28 Agustus 2018

Serangkaian Uji Tembak Medium Tank Berlangsung Hingga 30 Agustus

28 Agustus 2018


Uji tembak medium tank Pindad (photo : Pindad)

Medium Tank Buatan Pindad Lakoni Uji Daya Gempur di Cipatat

CIPATAT, AYOKOMANDO.COM--PT Pindad (Persero) melaksanakan uji daya gempur Medium Tank meliputi firing test atau uji tembak pada 27 Agustus 2018 di Pusat Pendidikan Infanteri (Pusdikif) TNI AD Cipatat, Kabupaten Bandung Barat.

Rangkaian uji ini merupakan kegiatan sertifikasi yang dilaksanakan oleh Dislitbangad untuk mengetahui kemampuan daya gempur Medium Tank dalam kondisi baik, memenuhi persyaratan, dan spesifikasi desain. 

Acara dihadiri oleh Dankodiklat TNI AD Mayjen TNI A.M. Putranto, Direktur Jenderal Potensi Pertahanan (Dirjen Pothan) Kementerian Pertahanan Bondan Tiara Sofyan, perwira tinggi TNI, serta pejabat Kementerian BUMN. Kabidlaik Kementerian Pertahanan dan Kadislitbangad memberikan testimoni bagaimana proses uji dan sertifikasi Medium Tank hingga saat ini.

Uji daya gempur ini dilakukan untuk menguji fungsi penembakan dari turret 105 mm yang merupakan senjata utama Medium Tank yang memiliki daya hancur besar. Turret Medium Tank dipersenjatai dengan canon kaliber 105 mm yang mampu menembakkan berbagai tipe munisi kaliber 105 mm. Uji tembak dilakukan sejak tanggal 25-30 Agustus 2018.

Uji daya gempur dilakukan pada saat tank statis dan saat kondisi bergerak. Uji ini juga bertujuan untuk menunjukkan kemampuan lock on pada satu titik saat tank bergerak, kemampuan tembak tank dalam kondisi statis dari semua sisi serta kemampuan tembak tank pada sasaran tetap dalam kondisi tank bergerak.


Uji tembak medium tank Pindad (photo : AyoBandung)

Beberapa sesi uji tembak

Selain itu, uji tembak akan dilakukan dalam beberapa sesi. Sesi tembak pertama untuk menembak sasaran jaring pada titik-titik tertentu dengan tipe munisi TPCSDS-T. Sesi kedua akan menembak sasaran plat dengan tipe munisi HEP-T untuk simulasi kemampuan menggempur rantis. Sesi ketiga akan menembak target bergerak dengan tipe munisi TPCSDS tanpa jeda. Sesi tembak keempat yaitu penembakan salvo atau beruntun dengan tipe munisi HE4 TP2 membidik sasaran perkubuan dan plat. Rangkaian uji ini merupakan kegiatan sertifikasi yang dilaksanakan oleh Dislitbangad.

Sebelumnya, Medium Tank telah melalui mine blast test atau uji ketahanan atas ledak ranjau dengan hasil yang memuaskan pada 12 dan 14 Juli 2018, serta uji mobilitas dan performa pada 7-16 Agustus 2018. Pada momen 73 tahun Indonesia juga telah dilaksanakan penyambutan Medium Tank yang telah melalui serangkaian uji untuk mengapresiasi kinerja seluruh tim uji yang terus berupaya untuk menghadirkan tank pertama karya anak bangsa ini dalam kualitas terbaik.

Pindad telah menyelesaikan proses pengembangan Medium Tank mulai dari proses desain sampai dengan prototyping yang dibangun di Indonesia oleh anak bangsa. Kehadiran Medium Tank merupakan bukti bahwa industri pertahanan dalam negeri mampu untuk menghasilkan produk inovatif berteknologi tinggi dalam mendukung kemandirian alutsista menjaga kedaulatan NKRI. 

Medium Tank merupakan program panjang dalam membangun penguasaan teknologi menuju kemandirian alutsista dalam negeri. Medium Tank termasuk pada tujuh program pengembangan strategis pemerintah untuk meningkatkan kemampuan BUMNIS agar dapat bersaing dengan industri pertahanan luar negeri. Melalui program kerja sama pengembangan Medium Tank ini, Pindad sudah mendapatkan pengetahuan, pengalaman, dan referensi standar internasional mengenai pengembangan tank.


Uji tembak medium tank Pindad (photo : Ayo Bandung)

Spesifikasi

Medium tank memiliki kemampuan pertahanan balistik dan anti-ancaman ranjau terkini. Medium tank generasi terbaru ini dilengkapi dengan kemampuan daya gempur yang luas mulai dari perlindungan jarak dekat untuk pasukan infantri hingga pertempuran antar-kendaraan tempur. 

