15 September 2019

Karya Habibie dalam Dunia Penerbangan yang Mendunia

15 September 2019


BJ Habibie (photo : TribunNews)

7 Karya Habibie yang Mendunia, Bikin Bangga Indonesia

Dalam perspektif yang lebih luas Habibie mengingatkan kita bahwa meski seseorang berilmu tinggi tetapi tak dibarengi dengan etika, moral dan rasa cinta pada sesama manusia, semua itu akan percuma. 

Semua hasil karya Habibie dikerjakan dengan disiplin tinggi dan rasa cinta, hingga mampu membuahkan hasil yang gemilang. Seperti saat Habibie masih kuliah di Jerman dan tengah menyelesaikan tugas akhir sebagai syarat mendapat gelar doktor, Habibie diharuskan membuat pesawat yang kecepatannya 20 kali kecepatan suara. 

Sewaktu mengembangkan pesawat itu, Habibie bekerja di perusahaan kecil di Hamburg, Jerman. Usai mengembangkan pesawat tersebut Habibie berhasil meraih Gelar Doktor Ingenieur di Jerman pada tahun 1965 dengan nilai (IPK)  sempurna (10), predikat Summa Cum Laude.

Prestasi ini membuat Habibie dipercaya menjadi Kepala Departemen Riset dan Pengembangan Analisis Struktur di Hamburger Flugzeugbau (HFB). Tugas utamanya adalah memecahkan persoalan kestabilan konstruksi bagian belakang pesawat Fokker 28 yang sudah puluhan tahun tak terpecahkan oleh para ahli di Jerman. Ajaibnya, Habibie hanya butuh waktu 6 bulan saja untuk memecahkan masalah tersebut.  Berikut beberapa karya Habibie yang dirangkum dari berbagai sumber :


Keretakan (crack) pada sayap pesawat (photo : flightzona)

1. Penemu teori Crack Propagation on Random 

Habibie adalah sosok yang menemukan bagaimana rambatan titik crack (retakan) pada sayap pesawat bekerja saat pesawat tinggal landas maupun saat mendarat.

Perhitungannya juga sangat rinci, Habibie mampu menghitung penyebab retakan pada sayap pesawat hingga hitungan skala atom pada material konstruksi pesawat terbang. Dunia penerbangan menamakan teori Habibie ini "Crack Progression" (Habibie Crack atau Faktor Habibie).

Dari sinilah Habibie mendapat julukan "Mr Crack". Teori yang diciptakan Habibie ini tentunya menjadikan keselamatan penerbangan terjamin dan lebih aman, sekaligus juga memberikan kemudahan dalam pemeliharaan dan pendanaan kerusakan.  

Kejeniusan Habibie mengantarkannya menjadi penemu faktor Habibie yang diakui dunia. Beberapa lembaga Internasional yang mengakui temuan Habibie ini, diantaranya: Geselschaft fuer Luft und Raumfahrt (Lembaga Penerbangan dan Angkasa Luar) Jerman, The Royal Aeronautical Society London (Inggris), The Royal Swedish Academy of Engineering Sciences (Swedia), The Academie Nationale de l’Air et de l’Espace (Prancis) dan The US Academy of Engineering (Amerika Serikat).


Pesawat berteknologi VTOL Do-31 (photo : Johan Visschedijk)

2. Dornier Do-31 Rancangan pertama Habibie

Pesawat Dornier Do-31 adalah rancangan pertama Habibie. Do-31 merupakan pesawat angkut pertama di dunia yang bisa lepas landas atau melakukan pendaratan secara vertikal dengan menggunakan teknologi VTOL (Vertical Take Off & Landing).

Pesawat dengan tampilan unik ini merupakan jet transportasi eksperimental milik Jerman Barat. Pesawat ini dirancang untuk memenuhi spesifikasi NATO. Sayangnya, karena tingginya biaya produksi dan masalah teknis lainnya, proyek dari Dornier DO-31 ini dibatalkan. Meski begitu, hingga kini nama BJ Habibie masih terdaftar sebagi penyumbang ide dalam rancangan tersebut.

Sebenarnya, pesawat ini dirancang Habibie bekerjasama dengan NASA atau Badan Penerbangan dan Antariksa Amerika. Lalu draf rancangan pesawat DO-31 Habibie ini kemudian dibeli oleh NASA. Hingga bisa dibilang hingga saat ini ada sentuhan tangan dan kejeniusan dari buah pemikiran Habibie di NASA.


