23 April 2021

Oksigen di KRI Nanggala Diperkirakan Bisa Lebih dari 72 Jam

23 April 2021

KRI Nanggala-402 dilengkapi sistem yang bisa mengubah karbon dioksida menjadi oksigen. Hingga kini, tim pencari masih berusaha mencari lokasi kapal selam yang hilang (photo : TNI AL)

JAKARTA, KOMPAS — Persediaan oksigen bagi 53 awak kapal selam KRI Nanggala-402 diperkirakan bisa lebih dari 72 jam. Meski demikian, keberhasilan evakuasi para awak sangat bergantung pada lokasi dan kedalaman kapal selam tersebut.

Hingga Jumat (23/4/2021) pukul 17.00 atau sekitar 60 jam seusai hilang kontak sebelum melakukan penyelaman di perairan utara Bali, tim pencari dan penyelamat belum menemukan lokasi kapal selam KRI Nanggala-402.

Kepala Pusat Penerangan TNI Mayor Jenderal Achmad Riad di Pangkalan TNI Angkatan Udara I Gusti Ngurah Rai, Badung, Bali, mengatakan, status KRI Nanggala sampai sekarang masih dalam isyarat kapal hilang dan belum dinyatakan sebagai kapal tenggelam.

”Sesuai dengan penjelasan Kepala Staf TNI AL Laksamana Yudo Margono kemarin (Kamis), hingga saat ini harapannya masih sub-miss, masih hilang. Kami mohon doa agar (pencarian) bisa maksimal hari ini,” katanya.

Achmad menuturkan, kapal selam yang hilang kontak diperkirakan dalam keadaan tidak bergerak dan tidak mengeluarkan suara. Dengan demikian, pencarian hanya bisa mengandalkan peralatan yang memiliki kemampuan sonar.

Data KRI Nanggala 402 (infographic : Kompas)

Tim pencari melakukan penyisiran di utara perairan Bali yang menjadi lokasi terakhir kapal selam sebelum hilang kontak. Pencarian difokuskan di sembilan titik di area seluas 18,52 kilometer yang berada sekitar 40 kilometer utara Pelabuhan Celukan Bawang. Lokasi itu diduga menjadi lokasi kapal selam dari temuan-temuan berupa tumpahan minyak dan daya magnet yang kuat.

Achmad mengatakan, pencarian dilakukan oleh 21 KRI, termasuk kapal selam KRI Alugoro-405 dan KRI Rigel-933 yang memiliki kemampuan monitor bawah laut melalui sonar. Selain itu, ada empat kapal dari kepolisian, yakni Kapal Gelatik, Kapal Enggang, Kapal Barata, dan Kapal Balam. Kapal milik kepolisian itu memiliki remotely operated vehicles (ROV) dan alat sonar dua dimensi. Empat kapal milik Badan SAR Nasional juga dikerahkan ke lokasi, yakni KN SAR Wisnu, KN SAR Antasena, KN SAR Arjuna, dan KN SAR Kamajaya.

Adapun bantuan berupa kapal untuk evakuasi awak kapal berasal dari negara lain, seperti Singapura (MV Swift), Malaysia (MV Mega Bakti), Australia (HMAS Balarat dan HMAS Sirius), India (SCI Sabarmati), serta pesawat dari Amerika Serikat (USN Aircraft Poseidon). Kapal dan pesawat bantuan ini dalam perjalanan ke lokasi pencarian. Yang lebih cepat tiba di lokasi diperkifakan MV Swift pada Sabtu (24/4/2021).

”Yang diutamakan adalah kapal-kapal yang memiliki kemampuan membaca sonar karena memang tidak semua kapal memiliki kemampuan itu,” ujarnya.

Secara terpisah, pengamat pertahanan dan militer Connie Rahakundini Bakrie mengatakan, seandainya kru kapal selam masih bertahan, biasanya mereka akan membuat bunyi-bunyian dan keriuhan sebagai pertanda kepada kapal permukaan. Ketika tanda-tanda suara itu sudah tidak ada, kemungkinan kapal selam sudah tenggelam di dasar lautan atau kapal selam sudah tidak bertahan.

KRI Nanggala juga dilengkapi sistem yang bisa mengubah karbon dioksida menjadi oksigen. Dengan sistem itu, persediaan oksigen yang diperkirakan hanya cukup untuk 72 jam kemungkinan bisa lebih lama, artinya kemungkinan 53 awak kapal selam bisa bertahan lebih dari yang diperkirakan, Sabtu (24/4) pukul 03.46.

Meski demikian, keselamatan awak kapal sangat ditentukan pada kedalaman lokasi kapal selam tersebut. Jika kapal selam itu terjebak di palung dengan kedalaman 700 meter seperti dugaan awal, kapal selam itu diperkirakan rusak. Arus laut bisa merusak sambungan kapal selam yang terbuat dari baja karena kapal selam itu didesain hanya mampu menyelam di kedalaman 250-500 meter.