Medium tank Pindad memiliki bobot 32 ton, power 20 HP/ton, kecepatan maksimal 70 km/jam, dapat menampung tiga orang kru yang terdiri atas komandan, penembak, dan pengemudi, serta memiliki senjata utama turret kaliber 105 mm yang memiliki daya hancur besar. 

Medium tank dilengkapi dengan berbagai teknologi terbaru, seperti sistem kewaspadaan mandiri, hunter killer system, perlindungan pasif (laser warning system), battle management system, serta proteksi level 5. Turret medium tank memiliki mekanisme autoloader dengan 12 butir peluru di turret dan 26 butir peluru cadangan di dalam hull. 

Desain medium tank dibuat sesuai dengan kriteria kebutuhan dari pengguna, didasarkan pada strategi pertempuran modern dengan kemudahan mobilisasi dari medium tank ini menjadi salah satu keunggulan di samping kemampuannya sendiri.

(Ayo Bandung)

83 komentar:

  1. "Request" dilaksanaken...😎

    "Uji daya gempur dilakukan pada saat tank statis dan saat kondisi bergerak".

    Cool..😁

    BalasHapus
    Balasan
    1. Request belum dilaksanakan semua.
      Yaitu

      Uji tembak dengan sasaran pendekar

      Hapus
    2. Bung @Pedang

      Sy cari analysis perbandingan yg "fair" dg product2 sejenis dr negara lain kok belum keluar ya?

      Minimal semacam combat prediction dg data yg "fair" jg belum ada.
      Atau mungkin tunggu hasil uji?
      Atau ada batch 2/3 stlh hasil uji?

      Adanya di internet:
      - komen negative dr Russia ttg platform dasar.
      - komen puji2an dr negara pembuat, penuh syair dan filsafat :)

      Dan seperti biasa:
      - komen gak penting penuh iri hati dr negara kecil & lemah di Utara, beruk Malon :)

      Hapus
    3. Qiqiqiqi...😂

      Kirain cuman ane yang cari-cari begituan mas...

      Eeh, Anders tuh pake 120mm..😁

      Hapus
    4. Satu peluru seharga Avanza/ Xeniakah? Ga masalah tuk keperkasaan negeri kita.

      Hapus
    5. Saya telah berpikir bahwa semua perusahaan pinjaman online curang sampai saya bertemu dengan perusahaan pinjaman Suzan yang meminjamkan uang tanpa membayar lebih dulu.

      Nama saya Amisha, saya ingin menggunakan media ini untuk memperingatkan orang-orang yang mencari pinjaman internet di Asia dan di seluruh dunia untuk berhati-hati, karena mereka menipu dan meminjamkan pinjaman palsu di internet.

      Saya ingin membagikan kesaksian saya tentang bagaimana seorang teman membawa saya ke pemberi pinjaman asli, setelah itu saya scammed oleh beberapa kreditor di internet. Saya hampir kehilangan harapan sampai saya bertemu kreditur terpercaya ini bernama perusahaan Suzan investment. Perusahaan suzan meminjamkan pinjaman tanpa jaminan sebesar 600 juta rupiah (Rp600.000.000) dalam waktu kurang dari 48 jam tanpa tekanan.

      Saya sangat terkejut dan senang menerima pinjaman saya. Saya berjanji bahwa saya akan berbagi kabar baik sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman mudah tanpa stres. Jadi jika Anda memerlukan pinjaman, hubungi mereka melalui email: (Suzaninvestment@gmail.com) Anda tidak akan kecewa mendapatkan pinjaman jika memenuhi persyaratan.

      Anda juga bisa menghubungi saya: (Ammisha1213@gmail.com) jika Anda memerlukan bantuan atau informasi lebih lanjut

      Hapus
    6. KABAR BAIK!!!

      Nama saya Lady Mia, saya ingin menggunakan media ini untuk mengingatkan semua pencari pinjaman agar sangat berhati-hati, karena ada penipuan di mana-mana, mereka akan mengirim dokumen perjanjian palsu kepada Anda dan mereka akan mengatakan tidak ada pembayaran di muka, tetapi mereka adalah penipu , karena mereka kemudian akan meminta pembayaran biaya lisensi dan biaya transfer, jadi berhati-hatilah terhadap Perusahaan Pinjaman yang curang itu.

      Perusahaan pinjaman yang nyata dan sah, tidak akan menuntut pembayaran konstan dan mereka tidak akan menunda pemrosesan transfer pinjaman, jadi harap bijak.

