14 Januari 2023

Merah Putih Frigate: Indonesia Begins Construction of The First Arrowhead 140 Frigate

14 Januari 2023

First steel cutting ceremony of Merah Putih frigate based on Arrowhead 140 (photos : istimewa)

According to Indonesian media, the first of the two Arrowhead 140 frigates has begun construction. The main contractor of the project is the Indonesian state-owned shipbuilding company PT PAL. 

The Steel Cutting Ceremony was held on December 9, 2022, at PT PAL's premises in Surabaya. 

The class of frigates known in Indonesia is the Merah Putih, which is a Type 31 frigate designed by Babcock International. It was also marketed as the Arrowhead 140 and was based on the hull of the Iver Huitfeldt-class frigate.

Babcock International agreed to transfer the design to PT PAL until an agreement sign in September 2021. The design has been modified to match Indonesian specifications and desired subsystem.

Indonesia's Merah Putih will have a length of about 138.7m, a width of 19.8m, a displacement of 5,700 tons and a crew of 100. The first frigate is expected to be delivered to the Indonesian Navy in 2026. It will significantly increase the surface power of the Indonesian Navy.

Until now there has been no confirmation from the Ministry of Defense and PT PAL on the event (photo : istimewa)

Arrowhead 140 Frigate

The Arrowhead 140 design is based on the Royal Danish Navy's three-ship Iver Huitfeldt class which were commissioned between January and November 2011.

The design emphasizes modular adaptability and flexible design construction to suit export customers. It is a multi-mission surface combatant capable of conducting AAW (Anti Air Warfare), ASuW (Anti Surface Warfare), ASW (Anti Submarine Warfare), and EW (Electronic Warfare) operations and is operationally proficient in both blue water and littoral areas.

Babcock has also optimized the design of the Arrowhead 140 to reduce maintenance costs, minimize the potential risks during missions and operate in adverse environmental conditions.

The vessel is equipped with a Thales tactical information and command system (TACTICOS), the combines Combat Operations and Maritime Security Operations in one CMS (Combat Management System). 

The propulsion system of the Arrowhead 140 frigate is a Combined diesel and diesel type including four MTU 20V 8000 M71 diesel engines and MTU 16V 2000 M41B generators.

The vessel can reach a top speed of 28 knots (52 km/h) with a maximum endurance of 9,000 nautical miles (17,000 km). 

The weapon configuration of the Indonesian frigate is unknown. 

(Asian Defense)

69 komentar:

  1. Mantap. Semoga lancar dan selesai tepat waktu.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mana yang selesai duluan om @tukang dongan....... wkwkwkwk

      Hapus
    2. Semoga cecah air lebih cepat dari LCS saudaranya Vanuatu.

      Hapus
  2. mantaaaaaaaappppp.....mana si malon gempork....mash idup ga dia ๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ

    BalasHapus
  3. Mudah2an lancar deh,
    2 unit frigat mp,
    Btw kenapa gk ini aja yg dinamain soekarno & moh hatta yaa?
    Opv ganti pake nama lain aja.

    BalasHapus
    Balasan
    1. jendral soedirman, gajah madaaaaaa & hayam wuruk haha!๐Ÿ’ช๐Ÿ’ช๐Ÿ’ช
      pokonya serial nama jalan protokolah gaesz haha!๐Ÿค“๐Ÿค“๐Ÿค“

      stok nama besar mah kita banyak gak kyk seblah...

      Hapus
    2. Kerajaan maritim dipakai untuk LHD/kapal induk (1xx), pernah dibahas kalau ini kapal masuk ke Destroyer (2xx) bakal pakai nama Pulau Besar tapi kalau masuk Frigate (3xx) pakai nana pahlawan.

      Hapus
    3. Bangsa pejuang ada pahlawan Nasional dan taman makam pahlawan..... jenderal Sudirman tuh cth sampe di kementerian pertahanan Jepang ada patungnya sebelah mana ada om @palu gada..... kasih fisank

      Hapus
    4. Biasanya kalau Destro pakai nama raja,dulu kita ada KRI Siliwangi,KRI gajamada dll

      Hapus
    5. Nama gajah mada bgus buat AH140.

      Hapus
    6. Kalau saya KRI Majapahit dan KRI Sriwijaya biar nama2 itu tidak diklaim Malonsia yg menganggap Mereka Pendiri Tamadun Melayu Mahawangsa.. konsepnya negeri malingsia yg mengambil Dari kita sebagai nenek moyang mereka.

      Hapus
    7. Menyusul KRI Kutai Kertanegara Kalkmantan, KRI Padjajaran Jawa Barat, KRI Mataram Jawa Tengah, KRI Kahuripan Jawa Timur, KRI Tarumanegara Kalimantan, KRI Panjalu Jawa Tengah nama2 Kerajaan Kuno di Indonesia.

