15 September 2019

BJ Habibie dan Kejayaan Industri Pesawat Terbang Nusantara

15 September 2019


Pesawat CN235 flying test bed 1983 Tetuko (photo : Indoflyer)

Jakarta, CNBC Indonesia - Presiden ke-3 RI BJ Habibie meninggal dunia di usia 83 tahun, kemarin. Sepanjang hidupnya, banyak sumbangsih yang diberikan terhadap negeri ini, khususnya di bidang pengembangan teknologi.

Habibie didapuk oleh Presiden ke-2 RI Soeharto sebagai Presiden Direktur PT Industri Pesawat Terbang Nurtanio, yang didirikan pada 26 April 1976. Perusahaan yang sempat berganti nama jadi Industri Pesawat Terbang Nusantara (IPTN) pada 1 Oktober 1985. Pada era IPTN ini, Habibie sukses meluncurkan uji coba terbang pesawat N250 pada 10 Agustus 1995.

Sebelum itu, Habibie sangat berperan dalam pengembangan pesawat CN235 dikembangkan sejak 1979 bersama CASA Spanyol. Pesawat tersebut telah mengalami banyak pengembangan, dan digunakan sejumlah negara. Pesawat ini awalnya dirancang bermesin turboprop dan mampu membawa 35 penumpang.

Pesawat N250 flying test bed (photo : Republika)

Pesawat ini diperkenalkan kepada publik untuk pertama kalinya pada September 1983. Sejak itu, PTDI dan CASA melakukan penjualan CN235, di dalam dan luar negeri. Selain dunia dirgantara, yang membesarkannya, Habibie punya pembentukan PT IPTN, PT PAL, PT INKA, dan PT PINDAD.

Habibie juga sempat menggarap proyek kelanjutan dari N250 atau R80 Regioprop beberapa tahun lalu. Ia mendirikan PT Regio Aviasi Industri (RAI) yang dibentuk oleh Habibie pada 2012.

Pesawat N-250 dengan R80 sangat berbeda sekali. Perbedaanya di antaranya dari ukuran, R80 jauh lebih besar dari pada N-250, karena R80 memiliki daya tampung hingga 80 kursi sementara N-250 hanya 50 kursi.


Rancangan pesawat N2130 (image : Kaskus Militer)

Selain itu, sayap pesawat jauh lebih besar dan panjang, karena ukurannya lebih besar jadi diperlukan sayap yang besar untuk mengangkat beban. Landing Gear juga jauh lebih besar dikarenakan badan pesawat lebih besar dari pada N-250. Pesawat ini ditargetkan terbang pada 2022.

Sebelumnya Habibie juga belum menuntaskan proyek pengembangan pesawat jet N2130 sebagai pengembangan N250 yang bermesin baling-baling.


Namun, warisan-warisan Habibie masih banyak lagi, seperti paten-paten di bidang teknologi termasuk dunia aviasi. Tak ayal, banyak kenangan yang dirasakan oleh orang-orang terdekat BJ Habibie antara lain di PT Dirgantara Indonesia (DI). Termasuk Elfien Goentoro sebagai Direktur Utama PT Dirgantara Indonesia (Persero) yang menjadi murid dari Habibie di PT DI.


Desain pesawat R80 (image : R80)

"Beliau adalah menjadi founding father kami, tanpa ada beliau maka tak ada PT DI. Dia sosok pekerja keras. Beliau sosok panutan kami, kami yang ada di PT DI mudah-mudahan meneruskan cita-cita beliau dalam membangun kedirgantaraan," kata Elfien kepada CNBC Indonesia, Rabu (11/9)

Ia mengatakan Habibie adalah panutan bapak dalam ilmu kedirgantaraan Indonesia. Habibie masih menyempatkan diri menjadi profesor di Jerman untuk tetap berbagi ilmu kedirgantaraan.

"Yang paling berkesan bagi saya, beliau orang yang merendah tak menyombong, bagai sebuah padi yang semakin berisi semakin merunduk," katanya.


