10 September 2023

Setelah Kuasai Bandara, TNI AU dan USPACOM Latihan Operasi H-Rain/C-Rain

09 September 2023

Latihan Austere Airfield Operation (photos : TNI AU)

Kopasgat TNI AU Kuasai Bandara Blimbingsari Dalam Austere Airfield Operation

Prajurit Kopasgat TNI AU, yang dipimpin Lettu Pas Fahrizal tergabung dengan 6 prajurit Satgultor 81, 5 personel dari JSOG Japan, 4 personel dari SASR Australia, dan 6 personel dari C1/1 USSF USA.

Prajurit Kopasgat TNI AU yang tergabung pada Latihan Gabungan Bersama (Latgabma) Super Garuda Shield (SGS) 2023,  melaksanakan Austere Airfield Operation. Terbang dini hari dari Lanud Mulyono, Surabaya dengan Pesawat C-130J USAF, prajurit Kopasgat dari Den Matra 2 Kopasgat tersebut kemudian diterjunkan di Bandara Blimbingsari, Banyuwangi, Jawa Timur, Sabtu (9/9/2023).

Setelah mendarat di dropping zone (DZ), selanjutnya para personel dari pasukan khusus tersebut diasumsikan melaksanakan infiltrasi ke wilayah Bandara Blimbingsari.

Setelah itu, melaksanakan konsolidasi dilanjutkan pengintaian. Tahapan berikutnya adalah menguasai obyek-obyek vital bandara termasuk menguasai tower ATS guna mengoperasuonalkan bandara guna mendukung operasi selanjutnya.

Austere Airfield Operation adalah operasi pengendalian lapangan udara yang sudah lama tidak digunakan, dan akan segera diaktifkan untuk mendukung operasi militer. Biasanya relatif aman karena berada di dalam wilayah negara sendiri. (TNI AU)

Latihan H-Rain/C-Rain (photos : TNI AU)

Kolaborasi TNI AU Dan USPACOM Latihan Operasi Udara Angkut Artileri Medan

Setelah melaksanakan rangkaian latihan Austere Airfield Operation, Prajurit TNI AU kembali melaksanakan latihan H-Rain/C-Rain bersama dengan USPACOM di Bandara Blimbingsari (BWI), Banyuwangi, Jawa Timur, Sabtu (9/9/2023).

Latihan ini melibatkan masing-masing satu unit pesawat  Hercules C-130 Skadron Udara 31, dan pesawat Hercules C-130 J dari Angkatan Udara Amerika Serikat (USAF). Sebelum mendarat, kedua pesawat dipandu oleh Tim JTAC Kopasgat TNI AU dan oleh Tim JTAC US Army.

Latihan diawali dengan Meriam Himars US Army dan Meriam Caesar TNI AD. Diasumsikan kedua meriam tersebut dinfiltrasikan dengan cepat menggunakan pesawat C-130 Skadud 31 dan USAF ke Bandara BWI.

Tujuannya adalah untuk menghadirkan kekuatan bantuan tembakan di Mandala Operasi dalam bentuk artileri medan guna menghancurkan sisa musuh ataupun memperkuat pertahanan bandara.

Pesawat pertama yang mendarat adalah MC-130J yang membawa M142 HIMARS (High Mobility Artillery Rocket System). Pesawat berhenti kemudian melakukan unloading menurunkan HIMARS, dengan mesin pesawat tetap hidup.

Beberapa menit kemudian, disusul oleh C-130H TNI AU yang diterbangkan Mayor Pnb Putut dengan membawa Self Propelled Howitzer TRF-1 CAESAR, 155mm dari Batalyon Armed 9 Purwakarta, Jawa Barat.

Kedua senjata Arteliri Medan tersebut kemudian bergerak menuju _assembly point_, yang selanjutnya bersama-samamenempati _Firing Point_ masing-masing untuk melaksanakan simulasi bantuan tembakan.

