13 September 2019

Menko Polhukam Apresiasi Kemampuan TNI Hancurkan Musuh dalam Latgab di Situbondo

13 September 2019


Latihan Gabungan Dharma Yudha 2019 (photos : Antara, TNI, Merdeka. Sindo. Tempo)

Situbondo - Belasan ribu prajurit TNI dikerahkan ke Situbondo dalam latihan gabungan (latgab). Prajurit gabungan dari TNI AD, TNI AL, dan TNI AU bersatu padu melakukan beragam manuver menghancurkan kekuatan musuh.



Berbagai alutsista canggih juga dikerahkan untuk menyokong pertempuran di lapangan. Salah satunya pesawat tanpa awak UAV CH-4 milik TNI AU, yang mengawali penyerangan. Pesawat tanpa awak yang dikendalikan dari Lanud Juanda ini tak hanya bertugas melakukan pengintaian target sasaran. Drone yang mampu terbang hingga 30 jam itu juga langsung melakukan pengeboman ke daerah lawan.



Gempuran demi gempuran dari alutsista yang lain juga terus berdentuman di daerah musuh. Para prajurit TNI dari tiga matra itu cukup tangkas melakukan berbagai manuver penyerangan. Baik manuver darat, laut, maupun manuver udara, hingga berhasil menghancurkan daerah musuh.



Demo penyerangan itu ditampilkan dalam Latihan gabungan dengan sandi Operasi Dharma Yudha 2019 di Puslatpur Marinir 5 Baluran, Kecamatan Banyuputih. Puncak latgab itu disaksikan langsung Menko Polhukam Wiranto. Selain itu, turut hadir Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, para kepala staf angkatan, dan jajaran petinggi TNI lainnya.



"Tadi kita saksikan, ada demo baru, ada drone yang bukan hanya mampu melakukan pengintaian, tapi juga berhasil melakukan penembakan dan pengeboman. Ini lompatan teknologi militer yang luar biasa. Mudah-mudahan ke depan nanti teknologi-teknologi militer yang berkembang di dunia juga dapat kita miliki," kata Wiranto di T-12 Baluran setelah menyaksikan latgab Dharma Yudha 2019, Kamis (12/9/2019).



Mantan Panglima TNI ini mengapresiasi keberhasilan prajurit TNI melaksanakan misi latihan gabungan ini. Menurutnya, meski kelihatannya cukup mudah, pengorganisasian operasi gabungan itu rumit dan sulit. Tetapi hal itu bisa dilaksanakan dengan tepat. Bahkan, dalam hitungan detik dan menit, dapat dilaksanakan dengan akurat.



"Latihan ini sebenarnya juga kesiapsiagaan dari satuan-satuan tempur kita dalam menghadapi kemungkinan berbagai ancaman. Selain itu, merupakan suatu latihan untuk terus meningkatkan, menjaga, dan merawat profesionalisme prajurit di semua tingkatan, di semua matra," imbuh Wiranto.



Wiranto melanjutkan, setiap negara dapat memiliki kebanggaan dan kehormatan. Salah satunya adalah kekuatan angkatan bersenjatanya. Melalui latgab Dharma Yudha 2019, Indonesia telah memiliki kekuatan angkatan bersenjata yang dapat dibanggakan dan dapat mengimbangi kekuatan negara-negara lain.




"Dengan kekuatan angkatan bersenjata seperti yang kita miliki ini, menjadi faktor bahwa kita telah siap menghadapi berbagai ancaman yang mungkin kita hadapi di masa depan," papar Wiranto.



Seperti keterangan yang diperoleh detikcom, pelaksanaan latgab TNI Dharma Yudha 2019 menggunakan dua metode, yakni Latihan Posko dan Latihan Lapangan. Dua metode itu dilaksanakan secara berangkai dengan materi Kampanye Militer dalam bentuk Operasi Gabungan di Mandala Operasi. Komando Gabungan TNI terdiri atas beberapa Komando Tugas Gabungan dengan menampilkan seluruh kemampuan tempur prajurit TNI beserta alut dan alutsista yang dimiliki.



Latgab ini melibatkan sedikitnya 11.716 prajurit. Untuk Latihan Posko sebanyak 1.307 personel, dan Latihan Lapangan sebanyak 10.409 personel. Alutsista yang dikerahkan pun juga terbilang banyak.



Dari TNI AD ada 12 unit tank Leopard, 1 unit tank ARV Leopard, 5 unit truk Transporter, 1 unit Marder, 6 unit Astros, 6 unit meriam 76, 6 unit Caesar, 18 pucuk mortir-81, 9 pucuk mortir-60, 27 pucuk mortir-60, 8 satbak Atlas, 4 satbak MPCV, 2 unit MVP, 8 unit drone Arh, 2 unit Apache, 2 unit MI-35, 4 unit AS-550 Fennech dan 4 unit Bell-412.



Sementara itu, TNI AL mengerahkan alut dan alutsistanya berupa 22 unit KRI, 15 unit BTR 50 P/M, 15 unit BMP 3F, 12 unit BTR 50 P/K, 7 unit LVT 7A1, 8 unit Kapa K61, 6 unit How 105 MM, 6 unit Rocket MLRS Grad, 4 unit BVPP2, 3 unit Ambulans, 3 unit Truk Tatra Amo, 5 unit Truk Opgleger, 18 unit Ranrik How, 6 unit truk 2,5 Ton, 4 unit Komob, 25 unit Mopel, 2 unit RHIB, 10 unit Helikopter dan 4 unit Fix Wing.



Sedangkan TNI AU mengerahkan 6 unit SU 27/30, 16 unit F-16, 6 unit T-50i, 4 unit Hawk 109/209, 6 unit EMB-314 Super Tucano, 12 unit C-130 B/H/HS/L-100, 1 unit C-130 BT, 4 unit CN-295, 3 unit B-737-400/500 VIP, 2 unit B-737-200 Patmar/Intai, 2 unit C-212, 2 unit PTTA Aerostar, 1 unit UAV CH-4, 4 unit NAS-332/EC-725, dan 1 unit Colibri.