Pesawat CN235 flying test bed 2019 (photo : sweetagram)

Elfien bercerita, Habibie selalu jadi sosok yang selalu diminta pertimbangan dalam hal kedirgantaraan. Habibie tetap bersemangat membagikan ilmunya. Habibie terkenal dengan teori keretakan pesawat.

"Kalau bicara pada beliau lebih dari satu jam dengan kondisi beliau kurang sehat selalu melayani. Bagaimana ingin bekerja terus demi mengembangkan ilmu kedirgantaraan," katanya.

Ia mengatakan PT DI tentu tak akan mengecewakan Habibie, karena cita-cita Habibie Indonesia bisa merancang bangun pesawat sendiri sudah terwujud. Pesawat N219 yang dikembangkan PT DI sudah mendapatkan sertifikat terbang dan siap dipasarkan mulai tahun depan.

(CNBC)

83 komentar:

  1. Langkahnya terhenti krn N2130. Seandainya saat itu tdk ambisi kuat di N2130, pastinya perusahan yg memproduksi ATR 72 dipastikan bakal menyusul fooker yg kolap. Krn dipastikan ATR 72 kalah bersaing dng N250 terutama dr segi harga. N250 pasti sdh jadi pemimpin dipasar pesawat penumpang sipil dng kapasitas 50 org baik di Indonesia maupun regional Asia.
    Semoga dosa2 IMF terhadap IPTN terus diingat anak2 bangsa ini. Terima kasih pak Habibie. Ternyata kehebatan bapak sempat menjadi mimpi buruk raksasa Boeing dan Airbus. InsyaAllah bapak khusnul khotimah.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yup sayang sekali, IMF dengan keji menyuruh indonesia untuk menstop semua pendaan berkaitan industri dirgantara...

      Hapus
    2. Amin semoga Bapak Habibie diterima di sisi ALLAH SWT

      Hapus
    3. Biang kerok matinya N 250..IMF
      Kong kalikong sehingga membuat atr berjaya.

      Hapus
    4. Dah gitu dapet warisan hutang orba yang gak karuhan..

      Hapus
    5. Imf adalah produk dan senjata us dan barat untuk melupuhkan ekonomi negara2 yg jd target untuk dilumpukan oleh us dan barat dan jg untuk memonopoli industri teknologi strategis dan sda yg diincar mereka dr negara lain,,, ini jg lah salah satu dendam kesumat ku terhadap us dan barat' gk habis pikir aku kalau ada rakyat indonesia yg nge fans ame us dan barat, kalau sekedar kagum ame produk militer nya dan incar ilmu teknologinya gpp tp kalau sampai nge fans mati2an hedewww gk tau aku gimana cara berfikirnya para fans tersebut 🤦‍♂️🤷‍♂️🙆‍♂️

      Hapus
    6. Owkowkwok bner raden.. yang gk buat saya gk seneng dengan Amerika NATO Cs ya politik mereka ituloh.
      Kalo bidang engineeringnya sih saya suka.

      Hapus
    7. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
    8. why keji?
      IMF put their owned risk when loaned huge funds into our government bank account.
      and of course IMF funds were very limited. asian 1997 crisis not only happened in indonesia, but all regions

      nobody(personal, countries or financial institutions, like banks etc.) in the world wanted jump into the messed we had at that time.
      it means no helps & we all dead man soon or later.
      we had lots of problems, civil unrests, east timorese, aceh, disintegrations in everywhere. headche

      if you guys knew any countries, financial institutions who's willing to help us in our bad time, please stated it, i would love to hear that..

      nobody enjoyed tight money policy at that days.
      its IMF job to fix our economy generally not only take care of one private owned company.

      blaming IMF is only an excuse, IMF onli black kambing..lol.
      if IPTN and government smart enough, they could avoid deficiency funds before de doomsday. at least they could try sometin like,
      find another investors or funds they really need. if necessary sell few IPTN shares, just like government did to some telecommunication companies.

      perhaps, some giant corporate eyeing IPTN.
      like casa, being took over by airbus.
      in the end, nothing happens..lol

      its very tough decision between helping thousand IPTN workers and N-250 project, or to help hundred million people of indonesia.
      we all knew what's happened next, let's move on and not forgot who's sacrificed in the past. salute

