27 September 2019

UKM Pertahanan Korea Selatan Rambah Kawasan Indonesia dan Asean

27 September 2019


Changwon adalah cluster industri pertahanan terbesar di Korea Selatan dengan banyak  perusahaan pertahanan yang menghasilkan tank, mesin pesawat dan kapal, serta pemasok besar suku cadang (photo : Alutsista TNI)

JAKARTA, investor.id - Walikota Changwon, Huh Sung-mu, bersama dengan Presiden KOTRA, Kwon Pyeong-oh) mengirim delegasi perdagangan ke Indonesia 18-22 September, untuk membuka pasar-pasar strategis di luar negeri, yaitu di kawasan ASEAN yang sedang berkembang dan memperluaskan ekspor produk industri pertahanan UKM. 

Delegasi Perdagangan telah menandatangani 65 kontrak ekspor dengan nilai US$ 130 juta, telah terealisasi sebesar US$ 11,8 juta (14 miliar won), 7 Perjanjian Kerja. Pihak Penanggungjawab pembelian senjata melalui dua kali pertukaran pertemuan perusahaan jembatan ekspor dan pertukaran mitra kerjasama ekonomi dan lain-lain telah menuaikan hasil. 

Pertemuan konsultasi ekspor yang diadakan pada 20 September itu dihadiri oleh 40 perusahaan yang terdiri dari 100 orang sebagai pembeli. Pertemuan konsultasi ekspor ini menarik perhatian pers. Nilai kontrak ekspor perusahaan-perusahaan adalah sebagai berikut: T-IC co LTD sebesar US$ 4,8 juta, Daemyung co.LTD sebesar US$ 4,5 juta, Changwon Tech Precision Corp sebesar US$ 1,5 juta. Khusus Bumhan Industri co. LTD kali ini nilai kontrak ekspornya adalah sebesar US$ 1 juta, akhir tahun ini kontrak ekspornya dengan PT Professtama International akan mencapai US$ 10 juta. 

Delegasi Perdagangan Industri Pertahanan, yang terdiri dari 15 perusahaan anggota Dewan Usaha Kecil Industri Pertahanan Changwon, yang diketuai oleh Oh Byung-hu dan diselenggarakan oleh Kota Changwon sebagai bagian dari Proyek Pendukung Ekspor Industri SME di Indonesia. Hal ini dipromosikan oleh Kelompok Pendukung KOTRA dan Pusat Perdagangan Jakarta. 

Perusahaan yang terlibat dalam misi dagang ini adalah Changwon Tech Precision (Tulk Drone, K9 Parts), Ispec (EMI / EMP Filter), T-Ci (Suku Cadang Mobil seperti Transmisi Kendaraan Militer), Daemyung (Training Parachute), Shin Seung Co. Presisi (CTIS untuk kendaraan militer), Nokwon (pipa hidrolik untuk kendaraan pertahanan), solusi usia (peralatan hidrolik K9), HIMC (silinder hidrolik distribusi), Korea T (perbaikan dan pemeliharaan suku cadang), nonaktif (pertahanan / penerbangan) Bergulir bantalan), orang-orang dan teknologi (sensor busur untuk kapal perang), Beomhan Industri (tekanan tinggi, ekstraktor pneumatik, bahan bakar listrik) untuk pertahanan, LEO (pengurang debit dan gearbox), Jinyoung TBX (kapal / kapal) Turbine Blade) adalah perusahaan kecil dan menengah yang memproduksi produk pertahanan utama di Changwon.

Walikota Changwon, Huh Sung-moo, yang memimpin misi perdagangan Indonesia, mengatakan delegasi Perdagangan Industri Pertahanan Changwon telah bertukar dengan pejabat pertahanan, termasuk konsultasi ekspor, pertemuan pertukaran dengan pejabat senior pemerintah termasuk Laksamana TNI AL Sriyanto, Kedutaan Besar Indonesia dan Kamar Dagang Indonesia (Kadin), Asosiasi Perdagangan Korea Dunia (OKTA Dunia), dan perusahaan milik negara Indonesia. Acara pertukaran ini di luar kerja sama ekonomi, juga termasuk pertemuan pertukaran bisnis global dengan PT Pindad, Kamar Dagang dan Industri Korea, dan Asosiasi Indonesia Korea. 