      Beberapa bulan yang lalu saya tegang secara finansial dan putus asa, saya telah ditipu oleh beberapa pemberi pinjaman online, saya hampir kehilangan harapan sampai Tuhan menggunakan teman saya yang merujuk saya ke pemberi pinjaman yang sangat andal bernama Ms. Cynthia, yang meminjamkan saya pinjaman tanpa jaminan sebesar Rp800,000,000 (800 juta) dalam waktu kurang dari 24 jam tanpa konstan pembayaran atau tekanan dan tingkat bunga hanya 2%.

      Saya sangat terkejut ketika saya memeriksa saldo rekening bank saya dan menemukan bahwa jumlah yang saya terapkan dikirim langsung ke rekening bank saya tanpa penundaan.

      Karena saya berjanji bahwa saya akan membagikan kabar baik jika dia membantu saya dengan pinjaman, sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman dengan mudah tanpa stres atau penipuan

      Jadi, jika Anda memerlukan pinjaman apa pun, silakan hubungi dia melalui email nyata: cynthiajohnsonloancompany@gmail.com dan atas karunia Allah, ia tidak akan pernah mengecewakan Anda dalam mendapatkan pinjaman jika Anda mematuhi perintahnya.

      Anda juga dapat menghubungi saya di email saya: ladymia383@gmail.com dan Sety yang memperkenalkan dan memberi tahu saya tentang Ibu Cynthia, ini emailnya: arissetymin@gmail.com

      Yang akan saya lakukan adalah mencoba untuk memenuhi pembayaran cicilan pinjaman saya yang akan saya kirim langsung ke rekening perusahaan setiap bulan.

      Sepatah kata cukup untuk orang bijak.

      Hapus
  2. Minute 0:40 Pindad Medium Tank firing while moving:

    https://m.youtube.com/watch?v=yYdcm_hibn8

    BalasHapus
  3. Omongin Chinook Turki,
    Dah order 11ekor dari 2011 baru dikirim 2016 = 5ekor. Barusan kemaren dikirim batch lanjutannya.

    Lama juga yaak...

    (apalagi dimari)😁😊

    BalasHapus
    Balasan
    1. Turki order tahun 2011 - 2016 (5 thn)

      Indonesia infonya sudah order 12 unit Chinook kalau baca Intisari dari thn 2016 dan rencana datang 2019. Kok cepet ? :-D

      Hapus
    2. Kok ga ada press release Boeing yaak mas..? Ga lewat FMS?

      Padahal 12 ekor gak dikit jg kan?
      😁

      Hapus
    3. Berita tahun 2015 dari Kompas :

      https://nasional.kompas.com/read/2015/06/12/12032661/Panglima.TNI.2016.Angkatan.Darat.Miliki.Helikopter.Chinook

      Hapus
  4. Omaegot,omaegot...nanti ada uji tembak canon sambil bergerak...Wow,menggerunkan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Uji canon bergerak ...bisa yasar kepala luh blar ..blar berantakan antek australia singapore 😀

      Hapus
    2. Ada beruk malon nyasar di mari wkwkwk

      Hapus
    3. Cocok kepala @ken arok dan anjing anjing kurap malaysia yang dijadikan target

      Hapus
    4. Dia frustasi di tinggal selingkuh ma Ken Dedes.makanya komentarnya tidak berbobot, out of topik dari blogq forum ini

      Hapus
  5. Tembak canon sambil bergerak udah lama patut ada pada apc/ifv/tank..apa aset kalian mmg ngak ada capability itu?wkwkwk

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mau gue nunjukkin link pt91/gempita menembak ketika bergerak.

      Hapus
    2. Gak usah mas @Scan... bosen lihat foto2 dan videonya nembak nya lokasi latihannya selalu disitu situ aja mas...bolak balik parkir di depan podium muter sebentar nembak trus balik pulang... :-D

      Hapus
    3. Indon masih ketinggalan dlm pemilikan aset moden apc dan ifv bro.hanya sedikit menggunakan apc dan ifv indon yg moden dan ada kanon kaliber medium 25mm-40mm.kebanyakannya masih mesingan 7mm dan 12mm.lebih teruk ada indon punya yg takde langsung mesingan dan kanon.ahhaah.belum lg lemah dlm lebel proteksi.tgk malaysia.400+ bijik condor malaysia yg 1980an pun dah guna kanon 20mm.267+acv300 adnan pun dh guna kanon 25mm.257+ gempita pn dah guna kanon 30mm.belum ambik kira atgm lg.kenderaan amor yg kecik malaysia pun dah guna gatling gun atau paling kurang mesingan berat 12mm.indon indon.sentiasa ketinggaln terutama dlm navy.hahaha

      Hapus
    4. Bro superstar.bnykan google.di malaysia exercise di luar bnyk.yg di lapangan tu hannya demo.demo dan exercise lain bro.eks urban warfare, tembakan monuver dll.baca lg eks stalion,eks satria perkasa,tiger lhip dll

      Hapus
    5. Luar biasa Malaysia memang hebat ya bro..top lah... !!

