22 September 2019

Kemampuan Electronic Warfare Pesawat Tempur KFX

22 September 2019


Moncong pesawat tempur KF-X (photo : Defense Times)

ALQ-200K Electronic Warfare Pod tidak hanya dipasang pada pesawat tempur KF-16D tetapi juga diadopsi dalam program pesawat tempur KF-X.

Tidak seperti pod ALQ-200K yang ada, ALQ-200K untuk pesawat tempur KF-X akan dikonfigurasi ulang sebagai sistem peperangan elektronik built-in daripada pod eksternal.

Untuk tujuan ini, komponen inti dari ALQ-200K akan tertanam di dalam pesawat tempur KF-X.

Di antara kelebihan ALQ-200K adalah outputnya yang tinggi dan penguatan antena output tinggi, hal ini penting dalam program tempur KF-X.

Ini karena Angkatan Udara membutuhkan KF-X untuk menghasilkan pengacak elektronik berdaya tinggi.

Untuk alasan tersebut, jika dilihat pada desain KF-X, dapat dilihat bahwa mempunyai antena ECM peperangan elektronik yang besar, hal ini mengingatkan pada antena belakang ALQ-135M ICS, yaitu perangkat peperangan elektronika pada F-15K, yang akan dipasang di bagian belakang pesawat tempur KF-X.

KF-X dirancang sebagai pesawat dengan tingkat deteksi rendah (RCS).

Kombinasi dari tingkat deteksi rendah (RCS) dan power density yang tinggi dari sistem peperangan elektronik dapat menghasilkan Signal-to-Noise Ratio (SNR) yang rendah untuk KF-X pada radar musuh dan RF (radio frequency) seeker, bahkan pada jarak yang relatif dekat.

Dengan kata lain, pesawat tempur KF-X akan memiliki kemampuan bertahan yang sangat tinggi dengan memasukkan sistem peperangan elektronik daya tinggi ke dalam pesawat tempur KF-X dengan RCS rendah.


ALQ-200K Elecronic Warfare Pod pada pesawat KF-16D, pada KF-X komponen inti dari sistem pod ini akan ditanam secara built-in dan bukan berupa eksternal pod (photo : gukjeknews)

Pod ALQ-200K asli ini digunakan oleh pesawat tempur KF-16D yang merupakan sistem peperangan elektronik eksternal, pesawat tidak dapat mengakomodasi Airborne Self-Protection Jammer (ASPJ) dari LRU (Line Replacable Unit) jammer peperangan elektronik (terdiri dari lima LRU) di dalam pesawat karena adanya kursi belakang.

Pod ASPJ dan ALQ-200K tidak jauh berbeda dalam hal pilot interface.

Ada keuntungan dan kerugian untuk keduanya. Keuntungannya adalah bahwa peralatan ASPJ built-in, sehingga tidak ada peningkatan drag dan tidak menempati garis tengah di bawah gas tempat tangki bahan bakar dipasang.

Pose ALQ-200K memiliki keuntungan memiliki output yang lebih besar dan antena yang lebih besar daripada ASPJ bawaan, membuat rentang burn-through lebih kecil untuk target mengganggu yang sama dalam situasi taktis yang sama.

Dan karena itu adalah peralatan yang sudah dibuat sendiri di Korea, maka untuk melakukan upgrade bisa lebih mudah.

Kekuatan lain dari pod ALQ-200K termasuk algoritma pendeteksian kontras fase, transmisi sinyal gangguan arah-tinggi, kemampuan untuk merespon radar Doppler High-PRF(Pulse Repetition Frequency), dan kontrol kemudi yang gesit menggunakan beberapa antena array fase bertahap.

Kemampuan untuk merespon radar Doppler berdenyut PRF yang tinggi memungkinkan radar Doppler berdenyut untuk mengatasi penggunaan modulasi yang padat dan gesit menggunakan sinyal pita frekuensi termodulasi dalam Pulse Repetition Time (PRT) dan modulasi tangkas dari pembawa itu sendiri.


