10 Januari 2023

Kapal LCS Pertama Akan Siap Tahun Depan – Menteri Pertahanan

10 Januari 2023

KD Maharaja Lela LCS pertama (photo : FMT)

LUMUT – Kementerian Pertahanan berpuas hati dengan status terkini proses pembinaan kapal tempur pesisir (LCS) termasuk sebuah daripada enam kapal yang diyakini siap pada tahun hadapan, kata menterinya Datuk Seri Mohamad Hasan.

Menurut Mohamad hasil lawatan beliau ke Pangkalan Tentera Laut Diraja Malaysia (TLDM) hari ini mendapati pembinaan kapal-kapal tersebut menepati masa ditetapkan secara berperingkat mengikut kesesuaian masing-masing.

“Untuk kapal pertama, ia telah 70 peratus (siap). Tinggal satu blok sahaja yang perlu dilengkapkan, ia tidak ambil masa. Bahagian enjin, baling-baling, kotak gear telah dimasukkan, tinggal peralatan elektrik dan kemudiannya senjata.

“Saya yakin, kapal pertama ini akan siap pada 2024 sebelum ujian di peringkat pelayaran di laut dan kemudiannya ditauliahkan,” katanya pada sidang media selepas lawatannya hari ini.

Mohamad sebelum ini dilapor berkata kerajaan akan meneruskan projek pembinaan LCS sebagai sebahagian daripada pengukuhan pertahanan negara dan tentera laut dengan usaha itu turut membabitkan Kementerian Kewangan, Kementerian Ekonomi dan Lembaga Tabung Angkatan Tentera (LTAT) bagi merealisasikan penyiapan aset ketenteraan berkenaan.

Dilapor, Kementerian Pertahanan juga sudah berunding untuk membawa kertas projek itu untuk terus berjumpa dengan Kementerian Ekonomi dan Kementerian Kewangan untuk menerangkan perkara yang sebenarnya.

Media sebelum ini melaporkan, Jawatankuasa Kira-kira Wang Negara (PAC) menyatakan kerajaan membayar RM6.083 bilion untuk lima LCS kepada Boustead Naval Shipyard Sdn Bhd (BNS) bagi projek runding terus itu, namun tiada kapal diterima setakat ini.

Laporan dikeluarkan pada 4 Ogos lepas itu turut menyenaraikan sembilan rumusan sebagai punca kepincangan projek pembinaan enam LCS bagi kegunaan TLDM bernilai RM9 bilion.

KD Maharaja Lela LCS pertama (photo : AirTimes)

Pada 2 Okt lepas, bekas Menteri Pertahanan Datuk Seri Hishammuddin Hussein,dilaporkan berkata pembinaan LCS akan disambung semula selepas semua rundingan dan setiap perjanjian dalam fasa mobilisasi dimuktamadkan pada penghujung Disember tahun lepas.

Ditanya mengenai status kapal lain, Mohamad berkata ia sudah mencapai tahap antara 22 hingga 48 peratus siap mengikut kesesuaian masing-masing dari segi pemasangan peralatan elektrik, elektronik, persenjataan dan beberapa perkara teknikal lain.

“Saya dimaklumkan, kapal-kapal lain mengambil masa dua hingga tiga tahun untuk disiapkan. Ada yang perlu diperiksa dari segi bocor, artileri dan ECU (unit kawalan elektronik),

“Harapan kita agar semua masalah sebelum ini selesai. Ini termasuk isu dengan orang tengah yang kini di peringkat akhir untuk diselesaikan iaitu selepas ini kita akan terus berurusan dengan vendor sahaja,

“Ada juga yang bertanya kenapa teruskan projek LCS ini (dalam status ketidaktentuan ekonomi negara), jawapan saya mudah iaitu hal kedaulatan dan pertahanan negara tidak boleh dikompromi. Anda boleh katakan apa sahaja yang anda suka namun MINDEF (Kementerian Pertahanan) tetap fokus dalam hal ini,” katanya.

Mohamad yang turut melawat perumahan anggota Angkatan Tentera Malaysia (ATM) di situ termasuk untuk TLDM dan kakitangan awam berkata perumahan berkenaan akan ditambah baik secara berperingkat.

“Dijangkakan kesemua 39 blok perumahan ini akan ditambah baik untuk manfaat kira-kira 25,000 orang ini. Saya minta hal ehwal anggota ini turut diberi keutamaan,” katanya.

Program hari ini turut dihadiri Panglima Tentera Laut Laksamana Tan Sri Mohd Reza Mohd Sany, Ketua Setiausaha Kementerian Pertahanan Datuk Seri Muez Abd Aziz dan Panglima Udara Markas Udara TLDM Laksamana Pertama Ahmad Sha¦rudin Abu Bakar.

151 komentar:

  1. Balasan
    1. WKWKWKWK...

      saya sokong dengan tertawa sahaja

      Hapus
    2. HAHAHAHAHAHAHAHAHAHAHA
      kita lihat saja
      🀣🀣🀣🀣🀣🀣

      Hapus
    3. Keknya sih fregat merah putih bakal duluan sea trial yaaπŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚

      Hapus
  2. Sebelah membual LCS selesai 2024,wang tak ada macam mana selesai πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚

    BalasHapus
  3. Wkwkwkwkwkwk Taniah ...atas bual an nya ...

