20 Agustus 2018

Kremlin: Indonesia Applied for Loan to Buy Russian Su-35 Fighter Jets

20 Agustus 2018


Su-35 fighter (photo : National Interest)

Indonesia has applied for a bank loan as part of a signed contract for the procurement of Russian Su-35 Fighter jets, reported theDeputy Director of the Federal Service for Military-Technical Cooperation of Russia, Vladimir Drozhzhov.

"There are several directions that we had to follow simultaneously with the signing of the contract. Work continues. A bank loan must be secured and now we are handing this arrangement, “said Drozhzhov.

Earlier, sources informed that Indonesia would receive a commercial loan from Russia for the purchase of 11 Su-35 Fighter jets. Reports said that it would be commercial and not a state loan.

 Russia signed the contract for the supply of 11 multifunctional fighters Su-35 Indonesia in mid-February. The amount of the contract exceeds $ 1 billion.

As noted, in accordance with the Indonesian law, the supply of modern aircraft to the country is based on the offset obligations and countertrade. In return, Russia pledged to purchase Indonesian goods, such as rubber, palm oil and other Indonesia's traditional exports.

(UAWire)

134 komentar:

  1. Herannya, rusia sendiri malah pilih su-30sm dibanding su35....πŸ€”

    Ada aqua....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yo ben tho mas'e, ben dunyo iki meriah riuh, gegap....(ra sido nerus) 😁

      Hapus
    2. Cara mengiklan yg buruk gitu lho mas....

      Btw, besok apa lusa ada joy flight rafale di halim lho...🀠

      Hapus
    3. @smiling
      Sampeyan iso mlebu halim yo mas? Aku kudu tuku tiket disik, iku wae ndelok soko panggonan calon penumpang umum.
      Hehehe :)

      Hapus
    4. lah rusia malah gak milih gipeng om smili, e tanya knafa haha!πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚

      Hapus
    5. Aku udah didalam dari pagi mas@adrian....(lha emang sampeyan kira yg nyuci rafale nya sapa😒)

      Hapus
    6. Edan....iso ngelus si sexi

      Hapus
  2. Rasoboronorepot ki jane niyat dodolan pora to....mosok saingane wes demo terbang lan ngirim simulator, deweke malah sante2 modal brosur thok (brosure fotokopian neh)πŸ€”

    BalasHapus
    Balasan
    1. Om smiling tak kei brosur trus di ematke sing apik apik hihihi..... https://googleweblight.com/i?u=https://jakartagreater.com/rostec-siap-bantu-pengembangan-badan-antariksa-turki/&hl=id-ID&tg=32

      Hapus
    2. Lg mbahas promosine rostec neng negarane dewe mang jalak...dudu turkiπŸ€—

      Hapus
  3. POOR Indon! 1 billion pun enggak mampu bayar!! duit jula beras dah habis?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Your dad screw your mom and the fruit is you.

      Hapus
    2. Eleh,cakap sembang ko tuh lon...sukhoi ko tuh cuma 4 ekor sahaje yg boleh terbang,sisanya rongsokan semua wkwkwk

      Hapus
    3. perang aj yukk lon, pasti kau hancur dluan

      Hapus
    4. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
    5. mampuu kan nunggu uang beras dari malaysia waktu itu kan era najib masih ngutang sama indo karena dana nya di bekukan gara2x sekandal 1mbd wkkwkwwk

      Hapus
    6. Weeeewwwww melon ga sanggup beli beras

      Hapus
    7. yg ini sikat om bay, ompol alias bang ipul "domdom""ass"me" husin tralala trililii haha!🀣🀣🀣

      Hapus
    8. @paul : MALASia ga bisa bayar utang gak usah banyak bacot, emak kamu kalau dijual saya beli...

      Hapus
    9. https://www.youtube.com/watch?v=1k-b-8ErOe4 Indonesia Ekspor 25 Ton Beras Ke Malaysia

      Hapus
    10. Maraknya paul bego itu jadi perex d batam....
      silahkan antri gaessss...


      πŸ˜†πŸ˜†πŸ˜†πŸ˜†πŸ˜†

      Hapus
    11. Ini orang nya si beruk Malon @Paul Baggio.

      https://plus.google.com/113961483334628710596

      Ini blognya:

      http://kachipemas.blogspot.com/?m=1

      Cuma beruk gak penting yg ikut2, dia mana tau klo Malon dikontrol Saudi & dijual ke China buat bayar hutang.

      Beruk tdk tau bedanya national capability & individual migration.

      Ekonomi cuma malon $300 aja dibeli pake satu anggaran nasional indonesia 2019 langsung cash!

      Tiap beruk Malon harus dikasih tau utk sopan!

      https://www.pwc.com/gx/en/issues/economy/the-world-in-2050.html

      Hapus
  4. Si gebleg nang ndhuwur iki wong ngendi to ?

    Dheke gak mudheng ya nek tuku montor mabur kanggo perang kuwi kaya tuku gerobak kanggo modal usaha, lha modal usaha kuwi khan isa ngutang dhisik to snajan sing duwe usaha kuwi uga duwe dhuwit.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Se neng duwur kui rak...aku, to masπŸ˜₯

      Hapus
    2. Lho kok njenengan sing krasa ?

      Aku khan ora ngomong "sing nang dhuwur dhewe" tapi aku mung ngomong "nang dhuwur" thok.

      Hapus
    3. Soale aku yo geblek...rapotku luweh akeh abange🀧

      Jare bu guru....pas ngisi rapotku, mangsi birune entek😁

      Hapus
    4. Mas @TN
      Pengacaune, ganti2 IP address, nganggo VPN Malon, tapi tetep wae ono bekase. Kadang nganggo IP Australi tapi asline Shah Alam & Sabah.

      Kawit mbiyen meh tak labrak perang hacker, iku kelompok keturunan cino sing mlayu seko kerusuhan 98.