`

Pelacakan KRI Nanggala 402 (infographic : Antara)

Kedalaman lokasi kapal juga menentukan keberhasilan evakuasi awak kapal. Untuk melakukan evakuasi, kapal bantuan harus turun dan menempel di badan kapal selam. Awak kapal selam satu per satu masuk ke kapal itu dan dievakuasi ke permukaan.

”Semakin dalam lokasinya, risikonya semakin besar,” kata Connie.

Menurut dia, operasi pencarian dan penyelamatan kapal selam tidak mudah. Sebab, kapal selam merupakan alat utama sistem persenjataan yang didesain seperti siluman yang tidak terlihat karena fungsinya untuk membunuh lawan. Ketika kapal selam hilang, maka pencarian akan sangat sulit dilakukan.

”Keberhasilan kapal yang menggunakan sonar mencari lokasi kapal selam sangat ditentukan dengan jarak, kepekatan, kondisi laut, dan arus,” katanya.

Pengamat militer dari Institute for Security and Strategic Studies (ISESS), Khairul Fahmi, mengatakan, tidak mudah mencari kapal selam yang hilang. Oleh karena itu, tim pencari harus menyiapkan beberapa skenario penyelamatan yang paling relevan dengan menyesuaikan kondisi yang ada.

Selain itu, Indonesia juga diharapkan segera memiliki perangkat penanganan kedaruratan untuk kapal selam. Sebab, saat ini, perangkat tersebut masih tidak dimiliki sehingga operasi penyelamatan awak KRI Nanggala bergantung dari bantuan negara lain.

”Jika ingin meningkatkan jumlah armada kapal selam, perangkat penanganan kedaruratan itu adalah satu aspek penting yang harus disediakan untuk melengkapi keberadaan kapal selam,” kata Fahmi.

(Kompas)

90 komentar:

  1. Tak dapat ke, rov bawa kawat baja, towing tarik ke laut dangkal

    BalasHapus
  2. Semoga dapat segera ditemukan dan selutih awak kasel selamat, Aamiin Yaa Rabbal'aalsmiin

    BalasHapus
  3. Kalau skenario aku kalau tak de DSRV,.. Kirim rov , sambil bawa kawat baja, kait kat hidung kapal selam, tarik kat laut lebih dangkal, terus pasukan katak tolong

    BalasHapus
    Balasan
    1. itu baru perkiraan karna hanya pendeteksi logam...belum pasti...!!!
      dan tarik juga kan harus ada alat untuk menyelam nya...karna kalou sudah ratusan meter itu melewati ambang batas menyelam tanpa alat yang memadai...seperti kapal selam mini..!!!

      Hapus
    2. sedang rov kurang mendukung dalam hal tersebut...!!!

      Hapus
  4. Kalau awak kapal masih hidup, harusnya kirim sinyal ketukan ketukan agar terdengar kapal permukaan

    BalasHapus
  5. KRI Nanggala juga dilengkapi sistem yang bisa mengubah karbon dioksida menjadi oksigen...udah sekelas aip dong

    BalasHapus
  6. Nape kapal selam lain yg bantu cari tak dapat sinyal sonar? Padahal dah sambil menyelam

    BalasHapus
    Balasan
    1. misi sar beda dengan misi lainya dan kasel bukan peruntukanya dan tidak mendukung misi tersebut...kecuali kapal selam khusus sar yang mampu mencari maupun mengevakuasi baik awak maupun kapal selam nya...!!!

      Hapus
    2. Nanti jika kri NANGGALA tersebut sudah ditemukan apakah kapal tersebut akan diangkat ke permukaan ?

      Hapus
    3. itu belakangan dek...dan liat kondisinya yang utama misi sar bukan untuk menyelamatkan aset...tapi krue dan nyawa manusia...karna itu yang mendesak dan dikejar waktu...!!!

      Hapus
    4. Iya maksud saya setelah awak/kru KRI Nanggala 402 tersebut sudah dievakuasi apakah kapalnya akan diangkat atau dibiarkan saja ?

      Hapus
    5. kalou memungkinkan jelas diangkat...karna itu aset negara walau sudah tak berguna...apa lagi perlu dipelajari penyebab kecelakaan ini sebagai bahan evaluasi...!!!

      Hapus
    6. KRI ALUGORO 405 SUDAH TIBA DI LAUT BALI
      https://twitter.com/LembagaKERIS/status/1385507177268322306?s=19

      Hapus
    7. sonar mendeteksi suara kalou kapal selam diam itu sulit dilacak...oleh sebab itu pendeteksi logam lebih baik digunakan....atau mungkin kasel tersebut dilengkapi kamera atau bahkan pendeteksi lainya...!!!

      Hapus
    8. Yg biasanya pakai kamera itu ROV. Tetapi itu jarak pandangnya terbatas. Kalau sudah dalam, sangat tergantung kekuatan senter yg dibawa.

      Sensor paling efektif masih tetap suara. Paling tidak propellernya tidak dikasih anechoic tiles. Jadi sonar aktif masih mantul dari salah satu bagian kapal selam. Memang buat triangulate rada susah.