Pesawat angkut militer Transall C-160 (photo : Wiki)

3. Merancang C-160 Transall 

Pasti banyak orang tak menyangka jika BJ. Habibie juga ikut serta dalam merancang pesawat angkut militer TRANSALL C-160. Pesawat angkut militer berbadan besar ini punya dua mesin turboprop sayap tinggi (high wing) yang bertugas sebagai pesawat angkut militer utama untuk pasukan militer di banyak belahan dunia termasuk juga pernah digunakan oleh pasukan militer Indonesia. Pesawat ini, mampu mendarat dan lepas landas dari runway yang pendek.

Pesawat ini menjadi salah satu pencapaian besar BJ Habibie di bidang penerbangan. Pasalnya kehebatan dari pesawat ini diakui oleh dunia.


Pesawat penumpang Airbus A-300 (photo : Airbus)

4. Menerapkan teori crack pada Airbus A300 

Teori Crack yang ditemukan Habibie di era 60an, merupakan jawaban dari kebuntuan selama 40 tahun sejarah penerbangan komersial dimulai sejak tahun 1920-an. Teori tersebut mendapat pengakuan dari lembaga penerbangan Eropa dan mulai diterapkan dalam pesawat-pesawat komersil terbaru saat itu seperti Airbus A300 yang diproduksi Airbus sejak tahun 1972 hingga 2006. 

Habibie juga menjadi salah satu ahli yang turut merancang pesawat Airbus A300 yang mampu menampung 300 penumpang, dengan menerapkan teori Crack, yang menyatakan titik rawan kelelahan pada bodi pesawat bisa terjadi pada sambungan antara sayap dan badan pesawat terbang, atau antara sayap dan dudukan mesin pesawat.


Pesawat tempur Tornado MRCA (photo : Charles Shedlak)

5. Tornado Multi Role Combat Aircraft (MRCA) 

Habibie juga disebutkan turut merancang pesawat Multi Role Combat Aircraft (MRCA) Tornado. Pesawat tempur multi-peran (Multi-Role Combat Aircraft - MRCA) adalah pesawat terbang yang dapat digunakan sebagai pesawat tempur murni atau "pesawat pemukul".

Pesawat ini dirancang mampu menangkis serangan darat, serangan antigerilya, jadi pesawat intai taktis, pengebom, superioritas udara, atau (pada prinsipnya) pesawat pencegat yang mampu menjalani misi pemukulan, seperti jet tempur F-15E "Strike Eagle". 

Pesawat tempur jenis ini dirancang untuk mengefisienkan anggaran pertahanan negara di udara. Meski demikian, rancangan pesawat tempur jenis ini tidak mengurangi kelincahan dan kegesitan pesawat serta kemampuan radar dalam mendeteksi lawan, sekaligus juga mampu membawa persenjataan yang lebih banyak dan beragam.


Pesawat penumpang N250 (photo : Ferdfound)

6. Pesawat N250

Habibie berhasil memimpin pembuatan pesawat N250 Gatot Kaca, yang merupakan pesawat buatan Indonesia yang pertama. Pesawat tersebut adalah hasil rancangan Habibie yang didesain sedemikian rupa dan berhasil terbang melewati Dutch Roll (pesawat oleng) berlebihan. 

Pesawat N-250 adalah pesawat penumpang sipil (airliner) regional komuter turboprop rancangan asli PT IPTN (Industri Pesawat Terbang Nurtanio) atau sekarang dikenal dengan PT Dirgantara Indonesia. Menggunakan kode N yang berarti Nusantara menunjukkan bahwa desain, produksi dan perhitungannya dikerjakan di Indonesia atau bahkan N yang berarti Nurtanio, yang merupakan pendiri dan perintis industri penerbangan di Indonesia.

Teknologi pesawat itu cukup canggih dan dipersiapkan untuk 30 tahun ke depan. Habibie memerlukan waktu 5 tahun untuk melengkapi desain awal. Pesawat ini merupakan satu-satunya pesawat turboprop di dunia yang menggunakan Fly by Wire. Pesawat tersebut sudah terbang selama 900 jam dan saat itu akan masuk program sertifikasi FAA (Federal Aviation Administration).

