHH SELAIN SERVIS HERCULES AIROD JUGA SERVIS PESAWAT SIPIL DAN HELIKOPTER

    BalasHapus
    Balasan
    1. halah.. kok cn235 dikirim ke indo...wkwkwkwk

      Hapus
    2. Tapi engginernya orang asing..malon biasa..cleaning service dunia dah kualitas orang malon banyak bual and claim(jagoan)tuh kapal mahagorela gara2 ksalahan teknis yg katanya engginer malon dah btaon2 masih berenang di darat..

      Hapus
    3. Kenapa akhirnya byk pesawat malon yg grounded permanen....???? Katanya aocrod handal serata dunia....dunia mana..dunia alam ghoib...
      Buaal aja kerja malon....kasi bukti aktifitas aocrod sekarang yg sdh serata dunia itu..berapa byk sekarang pesawat dan heli yg sedang dlm perawatan....efek malon nggak pernah rela tetangganya ternyata lbh handal dan lebih segalanya dr malon..makanya hidup mereka dgn muka tebal...bual dan halu pu tak perduli...
      loon...maloon...
      🦧🦧🦧🐖🐖🐖👙🇲🇾👙🇲🇾👙🇲🇾🐖🐖🐖🦧🦧🦧

      Hapus
    4. Alah..bikin pistol aja kagak mampu emang bener kata orsng singapur orang malon jago ngebacot tsk punya kuality..

      Hapus
    5. Airod tuh syarikat pelaburan Lockheed Martin dgn syarikat tempatan malon....airod tak pure 100% punya Malon ngoahahaha

      Hapus
    6. Dah lama private company pulak

      Hapus
  9. SEPERTI PAKAR DAN JAGONYA SIC SELENGGARAKAN MOTOGP SAMPAI MANAJEMEN MANDALIKA CIRCUIT MINTA SIC KIRIM STAFF DAN MARSHAL KE LOMBOK UTK BANTU/AJAR HOW ITS DONE

    BalasHapus
    Balasan
    1. Minta SIC pegang bendera je bukan minta konsultan ngoahahaha

      Hapus
  10. Aircrot pakarnya foto selfie

    BalasHapus
  11. MRO AJA DULUAN HERCULES USANG TNI AU..UDAH JADI BARU TERIMA UTK MRO HERCULES AU LAIN HAHA..TERMASUK HERCULES HIBAH DARI OZ HAHA

    BalasHapus
    Balasan
    1. PANAAAAAS.
      ada malon kepanasan gaez..

      aircrot mereka makin sepi, karena GMF sudah berani bersaing.

      WKWKWKWK..
      kata maloner, mereka PAKAR gaez

      PAKAR MRO 1 pesawat 3 tahun
      WKWKWKWKWK

      Hapus
  12. MINIM AIROD MASIH BISA DAPAT KONTRAK MRO HERCULES TUDM HAHA

    BalasHapus
    Balasan
    1. Artinya negara lain kagak percaya lg ama aocrood..gt aja kok bloon looon

      Hapus
    2. Airod bukan 100% syarikat tempatan malon wkwkwk

      Hapus
    3. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
    4. Sudah mau tambah Hercules juga? Ada dua skuadron, tetapi 14 Skuadron isinya hanya 4 pesawat.

      (Perbaikan supaya sesuai penulisan RMAF)

      Hapus
  13. Udah lon urusan Aerospace indo pasti unggul di Asean.

    Hahha

    BalasHapus
  14. Ehhh ada yg panas pagi2 hahah

    BalasHapus
  15. EMANG NGAKU LOH AEROSPACE EMANG INDONESIA UNGGUL HAHA..TAPI SETIAP DARI AIRBUS YANG TERBANG DIDUNIA KINI ADA PART-PART YANG DIBUAT DI MALAYSIA HAHA

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya..part malon cuma sebatas subkontrak

      Paham lon wkwkk

      Hapus
    2. Iya tp yg bikin partnya bukan orang malon kamu itu jago bual negara konyol ngomong bahasa mlayu nyanyi pake bahasa Indonesia,kmampuan yg di paksakan akan membuat negara kalian akan hancur ke depannya..