Dengan menggunakan lensa array antena bertahap Lotman, fase dari masing-masing port array berbeda dan sudut kemudi balok pensil adalah sama sesuai dengan frekuensi yang dipilih dan waktu input sinyal dari masing-masing port array (tergantung pada port balok di belakang array yang dipilih). Menggunakan multi-beam quick steering multi-beam, modulasi frekuensi, dan beberapa respon target yang mengganggu menggunakan hop adalah keunggulan tipikal dari ALQ-200K.


Bagian-bagian pesawat KF-X (image : nbamania)

Teknologi sinyal kemudi yang mengganggu mekanisme ini juga telah diterapkan pada sistem peperangan elektronik andalan kapal Angkatan Laut, Sistem Sonata SLQ-200K.

Ini juga mendapat manfaat dari pengenalan saluran penerima multi fase dan probe kontras fase, yang juga telah diperkenalkan di pod ARD-300K (TAC-ELINT) untuk pesawat pengintai RF-16.

Dalam hubungannya dengan teknik kemudi sinyal array bertahap, orientasi tiga dimensi dari beberapa target yang mengganggu dapat diukur secara tepat, dan orientasi yang diukur memungkinkan penggunaan teknik gangguan cepat.

KF-X adalah pesawat tempur kelas menengah

Namun, bahkan dengan pemikiran ini, argumen bahwa 'KF-X dapat dioperasikan dengan tingkat serangan penetrasi yang sama seperti F-35 terhadap Korea Utara' agak tidak masuk akal.

Meskipun ada perbedaan dalam kinerja siluman antara F-35 dan KF-X, F-35 tidak memiliki perubahan dalam RCS ketika dilengkapi dengan dua bom berpandu seberat 2.000 pound (GBU-24, GBU-31, dll.) dan misi seperti memblokir serangan. Pada KF-X akan terjadi peningkatan RCS.

Amunisi berpandu seberat 2.000 pound, seperti GBU-24 dan GBU-31, akan melampaui batas dan tidak dapat diterima ke dalam Internal Weapon Bay (IWB) dari KF-X.

F-35 adalah pesawat tempur siluman dengan dua GBU-31 pada serangan udara ke darat, pesawat utama untuk jarak jauh dari ketinggian untuk penetrasi ke darat.

Pada pesawat tempur KF-X, bagaimanapun, harus dipasang di bagian luar sayap mereka untuk memasang amunisi yang homogen (2.000 pound JDAM untuk konfirmasi akhir target yang akan dijatuhkan dan perhitungan koordinat target yang tepat). Setelah Anda memiliki tergeting pod (F-35 dengan EOTS tidak memiliki targeting pod eksternal yang terpisah). 
Ketika RCS meningkat, penerbangan harus dilakukan untuk menghindari deteksi dan harus tercermin dalam rencana misi.


Bagian-bagian pesawat KF-X (image : nbamania)

Penerbangan ini mencakup sejumlah faktor yang mengurangi radius misi pesawat, dan mengingat peningkatan hambatan yang disebabkan oleh persenjataan eksternal, dimana  pesawat tempur KF-X jauh lebih banyak daripada F-35, yang dapat menyerang hingga D+3 di hadapan sistem pertahanan udara yang tidak bersahabat. Itu lebih dangkal dan lebih layak daripada F-35.

F-35 menggunakan sistem pendukung misi otomatis untuk menghitung area di mana radar musuh yang terdeteksi oleh peralatan AN/ASQ-239 dapat mendeteksi F-35 dan area yang dapat dioperasikan dengan aman sehingga F-35 dapat memanfaatkan kinerja stealth secara optimal.

KF-X, yang tidak jauh berbeda dari pesawat tempur 4.5G dalam hal antarmuka dan sensor fusi, tidak memiliki sistem pendukung misi otomatis yang terintegrasi dengan sistem peperangan elektronik terintegrasi, yang merupakan faktor penentu dalam celah antara F-35 dan KF-X.