Dimulai dengan misi perdagangan ini, strategi ekspor pertahanan telah menjadi langkah utama dalam menargetkan pasar negara berkembang dalam menanggapi kenaikan biaya pertahanan global dan kerja sama ekonomi dengan Indonesia, salah satu dari tiga eksportir senjata terbesar Korea. Di antara negara-negara ASEAN, perdagangan meningkat sebesar 25% pada paruh pertama tahun ini. 

Huh Sung menambahkan dalam kerja sama dengan Badan Promosi Industri Changwon, pihaknya terus mendukung teknologi canggih dan produk-produk UKM industri pertahanan di pasar luar negeri yang sedang berkembang, bahkan dalam suasana kekacauan domestik dan luar negeri sekalipun. "Sebab Itu adalah peluang untuk merealisasikan kemungkinan ekspor," ungkap Huh Sung dalam keterangan pers. 

Sementara itu, pada November, Huh Sung mengatakan pihaknya berencana untuk mengundang perusahaan-perusahaan pertahanan di Indonesia dan Asia Tenggara untuk melakukan “Rapat Konsultasi Undangan Pinpoint” untuk terus mengembangkan dan mengekspor produk industri UKM bidang pertahanan.

(Investor Daily)

69 komentar:

  1. Buat malonyetjing, baca baik baik

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tak dibacalah tuh bro,nantipun beruk malon hantar cakap sembang & jealous

      Hapus
    2. Wkwkwk, berarti malon tuh tak bisa baca

      Hapus
  2. peringatan buat korsel jika menawarkan barang ke negeri malon bawa brosur 4×lipat mereka suka brosur je😁😁😁😁😁 gara2 miskin

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dgn kata lain malon itu miskin cuma bisa RFI je,last2 pun cancel 😁😁

      Hapus
    2. Brosur nya lumayan brow buat bungkus nasi lemak πŸ€£πŸ˜‚

      Hapus
    3. Wahahaha bisa aja wong edan. Soale sudah typical Malon. Biar bangkrup yg penting terlihat borjuis

      Hapus
  3. Bahasane kok UKM yoo?πŸ§πŸ§πŸ€”

    Moga2 UKM kene iso mroduksi πŸ’£, πŸš€, ✈✈, 🚒, 😎😎😎😎😝😝😝😝

    BalasHapus
    Balasan
    1. UKM mbah gono :
      Unit Kemukus Menemanimu πŸ˜„

      πŸ˜‹

      Hapus
    2. Iso wae mas ps 😁😁😁

      Hapus
  4. La kui diwara ukm produke kok mesin berat salah tulis paling mbah,tapi sing penting ono seng diwoco mbah gono

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aq mau yooo bingung, sing salah sing moco opo sing nulis 😁😁
      Nak UKM ee Alien wajar🀣🀣🀣

      Hapus
    2. UKM ee alien => Usaha Klaim Malon...πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚

      Hapus
    3. UKM = Usaha Klaim Malon πŸ˜„πŸ˜„...terbaik om PS

      Hapus
    4. Contohnya deftech, bousted dan banyak lagi dueeeh....πŸ˜€

      Hapus
  5. Pada foto diatas IFV Badak bisa berenang cuyyy...Malon jgn jealous ya saat badak berenang ya 😁😁

    BalasHapus
    Balasan
    1. bedilnya ituloh om pit, 90mm!...gempi mah bs teguling2 disruduk badak yak haha!🦏🦏🦏

      Hapus
    2. Mumpung sopir si gempi lagi eror mabuk jerebu

      Hapus
    3. PL & PY @ gred A gk ada mainan cem ini πŸ˜„πŸ˜„

      Hapus
  6. Malon tak jealous malon pun mau renang tapi tak mau kembali alias bunuh diri😁😁😁😁