      Hapus
    3. Part heli EC-725 TUDM ko tuh dibuat di PT DI ngoahahaha

      Hapus
    4. Klo buat komponen PTDI juga bisa lon,tp komponen2 yg dibuat malon cuma bagian kecil aja.

      Hapus
  16. Airod..

    Skill nya ganti oli,lap kaca,poles body,semprot2 bayfresh.

    BalasHapus
  17. YAH2 MASAKAN GMF YANG BARU DAPAT SERTIFIKASI LEBIH MAHIR DARI AIROD YANG SUDAH LAMA MRO HERCULES YAH..LOGIKANYA KAN BEGITU HAHA..BERJALAN DULUAN BARU BERLARI..MASA YANG BARU BERJALAN BISA KALAHKAN YANG SUDAH BISA BERLARI HAHA

    BalasHapus
    Balasan
    1. Logika beruk yg begitu...yg merasa tua kagak terima kenyataan kalo yg lbh muda bisa lbh pinter..pantas politikusnya pad tua2 bangkotan kagak mau kalah sm yg muda2...
      Looon....malooon...
      🦧🦧🦧🐖🐖🐖👙🇲🇾👙🇲🇾👙🇲🇾🐖🐖🐖🦧🦧🦧

      Hapus
    2. Airrod memang lebih dulu Punya Fsilitas MRO drpd GMF Indo. Tapi itu tidak bisa membuktikan bahwa warga malaysial lebih baik n pintar dari org Indo.

      Jgn lupa lon. Korang bisa baca dan tulis krn jasa guru dan dosen Indonesia yg mengajari kalian. Jd skrg Sdh paham kan kalau bukan jasa kita orang.. kalian tak kan paham baca dan menulis
      😹🤣😹🤣😹🤣

      Hapus
    3. Airod tuh bukan 100% syarikat tempatan malon wkwkwk

      Hapus
    4. Kau blum tau lon langganan gmf itu sdh 70 an ngra dr berbagai jnis psawat termasuk ever houl boing 747 ngara kau bisa..?? Dan ingat ya lon gmf itu fasilitasnya terbesar di asia,jd malu dikitlah jgn seperti katak dlm tempurung..

      Hapus
    5. Ada lon..
      tuh mantan propinsi kalian.. Singapore

      mereka merdeka lebih baru dari kalian, langsung melebihi kemampuan kalian.


      hal di depan mata saja gk bisa lihat
      artinya apa lon?
      kalian itu BODOH dan BAHLUL


      WKWKWKWK

      Hapus
  18. Mang kamu dah bisa buat peswat lon

    Haha.

    Cakap hebat kenapa kau tak upgrade cn235 yg dpt derma US ke Airod.

    BalasHapus
  19. GMF terbesar di Asean.

    Sorry lon..krn waktu itu kita lagi upgrade Fasilitas dan kapabilitas.

    BalasHapus
  20. Waaahh ada si KL yang langsung panas

    Wakakakakkkakkkkkk

    Sangat PANAS yaah lon?

    LoL

    BalasHapus
  21. Kau bawa pulang lon cn235 ke Airod upgrade sndri aja.
    .tak usah bual2 lon wkwk

    BalasHapus
  22. Panas karena AIROD tersaingi kaah?

    Ahahahahahahhhha

    Hilang lagi 1 customer yaah lon?

    Makanya kerja yang CEPAT, maintenance 1 herky = 3 tahun?
    Waah lebih lama dari pada buat pesawat BARU yaah..?

    LoL

    BalasHapus
  23. Lon kau tuh cuma bisa buat bagian2 kecil pesawat aja alias subkontraktor.