      Hapus
    9. Bung Bobby
      IMF mencampuri kebijakan suatu negara melalui structural adjusment loan (hutang penyesuaian struktural) dimana negara penghutang diharuskan melakukan kebijakan fiskal, perdagangan dan ekonomi sebagai syarat mendapatkan hutang.
      Kebijakan yang diambil IMF kerap dipaksakan oleh negara-negara maju, yaitu kelompok G-7

      Padahal IMF seharusnya membantu negara-negara berkembang mencapai pembangunan, mengentaskan kemiskinan dan menstabilkan sektor keuangan mereka.
      Saat ini hampir 100 negara di dunia sedang menghadapi krisis, program IMF gagal menstabilkan situasi, bahkan seringkali memperburuk keadaan terutama bagi negara2 kecil.justru memperkuat proses neokolonialisme.

      Anda mungkin masih ingat momen saat pak Harto Presiden Indonesia saat itu sedang menandatangani “surat perjanjian”, diawasi oleh Michel Camdessus, Direktur IMF yang berdiri di belakangnya dengan tangan melipat seolah-olah dewa penyelamat. Momen itu menyiratkan dng sangat jelas bahwa itu adalah saat dimulainya “kolonialisasi” Indonesia oleh IMF.
      Dan anda mungkin masih ingat saat pertumbuhan ekonomi Indonesia pd masa presiden SBY diatas 5% semwtara negara2 kawasan sedang menurun bahkan krisis. Apa yg dikatakan Sri Mulyani menteri keuangan RI saat itu saat ditanya oleh IMF kiatnya ekonomi Indonesia bisa tumbuh disaat yg lain menurun.? Jawaban.ceedas sekaligus sindiran dari Sri Mulyani saat itu "Kenapa tdk anda terapkan kebijakan ekonomi sbg mana yg anda pakai pada negara kami saat krisis. Artinya apa.? Bahwa kebijakan ekonomi IMF mandul menghadapi krisis di negara yg terdampak.
      Lalu kaitannya dng IPTN saat itu apa.? Padahal pd saat itu IPTN sdng mendapat kontrak dr luar pengadaan pesawat CN235 dan CASA212. Artinya saat itu walau negara dilanda krisis tp BUMN yg satu ini msh bisa bertahan dan bahkan berusaha menyelesaikan kontrak2 yg telah ditanda tangani.
      Mengapa Anda berpikiran kerdil bahwa tanpa bantuan IMF rakyat indonesia kelaparan, oleh sebab itu lebih baik selamatkan rakyat dari pd selamatkan IPTN.? Apa anda lupa bahwa saat itu IPTN tidak sedang kolap....helooo
      Apa anda lupa bahwa BUMN itu punya anggarannya sendir....hellooooo jack.
      Analisa anda tdk cukup kuat utk menutupi kegagalan IMF.
      Kalo sekarang Indonesia berhutang di IMF, itu karena Indonesia anggota IMF yg memiliki dana disana. Jd jng anda balik bahwa sekarang Indonesia msh butuh IMF....helloooo cin....hikhikhik

      Hapus
    10. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus

    11. IMF = MODUS MONOPOLI US DAN BARAT, KASIH HUTANG LALU CEKIK SAMPAI JADI BANGSA TOLOL,,,SUDAH SAATNYA DAN SEHARUSNYA ASIA PASIFIK BERSATU, JANGAN PERNAH MAU DI ADU DOMBA LAGI, USIR KULIT PUTIH DARI TANAH KANGGURU KARENA MEREKA BUKAN RAS ASIA PASIFIK' KULIT PUTIH DITANAH KANGGURU ADALAH PERAMPOK.

      Hapus
    12. @boby
      who said there was a person who enjoyed the money ???? what is emphasized here is that the imf is a weapon of the USA and the West to suppress a state that can be suppressed, the imf does not run semistically because it is used by the usa and the west for their interests.