(Detik)

166 komentar:

  1. Menggerunkan sangat 😱😱😱

    BalasHapus
    Balasan
    1. Efek'e tho mas..?

      (efek ramuan maljum?)

      πŸ˜πŸ˜‚

      Hapus
    2. melihat baterai 105 yang berdiri tegak menantang langit, seakan" teringat pada baterai 105 jerman πŸ˜‚

      Hapus
    3. Lha karepe lek-lekan tekan esuk je....opo ora linu 😫😫😫

      Hapus
    4. Weh... Malem jemuah legi.. Padepokan kemukus soyo rame no.. Entuk berkah kie sing jaga sendak. Mbah gono laris iki

      Hapus
    5. Rame sih rame padepokane mas @ink....ko yen wes mari itung2 duwit penitipan sendal, njur nglendheng ae simbahe 😣😣😣

      Hapus
    6. Dadi eling pilem band of brothers karo the pasific

      Hapus
    7. Mbah gono kuwi nek oleh rejeki ora wara2 langsung tinggal glanggang colong playu

      Hapus
    8. Ethok-ethok lali mas.....ning yen karo mbakyu sing omahe nggir ndeso kae ra tau kelalen le ngirimi duwet blonjo lan kangge tumbas pupur je πŸ™†πŸ™†πŸ™†

      Hapus
    9. Iya toh om har,pasti menggerunkan lah karna ini bukan latihan kaleng2 πŸ˜€πŸ˜€

      Hapus
    10. Podho gosip2 opo kuwi☝☝πŸ™„πŸ€”πŸ€­πŸ€­

      Hapus
  2. Mas tangi-tangi mas, iki wes jumat....ojo lali kramas 🀐

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ojo lali leh umbah-umbah ugo..πŸ˜‚πŸ˜

      Hapus
    2. "πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚....ngomong-ngomong iku layar monitore kok jembar temen, memper kagungane bapak anggota dewan sing hobine maen twitter lan gawe puisi kae πŸ€”"

      https://youtu.be/k5ppej3Kgr8

      Hapus
  3. Jangan diapresiasi aja pak.. tambah lah mainannya 😁

    BalasHapus
    Balasan
    1. tragis juga ngeliat tanker kita cuma si herky sepuh.

      mungkin bisa di up lagi, target MEF 3 2019 - 2024 nanti apa ya?

      Hapus
    2. Yup sudah masuk renstra, jadi hukumnya wajib beli tanker 😁

      Kajiannya yg agak lama yaak..πŸ˜†

      Hapus
    3. Sabar mas @ van,.. 😌😌

      Hapus
    4. Bukan hanya tankernya saja bro,tapi ketersediaab cadangan minyak bahan bakar dari pertamina untuk persiapan menghadapi perang besar yang mungkin terjadi,jujur dengan negara yang mengaku gred A jiran sebelah yang rempong kita masih kalah,,percuma alutsista lengkap dan canggih tetapi bahan bakar minyaknya tidak ada bahkan andai perang terjadi sekarang kita hanya mampu berperang selama 3 hari. πŸ™

      Hapus
    5. Om yufi... Lha wong kilang minyak kita yg baru, sudah mulai oprasi koq. Gembar gembor 3 hr itu kan hanya kamuflase

      Hapus
    6. Stok bbm 3 hari itu dalam kondisi normal bro....tinggal ditanya pengennya punya stok buat berapa hari 🀷

      Ini ada hubungannya dg ukuran bunker-bunker bbm milik pertamina yg ada saat ini dan frekuensi ekspor minyak nya

      Hapus
    7. Trims bro ink dan bro smiling hari,ya semoga kebutuhan bbm kita untuk mencukupi alutsista perang TNI tercukupi

      Hapus
    8. Lha alutsista baru CH-4 wing Loong dah masuk tuh bro 😁😁

      Hapus
    9. Ane lebih melihat sisi ketahanan bbm itu => mewaspadai kalau/misal kondisi regional/LCS bentrok dan imbasnya kemari..

      Kalo kita perang beneran, amit-amit daah..😁

      Hapus
    10. Kita ngga ada kepentingan di LCS, jadi paling halaman depan jadi panas membara. TNI paling mengawasi dari Natuna menit ke menit dan menutup akses

      Hapus
    11. @Mat Rempit Sedikit ralat bro, CH-4 sama Winglong 1 itu beda. CH-4 buatan China Aerospace Science and Technology Corporation (CASC)dengan nickname Rainbow sedangkan Winglong 1 buatan Chengdu Aircraft Industry Group (CAIG) dengan nickname Pterodactyl. dan spesifikasinya juga beda.😁😁😁

      Hapus
    12. Om yufi, itu diskusi perkiraan beberapa thn yg lalu,, itupun jg dgn syarat pergerakan alutsista kita nonstop full 3hr tanpa henti.

      Hapus
    13. Kalo perang pastinya mobilitas alutsista tak kan berhenti bro...besarnya kebutuhan bbm harus mencukupinya aku setuju pendapat bro pedang setan bara di LCS akan mengena juga ke Indonesia menjalar danbketiban awu anget

      Hapus
  4. Di LCD monitor : "INTEROP DATA LINK"

    (interoperability πŸ˜πŸ‘)

    BalasHapus
    Balasan
    1. monitor cem di pilem2 holiwud yach, semacem hunter killer gt haha!🧜‍♀️🧜‍♀️🧜‍♀️

      Hapus
    2. Dah gunakan network centric tuh om PS,bkn kaleng2 πŸ˜€πŸ˜€

      Hapus
  5. Meski udah ada Fennec sbg pengganti, ternyata NBO-105 masih eksis..πŸ˜πŸ‘

    BalasHapus
    Balasan
    1. lha ini seperti orang gila kegirangan eh mas.

      yg katanya baru mau di evaluasi teknis, eh udah dipaksa buat mainan aja si Pelangi itu.

