13 September 2019

Kemendag Upayakan Imbal Dagang Sukhoi Su-35 Rampung Tahun Ini

13 September 2019

Model pesawat tempur Su-35 TNI AU (photo : Alex Sidharta)

Jakarta: Kementerian Perdagangan (Kemendag) masih mengupayakan hadirnya produk olahan sebagai imbal dagang 11 unit jet tempur Sukhoi Su-35 dari Rusia. Peningkatan ekspor produk bernilai tambah Tanah Air jadi komitmen untuk dikedepankan.

Staf Ahli Bidang Iklim Usaha dan Hubungan Antar Lembaga Kemendag Karyanto Suprih mengatakan pihaknya terus melakukan diskusi penyelesaian proses ini bersama Duta Besar Rusia untuk Indonesia Lyudmila Georgievna Vorobieva. Beragam produk RI telah ditawarkan untuk pembelian pesawat dengan nilai total USD1,14 miliar atau setara Rp17 triliun tersebut.

"Secepatnya itu lebih baik, semoga bisa selesai tahun ini dan kami terus bicara sama Dubes Rusia," kata Karyanto ditemui di JCC, Senayan, Jakarta, Jumat, 13 September 2019.

Menurut Karyanto produk yang terus ditawarkan dari Indonesia seperti makanan dan minuman. Beragam produk olahan rempah-rempah Tanah Air juga jadi fokus untuk dimasukkan dalam 50 persen dana pembelian pesawat tersebut.

"Banyak (yang ditawarkan) misalnya produk rempah-rempah dan kita maunya produk jadi, jangan cuma produk yang raw material," kata Karyanto.

Karyanto memastikan Kemendag bukan dalam posisi menghambat kebutuhan alutsista pertahanan RI. Saat ini, diskusi masih terus dilakukan agar produk yang menjadi imbal dagang bisa maksimal bermanfaat bagi negara dan masyarakat.

"Soal imbal dagang sebenarnya tidak ada masalah, buat perdagangan bagus, tapi itu kan terkait politik dunia, kalau soal politik bersumber imamnya di Kemlu," paparnya.

Sebelumnya, Duta Besar Rusia untuk Indonesia Lyudmila Vorobieva membeberkan ada beberapa kendala terkait pengiriman Sukhoi ke Indonesia. Progres kontrak dagang RI dengan Rusia ini hanya perlu merampungkan masalah teknis.

"Beberapa masalah teknis dalam kesepakatan ini. Tapi Indonesia dan Rusia sudah melakukan penandatanganan pembelian, dan masalah ada di teknisnya saja," tutur Lyudmila dalam jumpa pers di Jakarta, Rabu, 4 September 2019 lalu.

Dia mengatakan pembahasan mengenai pembelian dan pengiriman Sukhoi ini agak lambat. Penyebabnya banyak, termasuk pemilihan presiden beberapa waktu lalu.

"Masalah teknis dalam implementasi kesepakatan ini, kita harapkan bisa segera diselesaikan agar pengiriman bisa berjalan lancar," imbuhnya.

71 komentar:

  1. πŸ˜ŠπŸ’―πŸ‘Œ nanti klo perang baru beli tupolev blackjack ama su 34

    BalasHapus
    Balasan
    1. pinjem aja om, mao beli mana dijokul blekjek ama opa puting eh salah putin haha!πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚
      tp klo esyu 34 bole kaka haha!😝😝😝

      Hapus
  2. Ya Allah tolong cepat datang SU35 umur saya bertambah 5 tahun tapi ini barang kagak muncul2..... Aminn

    BalasHapus
    Balasan
    1. 😁😁😁🀣🀣🀭🀫🀫

      Hapus
    2. Wkwkwk kok koyo wong ngeness ngenteni Su-35 5 tahun 🀣

      Ngopi2 bae lak enak

      Hapus
    3. Sabar om tinggal di bungkus lalu kirim 😁...ngopi ja dulu.

      Hapus
    4. Wkwkwkwkwkwk
      Jangan terlalu dibawa kehati kangmas....

      🀣🀣🀣🀣🀣🀣🀣

      Hapus
    5. Iyaa yaa.. takutnya "Cintaku bertepuk sebelahh tangaann.. By Dewa 19

      Hapus
    6. Sampek diitung yen umure nambahπŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚

      Hapus
    7. Ngenteni rondho 10 tahun we kuat kok

      Hapus
  3. Keren camo nya .... semoga cepet dikirim ...

    BalasHapus
  4. Malaysia pon nak dapat 4 skuadron superhornet

    BalasHapus
    Balasan
    1. Omong kosong Je TUDM tu

      Hapus
    2. Tak da dana pon macam mana mau beli πŸ˜‚

      Hapus
    3. Super kornet buat kaum miskin duafa malonsia

      Hapus
    4. Ini su 35 mainan mahal, Mahathir yg bilang bkn gw...

