29 Agustus 2018

Kemenhan Berencana Beli 44 Unit Tank Baru PT Pindad

29 Agustus 2018


Tank medium Pindad (photo : Pindad)

NGAMPRAH, (PR).- Tahun ini Kementerian Pertahanan RI berencana membeli 44 unit tank medium yang merupakan produk baru dari PT Pindad (Persero). Tank medium yang belum diberi nama itu dianggap memiliki kemampuan pertahanan balistik dan antiancaman ranjau terkini.

Demikian disampaikan Direktur Jenderal Potensi Pertahanan Kemenhan Bondan Tiara Sofyan seusai menyaksikan uji daya gempur tank medium tersebut. Dia didampingi Dankodiklat TNI AD Mayjen TNI AM Putranto dan Direktur Utama PT Pindad (Persero) Abraham Mose

"Proyeksinya minimal harus 44 unit dulu untuk pertama kali. Kami ada alokasi melalui APBN 2018-2019, yang nanti akan kami matangkan di akhir," kata Bondan di Pusat Pendidikan Infantri (Pusdikif) TNI AD, Cipatat, Kabupaten Bandung Barat, Senin 27 Agustus 2018.


Tank medium Pindad (photo : Ayo Bandung)

Dari serangkaian uji tembak tank medium yang dilakukan, Bondan menilai hasilnya sangat memuaskan, karena seluruh target bisa disasar dengan baik. Meski begitu, dia tetap menginginkan agar tank medium prototipe kedua dari PT Pindad tersebut terus disempurnakan. 

"Jadi, berdasarkan (tank medium) yang ini, nanti ada masukan untuk penyempurnaan kecil, baru masuk ke tahap mass production. Nah, ketika sudah dipakai kan pasti ada masukan-masukan lagi, kami akan terus improvement, supaya combine provement pada akhirnya," tuturnya.

Siap mengoperasikan

AM Putranto mengatakan, kebutuhan tank medium untuk TNI AD perlu disesuaikan dengan organisasi dan harus dibicarakan dulu dengan Kepala Staf TNI Angkatan Darat Jenderal TNI Mulyono dan para pemangku kepentingan lainnya.


Tank medium Pindad (photo : Ayo Bandung)

"Soalnya, organisasi yang baru juga dari Kostrad ada satu lagi divisi 3, minimal kan ada satu batalyon kavaleri. Saya berharap, tank-tank yang dipersiapkan ini akan bisa menambah kekuatan pertahanan, khususnya di Angkatan Darat," katanya.

Menurut dia, prajurit TNI AD sudah siap mengoperasikan tank medium baru itu, karena tank tersebut tidak berbeda jauh dengan tank tempur utama (main battle tank) Leopard. Bedanya, kata dia, tank medium Pindad sangat modern dan berada di kelas middle, yang dianggap cocok untuk medan di Indonesia. 

"Jangan sampai barang ada, baru mau mulai (menyiapkan prajurit). Itu akan tidak baik untuk kesiapan operasional. (Kesiapan prajurit) itu pun akan kami laporkan kepada Bapak KSAD. Dalam hal ini, tentunya beliau akan memprioritaskan satuan mana (yang akan ditunjuk), kalau memang middle tank ini dibutuhkan," tuturnya.


Tank medium Pindad (photo : Jawa Pos)

Minta nama ke Jokowi

Sementara itu, Abraham Mose menyebutkan, keunggulan dari medium tank tersebut ialah sekelas dengan main battle tank Leopard, tapi bobotnya diturunkan sedikit menjadi 32 ton. Dilengkapi berbagai teknologi terbaru seperti sistem kewaspadaan mandiri, hunter killer system, laser warning system, battle management system, dan proteksi level 5, dia menilai kemampuan tank tersebut sama dengan tank Leopard. 

"Setelah ini, tentunya hasil pengujian prototipe yang kedua akan kami lakukan perbaikan, kemudian kami harapkan sertifikasi bisa selesai satu bulan. Setelah itu, kami siap masuk ke mass production. Seperti apa yang disampaikan Bu Dirjen, paling tidak di akhir tahun ini kami siap untuk mendukung kebutuhan di TNI," katanya.


