19 September 2019

TNI AD Mulai Operasikan Swamp Boat/Kapal Rawa

19 September 2019


Kapal rawa/swamp boat TNI AD (photos : Terkini News, Tribun News)

Kodam VI Mulawarman Punya Alutsista Baru, Kapal Patroli yang Mampu Bergerak di Air, Darat dan Rawa

TRIBUNKALTIM.CO - Kodam VI Mulawarman kini memiliki tambahan alutsista berupa kapal rawa yang nantinya akan difungsikan sebagai kapal patroli khusus TNI AD.

Kapal rawa/swamp boat atau yang sering disebut dengan air boat ini merupakan kapal pertama dan satu-satunya yang dimiliki oleh TNI AD di seluruh wilayah Kalimantan.

Sedangkan di seluruh Indonesia, kapal ini baru dimiliki oleh tiga wilayah instusi TNI saja, diantara adalah Papua, Makassar dan Kalimantan Timur yaitu Kodam VI Mulawarman.

Kapal ini juga merupakan hasil produksi anak bangsa yaitu oleh PT Mega Perkasa Engineering (MPE) dan mulai didatangkan di wilayah Kodam VI Mulawarman baru beberapa hari yang lalu serta diklaim memiliki banyak kelebihan yang belum tentu dimiliki oleh kapal-kapal lain pada umumnya.

Pasalnya kapal ini tidak hanya mampu melewati kawasan perairan saja tetapi juga mampu melewati medan kering hingga medan yang memiliki rawa-rawa.



Untuk mengetahui lebih jauh tentang keunggulan dan kelebihan lain yang dimiliki oleh kapal tersebut. Kodam VI Mulawarman melalui Bekangdam VI Mulawarman sedang melakukan tahapan uji coba.

Uji coba tersebut dilakukan di pelabuhan Adri kawasan Kampung Baru ujung Kecamatan Balikpapan Barat, Rabu (18/9) usai pelaksanaan kegiatan press gathering insan pers yang diselenggarakan oleh Pendam IV Mulawarman.

Kabekangdam VI Mulawarman,  Kolonel CBA. Hery Ismaillya mengatakan usai pelaksanaan uji coba dan dirasa cocok kapal Rawa tersebut nantinya akan terus dikembangkan di seluruh Korem dan Kodim yang ada di wilayah Kodam IV Mulawarman.

" Datang ke sini dua Minggu yang lalu. Kelebihannya tentunya dia bisa bergerak di medan yang darat, yang kering, air maupun rawa. Karena dia pakai sistem dorong angin jadi profilernya diatas. Jika dirasa uji coba ini berhasil maka nantinya akan dikembangkan di kolam-kolam yang ada di Kodam IV Mulawarman," katanya

Kapal tersebut biasanya dibutuhkan di wilayah-wilayah yang memiliki banyak rawa serta memiliki medan yang sulit dilalui oleh kapal-kapal pada umumnya atau perahu lainnya.



"Dibutuhkan sarana pengangkut pasukan untuk perairan pedalaman seperti di aliran sungai, danau, rawa atau daerah kotor lainnya yang tak mungkin dilalui oleh perahu atau kapal standar," lanjutnya

Menurut dia, prototipe kapal rawa milik TNI AD ini memiliki daya dorong dari udara sehingga mampu melewati medan yang tidak dapat dilalui oleh kapal-kapal lain atau perahu pada umumnya.

"Berbeda dengan kapal biasa yang baling-balingnya terendam di air, swamp boat digerakkan oleh mesin berbaling-baling yang berada di atas permukaan air," jelasnya. 

Kapal ini memakai sistem angin sebagai profilernya menyerupai baling-baling pesawat herkules yang terpasang pada bagian belakang sehingga mampu melewati medan rawa.

" kapal ini lebih kepada tugas-tugas infiltrasi ke daerah-daerah musuh dan tidak mungkin dibekali persenjataan yang besar-besar," ujar Kolonel CBA. Hery Ismaillya.