Selesai simulasi penembakan, Himars dan Caesar kembali ke assembly point untuk embarkasi kembali ke dalam pesawat dan pesawat melaksanakan take off. (TNI AU)

45 komentar:

  1. According to the RMAF, the C-130J Super Hercules share several components with the older C-130H Hercules, which makes it easier to transition to in terms of logistics and support.
    The RMAF currently has 10 C-130H Hercules tactical transport aircraft, with several of them being the C-130H-30 stretched variants, and 4 KC-130H aerial refuelling tankers in service with the 20 Squadron based in Subang.
    The program to acquire new replacements for the C-130H Hercules is expected to be forwarded by the Malaysian Ministry of Defence (MINDEF) for funding under the 14th Malaysia Plan between 2040 and 2045.
    This means the RMAF will continue to pursue ways to keep the current fleet relevant for another 15-20 years.
    🤣MENUNGGU 2040-2045 = 15-20 TAHUN🤣

    BalasHapus
  2. Mantap. Cukup bikin sebelah kerasukan

    BalasHapus
  3. TABRAK KAPAL = insiden itu berlaku ketika melaksanakan demonstrasi manuvra bagi memintas bot mencurigakan di jeti Pangkalan TLDM Lumut sempena HTA22. Insiden tersebut telah mengakibatkan badan kapal KD Laksamana Tan Pusmah terkoyak sepanjang 2 x 1 m.
    DITEMBAK KAWAN = Seorang perwira tentara elit Malaysia tewas tertembak dalam sebuah demonstrasi di sebuah kamp militer di Kota Kinabalu, Sabah,
    TEWAS DI GRANAT = Dua prajurit Angkatan Udara Kerajaan Malaysia (TUDM) tewas saat menjalani latihan menembak dan melempar granat di Tempat Latihan Dasar Granat Kem Syed Sirajuddin Target Range, Gemas Negeri Sembilan.
    🤣LAWAKAN SEDUNIA🤣

    BalasHapus
    Balasan
    1. Goblock loe hargain bisa ngak kalau orang lagi kenah musibah..

      Hapus
    2. Memang babi kaya loe ngak punya perasaan, pasti loe anak haram jadah di pelacuran bapak loe ngak jelas

      Hapus
    3. @ .10 gmn dg anggota TNI & org sipil yg dibunuh OPM yg dijadiin ejekan GemPork jing..lo anak kontol jadda campuran babi n pelacur tanahAbang..lo mau gw tempeleng atau gw sebretin pake selang trus gw peprek kepala lo pake konblok jalan komplek.

      Hapus
    4. Askar Beruk pantas mati konyol krn Bodoo & Tolol..dan gw happy dengernya🤣🤣🤣

      Hapus
    5. tentara malon emang Goblok. 🤣🤣🤣🤣

      Hapus
    6. Babang Tamvan ada babi nyasar ni anak germo dan pelacur pasar kembang kenapa loe bocil

      Hapus
    7. Jiah beruk KW ngikut2 model gw Hahhaa...dasar KW plagiat ..hahaha

      Hapus
    8. Nah tuh jin prewangannya nongol

      Hapus
  4. Min jangan angkat terlalu banyak berita super garuda shield, ntar ada yang ngamuk

    BalasHapus
  5. Kalo sebelah punya SPH versi akan Cancel

    BalasHapus
  6. Psst.. jadi gak ni himars diakuisisi sama TNI AD?

    BalasHapus
  7. Garuda Shield tak mau ajak latihan tentera yang kerjanya tanam sayur, makan tidor