      Hapus
    8. Sy setuju dg penamaan KRI Kelas Destroyer dg nama2 Pimpinan TNI AL selama ini br RE Martadinata, Yos Sudarso Sutedi John Lie dan Usman Harun ...
      Diusulkan dg tokoh yg berkontribusi thdp TNI AL spt Soebijakto, Ali Sadikin, Hartono, ..utk LHD bs nama2 kerajaan bahari Sriwijaya, KRI Majapahit, KRI Mataram, KRI Padjajaran

      Hapus
  4. ๐Ÿ‡ฎ๐Ÿ‡ฉMerah-Putih pasti duluan hore haha!๐Ÿ‘๐Ÿ‘๐Ÿ‘

    enyaaakkkk

    BalasHapus
    Balasan
    1. Setujuh om @palu gada......

      Hapus
    2. warganyet seblah FANASAAN om haha!๐Ÿ”ฅ๐Ÿ”ฅ๐Ÿ”ฅ
      dan Paniiiikkkk haha!๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ

      Hapus
  5. Waaaah.....ini first cutting kapal MALON yaaa ๐Ÿ˜๐Ÿ™‚

    BalasHapus
  6. KL mana perna bayr tunai om pemburu haha!๐Ÿคญ๐Ÿคญ๐Ÿคญ
    ⛔️heli kecik KL yg bayarin halaman optima-Destini
    ⛔️heli awewe yg bayarin gading
    ⛔️OPV damen KL yg bayarin Destini-TH
    ⛔️LCS KL yg bayarin bhic-ltat
    ⛔️Nexter LG yg bayarin ADS

    MOF bayar berperingkat alias nyicil
    dan NYICIL itu=Utang haha!๐Ÿคช๐Ÿคช๐Ÿคช

    masa warganyet gak tauuu ihhh malyu dah

    BalasHapus
  7. waaahh tumben mimin embat berita dr yutuber nam...
    Salam buat om dung tran๐Ÿ‘

    besok2 nyomot dr om ggk donk haha!๐Ÿ˜‹๐Ÿ˜‹๐Ÿ˜‹

    BalasHapus
  8. Bikinnya cuma 3 thn ? Jadi punya malon yg 12 thn itu pasti lebih besar dan lebih canggih ya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mgkin Malon ngebangun setara nimitz Class jd butuh waktu lama ๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ

      Hapus
    2. Apalagi kalo direndem minyak tanah, makin melar macem bola bekel

      Hapus
  9. Parah bayar pake sawit di korupsi pula om @palu gada

    BalasHapus
  10. Luar biasa PT PAL makin profesional mengerjakan proyek masa depan kapal perang KRI DESTROYER MERAH PUTIH ๐Ÿ‡ฎ๐Ÿ‡ฉ semoga selesai pengerjaan dengan baik bravo INDONESIA ๐Ÿ‡ฎ๐Ÿ‡ฉ๐Ÿ™

    BalasHapus
  11. KD.NAJIB razak......narapidana kasus korupsi dan pembunuh Alantuya...wkwkwkwk

    BalasHapus
  12. Ohhh kapal ini kan yang dibeli pakai dana HUTANG.... Bakal MANGKRAK ni seperti UAV DONALD DUCK... WKWKKWKWKWKW

    Sebelah mana ada wang... Wkwkkwkwkwkw

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahahahahha bodo amat tong!!!! Mau Hutang atau kas....yang penting Indonesia akan punya frigate 140M budak malay hanya syirik je karna malay raja rasuah dan penjual narkotika termiskin di ASEAN guysss......wkwkwkwkwk

      Hapus
    2. Jangan samakan ini dgn LCS mangkrak yg dibina dari hutang dari Jepun tuh pork ngoahahaha

      Hapus
    3. Spesialis mangkrak dah untuk Malon guys

      Hapus
    4. Sana2 pk utang tp yg satu makin maju, yg satunya lg makin nguncup. Btw lcs aja mangjrak, jgn mimpi bina sekelas arrowhead ya lon, apalagi bina pesawat terbang.

      Hapus
  13. Kira2 kalau AH140 kelar lebih dulu dari LCS kira2 muka begundal2 malon bakalan gimana ya

    BalasHapus
  14. Level 42 kira2 malu nggak ya kalau AH140 kelar 2026. Menurut saya wajar kalau LCS kelar 12 thn. Maklum otak kera dan malas.

    BalasHapus
  15. Eh ada warga level 42 fanasss ngaku selalu beli cash padahal mau barter dg minyak busuk dan hutang juga ha ha ha

    BalasHapus
  16. Si MALON KEPANASANNNNNNNNN guys.. wkwkwkwkwkwkwk

    Yang bina kapal Hinga 12 tahun tuh tepi sikit... Wkwkwkwkwk

    BalasHapus
  17. Hehehe..baru bolehbuat Arriwhead 140 sudah bangga membual..

    Janganlah dibandingkan dengan yang sudah mampu dibuat oleh nenek moyang era tamadun sungai batu san lembah bujang 2809 tahun lampau Yaitu UFO

    BalasHapus
    Balasan
    1. Level 42 kira2 malu nggak ya kalau AH140 kelar 2026. Menurut saya wajar kalau LCS kelar 12 thn. Maklum otak kera dan malas.