(TribunNews)

35 komentar:

  1. Balasan
    1. Kalo di Utara Di awet-awet, keluar pas demo pameran or spesialis perarakanπŸ˜€

      Hapus
    2. Tak kiro gerandonge sampeyan kui mas 😱😱😱

      Hapus
  2. Gw pikir mau beli barang lundin yang lebih canggih

    BalasHapus
    Balasan
    1. tong lundin mana bikin maenan hovercraf ginian haha!πŸ˜ƒπŸ˜ƒπŸ˜ƒ

      tni ad mach banyak...
      hovercraf sedeng
      https://www.youtube.com/watch?v=rQkGvDNJY6M

      horvercraf guede, kartika
      https://www.youtube.com/watch?v=X5lp0E3Y0O0

      Hapus
    2. Produk Lundin dah banyak di pake TNI bro,contohnya boat X-18

      Hapus
  3. uhuuyyy baru lagi...manteb nich buat buru ling ling di rawa borneo haha!πŸ‘πŸ‘πŸ‘

    Jom salam shopping soping tim elit se ASEAN: Vietnam, Myanmar, Singapur, Indonesia, Thailand dan Filipina, Xlalu shoping bersama okeh oceh πŸ‘ŒπŸ‘ŒπŸ‘Œ

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kesian yg gk shopping ya om,cuma bs ngences πŸ˜„πŸ˜„

      Hapus
  4. ga pake pelindung?
    gimana kalo kena sundut pelor musuh?

    BalasHapus
    Balasan
    1. ini kan kendaraan zalan2 om esen, rhib kapal2 kri aja gak pake haha!πŸ˜‰πŸ˜‰πŸ˜‰

      kalo mao yg tertutup, ada tuch diatas.
      yg fenting pake baju anti pluru yg bagus oke ocehπŸ‘ŒπŸ‘ŒπŸ‘Œ

      Hapus
    2. Yg mau tertutup ada tuh boat X-18 Kopaska om essen

      Hapus
    3. Jgn kayak tentara malonyet pakai baju anti peluru malah mati ketembak peluru kawan sendiri

      Hapus
  5. aku bisa beli juga gak? buat hoby mancing udang galah di rawa dan muara sungai borneo

    BalasHapus
  6. lumayan lah buat piknik..daripada tentara malon yg banysk melamun

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tentara malonyet melamun kapan dubur mereka bisa rapat lagi

      Hapus
  7. Ada negara tetangga yang belum punya barang kayak gini gegara kismin

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tetangga mah cuma bs ngences bro πŸ˜„πŸ˜„

      Hapus
    2. Mereka gak operasikan swamp boat cuma operasi dubor jeπŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚

      Hapus
  8. Malaysia dah bina 10 tahun lepas

    BalasHapus
    Balasan
    1. Lepas makmur trus kismin akibat songlap ria. Yoooii.....πŸ˜€

      Hapus
    2. Beruk kalau naik hovercraft seperti ini bisa dimangsa buaya rawa lho

      Hapus
    3. Iya,dah bina kipasnya je πŸ˜„πŸ˜„

      Hapus
    4. Dulu orang digulis pantang nyebut buaya itu buaya, makanya jarang orang digulis yg dimakan buaya

      Hapus
    5. Malon sdh bina 10 tahun, dalam bentuk poster buatan kilang percetakan terbesar di MALON "DEFTECH"

      Hapus
  9. Cancelasia sudah punya sandal berkipas

    BalasHapus
  10. permisi ya
    mau numpang promosi bo kelinci99
    cashback kami berikan sebesar 5% untuk permainan live casino ya bos
    silahkan kunjungi WWWoKELINCIPOKER99oME

    BalasHapus
  11. coba kalo ada yang tahu... nilai kontraknya berapaa...???

    BalasHapus
  12. Malaysia nak bina kipas terbang, untuk medan galaxy dan planet2

    BalasHapus
  13. Ini karya anak bangsa indonesia, mana karya tempatan malon??? Idiot di pelihara πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚

    BalasHapus
  14. Kalau nonton film film amerika kendaraan ini suka dipakai di daerah berrawa, kenapa baru dikembangkan di sini ya?

    BalasHapus