    BalasHapus
  4. Kalau sudah selesai segera test drive di Sepang jangan lupa pasang roda terlebih dahulu

    BalasHapus
  5. LCS Pertama Akan Siap Tahun Depan untuk di LELANG haha!🀭🀭🀭

    BalasHapus
  6. Malon memang terkenal dengan klaim dan membual....kemarin program LPM 12Y dibilang MLU dan bla bla bla mengganti avionik, engine, airframe etc padahal cuma Local Planned Maintenance for 12 Y sama dgn service Life Extension memperpanjang masa umur pakai gak ada yg baru logikanya kalau penggantian avionik, engine etc yg besar itu harus beli dan disetujui oleh Congress diumumkan di DSCA sementara DSCA nya terakhir th.2015 Pembelian Amraam 120 ....terus Kontraktor pemasangan dari USA lah ini Rosebank Engineering dari Australia gak ada hak utk mengerjakan Upgrade harus ijin dari USA Goverment...

    BalasHapus

  7. 1.LCS=>manufaktur=BNS
    konsorsium: LTAT+MOF+bhic

    kontrak rm 9 bilyun, 6 frigat
    bayar baruw rm.6 bilyun
    πŸ†˜utang BNS ke kuwait cs.: rm.1 bilyun

    ——————-

    OPV Damen=>manufaktur=THHE
    konsorsium:awal destini+thhe=>skrg UJSB+MOF

    kontrak rm.738 juta, 3 kapal opv
    bayar baruw rm.500 juta
    πŸ†˜utang rm.165juta
    πŸ†˜utang ke mof=rm.152juta
    total : rm.314 juta

    smuanya sama2 kelewatan alias hasil NOL haha!🀭🀭🀭

    BalasHapus
  8. Bahasanya politik bukan bahasa profesional, gak mudah loh hanya pasang engine, baling.... bla bla bla. Satu tahun selesai, pengujian sertifikasi fat sat atau inspeksi komodor gak ada kah. Maklum belum petnah bikin kapal perang besar. Yg kecil sj import

    BalasHapus

  9. gomen KL pilih suntik OPV daripada LCS apa sebab gaesz?

    OPV disuntik rm.152 jt
    LCS minta suntik rm. 3 bilyun+1bn....Gomen Kl geleng2...kabuurrr haha!πŸ€‘πŸ€‘πŸ€‘

    BalasHapus
  10. Beberapa menteri silih berganti, itu masih saja belum kelar.

    BalasHapus
  11. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  12. Yah,, pak mentri... ada yg kelupaan tuh.. dia lupa bahwa otak warga malon pada bodoh. IQ jongkok.
    Bisa² pak mentri cakap Maharaja lelah Siap dan Oprasional Tahun depan...πŸ˜…

    BalasHapus
  13. 2024 selesai? janji yg terlalu muluk2... mirisnya warga malon percaya. setelah di prank berkali2.

    BalasHapus
    Balasan
    1. WKWKWKWK
      betul.. bualan penyedap hati awal tahun

      Hapus
  14. Kalo siap mau ditimbang saya mau iku lelang nya.

    BalasHapus
  15. Kapal mangkrak. 2050 baru selesai mgkin 🀣🀣🀣

    BalasHapus
  16. kapal yg sudah jadi saja msh butuh1-2 tahunan utk opersional.. laaah ini jadi aja belum dah janji tahun depan ready. whaatttt?????? belum nanti pas dilepas rebahan juga cem opv nya lol

    BalasHapus
  17. Hayo, taruhan tahun depan jika sudah selesai, apa yang terjadi ketikan awal cercah air.
    a. Tenggelam ke dalam air.
    b. Miring
    c. Ditarik lagi ke darat.

    BalasHapus
  18. Kenapa para beruk malon gak ada yg komen pada waktu pagi hari. Karena mereka adalah bangsa pemalas yg tidak pernah bangun pagi.

    BalasHapus
  19. Mantap..... Geng INDON pasti sangat DENGKI... Wkwkkwkwkwkw

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kurang kerjaan kaleeee.....HAHAHAHA

      INDONESIA SEDANG BANGUN 2 UNIT FRIGAT ARROWHEAD 140 DI PT.PAL.

      Hapus
    2. Masa dengki sama AKAN NTAH BILA2 ngoahahaha

      Hapus
    3. Dengki baru akan siap cecah air 2024 kalau miring masuk galangan lagi tambah uang Songlapnya. Bikin gelak yg dah puluhan tahun masih akan saja.bikin bangla dan myanmar senyum.Ya ampun Lon.

      Hapus
    4. Siap tahun depan? Malon makin gak jelas.

      Hapus
  20. Geng INDON makin KERASUKAN guys... Wkwkkwkwkwkw

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yah..bangsa tipu2..kau kira bikin kue 1 thn dah klear barang rongsokan tu..

      Hapus
    2. Masa kerasukan sama AKAN NTAH BILA2 ngoahahaha

      Hapus
    3. Yg baru akan bikin kerasukan sekawasan karena semua gelak lihat kehebatan Malon.bina kapal tercepat sedunia.

      Hapus
    4. Kasihan si gempur.. mbok ya pada dipuji itu komennya gempur supaya senang dikit wkwkwkwk

      Hapus
    5. Bangun pakai HUTANG ke China guyssss maharajalelang hutang tukar lahan malay guysssss wkwkwkwkwkwkwk

      Hapus
  21. Kalau dilihat dari foto terkini 2 buah LCS hampir siap guys....


    https://www.malaysiandefence.com/wp-content/uploads/2023/01/LCS-678x381.jpeg

    BalasHapus
    Balasan
    1. GAK MINAT TUCH LIAT KAPAL MANGKRAK DI GALANGAN...

      Hapus
    2. Dari zaman Jepun pun dah hampir siap ntah bila2 pork ngoahahaha

      Hapus
    3. Gempork lihat malon beli foto dan brosur aja dah guling guling sok sok an .

      Hapus
    4. Infonya LCS dibuat sekaligus 6 kok fotonya cuma 1 aja yg lain gak kelihatan masih ghoib alias versi Stealh yah Pork? sebelum difoto yg karatan di cat ulang.