    BalasHapus
  8. Fregat merah putih
    Fregat ini adalah heavy fregat asli buatan PT PAL tapi bukan asli ciptaan PT PAL. Aslinya heavy fregat ini adalah ciptaan dan rancangan sebuag galangan di Denmark utk kebutuhan AL Denmark dan namanya adalah heavy fregat Iver ..... class, sekarang sudah tidak diproduksi lagi oleh galangan kapal Denmark karena sudah dibeli lalu dimodifikasi oleh sebuah galangan kapal di Inggris dan diganti namanya menjadi heavy fregat Barbock A140 Arrow, oleh Inggris heavy fregat ini utk keperluan AL Inggris. Rancangan desain badan kapal ini lalu dibeli lisensi oleh RI utk diprosuksi di PT PAL buat keperluan TNIAL. Heavy fregat merah putih ini tentunya akan beda dari versi aslinya di Inggris karena isinya yg beda jauh, dimana versi aslinya di Inggris itu sudah standart NATO sedang versi PT PAL bukan. Kalo ingin seperti versi aslinya tentu biaya akuisisinya sangat mahal, utk menekan biaya yg mahal tersebut makanya dicari yg lebih murah seperti CMS made in Turkey + rudal rudalnya made in Turkey + meriam canonnya 76mm atau 57mm belum ketauan made in negara mana + mesin penggerak kapalnya juga belum ketauan apa asli sepeeti versi aslinya atau sudah diganti yg lebih terjangkau ekonomis.
    Apapun yg akan terjadi kita wajib bangga dgn PT PAL yg mampu bangun badan kapal besar sekelas fregat merah putih berikut mampu bereksperimen/berkreasi utk mengisi jeroan jeroan dalam kapal yg sangat jauh dari versi aslinya di Inggris.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Eh kontol..PT.PAL lbh baik dibanding BNS..Bagai langit( PT.PAL ) & Lubang Spiteng( BNS )

      Hapus
    2. BNS terDiri dari Orang² yg keTOLOLAN nya & keGOBLOK nya udh mendarah Daging..Bangsa Budak semenanjink mana ada yg Pintar🤣🤣🤣

      Hapus
    3. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
    4. Gempur sama mahamangsa kayaknya ngambil tanah kuburan kober buat jimat. Kodamnya muncul ngamuk2. Wkwkwk...tambah lucu

      Hapus
  9. mantap latihan nya..persiapan kalau Malon macem macem

    BalasHapus
  10. Pejuang OPM pun gelak..... Pilot Susi Air sudah berbulan bulan dalam tahanan pejuang OPM woiiii...

    BalasHapus
    Balasan
    1. TABRAK KAPAL = insiden itu berlaku ketika melaksanakan demonstrasi manuvra bagi memintas bot mencurigakan di jeti Pangkalan TLDM Lumut sempena HTA22. Insiden tersebut telah mengakibatkan badan kapal KD Laksamana Tan Pusmah terkoyak sepanjang 2 x 1 m.
      DITEMBAK KAWAN = Seorang perwira tentara elit Malaysia tewas tertembak dalam sebuah demonstrasi di sebuah kamp militer di Kota Kinabalu, Sabah,
      TEWAS DI GRANAT = Dua prajurit Angkatan Udara Kerajaan Malaysia (TUDM) tewas saat menjalani latihan menembak dan melempar granat di Tempat Latihan Dasar Granat Kem Syed Sirajuddin Target Range, Gemas Negeri Sembilan.
      🤣LAWAKAN SEDUNIA🤣

      Hapus
    2. Bodo amat pur. Paling2 mereka temenan.

      Hapus
    3. Pilot nya baik2 sehat malah,kecuali yg disandera orng lokal pasti kami bebaskan.

      Hapus
  11. Akhirnya kita punya SRVs beserta kapal induknya.
    Baru lagi ajipp🇮🇩🤙✅

    Indonesian MoD
    @Kemhan_RI

    announced that on September 1, it signed a contract to buy

    @SMPLtd

    SRV-F MK3 and a submarine rescue mothership with a dedicated decompression chamber The system will be operated by

    @_TNIAL_

    Submarine Operations Command via

    @Kemhan_RI

    BalasHapus
  12. Kontrak baru lagi gaes
    Alhamdulilah 🇮🇩🇮🇩🇮🇩🇮🇩
    _____________
    https://www.instagram.com/p/CxAjQHnSE9g/?igshid=MmU2YjMzNjRlOQ==

    Indonesian MoD
    @Kemhan_RI

    announced that on September 1, it signed a contract to buy

    @SMPLtd

    SRV-F MK3 and a submarine rescue mothership with a dedicated decompression chamber The system will be operated by



    BalasHapus
  13. Tentera Malon yang tak punya mentality dan tanam sayur tak di ajak latihan tim elit wkwkwkwk wkwkwkwk wkwkwkwk

    BalasHapus
  14. Lon ajaklah Vanuatu , Timor Leste latihan kasih nama Gorilla Malaya Shield

    BalasHapus
  15. Askar beruk ATM sudah tidak dianggap oleh FPDA dan negara² jiran....sudah LEMAH....