      Hapus
    9. sudah usa bawa posaidon nya...karna saya engak tau kasel kita mengadopsi tehnologi sonar jenis apa...???

      Hapus
  7. Aamiin semoga masih bisa bertahan dan dapat segera di ketemukan oleh team penyelamat.

    BalasHapus
  8. dan saya rasa pernyataan menhan tentang pengadaan kasel baru kurang tepat....seolah kita lalai dalam memonderenisasi sista...atau bahkan kita mempertaruhkan nyawa prajurit dengan sista tua dan alakadarnya...!!!
    sebaiknya fokus penyelamatan tanpa pernyataan yang malah menimbulkan kontroversial...lalu evaluasi masalah dan penyebab kejadian tersebut...!!!
    karna sebab musabab nya belum diketahui seharusnya menahan diri untuk bicara yang malah menimbulkan reaksi publik...!!!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tau tuh,menhan ini kurang peka..

      Hapus
    2. ngak usah jijir bawa bawa kesatuan dek...prabowo itu pribadi dan menjabat menhan...lepas dia pernah menjabat apa dan dimana itu engak ada hubungan nya...jadi engak usah lebay walau kamu allay....😅

      Hapus
    3. jadi om visio semua ini menyalahkan menhan atas kinerjanya 2 tahun ini? padahal setiap pembelian alutsista juga butuh persetujuan KEMENKEU, DPR, dan Presiden

      Hapus
    4. kamu kurang paham atas komen diatas kali ya...😒
      bukan pengadaan yang saya kemukaan tapi pernyataan yang kurang tepat pada waktu yang salah...!!!
      kalou masalah ribet birokrasi dinegri ini ya jangan tanya dan heran...karna motonya "kalou bisa dibuat sulit untuk apa dibuat mudah"...kan gitu...???
      jadi pertama kita koreksi dulu sumber masalahnya baru kita cari solusinya...!!!
      saya contohkan pengadaan su35....padahal menhan sebelumnya sudah mati matian berunding tapi sebaliknya nyangklak juga dimentri keuangan dan perdangan...entah itu masalah bagi hasil atau sebagi nya...entah itu benar atau tidaknya....setidaknya itu lah ceinan birokrasi kita...!!!
      dan yang lebih mengelitik lagi...bahkan penganguran untuk cari kerja saja bisa dibuat ribet dan pusing kepala...karna harus urus ini itu dan itu perlu modal...belum lagi perlu pelicin untuk memuluskan semuanya...jadi sebelum dapat uang gaji harus investasi uang masuk kerja dulu...😅

      Hapus
    5. jadi wajar penganguran dan kemiskinan akan selalu ada...karna yang ngurus juga merasa butuh pengasilan tambahan...😅🤣

      Hapus
  9. Memang agak rumit mencari dan menyelamatkan
    Di satu sisi kapalnya memang senyap
    Resiko penyelamatannya juga tinggi

    BalasHapus
    Balasan
    1. nah itu dia dek...kasel dibuat dan dirancang agar tidak mudah terdeteksi...sekarang pusing sendiri kan...ngapa buat kasel payah dideteksi...😅

      Hapus
  10. Angkatan bersenjata paling keren & mantap mendunia di ASEAN nggak punya submarine search & rescue ship? Kata nya TNI AL kuasa blue ocean navy. Miaw miaw miaw

    BalasHapus
    Balasan
    1. 🙄😲...ngomong apa an sih nih bocah...kalim sendiri terus dinyiyirin sendiri....!!!!!
      sejak kapan indonesia jadi blue water navy...😒

      Hapus
  11. Cakap Negara hebat... bisa bikin submarine (help from S.Korea)
    Bisa bikin aircraft (help from European airbus).
    But need singapore help to look for their submarine!!!
    Hahaha

    BalasHapus
  12. The best submarine in Asia is singapore type 218sg that cost almost double then Indonesia new submarine.
    You guys say that malaysia sub Ngak bisa selam???? Hahaha tapi sub Indonesia bisa tengelam!!!!!!!!!!

    Hahahahahajananananananana😵🤣😂🤣🤣

    BalasHapus
    Balasan
    1. ini kayak nya hari pekok aka asudaru...😅
      eeeittt yang marah berarti ngerasa...😒

      Hapus
  13. 35
    Cakap Negara hebat... bisa bikin submarine (help from S.Korea)
    Bisa bikin aircraft (help from European airbus).
    But need singapore help to look for their submarine!!!
    Hahaha

    Hahaha🤣😊😂🤣😊😵😂😂

    BalasHapus
    Balasan
    1. Where is the Humanity in your heart. Indonesian are grieving and need to locate the crew. This is not a tine for mocking other country. It is a time of unity....Life is precious dont make any fun on it..