      "Drone yang mampu terbang hingga 30 jam itu juga langsung melakukan pengeboman ke daerah lawan"


      😎 udah dibawain AGM cino juga ternyata, dirubah jadi AGM murika apa masih bisa ya ? πŸ˜‹

      Hapus
    2. Ntar yang punya pabrik Hellfire ngamuk-ngamuk mas..πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚

      Hapus
    3. Lha NBO-105 Bolkow kita kan banyak om

      Hapus
    4. NBO-105 kita bakalan dijadikan drone copter macam US Navy punya

      Hapus
    5. @van muttohar selama berat payloadnya tidak melebihi kapasitas pasti bisa bro, apalagi gado-gado senjata china-russia-amrik udah pernah dipraktekin sama Thailand di F5 mereka dan ternyata aman aman saja. Dan sesuai spek bisa bawa full 6 Hellfire sisa 51 kg payload, Atau mix 2 hellfire + 4 x trpilepack griffin sisa 7 kg payload πŸ˜‹πŸ˜‹πŸ˜‹

      Hapus
  6. Min maaf koreksi. Foto UAV di artikel sebelumny bkn pny defence.pk tp pny anggota TNI AU

    BalasHapus
    Balasan
    1. Min foto paling atas di artikel "Drone CH4 Ditampilkan Dalam Latgab TNI "Dharma Yudha 2019" bkn pny defence.pk. itu foto pny anggota TNI AU @Kamto_adi Indomiliter lg kena teguran beliau tuh.

      Hapus
  7. Sudah ad control room jadi ga usah panas2an ditenda cukup lihat dalam ruangan ac nan jauh dr latihan πŸ’ͺπŸ‘

    BalasHapus
  8. MantuL hampir setiap tahun TNI ada Latgab dgn skenario mirip pertempuran yang sesungguhnyaπŸ‘πŸ‘

    Berbeda dgn negri jiran latihannya cuman Kuasa Tembakan...latihan menembak statis...KOH..KOH..KOH

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalo Jiran sebelah mah latihannya 14 tahun sekali bro,kasian kita melihatnya πŸ˜€πŸ˜€

      Hapus
    2. Gaklah om pit mereka latihan selfie2 seminggu 2x lebih sering dari kita

      Hapus
  9. Gile bener... sadis latiannya selalu model skenario terbuka gak statis gitu gitu aja (jalan berhenti depan podium, nembak, trus pulang lagi)...

    Heran yaa... tiap bulan selalu latihan.. bahkan sy pernah buat membuat rangkuman kalau TNI AU saja setahun bisa 25 kali mengadakan sortie terbang latihan bergantian F16 sukhoi T50 dan idola kita semua kalau kata mas Palu.. Tukino :-D

    Gak sabar liat konvoy KFX IFX di udara kalau dipake lima atau sepuluh tahun lagi... ngerayyy..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yang. Di madiun. Latihan. Trs lho om

      Hapus
    2. Gk cem sebelah ya om latihannya nembak targetnya ranpurnya statis diam gk bergerak ya dan dari atas ketinggian ya om 😁😁

      Hapus
    3. Sebelah latihannya nunggu 14 tahun sekali, ngabisin rudal yv mau basi

      Hapus
    4. om super, mo nanya nih.
      seberapa yakin anda dengan kedatangan si Su 35 ?.

      soalnya iman saya sudah mulai goyah menanti doi.
      apalagi semakin hari politisi negara semakin kek pengecut, sebut saja lumbung koruptor yg bernama DPR dan tukang ambil Komisi yang kelaluannya semakin bodoh 😲😡😨

      sedih saya, , , , ,

      Hapus
    5. @van muttohar insyaallah datang, apalagi kita udah pakai lobby tingkat tinggi ke Washington. Dan untung amrik bakalan lebih gede kalau mau ngelepasin infdonesia dari Caatsa, dengan total 32 Viper + Chinook (jumlah belum diketahui) + alutsista yang lain. Doakan saja nggak mentah di tangan Donal Bebek, soalnya lagi pms dia. 😁😁😁

      Hapus
    6. Kita beli ketengan,, tp syarat UU kita harus menyertakan tot, itu jg bikin ribet, ditambah secara umum tekanan politic dr US pastinya jg ada, posisi negara kita berbeda jika dibandingkan dgn mesir atau india yg sama2 nonblok, karna 2 negara itu punya ancaman perang nyata sama tetangganya. Meski ditekan ancaman catsa us jg bakal bakal ngaruh negara itu,yg penting strong karna ancaman perang dgn tetangga Plus kedaulatan negara di depan mata, india jor2an beli alutsista rusia, begitu jg mesir untuk mengimbangi israel, meski mesir punya f 16 sangat banyak, tp amram 120 ga dijual ke mesir sama US,, rudal2 bvr mesir yg bergigi ya dr pespur rusia, untuk bvr rafael dr prancis mungkin jg lg tumpamg tindih,, karna tekanan US ke prancis.

      Hapus
    7. Awan-awan kok tumpang tindih...opo mase ki dinese bengi πŸ€”

      Hapus
  10. Latgab ini melibatkan sedikitnya 11.716 prajurit.
    Untuk Latihan Posko sebanyak 1.307 personel, dan Latihan Lapangan sebanyak 10.409 personel. Alutsista yang dikerahkan pun juga terbilang banyak.

    --------------
    kayaknya ini latgab terbesar yg perna dilaksanakan 3 matra tni, luarrr byazahh haha!πŸ‘πŸ‘πŸ‘

    BalasHapus
    Balasan
    1. Trial/demo UCAV langsung di latgab..online monitor pusat pula..😁

      Sales/teknisi pabrikannya pusing kerja keras tuh oom..😁

      Error dikit => batal!
      Next kontestan...