Memang, kedua belah pihak diberikan posisi di ROKAF.

F-35 adalah program high-profile FX fase ketiga yang diputuskan pada 2013 setelah pengenalan 61 pesawat F-15K untuk memenuhi persyaratan jet tempur kelas berat (120 unit) yang tercermin dalam Rencana Strategis Bersama (JSOP) 1994-1996. Sebagai pesawat tempur garis akhir, itu adalah serangan yang sangat invasif.

Di sisi lain, pada peta jalan pesawat tempur ROKAF di masa depan sejak tahun 2001, pesawat tempur KF-X direncanakan sebagai medium-end fighter, seperti juga KF-16 yang telah ditingkatkan dan F-16PBU.

Kemampuan misi KF-X dan KF-16 yang telah ditingkatkan agak berbeda, tetapi tugas utamanya adalah sebagai medium-end fighter.

Kinerja yang diperlukan dari KF-X dan persyaratan kemampuan operasional (ROC) juga disesuaikan dengan misi pesawat tempur medium-end yang diperlukan untuk pesawat tempur KF-X.

(Bemil Chosun)

108 komentar:

  1. Korea punya KF-X
    Indonesia punya IF-X
    Teknologinya sama

    Si jalur gemilang gred A punya apa ya????

    BalasHapus
    Balasan
    1. Punya cap striker xiii xiii

      Hapus
    2. Betul betul betul Tulang tungkir dan mas asifudin. πŸ˜€

      Hapus
    3. Mereka pny mimpi harapan palsu tuk joint ke TF-X turki.. hahahhahahhaha..

      Prof goblok dan idiot disana mana bs desain dan beri nama.
      Hahahahhahaa..

      Coba kalian ingat. Alutsista yg mereka tambal sticker. Mau ngakak aja aku lihatnya.. hahahaha..

      Yg burung nuri lah,yg UAV NYAMUK LAAH,GEMPITA LAH,TANK PENDEKAR LAH.. hahahahhahaha..

      Masih bnyk lg.. gmn musuh mau takut nyalinya klw nama nama very cute macam tu.. hahaha..

      Hapus
    4. Malaysia da bina ni 5 tahun sebelum Masehi.wkwkwkwk

      Hapus
    5. Gred A punya project wet dream PTM generasi 6 yg akan di bina dalam masa 2 tahun wkwkwk

      Hapus
    6. Wkwkwkwk.... PTM-6 pesawat siluman malon paling siluman. Saking silumannya itu pesawat ngga ada yang tahu dimana pesawatnya

      Hapus
    7. Betul betul betul...sampai radar canggih pun ga ada yang sanggup deteksi.ckckckck

      Hapus
  2. REFERENDUM FOR SABAH & SARAWAK

    BalasHapus
  3. Balasan
    1. Jangan lupa Johor Baru juga ingin bergabung ke Singapore

      Hapus
  4. Benernya kalo KFX/IFX ini kelar, harus bisa naik ke fase selanjutnya pengembangan menuju gen 5, bisa sendiri dengan menghidupkan kembali program LapanFX atau terus gabung bareng korsel sampe block 3

    Mengingat kurangnya komitmen dari pemerintah, mentok sampe gen 4.5 juga merupakan pencapaian yg luar biasa buat industri dirgantara indonesia yg mencoba bangkit kembali πŸ‘πŸ‘

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sapa bilang kurang komitmen bro.. bertahap bro proses itu..

      Coba sebutkan 1 data aja.. setiap pembelian oleh TNI atau progam oleh TNI.. apa saja yg ditolak,gk didukung sama pemerintah?

      Jd jgn bilang pemerintah gk ada komitmen..