      Hapus
    5. Iya iyaaa hahaha bagus loh kapalnya.. hebat ya gempur dkk.. memang orangnya pada pinter semuanya wkwkwkw

      Hapus
  22. 25.000 orang terlalu banyak untuk bikin kapal perang setingkat korvet, US HHI aja gak sampai 3000 orang untuk bikin Carrier. Kesimpulannya mayoritas dari 25.000 ini adalah pegawai rasuah.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Itu perubahan la TOLOL.... WKWKKWKWKWKW

      Baca dengan mata ya bukan dengan lutut... Wkwkkwkwkwkw



      Mohamad yang turut melawat perumahan anggota Angkatan Tentera Malaysia (ATM) di situ termasuk untuk TLDM dan kakitangan awam berkata perumahan berkenaan akan ditambah baik secara berperingkat.

      “Dijangkakan kesemua 39 blok perumahan ini akan ditambah baik untuk manfaat kira-kira 25,000 orang ini. Saya minta hal ehwal anggota ini turut diberi keutamaan,” katanya.

      Hapus
    2. 25000 tu rumah bukan bina kapal tolol.... Wkwkkwkwkwkw

      Hapus
    3. 8000 orang tetap tak masuk akal Pur, PT PAL yang mampu buat Frigate saja tak sampai 3000 orang.

      “Mesyuarat jemaah Menteri itu bagaimanapun telah menetapkan beberapa syarat yang perlu dipatuhi oleh Kumpulan Boustead. Dengan penerusan pembinaan tersebut oleh Kumpulan Boustead, ianya akan menyelamatkan 8,000 orang pekerja yang terdiri daripada anak-anak tempatan dan juga lebih daripada 400 syarikat vendor yang terdiri daripada PKS Bumiputera,” katanya dalam satu kenyataan hari ini.

      Hapus
    4. Malaysia..sebuah bangsa yg memalukan asia..

      Hapus
    5. Gempork@ 25.000 dipekerjakan demi dapat uang kopi2 pork ngoahahaha

      Hapus
    6. Orang Malingsia emang Tolol semua yah, bikin Kapal 1 aja nggak jadi2...Indonesia sudah bisa bikin fregat, pesawat nc 19 , DLL...Emang orang Malingsia itu Tolol dan Goblok2 Semua. Cuma bisa ngetroll untuk menutupi ke tolol an mereka semua

      Hapus
  23. Manakala sebelah....WKWKKWKWKWKW


    Program KFX NUNGGAK BAYARAN BERTAHUN TAHUN

    PROGRAM KAPAL SELAM NUNGGAK BAYARAN 3 TAHUN

    PROGRAM UAV DONALD DUCK STOP

    BalasHapus
    Balasan
    1. KEPANASAN lon ?

      HAHAHAHAHAHAHAHA.....

      INDONESIA YANG PUNYA PROJECT KENAPA malon yang KEPANASAN SAMBIL LONCAT LONCAT ?

      Hapus
  24. KEPANASAN lon ?

    HAHAHAHAHAHAHAHA.....

    INDONESIA YANG PUNYA PROJECT KENAPA malon yang KEPANASAN SAMBIL LONCAT LONCAT ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. khan beruk OM @bakul cermin.....efek hutang negara RM 1 Trilliun

      Hapus
    2. Wuidiiiihhhhh.....tambah LONCAT LONCAT TERUS TUCH si gempurwaria.......
      HAHAHAHAHAHA......

      Hapus
  25. Guys program UAV stop guys... Wkwkkwkwkwkw

    BalasHapus
    Balasan
    1. 8000 orang patutlah 9 Billion Ringgit pun habis tak bersisa

      “Mesyuarat jemaah Menteri itu bagaimanapun telah menetapkan beberapa syarat yang perlu dipatuhi oleh Kumpulan Boustead. Dengan penerusan pembinaan tersebut oleh Kumpulan Boustead, ianya akan menyelamatkan 8,000 orang pekerja yang terdiri daripada anak-anak tempatan dan juga lebih daripada 400 syarikat vendor yang terdiri daripada PKS Bumiputera,” katanya dalam satu kenyataan hari ini.

      Hapus
  26. menhan baruw sebut LCS 1 siap 2024
    menhan VAPEmudin sebut LCS 1 siap 2025
    panglima sebut LCS 1 siap 2026

    Weeiittt bisa beda2 gini gaesz...pertanda burok haha!😡‍πŸ’«πŸ˜΅‍πŸ’«πŸ˜΅‍πŸ’«

    selama gomen KL gak bayar utang BNS ke KUWAIT FINANCE HOUSE, MTU-SERVICE, Maybank dan belasan kreditur laennya..jangan harap banyak haha!

    apalagi tak suntik duit sperti OPV damen,
    harap para warganyet lupakanlah...tinggal tido..enakan mimpi...gratis haha!😴😴😴

    BalasHapus
  27. KEPANASAN INDON ?

    HAHAHAHAHAHAHAHA.....

    MALAYSIA YANG PUNYA PROJECT KENAPA INDON yang KEPANASAN SAMBIL LONCAT LONCAT ?

    Wkwkwkwkwkwk....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ngapain juga?
      INDONESIA SEDANG BANGUN FRIGAT ARROWHEAD 140 JUMLAH 2 UNIT DI PT. PAL....

      INDONESIA LUAR BIASA !