      Hapus
    5. Dalam bentuk poster buatan kilang percetakan terbesar di MALON "DEFTECH"

      Hapus
    6. kilang isuzu malon lagi canggih.
      dah bina pasukan beruk yang bertempur dialam mimpi πŸ˜‚πŸ˜‚

      Hapus
  5. Balasan
    1. Malon nak tukar mig-29 n dengan mig-35 2 skuadronπŸ˜€

      Hapus
    2. Iya.. tak pikir kaya Su 27/30 eh ternyata mirip F16 punya

      Hapus
  6. Jangan maksa dong boss...produk olahan mana nih dipaksain? Kalo punya swasta kpk harus masuk nih...biasa lah jatah suka ada uang terima kasih kalo disini

    BalasHapus
  7. Azmi Ismail Cadangan sy kekal SU 30 dan TEB Mig 29 untuk kekang ancaman selatan. F 18 ditambah bilangan walaupun 2nd hand dr kuwait sbb mudah senggaraan dan boleh ambil alih tugas CAS pesawat Hawk. Maintain 2 jenis fighter shj mmg cukup utk air superiority ruang udara malaysia

    Helmi Zull Kalau alasan kekangan kewangan, apa kata kerajaan perhalusi cadangan utk membeli Hornet FA18 terpakai dpd negara negara Kuwait.Tambah team skuadron Hornet sementara nak dapatkan jet baru yg sememangnya entah bila dpt direalisasikan...

    Muhammad Siddiq Helmi Zull kita on ja masalah kuwait senyap

    Helmi Zull Muhammad Siddiq Kuwait tgh tunggu keputusan nak dapatkan Super Hornet kot.xpun kita yg acah x acah nak beli.orang tu pun igt xserius..mungkin lah

    BalasHapus
    Balasan
    1. Heboh hibah f-18 kuwaiti. Hahahaha......πŸ˜€

      Hapus
    2. Sumbangan kornet untuk kaum miskin malon bro bukan f 18 hornet,

      Hapus
    3. Hibah kok nganti diarep nemen2 lon malon

      Hapus
    4. Yupp....rongsok, rongsok... dipilih... dipilih...dua singgit,dua singgit..

      Hapus
    5. Halah hibah pun biaya kirim hantar tak punyalah

      Hapus
    6. nunggu warisan yg blm pasti πŸ˜‚

      Hapus
  8. Strategi nya tetep nunggu kontrak f16v diteken baru pemerintah ada nyali datangkan su35 nya,,,gpplah lama yg penting ada strategi untuk hindari sanksi catsa.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalo kelamaan, kedigdayaan SU-35 sudah kesalip dengan SU-57 E. piye iki?

      Hapus
  9. Ayolah pemerintah mosok yo ora sakno TNI AU sudah mengeluarkan dana besar untukenunggu datangnya flanker e,mulai daribpenyiapan shelter,penyiapan pilot,belajar bahasa rusia...jiran nang kidul wis nduwe F 35,sementara nang lor J 20 siap mengintai dari woody island,perang sewaktu waktu bisa meletus,jangan percaya pembisik,pakai insting dong plis

    BalasHapus
    Balasan
    1. Semenanjung ada F-22 Papaa 🀣

      Hapus
    2. Lha itu dia apalagi bro helmy...lpiye iki katanya beli nasams tapi ga datang datang

      Hapus
    3. Tuku f22 semenanjung? Takdewang πŸ˜€

      Hapus
  10. saya sangat mendukung malaysia beli f35.dan su57 minimal 2 skuadron..indonesia cukup su35 dan viper

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aminnn biar warganya suruh gerogoti tuh pesawat 2 ska buat makan 😁

      Hapus
    2. Duit daun pemberian yang dipertuan agong sultan beruk margasatwa malonsia

      Hapus
    3. Iso 100 tahun kui lunase yen malon nuku f35 ,su57

      Hapus
    4. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
    5. Yup,2 squadron rongsokan hornet dr Kuwait nak cukup kuasai superitas udara serantau Asean..

      Hapus
  11. Seharusnya ikuti slogan pembeli adalah raja,, tinggal ditanya Rusia kebutuhannya apa,, kalau dipaksakan membeli barang yang tidak dibutuhkan yaa sulit

    BalasHapus
  12. Malaysueng Sudah pesan 2 JF SULPOOR buat uji coba ejject kat hangar... Keh..keh..keh..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Om alien wes dikaji jf fullpoor ,tapi tetep gak jadi beli klw dikasih gratis ya malon pasti mau

      Hapus
    2. Orang miskin pasti banyak omong nih dibawahπŸ™ˆπŸ™‰πŸ™ŠπŸ‘‡πŸ‘‡

      Hapus
  13. Aku berharap sangat su35 cepat sampai ke indon..jangan la sampai tak jadi..