      Hapus
    2. Komitmen secara" PENUH "dri pemerintah suatu keharusan. Jgn dilihat scara jngka pendek... Tiru TFX ( dilihat dri dukungan ) 🧐🧐

      Hapus
    3. Plan dan proyeksi berbau kemandirian dan update macam2 ancaman suatu keharusan lhoo.. ( iki wangsit dhek bengiπŸ˜‡πŸ˜‡)

      Hapus
    4. Adu bro @rakyat kalo komitmennya jelas, plan yg udah ada bakalan terus berlanjut, gabakalan ada nego2 untuk mengurangi cost share, dengan keinginnya untuk mengurangi cost share aja uda jelas keliatan komitmennya, untung nya korea nolak, korea tetep pengen indonesia cost share nya 20%

      Hapus
    5. Teknologi rancang bangun stealth/source code-nya ga dikasih sama US. Sepertinya Korea jg ga dikasih semua. 20% share itu dinilai kurang menguntungkan. Selesai ifx kita ttp hrs research sendiri utk dapetin source codenya kalau mau bikin stealth, duit lg kan? Inget jg T50 itu bukan design asli Korea jg, ada peran lockheed martin disana. Makanya mirip F16 mini. Kalau rancang bangun sendiri? Bisa babak belur jg Korea krn biaya yg gede = harga jual jd selangit.

      Kalau paham economic scale, pesawat yg diproduksi dikit harga awalnya pasti mahal. Makin lama makin turun kalau jumlah nambah. Ini salah satu alasan knp minta diturunin jd 16 pesawat dr komitmen 48. Tar kalo ifx satunya seharga F15 pada ngomel lagi.

      Sekarang walaupun nambah kontribusi sampai 50% jg belum tentu dikasih itu source code. Tp bukan berarti ga dpt ilmu dr project ini, hanya dinilai kurang menguntungkan. Semoga sedikit tercerahkan ☻

      Hapus
    6. Kan plan jelas. Kita ingin mandiri dan joint bersama KAI..

      Coba anda buka awal mulanya PT DI dipercaya bwt sparepart utk pesawat. Itu karena apa?

      Apakah karena itu jd anda bilang gk komitmen? Uang?

      Jgn berfikir pendek gt bro. Hargailah KEINGINAN utk mandiri dirgantara kita yaitu PT.DI.

      Dolo gmn pula PT.DI merangkak dr bawah dan jd skrg. Dan income sudah mulai naik.

      Ada saja jalan bro tuk dpt uang. Yg penting Niat itu ada atau tdk.

      Yang jelas, blm ada statement resmi dr pemerintah indonesia klwr dr progam itu.

      Berati pemerintah komitmen tuk mandiri PT.DI nya

      Hapus
    7. itulah yg akan jadi masalah, bukan hanya dilihat dari % kontribusi modal yg disertakan. namun juga kontribusi SDM yang dikirimkan untuk bekerja di koryo.

      denger kabar kalau IFX lebih di prospekkan dengan kemampuan tempur yg lebih jauh dari KFX, sehingga rancang bangun IFX dipastikan lebih lebar dari KFX untuk mengakomodasi tangki BBM.

      namun tetap saja, masalah ada pada teknologi kunci yg berupa "sistem operasi", serta alat" pembantu tempur lainnya.
      apakah pihak US sebagai guru yg memandu proyek ini akan legowo memberikan teknologi tersebut.


      kalaupun ada rumor, kemungkinan untuk mengatasi masalah teknologi kunci ini pihak Indonesia akan menggadeng SAAB. dimana dalam beberapa waktu lalu terdapat personel yg belajar di SAAB.


      bagaimana kelanjutannya kita hanya bisa mendukung, mengkritisi, dan mengikuti.
      berharap boleh, tapi jgn sampai kecewa

      Hapus
    8. US tidak akan memberi source code. Inggris saja tidak dikasih. Padahal sudah dijanjikan. Ternyata technicality di kontrak menyatakan mereka tidak harus memberi source code, hanya memberi kemampuan untuk mengintegrasikan senjata apa pun.