    BalasHapus
  7. Joker Withdildo = "Saya ulang,33 perusahan keluar dari china..23 ke Vietnam, 10 ke Kamboja, Thailand , Malaysia. Tidak ada yang ke Indonesia. Tolong ini digarisbawahi, hati -hati berarti kita punya persoalan yang harus kita selesaikan"


    https://economy.okezone.com/read/2019/09/05/320/2101028/tak-dilirik-investor-asing-sdm-indonesia-ko-dari-vietnam-dan-malaysia

    BalasHapus
    Balasan
    1. Itu artinya cina siap siap kuasai negara kau bodoh...lewat ekonomi dulu invasinya...baru terakhir militer setelah ekonomi negara kau terkuras habis...hahaha akan datang saatnya KL tower berubah nama jadi BJ tower

      Hapus
    2. Siap siaplah melayani cina siang malam silahkan klaim torpedo cina masuk ke dalam dubormu

      Hapus
    3. Siap siap saja perawan negara kalian disantap mereka

      Hapus
    4. Cina mau buka perusahaan stiker lagi itu😁😁😁lon malon tetep miskin

      Hapus
    5. Di malonsial ada sentimen anti China yg besar, kemudian dgn Bangla, tapi masih mengharap derma,pinjaman hutang dan investasi dari china. tentu saja China Malon akan lebih riang gembira dgn sodara leluhurnya d tanah Melayu, Bumiputera malon yg terkenal pemalas pun makin terhimpit. Koh koh koh....

      Hapus
    6. Hahaha...Malon mati kutu,kehabisan bahan hingga kecoh pasal ekonomi πŸ˜„πŸ˜„

      Hapus
  8. Emg knapa lon? 10 perusahaan cinak pindah ke negaramu juga kau tetep miskin ,gak ada efeknya malonyet low quality brain😁😁

    BalasHapus
    Balasan
    1. Woi bodoh...33 perusahan keluar dari china...bukan 33 perusahan china keluar...


      indon banyak makan asap jerebu..sebab tu bodoh..hahahahaha

      Hapus
    2. Tetep miskin ga usah ngeyel kau nikmati sendiri jerebu itu ma keluargamu lon wkwkwk

      Hapus
  9. Saya mau mendirikan UKM utk bekerja sama.dng Pindad. Saya mau produksi kotak kemasan senjata Pindad, boleh gak yaa.? Hikhikhik

    BalasHapus
  10. Di negara beruk malon sdh banyak sekali bertumbuhan para UKM (Usaha Keras Melancap)...hikhikhik

    BalasHapus
  11. owwh πŸ‘† itu mah berita awal bulan, basi!
    cekidot donk yg terbaruw:

    kanada masyuk nendang gred a jauuuuu..kesian haha!🀣🀣🀣

    "CPPIB and BUS will jointly acquire a 55 per cent stake in LMS from PLUS Expressways International Berhad, a subsidiary of UEM Group. UEM is wholly owned by "Malaysia’s" sovereign wealth fund "Khazanah Nasional". The stake sale will mark Khazanah’s complete exit from LMS."

    https://www.dealstreetasia.com/stories/cppib-indonesia-toll-road-154583/

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pers disana dibatasi om PL, makanya mrk kurang apdet ada bahkan berita tahun 2015 diwartakan, terkesan info media mrk mundur kebelakang

      Diperparah admin formil 2 mereka suka menjerumukan pembaca nya, ini menurut opini saya hehheheeh

      Hapus
    2. owwhh begitchu, jadi berita mobil terbang buatan jepun yg mo diekspor ke KL dalam temfelan tiker gak ketauan donk haha!🀣🀣🀣

      Hapus
    3. hmmn mimin pormil gred a yg mana duyu, ada bbrp yg normal, cenderung inpormatip & edukatip. adalah sekitar 2-3 media onlen yg kadang2 guwe ikutin.

