17 Januari 2023

Dislitbangad Gelar Uji Sertifikasi Mortir Kaliber 81 MM (MO-3)

17 Januari 2023

Uji sertifikasi mortir kaliber 81mm (MO-3) (all photos : TNI AD)

Jakarta, tniad.mil.id – Kepala Dinas Penelitian dan Pengembangan TNI AD (Kadislitbangad) Brigjen TNI Hery Setiyono, S.Sos., M.M., pimpin gelar uji coba Sertifikasi Mortir Kaliber 81 (Mo-3) di Lapangan tembak Sub Lab uji laboratorium Dislitbangad, Ambal, Kebumen, Jawa Tengah, Kamis (12/1/2023).

Dalam keterangan tertulis Dislitbangad pada Minggu (15/1/2023) pelaksanaan uji coba mortir kaliber 81mm yang Diajukan oleh PT. Pindad tersebut dilaksanakan pada hari Kamis (12/1/2023).


Mortir kaliber 81 mm merupakan senjata kelompok tingkat Batalyon Infanteri yang berfungsi sebagai senjata lintas lengkung untuk menghancurkan sasaran kelompok. Pelontar mortir dengan kaliber 81 mm, dapat menggunakan munisi segala tipe munisi mortir kaliber 81 mm dan dilengkapi dengan bipod untuk menopang pelontar dalam pengoperasiannya. Penembakan dilakukan secara satu per satu, yang dapat mencapai jarak tembak sampai dengan 6,5 kilometer.

Sehubungan dengan hal tersebut untuk mengetahui unjuk kerja kemampuan Mortir kaliber 81 mm (MO-3), Dislitbang TNI AD menguji coba Mortir tersebut guna mendapatkan penilaian sehingga dapat dijadikan sebagai bahan pertimbangan pimpinan dalam menentukan kebijakan dalam rangka mendukung tugas pokok TNI AD.


Uji coba (sertifikasi) materiel TNI AD merupakan tugas penelitian karena dalam pelaksanaannya memiliki metoda dan teknik penelitian yang diatur dalam suatu tolok ukur Syarat-Syarat Tipe (SST).

Adapun Materi uji dan persyaratan meliputi berbagai aspek yaitu konstruksi dan perlengkapan, kemampuan, kelancaran kerja dan insani, kemampuan, kelancaran kerja dan insani.

Metode dan teknik pengujian menggunakan metode uji laboratorium dan uji lapang dan menggunakan teknik pengukuran, pencatatan dan penghitungan serta pengamatan sehingga diperoleh data terhadap sampel uji coba dengan tolok ukur syarat-syarat tipe yang berlaku.
Konstruksi dan perlengkapan untuk memastikan secara kontruksi sesuai dengan postur prajurit TNI dan dapat dibawa tanpa terlalu membebani dalam kegiatan latihan dan operasi serta dilengkapi dengan perlengkapan standar baik alat pembawa, alat pemeliharaan dan kelengkapan lainnya.


Kemampuan dengan melaksanakan uji tembak jarak efektif bertujuan untk mengetahui kemampuan Mortir 81 mm mampu di tembakkan jarak terjauh untuk memberikan bantuan tembakan kepada pasukan infanteri, uji ketelitian tembak bertujuan untuk mengetahui akurasi tembakan agar dipastikan sebar panjang (SP) dan sebat lebar (SL) sesuai dengan yang di persyaratkan dalam SST pada setiap isian dalam pengujian ditembakkan dengan isian, isian 5 dan isian 8 dengan persyaratan SP Maksimal 3 % dan SL 2% dari jarak tembak dan uji penembakan dengan isian ditambah 10 % bertujuan untuk memastikan dan memberi jaminan keamanan kepada pengguna (user) bahwa laras mortir aman ditembakkan dengan isian penuh (isian 8).