      KF-X/IF-X sebenarnya tidak butuh source code F-35, tetapi access ke source code tersebut bakal mempermudah pembuatan KF-X/IF-X. Kalau mau source code impor, bagusnya mengambil source code ATD-X Jepang.

      Hapus
  5. Indon sembang pasal ECM,Jdam je la y mampu..

    Experience?

    Absolute Zero !!!!



    BalasHapus
    Balasan
    1. Iye kah? Hahahahha.. emg awak dah tengok isi pesawat kami ke? Klw iya,bile? Ahhaah.. bile bile lah ya..

      Awak ni cakap sembang aja..

      Ehh malingsia. Dikawasan asia tenggara ini. Cuman negara awak tu aja yg paling hina apalagi di antara anggota FPDA.. hahahahaha..

      Kalian ranking paling bawah non-limited. Hahahhahah..

      Hapus
    2. Negri tamadun pondan. "JEALOUS"..masih gunakan pesawat LAPOK ENGINE MELETOP and VERY LOW TECH...KOH..KOH..KOH

      Hapus
    3. Bahkan pesawat terkuno kami yang sudah diupgrade f 16 AB block 15 sudah terpasang tuh JDAM,ECM dengan teknologi terbaru lebih dari yang askar beruk punya,cari saja infonya di atuk google ketik JDAM INDONESIA semua ada,kamu saja yang ketinggalan berita kerjaannya cuma sodomi anak orang

      Hapus
    4. Betul betul betul... Malaysia budak budak budak.. warganya pelacur pelacur pelacur...tuan nya... British British British

      Hapus
    5. Malon dari dulu selalu banggakan JDAM,JHMCS...cuma 2 aset tuhlah yg di punyai malon,lain2 tak de πŸ˜„πŸ˜„

      Hapus
    6. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
    7. Aset malon habis tak tersisa bro rempit tiada wang...terakhir engine pesawat pun hilang berpisah tiada sebentar lagi menyusul KL tower berubah bama jadi beijing tower karena tak mampu membayar cicilan KD LeMeS

      Hapus
    8. Fact,Malon juara cakap sembang & hoax,bukti telah mendunia,example : Malon mampu bina jet pejuang generasi 6 dalam masa 2 tahun πŸ˜„πŸ˜„...lawaknye jer,malon cuma bisa wet dream & jaguh sembang,konon pula bina jet pejuang generasi 6,nak bina uniform askarpun tak reti mesti import dari Indonesia 😁😁...MALON IS TRULLY KING SEMBANG & HOAXER ALL OVER THE WORLD 😁😁😁

      Hapus
    9. PY @ udah itu bro SPH Paladin hibah cuma2 dari USApun malon tak de wang untuk upgrade dan bawa pulang tuh paladin ke malon...setamat ini malon tiada aset terbaharu bro,cuma JDAM & JHMCS dan handy talky lah yg mereka punya,lain2 tak de,MICA cancelled,MD-530 cancelled,SOH M-109 cancelled,helikopter utility cancelled,MPA cancelled,MRCA cancelled,MRSS cancelled 😁😁

      Hapus
    10. Hei jamban coba kau tengok sendiri di atuk google...kita bukan sekadar hoax...ini fakta bukan sekedar klaim seperti korang biasa lakukan,mungkin smartphone atau laptop kau tak punya aplikasi google

      Hapus
    11. Hanya malonyetjing saja yang hatinya isi iri dan dengki karena ngga diajak kolaborasi pengembangan KFX

      Hapus
    12. Yg juara sembang hoax tuh konon PTM gen 6 dah siap 2020 100% binaan tempatan 🀣🀣

      Development cukup habis masa 2 tahun je 🀣

      Hapus
  6. PTM Gen6 lebih berjaya lagi.
    Hanya 2 tahun dah binasa

    BalasHapus
  7. Indon tak payah sembang la konon program pesawat dia dan korea... bayaran bila nak buat...wkwkwkwkwkwkwkw pembayaran pun masalah.... MEMALUKAN..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Eh gempur apa kabar lama tak jumpa?kemana saja pur... sudah berapa banyak waria orang kau tiduri?