      πŸ˜πŸ˜‚

      Hapus
    2. om pedang, lokasi monitor latgab tni-au, kyknya kohanudnas punya markaz itu yak..klo slh yach kabur guwe haha!πŸ•ΊπŸ’ƒπŸ•Ί

      Hapus
    3. Kayaknya iya oom..

      Enak ya, ruagan adem ngopi-ngopi sambil nonton buum..buum..live.

      Berasa Pentagon nonton live Afghanistan..😁

      Hapus
    4. Bukan....itu di lanudal juanda 😎

      Hapus
    5. nyoih om,
      klo tetangga kesayangan nonton juga LIVE..bola tp haha!⚽⚽⚽

      Hapus
    6. Mosok tho om hari... Mengko tak takonane komandan S-3 n S-4 lanud muljono

      Hapus
  11. Liat latgab seperti latihan menginvansi...sabah & serawak are you ready for freedom..?

    BalasHapus
    Balasan
    1. 😝😝😝😜

      Hapus
    2. Sabah untuk kesultanan sulu,sarawak,sipadan dan ligitan kembali ke indonesia,johor bahru milik singapore

      Hapus
    3. Kl punya beijing bro wong edan nanti bakalan rubah nama tuh KL tower jadi BJ tower hahaha dan khusus cik siti nurhalize bisa jadi milik anda bro wong edan hehehehe

      Hapus
  12. Wowwww ini baru namanya latihan, lon liat tu kalau mau TNI bisa aja rebut sabah dan serawak πŸ’ͺπŸ‘πŸ˜Ž

    BalasHapus
    Balasan
    1. Seharusnya latihannya tim merah dan tim biru. Dulu pernah lihat film taiwan latihan perang dibuat dua kubu, merah dan biru. Merah merebut dan biru mempertahankan. Jadi kalau perang perbatasan bisa jadi agressor

      Hapus
    2. JJ@ Latihan TNI seperti itu jg bro,liat di video YouTubenya di Garuda militer bro

      Hapus
    3. Yoii pit,,aku dah liat di youtube, keren dan seperti perang sungguhan πŸ’ͺπŸ‘πŸ˜Ž

      Hapus
  13. yang sangat sangat bikin terharuw, rupanya
    DJIMAT kite: 6 unit EMB-314 Super Tucano, hadiiirrr gan haha!πŸŽ‰πŸŽ‰πŸŽ‰

    super siluman datang gak kliatan, pigi jugak haha!🧜‍♂️🧜‍♀️🧜‍♂️

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tucano gk main2 ompal,bukan kaleng2 dia πŸ˜€πŸ˜€

      Hapus
    2. Tucano itu ikon yg gak boleh absen😁

      Hapus
  14. Nanti ada yg hantar cakap bola sepak wkwkwk

    BalasHapus
    Balasan
    1. maklum sepi brita alutsista baruw om pit haha!πŸ˜†πŸ˜†πŸ˜†

      Hapus
    2. Plus mewek kena kabut asap...πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚

      Hapus
    3. Nangis diserbu babi hutan...

      Hapus
    4. disana bola lg jadi trending topik
      disini & filipin brita kensel ituw tuch lg trending topik haha!😜😜😜

      Hapus
    5. PS,PY & Ompal @ Jiran gk ada bahan lg guna di buat hoax jd lari ke bola sepak 😁😁

      Hapus
  15. Balasan
    1. Di invasi gojek,taxi tempatan jadi mate bro πŸ˜€πŸ˜€

      Hapus
    2. Indonesia siap menerima migran beruk tuk jadi kuli disini

      Hapus
  16. Mudah2an satelite militernya tahun depan sdh bisa ikut partisisapi dalam latihan gabungan yaa...πŸ‘πŸ‘πŸ‘
    Biar tampilan dilayar monitornya lebih seru lg.....hikhikhik

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ditambah SU 35 dan f 16 viper terbaru akan tambah ngiri si gred A sebelah

      Hapus
    2. Lha TNI sekarang dah ada satelit BRI untuk sementara bro

      Hapus
  17. KAPAN PERANGNYA DENGAN MALAYDOG,, SAYA MASYARAKAT BUGIS MAKASSAR SIAP ANGKAT SENJATA UNTUK MEMBUNUH RAKYAT MALASIAL..... ANAK ANAKNYA, PEREMPUAN TERMASUK ORANG ORANG HAMIL KAMI AKAN BUNUH,,, SEPERTI KAMI MEMBUNUH ANAK ANAK SEKOLAH DI POSO,,,,, SALAM BADIK DARI TANAH SULAWESI SELATAN

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waduh serem. Berani ga si malon berhadapan sama ksatria ayam jantan dari timur....

      Hapus
    2. Ngomong opo mas wendang raup disik..tangi ojo mung nglindur wae dasar malondog tukang nyaru

      Hapus
    3. Gadis2 remajanya dan janda2 muda yg cantik jng dibunuh, serahkan ke ane aja. Biar ane jadikan anak angkat. Maksudnya kalo malam diangkat angkat.....hikhikhik

      Hapus
    4. Kalau milisi mah bebas, kalau ketangkap yah bebas juga mau diapain

      Hapus
    5. Sadis bro 😁😁

      Hapus
    6. hahaha...tapi gimana bro Petta....di Malaysia banyak sekali keturunan Bugis-Makassar.....termasuk si Najib....

      ===============xixiiix

      Hapus
    7. Salam kenal bung Petta
      πŸ™πŸ‘πŸ‘

      Hapus
    8. Oalah ternyata orang malonbtempel stiker kw2 keturunan saudara bugis ya...lha ngono kok wani wanine ngenyek tanah leluhurnya...tak takut kualat opo??

      Hapus
  18. Malaysia pon dah ade since 10 tahun lalu

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bukannya 14 tahun sekali askar beruk bersarung exercise?kok ini 10 tahun?rasuah waktu ya?

      Hapus
    2. Ada biji peleer kah mas.? ....hikhikhik

      Hapus
  19. Jangan sampai lah ada perang... gak perlu perang dengan Malaysia... perang itu sama sama rugi.