Kelancaran kerja bertujuan untuk mengetahui kemampuan Mortir 81 mm untuk digunakan di kondisi iklim di Indonesia serta aman terhadap perlakuan kasar dalam pembawaan yang terdiri dari materi uji seperti Fungsi Normal bertujuan bahwa mortir tidak terjadi malfungsi selama pengujian (seluruh mata uji), jji rendam air tawar, uji rendam air laut, uji dengan pasir, uji dijatuhkan dengan 3 posisi jatuh pada ketinggian 180 cm.


Insani bertujuan Cepat tembak 12 butir permenit diharapkan Mortir mampu memberikan bantuan tembakan cepat pada sasaran yang sama, Pembawaan mudah dengan terbagi menjadi 3 bagian kuda-kuda, laras dan landasan serta dilengkapi alat pembawa, waktu bongkar pasang bertujuan untuk mengetahui bahwa dapat dilakukan dengan cepat dalam berpindah-pindah steling, pemeliharaan dan perawatan mudah dan tidak memerlukan peralatan khusus.

Selain Pejabat dari Dislitbangad hadir juga Paban III/Litbangasro Srenum TNI, Irut-3/Litbangasro Itren Itjenad, Paban III/Litbangasro Srenad, Staf Paban IV/Pam Sintelad, Paban IV/Binsisop Sopsad, Staf Paban VI/Alpal Slogad, Kasubditbinsiapsat dan Alutsista Sdirsen Pussenif, Kasubditbinjat Optronik Sdircab Puspalad, Kasubdissertilaik Dislaikad, Perwakilan Staf dari Pussenif, Puspalad, Dislaikad, Pusdikif, PT. Pindad, Pasi intel Dim 0709/Kebumen dan Kalan TNI AL Cilacap. 

112 komentar:

  1. Ini baru betul Fregat
    Bukan macam sebelah tu...dari 2011 sampai 2023 kapal tidak jadi-jadi. Katanya salah potong. Woi lu bikin kapal atau bikin lontong? enteng banget congor bilang salah potong. Punya otak kah?....wakakakak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yang dibahas mortir bukan fregat

      Hapus
    2. Lagi esmosi gak apa salah2 sikitπŸ˜†

      Hapus
    3. Perasaan emang salah potong insiyur malon padahal dsh da blueprint dr prancis

      Hapus
  2. Ini baru betul Fregat
    Bukan macam sebelah tu...dari 2011 sampai 2023 kapal tidak jadi-jadi. balon kuning aja yg berjaya....wakakakak

    BalasHapus
  3. Ini baru betul Fregat
    Bukan macam sebelah tu...kapal disita bank....wakakakak

    BalasHapus
  4. GEMPURWIRA17 Januari 2023 pukul 08.48
    MEMBUAL... tau tau hanya 5 hari je di laut.... Wkwkkwkwkwkw


    Tuh si LeMeS pur, katanya 15 hari, tau tau hanya 5 hari je ..... wkwkwkwkwk

    BalasHapus
  5. jika lolos verifikasi langsung produksi massal

    BalasHapus
  6. Sekadar ketahanan belayar hanya 5 hari je baik pakai BANANA BOAT... lemes sdh besar, muahal , lambat, ompong pula
    WKWKKWKWKWKW

    BalasHapus
  7. Mortar sebelah belum apa apa sudah pecah..... Di pertanyakan kualiti mortar sebelah....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mortar pindad baru disertifikasi, artinya apa poor malon idiot.

      Hapus
  8. Mortir Pecah Saat Latihan, Prajurit TNI AD Meninggal, Jenazah Dipulangkan ke Magelang


    Tribunjogja.com Magelang - Mortir pecah saat digunakan latihan prajurit TNI Angkatan Darat (AD) di Kebumen diunggah di media sosial, sejak Rabu (8/6/2022).

    Menanggapi postingan itu Kepala Dinas Penerangan Angkatan Darat (Kadispenad) Brigadir Jenderal (Brigjen) TNI Tatang Subarna mengatakan bahwa pihaknya masih menyelidiki hal ini.

    "Saat ini pihak TNI AD sedang melakukan investigasi untuk mengungkap penyebab kecelakaan saat dilaksanakan latihan tersebut," ujar Tatang, dalam keterangan resmi yang diterima Kompas.com, Sabtu (11/6/2022).