      Hapus
    2. Yang penting Indonesia tak minta diskonbpur tak macam negar kau tak bisa bayar angsuran KD LeMeS,minta diskon TOT tak diberipun tak apa hahahahaha

      Hapus
    3. Awak kangen nak bully kau...sedih rasanya bila gempur waria tak di bully hahahaha

      Hapus
    4. Setakat ini kerjasama PT DI & KAI on going,25 engineer Indonesia dikirim lg ke korea,progressnya lancar,mesti keh Indonesia harus lapor kepada ko bila kami bayar lon,ko nih siapa lon,ko ini cuma beruk Malon yg iri hati dan tak bisa terima kuasa πŸ˜„πŸ˜„...PT DI & KAI on going well,cekidot : www.lancerdefense.com/kerjasama KAI dgn PT DI/21-09-2019

      Hapus
    5. Malassia nak kirim enjinir enjinir ke turki buat program TF X????tunggu dulu kata wan mahatuwir mainan seperti ini mahal...sepantasnya belilah dan bina model kit saja sesuai budget malon punya

      Hapus
    6. PY@ emang engineer malon ada kepakaran bina jet pejuang bro πŸ˜„πŸ˜„

      Hapus
    7. WARIA Enjoy hisap JEREBU...MALINGSIA JEALOUS..INDONESIA IFX TETAP BERJALAN...
      TFX..WAKAKAKAK..10 Tahun kedepan pon BARU..MAU..DAN AKAN...poor malingsia

      Hapus
    8. Bro rempit ada spesialis eject kat hanggar,spesialis engine meletop,dan spesialis rheumatik khusus MKM landing gear tak bisa ditekuk,mereka pakarnya hahaha

      Hapus
    9. Serahkan segala aksi kerusakan pada enjinir enjinir malon dijamin kerusakan kerusakan itu akan tambah parah

      Hapus
    10. Tapi korea pon tak masalah, MALASSHIT yg tak ikut project mengapa menyalak macam anjing 🀣🀣

      Ups lupa MALASSHIT anjing british keh?? Betol tak?? 🀣🀣

      Patutlah menyalak 🀣🀣

      Hapus
    11. Bukan anjing bangbung tapi babu...hehehe

      Hapus
    12. Bebaskan sabah dan sarawak dari pemerintahan malonyet

      Hapus
  8. Maaf ya beruk malon!
    Pesawat ini tidak CANGGIH karena tidak dilengkapi MODE "EJECT KAT HANGGAR"

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa aja om😁😁 essen,ni pesawat tidak diberi alarm warning takutnya enjin songlap jadi maloon dilarang mendekat klw mw liatπŸ˜‚πŸ˜‚

      Hapus
  9. Tidak ada negara atau kerajaan yang mau joint bina pesawat tempur dengan Malaysia
    Karena malaysia tidak punya otak idiot goblok dan tidak punya uang hanya punya minyak sawit & nasi lemak, memangnya insinyur yang pintar2 dari negara lain mau di suruh minum minyak sawit makan nasi lemak πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jangan menghina bro begini begini walau minyak sawit kualitas rendahan dan rasa nasi lemak tidak enak malon tetap saja pede imbal dagang buat beli persenjataan

      Hapus
  10. Mahatuir foto foto dekat TFX di Paris Air Show

    Malasshit people CLAIM that malaysia will join development, but reality?? πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ€£πŸ€£

    modal foto bareng pon MALASSHIT people dah senang 🀣🀣 dah klaim pasti ikut project πŸ€£πŸ€£πŸ˜‚, enginer takde, duit takde, experience di aerospace takde, industri aerospace takde konon nak ikut πŸ€£πŸ€£πŸ˜‚