    Beli alat alat militer lebih kepada unjuk kekuatan dan asset pertahanan saja..

    Damai itu lebih baik brok... apalagi disaat damai datang itu SU35 dan Viper menjaga perdamaian dengan kombinasi PESA dan AESA radarnya.. :-D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dari zaman presiden Sukarno sampai zaman sekarang yang selalu memulai konfluk duluan siapa?mohon belajarlah sejarah lagi...dari peristiwa dwikora peristiwa ambalat karang unarang,selalu saja mereka yang memulai

      Hapus
    2. Kita gak ingin perang,tetapi bila ada tetangga sebelah yang rempong dan suka menginjak injak harga diri bangsa,apakah didiamkan saja??_

      Hapus
    3. Kembalikan tahta PM malon ke Najib, biar mendidih militer se kawasan ASEAN

      Hapus
    4. Gimana gk perang om super wong tanah kita banyak di curi malon

      Hapus
    5. Ya kalau kita di pukul...wajib gebuk balik lah 😁

      Hapus
    6. @Papa Yufi bener, dan satu satunya bangsa di dunia ini yang berani bakar bendera kita dan lambang burung garuda secara terang terangan hanyalah malaya. Bahkan sekelas Jepang dan sekutu yang pernah perang sama kita tercatat belum prnah ngelakuin secara terang terangan, dan hanya sebatas dirampas atau disita. 😁😁😁

      Hapus
    7. Jangan main taip je bro, tunjukkan bukti berserta gambar, malaysia mana pernah demo depan kedutaan baling taik macam monyet, merusuh kat stadium sebab kalah (bila lawan malaysia je,pelik) , melancarkan konfrontasi atas sebab yang tak masuk akal, pemimpin mengatakan secara terbuka mahu ganyang negara jiran, isu ambalat tu pun kalau tak sebab malaysia mungkin ligitan akan jadi mundur macam pulau2 lain kat indonesia banyak lagi pulau indonesia kena jaga, lagipun indonesia lagi kerap bakar bendera malaysia, pernah menjajah negara lain melalui ketenteraan (papua barat), jadi kesimpulannya baik buat hal masing2 je jangan jadi macam tunjuk jari menunding kedepan, empat tunjuk ke kita balik

      Hapus
    8. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
    9. @Eligo13 Kau tak tau macam mana Ganyang Malaysia bermula? penduduk kau tanggal 17 september 1963 demo di Kuala Lumpur sambil membakar bendera Merah-Putih, merobek-robek foto Bung Karno, dan menginjak lambang negara Indonesia yaitu Garuda Pancasila yang dilakukan oleh PM Tuanku Abdul Rahman. Dan itu dilakukan karena protes Indonesia atas Sabah dan Serawak yang dimasukkan oleh Inggris ke Federasi Malaya, padahal sesuai Manila Accord 1963 di Sabah dan Serawak akan diadakan Referendum bukan secara paksa memasukkan kedalam Federasi Malaysia, dan ini didukung oleh North Borneo Federation dibawah pimpinan Sheikh Azahari bin Sheikh Mahmud dan juga Tun Datuk Patinggi (Dr.) Haji Ahmad Zaidi Adruce bin Muhammed Noor. Dan ingat, Papua Barat tidak pernah dijajah Indonesia karena itu adalah wilayah indonesia sejak awal (Perjanjian KMB 1949). Dan soal pembakaran dan aksi dari suporter kami, masih ingatkah kalian peristiwa di Bukit Jalil tahun 2010? kalian ambil bendera kami, kalian injak injak dan kalian ancam bakar. Dan jangan lupa, berapa kali kalian dan pemerintah kalian melecahkan bendera kami dengan membaik warnanya jadi putih merah? Ratusan kali bajingan. "Isu ambalat tu pun kalau tak sebab malaysia mungkin ligitan akan jadi mundur macam pulau2 lain"? Matamu, korang bisa ambil Sipadan dan Ligitan dari kami karena kau berlindung dibawah ketiak Ratu Elizabeth 2 dan akhirnya bisa menang di mahkamah internasional karena Inggris salah satu pememgang hak veto, dan kau berusaha ambil ambalat karena disana kaya minyak. Ingat, jangan pernah coba- coba lagi seperti Ambalat, di Ambalat kau usik akhirnya muncul armada pengusung Yakhont kami yang bahkan AS pun tak tau kalau kami sudah punya sejak lama. Jika kau dan negara kau berani coba-coba lagi, maka mungkin putrajaya maupun kl kau bisa runtuh. Dan lagi, jika karena bukan kebaikan kami Serawak, Sandakan dan Kinabalu sudah di bom oleh TU-16 kami semasa konfrontasi. Beruntungnya kami masih baik, cuma pamflet yang disebar bukan bom. Jadi, semuanya pasti ada asal muasalnya,tidak ada api kalau tidak ada asap. Kami sopan kalau kalian sopan. Tapi kami bisa lebih kejam dan bengis jika kalian yang mulai duluan. Kalian dari pertama kali yang sudah memulai cari perkara, maka terimalah karma kalian sendiri. 😁😁😁

      Hapus
    10. Benar bung brandal,sejarah harus dipelajari lagi,negara mana satu satunya yang berani menghina,menginjak,melecehkan,lambang negara,bendera merah putih,dan kedaulatan kita,mereka tidak berani berhadapan secara jantan dan hanya berlindung pada mama british dan common wealthnya,mereka hanya manis dimuka tapi berdusta di belakang,untuk kasus karang unarang ambalat beraninya mereka mengklaim sepihak batas wilayah tanpa mengindahkan hukum laut internasional UNCLOS tentang batas batas negara kepulauan,baru setelah TNI membeli armada tempur terbaru mereka tidak berani lagi,hubungan Indonesia dan malassia itu seperti api dalam sekam sewaktu2 pasti akan membara...entah kapan