      Iku pancen jaringan, BODO2 tur kerjone agen judi online lan internet/sms marketing kacangan.
      Pancen dibayar kanggo gawe kacau nyebarke hoax ning Indo.
      Dadine wis biasa ngulang2 kalimat rak mutu.

      Aku yo wis confirm karo konco2 Manila, Bangkok & Ho chi Minh, jarene duwe masalah sing podo.

      Khusus Indonesia, malon seko Sabah Sarawak, mung melu2 tok, sebab wis dikompori.
      Sumber duite ilang mergo diblok kemkominfo, rak iso mlebu market Indo.

      Yen wis podo rak sabar, malon iso diganyang hacker rame2 seko Indo, Viet, Pinoy, Thai lan mestine, hacker China & Russia bakal melu ganyang Malon.

      5 taun aku kerjo ning Google, 2 taun ning Microsoft, ora ono pegawai seko malon.

      Hacker malon yo rak ono sing cerdas.

      Pilihan liyane, dilaporke polisi. Tapi konco2 isih podo nunggu hasil investigasi hoax lombok, ono hubungane opo ora.

      Hapus
    5. Top info mas adrian..πŸ‘

      Hapus
    6. Mantap mas adrian infone

      Hapus
  5. mantappp, lanjutkennnn su35 haha!πŸ‘πŸ‘πŸ‘

    BalasHapus
  6. Pak jokowi dari 4 tahun lalu buy buy doang keyataanya belli pistol junga enggak broo .

    BalasHapus
    Balasan
    1. Beli pistol itu hanya buat yg gak punya "pistol", alias pake jari doang...pantes aja dicerain🀧

      Hapus
    2. Beli pistol ?

      Buat apa ?

      Lha pengawalnya khan udah bawa pistol, jammer, automatic rifle dsb.

      Jadi buat apa Pak Joko musti beli pistol sendiri, kalau yang ngawal dia udah banyak.

      Hapus
    3. kn jokowi prnh di kritik sama komisi I DPR, krn MEF II sama skli gk bergerak 40%, yg seharus ny udh ada pembelian kapal destroyer dan kapal selam baru

      Hapus
    4. Ada kok. Jaman pak Jokowi kita beli pistol dan senjata dari pindad utk Polri. Spt yg diributkan pak gatot tempo hari....hayooo....mau ngeles apalagi

      Hapus
    5. Lha itu infonya pak gatot A1 bener apa KW mas choko....πŸ€”

      Hapus
    6. kalo yg ini jgn om bay, om antiembalgo,"suku aseli" blom perna ktemu manuk sia haha!πŸ‘»πŸ‘»πŸ‘»

      Hapus
  7. ...ibaratnya


    Indonesia makan NASI PADANG / NASI RAWON...cuma beralaskan daun pisang, sederhana tapi nikmat dan lezat sekali


    Malon Beruk makan NASI LEMAK...beralaskan kloset / jamban yang baru dan mewah, walaupun harganya MAHAL tapi menjijikkan


    ...Xixixixixixi :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Malon duduk beralaskan kloset baru dan mewah tapi utangnya sampe mencekik leher wkwkwk

      Hapus
  8. Indo bodoh sanggup berhutang untuk beli jet sampah rusia! Cuma 1billion indo tidak mampu sehingga sangup jusl sumber asli negara.
    Airforce rusia sendiri tolak su35 rusia lebih suka su30sm custommade. Indo cuma beli 11 unit su35 basic variants tanpa rudal! Kalau mau rudal harus bayar asing! Indo kena tipu sama rusia macam malay kena tipu dengan mig29 dan su30mkm! Hahahaha

    BalasHapus
    Balasan
    1. Emang ente sanggup buat "sampah" semacam itu bro? 😁

      Hapus
    2. Itu org bangun tidur tekejut, kita beli 11 SU35. Yg dibaca berita basi, krn nda pernah update berita. Sdh jelas menhan bilang beli lengkap dng persenjataan kok malah dia yg tolol ngeyel.

      Hapus
    3. yg ini target 2 bole sikat om bay, yg ini gaje dr mane digiling AJah om haha!🀣🀣🀣

      Hapus
    4. Sukhoi malon cuma 4 ekor je yg boleh terbang wkwkwk

      Hapus
    5. @Scan & @AJAJ org yg sama.

      Mrk juga cuma beruk yg ikut2an aja, keturunan riau / padang.

      Bukan target operasi.

      Hapus
    6. Ada yg iri...wwkwkwwkkkwkkk...panas..panas...gak shoping2...salam 4 bijik besi buruk

      Hapus
    7. Su30s and 35s are for different roles. 35s are mainly for air superiority. 30s are for ground attacks. In plain terms. Malaysia did not get tricked. I am sure the Malaysians themselves should know very well what they are getting themselves into when they purchased it. It is a known fact that Russian fighters do not have longer airframe lifespan as compared to others. It is a known fact that maintanence and servicing is more tedious and costly. It is a known fact that it is much affordable as compared to others. There are pros and cons to every platform. Malaysia made their choice. That is their issue. Don't point fingers at the Russians. Malaysia was interested in it and wanted it. It was their decision to make despite knowing the long term effects. They wanted a special built su30 the mkm. They are the customer, they say what they require, the manufacturer will see too it if it can be implemented. Satisfied? Then buy. If not, look for other options or negotiate. Period. Russian and Soviet fighters may seem to be of lower quality in the eyes of many but i disagree. The question is purpos or strategy. Their style is when their fighters are due for retirement, they replace it with a newer improved model. There is nothing wrong with that. At the end of the day, it is after all their national interest. It works well for them. Where as western fighters are more costly but longer lasting and sophisticated which is more valuable in the long run. Again nothing wrong with that. Upgrading fighters are much more worth for western fighters. For Russian fighters , it is better to use it fully till retirement and replaced it with a newer model which is worth better.

      In my opinion, i am sure Indonesia can afford these 11 fighters without the need of loan. Perhaps they can buy it in batches of 6 & 5 since they have many other programmes like the medium tank. With a year apart? You can save some money without dealing with interest. It Depends.