      Hapus
    2. Biase laa tak payah panas wkwkwk

      Hapus
    3. Panas? Sorry lon kita bkin bgnian cukup 3 tahun selesai. Negara kau 12 tahun pun gk selesai" + dikorup pula 🀣🀣

      Hapus
  28. progres kerja LCS 1
    2020 50%
    2021 60%
    2023 70%

    2024 siap? masi ada yg percaya kah? Jelas Haluuu haha!🀐🀐🀐

    BalasHapus
  29. Fasilitasnya saja masih buruk rupa, sudah 5 tahun juga pasti kehujanan dan kepanasan. Berkarat itu sudah pasti, dan belum ada yang mau bertanggung jawab. MINDEF yang baru pun tak mau bahas siapa yang rasuahkan, cuma ada dua kemungkinan dia orang penakut atau mungkin dia juga ikut rasuahkan.

    BalasHapus
  30. Alamak nih kapal bila jadi yakin ngapung atau jangan2 miring nanti,

    BalasHapus
  31. Pagi ini udah mulai keluar malon malon yang KEPANASAN....

    HAHAHAHAHAHAHA.....

    YUUUUKKK....KITA PANCING TERUSAN......HAHAHAHAHA

    BalasHapus
  32. Pihak dari prancis pun bicara ada pemasangan yang salah pada bagian balance dan mereka mau membantu asal harus di bangun dari NOL, bagian pipa2 yang tidak terpasang akan membuat sulit team teknik prancis

    BalasHapus
  33. Kapal frigate termahal didunia,dengan segala kekurangan nya, dan kebodohan engenering nya, di tambah rasuah yang mendarah daging dari pejabat atas sampai kebawah, dan memaksakan RESIKO

    BalasHapus
  34. 2017 LCS 1 pelancaran didarat
    2023 didarat dan karatan haha!🀣🀣🀣

    dr taon 2017 segituw kita uda kontrak dan bangun aset baruw
    3 LPD
    6 LST AL
    2 LST AD
    2 tanker
    3 kapal 80m bakamla
    1 kapal 110m bakamla
    dan berbagai kapal 18m-60m

    semuanya uda jadi dan lenggang ria haha!πŸ’ͺπŸ’ͺπŸ’ͺ



    BalasHapus
  35. GEMPUR MACAM MANA NIH, KETOLOLAN YANG HAKIKI

    BalasHapus
  36. WKWKWK
    inilah.. kapal plywood, body karatan

    poor MALON..
    WKWKWK

    BalasHapus

  37. tahun ke tahun
    daftar aset TAMAT jiran kesayangan:
    ⛔️Otomat Tamat tiada ganti
    ⛔️Mig-29 Tamat tiada ganti
    ⛔️F-5 tiger Tamat tiada ganti
    ⛔MB-339 Tamat tiada ganti
    ⛔️tank skorpion Tamat tiada ganti
    ⛔️Sibmas Tamat tiada ganti
    ⛔Kondor Tamat tiada ganti
    ⛔️heli nuri Tamat gantinya SEWA haha!🀭🀭🀭


    πŸ†˜suntik Utang OPV damen haha!😡‍πŸ’«πŸ˜΅‍πŸ’«πŸ˜΅‍πŸ’«
    πŸ†˜LCS takde dana=suntik metong ajah haha!πŸ˜‹πŸ˜‹πŸ˜‹

    BalasHapus
  38. Siap..tahun depan hahhaa
    Membual saje dri dulu kerajaan dan bousted !
    Apa kapal akan miring sebelah nnti klo cecah air
    Wwkwk

    BalasHapus
  39. INDONESIA TETAP BERJALAN TUNAIKAN PROJECT PROJECT PERTAHANAN MELALUI PENGEMBANGAN INDUSTRI PERTAHANAN STRATEGIS NASIONAL.

    kalo project malon cuman omong doang !

    BalasHapus
  40. malon yg ini mulai kerasukan gaez..

    topik tentang kapal darat, di troll hal lain
    WKWKWKWK...

    BalasHapus
  41. Kapal yg penuh drama dan rasuah !!
    Terokkk sangat

    BalasHapus
  42. Siap tahun depan..yah lon siap pakai roda ban hehhehe.
    Bousted LOL🀣🀣🀣🀣🀣🀣

    BalasHapus
  43. Bousted dan kerajaan coba hibur rakyat malon !

    BalasHapus
  44. para beruk malon mulai salah tingkah..
    dapat berita kapal layak bully

    WKWKWKW

    BalasHapus
  45. WKWKWK
    inilah.. kapal karatan, dengan fitur playwood dan balok koning
    kapal layak bully

    poor MALON..
    WKWKWK

    BalasHapus
  46. gemPOOR dan geng malon kepanasan gaez..
    berita tentang KAPAL DARAT mereka, dia troll tentang hal lain..

    WKWKWKWK... POOR malon

    BalasHapus
  47. Kita liat yuuukkk....

    "apakah 1 unit kapal arrowhead 140 frigat merah putih yang sedang dibangun di PT. PAL itu Finished 100% LEBIH CEPAT dari kapal gowind clas 3.100 ton milik malon ?"


    BalasHapus

  48. https://premium.sinarharian.com.my/article/212595/fokus/semasa/malaysia-tak-layak-bina-kapal-secanggih-lcs

    SHAH ALAM - Malaysia tidak mempunyai kepakaran dan tidak layak untuk membina kapal secanggih kapal tempur pesisir (LCS). Penganalisis Pertahanan dan Geostrategik, Muhamad Fuad Mat Noor berkata, keupayaan industri maritim negara berada pada...