    Kalah jauh unggul sama RI.
    Pabrik ada SDM ada,skill ada

    BalasHapus
  24. Gimana mau diambil bawa pulang..pembayaran aja blm lunas....3 bulan lg nggak diambil dilelang aja kalo nggak kita hibahkan dr pd jd sampah di PT DI

    BalasHapus
  25. TERSAINGI ? OH NGAK..PALING MINIM MASIH BISA MRO HERCULES TUDM HAHAHA..SAMA PESAWAT SIPIL..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Airod itu bukan 100% syarikat tempatan ngoahahaha

      Hapus
    2. Dsma dgn ada kapal boat kcik yg di ecspir ke nigrria itu cabang syarikat singspura yg ada fi malon dan mrka dah seneng gak karuan phal dunia dah tau kualitas orang malon..

      Hapus
    3. Berapa jumlah Hercules TUDM ?
      Emang malon punya uang buat MRO,hahaha

      MKM asam urat
      F-18 meletup2
      MIG 29 grounded permanen

      Hasil MRO malon

      Hapus
  26. Sembang Airod bawa nama USMC segala

    Kita mah biasa aja lon hahah

    BalasHapus
  27. Lumayan lah !,tidak perlu jauh jauh juga mahal untuk perawatan pesawat Hercules semua bisa dilakukan didal negeri.

    BalasHapus
  28. GMF..next bisa MRO C130J super herky

    BalasHapus
  29. Ya ampun UNKNOWN MONYET baru MRO usmc itupun sekali,sombongnya macam dah bina jet angkasa lepas...


    PT.DI dah bina pesawat sendiri dan diekspor SENTARA DUNIA...

    BalasHapus
  30. Airrod memang lebih dulu Punya Fsilitas MRO drpd GMF Indo. Tapi itu tidak bisa membuktikan bahwa warga malaysial lebih baik n pintar dari org Indo.

    Jgn lupa lon. Korang bisa baca dan tulis krn jasa guru dan dosen Indonesia yg mengajari kalian. Jd skrg Sdh paham kan kalau bukan jasa kita orang.. kalian tak kan paham baca dan menulis
    😹🤣😹🤣😹🤣

    BalasHapus
  31. 1 kata = PANAS.

    Jika tak PANAS, tak mungkin komen disini bawa nama AIROD.

    Ahahahahaha...ahahahahah...ahahhahaha

    BalasHapus
  32. Lon,AIROD itu bukan 100% syarikat milik malon kerana sahamnya ada di miliki Lockheed Martin ngoahahaha...kalo PT GMF itu 100% syarikat milik negara,100% sahamnya milik negara lon ngoahahaha

    BalasHapus
  33. "...TNI AU dalam beberapa tahun ke depan akan mendapatkan tambahan sejumlah pesawat yang dibeli oleh Kementerian Pertahanan RI.

    Pesawat-pesawat tersebut antara lain T-50i Golden Eagle dari Korea Selatan, C-130J Super Hercules dari Amerika Serikat, serta Rafale dan A400M dari Prancis.

    Kementerian Pertahanan juga akan mengakuisisi F-15EX Eagle II dari Amerika Serikat dan sejumlah pesawat lain jenis tanker multirole, AWACS, dan lainnya.."

    ====
    Airspace-review


    Waaahhh....pasti sebelah PANAS lagi.

    Ahahhhahaahahhahahaaa

    BalasHapus
  34. Cari di wikipedia lon biar kamu tahu apa itu GMF aero asia ??

    Sejarah dan pelanggan2 GMF.
    ,krn bisnis penerbangan dunia sedang lesu akibat Corona,
    GMF ekspansi ke pertahanan MRO peswat militer agar roda ekonomi berjalan.