    BalasHapus
  16. "..tanggal 1 September 2023 Kementerian Pertahanan RI dan PT BTI Indo Tekno telah menandatangani kontrak pengadaan SRVS tersebut. Kesepakatan penting ini mencakup penyediaan kapal selam penyelamat berteknologi canggih SRV-F Mk.3 serta kapal induk khusus (Mothership) yang dirancang untuk mendukung misi penyelamatan kapal selam darurat.

    SRV-F Mk.3 dirancang untuk mampu menyelamatkan seluruh kru kapal selam dalam satu kali perjalanan saja, hal ini dimungkinkan karena kapasitas SRV-F Mk.3 mencangkup 50 orang penumpang dan 3 kru untuk mengoperasikannya, yang terbaik di kelasnya. SRV-F Mk.3 juga mempunyai desain “hybrid,” memungkinkannya untuk dibawa dengan menggunakan mothership,.."

    ====

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kita punya SRV-F khas untuk bantu jiran di semenanjung. Semoga TNI AL tidak butuh untuk diri sendiri. Inshaa Allah kapal selam kami baik baik saja.

      Hapus
    2. Bisa dibilang konsep nya spt kapsul penyelamat iya,kasel mini iya.
      Mantep

      Hapus
  17. Pssssttt.....malon silahkan pingsan

    "...Dengan penandatanganan kontrak SRVS tersebut, Indonesia akan menjadi operator SRVS tercanggih di kawasan, mendongkrak kemampuan dan kesiapan tempur armada kapal selam Indonesia, dan menjamin keselamatan kru yang mengoperasikannya. (Biro Humas Setjen Kemhan).."

    BalasHapus
  18. Ho..ho..ho...
    Sangar

    https://youtu.be/j0ExvYntOxU?si=GCNs0vP2PAeQcZBo

    BalasHapus
  19. BRAVO KEMENHAN INDONESIA
    BRAVO TNI AL
    BRAVO SRV-F MK.3

    BRAND NEW ASSETS INDONESIA UNTUK PENINGKATAN KAPASITAS DAN KAPABILITAS TNI AL DALAM PERAN TEMPUR BAWAH AIR.

    BalasHapus
  20. AKAN HADIR ASSET BRAND NEW INDONESIA UNTUK TNI AL dalam 1 PAKET LENGKAP :

    >>>> SRV-F Mk.3
    >>>> Motherships

    TOP MARKOTOB.....BIKIN BANGGA !!!

    BRAVO KEMENHAN INDONESIA !!!

    BalasHapus
  21. coba PERHATIKAN POLA HUBUNGAN INDONESIA DENGAN UNITED KINGDOM / UK / BRITISH beberapa waktu terakhir:

    1. Project Arrowhead 140 Babcock International untuk Project Frigat Merah Putih >>> DONE

    2. Project SRV-F Mk.3 + Motherships >>> DONE

    KONKLUSI :
    1. HUBUNGAN INDONESIA DENGAN BRITISH ADALAH SEMAKIN KUAT DAN BERKEMBANG BAIK VALUES CONTRACT DAN BENEFITS.

    2. BRITISH BERANI BERMANUVER LEBIH UNTUK MASUK PADA PROJECT STRATEGIS DENGAN MENAWARKAN PRODUCT2 PREMIUM QUALITY KEPADA INDONESIA UNTUK 3 MATRA.

    3. ADA PROBABILITAS BAHWA 1 SKADRON UDARA C 130 J EX- RAF BRITISH AKAN DIAKUISISI OLEH KEMENHAN INDONESIA.

    4. malon SEMAKIN MENJADI PELAWAK MELIHAT HUBUNGAN YANG KUAT ANTARA INDONESIA DENGAN BRITISH.


    BYE...BYE....malon.....HAHAHAHAHAHA

    BalasHapus