      Pantas saja your Defense Minister Mat Sabu takjub dan sangat senang dengan kekuatan Malaysian Army sekarang.. paling kuat se Asean.

      Askar kamu memang hebat...Condor and Nuri is the best war gear ever made..!!!

      Kita harus belajar banyak kepada negara anda sbg pemilik asset2 tercanggih baik kapal perang, tank dan jet. Kami tidak sanggup beli condor dan tank polandia yg dinegaranya sendiri malah beli leopard buat gantiin pt nya. Nanti kalau ada rejeki kami coba beli condor dan pt tank yah mas... doain aja biar kami sehebat tentara anda.



      PS :
      Jangan lupa obat anti gila dan penghilang rasa sakitnya diminum dulu mas bro. :-D

      Hapus
    6. Glek...😩😵

      Cukup mas super...cukup...🙇🙏







      😂😂😂

      Hapus
    7. Hahaahahaaha....om super emang super.. bikin aku ngakak guling gulung.bisa aja ni bikin komen

      Hapus
    8. mentality beruk malon.. lari setelah kalah debat.. kahkahkah.. sperti kejadian yg baru2 ini terjadi di Asian games.. seorang pesilat malon ngamuk2 ngk terima gara2 dibelasah pesilat indonesia di final.. jiaaaahhh.. dan akhirnya playwood yg dijadikan pelampiasan.. 😂😂😂😂. NOOB MALONS..

      Hapus
    9. Indon babi wasitnya curang, dah muak dah ngan perangai indon2 ni, kalau cakap baik2 pun sama je perangai cam babi, adeke patut juara dunia kalah ngan margin tinggi masa lawan ngan sape ntah

      Hapus
    10. malaysia oh malaysia si kecil lemah yang merasa dirinya hebat, katanya punya banyak alat tempur hebat (katanya sih, tapi menteri mat nyabu kata lain)..pesawat malaysia airlines dirudal orang juga di ukraina (tak mampu menangkap dan menghukum negara pelakunya), diserbu orang sulu (kalau hebat masa orang sulu dengan senjata seadanya berani), diambil cina wilayah laut dan pulaunya, di pakai korut wilayahnya untuk operasi inteligen korut ..tak ada tanda tanda negara kuat dan digeruni

      Hapus
    11. budak malaysia kalau cakap macam hebat je tenteranya punya condor + adnan beratus ratus dengan spesifikasi luar biasa, tapi di sidang parlemen diorang ribut, pasal tak ada dana untuk perbaikan balai polis yang kondisinya menggenaskan di seluruh kerajaan, tak ada wang tuk operasional sukhoi, tak ada wang untuk mengganti heli nuri....ha ha ha, kasihan malaysia si miskin yang pura-pura kaya.

      Hapus
    12. kahkahkah.. seekor beruk malon kepanasan.. biasanya si eligo adem-ayem tenterem tetiba ngamuk kek orang stres. jngan2.. jngan2.. si pesilat malon yg dibelasah itu kakaknya..?? adeknya..?? iparnya..?? selingkuhannya..?? uuuppsss.. xixixii..

      Btw.. titel juara dunia tidak bisa dijadikan patokan mutlak saat melakukan pertandingan.. lihat sendiri noh Jerman dibelasah Korea selatan di piala dunia.. laaahh ini cuma silat..??? yg mendominasi kebanyakan negara2 ASEAN. Bangga itu seperti juara dunia lari 100 meter seperti sprinter yg dimiliki Indonesia, Lalu Muhammad Zohri.. lawannya ngk tanggung2 dari Amerika, Jamaika, Inggris, Swedia, Jepang . 😅😅😅.. NOOB MALONS..

      Hapus
    13. @eligo anak pelacur, enak kau rasa pasal kalah atlet malaysia babi haram jaddah,anjing kurap tu, pensiun kan saja atlet korang tak ada mutu...juara 1 sea games, masak di asean games ga berkutik, nampak sangat sea games kemarin negara malaysia babi kurap keturunan dajjal tuh suap wasit

      Hapus
    14. Superstar @ wkwkwk....terbaik om superstar wkwkwk...beruk mahathir anjing di skak mat om superstar dgn cara elegan wkwkwk

      Hapus
    15. Scan@ menembak di kebun sawit keh wkwkwk....coba menembak di sempadan berlumpur berani tak wkwkwk