      Hapus
    11. Hanya karena ewuh pakewuh di kawasan dibalut semangat ASEAN sekam itu tidak membara antara Indonesia dan malassia

      Hapus
    12. Kalau ye pun betul, bagila link ke apeke jangan cakap kosong zaman tu dah ade kamera mesti ade gambar kat kl masatu, sejujurnya tak tahu pulak ade peristiwa cam tu kat malaysia, bagi bukti jangan cakap kosong, jangan asyik baca artikel yang tak tahu kesahihannya lagi lepastu main hentamje, tapi ade juga pendapat yang menyatakan konfrontasi dilakukan bagi mengalih pandangan rakyat indonesia tentang krisis kemiskinan yang dialami, lagipun bukanke presiden indonesia masa tu banyak dipengaruhi pki, pulau natuna pun malaysia tak kecoh sangat pun last milik indonesia, pulau batu puteh pun dah terlepas bagi singapore, move on la, kesimpulannya lagi sekali buat hal masing2 jela tak payah pungpang pungpang

      Hapus
    13. Hei eli bego 13 Kami tidak menjajah papua...papua adalah bagian integral kami sabang sampai merauke sejak 1945..sebagai bekas hindia belanda,namun belanda menunda nunda terus bahkan belanda terus ingkar janji walaupun konfrensi meja bundar mengamanatkan penyerahan kedaulatan papua ke Indonesia 1 tahun sejak ditanda tanganinya KMB,tapi belanda tetap mengulur waktu terus,sampai bung karno mencanangkan trikora dan pembelian alat militer besar besaran dr sovyet untuk mengusir belanda,namun perangtak pernah terjadi karena campur tangan UN dan amerika..dan finalnya dilakukan referendum penentuan pendapat rakyat dibawah pengawasan UN dan amerika dimana hasilnya rakyat papua bulat bergabung dengan Indonesia,kami tidak menjajah karena papua adalah saudara kami sependeritaan sejak zaman hindia belanda,beda dengan serawak dan sabah yang dengan paksa dan campur tanggan british memasukkankannya kedalam federasi malassia padahal sudah jelas akab dilakukan referendum berdasar manila accord 63 untuk menentukan nasib sabah dan sarawak sendiri

      Hapus
    14. Yang sabah sarawak tu sejujurnya memang tak adil bagi pihak sabah sarawak, tapi nak buat cam mana sabah merupakan antara sumber ekonomi utama malaysia, habis wang pergi kat semenanjung, perjanjian asalnye lain tapi last2 status sabah sarawak jadi lain, tapi takpela setakat ni majoriti rakyat sabah sarawak masih ok lagi dibawah malaysia, takde lagi demo cam papua, ataupun pasukan tentera sendiri macam aceh, kira bolehlagi la rakyat sabah sarawak terima malaysia, satu lagi inggeris kan dah bagi jaminan sekiranya ade ape2 yang berlaku kat malaysia diaorang akan datang, kiranya diaorang buat kerja la tu sebab memang dah ade dalam perjanjian tak kira la maid ke, guard dog ke, babu ke, diorang dah janji nak buat cam mane,

      Hapus
    15. Nasib sabah dan sarawak sama dengan nasib palestina yang dengan seenaknya memberikan tanah palestna sebagai janji inggris memerdekaan israel setelah menerima perlakuan keji nazi jerman berdasar deklarasi balfour,padahal tanah palestina adalah milik sah orang arab palestne sendiri begitu pula sabah dan sarawak padahal negeri itu telah diputuskan akan dilaksanakan referendum berdasarkan manila accord 63 tapi inggris secara sepihak memasukkan ke dalam federai malassia

      Hapus
    16. Kau malin kalo ga ngerti masalah history tak usah cakap...keliatan bodoh kau di mata orang indonesia...apalagi tak tahu history papua indonesia

      Hapus
    17. Bahkan kalo perlu ditarik garis lurus berdasar histori dari kerajaan majapahit seluruh asia tenggara sampai madagaskar adalah wilayah sah dari kerajaan majapahit,tapi para founding father waktu mendirikan negara ini hanya menitik beratkan pada wilayah bekas hindia belanda

      Hapus
    18. Yang papua tu memang aku confuse, ade sumber mengatakan indonesia ambil papua secara paksa, bagi link sikit, nak baca sumber dari pihat indonesia lak, sebab ade sumber menyatakan terdapat genosida terhadap penduduk papua, kalau tak kenapa sekarang ni makin menjadi-jadi diaorang menuntut kemerdekaan siap ade ade terrorist bersenjata lagi, nasib baik sabah sarawar takde (peritiwa lahad datu tak masuk ye sebab terang2 diaorang datang dari pulau sulu)

      Hapus
    19. Maka dari itu wan eli bego 13 berarti negara anda adalah negara boneka bentukan inggris sama dengan belanda dulu yang memecah belah indonesia dengan mendirikan negara boneka BFO termasuk west papua yang dipermasalahkan oleh orang orang papua yang pro opm.

      Hapus
    20. Gini bro eli jiranku...sekarang internet dan pemberitaan televisi sudah canggih dan real time dan dunia internasional juga pasti menyoroti itu...tidak ada genosida terhadap warga papua disana...yang ada para extrimis gerakan pengacau keamanan memperkosa guru2,bidan,warga yang tak berdosa bahkan mereka membunuh karyawan freeport dan pekerja perbaikan jalan trans papua disana...mereka dikumpulkan dalam 1 lembah kemudian ditembaki,apakah ini bukan genosida???mungkin kalau jiran eli datang ke papua pasti baru datang akan jadi sasaran penculikan dengan imbalan tebusan wang oleh pihak opm

      Hapus
    21. Jangan samakan malaysia ngan negara zionis tersebut, lagipun antara sebab kenapa orang israel boleh masuk palestine sebab rakyat negara arab tu sendiri, dah ok dah masa bawah turki uthmaniyah, diorang tetap nak keluar, join british masa ww1 kalahkan turki, lepas menang lain pulak yang jadi, last2 palestine tergadai, mengikut sumber aku pemilik asal keseluruhan tanah arab sebenarnya milik raja jordon, tapi banyak pulak raja kat tanah arab