Pada 1995, prototipe pesawat N-250 PA-1 versi Gatotkaca melakukan terbang perdana disaksikan Presiden Soeharto. Lalu prototipe kedua, N-250 PA-2 versi Krincing Wesi lahir pada tahun 1996.

Sayangnya, hanya karena ada negara yang takut Indonesia berkembang pesat di Industri penerbangan, pesawat itu tidak boleh dilanjutkan proyek pengerjaannya. N250 yang dulu sempat menjadi kebanggaan bangsa Indonesia dan jadi pesawat canggih di zamannya, kini pesawat bermesin propeler ini mangkrak.

Dua tipe N250 versi Gatot Kaca berpenumpang 50 orang dan N250 versi Krincing Wesi berpenumpang 70 orang itu kini hanya menjadi besi tua di Apron atau tempat parkir pesawat milik PT DI di dekat landasan Bandara Husein Sastranegara, Bandung.


Pesawat penumpang R80 (image : Grid)

7. Pesawat R80 

Pesawat ini dirancang dengan teknologi terbaru dan super canggih dengan tingkat keamanan yang tinggi bagi penumpang. Tak seperti pesawat pada umumnya, Pesawat R80 dilengkapi dengan teknologi fly by wire yang menggunakan sinyal elektronik dalam memberikan perintah. Fly by wire adalah sebuah sistem kendali yang menggunakan sinyal elektronik dalam memberikan perintah.

Pesawat R80 dirancang oleh PT Regio Aviasi Industri (RAI). PT Regio Aviasi Industri (RAI) adalah perusahaan yang bergerak dalam bidang perancangan, pengembangan, dan manufaktur pesawat terbang. Perusahaan ini didirikan oleh BJ Habibie bersama putra sulungnya Ilham Akbar Habibie. Perusahaan ini khusus mengembangkan pesawat R80 yang merupakan lanjutan dari pesawat N250 yang juga hasil ciptaan Habibie.


Pesawat eksekutif Hansa Jet 320 (photo : Flight Manual)

Karya-karya Lainnya

Selain 7 karya tersebut, BJ Habibie juga mendesain dan menghitung proyek pembuatan pesawat terbang seperti Hansa Jet 320 (Pesawat eksekutif) dan CN-235 serta secara tidak langsung turut berpartisipasi dalam mendesain Helikopter Bo-105, dan beberapa proyek pembuatan senjata rudal serta satelit ruang angkasa.


Pesawat CN-235 TNI AL (photo : Berita Militer)

Pesan Habibie bagi "Kids Zaman Now", harus bisa unggul di bidangnya masing-masing dan mampu bekerja keras. "Harus berusaha agar unggul dalam bidangnya masing-masing dan harus bisa bekerja sama dalam satu tim (teamwork). Itu memperjuangkan kepentingan bersama dan dalam tim itu harus transparan."


Helikopter MBB Bo-105 (photo : Ron Kellenaers)

"Saya tidak pernah menang dalam satu perjudian. I've work very hard. Habiskan waktu dengan baca sesuatu yang ingin ditekuni dan tertarik."


See full artcle Today

53 komentar:

  1. Scientiest atau profesor Malon tak de yg mendunia cem Prof Habibie,profesor2 malon cuma ada kepakaran tampal stiker dan claim hasil karya orang lain πŸ˜„πŸ˜„

    BalasHapus
    Balasan
    1. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
    2. Jangan lupakan GEMPURWARIA, dia seorang ilmuwan kongkek homo merancang cik SU- 30 MKM dan andil dalam besar dalam perancangan kenderaan perisai gempita ria😁😁😁

      Hapus
    3. Adalah bro ada 3 malah najib rosmah duo kepakaran rasuah no 1 se ASEAN,dan akhli sexologi perduboran Dr.Anwar ibraeehem S.Pdb ( Spesialis Perduboran ).,spesialis perduboran tiada duanya di dunia

      Hapus
    4. Sebelum Habibie ada Ir. Heru salah satu senior Habibie di German di perancang pesawat XT-400 dan pesawat latih LT-200 atau Marsekal Madya(Purn)DR. Nurtanio Pringgoadisuryo pionir industri penerbangan di Indonesia pembuat Nu-25 Kumbang

      Hapus
    5. Info yang bermanfaat bro JJ

      Hapus
    6. Malaysueng bisanya RogoL Merogol kat bilik termenung.. Kehkehkeh..