    BalasHapus
  35. bye bye Aircroot KL

    WKWKWKWKWK

    BalasHapus
  36. PANAAAAS..
    aircrot dapat saingan berat.

    ada malon membual sedapkan hati
    aircrot lebih pakar dari GMF

    PAKAR maintain 1 pesawat 3 tahun... WKWKWKWKWK

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul,AIRCROD untuk MRO 1 herky je pun butuh masa 3 tahun ngoahahaha

      Hapus
  37. Ngeri ....

    Nama kompani cem us punya

    NADI national aerospace defense industry

    Isinya
    Airod dah sepi cuma bisa mengingat masalalu
    ATSC aerospace technologies system corp
    sama sepinya cuma nunggu orderan mro
    dari 1 jenis pesawat. Itu juga
    jumlahnya gk banyak
    SMEO syarikat malay lokal yg sepi
    Mindef pon jarang pesan produk riffle
    dan ammo nya
    Pilih pesan dari luar negri.
    ADC aviation design center
    Yg sdh didesain tdk terdengar
    Paling ya selfi digelaran paris air
    show

    BalasHapus
  38. cukup jadi diri sendiri saja. Bahagia. Bermanfaat. Tidak semua orang akan berebut melihat kita, pun tidak semua orang akan tersenyum, takjub kepada kita, tapi itu tidak masalah.

    BalasHapus
  39. congratulations GMF Aero Asia ...Keep moving foreward !!!

    Always learn one step ahead to build capacity and capability.

    BalasHapus
  40. Wkwkkwkwkw..... Upgrade cn235 MALAYSIA saja bertahun tahun tak siap...

    LAMBAT woiiii....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bertahun tahun malon tak punya wang buat biaya kirim.

      Parah wooi...

      Hapus
    2. Upgrade hasil hibah bangga...bayar dl kalau mau di anter...hahaha

      Hapus
  41. Hantar cn235 sejak tahun 2020... Hingga kini uji terbang... Uji terbang... Uji terbang.... Wkwkkwkwkwkw


    Sekarang sudah tahun 2022 woiiii.... Wkwkkwkwkwkw

    BalasHapus
    Balasan
    1. Malon tak punya wang dari tahun 2020 hingga tahun 2022....buat ambil cn235.

      Parah !!!

      Hapus
    2. Uji terbang tanda telah selesai upgrade pork,masalahnya Malon blm bayar lunas cost upgrade

      Hapus
    3. Cb ngadu ke MSI bilang minta talangin uang upgread ...gratis aja belagu ...hahhaa

      Hapus
  42. Nyett kapan bayar dan ambil tuh barang?

    BalasHapus
  43. lunasin dong...barang dah selesai blm lunas2

    BalasHapus
  44. bayar nyett...lagu lu kek org kaya.
    barang sudah jadi ga dibayar2...

    BalasHapus
  45. malu sama emak2 kredit panci
    bayar dong...

    BalasHapus
  46. Jadi pelajaran kan?
    kalo sama negara kurawa ga usah ada bisnis lah mendingan

    BalasHapus
  47. udah ga bayar, kita di fitnah lagi blm selesai..
    begitulah negara monyet gred a

    BalasHapus
  48. Wkwkwkwk..... Upgrade TERLAMA DIDUNIA..

    BalasHapus
  49. Kalau belum dibayar masa di uji terbang terus...

    OTAK MANA OTAK.... wkwkkwkwkwkw

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tolol,di mana2 selesai upgrade langsung di uji terbang,kl belum lunas barang tak bisa sampai kat malon ngoahahaha

      Hapus
    2. Elo yg kagak punya otak..ngaku punya otak...otak elo kan di pantat babi puur...😄😄😄🐖🐖🐖🐖

      Hapus
    3. Gobloknya permanen beruk Malon ini...hahaha....

      Hapus
  50. KL = KETAGIH LAGI

    Hoeiiii....KL / MSI bayar segera itu semua invoice - invoice kepada PT. DI. Lambat amat bayarnya...kenapa? Gak punya uang kah ?