      Hapus
    2. Fuck it!!! If this happen to other country you think all the Indonesian prick aka keyboard warrior in this forum will show singapore or other country sympathy?? They are dickhead with Low pay job and they think they know about defence. Fuck them

      Hapus
    3. I agree. They expect sympathy yet they are the biggest troublemakers in the region.
      "Strongest military" can lose submarines LOL

      Hapus
    4. ya berarti sama gila nya kayak kamu...😅
      dan itu jelas...karna kelakuanya sama...🤣🤣🤣

      Hapus
    5. When you start your own stereo typing then you are dumb as fuck like any other idiots out there. You are no better then Indo keyboard warrior period

      Hapus
    6. Stereotyping? What a retarded statement coming from fkin clowns that literally honours terrorists, and names warships after them?
      And thats just 1 example!

      Hapus
  14. Philippine should help they have the latest anti submarine Helicopter Wildcat also the Jose Rizal Class Frigate and Pohang class Corvette they have sonar..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wildcats can probably help. Ships on the other hand, I'm not so sure. We already have more than two dozen ships in the area. Coordination will become an issue. MCMVs are probably a lot more useful in the current situation.

      Hapus
  15. Susah juga ya KRI NANGGALA 402 terdeteksi... Semoga dengan datangnya P-8 POSEIDON ini KRI NANGGALA 402 berhasil di deteksi.


    https://www.tribunnews.com/nasional/2021/04/24/pesawat-pemburu-kapal-selam-milik-as-tiba-di-bali-bantu-cari-kri-nanggala-berikut-kecanggihannya

    BalasHapus
    Balasan
    1. The best submarine in Asia is singapore type 218sg that cost almost double then Indonesia new submarine.
      You guys say that malaysia sub Ngak bisa selam???? Hahaha tapi sub Indonesia bisa tengelam!!!!!!!!!!

      Hahahahahajananananananana😵🤣😂🤣🤣

      Hapus
  16. Sadiz banget commentnya si maling panci ini ..

    ---------------
    KRMT Roy Suryo:

    Sayang. Harapan yg sempat dimuat media setahun lalu ini kontrak dgn Berita mengejutkan yg baru saja diterima ttg “Hilangnya KRI Nanggala-402” barusan. Kekuatan Maritim yg harusnya disegani malah spt ikut2an Harun Masiku & Truk Pengangkut Barang Bukti KPK? Semoga segera ditemukan.”

    BalasHapus
  17. Srikandi
    ir2tanS0 Apridl apotd ns18sfS:uSdr22Sorhnedcd ·
    Realiti Sejarah & Gangguan Kejayaan Melayu
    Srikandi ada terbaca tulisan yang menuduh orang Melayu mundur di zaman penjajahan Eropah sebab orang Melayu ketika itu kononnya terlalu asyik dengan agama dan terlibat dengan aktiviti 'kesufian' yang menolak hal-hal kemajuan dunia.
    Sebenarnya, dalam realiti sejarah tidak begitu. Kemunduran di zaman penjajahan adalah kerana PENJAJAHAN itu sendiri. British dan Belanda dalam mengamalkan polisi ekonomi monopoli beransur-ansur memusnahkan jaringan perdagangan pribumi dan menyumbang kepada kepupusan kelas menengah pribumi malah Belanda menjalankan dasar agresif membakar ladang-ladang milik kerajaan pribumi. Jahat tak jahat Belanda ni sampai macam tu sekali. Perlu diingat, pelabuhan Riau yang dibina raja Melayu lebih meriah kegiatan ekonominya berbanding Melaka di bawah Belanda dan sejarah tercatat bahawa Belanda akhirnya menyerang Riau pada tahun 1784.
    Adakah British dan Belanda pandai berdagang sangat? Tidak, mereka naik dengan cara monopoli, yakni menghapuskan saingan. Mereka sebenarnya gagal bersaing dengan para pedagang Melayu namun, dengan menggunakan kekuatan persenjataan dan pengurusan ketenteraan moden, mereka boleh 'hack' situasi ekonomi dengan menghapuskan persaingan dan menguasai perdagangan di Selat Melaka melalui dasar monopoli yang agresif.
    Orang Melayu, dari segi sejarah sebenarnya memiliki pembudayaan ekonomi yang semulajadi, memiliki naluri perdagangan yang tepat dan kesungguhan mencaturkan perniagaan secara harmoni. Namun, acapkali dalam sejarah perkembangan ekonomi mereka diganggu oleh orang-orang luar yang tamak dan dengki. Mungkin kelemahan yang boleh kita perbaiki ialah pengetahuan dalam bidang pentadbiran moden, pengurusan sumber manusia dan kemaskini ketenteraan moden.
    Jika kita pandai berniaga tetapi skema sangat anggap semua manusia dalam dunia ni baik sampai kita tidak serius membangunkan bidang pertahanan sendiri maka satu hari orang luar yang tamak dan dengki akan hapuskan kejayaan yang kita bina bertahun-tahun lamanya hanya dengan satu serangan perang yang tragis.
    Orang lain itu yang tak pandai berniaga dan gagal bersaing dengan kita akhirnya akan guna kekuatan agresif untuk jatuhkan kita. Itulah yang dilakukan oleh Portugis, British dan Belanda. Bila sudah monopoli, maka tiada persaingan, jadi mereka ibarat bermain catur sambil tutup mata saja sebab sudah tiada ancaman persaingan dari kelas menengah Melayu.
    Perkara-perkara ghaib begini jarang diketahui oleh generasi Melayu terkemudian dan mereka tercangak-bangak untuk menyalahkan siapa dan akhirnya mereka menyalahkan agama dan genetik mereka sendiri. Ingatlah, sesiapa saja di kalangan manusia tidak kira apa warna kulit, jika diberi peluang dan ruang, diberi pendidikan yang cukup maka mereka boleh berjaya.
    ~Srikandi