      Hapus
    8. aj gila turunan indie bangla nih ngomong sampahπŸ˜€πŸ˜€πŸ˜€ negara ko parah lagi assetnya

      Hapus
    9. mantap om ben, kamsiah haha!πŸ‘πŸ‘πŸ‘


      nach, om smilikity, om ben dikasi sepeda gak nich, tulisan rapih, terarah bagus buat pertanyaan artikel disebelah lho haha!😜😜😜

      Hapus
  9. Ehh, ngomong2 kasi selamat dulu dong buat mas joni yg sekarang viral...😎

    BalasHapus
    Balasan
    1. Selamat ya mas jon, ente lebih bisa berbuat dari pada yg kuat 'bicara'..cool πŸ‘πŸ‘

      Hapus
    2. Tapi cukup sekali ini aja aksi seperti itu, aku ra kuat le nyawang waktu dek joni menek tiang nganti mencit...kuatir yen tiange poklek😬

      Saking wedine, nganti ngumpet neng ketheke bojoku....😡

      Hapus
    3. Terimakasih adik πŸ‡²πŸ‡¨JONIπŸ‡²πŸ‡¨
      Remaja Patriot dari SMPN Silawan NTT.

      Hapus
    4. ohh guwe kira om joni antiplokis, kalo yg itu mah masi buron warteg sebelah haha!pisss omm haha!😊✌✌

      nah klo si joni cimot, manteb mokasi jonπŸ™πŸ™πŸ™.
      klo guwe jangankan naek, turun tiang stinggi ituw uda pusink duluan haha!πŸ’ͺπŸ’ͺπŸ’ͺ

      Hapus
    5. Hati2 mas joni dari NTT di claim sm malon,kl mas joni anti polisi bolehlah di claim sm malon wkwkwk....kaburrr...piss bro joni anti polisi,just kidding

      Hapus
    6. ternyata disini orang berprestasi semua πŸ˜‚πŸ˜‚ mas joni sedang ketemu jokowi

      Hapus
    7. Aj aj bongok πŸ˜† Malonsial bukan kena tipu tapi masalah utamanya wang, duit, money, fulus.. itu lah akibat negara bangkraps beli sparepart tak mampu jadi apa yang nak di harapkan jual saja Kat kedai besi buruk tu mig 29 dan Su30 mkm buat tambahan bayar hutang.. Indonesia bukan macam malonsial duit untuk perawatan pesawat always ready..πŸ‘ πŸ˜†πŸ˜†πŸ˜†πŸ˜†πŸ˜†πŸ˜†

      Hapus
  10. su-30sm biaya produksinya jauh lebih rendah dan dr segi pengembangannya pesawat tempur untuk memenangkan pertarungan dogfight, rusia dr dulu lebih mengutamakan strategi defensif dalam militernya ibarat sepakbola gaya mainnya bertahan oleh sebab itu mereka mengutamakan pengadaan su-30sm, sedangkan su-35 adalah pesawat tempur untuk melakukan serangan jarak jauh tp tetep mampu untuk memenangkan dogfight, oleh sebab itulah rusia lebih mendahulukan su-30sm karena menurut mereka pertahanan mereka jd prioritas utama menunggu membaiknya ekonomi mereka,,,utang gk pa2 yg penting jelas duitnya dibeli untuk pengadaan pesawat, malingsial utang tuk mempertebal kantong najib hahahahaaa

    BalasHapus
    Balasan
    1. sejaka kapan doktrin pertahanan rusia itu defensif ?

      Untuk apa dia punya rudal calibr, icbm, su 34 , dan yg terbaru pembom jarak jauh TU22 diaktifkan lg ^^

      Dari dulu rusia itu ofensif kok

      Hapus
  11. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  12. patut la lambat dapat..uangnya nggak ade..kena apply loan dulu

    BalasHapus
    Balasan
    1. ntar kalo tau2x dateng di bulan oktober2019 2unit su35 malon bisa kejang2x apa malah ejek kehangar lagi gara2x gerogi kalo su35 main ke malon

      Hapus
    2. Setengah imbal dagang,setengah loan

      Hapus
  13. COPAS DARI GROUP SEBELAH : kondisi militer kita pasca krisis keuangan tahun 1997-1998 yang memaksa jatuhnya sebuah rezim. Ironinya ketika militer kita sedang mengalami keterbatasan alutsista berbagai persoalan muncul. Gejolak Timor Timur yang menghebat, Aceh kembali membara dan Maluku berdarah-darah. Belum lagi ibukota Jakarta yang juga perlu pengawasan ketat.

    Ketika semua itu harus kita jalani dengan ketabahan tiba-tiba arogansi militer dan diplomasi Malaysia dipertontonkan dengan mengambil pulau Sipadan dan Ligitan. Ketika angkatan udara kita berpatroli di Sipadan dengan 4 pesawat OV10 Bronco mereka mengusirnya dengan mengirim jet tempur F5E. Lewat jalur mahkamah internasional Malaysia berhasil menguasai wilayah itu.

    Merasa diatas angin militer mereka lalu menerobos masuk Ambalat dengan asumsi karena sudah menguasai pulau Sipadan dan Ligitan maka teritori perbatasan laut juga berubah. Menurutnya Ambalat milik mereka karena teritori laut Indonesia “harus turun” setelah pulau Nunukan sampai Derawan Kaltara.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sekarang klo TNI mau, sipadan n ligitan itu bisa diambil mudah kok tanpa perlawanan.

      Tes aja latihan disitu...daratin marinir..ntar diprotes bilang aja salah mendarat ^^

      Kekuatan mereka bener2 ompong sekarang..pemerintahan sekarang pertahanan bukan jadi prioitas. Perkuatan militer bukan pilihan populer.

      Hapus
    2. Hehe.. tapi siap2 dimarahi PBB krn dianggap agresi mas Bayu..