Tank medium Pindad (photo : Soreang Online)

Seperti halnya kemampuan dalam memproduksi kendaraan tempur Anoa, menurut dia, Pindad bisa membuat 40-50 unit tank medium tersebut dalam setahun. Yang diperlukan sekarang, kata dia, ialah penyempurnaan tank medium secara desain. Pasalnya, ada sejumlah masukan terkait ukuran tank tersebut.

"Untuk namanya, sementara ini belum ada. Kami lagi coba diskusikan. Apakah penamaannya diresmikan pada 5 Oktober nanti oleh Bapak Presiden, atau pada saat Indo Defense nanti. Kami cari dua momen ini, mana yang paling pas, dan kesediaan Bapak Presiden untuk memberikan penamaan medium tank kami," tuturnya.

(Pikiran Rakyat)

94 komentar:

  1. Yang diperlukan sekarang, kata dia, ialah penyempurnaan tank medium secara desain. Pasalnya, ada sejumlah masukan terkait ukuran tank tersebut.

    Wah bakal ada perubahan Desain Tank Harimau?
    Apa yg akan dirubah ? Tampak depan ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Enaknya ya om,klo bukan stickeran...kapan mau berubah desain ga d komplain am negara lain...cb klo cm stickeran...ga bs sembarang ngerubah,jng kan ngerubah ngejual aja ga bs...hehehe

      Hapus
    2. Perubahan mungkin bagian interior mas...klo untuk redesign bodi depan itu makan waktu lama lagi.

      Sy pikir desain gt sudah cocok khusus saat nerabas hutan lebat n nanjak jalan terjal dlm hutan...klo s buat landai macam leo agak susah manuver dlm hutan lebat. Imho

      Hapus
    3. Menurut saya, bodi sengaja dibuat seperti itu. Karna bodi tersebut masih standar belom dipasang perisai tambahan.

      Hapus
    4. Klo ditambah perisai tambahan bodi semakin ideal. Mengingat leo RI yng semakin gembrot dengan perisai barunya :))

      Hapus
    5. Betul mas... terus terang body Leopard kalau udah pernah lihat langsung tuh lebar banget mas. Rasanya agak2 susah buat manufer disela2 pepohonan. Desain Harimau ini sudah pas sih depannya untuk Jungle war, dimensinya pun tidak selebar Leopard.

      Hapus
    6. KABAR BAIK!!!

      Nama saya Lady Mia, saya ingin menggunakan media ini untuk mengingatkan semua pencari pinjaman agar sangat berhati-hati, karena ada penipuan di mana-mana, mereka akan mengirim dokumen perjanjian palsu kepada Anda dan mereka akan mengatakan tidak ada pembayaran di muka, tetapi mereka adalah penipu , karena mereka kemudian akan meminta pembayaran biaya lisensi dan biaya transfer, jadi berhati-hatilah terhadap Perusahaan Pinjaman yang curang itu.

      Perusahaan pinjaman yang nyata dan sah, tidak akan menuntut pembayaran konstan dan mereka tidak akan menunda pemrosesan transfer pinjaman, jadi harap bijak.

      Beberapa bulan yang lalu saya tegang secara finansial dan putus asa, saya telah ditipu oleh beberapa pemberi pinjaman online, saya hampir kehilangan harapan sampai Tuhan menggunakan teman saya yang merujuk saya ke pemberi pinjaman yang sangat andal bernama Ms. Cynthia, yang meminjamkan saya pinjaman tanpa jaminan sebesar Rp800,000,000 (800 juta) dalam waktu kurang dari 24 jam tanpa konstan pembayaran atau tekanan dan tingkat bunga hanya 2%.

      Saya sangat terkejut ketika saya memeriksa saldo rekening bank saya dan menemukan bahwa jumlah yang saya terapkan dikirim langsung ke rekening bank saya tanpa penundaan.

      Karena saya berjanji bahwa saya akan membagikan kabar baik jika dia membantu saya dengan pinjaman, sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman dengan mudah tanpa stres atau penipuan

      Jadi, jika Anda memerlukan pinjaman apa pun, silakan hubungi dia melalui email nyata: cynthiajohnsonloancompany@gmail.com dan atas karunia Allah, ia tidak akan pernah mengecewakan Anda dalam mendapatkan pinjaman jika Anda mematuhi perintahnya.