    Sia2 la su30mkm menari2 setiap tahun bagi panas indon tengok apa tu erti supermaneuver..

    Come on indon..pastikan jadi beli su35...pilot korang tu tak cukup handal nak buat aksi guna su30...tapi jgn sedih..

    su35 n engine nya kuat...so tak payah risau...pilot tni pasti boleh...

    Hahahaha

    BalasHapus
    Balasan
    1. Super manuver dengan pilot big fat tak pernah exercise ya hahahaha

      Hapus
    2. Aku nak lihat betapa hebatnya pilot mkm eject kat hanggar hahahaha

      Hapus
    3. Betul yang pilotnya eject kat hanggar hahaha

      Hapus
    4. Komen malonyet iq ngesot, ngapain sukhoi kita joget joget bikin umur airframe jadi bongkok macam sukhoi malonyet. Giliran airframe sdh mulai fatique, ngga ada anggaran buat maintenance sama repair akhirnya jadi rongsokan

      Hapus
    5. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
    6. Begh malonnyet dah bangkraps masih aje songong,,,asal ente tau ye indonesia pasti akusisi 24 unit su35 + 48 unit f16viper,,,malonnyet sampai 2055 cuman punya 4 unit su30 mkm yg rongsokan ame 2 biji jf17 sulfur #salamCapbangkrapssss_2055 πŸ€£πŸ˜‚πŸ˜πŸ˜œ

      Hapus
    7. Malingsia..salam JEREBU bro...KL dah lumpuh ke....KOH..KOH..KOH.
      Yg sabar ya tunggu SU-35 tniau segera hadir dan akan membuat su30mkm dan hornet makin tampak lapuk.
      belanja apa malingsia pondan di thn 2019...kerupuk lekor..hahaha

      Hapus
    8. Belanja salep anti sipilis bro meneer sakti

      Hapus
    9. Lon mau gak mau sukhoi mkm 2025 akan habis masa tayangnya, dan dana mro tak ada nasib siql negaramu jangan ditularkan ok, pasrah saja tunggu hibah πŸ˜‚πŸ˜‚

      Hapus
    10. Lebih baik yg mana setip hari pesawat tempurnya latihan atau pesawat ✈ tempurnya hanya menetap di hanggar???
      Punya pesawat tempur canggih tp tdk ada spare parts nya atau punya pesawat tempur tp di upgrad trs.
      Hayo pinter mana? Kami maklum krn malon memang otak nya hanya 50cc taunya kongkek dubur

      Hapus
    11. πŸ™„πŸ™„ panas melihat MKM yg kena asam urat itu..
      ngakak lon bukan panas, tp ngakak liat pesawat butut malon yg penyakitan di usia tua cem paerdana mentri loe

      Hapus
    12. Lon malon SU 27 SKM2 kita sudah ada radar irbis e loh lon,meskipun kau punya super manuver dengan pilot big fatmu,radar irbis e bisa melacak kemana MKM kau pergi

      Hapus
  14. Yg jelas ada yg pernah bilang mau lari bugil, kalau Su35 jadi datang. He he

    BalasHapus
  15. yang fenting uda kontrak...titik...mao ape luh! haha!🀣🀣🀣

    BalasHapus
  16. Hai jalur gemilang di pantat orang puteh,,, ingat nuri nya di cancel tuh sama pemerintah mu sana koar koar sama mat sabu2 πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚

    BalasHapus
  17. Akan Lagi.... Wakakakakakakakaka

    BalasHapus
    Balasan
    1. Oh hi paul, How is your little bird?

      Hapus
    2. Paul bego negara kere harap diam😯😯😯

      Hapus
    3. Malon is trully cancelled πŸ˜ƒπŸ˜ƒ

      Hapus
    4. Akan yg terealisir nantinya. Malon Garbage Kedekut tak punya Wang yeee? Kahkahkah.

      Hapus
  18. permisi ya
    mau numpang promosi bo kelinci99
    cashback kami berikan sebesar 5% untuk permainan live casino ya bos
    silahkan kunjungi WWWoKELINCIPOKER99oME

    BalasHapus
  19. Sebaiknya dibatalkan saja, lebih penting untuk membangun Tol Laut, Tol Langit dan Pindah Ibukota. untuk kesejahteraan rakyat. Lagian kita juga nggak akan perang ini.

    BalasHapus