      nach yg ekstrim ekstrim ada jugak kdg guwe jenguk. tp skrg uda pada goyah imannye om unknown567, ketawa geli liatnye haha!😊😊😊

      terutama tahun ini, efek tak shopping soping cenderung nyerang dalam negeri sendiri, setelah sadar keadaan sbenernya tak se elok yg mrk harapin selama bbrp taon kblakang kite bs liat kan.

      warganyet gred a yg pd curhat di pesbuk, biasa di relod dimari ame om2 ds haha!πŸ˜„πŸ˜„πŸ˜„
      yaa begithcu dech gred a konon haha!πŸ˜‰πŸ˜‰πŸ˜‰

      Hapus
    4. stres berat tak shopping melanda warga juborlaysia

      Hapus
  12. permisi ya
    mau numpang promosi bo kelinci99
    cashback kami berikan sebesar 5% untuk permainan live casino ya bos
    silahkan kunjungi WWWoKELINCIPOKER99oME

    BalasHapus
  13. Assalamualaikum bang salam kenal bangizin gabung.tu m3 amphibius rif sudah sampai tu

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ntar lagi beritanya nongol disini bro..πŸ˜πŸ‘

      Hapus
    2. Malon sudah punya duluan..... Ngix

      Hapus
    3. yak baruw lg PONTON! buat pasukan ZENI, siap2 pesta bisuk..ayo mimin kamuh bisa haha!🀝🀝🀝

      Hapus
  14. ini perusahaan spare part semua, ada juga yg reverse engineering, tapi kalau mesan kan nggak bisa 10-20, minimal beberapa kontainer.

    BalasHapus
  15. Bangsa paling bangsat pernah aku kenali,dasar tak tahu malu.. Apa dirumah kalian ngak ada cermin yahh.. Aku nasihatin sama kamu luat ajahh rupa kamu duluan sebelum mahu komen negara orang.. Jgn diucap kami jealous,itu sama skali ngak bener.. Bagi negara seperti kami..aku rasa kami lebih baik dari kamu.. Itu yg kamu iri kan.. Jadi secara physcology kamu ngak habis hina kami sbb kamu semacan ada inferiority complex tahap nya Gaban'salam hutan terbakar ngak sudah2.. Padam api pun gak pandai2 terkehadapan konon.. Pegiiidahh indon sialan kamu ini... Iyahh block lah sama aku min..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jubormu dah di kongkek Anwar keh hari ini lon 😁😁

      Hapus
    2. Ada yg stress berat... (mau ketawa tp takut dosa)

      Hapus
    3. Benar sudah stres masih merasa jumawa bagai macan asia.tapi taring dan kukunya sudah lepas alias ompongπŸ‘…

      Hapus
    4. Bangsa terlakanat di muka bumi..bangsa maksiat...dadah,judi LGBT,rasuah,perkosa mayat semua maksiat ada di malyasia.merdekapun tak pernah...hidup hanya mengklaim hak milik orang lain...liat saja karma akan menimpa neharamu

      Jerebu kau salhkan perbuatan kami jelas jelas suami menteri lingkungan hidup malassia lewat perusahaannya yang membakar hutan kami
      Karma akan berjalan satu persatu wilayahmu lepas,singapore brunai sudah lepas berlanjut sabah ,sarawak dan johor bahru yang join with singapore...Insya Allah negara malon bubar sebelum 100 tahun pendiriannya TERHAPUS DARI PETA DUNIA..BISMILLAH!!!!

      Hapus
    5. Wargay malondog bangsa paling bangsat di Asean, dirumah kau tak ada cermin kah, kamu ada semacam inferiority complex kah, malondog keturunan PKI yang lari ke semenanjing berlagak jadi ketuanan melayu, kau hina Indonesia padahal nenek moyang kau dari Indonesia, wargay malondog babi anjing

      Hapus
    6. Malon lagi frustasi tak dapat servis dubor tadi malam kah kah kah...pakai timun atau terong saja lon

      Hapus
    7. Lon sebelum komen minum obat dulu ,anda prustasi jual jubor tak laku ke? Operasi lon biar singset😁😁😁

      Hapus
  16. Sabulaysia produk utamanya yaitu narkoba sudah merambah dunia

    BalasHapus
  17. Kita sudah punya M3 amphibious Ponthon.....kalo gred a mah nonthon je

    kihkihkih

    BalasHapus
    Balasan
    1. ponton = nonton, iye ye bner jugak om haha!πŸ‘πŸ‘πŸ‘

      Hapus
  18. Baca-baca nopel nyook sambil nguwek uwek....