    Boleh lah ikut join, job desk enginer malasshit tiup tayar je lah 🀣🀣

    BTW PTM gen 6 tuh dah siap keh???
    Konon 2020 dah siap 100% binaan tempatan 🀣🀣

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bhahaha itulah mimpi budak2 malaya yang realitynya zero..πŸ˜‚πŸ˜‚

      Hapus
    2. Malon ga punya ahli pakar aerontika

      Hapus
    3. Ptm gen6 khusus untuk pilot bunting tudm

      Hapus
  11. WM777 permainan taruhan Casino Online terbaru dapat anda mainkan melalui Agen WM Casino Bolavita, dapatkan bonus new member rebate dan rolingan menguntungkannya.

    Hadir lagi satu produk taruhan online casino terbaru di Agen Bolavita yaitu WM Casino/WM777. WM Casino adalah sebuah situs taruhan casino baru yang mengusung kembali permainan kasino live dengan tampilan yang berbeda.

    Untuk bermain menggunakan uang asli, anda harus mendaftarkan akun terlebih dahulu, caranya anda tinggal chat saja melalui livechat di situs kami Agen WM Casino, dan sebutkan ingin membuat akun taruhan WM Casino.

    Setelah kami buatkan akun, selanjutnya anda tinggal mengisi saldo taruhan sesuai dengan instruksi yang diberikan oleh costumer service kami melalui livechat.

    Untuk mendaftarkan akun, anda bisa langsung Hubungi kontak dibawah ini:

    WA : +62812-2222-995
    Telegram : +62812-2222-995
    Wechat : Bolavita
    Line : cs_bolavita

    Baca Juga Artikel Lainnya : Agen Deposit Sv388 Pakai Linkaja

    BalasHapus
  12. MALAYDOG NEGARA SAMPAH, MALAYDOG MALAYDOG BANGSA PEROGOL BANGSA BODOH MELAYU BANGSA PENCURI PEROGOL PENYAMUN HAHAHAHA HAHAHAHA HAHAHAHA HAHAHAHA HAHAHAHA HAHAHAHA MALAYDOG MALAYDOG NEGARA MISKIN KATA UTUSAN KHUSUS PBB DALAM KONPRENSI PERS'NYA BARU BARU INI DI KUALA LUMPUR

    BalasHapus
  13. SEBENTAR LAGI MALAYDOG AKAN JATUH KE TANGAN CINA DAN INDIA,, MELAYU BANGSA BODOH AKAN DI PIJAK KEPALANYA

    BalasHapus
  14. Commonwealth = persatuan babu babu england

    BalasHapus
  15. Pesawat ini tetap pada rencana awal...indonesia dapat 50...korea dapat 120 pesawat sisanya export

    BalasHapus
  16. Bhuhahaha si gempur oon akhirnya nongol jg dr pengasingan, udah operasi dubur keh pur????? 😝😜

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ternyata tulang tungkir menunggu juga hadirnya ahli dubor si gempur

      Hapus
    2. Kangen debat ame admin oon si gempul waria πŸ˜‚πŸ€£

      Hapus
  17. MENAWHILE, IDIOT INDONS IFX IS AN EXAMPLE OF GARBAGE.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Malon is a garbage country fully idiot human 😁😁

      Hapus
    2. PTM gen 6??? HAHAHA IS A BIG BULL SHIT IN 2019

      Hapus
    3. Malonyetjing is garbage country

      Hapus
  18. REFERENDUM 4 SABAH,SARAWAK AND JOHOR BAHRU

    BalasHapus
  19. MALINGSIA JEALOUS...TIDAK PUNYA PESAWAT IFX....KOH..KOH..KOH

    BalasHapus
  20. Balasan
    1. Sudah bayar hutang sama Tiongkok dan Nippon

      Hapus
    2. Sdh buat referendum untuk Sabah-Sarawak dan Johor Baru

      Hapus
    3. Sdh dikongkek belum hari ini

      Hapus
    4. Sudah donk,kl tak bayar project mn bisa berlanjut lon,iri ya lon 😁😁

      Hapus
    5. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
    6. Sudah melayani wan england malam ini??