    BalasHapus
  18. Apapun alasan nya jumlah orang yang berlebihan tetap tidak bisa dibenarkan, walau bukan penyebab insiden ini. Jadi cerminan kedisiplinan diri terhadap safety ke dunia internasional. Tapi sudah kejadian ya sudah

    BalasHapus
    Balasan
    1. Apakah anda yakin 53 crews over capacity?

      Apakah anda operator KS Nanggala 402?

      Apakah satkasel Hiu Kencana seceroboh itu?

      Saya belum faham soal capacity KS Nanggala ini, apakah over atau belum?

      🤔

      Hapus
    2. setau saya baik kasel maupun kapal permukaan yang berlayar lama punya dua kru untuk sip jadi waktu istrirahat tetap siaga dalam operasi...masalah berapa awak ideal itu saya kurang paham...tapi jelas sudah dikaji matang oleh pihak hiu kencana...!!!
      berkenaan latihan dengan penambahan krue atau awak kasel itu juga saya kurang paham...tapi itu lumrah...kecuali masa dinas atau operasional biasa...pasti awak kasel utama tetap...tanpa penambahan...!!!

      Hapus
    3. Sudah jelas ada tambahan orang yang bukan ABK berdasar press con nya panglima. Dan yang saya tekankan bukan pada hubungan sebab akibat insiden dengan over capacity.

      Hapus
    4. Seperti insiden beberapa pesawat angkut jatuh tni yg ternyata ada penumpang tambahan, kemudian apc yang tenggelam di purworejo, heli AD jatuh yang angkut pacar prajurit. Tentu load master sudah menghitung dengan detail agar tercapai safetynya. Maaf panjang lebar...Intinya gini, dalam skenario terburuk yang seharusnya tidak mati disitu jangan sampai ikutan naik.

      Hapus
    5. istilah over cavacity itu kurang tepat...karna bukan angkutan umum dan tidak di luar batas jumlah penumpang...memang kurang ideal bila menambah awak diluar kru tetap tapi masih sebatas wajar...karna dalam operasi khusus penyusupan akan lebih bamyak awwak yang dimuat...jadi bukan masalah saya kira...!!!

      Hapus
    6. Tolong jangan pakai tanda seru kalau berdiakusi, apalagi lawan bicara anda tidak offense.

      Hapus
    7. tolong dimaklumi saya tuh engak tau tanda baca...😅
      dipahami kontek tulisanya dulu...bukan berarti semua tanda seru untuk menyerang..tapi pada penekanan kalimat...!!!

      Hapus
    8. Satu torpedo 533mm itu sekitar 1.4 ton atau lebih. Mengatur berat itu gampang dengan saftey margin besar. Kalau ada hal yg mungkin dikritisi lebih mungkin masalah perawatan.

      Kalau lihat roster sebenarnya masih wajar, mumpung uji coba senjata. Beda dengan kasus Hercules dulu.

      Hapus
  19. F16SG Aesa -F15SG Aesa - F35B aka ASUwandaru

    Kau baca ini Monyet, anak Anjing..

    👇👇👇👇

    RI-Singapura Makin Mesra
    CNBC Indonesia TV, CNBC Indonesia
    NEWS 15 March 2021 12:30

    Jakarta, CNBC Indonesia - Indonesia dan Singapura sepakat memperkuat kerja sama bilateral kedua negara salah satunya dengan membangun proyek jembatan Batam-Bintan atau jembatan babin. Jembatan sepanjang 6,4 kilometer ini rencananya akan mulai dibangun pada tahun 2022 mendatang dan akan menjadi salah satu jembatan terpanjang di Indonesia.

    Simak informasi selengkapnya di program Profit CNBC Indonesia (Senin, 15/03/2021) berikut ini

    Link :

    https://www.cnbcindonesia.com/news/20210315113208-8-230137/ri-singapura-makin-mesra

    BalasHapus
    Balasan
    1. Makin Mesra, Indonesia-Singapura Bangun Tiga "Jembatan" Bilateral

      Bisnis.com, JAKARTA - Pemerintah Indonesia dan Singapura berkomitmen untuk melanjutkan penguatan kerjasama ekonomi bilateral antar kedua negara.

      Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga mengatakan bahwa tahun lalu, investasi Singapura mencapai US$9,8 Miliar, meningkat 34 persen dari 2019.

      “Investasi Singapura pada tahun lalu mencapai rekor tertinggi dalam 6 tahun terakhir, dan ini menunjukkan hubungan yang sangat baik antara kedua negara,” katanya dalam pertemuan virtual yang dikutip melalui keterangan pers, Jumat (12/3/2021).

      Secara garis besar pertemuan bilateral tersebut membahas tiga jembatan yang diharapkan dapat mempererat hubungan bilateral antara Indonesia dan Singapura sekaligus memperkokoh eksistensi kedua negara di kawasan Asean dan Internasional. Ketiga jembatan itu adalah jembatan digital, jembatan infrastruktur, dan jembatan travel bubble.

      Jembatan digital Indonesia dan Singapura diharapkan dapat terwujud dengan keberadaan Batam sebagai pusat pengembangan pusat data dan pengembangan industri digital di Indonesia.

      Kawasan Eonomi Khusus (KEK) Nongsa Digital Park di Batam diharapkan akan menjadi pintu masuk bagi perusahaan teknologi informasi internasional dari Singapura dan mancanegara.

      Airlangga menjelaskan bahwa Nongsa Digital Park diharapkan dapat menghemat devisa negara dalam bisnis digital hingga Rp20 triliun–Rp30 triliun pertahun dengan kontribusi terbesar dari sektor data center dan pendidikan internasional.

      “Selain itu, Singapura dan Indonesia juga akan mengutamakan kerjasama pelatihan untuk meningkatkan kompetensi sumber daya manusia berbasis teknologi informasi,” jelasnya.

      Sementara untuk jembatan infrastruktur akan dimulai dengan pembangunan jembatan Batam–Bintan atau Jembatan Babin sepanjang 6,4 km pada tahun 2022. Nantinya, jembatan ini akan memiliki baris jalan 100 meter dan dibagi dalam tiga trase, yaitu Pulau Batam, Pulau Tanjungsauh, dan Pulau Bintan.

      Keberadaan jembatan ini akan memudahkan pelaku usaha di Bintan untuk mengirimkan produk pertaniannya ke Batam untuk selanjutnya di ekspor ke Singapura atau ke negara lain. Jembatan Babin ini diharapkan akan meningkatkan konektivitas dari Bintan dan Batam ke Singapura ataupun sebaliknya.

      Kerjasama juga akan dilakukan untuk membantu sektor pariwisata melalui Jembatan Travel Bubble. Indonesia dan Singapura sepakat untuk membentuk tim membahas kemungkinan dilakukannya travel bubble antara Singapura dan Indonesia di mulai dengan disepakatinya travel arrangement antara Singapura dengan kawasan Batam–Bintan–Karimun (BBK).

      Dengan adanya pengaturan tersebut, para pebisnis dan turis dimungkinkan untuk bepergian secara bebas dari kawasan BBK-Singapura dan sebaliknya, tentunya dengan penerapan protokol kesehatan yang ketat di tengah pandemi.

      “Seperti arahan Presiden Joko Widodo, di masa sulit seperti saat ini, negara ASEAN harus terus menunjukkan soliditasnya dengan berkolaborasi dan saling membantu, termasuk di dalamnya adalah meningkatkan kerjasama di bidang pariwisata,” ungkap Menko Airlangga.

      Link :

      https://m.bisnis.com/amp/read/20210312/9/1366935/makin-mesra-indonesia-singapura-bangun-tiga-jembatan-bilateral

      Hapus
    2. Bener. Singapore + RI serumpun. Adik beradik

      Hapus
    3. The best submarine in Asia is singapore type 218sg that cost almost double then Indonesia new submarine.
      You guys say that malaysia sub Ngak bisa selam???? Hahaha tapi sub Indonesia bisa tengelam!!!!!!!!!!

      Hahahahahajananananananana😵🤣😂🤣🤣

      Hapus
    4. Cakap Negara hebat... bisa bikin submarine (help from S.Korea)
      Bisa bikin aircraft (help from European airbus).
      But need singapore help to look for their submarine!!!
      Hahaha

      Hahaha🤣😊😂🤣😊😵😂😂

      Hapus
    5. Sya tanya jika US sekalipun negara hebat kena musibah apa tak butuh bantuan negara lain, ngomong apa kentut kau ni haahh?