    Malaysia Defence Review
    6 hrs ·
    BAE Systems menyatakan tidak akan menumpukan penawaran Eurofighter Typhoon sebagai Pesawat Tempur Pelbagai Guna (MRCA) baharu untuk Tentera Udara DiRaja Malaysia (TUDM) sebaliknya menumpukan Jet Pejuang Ringan Hawk 208 dan Jet latihan Hawk 108 yang digunakan TUDM.

    BAE dilaporkan sedia menawarkan naiktaraf Hawk 208/108 melibatkan "radar warning receiver" (RWR) yang baharu selain "chaff & flare" baharu yang mana membolehkan juruterbang jet Hawk 208 & 108 melakukan pengelakan dari dikesan musuh.

    Naiktaraf ini meningkat jangka hayat pesawat dengan membolehkan ia digunakan 15 ke 20 tahun lagi. Namun, TUDM amat memerlukan Pesawat Tempur Ringan (LCA) baharu untuk meningkatkan keupayaan serta persediaan teknologi jet pejuang generasi ke-5.

    TUDM dilaporkan telah memohon 36 buah LCA dengan kos jangkaan RM 6 Billion ke RM 7 Billion kepada kerajaan yang dijangka direalisasikan pada RMK-12.

    Ini membolehkan TUDM membesarakan Hawk 208 & 108 serta MBB-339 yang telah digunakan lebih 20 tahun. Negara-negara jiran seperti Thailand dan Singapura telah melakukan langkah awal dengan mendapatkan KAI T-50 Golden Eagle (TA-50Th) dan Leonardo M-346.

    Foto Sumber BAE Malaysia

    -MDR-

    Aim Lor, Dia tau malaysia xnk keluar budget beli mrca

    Qamar Dinie Yahaya dengar boleh, percaya jangan..sapa x kenai pak long tu kedekut..mintak maap naa πŸ™

    Andy Mohamad SOP min must 60% serviceable. (blh terbang) untuk 108 &208. kira skrg dh byk tersadai lah.(cocoon)

    Malaysia Defence Review Andy Mohamad kurang 50%
    Abu Zarin Kurang 50%!!! memang patut buat perolehan aset baru yg sama kos nya

    Malaysia Defence Review Andy Mohamad
    Hawk 208 - 12 unit
    Hawk 108 - 5 unit
    MBB 339 - 7 unit

    Abu Zarin Kurang 50%!!! memang patut buat perolehan aset baru yg sama kos nya

    Naim Nastaim Bin Maarop Kerajaan skrg ke dulu ke mmg kedekut pahit psl pertahanan. Aku benci politik.

    Zamri Zam Satriani Mesia xyah la beli ap2 pakai ja ap yg ad smpi reput jnji baru ngara bleh simpan duit bnyk2

    Zack Iskandar Zamri Zam Satriani malaysia ni sama aja bro. beli pun bunyi x ada duit.klau x beli pun bunyi x ada duit. lebih baik beli dan melalak x ada duit daripada x beli apa tp masih melalak menda yg sama

    Akuni Wei klu RMK-12 pn LCA x d perolehi,mmg makin jauh ketinggalanlah TUDM..utk biasa dgn teknologi jet gen5 berapa lama perlu berlatih (LCA)..dh habis dgn LCA (berlatih) brp lama pulak GOV perlukan utk dptkan jet gen5? ke x perlu LCA baru utk dedahkan TUDM dgn teknologi jet gen5 min?