      Hapus
    3. nacchh ada om bayu nich mlipir kesini haha!πŸ˜…πŸ˜…πŸ˜…

      masi inget ama kata2 dibawah inikah?:
      "Sebelum elu ada gw udah pantengin ni blog counter2 beruk malon dari 2009."

      "Era gw pantengin ini blog dari 2009 saat beruk2 maloners pake ID pak syeikh, mohd fikri, jejak perwira mulai troll dari ambalat, manohara,sampai isu boat bakamla kita yg disatroni sama heli lynx mereka. Forumer indo dulu bersatu banget lho, isu dalam negri nggk ada buat kita sampe judge yg nggak2."

      dari sinih haha!😊😊😊
      http://defense-studies.blogspot.com/2018/08/pasukan-marinir-latihan-di-sorong-papua.html

      begini om bay, kerna om ituw ngakunya senior kita smuah, bole donk unjukin "kbuasaannye" ke para tetangga kesayangan yg nakal2 ituw tp haha!😱😱😱

      tuch uda ada 2 mangsa diatas, silakan di terkam spuasnya, soalnye kite mao liat gaya om, kerna slama ini "prasaan" didiemin dech haha!🀣🀣🀣

      Hapus
    4. ps: kcuali om jepe yak, prasaan doi lelembut disini haha!πŸ˜†πŸ˜†πŸ˜†

      Hapus
    5. Tapi kan kelihatan patriotik to mas....@masteπŸ˜‚πŸ€£

      Padahal pemerintah kita ikut andil dlm lepasnya sipadan ligitan.

      Tahun 67, selepas orla kita baru tau kalo kedua pulau itu ada, setelah malay menuntut kedua pulau
      tsb 😱

      Kemudian ada jeda yg panjang, ktk thn 97 pemerintah sepakat membawa kasus ini ke MI, setahun berikutnya RI dan malay membuat kesepakatan yg mengikat utk mematuhi apapun hasil yg diputuskan oleh MI ttg kepemilikan 2 pulau ini.

      Dan tahun berikutnya persidangan mulai berjalan....hingga MI memutuskan kepemilikan SL ke tangan malay.

      Pelajarannya adl, selama jeda yg panjang tsb kita mengabaikan keberadaan pulau2 terluar...jangankan dibangun, peredaran mata uang rupiahpun tidak berjalan.

      Sementara dipihak malay mereka gencar membangun pulau itu dijadikan resort pariwisata sbg ekonomi disana berjalan.

      Pelajaran selanjutnya, kalo dimasa depan ketemu masalah serupa....jangan pernah mau maju ke MI kalo gak yakin menang telak, biarkan tetap dalam kondisi status quo, sampe pihak yg menyengketakan capai sendiri

      Hapus
    6. oiye guwe lg cek ini blog dari taon 2009, prasaan sebagian besar no komeng dach om bay, adem ayem.
      jd yg dikounter si om ituw apaan yak? haha!πŸ‘»πŸ‘»πŸ‘»

      tp guwe jd liat brita usang yg cukup mnarik diantaranya

      negerinya om ben ama om jepe beli rib dari kita produksi PT LUNDIN haha!😊😊😊

      AL Malaysia-Singapura Beli Kapal RIB Produksi Indonesia
      http://defense-studies.blogspot.com/2009/11/al-malaysia-singapura-beli-kapal-rib.html

      yg ini yg serprais, lah ternyata dari dolo uda nyari sperpart KW ampe kesono. taon segituw bukannya masi baruw? haha!😜😜😜

      RMAF Seeks China's Logistic Support For Sukhoi Fighters
      http://defense-studies.blogspot.com/2009/11/rmaf-seeks-chinas-logistic-support-for.html

      Hapus
    7. Hooh yo mas palu....seingatku tahun2 segitu disini masi sepi komentatorπŸ™„

      Apa mungkin komen beliau dulu pake fitur stealth....sampe ga kedeteksi manusia normalπŸ€”

      Hapus
    8. Gw lihat troller malon udh nggk ada yg berbobot kek dulu.
      Klo dulu mereka pk data yg apdet sbg bahan perbandingan. Krn dulu kita emg kalah segalanya di semua matra, jd mereka PeDe.

      Sekarang gw lihat troller malon sumpah serapah asal jeplak aja yg ada. Mungkin udh nggk liat realita lg, saking kecewanya dgn perkembangan militer mereka yg sekarang.


      Kita unggul segalanya sekarang dari mereka.,mereka tau itu kok... diladeni ya percuma aja.

      Troller senior malon sekarang yg masih ada sesekali muncul itu ID gempurwira.

      Hapus
    9. yg guwe tau, ompol ituw orgnya bisa diajak serius, doi skrg gt lagi maen2 ajah, biasalah represing daripada pusing mikirin CAPCUS55 haha!🀣🀣🀣

      teman setana aernya aja diajak debat mulai dari yg blom py id merah spt guwe unjukin dibawah ituw haha!πŸ˜†πŸ˜†πŸ˜†
      masuk ranah politec jugak mirip dechh kyk om bayu ama temen2 disini haha!🀠🀠🀠
      kalo mao liat ompol brisik, tuw di blog tana airnya haha!πŸ˜›πŸ˜›πŸ˜›

      klo om gempur, ada kok, panggil aja pur..purr haha!πŸ˜…πŸ˜…πŸ˜…
      canda, ntar jugak dateng kalo ada barang baruw haha!πŸ˜‰πŸ˜‰πŸ˜‰

      yg laennya gak usa dipanggil, uda bagus mrk bobok tiarap semasa pru haha!😴😴😴

      Hapus
    10. Ganyang MALON,MAHATHIR BUSOK,KU BUNUH KO NANTI MAHATHIR BANGSAT !!!!!