      Hapus
    16. Unknown@ wkwkwk...adnan dan condor zaman jepun masih dipaksa berkhidmat wkwkwk...Kesian nanti 400 ekor condor ko tuh patah kaki dia nanti saat action wkwkwk...indonesia step by step slow but sure ganti semua tank,APC dan IFV lama dgn baru beza dgn malon tank,APC dan IFV zaman jepun pun masih dipakai wkwkwk...banyak2 baca lon supaya ko tak cem katak dibawah tempurung wkwkwk...malon masih guna 30mm pun dah bangga sangat,gemuruh dunia ini di buatnya wkwkwk...indonesia dah guna 90mm pada badak,100mm pada BMF3,76mm pada PT76 dan sekarangpun PT76 dah di upgrade canonnya menjadi 90mm,indonesia tak ribut dan gemuruh cem malon kampungan wkwkwk...indonesia still low profil wkwkwk

      Hapus
    17. Eligo@ apa hal ko nih merepet cem emak2,tak ko tau keh wasit tuh bkn orang indonesia,dia dari negara lain,jd masa tanding tuh kemarin tetap sportif n foreplay,tak de dicurangkan,memang atlet ko yg tak de quality,knp ko salahkan wasit...Knp tak ko tengok atlet silat ko yg menendang atlet singapura walaupun atlet singapura tuh telah terhempas di lantai,tak ko tengok keh,itu tak curang keh namanya,atlet ko tuh berbuat cem tuh kerana dia dah tau tak mungkin menang melawan singapura,nyatanya atlet silat ko tuh di belasah singapore 5-0,ko nak salahkan wasit lg keh...pake otak ko tuh malondog anjing

      Hapus
    18. WOW, MALON memang hebat!
      - military terkuat
      - politik sangat berkuasa
      - ekonomi menguasai dunia

      Tanknya pun bisa menembak.
      - buatan tempatan pula! :)

      Ruarr biasa, MALON hebat sekali! Bravo! :)

      Hapus
    19. Yang penting itu jujur, keren dari nipu itu tinggal tunggu waktu aja buat nyungsepnya...😁

      Banyak contohnya...😂

      Hapus
    20. PS@ jgn gitu dong om PS,ntar om PS di gigit bidadari 2000 lho kl gk jujur,om mat sabu tuh jujur lho gk nipu2 lg cem menhan yg lama lho

      Hapus
    21. eleh gempita hanya boleh guling guling seperti babi guling saja dibanggakan hahaha

      tengok muka dulu baru ngomong jaguh..

      malon asset banyak lapok jee sembang terjaguh

      hahahaaha keessiiiiaaaaan malon

      Hapus
    22. pada suwaktu ketika di perlombaan pencak silat 2018 yang merebutkan mendali emas anatar indo dan malon
      Mohd Al-Jufferi(malon): aku keluarkan jurus berlain rosmah melancap kepala bpk kau.. ciatttttttt
      komang harik adi putra (indo): wtesssss aku kibas degan telapak bola kepala najibbbb
      dusssssss ternyata pukulan mohd al-jufferi tak kena dan dia terkena kibasan kepala najibb dan akhirnya tersungkur... tak lama wasit pun memisahkan karena itu sudah penilayan terakhir dan sudah masuk wasit sudah menentukan bahwa komang menang.................... TIBA2x
      mohd al-jufferi megamuk..........: uwwwaaaauwaaaaaaauwaaa yaaaa najib yaaaa rosmah aku sudah pukul komanh degan segenap henbek tas rosmah dan berlian kau kak rosmah bahkan aku sudah angkat bakul sendri hingga si komang menpis degan kibasan kepala bpk kauuuu tapi aku kalahhhh uwwwwww...uwwwwww.uwwww

      TIBA-tiba dari jauh Syed Saddiq menghampiri mohd al-jufferi degan masih tersedak ehh tersedihhh uwwaauwaaa
      syed saddiq : sudah jufferi jagan nagis lahhhh aku pelukkkkkk cup2x nati aku belikan tas henbek tas rosmah yaaa yang ada berlian nya
      jufferi: uwuwuwuwu ehhmmmmmemmm sambil cecegukan aku tak mau aku mau maina kereta2xan ECRL yang sudah di bangun dan di lanjutkan
      syed saddiq: aduhhhh juffri jagan nakal dongg kalo kamu minta ECRL nanti di omelin atuk mahatir... mendingan awak peluk aku dulu yaaaa

      ++++++++++++++++++++++++++++ THE END+++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++

      kesimpulan dan makan di balik cerita ini kalo kalah ya kalah jagan bersedih wkwkwkwkwkwkwk

      Hapus
    23. Pesilat malay marah karena kalau di indo dapat medali emas cair 1,5 M...kalau di malay cuma dapat 280 juta je...wkwkkwkkkk

      Hapus
    24. Kenapa yg ribut dicurangin cuma MALON aja ya? - Ada bukti rekaman, bisa direview.
      Di YouTube juga ada.