      Hapus
  21. Malon people banyak tak tahu reality...
    Kesian malays makin terbelakang tp tak sadar.. 😁😁😁

    Padahal kerajaan sdh banyak bagi tahu...😁😁😁

    BalasHapus
  22. permisi ya
    mau numpang promosi bo kelinci99
    cashback kami berikan sebesar 5% untuk permainan live casino ya bos
    silahkan kunjungi WWWoKELINCIPOKER99oME

    BalasHapus
  23. malon lagi sekarat udah bangkrut makanya yang mereka bisa lakukan hanya iri dengki kepada negara tetangganya yang terus maju

    BalasHapus
  24. cancelaysia sedang menjajaki lisensi untuk produksi (brosur) SU57....
    Wakakakak

    BalasHapus
    Balasan
    1. "AKAN" Dicetak di kilang percetakan terbesar di MALON " DEFTECH "

      Hapus
  25. Produk brosur juga bayar di tukang fotokopy pasti cancel lagi takde wang

    BalasHapus
  26. Dari korang dok kutuk kami, fokus gi padam api yg sedang ter bakar lagi bagus... Sebab kalau dikaji korang bukan kuat mana pun.. Cakap je lebih macam tin kosong..bunyi kuat tapi dlm kosong jerr... Nak pindah pusat pemerintahan ke kalimantan.. Perghhh korang tengoklah camne... Tiap2 tahun hutan terbakar... Kalau hutan pun tak reti nak jaga.. Apa lagi yg korang nak bangga kan sangat? Nak guna IFX korang utk padam api? Apa lah otak singkat korang ni don'tak yahh nak cakap kitaorang jealous bagai! Dgn korang ni tak yah nak jealous2 bagai, sebab kitaorang tahu level otak korang don' nak cakap pi mampus kang kasar sangat.. Tapi boleh gi mampus lah korang ni.. Nak tolong pun dah terlambat... Jangan citer bab agama dgn aku sbb aku tahu apa yg ada disana.. Artis semua separuh bogel ramai.. Nanti Bala turun lah tu.. Yg terbakar bagai kat tempat korang tu Bala lah tu!! Korang tu je bangsa tak reti bahasa.. Akhir kalam..terus kan bicara dgn otak kosong korang ya!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Marah lon kebanyakan makan brosur ituπŸ˜‹πŸ˜‹πŸ˜‹☝

      Hapus
  27. Xaxaxaxaxaxaxaxaxa kenapa panas lon xaxaxaxaxaxaxaxaxa terserah kitalah maunya apa kok Lo yg sewot urus saja utang lo yg sudah seleher, urus saja tuh senjatamu yg lapuk, urus saja tuh rakyatmu yg malas n bodoh, urus saja tuh nelayan China n Vietnam yg curi ikan d laut kau, urus saja masalah corruption d negara lo yg sdh akut parah yg bikin n gara lo bangkrut, urus saja masalah pencemaran d sungai kau tuh yg bikin wargamu keracunan, urus saja masalah tikus d KL yg populasinya sdh mengkhawatirkan, urus aja tuh masalah darah n obat2an terlarang d negara lo shg Malay d juluki produsen dadah terbesar d Asia, urus saja genting Highlands spy ramai n bisa beri pendapatan k kas negara, katanya negara penegak syariah Islam tp punya tempat judi n prostitusi yg d lindungi negara xaxaxaxaxaxaxaxaxa itu masih segelintir masalah negara Malay, mau ane sebutin semua???? Xaxaxaxaxaxaxaxaxa nih lon 🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌

    BalasHapus
  28. Betulll bro. Sebenar syariah Islam di kerajaan malondog hanya di guna sebagai mask untuk kedaulatan raja, daulat tuanku agar tetep exist.

    BalasHapus