    Edmund Teh Ramai netizen yang kata tak yah beli pesawat sekarang tunggu pesawat gen 5 mantap.
    Tapi hakikatnya juruterbang perlu didedahkan dan dilatih dengan pesawat gen 4 sebelum transition ke pesawat gen 5.

    Leman Lennon Dpt lca bru, hawk ni di kanibalkan smpai xleh terbang..

    Far Reid TNI AU pon dh ada jdi kn hawk 209 depa jdi Tugu peringatan

    Malaysia Defence Review Far Reid tu bukan Hawk 60 diorg yg lama

    Nor Mohd Irshahrin Nordin Harapan sekadar harapan.. Nama pun harapan

    Lukman Nur Hafiz Kesian betul dekat bae promote typhoon gila gila last last senyap je
    Safuan Mohd Typhoon mahal la. Tak berbaloi.

    Lukman Nur Hafiz Fiezul Anwar itulah. Lima bersilih ganti takde sebarang procurement pun huhuhu cedih

    Mnizam Hamid Tiba jer.....pakat² tengok. Kalo beli pon tak guna sbb asyik cancel last minit kikiki ????

    Hussainie Beta Malaysia takkan beli jet niπŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚ Su30 or super hornet jaa dlm radar Malaysia

    Muzaffar Mahmud Singgah je..emmmmm

    Hazwira Haizi Rilex rilex... RAF tu bukan RMAF






    BalasHapus
    Balasan
    1. DEMONTRASI PASUKAN KOMANDO?

      Lembaga Siasatan telah memuktamadkan kejadian yang mengorbankan Mejar Zahir adalah kemalangan dalam latihan dan kejadian terpencil kerana semasa demonstari diadakan di Kem Lok Kawi ianya adalah salah satu latihan keupayaan GGK yang dijalankan dari semasa ke semasa.

      Lembaga Siasatan juga mengesahkan bahawa peralatan dan senjata yang digunakan semasa latihan keupayaan tersebut adalah selamat dan dalam keadaan baik.

      Lembaga Siasatan juga telah memaklumkan bahawa sebarang tindakan Tatatertib akan dijalankan sekiranya perlu.

      SOP Latihan akan diperhalusi dan segala kesilapan yang berlaku akan dibaiki.
      Rentetan dari keputusan lembaga Siasatan. Ayah Arwah Mejar Mohd Zahir telah memohon diadakan inkues bagi menyiasat punca kejadian tersebut.

      Beliau memaklumkan yang beliau tidak berpuas hati dengan keputusan lembaga siasatan.

      Untuk maklumam, inkues hanya boleh dijalankan sekiranya kematian seseorang itu diragui.

      Bagi kes Allahyarham, Telah terbukti beliau telah ditembak semasa dalam demonstrasi keupayaan TDM di Kem Lok kawi 4 September 2019.

      Khairul Musnan Khalid, Apa sekalipun yg berlaku, sy mohon pihak PDRM & ATM menghapuskan penggunaan peluru hidup semasa dalam latihan yg melibatkan sasaran kpd manusia.
      Bukanlah sebap takut ataupun tidak mempercayai kopetensi anggota, akan tetapi amatlah rugi bilamana kita kehilangan anggota dalam latihan dan demostrasi.
      Secara peribadi, ia tidak berbaloi.
      Bayangkan berapa lama masa utk melatih dan memberi pengalaman kpd setiap anggota khas utk diperlengkapkan dgn kemahiran - tapi gugur sebegitu sahaja, atau dipencenkan awal, atau dilepaskan utk bersara awal dll...
      Rugi masa tenaga. Sy percaya satu mekanisma terbaik boleh direncanakan utk mengelak kehilangan sia-sia.

      Hazren Hashim, Kalau guna peluru kosong budak tadika pun boleh buat. Menggnakan peluru hidup menguji tahap kemahiran anggota komando ATM. Kesilapan harus di siasat bagi megelakkan kejadian berulang. Jgn amik mudah dgn mengatakan siu terpencil. Rakyat perlu tahu. Adakah baju kalis peluru itu tiruan atau kesilapan anggota terbabit.