      Anda juga dapat menghubungi saya di email saya: ladymia383@gmail.com dan Sety yang memperkenalkan dan memberi tahu saya tentang Ibu Cynthia, ini emailnya: arissetymin@gmail.com

      Yang akan saya lakukan adalah mencoba untuk memenuhi pembayaran cicilan pinjaman saya yang akan saya kirim langsung ke rekening perusahaan setiap bulan.

      Sepatah kata cukup untuk orang bijak.

      Hapus
  2. mantap, shoping soping lagi kita, oke ocehπŸ‘ŒπŸ‘ŒπŸ‘Œ

    yg gak shoping silakan nonton tertib & sopan, kalo gak guwe fentungπŸ”¨ haha!🀣🀣🀣

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yg gak shopping2 sila sopan dan tak cakap sembang ompal....anda sopan kita segan,benar gk ompal ? wkwkwk

      Hapus
    2. nyoih om pit, yg sopan kita kasi bonus link lawak haha!🀣🀣🀣

      Hapus
    3. Oke ompal,di copy,86...lanjut

      Hapus
  3. ya bolehlah tapi belum bisa dikatakan canggih kalau belum dilengkapi reactive protector

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pake penambahan spt itu beratnya gak medium lagi mas. Alasan bikin medium tank kan salah satunya faktor bobot. Imho

      Hapus
    2. wah era? itu mah bahaya kena pentung benda tumpul ntar mledak ituw haha!πŸ€ͺπŸ€ͺπŸ€ͺ
      makanya leo kita pake amap, yg pasip2 aja om bakul, aman haha!😊😊😊

      leo 2a6 jermin aja cuek polos, termasuk leo2a4 turki yg jalan2 ke medan perang haha!πŸ€“πŸ€“πŸ€“

      klo mo perlindangan aktip yg canggih bneran, yach aps cem thropy haha!πŸ˜…πŸ˜…πŸ˜…

      Hapus
    3. Kan dah dilengkapi proteksi level 5 mas,kl masalah ERA ntar indonesia akan riset ERA yg bobotnya ringan mas,sabar yo

      Hapus
  4. lha.. sing nyebut Harimau hitam mbien ki sopoo??😠😠

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mas @smilling kayane mas.. dia sering nyebut2 daring hitam disini... mungkin dari situ juga...

      *kaburlahhhh

      Hapus
    2. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
    3. @superstar.. iyoo iku mas, om hari sing sering nyeluk2.. tunggu tak bakar menyan bwt manggil om hariπŸƒ‍♂️πŸƒ‍♂️πŸ”ŠπŸ”Š

      Hapus
    4. Iyo mas, pancen kurang afdol nganggo jeneng sing terdiri seko 2 kata koyo "harimau hitam"...ning piye meneh barang kesusuπŸ™†

      Mulane saiki lg digoleki nama hewan sing lugas, tegas lan bernuansa hitam, koyoto: celeng, kampret opo beruk....sayange telung nama iku wes ono sing nduweni😸

      Hapus
    5. ojo sampe kanggo jeneng kampret,beruk, opo maneh cebong.. wess bahaya tenan kui. aq g melok2πŸ˜ŠπŸ˜·πŸ™ˆ

      Hapus
    6. Nek cebong rupane ijo mase....πŸ˜‚

      Hapus
    7. nek saran ku si.. dumolid wae,. koyo'e kereenπŸ˜πŸ˜‰

      Hapus
    8. Usul nama untuk medium tank pindad... MT-1"AJAG"... Srigala asli indonesia dimasa lampau semacam dingo kat australi...