      Hapus
    7. Tapi malonpun punya produk tempatan yang mendonia DaDah tempatan

      Hapus
  2. Royalti beliau banyak.
    Ga heran koleksi kendaraannya luar biasa..salah satunya Mercy Gullwing..😳

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalo koleksi Anwar Ibrahim ribuan jubor,Najib ratusan juta dollar US,Rosmah ribuan tas Hermes πŸ˜ƒπŸ˜ƒ

      Hapus
    2. Itu jubor siapa aja om? Kok banyak amatπŸ˜‚πŸ˜‰πŸ˜‚

      Hapus
    3. satu-satunya penyesalan guwe, gak dapet jatah jaket bomber dari eyang habibie haha!πŸ˜‡πŸ˜‡πŸ˜‡

      satu2 kebanggan guwe, perna ktemu lgs dgn bliau..tapi doi gak liat guwe, gubraakkk haha!😱😱😱

      Hapus
  3. Fuh memang mendunia sekali ni...mendunia sekali propagandanya...lucky indon ada pemimpin2 yg mendunia...Sebut saja indon..seluruh dunia tau lah.paling tidak pas tau 2 hal.. TKI ilegal & jerebu..haha

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hasil penelusuran penemu2 terkenal ada dri Malon yaitu Prof. Gempur ria.. Dia penemu
      1.Selular side A dan side B ( bisa di pkai 2 hari)
      2.kondom anti bocor
      3.pil anti malu
      4.senjata serbu paling unik

      Hapus
    2. Habibie sememnng mendunia prestasi nya, najib pon mendonia korupnya πŸ˜…πŸ˜‚

      Hapus
    3. Facta bukan hoax lon yg maha iri dengki. cari referensi yg shahih kalo ada pulsa data.

      Hapus
    4. TKI dan jerebu adalah hal yg lain yg tidak dpt di campur adukkan bab masalhnya. Dasar IQ jongkok😁

      Hapus
    5. Pur duburmu dah dioperasi keh??? Operasi pur agar sempit lg biar banyak peminat dubur mu, lumayan tuk beli nasi lemak,,,dasar malon tololnya kebablasan πŸ˜πŸ˜œπŸ€£πŸ˜‚

      Hapus
    6. Hai beruk, ya korang hanya punya pemimpin yang terkenal di dunia commonwealth saja,babu inggris paling terkenal tunku abdul rasuah dan tunku abdul ruzak,ga ada yang bisa dibanggain dari pemimpinmu,mungkin tidak ada generasi pemimpin lagi dari pemuda malon sampai2 dr.mahatuwir 93 tahun masih jadi PM,sampai sampai generasi muda malon stres tak bisa menjadi penerus,karena orang orang tua saja selalu jadi PM

      Hapus
    7. Dr.anwar ibraehem penemu teori kongkek dubor terbaru mendunia terkenal karena keahliannya kongkek dubor

      Hapus
    8. Kenapa propaganda ko bilang ruk,ko tanya setiap scientiest dunia semuanya mengakui Habibie, banyak2 baca lon,jgn kongkek je selalu kerja ko πŸ˜„πŸ˜„

      Hapus
    9. Beruk malonyet panas hati sampai duburnya panas. Nasib beruk malonyet ngga ada yang jenius karena selalu berlindung dgn icerd. Indonesia selain berkompetisi dgn bangsa lain juga berkompetisi dgn sesama anak bangsa untuk menjadi Best Of The Best dgn saling tetap menjaga kekompakan, dimana yg lemah dan tertinggal tetap dibantu

      Hapus
    10. Lon makan tuh asap hasil pengolahan pabrik sawitmu sendiri, klw gak suka kau kembangkan di negaramu sendiri

      Hapus
  4. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  5. Beruk malon banyak yg iri dan kepanasan lihat scientiest Indonesia mendunia πŸ˜„πŸ˜„

    BalasHapus
  6. Malingsia adalah penyelundup dadah terbesar se ASeAN

    Malingsia adalah surganya para koruptor di dunia dari rakyat kecil sampai bekas PM semua berasuah berjamaah

    Malingsia adalah sodom gomorahnya asia tenggara,penikmat sesama jenis menjamur disana

    Malingsia Israelnya asia tenggara...lahir karena campur tangan british dan pemaksaan penggabungan sabah dan sarawak pada federasi malingsia melanggar manila accord 63 atas referendum rakyat sabah sarawak
    Sama dengan israel yang diberi british kuasa atas tanah palestina yang awalnya akan dimerdekakan mufti besar imam al husayni