      Hapus
    6. Xaxaxaxaxaxaxaxa yg kejar target dapat nasi bungkus berulah xaxaxaxaxaxaxaxa kasihan.... xaxaxaxaxaxaxaxa ada masa dimana orang lain akan tertawa di atas penderitaanmu xaxaxaxaxaxaxaxa karma???? Yg pasti apa yg kamu tanam itulah yg akan kamu tuai xaxaxaxaxaxaxaxa 😂😂🤣🤣😛😛😛😛

      Hapus
  20. gila kamu ya dek...kasel tengelam di jadi in bahan troolll...😏
    entar kamu apa keluarga mu kena musibah ditrooll juga sama gempore kapok...😅

    BalasHapus
  21. Bro sekelas rusia aja masih dibantu dalam cari kasel mereka
    Inget insiden kursk nggak,atau nggak tau bahkan

    BalasHapus
  22. Orang indoeniat tengelam....
    Maju beli
    Rafale
    Typhoon
    Su35
    F15
    F35
    Kfc
    Osprey
    Sub Brazil
    Sub German
    Sub Turkish
    Tapi Ngak ada Wang
    Cakap Negara hebat... bisa bikin submarine (help from S.Korea)
    Bisa bikin aircraft (help from European airbus).
    But need singapore help to look for their submarine!!!
    Hahaha

    Hahaha🤣😊😂🤣😊😵😂😂

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ya memang indonesia masih nggak mampu nyari sendiri,

      tapi secanggih apapun alatnya ,kan di regulasi ISMERLO di katakan bahwa kalo ada kasel yang tenggelam wajib dikasih tau ke negara anggita lainnya

      Hapus
    2. Situ klo mo caper.. caper aja ama mayat di kuburan bro..

      Ga usah sok jago belagak orang singapore KW..

      Hapus
    3. Orang indoeniat tengelam....
      Maju beli
      Rafale
      Typhoon
      Su35
      F15
      F35
      Kfc
      Osprey
      Sub Brazil
      Sub German
      Sub Turkish
      Tapi Ngak ada Wang
      Cakap Negara hebat... bisa bikin submarine (help from S.Korea)
      Bisa bikin aircraft (help from European airbus).
      But need singapore help to look for their submarine!!!
      Hahaha

      Hahaha🤣😊😂🤣😊😵😂😂

      Hapus
    4. Xaxaxaxaxaxaxaxa yg kejar target dapat nasi bungkus berulah xaxaxaxaxaxaxaxa kasihan.... xaxaxaxaxaxaxaxa ada masa dimana orang lain akan tertawa di atas penderitaanmu xaxaxaxaxaxaxaxa karma???? Yg pasti apa yg kamu tanam itulah yg akan kamu tuai xaxaxaxaxaxaxaxa 😂😂🤣🤣😛😛😛😛

      Hapus
  23. hal lumrah saling bantu dalam kehidupan bermasarakat maupun bernegara karna pada dasar nya kita mahluk sosial...!!!
    tapi memang aneh jaman now bila lihat orang membantu dan dibantu orang lain...karna cerminan budaya luhur mulai pudar dari masarakat kita baik diperkotaan maupun dipedesaan disebabkan paham globalisasi yang melekat dan mengusung paham kaum matrealis...semuanya diukur uang dan materi...sedang budaya agung seperti gotong royong mulai ditingal kan...ironis bagi negri yang mengagungkan persatuan dan kesatuan...!!!

    BalasHapus
  24. Yang jadi masalah jika benar insiden ini krn blackout, maka akan menjadi senyap nyaris 100%.

    Ini artinya, KS Nanggala402 akan benar2 menjadi siluman.

    Hal yg bisa dilakukan:
    - awak kasel tsb tetap mengirimkan kode berupa bunyi2 an tertentu.
    - sonar aktif di kapal2 perang/oceanografi menyisir utk mendeteksi/menggambar objek bawah laut.
    - atau dengan mendeteksi kemagnetan objek dalam laut.

    Semoga Allah memberi kekuatan pd 53 awak KS Nanggala402 utk tetap berupaya dan bertahan.

    Semoga team pencari/penyelamat diberi petunjuk oleh Allah SWT sehingga dpt menemukan KS Nanggala 402 secara cepat.

    Aamiin Yaa Rabbal Aalamiin.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mungkin keberadaan 2 komandan kapal membawa pressure tersendiri bagi personel saat mencoba mengatasi trouble.....dalam arti saking gugupnya ingin menjaga keselamatan kedua komandan

      Hapus
    2. Tapi lazimnya dalam bbrp kejadian kecelakaan sebelumnya....yg fatal jika terjadi korsleting akibat air laut terhisap sampai ke sistim kelistrikan batre. Reaksi kimia memicu munculnya api/kebakaran dan gas beracun 🚭☣️

      Hapus
    3. engak koment troll engak komen biasa gaya mu tetap sama...😅

      Hapus
    4. Kalo melihat kilas balik hingga terjadinya lost contact dg nanggala dan dihubungkan dg cerita laksmana Frans Wuwung (mantan KKM Cakra)....mungkin awal musibah terjadi diseputar prosesi penembakan torpedo 🤔

      Entah ada kebocoran bahan peroxida yg berasal dari torpedo yg memicu terjadi nya korsleting listrik dan mungkin disertai timbulnya kebakaran dan atau terpaparnya gas beracun di ruang torpedo 🙄

      Padahal di U209......disitulah tempat KMM beristirahat, dan menurut cerita Pak Frans, setelah kasel menyelam, KKM boleh tidur.