      Hapus
    2. Bukan stres...tp sakit jiwa.
      ๐Ÿ˜‡

      Hapus
  18. klo gak laplap bkn KL namanya om haha!๐Ÿคช๐Ÿคช๐Ÿคช

    BalasHapus
  19. Database lengkap bet bos ๐Ÿ˜ƒ

    BalasHapus
  20. Tamadun sungai batu, peninggalan yg ditemukan sisa dermaga, sisa perahu dan dua juta tuyere (pipa peniup tungku) yg menunjukkan ada peleburan besi disana. Namun produk yg diharapkan tidak diketemukan. Diduga tempat ini hanya memproduksi ingot saja yg dibawa ke tempat produksi diluar semenanjung. Kuat dugaan pula tambang ini dusahakan oleh bangsa pendatang

    BalasHapus
  21. Mantappp Indonesia Shopping lagi guyssss......5 tahun lagi akan menjadi negara terkuat di ASEAN guysssss..........

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sekarang juga sudah Terkuat di Asean .. No 4 malah di dunia untuk Angkatan Lautnya .. dari 33 Negara hanya 3 Negara Asean .. Indo, Thai dan Sing .. Malasyah kelaut aja berenang sama ikan julung julung

      Hapus
  22. LCS masih berkutat di desain dan pelunasan hutang ke oem.
    Tergantung political will gelontorkan dana RM 4bil ++
    Tapi darimana ? ...
    Naikkan tax ?
    Nambah hutang kat china ?

    BalasHapus
  23. sebla kapal opv damen minta suntik Utang๐Ÿ’ธ kerna miring
    sementara kapal frigat gowing minta di suntik metong ajah...malyu salah fotong haha!๐Ÿ˜œ๐Ÿ˜œ๐Ÿ˜œ

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya ....
      Disungai aja dah miring
      Konon mau dibawa off shore lcs
      Kih kih kih kih

      Paling jadi harbor queen
      Klaimnya jagain zee
      Kih kih kih kih

      Hapus
  24. Maaf nih juragans...
    Tak elok bandingkan AH140 vs lcs
    PT PAL vs busted
    Beda kelas beda level
    Menangpun tak bangga

    BalasHapus
  25. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  26. GEMPURWIRA13 Januari 2023 pukul 11.27
    Mantap... LCA jalan terusssss....

    Bukan NGUTANG macam sebelah tu... Wkwkkwkwkwkw


    Malon jalan terusssss BUALNYA
    ๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜…๐Ÿ˜…๐Ÿ˜…๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jalan terus ngutangnya juga om.
      Tahun 2022 nambah utang 5,8%, tahun 2023 rencana nambah 5,5% dari GDP

      Hapus
  27. Balasan
    1. TAK KUASE, dia...lagi termenung menangis kat bucu katil ....
      Ngahahaahahaaa

      Hapus
  28. Guys LCS habis berapa ya...Karatan dan salah potong Wang kopi rasuah bwahaha gelak je

    BalasHapus
  29. Wkwkwk habis berapa ??? Utang..utang tabungan pensiun tenteram bwahaha siap2 pensiun tentera laskar tak berguna di potong rasuah Wang kopi

    BalasHapus
  30. Frigate Merah Putih akan menjadi kapal frigate terbesar dan tercanggih di SEA...mengulang kejayaan kapal Jong Majapahit yg besar dan kuat.

    Jalasveva Jayamahe...

    BalasHapus
  31. Pantesan LCS gak kelar2. Desain nya saja baru 94%. Kok bisa2nya buat kapal simultan 5 biji sebelum detail desain selesai.
    Mau heran tapi ini malon .... wkwkwk

    https://www.freemalaysiatoday.com/category/nation/2022/10/03/lcs-detailed-design-94-complete-says-deputy-defence-minister/

    BalasHapus
  32. Itupun yg diapproved naval grup baru 84%.
    LAWAK

    BalasHapus
  33. Geng MALON makin KERASUKAN guys... Wkwkwkwkwkwkwkwkwk

    Kasihan kapal LCS kebanggaan geng MALON masih dalam MIMPI dan KHAYALAN... Hahahahahajahahahah

    BalasHapus
  34. Hasil didikan sekolah vernakular serta Top 5 university tuh๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ

    BalasHapus
  35. Modifikasi Kapal LCS itu tidak disertifikasi oleh Naval Group

    BalasHapus
  36. ALHAMDULILLAH,,PEMBANGUNAN KAPAL FREGATE MERAH PUTIH TERUS BERLANJUT SESUAI RENCANA,,SEMANGAT DAN JAYA INDUSTRI PERKAPALAN INDONESIA,,JAYA 3X! ๐Ÿ˜Ž

    BalasHapus
  37. Dan babi babi dari malay pun guling guling di jamban...
    bodoh kok dr dulu,, ling malay maling..

    BalasHapus