    BalasHapus
  49. OPV damen seblah
    begituw airbaloon dilepas langsung...pelan pelann MIRING...slo-mo gaesz..
    apalagi LCS ntar...bleb bleeb..blebb..ngerih haha!πŸ₯ΆπŸ₯ΆπŸ₯Ά

    Ini vidio opv senget paling djelas...miring slo-mo
    https://youtube.com/watch?v=nCONHSrVWmo

    BalasHapus
    Balasan
    1. Slo mo......
      wakakakakakak
      Macam atuk2 nak bebaring
      Wakakkakakaak

      Best komen bang πŸ‘πŸ‘

      Hapus
    2. nyooiihhh opv aja slo-mo miring...
      apalagi pas ntar si LCS bner2 diluncurin...

      slo-mo blebb..bleebb..bleb ke dasar haha!🀿🀿🀿
      lha jiran bikin kapal silam ato frigat sich haha!😜😜😜

      Hapus
    3. viralkan om kuy...ini pidio yg original..momen terpenting & long durasi
      masa yg nonton baru 700-an haha!🀭🀭🀭

      yg kocak ada berita sebla bilang ituw mring kerna air cetek...
      lha di pidio ini uda jelas kapalnya slo-mo miring...klo cetek ada 2 tagbot tp gak ikutan miring khan haha!πŸ˜‹πŸ˜‹πŸ˜‹

      Hapus
  50. https://www.inews.id/news/internasional/malaysia-heboh-pesan-6-kapal-perang-senilai-rp30-triliun-sejak-2011-tapi-belum-satu-pun-jadi

    KUALA LUMPUR, iNews.id - Publik Malaysia dibikin geram terkait dugaan penyalahgunaan dana senilai triliunan rupiah untuk pengadaan enam kapal perang pesisir (LCS). Kapal-kapal itu dipesan sejak 2011 tapi sampai sekarang tak satu unit pun yang jadi.

    BalasHapus
  51. Siap tahun depan...siapkan roda BAN
    Kehkehkehkehkeh...

    BalasHapus
  52. Project LCS :
    Salah potong
    Rasuah
    Wang kopi
    Wang nasi lemak


    BalasHapus
  53. Udah mas gempur, yang realistis ajalah. Klo bilang gak mampu, ya gak mampu. Gak punya uang, ya gak punya uang.. gak capek sok jaguh terus...

    Apalagi sok jaguh sama bangsa indonesia.
    Bangsa besar yang mengajari semua warga malaysia membaca dan menulis..

    Janganlah durhaka πŸ₯°πŸ₯°

    BalasHapus
  54. WADUH , HANYA TINGGAL 30 % LAGI NIH , 2024 CECAH AIR , LENGKAP DENGAN NSM NYA JUGA YA ? ,

    PENANTIAN YANG KUNJUNG TIBA ATAU TAK KUNJUNG TIBA PULA ,NIH ?

    BalasHapus
  55. HOREEEE...πŸ‘πŸ»πŸ‘πŸ»πŸ‘πŸ»πŸ‘πŸ»πŸ‘πŸ»
    Sesuai yg diharapkan

    Menhan sekarang = menhan yg sudah2
    Tiada kuasa thd program lcs
    Sehingga terpaksa gunakan ayat2 penyedap hati

    Tak kira DSAI sanggup bikin gebrakan baru
    Ternyata masih sama saja kalah oleh sistem dan orang kayangan

    🀭🀭🀭

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bentar lagi ada pameran LIMA
      semua harus kelihatan perfek
      Jadi...
      LCS dan OPV harus kelihatan bagus dimata hadirin

      Mirip "even launching balon koneng" kan....
      Kih kih kih kih kih

      Hapus
    2. DULU .....
      DSAI klaim akan scrap LCS dan menggantinya dengan program baru via tender transparan dan adil.

      Jujur saya seneng jika malay ada progres dibawah DSAI
      Karena menang lawan malay yg dulu samasekali gak bikin bangga...
      Terlalu lemah

      Hapus
  56. CONGRATULATION malon TELAH BERHASIL MEMBUAT KAPAL MIRING OPV DAMEN

    https://youtube.com/watch?v=nCONHSrVWmo

    HAHAHAHAHAHAHAHA.....

    KORBAN Brand Image Destruction of malon :
    1. DCNS Perancis
    2. Damen Belanda

    > KESERAKAHAN DI SEMUA LINI > KORUPSI > DEFECT PRODUCT ( PRODUK CACAT )

    BalasHapus
  57. Indonesia sekarang on progress bina frigate Arrowhead 143 m kat PT PAL bukan AKAN SIAP NTAH BILA2 cem sebelah negara miskin sebelah ya ngoahahaha πŸ˜‚πŸ€£

    BalasHapus
    Balasan
    1. nyoiih om pit AH kite uda potong baja, tinggal tunggu peletakan lunas, stelah itu pasang gigi 6 gaspol rpm tinggi...tiba2 finis terdepan haha!🀠🀠🀠

      klo sebla...blom suntik LCS=HALU haha!πŸ’€πŸ’€πŸ’€

      Hapus
  58. heran kata org parlimen jiran proyek LCS ini besar serapan tenaga kerjanya,
    jd pertanyaan, pake berapa tenaga kerja yak?
    dr taon ke taon..penampakan potonya slaluw SEPI haha!πŸŽƒπŸŽƒπŸŽƒ

    pdhl BNS klaim py ribuan karyawan haha!😜😜😜

    BalasHapus
    Balasan
    1. Lokal subkon bertebaran pada ngantor seperti di damansara dll
      Ngantor doang
      Gk ada kegiatan
      Mirip kantor helikopter jendral anu

      Kalo di sini cuma 1
      Kalo dimalay 250

      πŸ˜ƒ

      Hapus
    2. 1:250 pantesan rugi ngabis2 konsumsi fisank doank haha!🍌🍌🍌
      bujett subkon diklaim jiran...lama2 lapak fisank diklaim pulak haha!😜😜😜

      Hapus
  59. Ada yg kalah debat guys, topik soalan LCS kapal darat elak ke topik lain ngoahahaha