      Hapus
    5. engak usah menyangkut pautkan dengan yang lain dek...karna penyebab nya belum diketahui...harapanya kan bisa diselamatkan dalam keadaan baik baik saja...malah didoain kebakaran segala lagi...!!!

      Hapus
    6. Keberadaan pejabat dalam sebuah alutsista yg sedang mengalami masalah atau berada dalam.situasi genting membawa "pressure" tersendiri bagi para kru nya 🤷

      Sepeti contoh keberadaan Laksamana Jos Sudarso di kapal macan tutul......mengutip kisah pak Domo (salah satu komandan kapal lainnya yg selamat, yg mejadi komandan operasi), kehadiran pejabat yg lebih tinggi dalam pelaksanaan operasi berpotensi "merusak" jalur komando, karena faktor budaya "ewuh-pekewuh" dsb, sehingga komnadan operasi tidak efektif dalam mengambil komando 👉👉👉 maka hal seperti ini layak mendapat evakuasi dalam perancangan operasi selanjutnya 🙏

      Hapus
  25. Luar biasa musibah dijadikan bahan troll,memang masih primitif nuraninya

    BalasHapus
  26. Orang indoeniat tengelam....
    Maju beli
    Rafale
    Typhoon
    Su35
    F15
    F35
    Kfc
    Osprey
    Sub Brazil
    Sub German
    Sub Turkish
    Tapi Ngak ada Wang
    Cakap Negara hebat... bisa bikin submarine (help from S.Korea)
    Bisa bikin aircraft (help from European airbus).
    But need singapore help to look for their submarine!!!
    Hahaha

    Hahaha🤣😊😂🤣😊😵😂😂

    BalasHapus
    Balasan
    1. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
    2. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
    3. Dah2 la tu hanat, sekarang geng Malaysia dah declare ceasefire sebab Krisis Nanggala. Nak troll Tu nanti2 la kalau tak sabar sangat. Haish

      Kesian,ade otak tapi takde akal

      Hapus
    4. Xaxaxaxaxaxaxaxa yg kejar target dapat nasi bungkus berulah xaxaxaxaxaxaxaxa kasihan.... xaxaxaxaxaxaxaxa ada masa dimana orang lain akan tertawa di atas penderitaanmu xaxaxaxaxaxaxaxa karma???? Yg pasti apa yg kamu tanam itulah yg akan kamu tuai xaxaxaxaxaxaxaxa 😂😂🤣🤣😛😛😛😛

      Hapus
  27. cukup sulit juga ya cari KS, walau poseidon sudah turun gunung dan titik menyelamnya sudah diketahui.

    BalasHapus
  28. IMO 🤔
    Saat KS402 izin menyelam menuju ke kedalaman tertentu (kontak terakhir), berarti mesin pompa mulai proses memasukkan air ke lambung depan, artinya hull depan mulai mengarah ke bawah...dan tiba2 blackout!

    1. Jika blackout:
    - kipas berhenti, daya dorong hilang.
    - pompa air otomatis berhenti.
    - kapal menjadi senyap.

    Logikanya, kapal akan MELAYANG di kedalaman yg berada sedikit di bawah kedalaman saat kontak dan terbawa oleh arus laut.

    Katakanlah:
    Kontak terakhir izin selam = 50m dpl,
    maka,
    Manuver selam + blackout. = 50-100 dpl

    Jika demikian berarti KS402 mati mesin dan melayang di dalam laut di posisi 50-100m dpl mengikuti arus laut saat itu. Sebagaimana yg terdeteksi adanya logam/magnet melayang oleh KRI Rimau.

    Berarti arah dan kecepatan arus laut menjadi kunci tuk melacak pergeseran kapal tersebut.

    Bisakah PESOIDON melacak logam sepanjang 60m yg bergerak senyap di kedalaman laut 50-100m...???
    Jika bisa, maka PESOIDON akan lebih cepat menemukannya.

    Semoga Allah memberi petunjuk bagi seluruh team SAR posisi terkini KS Nanggala 402.

    Aamiin.



    BalasHapus
    Balasan
    1. 2. Jika terjadi kebocoran akibat ledakan dll, maka kapal akan terus tenggelam hingga ke dasar.

      Maka alat sonar dan deteksi magnet serta minisub dari kapal permukaan yg lebih cepat menemukannya.

      May Allah help us.

      Hapus
    2. Gabung sini ya mas RBL....saat kasel.ijin menyelam utk melakuan penembakan torpedo, ke dalamnya pasti kurang dari 20 m (antara 10~15m)....karena panjang tiang periskop itu sekitar 20m.

      Bagaimana kejadiannya setelah itu yg masih gelap

      Hapus
    3. Antena buat komunikasi bukannya beda sama periskop? Setahu saya juga tidak disinkron dengan periskop. Paling tidak di kapal selam Jerman perang dunia kedua. Bukannya aman disimpulkan sistemnya masih relatif sama dengan Type 209?

      Hapus