      Seluruh peserta di semua pertandingan, 45 negara tdk ada yg protes:
      - semua puas dan adil.
      - malah timnas U23 dicurangin wasit ostrali, tapi mrk tetap sportif dan gentle.
      - Pesilat Singapore dicurangin Malon, juga tetap sportif.
      - semua atlet dihormati jadi tamu negara.
      - tdk ada HOAX & hujatan online, semua bersih.
      - tdk ada bendera terbalik.

      Keliatan banget, mental beruk Malon ancur, cuma bikin kacau.
      - MALON TERIAK MALING!
      Biasanya Malon curang, tapi skrg tdk bisa :)

      Hapus
    25. Jelas sudah Kualitas otak beruk Malon yang hanya 1cc itu kalah marah2 malah rusak property orang 😆😆😆😆

      Hapus
    26. Ni Malon Tonton medium tank nembak sambil jalan bukan latihan statis mulu kayak Malon 😆😆😆😆
      https://m.youtube.com/watch?v=HNZ-pHP_EMw&feature=youtu.be

      Hapus
  6. Bentuk dan design nya agak lucu dan aneh.seperti kenderaan pengusung mayat.hahahaha.
    Igtkan sebelum produksi masal design nya akan di-improve seperti kata-kata forumer indon di blog-blog militer.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
    2. Masih aja org malon gentayangan dsini. Emang forum dsono udah pada sepi y udah g menarik lg krn malon bangkrap.
      Ow iya design vita berapinya bagus ya hebat malon

      Hapus
    3. medium tank ini 20 level diatas tank Malon, jauh sangat, karena tank Malon sudah disonglap sana sini, sudah keropos

      Hapus
    4. wah yang mengomentari Militer Indonesia malah si malaysia negara miskin dengan kekuatan militer terlemah di Asean, weleh...weleh,

      Hapus
    5. Unknown coba di pikir ...bentuk depan tank seperti itu buat rintangan tinggi dan buat nyebrang air....kedepannya di tambah baling baling kecil buat berenang di air sungai....percuma juga ya dikasi tau malassia malon(maid of london) iq nya belum sampe hahahaha

      Hapus
    6. lho.. memang d rancang utk ngusung dan nyerek bangkai tentara Malay kok. Udah bner analisa mu itu nyuk munyuk

      Hapus
    7. Unknown@ tank menang dirancang untuk mengusung tentara ATM yg tewas nantinya yg kena firing harimau item wkwkwk....indonesia yg dah berjaya bina tank binaan sendiri berbanding malon yg masih stempel stiker buatan tempatan dan malon yg punya otak udang dan tak tahu malu masih sahaje cakap sembang dan iri...malu ko woi beruk mahathir anjing wkwkwk

      Hapus
    8. malon tercirit melihat tank pindad hahaha

      Hapus
    9. Jiaahh panas tak mampu bina tank....Ratakan...sikat..para beruk2 malay...wkwkkwkk.

      Hapus
    10. Tank medium dirancang bukan saja mengusung mayat beruk Malon tapi juga untuk melindas mayat beruk Malon hingga jadi bubur lambuk 😆😆😆😆

      Hapus
  7. Mantap Black Tiger !!!

    Tank sudah bisa buat sendiri
    Amunisi 105 mm sudah bisa buat sendiri
    Machine Gun sudah bisa buat sendiri
    Peluru sudah bisa buat sendiri

    Beda Kelas broh sama yg cuma bisa beli... :-D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Test penembakan kita uji sendiri dari diam sampai bergerak dg tujuan sejauh mana akurasinya. tp ada yg bilang dr negeri seberang ktnya g ada kemampuan nembak sambil bergerak terus mau dibandingin juga sama gempi2tai yg notabenya cm beli

      Hapus
    2. #bisa jualan, hasilin duit
      #dah ada yang pengen beli

      😎

      Hapus
    3. Kemaren baca, Pindad barusan rilis new SMG, kayaknya bagus tuh desainnya..😎

      Hapus
    4. Yoi om superstar,beda class lah sama negara yg cuma mampu beli weapon buatan negara lain dan menempel stiker menjadi buatan tempatan wkwkwk