      Hapus
    11. makanya guwe kasi gambar momo om smiling πŸ‘»πŸ‘»πŸ‘» haha!πŸ™„πŸ™„πŸ™„

      nach itu betul om olintralala trilili haha!πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚
      dikira ambalat kita kasi, pdhl dari dolo kagak dikasi kendor ama tni haha!πŸ’ͺπŸ’ͺπŸ’ͺ

      makanya xlaluw guwe tulis bole ambil noh sono pulau busuknye tp lautnya kagak pernah skalipon haha!😜😜😜
      makanya kita bangun markas kasel di palu, gunanya buat nyetut mereka haha!πŸ’€πŸ’€πŸ’€

      dan lucunya lg perna si ompol bagio diatas ituw kira ambalat pulau, kesian gak nyampe itunya haha!🀣🀣🀣

      Hapus
    12. Blog gw utk post2 lama yg udah di archieve pernah jg hilang kok track record coment2 membernya, kadang lg ada maintenance tampilan blog baru

      Hapus
    13. weedeeww klo baca tulisan om pit mungkin bisa kena serangan jantung haha!πŸ˜‡πŸ˜‡πŸ˜‡

      Hapus
    14. Palu@ bkn apa2 ompal,mahathir ni salah satu biang kerok sipadan dan sipadan lepas,dlm salah satu perjanjian yg di teken soeharto dgn mahathir anjing,selama dalam sengketa,ke dua negara tdk boleh mengeksploitasi atau membangun sarana dan prasarana di sipadan dan ligitan,tapi apa lacur malon melanggar perjanjian yg telah diteken bersama,dgn membangun sarana dan prasarana di sipadan dan ligitan inilah yg membuat malon dimenangkan di mahkamah internasional

      Hapus
    15. oww begitchu om pit, fantesan ompol benci bingit, dolo dia pengen si ajib2 penjaraiin eh nyatanya ajib2 bakalan duluann haha!πŸ˜†πŸ˜†πŸ˜†

      Hapus
    16. gpp om pit, ngapaen difikirin pulau kecik ituw. kalo yg gde di utara bs dafet haha!πŸ˜…πŸ˜…πŸ˜…

      satu kodam diaktiken kembali jd 2 kodam.
      tinggal di satu lagi di reaktifken, begh uda mirip jaman dolo, long march ke utara smua, cihuuyyy haha!πŸ™ƒπŸ™ƒπŸ™ƒ

      Hapus
    17. gak ilang smua kok om bay, cmn sdikitt prit haha!πŸ˜„πŸ˜„πŸ˜„

      Hapus
  14. https://m.detik.com/finance/berita-ekonomi-bisnis/d-4174183/cicil-utang-400-triliun-sri-mulyani-44-warisan-masa-lalu

    "44% adalah pembayaran utang pokok pemerintah dimasa sebelumnya"....lhoh katanya udah lunasπŸ€”

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mbok coba yg tau sini tunjukin kuitansi pelunasannya....😁

      Hapus
    2. gila banget menjilatnya, padahal era lalu dia jg jadi menkeu ^^
      Zaman sby utang IMF lunas, devisa meningkat pesat. Bisa melewati krisis wall street di amerika 2008 dgn lancar tanpa inflas yg tinggi di dalam negri.

      Klo ada rincian lain maksud dari sri mulyani ini silahkan dibabar ^^

      Hapus
    3. Yang lunas itu hutang dng IMF yg cerewet itu mas mbroo. Dilunaai jaman SBY. Setiap tahunnya kita berhutang utk menutup devisit anggaran. Jng lupa APBN kita disusun dng ngutang utk menutupi defisitnya. Dari jaman orde lama berlangsungnya.
      Jaman Gus Dur sampe bu Mega bayar hutang jaman pak harto, jaman pak SBY bayar hutang jaman Mega, jaman jokowi bayar hutang jaman SBY. Begitu pun jaman pengganti Jokowi kelak, akan membayar hutang peninggalan pak jokowi. Itu sdh konsekwensi pemimpin RI. Karena rata2 hutangnya jangka menengah dan panjang.
      Jika anatar pe dapatan dan belanja kita sdh surplus mungkin, kita gak ngutang lagi. Kapan bisa surplus.? Diprediksi pertumbuhan ekonomi berkisar 8% pertahun itu indikatornya. Krn saat ini defisitnya berkisaran di 200 T

      Hapus
    4. Klo kek gitu kan jelas maksudnya. Ini seakan2 semua salah SBY aja.

      Gw beneran heran setiap diksi yg digunakan pemerintah rezim ini, padahal rezim2 yg lalu nggk pernah mengkambing hitamkan siapapun.

      Hapus
    5. Itu biasa bung detik2 menjelang pemilu pasti diinstrusikan spt itu semua jajarannya. Menurut saya hal yg wajar saja dalam berkampanye.

      Kalo kita cermati justru ada kelemahannya. 44% saja bagian masa lalu sedangkan 54% adalah porsi pemerintah sekarang, artinya bahwa hutang pemerintah skrng adalah dlm bentuk hutang jangka pendek dan komersial.

      Menteri keuangan setelah era Jokowi pun nantinya akan teriak spt yg diucapkan bu sri mulyani saat ini, krn posisi hutang kita sdh menyentuh 5000 T

      Hapus
    6. Itu kemarin mengcounter peryataannya pak kipli, bung choko...

      Hapus
    7. Lha di zaman SBY gali lobang tutup lobang mas,emang utang ke IMF dah lunas,tp nambah utang baru lg ke world bank,ADB,IDB,Jepun,German,USA dll

      Hapus
    8. Lha emang zaman skrng gak gali lubang jg bro.?....hehehe

      Hapus
    9. 56% itu utang yaman now ya!44% sisa yaman lalu!