      Hapus
    13. Gw lihat ketika Alm. Soeharto menandatangani LOI dgn IMF, wajahnya menggambarkan kekalahan. Semua subsidi dicabut listrik, air, pangan, kesehatan, kesejahteraan, bbm dll. Yg tersisa adalah beras raskin. Sebentar bentar bbm naik demo dimana mana, bentrok dgn PHH dan Dalmas jalan ditutup dimana mana. Dimana orang kaya berburu dollar dan orang miskin berburu beras miskin dan sopir angkutan berburu bbm murah. Sampai sekarang kebijakan IMF masih bisa dirasakan dgn Listrik dan air yg naik pertahun. Tapi untungnya internet berkembang dgn baik informasi dan pengetahuan bisa didapat dgn cepat sehingga gw ngga apatis mau bbm naik terus, skrg bisa dibuat bbm dari ethanol, solar dari minyak jelantah dan gas dari kotoran atau sampah.

      Hapus
  2. Very UGLY design.
    Assembled by LOW IQ people.

    FREE PAPUAN!

    BalasHapus
    Balasan
    1. UGLY NDASMU SEMPAL KUI !!!!! BISA TAK BINA PESAWAT TEMPATAN. . BISANYA CUMA BERJAYE MEROGOL AND BERSONGLAP . . TAMPAL STIKER NAK BANGGA?? MUNYUK GOBLOK MALON . .

      Hapus
    2. Sabah untuk sulu army,serawak,sipadan ligitan kembali ke NKRI,johor bahru for singapore,KL for chinese people Republic,HARGA MATI.

      Hapus
    3. FREE PAPUAN!

      Mungkin maksud dia FREE PUAN2
      yg artinya puan2 di malon sana Free klo mau diajak kencan....hikhikhik

      Hapus
    4. MALAYDOG BANGSA PEROGOL BANGSA BODOH MELAYU BANGSA PENCURI PEROGOL PENYAMUN,, FREE SABAH SARAWAK, FREE SABAH SARAWAK HAHAHAHA HAHAHAHA

      Hapus
    5. MELAYU BODOH LOW QUALITY,, MELAYU MALAYDOG BANGSA PENCURI PEROGOL PENYAMUN BANGSA MISKIN,,, MELAYU MALAYDOG BANGSA BABI BODOH KATA MAHATIR,

      Hapus
    6. Mata mu ugly design...design senjata je tak becus..vita berapi yg bisa mengancurkan planet namex😁

      Hapus
    7. Hai malon anjing,, apa yg sdh kamu buat bagi bangsamu dan datu lagi kamu tipe orang gila yg selalu mengulang2 kata2 mu serta suka copy paste mungkin otakmu hanya ada kata ugly dan jealous

      Hapus
    8. Otak malon yg tolol yg ugly, dah tolol + bangkraps + blagu songong = malon monkey 🇲🇾 🐒🐒🐒

      Hapus
    9. Kalian orang malaysia selalu hidup di zona nyaman, berbeda dengan kami yang selalu ada ginjang ganjing..
      Ntah kalo Dr. Mahathir udah gaada jadi apa kalian.

      Hapus
    10. Beruk malon iri dan kepanasan kerana negara malon tak de ilmuwan cem Prof Habibie,profesor2 malon cuma ada kepakaran tampal stiker dan claim hasil karya orang lain,malu dikit lon 🤮🤮

      Hapus
    11. Ugly design tapi malonyet senang pakai buat angkut para babi dan beruk Sultan dan PM kalian. Kalian apa yg dibanggakan Proton, proton sdh punya China. Petronas, petronas sedikit lagi punya PT. PGN. Gerbong kereta juga impor dari Indonesia.

      Hapus
    12. Kasian tidak ada Tokoh Aeronatika yang bisa dibanggakan dinegara Malassia.. yang ada hanya tokoh pelakon rasuah ganas..Low IQ Malon People.. bhaha

      Hapus
  3. GANYANG MALAYSIA...HAPUSKAN DARI PETA DUNIA!!!!!