      Hapus
  5. Omaegot,omaegot...ini baru berita menggerunkan,selepas berita indonesia di peringkat 4 Asian Games dgn 27 emas,ada lg berita menggerunkan indonesia beli 44 biji harimo item yg merupakan pengembangan prototipe ke-2 buatan PT PINDAD....ckckck....asek indonesia shopping terus tampaknya,jom lah kl begichu kita makan nasi lemaklah untuk perayaan 27 emas Asian Games dan shopping 44 harimo item wkwkwk

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yeah jaguh kampong.Next game in Tokyo. We'll see. 1 gold that's it.Kikiki.. indon senang digondolin

      Hapus
    2. Malon miskin kalah nangis guling guling macam beruk rosak property negara orang.. pantas saja beruk Malon tak pernah dapat emas olimpik dunia πŸ˜†πŸ˜†πŸ˜†πŸ˜†πŸ˜†

      Hapus
    3. @kingkongg666, ndiassmu kui su!!!, prestasi olahraga berbanding lurus dengan kestabilan ekonomi, kemajuan industri & pengelolaan Human capitalnya... Malaymoron? Pantaslah tercecer kat rangking nombor double digit

      Hapus
    4. Di jepun malon malah tak dapat pingat emas,malon cuma bisa curang bila jd tuan rumah wkwkwk

      Hapus
  6. Wkwkwkwk.. T90 lebih baik kata ken arok dan situngkir!

    BalasHapus
    Balasan
    1. aneh,,,kapan ya aku bilang T90 lebih baik???? hedewwwww

      Hapus
    2. Lha itu apa...."aku bilang T90 lebih baik"πŸ˜‚

      Hapus
  7. Seperti gw tulis dulu, kemampuan Pindad memproduksi Anoa adalah 50 - 60 unit setahun (bisa dicek di situs pindad), sepertinya 44 Tank adalah wajar bisa diselesaikan dalam setahun tapi mungkin shifting line produksi dari Anoa ke Black Tiger.

    Andai setahun 50 Anoa berarti kalau 7 tahun harusnya udah punya 350 unit Anoa.

    Baca berita ini juga :

    http://defense-studies.blogspot.com/2018/08/pindad-pasarkan-medium-tank-ke-filipina.html

    Ada Bangladesh yg minat... tapi feeling gw agak berat kalau Bangladesh karena negara ini selama ini prefer policynya ke allied nya China dan Rusia ditambah slow economic pace di negara ini rasanya nanti bila saingan dengan China VT5 Norinco Tank bakal repot dengan tawaran skema pinjaman lunak dari China yang bisa jadi akan ditawarkan. Tapi monggo dicoba kali aja ada sedikit secercah harapan :-D

    BalasHapus
  8. Cocoklah pesen 44 unit dulu,
    Ntar disempurnakan terus, hinggal muncul Black Tiger mark II, mark II dan seterusnya

    BalasHapus
  9. aku kasih saran nama ya, mbok menowone tembus:

    1. ban-theng, nama keren tapi takut dikira nama partai
    2. liger
    3. mutant
    4. maung

    BalasHapus
    Balasan
    1. Macan bagus tuh namanya bro

      Hapus
    2. BABOON. Kikiki..indon senang digondolin.

      Hapus
    3. Beruk Malon mudah digondolin Najib πŸ˜†πŸ˜†πŸ˜†

      Hapus
    4. Baboon, beruk, King Kong, kethek, munyuk... Hahaha

      Hapus
    5. Malaymoron bangkraps..!!! Hehehe

      Hapus
    6. kalo pendapat saya sebagai hamba china tank buatan pindad bagus nya di kasih nama GANYANG

      Hapus
  10. boleh2 aja improve tp jangan sampai mempengaruhin bobot tank dan kemampuan tank menahan ranjau,,,depannya kayak boleh di improve sedikit tp jangan sampai drastis menambah bobotnya, nambah 10kg-20kg bolehlah.

    BalasHapus
  11. Untuk nama cocoknya dikasih "sianida" krn senyap dan mematikan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Gimana kalo "santet" apa "tenung" aja...karena ini lebih hebat, ga perlu pake kontak fisik😁

      Hapus
    2. Kasih nama MALON kaya nye lebih keren,untuk mengingat klo kita punya tetangga yg resek😬

      Hapus
  12. Tahniah PT. PINDAD... satu persatu kemandirian bangsa sudah mulai terlihat, semoga kelak pertahanan Indonesia semakin kuat dgn produk2 dlm negerinya.
    Indonesia Berjaya πŸ‘πŸ‘

    BalasHapus
  13. congtrate PT Pindad..
    Moga ke depan, Tentara Darat Malaysia juga bisa beli ini medium tank buat tambahin alutsista..

    cuman ane agak ragu.. apakah role medium tank..adakah sama kaya MBT..? face to face MBT lawan ato sebagai recon tank..

    BalasHapus
    Balasan
    1. singkat kata.. Jika dimedan perang dia dilapis kedua fungsinya buat gebuk IFV, APC, dan sejenisnya.. Tpi bisa juga buat gebuk MBT namun dengan strategi yg berbeda menggunakan peluru armor piercing. Bisa dilihat saat uji coba penembakan.. daya ledak peluru 105mm lebih besar dari ATGM Javellin sekalipun.

      Hapus
    2. TDDM jgn beli medium tank ini om,gk berquality cakap teman2 ko tuh om...mendingan TDDM beli armata biar setaraf abram USA om JP

      Hapus
    3. Kalau face to face sama MBT harimau hitam mungkin lebih aman pakai Falarick ATGM yang bisa ditembakin dari cannon nya secara jarak tembak nya jauh sekitar 5km sekaligus menghindari tembakan balasan MBT lawan

      Hapus
    4. Dan kedepannya saya yakin tank medium ini akan ditambahi pelindung tambahan semisal ADS Jerman atau thropy Israel.

      Hapus
    5. It looks good for target practise.Hasil tin milo. Kikiki..indon mudah digondolin.

      Hapus
    6. macam pendekar kah? yang dibina tempatan guna tin teh tarik

      Hapus
    7. Beruk Malon as target practise medium tank.. πŸ˜†πŸ˜†πŸ˜†πŸ˜†

      Hapus
    8. Di poland,pendekar dah di buang ke tong sampah,cuma malon dungu saja yg masih gunakan pendekar wkwkwk

      Hapus
    9. 1. MBT ... pemukul garis depan. Pendobrak etc.
      2. Medium Tank...lebih fokus k medan perang d asia tenggara yg tanahnya gembur. lincah manuver d dlm hutan tp senjata tetep mematikan dg tambhan atgm.
      3. Light tank... lebih ke recon macam scorpion dan wiesel german.
      imho.

      Hapus
  14. Kata si Ntung Phd, ini pasti pake anggaran Sarana & prasarana Aparatur....hehehe

    BalasHapus
  15. di angkasa riviu udah mau sertifikasi... mantap euy
    -------------
    Target Drone ‘Jalak’ dan Rudal Jelajah ‘Petir’ Kreasi Sari Bahari Menunggu Sertifikasi
    ------------
    tinggal nunggu rudal shorad pasopati buatan dislitbang au join ugm...

    malon makin nyungsep...hhh

    BalasHapus
    Balasan
    1. Siapa ya yg pernah bilang indonesia hanya jiplak dan ga ada RnD..

      Hapus
  16. saat melawan MBT tank medium pindad bisa menang asal menggunakan strategi tepat terutama memanfatkan kelincahan dan menggunakan pemilihan amunisi yg tepat agar mampu merontokkan MBT, kalau merubah turetnya akan mempengaruhin kemampuannya manufernya jd ya solusinya tetep menggunakan turet 105mm tp memilih amunisi yg tepat agar mampu merontokkan MBT,,aku rasa ini sudah dipikirkan dan dipelajarin tni sehingga tetep mempertahankan turet 105mm.

    BalasHapus
  17. Hwakakakak..celeng..πŸ˜‚πŸ˜‚

    Musuh baru denger namanya aja bakal pingsan ketawa tuuh mas'e...πŸ—πŸ—

    BalasHapus
  18. celeng???? boleh jg tuh biar nyrodok pedekar hihihihihiii

    BalasHapus
  19. Tank ni made in turkey kan..indon tampal sticker.

    BalasHapus
    Balasan
    1. salam 4 bijik suki & 4 bijik medali emas haha!πŸ›ΈπŸ₯‡πŸ›Έ

      oh jgn lufa minta paspormuh tuch ama majikan biar bisa mudik scantut haha!πŸ₯‡πŸ₯‡πŸ₯‡

      Hapus
    2. Tank medium adalah tank di buat oleh Engineer Indonesia dan turki.indonesia mampu membangun prototype tank medium di Indonesia lalu di uji coba.. Jelas Indonesia ada andil dan masih buatan indonesiaπŸ˜† beda dengan Malon yang tak ada andil sedikit pun di AV8 yang langsung di impor
      Turkey lalu di ganti stiker jadi gempita buat prototype dan percobaan pun tidakπŸ˜† jadi kesimpulan nya Fix malonsial tak ada hotak tukang tambal stiker product negara lain πŸ˜†πŸ˜†πŸ˜†πŸ˜†πŸ˜†

      Hapus
    3. Wkwkwk...terbaik mulyono

      Hapus
    4. Tank ni jual ke amerika pasti laris..best2

      Hapus
    5. Scan@ iya lah pasti laris soalnya amerika sekarang lg butuh medium tank,makanya banyak2 baca berita lon wkwkwk

      Hapus
    6. Malon Negara gemar tambal stiker dan takde kepakaran sila melancap Kat bilik termenung πŸ˜†πŸ˜†πŸ˜†πŸ˜†

      Hapus
  20. Beruk malon cm bs termenung je kahkahkah

    BalasHapus
  21. Tank medium buatan turki keliatan nya kurang menyakinkan desain body depan rada jenong.. jenong dan paling utama harus di uji coba ke medan tempur perbatasan turki suriah broo .

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nah kan.. akhirnya Malonsial yg iri dengki ini pasti keluar sifat asli nya πŸ˜†πŸ˜†πŸ˜†πŸ˜†

      Hapus
    2. Haha bukan iri migas di daerahku perhari jutaan barel buat indonesia
      Bukan iti namanya harus di perbaiki masak tank baru body depan genong jenong broo πŸ˜€

      Hapus
    3. Oke, ente patriot sejati kan?
      Asli Indonesia..? Good..😊, ya buktiken ente punya peran buat negri ini.
      Ke medium tank => tuh, lead projectnya dari awal dah terbuka buat siapa saja yg mau ikut desain.. bisa kontak ke FB beliau..

      Kalo cuma mengeluh disini ya ente ga beda ama 'kentut'..baunya busuk dan ga guna buat apapun, kecuali muasin perut ente doang...πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚

      Hapus
    4. Dari kalimat awalnya ken Arok yang bilang "Tank medium buatan Turki" sudah cukup menunjukkan kok mas kalau beliau bukan orang Indonesia.

      Seperti tidak rela Indonesia bisa bangun Tank :-D

      Hapus
    5. om mulyono..sepertinya ini KEN arok bukan asli malaysia om..mungkin ini jelmaan si muaarif baihaqi..

      Hapus
    6. Wkwkwk...ternyata ken NGOROK ketahuan dia intel malon wkwkwk....dasar ken NGOROK ANJING

      Hapus
    7. Whattttt....muarif baukaki, pantesan bau😷

      Hapus
  22. RENCANA = AKAN πŸ˜†πŸ˜†πŸ˜†πŸ˜†πŸ˜†πŸ˜† Satu lagi projek akan versi sebernag sana.. kwkwkwkw

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bro.. dulu kan anda bilang Indonesia cuma bisa AKAN doang waktu TNI pengen beli Apache, F16, Kapal selam dan Leopard...???
      Gak ingatkah ?

      Jadi AKAN versi Indonesia lebih ada potensi nyata kan bro ? coba lihat AKAN yg lain dari mulai Paladin sampai Panther juga kami realisasikan. Anda ?

      Hapus
    2. AKAN versi indonesia jadi kenyataan,AKAN versi malon jadi LAPOK wkwkwk

      Hapus
    3. Project MRCA dari zaman hp nokia jadul masih eksis hanya AKAN πŸ˜†
      Di tambah lagi heli tempur , MPA MRSS πŸ˜†
      Hanya malon AKAN bangkraps dan akhir itu
      jadi kenyataan πŸ˜†πŸ˜†πŸ˜†πŸ˜†

      Hapus
  23. FNSS awalnya juga seperti Pindad kok mas..
    Pindad tidak punya kemampuan untuk mendesain Tank dan terpaksa mengeluarkan uang untuk belajar pembuatan Tank dengan mengirimkan tenaga2 kerja Pindad ke Turkey untuk dibantu desainnya oleh FNSS sesuai permintaan Indonesia dan Pindad.
    Selama setahun mendesain, diskusi dan implementasi di layar komputer akhirnya lahirnya 1st prototype di Turki dan dibuat 2nd prototype di Indonesia, kalau melihat 1st type dan 2nd type ada beberapa perbedaan karena perbaikan seperti rantai roda yg di turki menggunakan 1 bantalan di Indonesia versi terakhir ini menggunakan 2 bantalan karet (cmiiw). Untuk selanjutnya sesuai info kemarin akan ada perbaikan lagi dari desain sebelum finalisasi (lihat berita defensestudies) dan mungkin saja di akhir tahun ini sebelum produksi akan muncul Black Tiger dengan modifikasi dan rupa yg sedikit berbeda dgn spec 1 dan spec ke 2. IMHO.

    Balik ke FNSS... FNSS jelas 1 tingkat lebih tinggi di atas Pindad karena Pindad pun minta bantuan FNSS untuk pembuatan Tanknya.
    Apakah FNSS sudah jago dari dulu ? Tidak juga semua butuh proses dan kerja keras. Seperti case PARS 8x8, apakah FNSS yang mendesain PARS 8x8 waktu itu ?

    Silahkan baca link berikut sekaligus bukti bahwa FNSS juga pernah seperti Pindad dan skrg semakin maju menjadi 1st class armed vehicles manufacturer.

    https://www.army-technology.com/projects/gpv/

    https://en.wikipedia.org/wiki/FNSS_Pars

    http://tanknutdave.com/the-us-gpv-8x8-wheeled-captain-and-colonel-apc/

    "The development of the PARS vehicles commenced in 2002, based on a design by US company GPV (General Purpose Vehicles), and in cooperation with GPV.[4][5]"

    Lah dari kalimat diatas sudah jelas desain awalnya dari US kok malah diakui desain sendiri oleh si Anu :-D

    Mbok mikir sithik mas...opo ra nduwe isin ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Duwene mung kentut mas...πŸ˜‚

      Hapus
    2. Si anu itu gk ada otaknya om berani2nya claim design karya mamarika wkwkwk

      Hapus
  24. D jenengi macan gareng ae, cilik kereng

    BalasHapus
  25. ayo kunjungi segera website kami agen betting terpercaya dengan pelayanan terbaiknya 24 jam tidak ada stop
    buruan dan kita juga menyediakan banyak game seperti berikut yang bisa dimainkan melalui ovo dan juga go-pay

    SABUNG AYAM LIVE [PRODUK UNGGULAN! HOT]
    » SBOBET JUDI BOLA / CASINO LIVE
    » MAXBET JUDI BOLA / CASINO LIVE
    » TOGEL
    » FISHING HUNTER (Permainan tembak ikan)
    » BOLATANGKAS
    » TEXAS POKER
    » POKER ONLINE
    » CAPSA
    » CEME
    » BANDAR CEME
    » KIU - KIU
    » BACARRAT

    Contact Kami :
    BBM : D8B84EE1 / AGENS128
    Line id : agens1288
    WhatsApp : 085222555128

    BalasHapus
  26. J P S P O K E R Menyediakan Permainan Poker Judi Online Seperti Berikut : (Poker, Capsa, DominoQQ, Ceme, Super Teen, Ceme Keliling, Omaha)

    - Bonus New Member Rp. 10.000
    - Minimal Deposit / Withdraw Rp. 15,000.-
    - Bonus Refferal 10%
    - Bonus Rollingan Mingguan 0.3% - 0,5%
    - Proses Deposit / Withdraw 3Menit

    Baca Juga Di Tonton Video jav dan Video Semi kami :
    http://jpsmovie,me (pakai titik yah )

    - Pelayanan Dari Customer Service Yang Cantik Tentunya Sopan Dan Ramah, Hanya di jpspoker dan , Online 24/7 Jam
    - Dijamin Tidak Ada Robot Di Dalamnya 1000% Player VS Player
    Kalau Ada Yang Bisa Berikan Lebih Kenapa Harus Cari Yang Lain!!

    Contact Us
    - Livechat : J P S POKER
    - LINE : jpspoker
    - Whatsapp : +82370836863
    - YM : JPSPOKER

    Support Bank J P S Poker :
    - BCA
    - Mandiri
    - BNI
    - BRI
    Posted by : J P S POKER . LIVE

    BalasHapus
  27. Hubungi Mrs. RIKA ANDERSON
    Email: rikaandersonloancompany@gmail.com
    Whatsapp +1(914)705-7484
    Putri: putriitaahmad@gmail.com

    Am Putri Ahmad dari kota Surabaya. Saya kehilangan sekitar 7 juta karena saya butuh modal besar sekitar Rp100.000.000 juta. Saya hampir mati, saya tidak punya tempat untuk pergi. bisnis saya hancur, dan dalam proses itu saya kehilangan putra saya. Saya tidak tahan lagi dengan kejadian ini.

    Saya bertemu dengan seorang teman online yang memberikan kesaksian dan memperkenalkan saya kepada seorang ibu yang baik, Mrs. Rika Anderson dari RIKA ANDERSON LOAN COMPANY yang akhirnya membantu saya beberapa hari yang lalu saya mendapat pinjaman 100 juta dari perusahaan.

    Jadi jika Anda membutuhkan pinjaman dan ingin mendapatkan pinjaman dengan cepat. Saya melihat orang-orang membagikan kesaksian mereka di blog ini dan saya memutuskan untuk juga menceritakan kisah saya. Anda juga dapat menghubungi saya melalui email ini jika Anda memiliki keraguan atau saran. Semoga Allah memberkati kita semua dan membawa kita ke penolong keuangan yang baik.

    BalasHapus
  28. Hubungi Mrs. RIKA ANDERSON
    Email: rikaandersonloancompany@gmail.com
    Whatsapp +1(914)705-7484
    Putri: putriitaahmad@gmail.com

    Am Putri Ahmad dari kota Surabaya. Saya kehilangan sekitar 7 juta karena saya butuh modal besar sekitar Rp100.000.000 juta. Saya hampir mati, saya tidak punya tempat untuk pergi. bisnis saya hancur, dan dalam proses itu saya kehilangan putra saya. Saya tidak tahan lagi dengan kejadian ini.

    Saya bertemu dengan seorang teman online yang memberikan kesaksian dan memperkenalkan saya kepada seorang ibu yang baik, Mrs. Rika Anderson dari RIKA ANDERSON LOAN COMPANY yang akhirnya membantu saya beberapa hari yang lalu saya mendapat pinjaman 100 juta dari perusahaan.

    Jadi jika Anda membutuhkan pinjaman dan ingin mendapatkan pinjaman dengan cepat. Saya melihat orang-orang membagikan kesaksian mereka di blog ini dan saya memutuskan untuk juga menceritakan kisah saya. Anda juga dapat menghubungi saya melalui email ini jika Anda memiliki keraguan atau saran. Semoga Allah memberkati kita semua dan membawa kita ke penolong keuangan yang baik.

    BalasHapus
  29. Hubungi Mrs. RIKA ANDERSON
    Email: rikaandersonloancompany@gmail.com
    Whatsapp +1(914)705-7484
    Putri: putriitaahmad@gmail.com

    Am Putri Ahmad dari kota Surabaya. Saya kehilangan sekitar 7 juta karena saya butuh modal besar sekitar Rp100.000.000 juta. Saya hampir mati, saya tidak punya tempat untuk pergi. bisnis saya hancur, dan dalam proses itu saya kehilangan putra saya. Saya tidak tahan lagi dengan kejadian ini.

    Saya bertemu dengan seorang teman online yang memberikan kesaksian dan memperkenalkan saya kepada seorang ibu yang baik, Mrs. Rika Anderson dari RIKA ANDERSON LOAN COMPANY yang akhirnya membantu saya beberapa hari yang lalu saya mendapat pinjaman 100 juta dari perusahaan.

    Jadi jika Anda membutuhkan pinjaman dan ingin mendapatkan pinjaman dengan cepat. Saya melihat orang-orang membagikan kesaksian mereka di blog ini dan saya memutuskan untuk juga menceritakan kisah saya. Anda juga dapat menghubungi saya melalui email ini jika Anda memiliki keraguan atau saran. Semoga Allah memberkati kita semua dan membawa kita ke penolong keuangan yang baik.

    BalasHapus