      Hapus
  8. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  9. kita sangat beruntung memiliki teknologi pembuatan tank ini karena aku yakin dasar teknologi tank ini menjiplak teknologi leopard dan abrams, meski kelas medium tp tank ini sangat kuat dan jg mampu membawa turet 120mm, tp karena kebutuhan wilayah geografis kita maka kita memakai turet 105mm agar manufer lebih lincah karena daya beban lebih rinngan, salut buat pindad berhasil mendapatkan sebuah teknologi yg sangat berharga tanpa mengeluarkan biaya yg sangat besar, efesiensi biaya yg dikeluarkan dengan teknologi yg didapatkan sangat menguntungkan' biasanya negara2 lain yg ingin mendapatkan sebuah ilmu teknologi selalu mengeluarkan biaya yg sangat2 besar,,,good job pindad ;)

    BalasHapus
  10. Aq nak tawa guling2 melihat komen jiran malon yg bangganya mengatakan kehebatan adnan,condor dan gempita yg guna canon 25 dan 30mm wkwkwk....oh omaegot malon masih guna condor yg di buat zaman jepun tuh wkwkwk...400 ekor condor konon wkwkwk...hey malon,ko tuh jgn cem katak dibawah tempurung wkwkwk...Kl masalah canon,indonesia dah guna canon besar dari zaman jepun pun wkwkwk...APC saracen dan saladin yg dah dipensiunkan TNI-AD pun dulu dah guna canon 76 dan 90mm,ini konon malon sekarang guna canon 30mm dah gemuruh dan buat gempa sedunia wkwkwk...kampungan ko tuh lon wkwkwk...sekarang indonesia guna badak canon 90mm,BMF-3F 100mm,pandur-105mm dan PT-76 canonnya dah di upgrade jd 90mm,indonesia tetap low profile tak gemuruh dan tak kampungan cem malon yg masih guna 30mm wkwkwk...dan ada lg forumer malon si beruk Unknown kerana sangkin irinya mengatakan design harimau hitam aneh,lucu dan seperti pengusung mayat wkwkwk...asal ko tau lon,negara ko tuh nothing tdk ada apa2nya dibandingkan dgn indonesia,mat sabu pun dah cakap pertahanan malon paling rendah di ASEAN wkwkwk...tak kisah dgn cakap ko yg sembang dan iri itu yg penting indonesia dah berjaya bina tank,APC,IFV buatan tempatan,indonesia dah berjaya bina pesawat buatan tempatan,dah berjaya bina SSV buatan tempatan,indonesia dah berjaya bina roket buatan tempatan,dah berjaya bina frigate,KCR,Submarine buatan tempatan,dah berjaya bina satelit buatan tempatan,IFX on progress,missile on progress...sementara malon telah bina apa wkwkwk...malon cuma ada kepakaran beli weapon buatan negara lain dan di stempel stiker buatan tempatan wkwkwk....malu ko tuh lon...ini umpama indonesia dah sampe ke bulan,malon masih di landasan cakap sembang seakan2 dah sampe mars wkwkwk....istighfar lon,malu sikitlah wkwkwk

    BalasHapus
    Balasan
    1. biarkan saja bro rempit. malon terus mengkhayal.

      daripada malon mati melihat negerinya yang teruk bayar bunga hutang.

      malon makan riba seumur hidup hahaha

      Hapus
    2. wwkwkw bro mat... namanya bangsa bego dan tolol kebanyakan pendududk malon itu autis jadi cakap nya di ulang2x kaya kaset kusut... gax jauh ke situ2x aja dan sekedar cakap bualan dan mimpi basah

      Hapus
    3. SiTus & MHC @ nampaknya malon iri sangat melihat kemajuan industri militer indonesia bro

      Hapus
  11. Black Tiger :

    Kubah meriam dibekali turret stabilized system dengan gyro stabilizer dan firing control systemyang mengadopsi komputer balistik. Untuk mengnci sasaran, gunner dibantu dengan auto target locking system. Memudahkan dalam olah pertempuran, juga ada pemilihan sasaran secara otomatis lewat hunter killer system. Bahkan ada bekal IFF (identification friend or foe). 

    Bro dari kalimat diatas maksutnya turretnya mirip Leopard gitu ya waktu jalan naik turun kontur body tank berbelok belok tapi sudut elevasi turret selalu menyeimbangkan posisinya ke target yg di lock alias gak fixed diam ikut gerakan body tank ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Harimau hitam terbaik...Hip..Hip hura...hehheee

      Hapus
    2. Teknologi ini bakal dipakai pada badak 6x6 dan badak 8x8 kita om

      Hapus
    3. Klo mw contoh simple nya, bs liat d drone Om. Drone itu yg bkin mahal ya gyro stabilizer nya. Mknya hasil gambarnya fokus, ga goyang2. Tank Boat X18 jg memungkinkan utk diproduksi krn adanya gyro stabilizer ini. Setahu ane sih itu...

      Hapus
  12. Bakal lauk RPG7.Armor tin milo buatan indon. Lawak.. indon mudah digondolin.Kikiki..