    BalasHapus
    Balasan
    1. GAK USAH DI GANYANG BRO MALAYDOG, DI SANA BANGSA MELAYU YANG SELALU HINA INDONESIA, BUKAN CINA ATAU INDIA,, DI NEGARA MALAYDOG SENDIRI SEKARANG LAGI PERANG ETNIK DI MANA SUKU MELAYU VS CINA, INDIA,,,, MELAYU INI SELALU SURUH PULANG ORANG CINA DAN INDIA KEMBALI KE NEGARANYA TERMASUK ORANG ORANG INDONESIA,, SO MUSUH KITA BANGSA MELAYU MALAYDOG,,,,

      Hapus
    2. Berarti malingsia akan terhapus selamanya dari peta dunia cepat atau lambat ya daeng

      Hapus
    3. Isyu perkauman yg di balut dg Isyu agama dan daulat raja malingsia bagai api dalam sekam, Bumiputera melayu merasa yg paling memiliki dan tak mampu bersaing bangsa pendatang.

      Hapus
    4. Bumiputera selalu minta proteksi dan proteksi serta subsidi dari kerajaan malon. Di bawah sadar otaknya mereka sudah faham tak akan mampu bersaing dgn bangsa pendatang di negerinya. Mental tissue kyk gini jangan di tiru😀

      Hapus
    5. Setuju,Malon hanya jd benalu bagi ASEAN

      Hapus
    6. Ambil Sabah-Sarawak dari malonyet, maka malonyet akan terhapus dari peta dunia

      Hapus
  4. MAlaysia-israel sama saja,sama sama pencaplok tanah orang,lahir dan merdeka tidak sah akibat pemaksaan british,sama sama negara termaksiat di dunia yang di laknat TUHAN

    BalasHapus
    Balasan
    1. malon belum sadar karena dari dulu sudah kena brain wash british.

      Hapus
    2. Maklum bro babu british gitu loh dapat hadiah dari tuannya

      Hapus
    3. Udah itu malon adalah negara pengeksport dadah & teroris terbesar di dunia

      Hapus
  5. Semoga masih ada proyek nyata pengembangan Alusista

    BalasHapus
    Balasan
    1. Itu pasti, bro... Sekarang pemerintah harus mau membuat dan memakai produk dalam negeri,jangan kayak dulu lagi dimana truk perkasa dan PT-44 maesa malah mati yg dibeli truk dari luar negeri

      Hapus
    2. of course we did have, IFX, LPD, Tank boat, len radar, armour vehicles, rifles and so on.

      Hapus
  6. KALAU DI NEGARA MALAYDOG TIDAK ADA ORANG SEPERTI BJ HABIBIE, LAGI PULA MELAYU MALAYDOG BANGSA MISKIN,, MAHATIR SENDIRI YANG BICARA DI DEPAN WARTAWAN BAHWA MELAYU MERUPAKAN SUKU PALING TERTINGGAL DAN MISKIN DI BANDINGKAN ETNIK CINA DAN INDIA,, MAHATIR KATA JIKA MELAYU MASIH TAK UBAH PEMIKIRAN YANG SELALU MINTA SUBSIDI MAKA MELAYU AKAN MAMPUS,,, KITA TAU MELAYU MALAYDOG HIDUP DARI SUBSIDI KERAJAAN SEBAGAI BUMIPUTERA,, KREDIT KENDARAAN SAJA MELAYU BOLEH KREDIT KENDARAAN 11 TAHUN WALAUPUN KENDARAAN ITU MURAH SEBAB MELAYU RAMAI YANG MISKIN, KITA BOLEH LIHAT DI SINGAPURA BAHWA KULI KULI DI SINGAPURA MAYORITI MELAYU MALAYDOG, ADA SETENGAH JUTA RAKYAT MALAYDOG BEKERJA DI SINGAPORE,,

    BalasHapus
  7. Malaydog itu bangsa yg belum dewasa..sekarang ini orang malay mengharamkan beli barang dari orang "kafir",sentimen SARA berkembang sangat pesat dan sedang memecah belah mereka. Komposisi suku di malaydogs Melayu 21juta,Cina 8juta,India 2juta...TKI 3Juta. TKI bisa buat negara bagian sendiri tuh...hahaha