    BalasHapus
    Balasan
    1. Mortar pindad baru disertifikasi, artinya apa poor malon idiot

      Hapus
  9. Lah rumah warga di mortar nya.... Wkwkkwkwkwkw

    BalasHapus
  10. Kronologi 3 Rumah Rusak Kena Ledakan Mortir Nyasar


    Metaranews.co, Pasuruan– Mortir TNI meledak di Balunganyar, Kecamatan Lekok, Kabupaten Pasuruan pada Rabu (20/04/2022). Akibatnya 3 rumah warga rusak terkena ledakan mortir TNI. Mortir ternyata dari TNI AL Yonif 1 Marinir. Ada tiga rumah korban yang mengalami kerusakan yakni, Sulastri, Rohiman, dan Sudin. Ketiga sempat mengalami trauma karena ledakan mortir, namun mereka telah bersepakat damai dengan Yonif 1 Marinir.

    BalasHapus
  11. Sebelah membuat mortir saja ngak bisa, hanya ingin mencela saja......bercerminlah, apa yang bisa kalian buat, ayo tunjukan Produk MALON tanpa tampal stiker πŸ™‚

    BalasHapus
  12. rumah warga di mortar guys......wkwkwkwkw

    BalasHapus
  13. NDARUW.....elo kenapa mesti jadi simpatisan malon ?.....dibayar berapa elo ? πŸ™‚

    BalasHapus
    Balasan
    1. Di bayar pakai nasi lemak sampai muntah .. makanya otaknya agak tergeser miring ke kiri ..πŸ€­πŸ˜€

      Hapus
  14. 3 Rumah Warga Pasuruan Rusak Parah Akibat Ledakan Mortir Nyasar TNI AL


    Liputan6.com, Pasuruan - Tiga rumah warga rusak parah di Desa Balunganyar, Kecamatan Lekok, Kabupaten Pasuruan, pada Rabu (20/04/2022) sekitar pukul 15.30 WIB. Kerusakan rumah tersebut terjadi akibat ledakan mortir nyasar saat TNI AL menggelar latihan di sekitar perkanmpungan warga.

    Tiga warga yang rumahnya rusak akibat mortir nyasar itu adalah rumah milik Sulastri, Rohiman, dan Sudin. Namun rumah yang mengalami kerusakan yang paling parah adalah rumah milik Sulastri.

    "Tahu-tahu terdengar ledakan. Kaget semua orang-orang," kata Tinamah, anak Sulastri, Kamis (21/4/2022).

    Akibat ledakan dari mortir nyasar itu, atap rumah milik Sulastri mengalami kerusakan parah. Selain itu kaca jendelanya juga pecah.

    Rumah milik Rohiman, tetangga Sulastri juga menalami kerusakan di bagian tembok belakangnya. Sementara rumah Sudin mengalami kerusakan di bagian jendela karena terkena serpihan ledakan mortir.

    Kepala Desa Balunganyar, Soleh menjelaskan bahwa pascakejadian tersebut, pihak TNI AL pun sempat meninjau rumah ketiga warganya. Pihak TNI AL pun mengaku akan bertanggung jawab atas insiden tersebut.

    BalasHapus
    Balasan
    1. justru latihan itu saatbya utk uji dan evaluasi dari kemampuan alutsista dan personel. jgn smp nanti saat operasi militer, jatuhkan bom di pokok pisang dan anjing warga, pdhl yg ditarget itu militan.

      Hapus
  15. Balasan
    1. Malon enggak bisa bikin.mortar yaaa....menyedihkanπŸ˜…πŸ€£

      Hapus
    2. Itu Azrisal Rusli, bukan om ndaruw ataupun iskandar

      Hapus
  16. NDARUW.....Pemilu Nasional masih tahun 2024 yaaaa.....elo masih bisa dapat nasi bungkus gratis sambil jadi tim sukses tahun 2024 πŸ™‚

    BalasHapus
  17. parah.... itu belum masuk hal mortar sebelah pecah hingga 1 tentera sebelah terbunuh....