    BalasHapus
    Balasan
    1. pendekar pake geranat aja dah meledak apa lagi pake rpg wkwkw MALON senegnya DI KEPALAKAN BPK KAU

      Hapus
    2. Pake TNT 10 kg sahaje harimau item gk hancur lon apalagi pake RPG ATM LEMBIK wkwkwk

      Hapus
    3. Padahal semua armada kendaraan tempur Malon semua nya tin Milo termasuk MBT kw3 poland nya yang hanya 48 bijik itu 😆😆😆😆

      Hapus
    4. Gempita datang lempar saja mercon hari raya dah selesai masalah

      Hapus
  13. sebagai ucapan terimakasih udah sepantasnya kita ambil UAV turki sekalian bantu ekonomi mereka, toh jg ada Tot yg ditawarkan dan kita jg sangat butuh teknologi UAV jd ya sudah seharusnya kita membantu turki,,,kita harus jd negara yg tidak boleh lupa atas jasa negara lain kepada kita.

    BalasHapus
  14. kingkong@ RPG???? ente tololnya luar biasa, TNT 10 kg aja mampu kagak mampu hancurkan body malah ente mau pakai RPG,,,kelas medium pindad harus rudal anti tank baru bisa nembusnya itu pun liat kemampuan daya ledak rudalnya, kalau masih di bawah TNT 10 kg gk bakal bisa rontokkan ini tank,,,,kalau tank pendekar di granat aja dah nyungsep makanya polandia gk pakai tank pt nya lagi dan beli leopard, eh kingkong asal ente tau aje ye dasar teknologi tank medium pindad ini adalah menjiplak teknologi perpaduan antara leopard dan abrams, indonesia membawa dasar leopardnya dan turki membawa dasar abrams' jd kwalitas armornya sangat baik dan dipadukan dengan sistem data dan senjata yg modern, ente mikir pakai apa mau nyamain kwalitas tank pindad dengan tank pendekar yg sudah dibuang negara pembuatnya????? udah gk bisa buat malah mau ngomong besar, punya aset lapuk aja belagu songong,,,emang enak nunggu sampai 2055???? nunggu sampai 2055 adalah bukti orang2 malaysia tolol2 gk punya kwaliti tuk buat sendiri alutsista.

    BalasHapus
  15. buat_orang2_malaysia_tolol@ kemampuan kemandirian indonesia saat ini:
    - mampu membuat kapal perang permukaan sendiri
    - mampu membuat kapal selam sendiri
    - mampu membuat semua jenis kendaraan tempur darat sendiri dr tank sampai panser
    - mampu membuat amunisi dan senjata dr senjata serbu sampai tank
    - mampu membuat roket beberapa jenis yg punya kecepatan tinggi, daya jelajah yg jauh dan berdiameter yg besar' tinggal menunggu pengembangan untuk mendapatkan teknologi yg tepat untuk merubahnya menjadi rudal2 yg mematikan.
    - mampu membuat satelit sendiri dan sekarang lg dikembangkan lapan agar lebih banyak berguna untuk sistem datanya sesuai yg dibituhkan indonesia.
    - mampu membuat pesawat dan helikopter angkut meski kemampuan daya angkutnya kelas menengah.
    - the next mengejar teknologi pesawat tempur
    KEMAMPUAN YANG DIMILIKI MALAYSIA APA????? OTAKNYA TOLOL DAN PIKIRANNYA MESUM ITULAH SIFAT DASAR ORANG2 MALAYSIA,,SELAMAT MENUNGGU SAMPAI TAHUN 2055 BHUAHAHAHAHAAA

    BalasHapus
  16. Ga sabar libat ni tank nembak pendekar sampah milik negeri jiran tu

    BalasHapus
  17. Malay emg pd dasarnya negara ga jelas smp skrg

    BalasHapus
  18. ayo kunjungi segera website kami agen betting terpercaya dengan pelayanan terbaiknya 24 jam tidak ada stop
    buruan dan kita juga menyediakan banyak game seperti berikut yang bisa dimainkan melalui ovo dan juga go-pay

    SABUNG AYAM LIVE [PRODUK UNGGULAN! HOT]
    » SBOBET JUDI BOLA / CASINO LIVE
    » MAXBET JUDI BOLA / CASINO LIVE
    » TOGEL
    » FISHING HUNTER (Permainan tembak ikan)
    » BOLATANGKAS
    » TEXAS POKER
    » POKER ONLINE
    » CAPSA
    » CEME
    » BANDAR CEME
    » KIU - KIU
    » BACARRAT

    Contact Kami :
    BBM : D8B84EE1 / AGENS128
    Line id : agens1288
    WhatsApp : 085222555128

    BalasHapus