      Hapus
    22. Intinya sama saja pemaksaan pemasukan sepihak wilayah tak bertuan oleh british.titik😎

      Hapus
    23. @Eligo13 Kau minta link ? kau cari sendiri di internet banyak "demonstarsi anti-indonesia di kuala lumpur tahun 1963", nanti kuhantar link kaublinag aku yang temberang dasar bajingan. Mau bilang indonesia jajah Papua Barat lagi? itu sudah jelas di perjanjian KMB bahwa papua barat adalah wilayah indonesia, dan disaksikan oleh Dewan Keamanan PBB dan juga negara pengawas yaitu Tiongkok(ROC),Prancis,Britania Raya,Amerika Serikat,dan Uni Soviet. Masih kau tak percaya ? baca isi perjanjiannya dengan mata kepala kau sendiri.

      Hapus
    24. Di malassia ada penyesatan history versi malon

      Hapus
    25. Berarti inti dari pernyataan eli bego 13x itu bahwa sabah dan sarawak adalah merupakan antara sumber ekonomi malassia,berarti sabah dan sarawak hanya dijadikan semacam sapi perah untuk kepentingan ekonomi malassia saja,bukan perasaan saudara senasib sepenanggungan sebagai satu negara,lucu bin very ugly

      Hapus
    26. Brandal takde bro dah taip dah tapi yang ade pasal ganyang malaysia je ngan wiki pasal konfrotasi(wiki memang tak boleh dipercayai sebab orang awam boleh edit) takde pun demontrasi bakar bendera kat kl, menipu pun agak2 la bro, papa yufi cuba ko bandingkan keadaan sabah sarawak ngan papua atau mana2 lagi pulau kat indonesia selain daripada jawa,sumatra dan mungkin sulawesi mana lebih maju, harmoni, aman, tak yah pergi jauhla kalimantan bawah sabah sarawak tu, mana yang lagi tip top, dan ade peluang pekerjaan. Kalau ko taip memang betulpun sabah merupakan ANTARA sumber utama ekonomi malaysia, tu la sampai sekarang indon asyik2 sabah sarawak (dengki la tu sebab terlepas minyak kat perairan sabah sarawak), tak habis2 perjanjian itula inila, ade ke demontrasi kat sabah sarawak atau pejuang kemerdekaan bersenjata kat sabah sarawak macam kat indon, dah berapa kali nak cakap, diaorang(sabah sarawak) setakat ni ok je, indon patut sibuk kendali negara korang je, papua pun tak terjaga, banyak lagi pulau2 kat indonesia yang memerlukan bantuan, tapi ni tak sibuk je pasal malaysia, "pokok dek kau, pokok dek den"

      Hapus
    27. Cobalah kau sekali saja ke papua berlagak macam turis terlantar,pasti kau diculik oleh opm disana...pemerintah kau tak cukup uang buat nebus kau

      Hapus
    28. Situasi papua dan sabah serawak berbeda dari faktor pendidikan budaya adat istiadat dan kesukuan kau harus bedakan,cobalah sekali kali travelling sebagai turis terlantar dan rasakan manisnya jadi sanderabopm disana

      Hapus
    29. Opm hanya segelintir orang karena faktor ekonomi dan dendam perang masa lalu akibat campurtangan belanda membuat jadi kacau

      Hapus
    30. @Eligo13 Negara kau kan dekat dengan Ratu Elizabeth 2, kau minta data laporan dubes Inggris untuk Indonesia periode 1961-1965. Disitu tertulis laporan langsung dari dubes inggris Major Sir Leslie Alfred Charles Fry keapada Ratu Elizabeth 2 tentang awal mula kemarahan Bung Karno atas Malaya. Dan itu berakibat didatangkan pasukan bantuan dari Gurkha, SAS maupun Australia dan New Zealand untuk memantu Malaya. Dam ingat, Sabah dan Serawak setelah perang dunia 2 sudah berusaha membuat negara sendiri yaitu North Borneo dan pemimpinnya yang terkenal adalah Tun Datuk Patinggi (Dr.) Haji Ahmad Zaidi Adruce bin Muhammed Noor yang dikemudian hari menjadi Yang di-Pertua Negeri Sarawak kelima.

      Hapus
    31. Percuma mas bro ora mudeng iki bocah dikandani...ngentek ngentek i data ae

      Hapus
    32. Tak paham bahasa dan sejarah dia,dia mau menciptakan sejarah sendiri

      Hapus
    33. Jadi sekarang ni ape yang korang nak, aku ngan sumber aku, kau ngan sumber kau(suruh bagi link pun tak bagi2), sampai kiamat pun tak habis, sekarang ni dah abad ke 21 bukan 20 lagi ye, ape yang rakyat indon nak sebenarnye dari malaysia, serap masuk ngan indon raya, merdekakan sabah sarawak, permohonan maaf secara terbuka dan bertulis, perjanjian tu perjanjian ni, nama mamat tu mamat ni, boleh ubah ape2 ke sekarang, papa yufi ko suruh aku pergi papua kan tapi tak ingin aku nanti tak pasal2 kena tembak, tapi aku galakkan ko pergi kat sabah sarawak tanya orang kat sana ok ke tak, nak merdeka ke tak, aman ke tak, nak serap masuk indon atau filipina ke tak, hidup senang ke tak, aku dah galak kali dah pergi melancong ke sabah(sarawak belum lagi) tapi ok je diaorang masa aku cakap aku dari semenanjung, dan buat kali terakhi(please la) jangan sibuk sangat dengan urusan negara orang lain kalau tak nanti makan diri, majukan negara ko sendiri, tapi ni tak sikit2 banding ngan malaysia, tengok youtube tu berlambak video vs malaysia indon yang asal dari admin indon, pasal kotala, mrtla, stadiumla, bas ngan jalan pun sama(pelikla korang ni), kalau korang gah sangat bandingla ngan jepun ke us ke, tapi ni tak