    BalasHapus
  18. foto mortar sebelah pecah....


    https://asset.kompas.com/crops/LBOXbzIVbwXSCqjZcsbi1q7JTks=/294x144:1134x704/750x500/data/photo/2022/06/11/62a41d5fcc47a.png

    BalasHapus
    Balasan
    1. Foto Mortar buatan Indonesia

      https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEijgMmwStUEaMlElP7usdob0rvH-Sndg-27Za0OslRdbZNWHk2_M15Pg7II0aYjsPxNPGVYG9kRIOpph7o__qPJZzRWm2XbYXcaSHGahp3zF3Vv4OP1q9h8Qs3memXee4i-kM8ZVp59_7XnEN9gjtvFjL89QIeRhcxVMawvgcA_x-grCOpdYrG15YGI/s1080/Fmat0JbaUAAhn44.jpg

      Hapus
  19. foto mortar sebelah pecah....


    https://assets.promediateknologi.com/crop/0x0:0x0/x/photo/2022/06/10/1168813997.jpg

    BalasHapus
    Balasan
    1. Foto Peluru Mortar buatan Indonesia

      https://pindad.com/uploads/images/product/full/101_MU29-PE.jpg

      Hapus
  20. Kerasukan pur?
    Gara2 ketahuan membual endurance 15 hari wkwkwkwkwk

    BalasHapus
  21. Satu Prajurit TNI AD Meninggal Dunia Saat Latihan Menembak Mortir di Kebumen


    Kebumen, Jawa Tengah - Duka mendalam dirasakan TNI Angkatan Darat. Salah satu prajurit terbaiknya, Peltu Saparlan meninggal dunia saat mengikuti latihan menembak Mortir 81 di Lapangan Tembak Pantai Setrojenar Buluspesantren, Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah, Rabu (8/6/2022).

    Kepala Dinas Penerangan Angkatan Darat (Kadispenad) Brigjen TNI Tatang Subarna menyampaikan duka mendalam atas meninggalnya Peltu Saparlan. "TNI AD beserta seluruh keluarga besar menyampaikan duka yang mendalam atas meninggalnya Almarhum Peltu Saparlan," kata Kadispenad dikutip dari laman resmi TNI-AD, Kamis (9/6/2022).

    Kadispenad mengatakan saat ini pihak TNI AD sedang melakukan investigasi untuk mengungkap penyebab kecelakaan saat dilaksanakan latihan tersebut.

    Peristiwa nahas yang dialami Peltu Saparlan terjadi pada hari Rabu 8 Juni 2022, sekitar pukul 06.55 WIB. Kegiatan dilaksanakan di lapangan tembak Laboratorium Dinas Penelitian dan Pengembangan (Dislitbang) TNI-AD, di kawasan Pantai Setrojenar, Kecamatan Buluspesantren.

    BalasHapus
  22. parah mortarnya..... belum apa apa sudah pecah

    BalasHapus
  23. Mana ya produk2 tempatan malon

    Krik krikkrik

    BalasHapus
  24. Memang negara malon itu produk militer nya apa ja lon.
    Vita berapi
    LCS kapal halimun
    Taming sari

    BalasHapus
  25. MALON untuk membuat Mortir saja ngak bisa tuh......hanya KERASUKAN dan DENGKIII melihat kemajuan industri senjata NKRI.....FAANAAAS YA LOOON πŸ”₯πŸ”₯πŸ”₯πŸ”₯

    BalasHapus
  26. Yang saya heran kenapa ngak ada liputan senjata baru dari PT PINDAD nih πŸ™‚

    BalasHapus
  27. Warga nyet level 42 bisa bikin apa ya ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bikin kondom bro ngoahahaha

      Hapus
    2. septiTANK STRIDE dengan nasi lemang om pit

      Silahkan liat nih
      https://2.bp.blogspot.com/-ePl9DnH70co/XOKXI128-qI/AAAAAAABBVg/-eIsa26e6FsZWGlRqCki-xuHY9fJOHsJQCLcBGAs/s1600/stridetank1.jpg


      https://4.bp.blogspot.com/-_eeZHpVORLM/XOKXQwc4r6I/AAAAAAABBVo/UmoKDNghfBMOzcSOOmKvkhVmx-Iin3OLwCLcBGAs/s1600/stridetank3.jpg

      Hapus
  28. septiTANK STRIDE dengan nasi lemang

    Silahkan liat nih
    https://2.bp.blogspot.com/-ePl9DnH70co/XOKXI128-qI/AAAAAAABBVg/-eIsa26e6FsZWGlRqCki-xuHY9fJOHsJQCLcBGAs/s1600/stridetank1.jpg

    Yang nih bengkok...

    https://4.bp.blogspot.com/-_eeZHpVORLM/XOKXQwc4r6I/AAAAAAABBVo/UmoKDNghfBMOzcSOOmKvkhVmx-Iin3OLwCLcBGAs/s1600/stridetank3.jpg


    πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚

    BalasHapus
  29. Malon memang negri terbalik...
    Kapal layar didarat...
    Malon jago buat selongsong mortirnya gempur yg super mini alias kondom unisex....wkwkwkwkkkkkk

    BalasHapus
  30. Malon dgn BUAL berpisah tiada bro wkwkwk

    BalasHapus
  31. Malon berjaya bina baju Kalis (kondom) untuk batang kemaluan ngoahahaha

    BalasHapus
  32. Woow... Berita besar dan menggemparkan ini ternyata x diberitakan atau dinfikan oleh mesa Indon..

    Lawatan rasmi Anwar ke Indon bertemu Jokowi ternyata telah menyepakai kepahaman ke dua=dua belah pihak terkait keterkaitan Indon dengan Malaysia sebagai satu bangsa serumpun .... dan untok menegaskan kebangitan bangsa melayu maka Jokowi telah menyetujui diwujudkannya Sumpah Bangsa Melayu Mahawangsa sebagai lndasan perjuanan bangsa melayu di Malaysia dan Indon sebagai berikut:

    SUMPAH MELAYU MAHAWANGSA

    Kami Putra putri melayu mahawangsa bersumpah dan berikrar

    1. Kami berhasa SATU ,, Bahasa Persatuan .. Bahasa Melayu
    2. Kami berbangsa SATU .. Bangsa Melayu Mahawangsa
    3...Kami bernusa dan bertanah air SATU .Alam Melayu Nusantara

    Inilah Janji Suci kami Anak Bangsa Melayu Mahawangsa membangun tekad menjayakan kembali Bangsa Melayu sebagai bangsa besar dan terhormat di dunia

    BalasHapus
  33. Jadi sejak 1 Feb. 2023 telah disepakati oleh Indon bahwa :

    1. Merubah nama Bahasa Indonesia menjadi Bahasa Melayu (sesuai dengan kesepakati oleh seluruh dunia)
    2. Menghapaus istilah Bangsa Indon dan menggantikannya menjadi banagsa melayu mahawangsa
    3.. Menjadikan Paduka Baginda Yang Mulia Yang Dipertuan Agong sebgai Kepala Negara dan Imam Besar serta Khalifah bagi Malaysia dan Indonesia..
    4... Menjadikan Islam sebagai syariat dan dasar negara Malaysia dan Indonesia

    BalasHapus
    Balasan
    1. Supreme lagi mabok dadah wkwkwkwkwkwk

      Hapus
    2. Lagi mabuk ketum ya lon ngoahahaha πŸ˜‚

      Hapus
    3. Lah makin banyak warganya yg gak waras korban no shopping

      Hapus
  34. Supremo stress jadi halu. Ni akibat negaranya yg selalu inferior dari dulu sampe sekarang.
    Khayalannya semenanjung jadi kebanggaan dunia tidak terpenuhi. Jadi halu.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Di Malaysia saja tidak laku wkwkkwkw bahasa Inggris yang laku......

      Hapus
  35. Bahasa indonesia bukan berasal dari bahasa melayu malaka ataupun melayu johor, tapi dari bahasa Melayu Riau
    Penutur bahasa Indonesia berkali lipat dari penutur bahasa melayu semenanjung.

    BalasHapus
  36. Fakta sejarah :
    1. semenanjung tidak pernah memimpin nusantara, tapi berkali2 menjadi bawahan kerajaan2 nusantara
    2. Bahasa melayu yg menjadi lingua franca di nusantara adalah bahasa melayu riau
    3. Kemajuan di semenanjung banyak didukung oleh para pendatang, utamanya dari nusantara. Termasuk kerajaan2nya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Makanya orang malasia itu bodoh2 karna selalu berputar di lingkaran yg sama

      Hapus
  37. The KF-21 Boramae, the nation's first domestically developed fighter jet, successfully flew at supersonic speeds for the first time, Tuesday, the state arms procurement agency said.

    Securing supersonic capability is a major part of the project as it means key functions work smoothly irrespective of flight speeds.

    According to the Defense Acquisition Program Administration (DAPA), the prototype of the 4.5-generation fighter jet surpassed Mach 1 at an altitude of 40,000 feet at 3:15 p.m. after it took off at the third Flying Training Wing of the Air Force in Sacheon, South Gyeongsang Province at 2:58 p.m. The warplane landed at 3:54 p.m. after flying over the country's southern waters.
    ---------------

    Tahniah untok Korea ....

    Tampaknya Indon X pernah lagi dilibatkan atau diberikan akses langsung uji coba Boromae sejak Juli 2-022 lalu ....

    Nak mahu tanya apakah hutang sebesar USD 592 million ke Korea masih juga X sanggup dibayar ,,,,

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tuh link basi lon ngoahahaha...baca link terbaharu pilot TNI-AU berangkat ke Korsel guna test terbang KF-21 Boromae NGOAHAHAHA

      Hapus
  38. Partisipasi Indon di di program KFX betol-betol memalukan atau mempermalukn ASEAN saja ... Indon mahu nak dapat kredit tetapi faktanya ..

    1. Wang yang haru dibayar sebagai share 20% hingga hari ini masih tertunggak
    2. X ada sama sekali share dibidang teknologi yang bleh dipakai di rancangan KFX ..
    3. Sekarang sudah ama sekali x dilibatkan .. tetapi masih saja klaim KFX sebagai karya anak bangsa Indon

    BalasHapus
    Balasan
    1. Korea saja santai....
      Kenapa bawa bawa ASEAN loe idiot !!!
      emang negara Asean cuma Malon doang

      Ngoahahahaha

      Hapus
    2. Katanya orang melayu malysia level dewa
      Kok buat kapal perang tinggal ikutin blue print salah potong.
      Jadi meseum

      LOL

      Hapus
    3. RASIS SEJAK DI KONTITUSI
      https://tirto.id/supremasi-melayu-di-malaysia-sudah-rasis-sejak-dalam-konstitusi-dbL9
      πŸ‘‰RANKING 42 = NEGARA GAGAL SATUKAN RAS = RASISπŸ‘Ž
      --------------

      Baru tahu ya ... Kasihan betol anda ini ... Hehehehe

      Namanya saja sudah Malaysia .... berarti negara bangsa melayu mahawangsa

      Ingat ya ... Melayu itu Malaysia dan Malaysia itu Melayu ...

      Jadi patotlah melayu di istimewakan ... demikian juga agama islam sebagai agama rasmi negara ...

      Mengapa ? Kerana Melayu itu harus Islam

      Hapus
    4. TOLOLLLLL POLITIK APARTEID sperma beruk PANTAS GAGAL SATUKAN MULTIRAS

      Hapus
    5. Apartheid ? Anda pasti sedang berkayal tampaknya ...

      Apaka boleh dinamakan apartheid jika bangsa bukan melayu (China dan India) bersuka hati hidup di Malaysia dibawah takluk Melayu ...

      Hapus
    6. Supermon..t Makin kerasukan.