      Khairil Anwar Memang kalau dah sampai ajal, tak boleh buat apa. Tapi rasanya ramai yang ingin tahu adakah tembakan tersebut tersasar, atau jaket kalis peluru tersebut tembus. Kerana dua dua senario ini mempunyai implikasi yang berbeza..

      Muhammad Ariff 3 das dilepaskan. 2 kena vest. 1 tersasar tengkuk


      Hapus
    2. Malon tuh miskin dan NATO

      KOMANDO MALON paling lemah di dunia dalam exercise dan demo puπŸ˜„πŸ˜„isa pula tewas

      Hapus
    3. nopelnya mengharukan om jem haha!πŸ™„πŸ™„πŸ™„

      Hapus
  19. Nasib tamingsari malondog low IQ idiot people wargay

    Melongok Rudal Taming Sari Buatan Malaysia, Digadang Hancurkan Tank Namun Begini Nasibnya Kini Rabu, 15 Agustus 2018 

    TRIBUN-BALI.COM - Untuk kualitas dan teknologi pertahanan, bisa dibilang Indonesialebih unggul dari jirannya, Malaysia.

    Walaupun Indonesia masih harus banyak belajar dalam industri pertahanan, namun setidaknya negeri ini mampu memproduksi alat utama sistem persenjataan (Alutsista) secara mandiri.

    Untuk lini peroketan/rudal, tercatat Kementerian Pertahanan Indonesia sudah membeli Rudal Pertahanan (R-Han) 122 yang sebelumnya merupakan prototipe dari tipe RX 1210 yang pengerjaannya dimulai tahun 2003.

    R-Han 122 sendiri sudah diproduksi masal pada 2017 lalu dan saat ini berstatus aktif sebagai sistem persenjataan artileri medan TNI AD.

    Melihat Indonesia sedikit demi sedikit mulai berdikari dalam produksi alutsista dalam negeri, Malaysia tak mau tinggal diam.

    Tahun 2008, Malaysia melalui Institut Penyelidikan Sains dan Teknologi Pertahanan atau STRIDE memamerkan hasil penelitian mereka saat pameran Defence Service Asia (DSA) 2008 yang saat itu dilaksanakan di Putra World Trade Centre.

    Hasil penelitian STRIDE adalah sebuah misil pertahanan yang diberi nama Taming Sari 98.
     
    Taming Sari 98 diklaim dapat menembak tank dari jarak sejauh tiga kilometer yang sasarannya bisa ditandai dengan Laser Target Designator (LTD).

    Dalam pameran itu, terlihat Rudal Taming Sari berplatform sebuah mobil bak terbuka.

    Menurut informasi, rudal Taming Sari 98 yang dibawa saat pameran DSA 2008 tersebut ialah asli bukan mock up.

    Bahkan para pakar peneliti rudal tersebut sudah berani sesumbar jika Taming Sari 98 sekelas dengan rudal Copperhead buatan Amerika Serikat.

    Harapannya jika sudah jadi, Taming Sari akan digunakan oleh pasukan khusus Malaysia macam Unit GGK dan Paskau.

    Namun bak angin topan berubah menjadi angin sepoi-sepoi.
     
    Belum juga kelihatan tes pengujian bahkan produksi, Taming Sari sudah lenyap dimakan waktu.

    10 Tahun sejak dipamerkan ke publik Malaysia, sampai tahun 2018 ini pun Taming Sari tidak jelas juntrungnya seperti nasib rifle VB Berapi.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Buat saja obat kuat khusus gay vita berahi dan tampan sari dijamin laku dipasaran tempatan

      Hapus
    2. Sejauh 3 km,taming sari itu bunga api keh 😁😁

      Hapus
    3. Orang banyuwangi saja di desa ku east java bisa kirim santet lintas pulau...lha ini taming sari yang high tech cuma 3 kilo

      Hapus
    4. Misil mercun tamingsari😁

      Hapus