      Hapus
    34. Kau baca ini malonnyet tolol

      https://www.google.com/amp/s/www.indosport.com/sepakbola/amp/20190907/soal-kerusuhan-sugbk-suporter-malaysia-diminta-tidak-sok-suci

      https://www.google.com/url?sa=t&source=web&rct=j&url=https://m.detik.com/news/berita/d-3606334/bendera-indonesia-terbalik-di-sea-games-2017-lukai-rasa-persahabatan&ved=2ahUKEwjXkqTA3s7kAhVaVH0KHVBnA0IQFjAAegQIBBAB&usg=AOvVaw2gZdb4nudhBMXm5mEBfszg

      Hapus
    35. Maklum aja history di kerajaan beruk MALASSHIT itu penuh tipu tipu sesuai kehendak British, sama halnya tipu tipu menegenai israel di palestina

      Sama2 negara boneka pasti akan tunduk apa perintah tuan nya

      Hapus
    36. Bahkan history asli sabah dan sarawak pun di pelintir semenanjung MALASSHIT

      Hapus
    37. Hoalah sing waras ngalah wes...makanya kalo kau ucap lihat situasi dan kondisi...kau orang disuruh datang ke papua takut kena tembak...,kita ga akan pernah mengganggu masalah orang lain dan negara laintapi kalo kita dihina terus sejak zaman sukarno lambang garuda diinjak injak,sampai peristiwa karang unarang maka kami membela diri karena itu kewajiban kami jangan menggigit kalo tak mau digigit,bahkan mata dibalas mata,260jt penduduk siap pertahankan negeri ini

      Hapus
    38. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
    39. Benar bro bangbung apa bedanya sekarang pembentukan negara malassia dan israel,malassia terbentuk hasil pemaksaan british dan pembangkangan terhadap PERJANJIAN MANILA ACCORD 1963 tentang referendum rakyat sarawak dan sabah british dengan sepihak memasukkan ke dalam federasi malassia

      Sementara Israel pun begitu akibat deklarasi balfour negara palestne yang akan dimerdekakan oleh mufti besar palestine imam al husayni diserahkan british ke zionis israel sesuai janji british dan juga hiburan buat kaum zionis setelah ditindas oleh NAZI German,sekarang apa bedanya??sama sama negara boneka bentukan british

      Hapus
    40. encik Eli .nih link nya

      https://www.youtube.com/watch?v=8OWfIMttMX0


      ============belajar sejarah lagi ya

      Hapus
  20. gara gara rokok mahal malay menginpor asap dari kita untuk rakyatnya yg miskin untung dr kitanya baik hati diberi gratis

    BalasHapus
  21. Yang 14 tahun sekali make sarung duduk manis aja dipojokan ya....
    jangan banyak cakap...
    kehkehkeh

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dah latihan 14 tahun sekali,sekali latihan misil yg digunakan dah lapok dan expired lg πŸ˜€πŸ˜€

      Hapus
    2. wakakak
      misil basi dipake
      ketauan kere sangat nya

      Hapus
  22. F16 deployed 16 unit, kok yg difoto cuman 15 ya?

    ada 3 flight + 3 unit aja

    1 unit lagi kemana?

    BalasHapus
  23. permisi ya
    mau numpang promosi bo kelinci99
    cashback kami berikan sebesar 5% untuk permainan live casino ya bos
    silahkan kunjungi WWWoKELINCIPOKER99oME

    BalasHapus
  24. pengen liat tni uji senjata ghoibnya spt tes rudal yakhont

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau yg keluar ghoibnya, ntar malon pada kabur. Yg keluar grandong..buto ijo..begu ganjang.. Dll

      Hapus
    2. Bukan bro JJ ghoibnya itu torpedodick operasi dubor jaya malonsia

      Hapus
  25. Permisi ya
    Mau numpang promo pusat judi toto gelap / togek di genting high land malassia...
    Setiap minggu kami buka stiap hari senin,rabu,kamis,sabtu dan minggu
    Selasa dan jumat libur...per kupon hanya 1K dan bonus per putaran untuk 1k untuk 2 angka jitu 60k bahkan untuk 4 angka bisa 2500k

    Bahkan ada bonus khusus pelayanan ekstra servis dubor bagi para gay dan banci yang menginap di genting high land
    Dan bagi para pelaku rasuah jangan segan segan untuk menjalankan aksi rasuah di tempat kami

    Silahkan kunjungi genting highland malassia

    WWW.IDIOTBERUKMALON.MY

    BalasHapus
    Balasan
    1. XIXIXIXI ......πŸ˜€ JANGAN LUPA CUKAI JUDI UNTUK KEJAYAAN JALUR GEMILANG

      Hapus
    2. Bonusnya dapat tas edisi rosmah bro mbut hehehe

      Hapus
    3. Iso ae papa yufi promo 😁

      Hapus
    4. Gelem ta bro wong edan,mumpung malon promo togel hehehee

      Hapus
  26. Mantap la pesawat TNIau..tapi saya mau pesan...

    Kalau terbang tu sekali sekala awasi sekitar..takut takut su30mkm terbang di sebelah,pilot indon tak perasan...hahahahahaha...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa apa pesawat cuma 4 biji

      Hapus
    2. Dengan pilot super big fat macam exercise 14 tahun sekali hahahaha,maklumlah landing gear mkm tak bisa dilipat ini dia penyebabnya pilotnya very very big fat

      Hapus
    3. Siapkan parasut pilot TNI nak mau lihat gimana caranya eject kat hanggar hahahaa

      Hapus
    4. Askarpondan malingsia...

      Apa bedanya KOPASSUS vs ggk,
      Kalau kopassus tewas di medan pertempuran...kalau ggk tewas ditembak teman sendiri...WUAKAKAKAK

      Hapus