      Hapus
    7. Contoh orang yg gak patuh minum obat stress. Lihatlah supremo. Ha ha ha

      Hapus
  39. Lah supremo elak topik karena ketahuam bualnya .....

    BalasHapus
  40. https://www.youtube.com/watch?v=volhHLAvmvw

    Inilah asal usul melayu

    BalasHapus
    Balasan
    1. πŸ‘‰ 999 TAHUN BAYAR UPETI πŸ‘Ž
      HIBAH MERDEKA 1957 = MADE IN BRITISHπŸ‘Ž
      1. Cabinet Memorandum by the Secretary of State for the Colonies. 21 February 1956 Federation of Malaya Agreement
      2. The Parliament of the United Kingdom Federation of Malaya Independence Act 1957
      ===
      BILA USIA RATA-RATA 60 TAHUN DIBAGI 999 TAHUN + 30 TAHUN PERPANJANGAN= 17 GENERASI MATI DALAM TERJAJAH.....
      #TERJAJAH 999 TAHUN

      Hapus
  41. πŸ‘‰ 999 TAHUN BAYAR UPETI πŸ‘Ž
    HIBAH MERDEKA 1957 = MADE IN BRITISHπŸ‘Ž
    1. Cabinet Memorandum by the Secretary of State for the Colonies. 21 February 1956 Federation of Malaya Agreement
    2. The Parliament of the United Kingdom Federation of Malaya Independence Act 1957
    ===
    BILA USIA RATA-RATA 60 TAHUN DIBAGI 999 TAHUN + 30 TAHUN PERPANJANGAN= 17 GENERASI MATI DALAM TERJAJAH.....
    #TERJAHAH 999 TAHUN

    BalasHapus
  42. @The Supremo
    Bisa memahami betapa iri dan dengkinya bangsa malingsial melihat kenyataan negara² jiran Militernya SHOPPING Alutsista dan semakin kuat..tapi malon semakin lemah..πŸ˜…πŸ€£.
    TNIAU buat dan beli MRCA KF-21 Boramae.....tudm cukup LCA FA-50 saja....beda kelas yaaa...wkwkwkwk

    BalasHapus
    Balasan
    1. Buat apa dengki dan iri kepada Indon...

      Ingat jika program KFX berhasil dan terbukti bagus dan ssuai dengan kriteria kami ... Nanti bukan saja hanya pesawatnya yang kami beli ... bahkan kepemilikan KAI punakan kami ambil alih dan untok kemudian memindahkan kilang (+ labornya) ke Malaysia .... Hehehehe

      Hapus
    2. πŸ‘‰ 999 TAHUN BAYAR UPETI πŸ‘Ž
      HIBAH MERDEKA 1957 = MADE IN BRITISHπŸ‘Ž
      1. Cabinet Memorandum by the Secretary of State for the Colonies. 21 February 1956 Federation of Malaya Agreement
      2. The Parliament of the United Kingdom Federation of Malaya Independence Act 1957
      ===
      BILA USIA RATA-RATA 60 TAHUN DIBAGI 999 TAHUN + 30 TAHUN PERPANJANGAN= 17 GENERASI MATI DALAM TERJAJAH.....

      Hapus
    3. Kan benar dah gak waras karena no shopping terlemah di kawasan.

      Hapus


  43. The Supremo17 Januari 2023 pukul 20.54
    Buat apa dengki dan iri kepada Indon...

    Ingat jika program KFX berhasil dan terbukti bagus dan ssuai dengan kriteria kami ... Nanti bukan saja hanya pesawatnya yang kami beli ... bahkan kepemilikan KAI punakan kami ambil alih dan untok kemudian memindahkan kilang (+ labornya) ke Malaysia .... Hehehehe

    Dtunggu lon saya lbh percaya omongan nya Alm Habibie

    BalasHapus
  44. Buka kilang pesawat di malon ...? Korea pun tau...engineer malon tidak punya keahlian buat pesawat..buat drone kecil nyamook saja tidak mampu...wakakakak

    BalasHapus
  45. The Supremo17 Januari 2023 pukul 20.47
    Apartheid ? Anda pasti sedang berkayal tampaknya ...

