01 Juni 2009

Batalyon Paskhas Ditambah

19 September 2008

Pasukan Khas TNI Angkatan Udara (photo : Detik)

TNI AU menambah satu batalyon Korps Pasukan Khas (Paskhas). Batalyon baru tersebut adalah Batalyon 467 Paskhas yang merupakan peningkatan status dari Flight C BS yang bermarkas di Bogor.

"Pengembangan guna mengoptimalkan pelaksanaan tugas popok Paskhas sesuai tantangan dan ancaman yang dihadapi," kata Kepala Staf TNI AU (KSAU) Marsekal Subandrio saat peresmian batalyon di Markas Wing I Paskhas, Jakarta, Kamis (18/9).

Dengan penambahan satu batalyon, berarti terdapat tujuh batalyon Paskhas. Matra udara berencana menambah tiga batalyon lagi. Penambahan itu akan dilakukan secara bertahap sesuai anggaran yang ada. "Rencananya dibentuk di Biak, Medan, dan Kupang atau Yogyakarta," katanya.

Untuk memenuhi kebutuhan personel, setiap tahun TNI AU mendidik sekitar 400 hingga 450 personel Paskhas. Selain penambahan batalyon, 13 Agustus lalu KSAU juga mengeluarkan peraturan yang mengubah penyebutan "skadron" menjadi "batalyon".

Komandan Korps Paskhas Marsma Harry Budiono menambahkan, peningkatan status tersebut membuat lebih efektif dan efisien pembinaan serta penggelaran pasukan. Terlebih sebagai bagian matra udara, jajarannya dituntut tidak hanya memiliki kemampuan tempur darat, tapi juga tempur dan pertahanan udara.

"Sehingga dibutuhkan parameter yang lebih jelas," katanya.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar