09 Agustus 2018

Dianggap Sekutu Strategis, Indonesia Lolos dari Sanksi Embargo CAATSA

09 Agustus 2018

Pesawat tempur Sukhoi Su-35 (photo : Sputnik)

Komite Senat Amerika Serikat meloloskan Indonesia dari sanksi embargo Countering America's Adversaries Through Sanctions Act (CAATSA).

CAATSA ialah Undang-undang sanksi embargo yang digunakan Amerika Serikat (AS) kepada suatu negara terkait aktivitas belanja peralatan militer negara bersangkutan ke Rusia yang notabene merupakan saingan dari AS. Selain Indonesia, ada dua negara lain yang terbebas dari CAATSA, yakni Vietnam serta India.

Hal ini diungkapkan oleh Senator dari Oklahoma, Jim Inhofe yang menganggap ketiga negara itu adalah sekutu strategis AS di Asia.

"Mereka (India, Vietnam dan Indonesia) merupakan sekutu strategis dan saat ini sedang membeli peralatan militer dari Rusia." "Namun pembelian itu harus tetap dilakukan sembari menunggu transisi militer ketiga negara tersebut." ujar Jim seperti dikutip dari Defenseworld.net, Senin (6/8). Menteri Pertahanan AS, Jim Mattis juga senada dengan Jim Inhofe.

Pada Juli lalu ia meminta Kongres AS untuk memberi pengecualian kepada ketiga negara
karena Indonesia, Vietnam dan India punya hubungan historis dengan Rusia, namun
sekarang mereka juga membeli persenjataan Made In USA. Permintaan Mattis akhirnya dikabulkan.

Walaupun demikian Trump sempat marah atas lolosnya ketiga negara tersebut dari sanksi embargo CAATSA, tapi dirinya tak berdaya lantaran Senat AS sudah bulat membuat keputusan.

Seperti diketahui Indonesia membeli 11 jet tempur Sukhoi Su-35 dengan metode imbal dagang.

Hal ini sempat membuat AS akan menjatuhkan sanksi embargo ke Indonesia layaknya tahun 1998 dulu.

Untuk India dan Vietnam malah lebih lagi belanja peralatan militer dari Rusia.

India yang paling jor-joran, negara Bollywood itu diketahui sebelumnya melakukan kerjasama militer segala lini dengan Rusia dalam pembuatan bersama Main Battle Tank T-90 Tagil, Sukhoi Su-30 versi India hingga Rudal Brahmos dan masih banyak lainnya seperti pembelian kapal selam bertenaga nuklir.

Vietnam juga hampir serupa dengan India, dalam inventory alutsistanya hampir semua made in Rusia.

Miris memang, lantaran dulu senjata-senjata itu digunakan untuk menggebuk AS dalam perang Vietnam yang sekarang malah dianggap sekutu strategis dalam menghadapi agresivitas Tiongkok di Laut China Selatan.

(TribunNews)

76 komentar:

  1. Yieeeyy..!
    Kalo sekutu diboleh kasihin punya...mmmm..apa yaaak..? 😁

    #bingung milihnya..πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sebetulnya kalau Indonesia mau dan punya uang kayaknya minta dibolehin beli F15 pun rasanya disetujui senat mas selama dalam proses diplomasinya menggunakan alasan potensi konflik dan issue LCS.

      Dengan alasan untuk melawan dominasi SU35 China pasti di acc.

      Saat ini selain di Yues di Yurop pun sebetulnya dalam beberapa kelompok garis keras ada gerakan "anti china", ini karena issue2 selama ini yang sepertinya akan dan semakin mengecilkan dominasi kaum kulit pucat seperti saat ini dengan adanya penantang world order baru.
      Para bule itu gak bakalan rela aura number one mereka semakin lama semakin redup oleh negara kaya baru ini.

      Jujur saja 99 persen saya yakin Indonesia tidak akan pernah perang dengan China atau negara manapun, tapi kalau Vietnam melawan China bisa saja itupun mungkin provokasi2 ringan.

      Kalau senat sudah baik begini sudah pasti tambahan Apache, Chinook dan Patriot bisa datang kemarih mas.. :-D

      Hapus
  2. Gimana gk dianggap sekutu strategis wong indonesia dan vietnam sangat diandalkan mamarika di LCS,beza dgn jiran sebelah,jangankan menghadapi askar cina,menghadapi nelayan cina pake parangpun lari tercirit2 dan takut wkwkwk

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mat, selain tiga negara itu, kalo ada negara lain mo beli parts barang Rusianya bakal kena sanksi yaak..? 😯

      Hapus
    2. Iya bro,di luar 3 negara td yg beli weapon dari rusia maka akan dikenakan sanksi contoh turki dah resmi kena sanksi mamarika kerana turki nak beli S400 dan Su57,dampaknya F35 pesanan turki ditahan mamarika,contoh lain lg,mesir kerana membeli Mig35,maka F16 mesir di embargo dan mamarika melarang perancis agar sparepart buatan mamarika yg ada pada rafale dilarang di jual kpd mesir sehingga rafale mesir sekarang gundah gulana...hihihi

      Hapus
    3. Semua itu kepentingan politik n ekonomi bro,mamarika berpikir bila indonesia,indihe dan vietnam di beri sanksi pasti akan membuat 3 negara ini lemah,kl 3 negara ini lemah maka akan membuat mamarika kerepotan kerana 3 negara ini yg diharapkan mamarika untuk menghadapi cina di LCS

      Hapus
    4. Bersyukurlah dimari masih punya para diplomat/kemenlu yg handal..
      Hari gini ga pinter nego/lobi ya bakal keok ndiri..πŸ˜›

      Berusaha dulu, mikir, fight, lalu bertindak bener..janganlah belum-belum dah takut karepe dewe..ntar malah dibully ama yg ditakutin..πŸ˜›

      Hapus
    5. betul bro.jiran sebelah yang gemar cekap sembang nyatanya pon tak diperhitungkan oleh Amerika.
      spare part F 18 pon mencoba hibah milik australia

      Hapus
    6. malasya bengap je lah bro rempit hahaha

      Hapus
    7. http://www.airtimes.my/2018/08/09/pertahanan-malaysia-terlemah-di-asia-tenggara-menteri-pertahanan/

      Hapus
  3. SU 35 Fix
    Viper Coming soon xixixixi
    Isu KFX/IFX ditunda hanya sebagai penguat Indonesia untuk segera beli viper xixixixi

    Main syantiikk xixixixi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Herky J : 5 unit coming soon.
      A400 : 2 unit (+3?) coming soon.
      Aerial tanker : (?)
      AewC : (?)
      Chinook : (?)

      Mengasyikken....😁

      Hapus
    2. Hwihihi..
      Ini lagi omongin aset AU aja dah asyik mas..😊

      Belum aset AL / AD...😁

      Hapus
    3. Bung @essen Iver ad koq di laut 😁 #salam4biji

      Hapus
    4. Pernah baca lupa dimana infonya TNI AL tahun 2019 akan membuat PKR ke 3 dan ke 4 kalau estimasi selesai semua di 2021 maka selanjutnya PT.PAL akan membuat Destroyer Class... sepertinya Iver yg paling mungkin diakuisisi karena faktor paling murahnya.. tapi bisa jadi tahun segitu Damen akan nawarin Destro Class juga yang harganya bersaing.

      Hapus
    5. Iver sayangnya kurang panjang. Tetapi tidak melepas kemungkinan jadinya SIGMA pakai Stanflex. Jadi siapa tahu akhirnya seperti perkawinan antara DZP dan Iver. (Paling tidak bentuknya cantik)

      Galangan yang bikin Iver juga sudah tutup, jadi kalau perlu konsultasi buat manjangin agak susah. Kalau lambung SIGMA ada masalah tinggal hubungin Damen.

      Hapus
    6. Aerial tanker : 4

      Aew&C / AWACS : 4

      https://www.indomiliter.com/jelang-2018-inilah-proyeksi-terbaru-kekuatan-tni-au-di-masa-depan/


      "TNI AU sudah mencanangkan akan mengakuisisi empat unit pesawat AEW&C dan empat pesawat tanker untuk misi air refueling"

      Chinook : 12 unit kata sindonews.


      https://www.google.com/amp/s/nasional.sindonews.com/newsread/1186872/14/delapan-apache-dan-12-chinook-akan-jaga-langit-indonesia-1489062885

      Hapus
    7. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
    8. om woof, 4 bijik aewc aja uda mahalnya gak ketulungan, tp proyeksi aset tetangga disebelah mao punya 1 skuadron, gile bner..tp ntar 37 taon lagi, beratttt bok haha!πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚

      Hapus
    9. om super, kalo PKR 3, kalo cara baca guwe bner harusnya bulan ini uda mao mulai. tp kalo salah baru bulan 4 2019. ntar selesai 2020/21 hore haha!πŸ‘πŸ‘πŸ‘

      guwe liat di sblc dari inpo mimin kitah:
      http://defense-studies.blogspot.com/2018/07/menengok-rencana-strategis-pt-pal.html
      https://2.bp.blogspot.com/-neTZECKs978/W1KdWETpxWI/AAAAAAAA7h8/yKrDg5Ymv50232ahVaPKXISxW3RNC2yKgCLcBGAs/s1600/PAL-8.jpg

      Hapus
    10. Bro @lutfi
      Gue mah asli indonesia bro.
      Asli orang cimahi bandung

      Peace aaah

      Hapus
  4. Wah, ini berita yg salah judul.
    Judul yg benar:
    "Hasil diskusi dg Indonesia mengubah kebijakan politik U.S.A."

    Tapi ya sudahlah, emang kondisi sekarang, kita masih kurang research dan "HDI medium", jadi masih suka menghebatkan negara orang lain.

    Tapi masih mending drpd para tetangga, mentalnya ancur, suka "menyembah" Arab, Eropa & Japan.

    IMHO,based on the U.S. current and future assessment:
    1. Vietnam: independent strategic partner but, limited capability.
    2. Indonesia: Strategic partner but, mostly the U.S. has no choice to balance the power.
    3. India: the U.S. literally has no choice for the future balance of power!

    Gara2 output Caatsa, Turkey mengubah halauan politiknya jadi lebih halus & smart, kurang radical.
    (But, it seems too little too late for their economy. The damage has already been done!)

    BalasHapus
  5. Sekarang amerika "bukan pemain tunggal" lg layaknya adikuasa pasca soviet runtuh.
    Ada china yg pertumbuhannya di segala lini menggila & rusia kembali bangkit.

    Klo ego zaman clinton & bush junior masih jg terus dibawa..siap2lah kehilangan aliansi & pengaruh di asia

    BalasHapus
  6. ...horeeee...pikiran tenang hati senang


    si kembar ( bagas-bagus ) mengalahkan si kembar ( upin-ipin )


    ball position 65 : 35
    skor akhir 1 - 0


    DENDAM terbalaskan pada Beruk Malon


    ...Xixixixixixi :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waduuh aku lupa nonton
      πŸ€”

      Hapus
    2. Padahal 1 bulan lalu Timnas U 16 ini kalah 4-3 dlm pertandingan persahabatan lawan timnas malaysia. Baguslah mentalnya..nggk ada beban psikologi

      Hapus
    3. ...laga friendly match tidak bisa dijadikan ukuran, karena strategi dan pergantian pemain pun tidak seperti dilaga resmi

      ...dilaga resmi, Malon Beruk tidak diberikan kesempatan untuk BERNAFAS ( mengembangkan permainan )

      ...Xixixixixixi :D

      Hapus
    4. Kemarin nonton sambil dag dig dug. Akeh nyerang e tp Gak gol-gol

      Hapus
    5. Lui nek neng kalangane para ladies pantai samad kono ono unen-unene mengkene dek royan: "kepang dieneg-eneng, wes temumpang gak ......-....."


      Titik2e monggo diisi deweπŸ˜‚

      Hapus
  7. Gimana ni nggk ada yg bahas apdet politik ?

    Kubu yg disangka akan memanfaatkan "politisasi agama" malah memilih partnernya dari kalangan politik profesional.

    Malah partai berkuasa yg main politik identitas ^^.

    Ada taiker nggk disini..merasa di sleding joko dari belakang nggk ?
    Orang yg jeblosin taiker ke sel jadi cawapres ^^

    Nasionalisme di dada.
    Beda pilihan biasa.
    #2019GantiPresiden Jayalah NKRI

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hihihi karena yang di harap-harapin nolak mentah-mentah buat jadi cawapres ya bro..


      Hapus
    2. kalian kalah pintar sama Jokowi, sekarang posisi sudah terbalik, 500 milyar telah berkata, kalian cuma jadi batu pijakan yang akan ditinggalkan

      Hapus
    3. Mas Bayu, pengusung partai penguasa menelan ludahnya sendiri.

      Hapus
    4. Wooy... Disini tempat diskusi militer

      Hapus
    5. Lanjut 2 periode ja dah, ntar takut kayak jakarta.
      Kata iklan d tv "mau enk kok coba"...
      Hehehe

      Hapus
  8. indonesia, vietnam dan india adalah negara yg pertumbuhan ekonominya begitu menggairahkan disaat banyak negara yg ekonominya lesu akibat efek dr perang dagang amerika vs cina ditambah isu2 global yg liar dan tidak stabil, ke 3 negara ini jg terbukti mempunyai ekonomi yg kebal terhadap embargo karena SDA nya lengkap' justru bila amerika melakukan embargo terhadap ke 3 negara ini maka amerika akan kehilangan miliaran bahkan triliunan dolar dr hasil penjualan alutsista sampai pada perjajian kerjasama perdagangan lainnya,,,indonesia tidak punya masalah dengan china dan china jg masih berusaha menjaga sikapnya terhadap indonesia karena salah satu aset terpenting china adalah kerjasama ekonomi dan perdagangan dengan indonesia, amerika jg tidak akan membiarkan china tanpa saingan melakukan kerjasama ekonomi dan perdagangan dengan indonesia karena amerika tau indonesia hanya menunggu waktu saja untuk menjadi negara besar dan yg pasti kerjasama ekonomi dan perdagangan dengan indonesia selalu menguntungkan bagi negara yg menjalin kerjasama dengan indonesia,,,teknologi alutsista rusia saat ini sangat berkembang pesat' bila indonesia, vietnam dan india di embargo maka sudah pasti ke 3 negara ini lari ke rusia dalam urusan pengadaan alutsista dan ini jelas membuat amerika kehilangan miliaran dolar dan jg menambah daftar musuh berpengaruh mereka di kawasan asia khususnya asia tenggara yg mempunyai SDA lengkap,,,terlalu tolol bila amerika memberlakukan embargo untuk ke 3 negara ini yg punya pengaruh kuat secara ekonomi, politik dan SDA.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Coba lihat di jalan tol mas.. isinya truk kontainer ribuan biji sepanjang jalan setiap hari.. dari situ sudah kelihatan bagaimana pertumbuhan dan gairah ekonomi di Indonesia.

      Inget jaman Krismon dulu guampang banget di tol lari 200 kpj karena truknya sepi.. jaman sekarang ? bisa lari 100 kpj selama satu menit aja udah hebat hahahahahahaha.

      Jadi kalau ada prediksi Indonesia akan menjadi negara terdepan di ASEAN dalam 5 atau 10 tahun kedepan... saya setuju.. yang penting stabilitas politik terjaga dengan harmonis.

      Mau milih si A, si B gak masalah mas.. yang penting ekonomi meningkat dan militer kita juga semakin maju.

      Hapus
    2. Yup, orang makin kaya perlu banyak centeng buat jagain gudang duitnya..😁

      Hapus
    3. Dan semakin banyak muncul tenda biru buat sekedar ngopi sambil melepas penat dipantat...😍

      Hapus
    4. Klo menurut data ADB akhir kuartal 2017 pertumbuhan ekpnomi negara asean, indonesia stagnan nggk terlalu menggairahkan.

      Kamboja 7.1%
      Myanmar 7.7%
      Vietnam 6.5%
      Philipine 6.4%
      Indonesia 5.1%
      Malaysia 4.4%
      Thailand 3.5%
      Singapore 2.2%



      Hapus
  9. bukan arab saudi, bukan qatar, bukan timur tengah dan jg bukan eropa nafas/jantung ekonomi dunia saat ini dan untuk kedepannya, letak jantung/nafas ekonomi dunia saat ini dan untuk kedepannya dr daratan india sampai asia tenggara dan laut china selatan, semuanya ada disini dan sumber daya manusianya menunjukkan perkembangan yg luar biasa, negara lain yg coba2 membuat permusuhan dengan negara berpengaruh kuat dalam segala hal dikawasaan ini cepat atau lambat akan membunuh ekonomi negaranya sendiri karena telah membuat permusahan itu,,,indonesia kuat secara politik dan ekonomi jd gk perlu takut, kita hanya harus fokus dan fokus untuk terus menigkatkan kwalitas dan kwantitas sumber daya manusia indonesia, jangan ada kata puas dan terus tanamkan ambisi positif yg benar2 untuk membuat negara ini terus semakin TANGGUH DALAM SEGALA HAL.

    BalasHapus
  10. jauhkan rasis, jauhkan pemikiran yg bisa merusak kepentingan negara dan persatuan bangsa indonesia,,,agama adalah urusan antara sang pencipta dan ciptaannya atas prilaku dan perbuatannya di dunia ini, suku yg berbeda adalah khendak sang pencipta untuk menguji komitmen bangsa indonesia untuk sama2 satu rasa dan satu hati, bila semua ini 90% sudah tertanam di benak rakyat indonesia niscaya disitulah titik awal indonesia tangguh dalam segala hal, SDM tidak menjamin orang mampu menghindar dr benturan isu2 agama dan suku' hanya dengan cara berfikir nasionalis berbangsa yg mampu menangkal isu2 agama dan suku. #jokowi&mahfud.MD

    BalasHapus
  11. Indonesia bukan sekutu AS, hanya saja AS saat ini sedang membutuhkan Indonesia untuk menjaga stabilitas di Asia tenggara dan juga menjaga kepentingan AS terhadap pertumbuhan ekonomi Indonesia.

    tak ada kawan atau lawan yang abadi
    kecuali kepentingan itu sendiri

    BalasHapus
  12. Eh...kata,tni terkuat sedunia...nape takut pada embargo amerika..pt pindad buat senjata kampung ke..ke senjata indon asalnya buatan amerika, tampal sticker indon..wkwkwkwkwk

    BalasHapus
    Balasan
    1. Emangnya siapa yg bilang 'Takut' bro..? 😊

      Hapus
    2. Kl stempel stiker tak mungkin lah indonesia berjaya eksport weapon lon wkwkwk...cakap iri dan melancap sahaje kerja ko tuh lon...
      Oh ya salam CAP CAI 2055 dan salam 4 EKOR JE kalo begitu lon wkwkwk

      Hapus
    3. macam pistol pelancap vita birahi ke?
      buatan tempatan tuh kahkahkahkah

      Hapus
    4. http://www.airtimes.my/2018/08/09/pertahanan-malaysia-terlemah-di-asia-tenggara-menteri-pertahanan/

      Hapus
    5. scantut takut dideportasi soalnya blom jadi WNM sejati. abis kurang kenceng treaknya haha!πŸ€ͺπŸ€ͺπŸ€ͺ

      Hapus
    6. Ya anda benar scan...
      Indonesia hanya bisa buat senjata kampung.
      Malassia lebih hebat sudah bisa membuat senjata untuk perang antar planet
      Dan telah digunakan dalam pertempuran antara planet mars melawan planet jupiter.
      Yaitu
      Senjata VITA BERAPI, senapan canggih bertitit malassia

      Hapus
  13. Ya semoga indonesia makin maju...Terbaik...

    BalasHapus
  14. Salam bagas bagus 1 VS 0 Upin Ipin

    BalasHapus
  15. bukti Nilai tawar Dari Indonesia. lnjutkan!

    BalasHapus
  16. Ini menunjukkan betapa Indonesia kuat dan berkuasa tidak hanya di Asia tetapi bahkan di dunia. USA tidak pernah meremehkan Indonesia dalam semua tindakan tidak seperti negara-negara tetangga kita yang berlutut di kaki orang Amerika.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Biasanya yang meremehkan itu sebetulnya lemah. Tidak tau lawan yang sebenarnya.

      Hapus
  17. "Sekutu Strategis AS di Asia?"

    slogan sperti ini bukan pertama kali disebut pihak amrik haha!🀠🀠🀠
    guwe tahun lalu pada bulan juli, melihat & mendenger sendiri di @america.
    "duta besar" amrik bilang hal serupa pada saat Lockheed Martin scara resmi mengajukan tawaran F-16 Block 72 kepada TNI AU haha!😊😊😊

    laluw pd bulan oktober, guwe sempet komen hal serupa lg.

    "mungkin setelah byk latihan dgn yg empunya pesawat yg bagus2, ada pertimbangan buat beli f16 e/f ato mao lgs ke gen 5. tp ngantrinya ituloh bisa belasan taon lagi, itu jg kalo diijinin haha!πŸ˜€πŸ˜€πŸ˜€
    tnang kita dianggap teman/ally kok ama amrik, ambasadornya yg bilang loh😎 kalo mao brg amrik, nabung & nunggu program militer ahaayyπŸ€—"

    19 Oktober 2017
    https://defense-studies.blogspot.com/2017/10/satu-flight-pesawat-f-16-ikuti-latihan.html?showComment=1508488544474#c7508371008209438713

    knp kita dianggap sekutu? pdhl satu dunia jg tau kita negeri non-blok.
    yaa begitulah jika negera2 adikuasa berebut dekat ama kita, rusia, rrc, india, prancis, inggris, jerman dsb haha!🀣🀣🀣

    hanya ada satu negeri yg ngeselin, "VANUATUW"...tunggu ajah tanggal maennya yach LPD & LST kami uda makin banyak cuy haha!πŸ˜‹πŸ˜‹πŸ˜‹

    BalasHapus
    Balasan
    1. Trus kalo tabungan LPD & LST dah banyak mo dipakai ASDP-an yaa om pal...?

      xixixixixi πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚

      Hapus
    2. Vanuatu?
      Gampang.. Tawarin inves, Buatin pabrik textil, pabrik pengolahan ikan, dll yg pake SDM mereka.

      Bisa dipastikan bakal bungkam.

      Hapus
    3. iye om ps, mayan lebaran mudik gratis, multirol githcu haha!πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚

      Hapus
    4. waduww keenakan ntar mrk om maste, sering kita bantu tetep ajah nusuk, dasar mental kamfret, osi aja ditodong terus haha!πŸ˜‹πŸ˜‹πŸ˜‹

      tetangga mrk kita bantu cem fiji aja, lgs iri. bisuk2 kdi undang penyanyi dr fiji tamba pengsan mreka haha!πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚

      Hapus
  18. Rezim penguasa sekarang ini dari pertama berkuasa hanya rencana tni akan akan di perkuat faktanya apa gak belli apa apa bisa gutang gutang dan menaikkan harga situasi nya serba sulit kepepet ulama di jadikan bemper peneyelamat .

    BalasHapus
    Balasan
    1. naaahh muncul lg dia..ahh masak gak beli afa2 sich om antiembalgo? emang ituw kacamata ples brafe haha!πŸ€ͺπŸ€ͺπŸ€ͺ

      afa ferlu guwe bom lagi nech pake daftar list blanjaan mereka haha!πŸ˜‡πŸ˜‡πŸ˜‡

      toh maenan kesayangan om antiembalgo si su35 uda dibliin, padahal dinegeri om antiembalgo berpijak, gak suka kita shoping soping ke rusia haha!🀣🀣🀣

      betewe ente uda kayak org vanuatuw cs aja lama2, cuman bisa gonggong doank haha!πŸ˜›πŸ˜›πŸ˜›
      coba donk skali2 bela tana airmuh dari sana, demo kek di istana donal bebek.
      kita mao liat nich kesaktian om antiembalgo, masa tatut dideportasi demi alutsista rusia, oke ocehπŸ‘ŒπŸ‘ŒπŸ‘Œ haha!😜😜😜

      Hapus
    2. Ompal,ken ngorok mah teroris sejati om,mana pernah doi berbakti pada negaranya wkwkwk

      Hapus
  19. Si Ntung Phd sang sales gagal ngumpet dmn ya.? Kemaren cari2 sumber berita ini....wekkkk...weeekkkk....weekkkk

    BalasHapus
    Balasan
    1. Si Chokoplinplan ini udah tua tapi rupanya belum disunat, jadi ini ✂ buat nyunat si Chokoplinplan aka Rusakiye aka kucing buduk.

      Hapus
  20. Buat apa amerika nak halang indo? Indo cuma beli 11 unit su35 sebuah aset yang tidak memberi arti kepada sekutu amerika* su35 hanya sampah di mata amerika dan sekutunya! Tidak penting langsung bagi amerika! Su35 bukan aset mematikan cuma sekadar sampah rusia buat negara miskin seperti indo malaysia vietnam india!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Negara sekutu cuma kutu kecil bagi negara indonesia.

      Indonesia negara damai tapi rakyatnya militan, kami semua siap perang apabila ada negara lain menganggu kedaulatan negara indonesia

      Hapus
    2. AJ AJ antek komunis ni bisa ngomong tapi otak tak dibawa.
      negara ko hangus dalam satu kali serang sama su35

      Hapus
    3. Iyalah tuh yg tak ada belanja lebih mengerunkan bagi Amerika

      Hapus
  21. Balasan
    1. bukan frustasi nampaknya. sememangnya gila menahun

      Hapus
  22. Indon tak terkutik takut diembargo ama us...wkwkwkwkwwk

    BalasHapus
  23. the world is just like a roller coaster. sometimes you are in up/down.
    time flies, now you are my friends, tomorrow could be my enemies..lol

    BalasHapus