      Hapus
  15. bukan berarti punya rudal calibr, icmb dan pesawat pembom sudah berarti offensif, jd kalau indonesia punya rudal calibr, icmb dan pesawat pembom berarti doktrin militer indonesia offensif???? doktrin militer offensif itu mereka memilih lebih dulu menyerang ketimbang diserang contoh doktrin militer offensif itu yg paling menonjol adalah amerika dan nato, terutama amerika dengan puluhan kapal iduk dan pangkalan militernya bertujuan untuk menggapai seluruh wilayah agar mampu menempatkan kekuatan militernya untuk menyerang segala potensi bahaya tertuju pada negaranya, kalau rusia punya rudal calibr, icmb dan pesawat pembom adalah bagian serangan balik militernya' rusia lebih mengutamakan perlindungan langsung wilayahnya ketimbang menyerang langsung, itu yg namanya difensif,,,maaf bukan sok pinter, ane sarankan lebih baik coba dicek lg ;)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Reply aja tong biar nggk serampangan coment lu ^

      Simplenya bentuk alutsista suatu negara itu menentukan arah doktrin pertahanannya.

      Ketawa gw ni...baru kali ini ada yg ngelawak bilang ruski itu defensif ^^

      Hapus
  16. Kesian malon abis baca berita ini langsung kebakaran jenggot maklum lah sulhoi mereka cuma 4 biji wkwkwk kesian ngga sanggup bayar 1.1 billion dollar utk benerin sukhoi yamg lainnya 🀣🀣🀣🀣🀣

    BalasHapus
    Balasan
    1. 14 sukhoi malon yg rosak tuh dijadikan barang rongsokan sahaje wkwkwk

      Hapus
  17. sri muliyani benar kok, kenapa sekarang diributkan????? padahal 44% yg dibayar adalah utang masa lalu, kenapa gk diributkan dr jaman SBY???? kenapa saat mau pilpres gini kok diributkan???? emangnya bisa membangun dengan kas negara yg kacau balau????? dr mana duitnya era pemerintahan jokowi kalau gk terpaksa ngutang lg tuk bangun infrastruktur dan lanjutkan proyek mangkarak???? emangnya duit jatuh dr langit?????

    BalasHapus
  18. eh tong doktrin militer bukan diliat dr alutsista tong, tp strategi utamanya tong,,,dah salaj nyolot bhuhahaha cacing perut tetangga ane loncat2 baca komentar ente ;)

    BalasHapus
  19. doktrin adalah strategi, doktrin bukan berarti alutsista,,,penempatan kekuatan militer adalah doktrin/strategi ;)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ruskiye itu offensif pakai tangan milisi ruskiye di negara lain! Ngerti ora!?

      Hapus
  20. doktrin militer = strategi utama dalam militer,,,doktrin militer = alutsista utama militer =>>> kgak cocok tong bhuhahahahaa,,,dah salah nyolot #paraaahhh

    BalasHapus
  21. Indon itu tolol..su35 yg beli,pasti tiada misil..huahahaha

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yang penting,efek gentar kasi musuh goyang..xixixixixi

      Hapus
    2. Ya udah, syukur kalo itu yang bikin you senang..😁
      Selamat yaaaaaa...😁

      Hapus
    3. yg ini blom dpt id merah boleh jugak digoyang dombret om bayu haha!πŸ˜†πŸ˜†πŸ˜†

      Hapus
    4. Malon stress kagak beli apa2

      Hapus
    5. scancut..gimana ekspor vita berairnya ?? trus scorpung bisa selam kah ? kl tak mampu selam..jadikan monumen aja scorpung malon...

      Hapus
    6. Scan busok,ko jgn stroke baca berita nih ye wkwkwk

      www.militermeter.com/menhan ryamizard ryacudu :11 pesawat sukhoi Su-35 complete senjata lengkap/27-10-2017

      Hapus
    7. Masih nggk ngeh jg ya,
      Ini troller dari Indo sendiri ^

      IP di bekasi, kadang di tanggerang ^^

      Nggk usah diladeni

      Hapus
    8. Bayu @ dia asli intel MEIO (BIN)nya malon yg di sebar ke seluruh dunia salah satunya ke indonesia untuk membuat indonesia jd kacau dan lemah,moment2 pilpres inilah mereka makin giat beraksi dgn cara memecah belah rakyat indonesia

      Hapus
  22. scan@ hati2 stroke ye mikirin gk shoping2,,,ngutang buat isi kantong najib #tepok_jidad

    BalasHapus
  23. ada orang ngaku2 dah lama hilir mudik diblog ini, ngaku2nya dr 2009 tu tp setelah ane cek kagak ada yg komentar postingan 2009,,,oh mungkin tu orang jd jin jd sulit diliat komentarnya bhuahahahaa,,,kita manusia pasti ada kekurangan dan kelebihan masing2, gk ada orang yg perfeck dan semuanya belajar dan terus belajar ;)

    BalasHapus
  24. ane baru disini, baru 1 tahun dan pede komentar 3-4 bulan aje, jd ane junior sangat disini,,tp kalau mulai senang dengan alutsista baru 4 tahun, sesuatu yg kita senangin pasti seru tuk dipelajarin ;)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah...
      Saya baru beberapa bulan dimari dan langsung strong, pede banget buat ngebuly si beruk malon si malassia miskin itu bung.

      Wkwkwkwkwkwk

      Hapus
  25. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  26. Hahahahahahahahahahahaha.berita paling lucu.kena atas muka sendiri.πŸ˜‚πŸ˜‚
    Cakap mcm hebat.shopping tiga matra la.apa.la.tp mintak ngutang.mintak imbal dagang.hahahaha.ni berita paling lawak aku baca.dasar negara kaki ngemis kredit eksport dr dulu lg.hahaha.mana itu budak palu goda.budak mt lampir dll.malu oiii.πŸ™ŠπŸ™Š

    Opsss.malay kalau beli takan ngutang donggg.bnyk berjibun.tak ompong.jauh beza dgn negara kaki ngemis kredit eksport ni dan kaki ompong.😎😎

    Bnyk shopping konon tp aku tgk daftar alutsista indon masih jauh ketinggalan terutamanya angkatan laut dgn kapal-kapal tua,ompong,usang yg bnyk bakal pensiun.😒😒

    Tumpang tanya.f16 yg bnyk rusak dan stuck di block 32 dgn radar basic tu boleh terbang ke?πŸ˜‚πŸ˜‚

    Salam kopaska banci kena tgkp melanun.πŸ˜†πŸ˜†

    😘😘

    BalasHapus
    Balasan
    1. Beli senjata tak ngutang, kenapa utang malon menggunung 60 peratus dari PDB ??, ooo utang tas hermes rosmah ke ???