    BalasHapus
  7. Aq cabar beruk malon hantar kat blog ini scientiest malon yg telah mendunia,jom hantarlah πŸ˜„πŸ˜„

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ada om pit kondom lengket cap super ibraeheem yang akan diproduksi masal taon depanπŸ˜€πŸ˜€

      Hapus
  8. Malon cuman mendunia jual dubooorrr ame rasuah ganas mr najib,,,,malon monkey bangsa tolol kebablasan, bikin senapan serbu ja desainnya membuat negara2 lain terbahak bahak sambil guling melihatnya πŸ˜πŸ˜œπŸ€£πŸ˜‚

    BalasHapus
    Balasan
    1. Namanya vita berapi persis merk obat kuat ya tulang situngkir

      Hapus
  9. MALAYDOG JUGA MENDONIA DALAM HAL PERKONGKEKANG YANG MELIBATKAN ANAK ANAK,,, MALAYDOG TERKENAL DI DUNIA SEBAB SUKA MEROGOL ANAKNYA,, BAHKAN BERITA DI UTUSAN MALASIAL MENGATAKAN ADA 20 ANAK ANAK KORBAN ROGOL SETIAP HARI DI MALAYSIA HANYA TIDAK DI DEDAHKAN,,,,

    BalasHapus
    Balasan
    1. 20 anak 1 hari wuih haibat malon semoga berlanjut 2040 malon biar ilang dari asean

      Hapus
  10. MAKA BARANG SIAPA YANG MAU MELANCONG KE NEGARA MALAYDOG HARUS BERHATI HATI YANG PERTAMA BANYAK KES SAMUN DAN ROMPAK, YANG KEDUA BANYAK KES TEMBAK MATI,, YANG KETIKA BANYAK KES ROGOL,,, MALAYDOG TERKENAL KARENA KES ROGOL YANG BESAR,,,

    BalasHapus
  11. Malays terkenal idiotnya, askar kena jaga istana buckingham pula..😁😁

    BalasHapus
  12. Prof habibi iTu dArI mAlAySiA :v

    BalasHapus
  13. Airod tahun hadapan bina su57

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dalam bentuk model kit buatan academy, atau dalam bentuk poster buatan kilang percetakan terbesar di MALON "DEFTECH"

      Hapus
    2. PM mahatuwirvmengatakan mainan seperti itu mahal

      Hapus
  14. Banyak yg tidak tahu,rudal misile sea skua kebanggaan malaysia banyak komponen hasil rekayasa ciptaan pak habibie,dimana sebagian besar komponen rancangan sea skua di sub kontrak ke iptn,..dan hal ini membuat margaret teachers kagum

    BalasHapus
    Balasan
    1. Plus helikopter Sea Lynx juga komponennya dibuat oleh IPTN 😁😁😁

      Hapus
  15. Sayangnya, hanya karena ada negara yang takut Indonesia berkembang pesat di Industri penerbangan, pesawat itu tidak boleh dilanjutkan proyek pengerjaannya
    -----------------------------------

    Seandainya tdk ada hambatan apapun, saat dunia penerbangan nasional sudah diramaikan dng pesawat N1230. Garuda, City Link, Sriwijaya, Lion Air dan Air Asia separoh armadanya sdh menggunakan N1230 buatan IPTN.Itu artinya separoh sisanya dibagi ke Airbus dan Boeing.
    Dng jumlah kebutuhan pesawat N1230 yg besar, sdh pasti IPTN menjelma menjadi industri yg besar pula karena meraup laba dr penjualan domestik. Dan 15 tahun kedepan kebutuhan utk Asia jg di rambah IPTN. Berarti akan bersaing dng 2 raksasa yg sdh mapan selama ini menguasai pasar dunia. Dan keunggulan pastinya ada di N2130 karena kualitas berstandar barat namun harga jauh lebih murah.
    Boeing dan Airbus tdk ingin mimpi buruk itu terjadi, maka ketamakan raksasa dunia industri penerbangan itu meminjang tangan IMF utk menghentikan laju IPTN.
    Saat ini PT.DI telah belajar dr trick dan kecurangan industri raksasa barat masa lampau, maka lebih memilih aman bermain di pesawat baling2 (turboprof) saja. Namun perlahan dan pasti akan mengambil alih pangsa pasar ATR 72 yg dulu ikut terlibat kelicikan utk mematikan IPTN. Lonceng kematian perusahaan produsen ATR 72 telah dibunyikan PT.DI, dng kelak mengambil semua pangsa pasar dalam negeri yg utama. Dng langkah awal membuat N219 lalu N245 dilanjutkan kolaborasi bersama Regioprof dng R80 nya Sekali lagi dng senjata utama kualitas setara barat namun harga jauh lebih murah.
    Selamat buat PT.DI sukses yg tertunda kini mulai menapak perlahan tp pasti......hikhikhik