    BalasHapus
  60. Masa Indonesia panas,dengki dan kerasukan sama AKAN SIAP NTAH BILA2 ngoahahaha πŸ˜‚πŸ€£

    BalasHapus
  61. Bina LCS je pun malon hantar 25.000 orang ngoahahaha....tengok lon Indonesia bina Arrowhead lagi besar berbanding LCSpum cuma hantar 3000 orang,malon ngeri bodohnya ngoahahaha 🀣🀣

    BalasHapus
    Balasan
    1. 25 ribu busettttt haha!πŸ€ͺπŸ€ͺπŸ€ͺ...suplayer fisank🍌 kaya donk om pit haha!πŸ€ͺπŸ€ͺπŸ€ͺ

      Hapus
  62. https://l.facebook.com/l.php?u=https%3A%2F%2Fdefencesecurityasia.com%2Ftokmat-lcs-tldm-siap%2F&h=AT3ZTKd2EjpbM2uen_mFvamtH8_HMJ_R_eRGpxKPhC0QWFzewvdnFnNbNVnH7kAtedfzP5Ethk7jEPjJzttd9RHmExBmsJwb_t4NLPfINt0oghHv5psDpBWkxPsa5vyE6uya&s=1


    KOMEN WARGA MALAY YANG MASIH WARAS...


    AMIRUDIN GHANYYE
    BUKAN BERJALAN LANCAR TAPI DIPAKSA BERJALAN PROJECT BUKAN 4-5 TAHUN DAH 10 TAHUN, MACAM ORANG STROKE DIPAKSA BERDIRI DAN BERJALAN


    Shafiq Afik
    Mimpi LA tngok dok cam tu la

    Zul Zainal
    Tahun depan ulang ayat yg sama

    Nama Saya Zakwan
    Selagi x turun ke air, selagi tuh susah nk ckp la πŸ˜‚

    MOHD SOLEHIN
    dah baper kali ingat dah

    Syafiq M
    Aleh paling pasang engine je, lepas tu keluar ayat" Lagi



    MANTAP.. ITU BARU BENAR WARGA KL WARAS.. BUKAN MACAM GEMPORRR IDIOT

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tugas gempork sebagai buzzer parti UMNO mesti hantar ayat penyedap hati walaupun ayat gempork itu BUAL semua bro ngoahahaha

      Hapus
  63. Dari zaman dinosaurus akan siap akan siap akan siap teroooos , realitynya kapal tetap berkarat di darat

    BalasHapus
  64. Kita Yang Ditipu Sejarah Acuan Barat; Jambatan Kerajaan Empayar Kesultanan Melayu Melaka, Salah Satu Keajaiban Dunia Yang Di Musnahkan Penjajah Portugis.
    Sir Thomas Stamford Raffles (1781 hingga 1826) yang merupakan bekas Leftenan Gabenor Dutch East Indie (Indonesia), Leftenan Gabenor of Bencoolen (Bengkulu), negarawan British dan seorang penulis jurnal. Di dalam jurnal Sir Thomas Stamford Raffles telah menulis berdasarkan catatan lama orang Cina telah menyatakan Kota Melaka ketika zaman Sultan Mahmud Shah sebelum kejatuhan ke tangan penjajah Portugis pada 1511 yang diketuai oleh Alfonso de Albuquerque.
    dan jika jambatan Kota Melaka tersebut masih wujud ianya akan menjadi salah satu mercu keajaiban dunia. Malah ianya tidak kalah dengan kehebatan yang pernah ada pada Taman Tergantung Babylon satu ketika dahulu. Jambatan tersebut menghubungkan bahagian utara dan selatan. Di atas jambatan tersebut terdapat nya 20 buah astaka atau dewan untuk memasarkan pelbagai produk perniagaan.Kota Melaka memiliki sebuah jambatan yang amat hebat.
    Jambatan Kota Melaka tersebut jika ada sekarang seperti sebuah komplek perniagaan (bazar) di atas sebuah jambatan. Tidak kah ini salah satu mercu tanda keajaiban dunia. Dimana pada masa tersebut tidak wujud dimana-mana struktur yg sebegini dimana-mana peradaban lain di dunia ini.
    Tidak cukup dengan kemudahan 20 buah astaka di atas jambatan Kota Melaka tersebut. Di bahagian utara jambatan ini terdapat tempat pedagang elite dari pelbagai bangsa tinggal dan dipecahkan mengikut bangsa daripada negara mereka berasal. Malah ditempat pedagang ini tinggal ianya dilengkapi taman bunga yang cantik dan teratur bagi memisahkan pedagang elite ini dengan rakyat kelas bawahan.
    Malah jambatan Kota Melaka ini seolah menjadi sebuah mercu tanda status golongan pedagang elite dari pelbagai bangsa dan negara yang berniaga di Kota Melaka pada masa tersebut. Malah melihat kehebatan yang ada pada jambatan tersebut yang dilengkapi astaka perniagaan yang banyak, dihujung jambatan terdapatnya tempat tinggal pedagang elit dari pelbagai bangsa dan taman indah yang teratur. Jelas menunjukkan sehingga kini pun tidak ada struktur mengkagumkan seperti yang pernah ada jambatan Kota Melaka ini.
    Malah projek jambatan taman England yang merentasi Sungai Thame yang seakan sama pernah dimiliki oleh jambatan Kota Melaka ini satu ketika dahulu pun telah terbengkalai akibat beberapa masalah termasuk dari segi dana kewangan. Maka disini jelaslah jambatan Kota Melaka ini adalah satu bukti kemajuan orang Melayu zaman silam, salah satu mercu keajaiban dunia dan kehebatan teknologi kejuruteraan orang Melayu dahulu yang mendahului masa.
    satu ketika dahulu.Malah disebabkan kemajuan yang ada pada Kota Melaka pada masa tersebut menimbulkan keinginan pihak penjajah terutamanya barat ingin menakluk negara kota yang pernah mendapat jolokan Venice of the East tersebut. Malah disebabkan iri hati oleh pihak penjajah Portugis ketika penaklukan Melaka pada tahun1511 telah membumi hanguskan semua bukti kehebatan kegemilangan nenek moyang kita yanghebat
    Copy n Paste from -Khai Nursery-

    BalasHapus
    Balasan
    1. .....kasihan...kasihan....ada malon yang selalu GAGAL FRAMING di forum DS....