      Hapus
    2. Sukhoi tu 4 bijik saja boleh terbang...adohai malu sangat...kata mmenteri mat nyabu tu..peringkat militer masih di bawah kamboja & laos...kasihan

      Hapus
    3. Iyain aja, yang jelas siapa yg takut ya waktu itu bongkar mercusuar di tanjung datu? πŸ˜› Terus kenapa Vietnam yang jumlah sukhoi lebih banyak dari malon lebih bangga dengan SU35 Indonesia? Bukan kah Sukhoi malon claim paling jaguh sedunia akherat? Sedangkan RAAF ketika dogfight dengan Sukhoi Indonesia langsung minta F35 ? 😚 Disini jelaskan, kalau mana negeri yang bermatabat, dan mana negeri yang jadi bawahan negara lain yang gak punya harga diri harus tunduk terhadap negara lain, katanya Merdeka? Kok masih dijajah tapi ya? Kita rakyat Indonesia jangan suka terprovopokasi sama Malondog, mereka kita bahas sejarahnya saja pasti akan malu sendiri ! Udah biarin seenaknya udel mereka mau cari-cari masalah yang penting KITA RAKYAT INDONESIA BANGSA YANG DISEGANI TANPA HARUS TAKUT ADA GANGGUAN ANCAMAN NEGARA LAIN KARENA MILITARY KAMI TNI CUKUP DISEGANI! Buat beruk malon terus aja buat orang indonesia marah dan be smart untuk memahami mana kebodohan 😍

      Hapus
    4. Malonsial tolol lupa ya.. Su30mkm ko itu hasil hutang bayar pakai sawit πŸ˜† Tank monkey model T-72 Poland pun hasil hutang karena hanyalah Poland yang mau di hutang dan bayar pakai sawit.. out jangan lupa LCS pun hasil soft Loan dengan China bayar 25 tahun..πŸ˜†πŸ˜†πŸ˜†πŸ˜†
      Miris nya malonsial tak mampu beli sparepart sukhoi.. kapal gone wind takde kabar.. heli kecik Nuri janji datang Agustus pun tak datang.. Meriam hibah Amerika pun tak datang πŸ˜† F-18 usang pun boleh derma sparepart dari ausie πŸ˜† pantas saja mat sabu menobatkan malonsial tentara paling lemah di Asean πŸ˜†πŸ˜†πŸ˜†πŸ˜†πŸ˜†

      Hapus
    5. nah baru bisa ane balas komentar malon beruk, dr kemaren2 eror terus kalau diklik' mungkin efek tinggal dikebun sinyalnya rada2 stroke,,,eh malon berok, jangan liat judul utangnya tp liat bagaimana cara sebuah negara memanfaatkan kesempatan yg ada, peluang kerjasama yg ada dan yg paling penting memanfaatkan dana yg ada seefektif mungkin,,,imbal dagang adalah bagian dr strategi membuka peluang dagang dengan negara lain, kalau ini menguntungkan ke dua belah pihak pasti berlanjut dan komoditas yg ada di indonesia mendapat peluang eksport baru, kalau ada yg kasih ngutang yg tidak membuat sesak kenapa tidak diambil????? duit ya ada kan bisa dimaanfaatin untuk terus mengejar pembangunan infrastruktur, infrastruktur tetep ngebut dan pesawat kita dapat' gimanapun infrastruktur adalah kunci untuk meningkatkan geliat ekonomi suatu negara yg pastinya menjaga stabilitas pertumbuhan ekonomi suatu negara,,,,malon beruk yg tolol ngutang untuk isi kantong najib BHUAHAHAAAA

      Hapus
  27. loan itu supaya terlihat low profil sama negara terbelakang seperti malon.
    kalau dibayar tunai.. malon kena stroke dan tercirit takot.
    kesian saja.

    lagi pula malon tak ada kuasa apapun sekarang ini. guna bayar bunga hutang saja jual negeri.

    anak ko nanti kesiaan jadi budak hutang.

    selamat melancap kat bilik gila ya malon hahaha

    BalasHapus
  28. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  29. siapa yg berani kasih utang malon beruk????? british aje kagak berani lg kasih utang, dikasih utang malah buat korup,,,paraaahhhhh

    BalasHapus
  30. ikutan boleh?
    su35 kmungkinan "opening project" sdngkan dst nya ada projek2 lain yg ga bisa di publikasi,, wal hasil jika deal beli su 35 maka itu adalah awal dri sebuah pintu produksi "bareng"

    untuk darat laut dan udara masih secret sbb kalo di update pasti mamarika+yahudi sibuk ngebully indonesia...

    BalasHapus
  31. Doktrin blog ini... Beruk malay masuk langsung di gebuk...kecuali yg sopan...heeehee

    BalasHapus
  32. hmm iyh2 kang,, insha allah apapun kata tetangga kita yg sinis ga udh di peduliin toh mereka pun tau bahwa negara mereka sdng krisis anggaran,,

    yuks kita fokus tuk rumah kita ajah,,

    BalasHapus
  33. GUYS.. ADA YANG MINTA BANTUAN FISKAL TUK BANTU BAYAR HUTANG LOHH.. 1MDB..

    KE NEGARA CHINA.. KALIAN TAHU NEGARA MANA YANG MENADAH TANGAN DI BWH TUK DPT UANG KE CHINA??