    BalasHapus
    Balasan
    1. TKI kita disiapkan sewaktu2 invasi ke serawak lagi hahaha,3 juta orang cukup bisa menghebohkan malassial

      Hapus
    2. TKI adalah cadangan tentara kita untuk ganyang malon bro

      Hapus
    3. TKI afalah milisi kita di malon, sukatelawan di dalam negeri banyak mereka sdh pakai loreng sendiri lagi

      Hapus
  8. Apa benar Indonesia sudah gapunya hutang ke IMF?
    Semoga saja iya.. barangkali ada yang tau share ya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Utang Indonesia ke IMF gk ada lag,dah lunas semua

      Hapus
    2. ini helmi :
      https://www.antaranews.com/berita/493293/sby-utang-indonesia-ke-imf-lunas-pada-2006

      =================

      Hapus
    3. Lebih baik hutang ke dalam negeri dengan menerbitkan surat hutang negara. Jadi ngga ada negara lainnya yg bisa dikte kita

      Hapus
  9. anjing malaysia smg rakyat malaysia mati menghisap asap dari kslimantan..ayo indo jgn padamkan biar rakyat malay sekarat krn adap

    BalasHapus
  10. jujur saya lebih benci malaysia drpd israel

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau saya sama aja malon=isroil, karena malon itu isroil berkulit coklat

      Hapus
  11. Malon hanya punya kepakaran di bidang sexuality sesama jenis dengan pakarnya yang terkenal,Dr.Anwar Ibraehem yang mampu menciptakan kreasi tembus dubor terbaru...torpedodick 2019

    Oh iya soal kepakaran rasuah no 1 di ASEAN serahkan semuanya pada duo ahli profesional tempatan najib dan rosmah yang tiada duanya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Malon is a legend punya 2 tokoh terkenal di dunia yaitu Dr Anwar Ibrahim raja sodomi terkenal dunia dan Dr Najib raja rasuah terkenal dunia 😄😄

      Hapus
    2. Trio living legend,jangan lupa rosmah dengan hikayat kutang 1 kontainer branded

      Hapus
  12. satu lg saya heran knp tldm anjing ga lg usik ambalat ..apa udah bangkrut

    BalasHapus
    Balasan
    1. Malon mn berani ganggu lg bro kerana aset weapon mereka banyak yg lapok 😁😁

      Hapus
    2. Kalo mendekat ke ambalat karang unarang,resiko ditanggung sendiri,tinggal pilih yakont atau exocet block 3,silahkan malon pilih yang mana???

      Hapus
    3. Kapalnya aja sdh pada karatan bro. Lihat aja waktu aksi KRI Tedong Naga senggolan sama kd bencong, yg rusak parah malah kd bencong padahal KRI Tedong Naga itu kalapal fiber sementara kd bencong kapal besi

      Hapus
    4. Itulah malingsia pada saat alutsista kita di embargo dan ekonomi lagi krismon, negri jiran mengaku serumpun malah merompak..asset2 perbankan,perkebunan dan juga mengganggu ambalat (setelah sipadan). Indonesia di khianati..
      kalau sekarang mereka mau macam2...rata dgn tanah si malingsia..sudah lemaaah.KOH..KOH..KPH

      Hapus
    5. Besi kualitas rendah made in cina biasanya...kan malon pelanggan tetap besi dan baja cina

      Hapus
    6. @Papa Yufi plus armada ghoib yang buat balik badan Coastguard China setelah diperintah langsung dari pusat (kapal Coastguard mereka nggak punya sonar, sehingga tidak tau kalau udah dikasih "tanda dari bawah" kalau mereka melanggar wilayah. Dan akhirnya mereka baru sadar kalau udah masuk "kandang macan", pas tiba tiba ada "prajurit" muncul dari dalam laut). 😀😀😀

      Hapus
  13. satu lg utk menghadapi super kornet dan su30mkm(memek kontol malay) cukup dengan super tukino

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wkwkwk...MKM cuma 4 je yg boleh terbang,hawk Malon pun jg begitu cuma 5 ekor yg boleh terbang,hornet cuma 6 biji yg boleh terbang,jadi jet pejuang malon yg boleh terbang cuma 15 ekor 😄😄...teruk sangat 😆😆