      Hapus
    2. Topik soalan LCS kapal darat elak ke soalan jembatan ngoahahaha

      Hapus
  65. X diragukan bahwa empayar melaka adalah empayar melayu nusantara yang terbesar dalam sejarah .. lebih haibat dan besar dibandingkan sriwijaya ataupun majapahit ,,,

    Demikian juga sekarang .. Malaysia pasti lebih hebat dan sytong dibandingkan Indon ... Hal ini pun x perlu diragukan lagi ...

    Malaysia Berjaya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Klo hebat kenapa buat kapal bisa salah potong🀣🀣🀣🀣🀣

      Hapus
    2. ....buruan sono hisap uap oktan 94 agar semakin SAKAW ....

      HAHAHAHAHAHAHAHA....

      TIDAK ADA YANG PERCAYA NETIZEN INDONESIA ATAS BUAL-mu , malon !

      Hapus
    3. Malaysia berjaya tapi jaga dan cuci tandas mommy Elizabeth...gelak ngoahahaha

      Hapus
    4. Tiap jam nih 1 beruk Semenanjing Gila dan Goblok.semakin menjadi jadi .. 1 level nih sama si peak Gempork πŸ˜€

      Hapus
  66. Project LCS ini terkenal mendunia karena adanya salah potong dan rasuah !akibatnya mangkrak

    Hebat cakap si supremo

    BalasHapus
  67. SULTAN JOHOR TERASA SAYA PUN BUGIS
    https://www.youtube.com/watch?v=Q-KLDFp4K3o

    buat si anuw..eh paimo haha!🀭🀭🀭

    BalasHapus
  68. LCS gowind clas > Wrong cutting
    OPV damen > kapal miring

    Gitu KLAIM malon punya PERADABAN PALING MAJU BESAR KUAT CANGGIH ???

    HAHAHAHAHA....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Om @bakul cermin......ini ada air 1 ember siram ke sperma beruk biar bangun dari TIDURRRR

      Hapus
  69. “Tohmahan ini secara tidak langsung menghina salasihah dan keturunan Kesulatan Selangor yang berasal dari Bugis,” katanya.

    Menurut kenyataan itu, fakta sejarah membuktikan Kesultanan Selangor beketurunan Bugis adalah pahlawan yang memperjuangkan dan mempertahankan keamanan di seluruh kepulauan Nusantara.
    https://www.youtube.com/watch?v=Qq8-6d9WiEk
    -----------------

    buat si anuw..eh paimo..
    2 sultan mengaku turunan kita gaesz...
    Sultan Selangor & sultan Johor....

    lha warganyet ntuw keturunan mana? tiap hari kerjaannya sembah sultan keturunan kita gaesz...
    ini bukti bukti jaman now bukan halu haha!🀣🀣🀣

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kan dah ada kata "nyet" oom..

      Ahahahaaiiy...

      Hapus
    2. lha iyakkk...siapin fisank om pedang🍌 waktuw kunjungan KB uda tiba..timfukk haha!πŸ˜‹πŸ˜‹πŸ˜‹

      Hapus
  70. Admin kejam berita kapal mangkrak puluhan tahun dah karatan kadaluarsa masih di up, bikin kawasan kerasukan karena gelak serempak.

    BalasHapus
  71. Layaknya dpt wang kopi hihihi

    https://premium.sinarharian.com.my/article/212595/fokus/semasa/malaysia-tak-layak-bina-kapal-secanggih-lcs

    BalasHapus
  72. Yg gak kalah heboh si gempur loncat loncat..lcs dilanjutkanπŸ˜…

    https://www.inews.id/news/internasional/malaysia-heboh-pesan-6-kapal-perang-senilai-rp30-triliun-sejak-2011-tapi-belum-satu-pun-jadi

    BalasHapus
  73. Wkwkwkwk.... Kapal MANGKRAK.........MANGKRAK.............MANGKRAK

    Buat MALU je.. wkwkwkw

    BalasHapus
  74. UKRA , TEMBAK JATUH MIG 29 SENDIRI OLEH OSA ,
    WAW , MISS HEAT & IDENTIFICATION , SUDAH ADA KEKACAUAN DI MEDAN TEMPUR BAHKAN SYSTEM ADS OSA BUKTIKAN DIRI BISA JATUHKAN MIG 29.
    SYSTEM PERTAHANAN UDARA OSA CUKUP EFFECTIVE JUGA MIG 29 DI HAJAR OSA TANPA AMPUN.