    *
    karena ada KL-er yang singgung status 3 unit upgrade msa + slep di PT. DI yang telah selesai pekerjaannya.
    **
    Ngebantuin PT. DI nagih payment pada KL/MSI.

    BalasHapus
  51. Uji terbang.. Uji terbang.... Uji terbang.... Uji terbang.... Bila mau serah woiii.... Wkwkkwkwkwkw

    A400M UPGRADE MALAYSIA Lagi awal siap... Wkwkkwkwkwkw

    LEMAH....

    BalasHapus
  52. Manakala sebelah mau barangnya tiba kat malon tapi blm dibayar lunas ngoahahaha

    BalasHapus
  53. Wkwkwkwkw.... Kalau belum bayar ia akan jadi seperti 8 heli EC725 sign sejak 2019....

    Ia langsung tak dibina... Wkwkkwkwkwkw

    BalasHapus
    Balasan
    1. SIPRI dedahkan Indonesia beli 8 ec-725 ngoahahaha

      Hapus
    2. Emang negara miskin dan bodoh seperti malon. Kita bisa bikin ooii....

      Hapus
  54. Wkwkwkwkw.... Uji terbang terus... Serah bila woiii....

    Upgrade terlambat didunia... Wkwkkwkwkwkw

    BalasHapus
    Balasan
    1. Uji terbang tanda upgrade telah siap ngoahahaha

      Hapus
    2. Dibanding apa lambat wooi...dibanding otak elo ya puuur..emang jelas lambat...dr dl cuma sebatas itu aja ngetrolnya..persis kayak beruk diajarin sm.manusia ya cuma sebatas yg pernah aja dia taunya...tp ya tetap lbh pinter beruk dr pd gempur alias rusli muka tak ada MALU yg selalu bikin MALU...warga malon yg baca jg kagak punya malu punya sodara macam gempur...issh..ishh...iisshh..

      Hapus
    3. Punya brunei aj udah diserahkan gempur tolol!

      Hapus
    4. Bayar..... Jangan ngemis minta gratisan ooiii....

      Hapus
  55. Uji terbang... Uji terbang... Uji terbang..... LAMBAT... WKWKKWKWKWKW

    BalasHapus
    Balasan
    1. Uji terbang tanda telah selesai upgrade, masalahnya Malon tak nak bayar cost upgrade ngoahahaha

      Hapus
    2. Miskin, minta gratisan.
      Bayar dulu baru dikirim

      Hapus
  56. KL = KEBANGKRUTAN LAGI

    konon ada yang klaim sebagai negara kaya di ASEAN dengan kekayaan tiada terkira , status grade A, top 5 university ....ternyata oh ternyata..

    Negara KERAjaan malaysia tidak mampu bayar tepat waktu atas semua biaya-biaya upgrade msa + slep atas 3 unit cn-235/msa kepada PT.DI.

    Konklusi:
    KERAjaan malaysia = MISKIN = PEMBUAL

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kl tuh ibarat afiliator binomo,... Ngaku kaya cmn modal bisnis rasuah

      Hapus
    2. PT PAL kita aja di php in sama Malingsia...suruh design kapal LPD 150 meter, eh habis itu nggak ada kabar apa2. Kalo nggak ada duit, jangan minta apa2 dong.

      Hapus
  57. Cn235 punya brunei aj sudah diserahkan malon tolol!

    BalasHapus
  58. Malon yg waras malu cn 235 mereka blm mereka bayar lunas. Hanya malon stress dan tak tahu malu yg nagih cn235 segera dikirim. Ha..ha..

    BalasHapus
  59. Gempur rusli minta otak karena tak punya otak....kasih dia otak babi atau otak monyet atau otak beruk atau otak anjing

    Kahkahkahkah

    Malon senang dikongkek umnno, bangla n cino

    Kahkahkahkahkah

    BalasHapus