    Terima kasih pak Habibie, karya dan ambisi anda pasti akan dilanjutkan oleh PT. DI

    BalasHapus
    Balasan
    1. Semoga juga menjadi amal ibadah jariyahπŸ‘

      Hapus
  16. Banyak yang tidak tau,selama di jerman habibie juga pernah membuat design kapal selam untuk laut dalam antara 6000 meter,sampai 10.000 meter...kapal design prof habibie sangat unik seperti menggabungkan aneka bentuk bola2..,atau bentuk mirip ruas2 serangga

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yang akhirnya disita oleh Jerman saat itu, karena khawatir akan digunakan oleh indonesia (FYI, pada saat itu hubungan Indonesia - Jerman Barat dibawah Nato agak tegang karena politik kita yang cenderung kearah blok Timur)😁😁😁

      Hapus
    2. Rusia udah punya model gitu.
      Googling : Losharik submarine

      πŸ˜‘

      Hapus
    3. @pedang setan Duluan punya Pak Habibie bro, punyanya pak Habibie sudah jadi rancang bangunnya sejak tahun 60-an. Sedangkan Losharik baru tahun 80-an 😁😁😁

      Hapus
    4. Yup, maksud ane produksi/operasional => Rusia.😊

      Hapus
  17. permisi ya
    mau numpang promosi bo kelinci99
    cashback kami berikan sebesar 5% untuk permainan live casino ya bos
    silahkan kunjungi WWWoKELINCIPOKER99oME

    BalasHapus
  18. Selamat Siang bapak & ibu admin numpang izin yahπŸ™πŸ™

    ESIABET adalah Salah Agen Judi Bola Online & Bandar Slot Online Terpercaya di Indonesia !!
    .
    ⏩ Tersedia 3 Pasaran Terlengkap Untuk SportBook
    ⏩ Ribuan Provider Slot Online Yang dapat kamu mainkan
    ⏩ Jackpot hingga jutaan rupiah selama 1 x 24jam
    ⏩ Taruhan Terkecil dari 5.000 rupiah
    ⏩ Bisa Bermain Judi Mix Parlay Bola Jalan
    ⏩ Minimal Bett Parlay Rp.10.000
    ⏩ Minimal Deposit Rp.25.000
    ⏩ Minimal WithDraw Rp.50.000
    .
    ESIABET juga menyediakan promo menarik yang bisa anda dapatkan setiap hari:
    πŸ‘‰Bonus Member Baru
    *Deposit 25.000 + Bonus 10.000
    *Deposit 50.000 + Bonus 20.000
    *Deposit 100.000 + Bonus 40.000
    *Deposit 200.000 + Bonus 80.000
    *Deposit 500.000 + Bonus 100.000
    *Deposit 1.000.000 + Bonus 200.000
    *Deposit 2.000.000 + Bonus 400.000
    *Deposit 5.000.000 + Bonus 500.000
    πŸ‘‰WELCOME BONUS 100% (Khusus Slot) Maksimal Bonus 1jt
    πŸ‘‰WELCOME BONUS 100% (Khusus Bola) Maksimal Bonus 300rb
    πŸ‘‰BONUS NEXT DEPOSIT 10% (Khusus Bola, Live Casino, Slot Games)
    πŸ‘‰BONUS CASHBACK MINGGUAN SPORTBOOKS HINGGA 15%
    πŸ‘‰BONUS REBATE SLOT & LIVE CASINO 0.8%
    .
    Contac Person Online 24 Jam
    ☎Whatapps : 0859-3259-6161
    πŸ“±LINE : ESIABET77
    πŸ“±IG = @esiabetjituparlay

    Salam Hoki & JP Selalu Bosku πŸ’ͺ😁

    Bonus New Member 100%
    Agen Bola Terbesar & Terpercaya

    BalasHapus