    KWKWKWKW.. DEPANNYA M......A = 8 Huruf

    Ayo terka.. kwkwk

    BalasHapus
  34. Halo,
    Semua orang, tolong, saya dengan cepat ingin menggunakan media ini untuk membagikan kesaksian saya tentang bagaimana Tuhan mengarahkan saya kepada pemberi pinjaman kredit yang benar-benar mengubah hidup saya dari kemiskinan menjadi wanita kaya dan sekarang saya memiliki kehidupan yang sehat tanpa stres dan kesulitan keuangan,

    Setelah berbulan-bulan mencoba mendapatkan pinjaman di internet dan saya telah ditipu dari 400 juta, saya menjadi sangat putus asa dalam mendapatkan pinjaman dari kreditor online yang sah dalam kredit dan tidak akan menambah rasa sakit saya, jadi saya memutuskan untuk meminta saran kepada teman saya tentang bagaimana cara mendapatkan pinjaman online, kami membicarakannya dan kesimpulannya adalah tentang seorang wanita bernama Mrs. Maria yang adalah CEO Maria Loan. Perusahaan

    Saya mengajukan jumlah pinjaman (900 juta) dengan suku bunga rendah 2%, sehingga pinjaman yang disetujui mudah tanpa stres dan semua persiapan dilakukan dengan transfer kredit, karena fakta bahwa tidak memerlukan jaminan untuk transfer. pinjaman, saya hanya diberitahu untuk mendapatkan sertifikat perjanjian lisensi mereka untuk mentransfer kredit saya dan dalam waktu kurang dari dua jam uang pinjaman telah disetorkan ke rekening bank saya.

    Saya pikir itu hanya lelucon sampai saya menerima telepon dari bank saya bahwa akun saya telah dikreditkan dengan jumlah 900 juta. Saya sangat senang bahwa akhirnya Tuhan menjawab doa saya dengan memesan pemberi pinjaman saya dengan kredit saya yang sebenarnya, yang dapat memberikan hati saya harapan.

    Terima kasih banyak kepada Ibu Maria karena telah membuat hidup saya adil, jadi saya menyarankan siapa pun yang tertarik mendapatkan pinjaman untuk menghubungi Ibu Maria dengan baik melalui E-mail (mariaalexander818@gmail.com) ATAU Via Whatsapp (+1 315-659 -4898) untuk informasi lebih lanjut tentang cara mendapatkan pinjaman Anda,

    Jadi, terima kasih banyak telah meluangkan waktu Anda untuk membaca tentang kesuksesan saya dan saya berdoa agar Tuhan melakukan kehendak-Nya dalam hidup Anda.
    Nama saya adalah kabu layu, Anda dapat menghubungi saya untuk referensi lebih lanjut melalui email saya: (kabulayu18@gmail.com)

    Terima kasih semua.

    BalasHapus
  35. kesaksian nyata dan kabar baik !!!

    Nama saya mohammad, saya baru saja menerima pinjaman saya dan telah dipindahkan ke rekening bank saya, beberapa hari yang lalu saya melamar ke Perusahaan Pinjaman Dangote melalui Lady Jane (Ladyjanealice@gmail.com), saya bertanya kepada Lady jane tentang persyaratan Dangote Loan Perusahaan dan wanita jane mengatakan kepada saya bahwa jika saya memiliki semua persyarataan bahwa pinjaman saya akan ditransfer kepada saya tanpa penundaan

    Dan percayalah sekarang karena pinjaman rp11milyar saya dengan tingkat bunga 2% untuk bisnis Tambang Batubara saya baru saja disetujui dan dipindahkan ke akun saya, ini adalah mimpi yang akan datang, saya berjanji kepada Lady jane bahwa saya akan mengatakan kepada dunia apakah ini benar? dan saya akan memberitahu dunia sekarang karena ini benar

    Anda tidak perlu membayar biayaa pendaftaran, biaya lisensi, mematuhi Perusahaan Pinjaman Dangote dan Anda akan mendapatkan pinjaman Anda

    untuk lebih jelasnya hubungi saya via email: mahammadismali234@gmail.com
    dan hubungi Dangote Loan Company untuk pinjaman Anda sekarang melalui email Dangotegrouploandepartment@gmail.com

    BalasHapus
  36. AYOK GABUNG DAN SERU SERUAN DENGAN AGEN KAMI YANG SIAP MELAYANI ANDA SENANTIASA SELAMA NYA ~
    minimal depositnya hanya 50 ribu loh & kita juga mempunyai game poker dengan minimal deposit 10 ribu saja ayo buruan
    Kalian juga bisa melakukan deposit menggunakan Ovo

    silakan masuk langsung ke website kami dan baca syarat ketentuan bonusnya
    untuk informasi lebih lanjut silakan hubungi CS kami di sini :

    Contact Kami :
    BBM : D8B84EE1 / AGENS128
    Line id : agens1288
    WhatsApp : 085222555128

    BalasHapus
  37. J P S P O K E R Menyediakan Permainan Poker Judi Online Seperti Berikut : (Poker, Capsa, DominoQQ, Ceme, Super Teen, Ceme Keliling, Omaha)

    - Bonus New Member Rp. 10.000
    - Minimal Deposit / Withdraw Rp. 15,000.-
    - Bonus Refferal 10%
    - Bonus Rollingan Mingguan 0.3% - 0,5%
    - Proses Deposit / Withdraw 3Menit

    Baca Juga Di Tonton Video jav dan Video Semi kami :
    http://jpsmovie,me (pakai titik yah )

    - Pelayanan Dari Customer Service Yang Cantik Tentunya Sopan Dan Ramah, Hanya di jpspoker dan , Online 24/7 Jam
    - Dijamin Tidak Ada Robot Di Dalamnya 1000% Player VS Player
    Kalau Ada Yang Bisa Berikan Lebih Kenapa Harus Cari Yang Lain!!

    Contact Us
    - Livechat : J P S POKER
    - LINE : jpspoker
    - Whatsapp : +82370836863
    - YM : JPSPOKER

    Support Bank J P S Poker :
    - BCA
    - Mandiri
    - BNI
    - BRI
    Posted by : J P S POKER . LIVE

    BalasHapus