    BalasHapus
  75. Lucu ya KERAjaan beruk malon maksain buat gengsi Ama nutupin Songlap...itu kapal dipaksain ngelaut...dia ga mikir kali ya...usia dan kekuatan besi dan struktur kapal otomatis udah berkurang...nih kapal paling cm JD kapal dermaga ...yg kelautnya cm kalau parade...kena badai bakalan jebol ini ..hahhaa

    BalasHapus
  76. JIAHAHAHAHA πŸ˜πŸ˜πŸ˜„πŸ˜„πŸ˜‚......Oke aja deh.....tapiiiiiiii......lihat aja nanti endingnya πŸ™‚

    BalasHapus
  77. xaxaxaxaxaxaxa jadi penasaran nih gaess, dulu waktu ada peresmian dgn ikon balon bonengnya, tuh LCS hanya wadah tanpa isi,coba bayangkan cangkang yg sudah jadi tp sistem perpipaan dan kelistrikan blm kepasang semua, blm lagi sistem kemudi,mesin serta sistem kesenjataannya, apa g d bongkar dan d lubangi sana-sini utk pasang semua alat2 itu???...xaxaxaxxaxaxaxxa....kalau hanya ngelas blok2 besi di mari mah cukup anak2 SMK saja....xaxaxaxxaxaxaxaxaxaxa...blue print????....xaxaxaxxaxaxaxaxaxaxa

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ojo ngono mbah'e
      Kuwi ngono "MAHA KARYA ENGINEER" lhoo..

      (plus Maha Bual)

      Wakakakakakkkkkka

      Hapus
    2. xaxaxaxaxaxa yoi om PS, best engineer graduated of top 5 university of the world????....xaxaxaxaxaxaxaxaxaxa mungkin pas lihat blueprint dikira blue film kali yah om PS....xaxaxaxaxaxaxaxaxxaxaxa

      Hapus
  78. Mohon min kalau up berita aset Malon jangan yg akan bila hendak dan minat tapi aset yg real dan sudah diterima serta siap operasional kasihan kan kuartet 1 cc jadi bahan gelak tawa sekawasan karena komennya yg sok sok an kayak orang waras.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Lha itu, mimin udah lama posting heli sewa..

      Kurang?
      Wakakakakakkkkk

      Hapus
  79. Kalo hanya produksi jet tempur saja, iptn/pt.di sudah bergerak kedepan

    https://aviahistoria.com/2022/11/17/penghargaan-general-dynamics-kepada-iptn/

    BalasHapus
  80. 2023
    Dunia : Kapan leMes jadi
    MALON : Tahun depan

    2024
    Dunia : Kapan leMes jadi
    MALON : Tahun depan

    2025
    Dunia : Kapan leMes jadi
    MALON : Tahun depan

    2026
    Dunia : Kapan leMes jadi
    MALON : Tahun depan

    .... Silahkan di lanjutkan 🀣🀣🀣🀣🀣

    BalasHapus
  81. Kerajaan Malaka merupakan kerajaan terbesar di Semenanjung (Malaysia) yg pernah ada. Didirikan oleh Parameswara yg merupakan keturunan raja Sriwijaya. Pernah menjadi raja kecil di Tumasek, wilayahnya dikalahkan oleh Majapahit. Beliau pindah ke semenanjung dan mendirikan kerajaan Malaka.

    Malaka menjadi bandar yang ramai dg perdagangan. Pedagang2 asing dari Arab, India, cina dan nusantara singgah di Bandar ini. Karena kuatir jadi incaran kerajaan besar, 3 tahun stelah berkuasa Parasmewara meminta perlindungan ke raja Cina dan membayar upeti setiap tahun. Di kemudian hari Malaka bisa menaklukan Siam berkat bantuan Cina.

    Catatan Ma Huan menuliskan Malaka sebagai bandar yang ramai. Perdagangan dilakukan di atas jembatan. Pedagang yg menguasai perdagangan di sana berasal dari Jawa. Pada catatan yg sama Ma Huan juga menuliskan meskipun ramai namun barang dagangan yg ada tidak selengkap di Majapahit.

    Pada masa jayanya, Malaka sempat menguasai semenanjung dan sebagian kecil Sumatera dan kepulauan Riau. Namun tidak pernah busa mendekati kejayaan Mataram Kuno, Sriwijaya atau Majapahit.

    Kesimpulan :
    1. Didirikan oleh keluarga Sriwijaya
    2. Dibesarkan atas peran pedagang2 Jawa
    3. Mendapat perlindungan dan membayar upeti kepada Cina

    Dikutip dari berbagai sumber

    Sekian pencerahan terutama teruntuk Supremo dkk, agar bisa melihat kenyataan.

    BalasHapus
  82. Bulan Oktober 2022 hasil audit LCS Maharajalelah baru siap 44%...bulan January's sudah 70%....luar biasa MEMBUALnya...LoL😁🀣

    BalasHapus
    Balasan
    1. xaxaxaxaxaxaxaxa yg penting uang kopi cair om MENEER...xaxaxaxaxaxaxaxax

      Hapus
  83. udah kliatan dari desain udah cacat dan masih diteruskan, sebaiknya sih buat kapal baru langsung dari france, dari segi harga masih lebih murah dan kualitas bagus, tapi aku senang projek kapal ini dilanjutkan bousted, karena nanti akan ada dana suntikan baru dan rasuah menjadi meraja lela , mirip nama kapalnya, dan pada akhirnya hanya 1 kapal yang jadi dari 4 kapal, itu pun kapal miring di air karena produk gagal... wkwkwkwm

    BalasHapus
  84. LCS 1
    ⛔️anjungan kosong
    ⛔️kaca anjungan ato kapten bridge yg takde
    ⛔️lobang jangkar takde
    ⛔️cerobong asap takde
    ⛔️baling2 takde
    ⛔️enjin takde
    ⛔️cic/pit pusat informasi tempur kosong
    ⛔️no radar, senjata dsb

    frigat rem kita yg uda selesai bahkan belayar aktif aja butuh 2 tahun utk selesai integrasi persenjataan,
    lah KL pasang aja belon gaesz haha!🀣🀣🀣

    masi yaqeen 2024 haha!🀫🀫🀫
    jgn2 blebb..bleb..bleebb haha!πŸ₯ΆπŸ₯ΆπŸ₯Ά

    BalasHapus