    Apaka boleh dinamakan apartheid jika bangsa bukan melayu (China dan India) bersuka hati hidup di Malaysia dibawah takluk Melayu ...

    Mungkin anda yg aperteid kebanyakan nasi lemak jenuh😁

    BalasHapus
  46. Supremo- nusa raya-aka UFO
    Sudah sembah YPDA yg perkasa nan agong kupret belom?

    BalasHapus
  47. Melayu apa nya lon,
    Bahasa di KL ngmng aja campur aduk pake bhs inggris gak karuan
    🀣

    BalasHapus
  48. Asal usul melayu ya dari sumatera, sriwijaya, melayu kuno, melayu jambi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Itu supremo alias superhomo ormg mana ya?
      Klo ku bilang dia titisan galaxy ke 7,

      Hapus
  49. Hei supremoooooo....oo
    Salam kan buat YPDA
    Salam kampret 🀣

    BalasHapus
  50. Memang jirn namanya Malon tuh bangsa aneh,dulu Grade A sekarang gak ada apa2nya,modal berbulu domba aja,kadang hari sok manis sama indo besok2 bikin ulah budaya di klaim lah.
    Cina India tunduk sama Melayu
    Helloo .yg ada malaysial tunduk sama.british.
    Sampai sembang bangga di suruh jaga istana orang burkingham ,bangsa blm merdeka
    .salam supremo Nusa Raya,makhluk pujaan UFO kehkeh

    BalasHapus
  51. The Supremo17 Januari 2023 pukul 19.42
    Partisipasi Indon di di program KFX betol-betol memalukan atau mempermalukn ASEAN saja ... Indon mahu nak dapat kredit tetapi faktanya ..

    Hahahah..lalu kmrin Malon bual bual mau joint TFX Turki mana?tin kosong , gak diajak Sama Turki kasihen betol Malon gak ada pengalaman dirgantara,ya ya .paham sbntr supremo mhu bual pTM 6 The future jet fighter UFO class.
    Ditunggu Nusa Raya πŸ˜…

    BalasHapus
  52. Pertinyii nya,ada Wang gak Malon ,selama ini Malon shoping tp bukan shoping melainkan SEWA,
    LCA ketahuan mau barter kondom unisex..eh sawit

    He he he ...

    BalasHapus
  53. Si gempur mesti terkoyak hatinyaπŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚, memang benar adanya sigempur cakap malon kaya ternyata kaya hutang 🀣🀣🀣

    BalasHapus
  54. Defisit anggaran 2023 direncanakan 5,5% dari PDB, alias tambah hutang lagi .....

    BalasHapus
  55. Waduuuuh malon tambah remuk dong πŸ˜‚πŸ˜‚

    BalasHapus
  56. PM nya sadar hal itu. Makanya ada rencana memotong subsidi bbm dan minyak goreng agar cukup ruang fiskal termasuk untuk belanja senjata. Tapi apa berani kurangi subsidi?

    BalasHapus
  57. Haaaaalaaaah......MALON membuaal beli senjata CASH ternyata HUTAAANG si MALON bertumpuk.....siapa percaya si Malon shoping receh pakai cash ?.....udah pasti hutaaang dooong πŸ™‚

    BalasHapus
  58. RUSLIIII.....ngak perlu MEMBUAAAL kalau Malon ngak Ngutaaang yaaa πŸ™‚

    BalasHapus
  59. PM si MALON orangnya terus terang dan terbuka, tidak seperti BUZZER para Malon dari era Perdana Menteri sebelumnya πŸ™‚

    BalasHapus
  60. Para malon sudah biasa diberi hidup enak untuk kelangsungan penguasa, pasti sulit potong Subsidi πŸ™‚

    BalasHapus
  61. Punya bangunan tinggi Merdeka 118 (kosong)..ternyata hutangnya malon sdh mencapai RM.1.5 Trilyun....sembang mendonia...

    BalasHapus