LSF II - kapal pendarat dari Korea Selatan (photo : KDN)
LSF-II, kapal pendarat berkecepatan tinggi buatan Korea Selatan diujicobakan untuk dioperasikan pada kapal angkut helikopter Dokdo. Kendaraan berbentuk hovercraft ini sukses menjalani uji coba ini.
ROKNS Dokdo class adalah kapal LPH (Landing Platform Helicopter) dengan panjang 188 m dan bobot penuh 18.000 ton yang dibuat oleh galangan kapal Hanjin Heavy Industries & Constructions Co. di Busan. Kapal pertama telah dilakukan komisioning pada Juli 2007.
ROKNS Dokdo (photo : Defense Industry Daily)
Angkatan Laut Korea saat ini mempunyai 2 tipe kapal pendarat yaitu LSF dan LST. LST (Landing Ship Tank) mempunyai panjang 113 m dan bobot penuh 4.300 ton dengan kecepatan maksimum 16 knot. Komisioning dilakukan pada tahun 1993. LST ini di masa depan akan diganti dengan kapal multi-fungsi yang dapat mengangkut pasukan, peralatan, kendaraan tempur, dan untuk pendaratan helikopter.
Hyangrobong - LST 683 kapal pendarat tank milik Korea Selatan (photo : ROK Navy)
LSF (Landing Ship Fast) merupakan kapal pendarat untuk operasi pendadakan amfibi marinir dan pasukan khusus. Sebelumnya Korea menggunakan LSF Murena class buatan galangan kapal Habarovsk, Russia. Kendaraan hovercraft ini mempunyai panjang 31 m dan bobot penuh 151 ton.
LSF II buatan Hanjin Heavy Industries Korea (photo : KDN)
LSF II class dibuat oleh galangan kapal Hanjin Heavy Industries & Construction Korea. Hovercraft ini mempunyai panjang 28 m dan bobot penuh 155 ton. Kapasitas angkut kapal ini 55 ton dengan ukuran tempat muatan 15x8 m yang dapat digunakan untuk mengangkut 150 pasukan amfibi bersenjata lengkap dan 1 tank.
Air Cushion Vehicle ini dilengkapi dengan senapan 20 mm dan mempunyai ramp untuk loading/unloading baik di bagian haluan dan buritan. Kecepatan maksimal kendaraan pendarat ini dilaporkan mencapai 40 knot (74 kph).
(Defense Studies)
nice photo, if you want to show your photo by 'photo tag'widget, please visit my site.Thanks..
BalasHapus