      Hapus
    2. Ngga perlu bro ngga usah ditembak, ntar jatuh sendiri

      Hapus
  14. Balasan
    1. Dan akan di eksport ke planet namex 😃😃

      Hapus
    2. Sampai sekarang aja yg generasi 6 ngga kelihatan dimana pesawatnya, apalagi yg generasi 7 makin stress nyarinya

      Hapus
  15. permisi ya
    mau numpang promosi bo kelinci99
    cashback kami berikan sebesar 5% untuk permainan live casino ya bos
    silahkan kunjungi WWWoKELINCIPOKER99oME

    BalasHapus
  16. Agen Sbobet
    Agen Resmi Sbobet
    Sabung Ayam
    Casino Online
    Berita Bola
    Berita Viral
    Brita Tranding

    Berikut HOT PROMO Yang Ada Di Bola206, antara lain :

    Bonus CASHBACK 5% untuk permainan SPORTBOOK
    Bonus ROLLINGAN 1% untuk permainan CASINO
    Bonus CASHBACK 5% untuk permainan SABUNG AYAM
    Bonus Referral 2.5% untuk permainan SPORTBOOK
    Bonus Referral 2,5% untuk permainan SABUNG AYAM

    SITUS BETTING ONLINE YANG AMAN DAN TERPERCAYA
    WWW.INDO206.NET

    DENGAN 1 USER ID ANDA DAPAT BERMAIN DI SEMUA GAME KAMI
    SPORTBOOK/LIVECASINO/SABUNGAYAM

    Minimal DP & WD 50RB
    Proses DP & WD HANYA 2 MENIT

    AGEN BETTING ONLINE YANG SUDAH
    PASTI DAN JELAS TERPERCAYA.
    WWW.INDO206.NET


    ( Via Live Chat ) Respon Cepat
    Costumer Service 24 Jam Online
    Wa : +6281363191417
    Line ID : agenbola206

    BANDAR SBOBET Merupakan Tempat Buat DAFTAR SBOBET Yang Terpercaya Di seluruh Indonesia. Menyediakan Banyak Permainan :
    Situs Bola Jalan
    Parlay Bola Jalan
    Situs Parlay 2 Tim
    Judi Bola Resmi
    Agen Bola SBOBET

    BalasHapus
  17. pandaun bermain dominoqq online terbaik dan terpercaya saat ini bisa lansung anda dapatkan melalui Situs dominoqq ini.

    BalasHapus
  18. NAGAQQ: AGEN BANDARQ BANDARQ ONLINE ADUQ ONLINE DOMINOQQ TERBAIK

    Nagaqq Yang Merupakan Agen Bandarq, Domino 99, Dan Bandar Poker Online Terpercaya di asia hadir untuk anda semua dengan permainan permainan menarik dan bonus menarik untuk anda semua

    Bonus yang diberikan NagaQQ :
    * Bonus rollingan 0.5%,setiap senin di bagikannya
    * Bonus Refferal 10% + 10%,seumur hidup
    * Bonus Jackpot, yang dapat anda dapatkan dengan mudah
    * Minimal Depo 15.000
    * Minimal WD 20.000
    * Deposit via Pulsa TELKOMSEL
    * 6 JENIS BANK ( BCA , BNI, BRI , MANDIRI , CIMB , DANAMON )

    Memegang Gelar atau title sebagai AGEN POKER ONLINE Terbaik di masanya

    10 Games Yang di Hadirkan NagaQQ :
    * Poker Online
    * BandarQ
    * Domino99
    * Bandar Poker
    * Bandar66
    * Sakong
    * Capsa Susun
    * AduQ
    * Perang Bacarrat
    * Perang Dadu (New Game)


    Info Lebih lanjut Kunjungi :
    Website : NAGAQQ
    Facebook : NagaQQ official
    WHATSAPP : +855977509035
    Line : Cs_nagaQQ
    TELEGRAM :+855967014811

    BACA JUGA BLOGSPORT KAMI YANG LAIN:
    nagaqq
    Daftar NagaQQ

    BalasHapus