21 Juni 2019

PAL Tawarkan Pengembangan Strategic Sealift Vessel pada Philmarine 2019

21 Juni 2019


LPD baru usulan PAL kepada Philippines Navy (photo : defence.pk)

Keberadaan PT PAL Indonesia (Persero) dalam mendukung pemenuhan dan pengembangan industri maritim, selama lebih dari 39 tahun menunjukkan kesiapan matang dalam menjadi pemeran pasar nasional dan global. Komitmen PT PAL Indonesia (Persero) dibuktikan dengan adanya success story PT PAL Indonesia (Persero) dalam menyerahkan lebih dari 45 unit kapal ekspor kepada pasar internasional baik produk kapal niaga maupun kapal perang, seperti salah satunya ekspor Kapal Perang berjenis Strategic Sealift Vessel (SSV) 123 meter pesanan Kementerian Pertahanan Filipina.

Dalam memperluas pasar internasional, khususnya di wilayah Asia Tenggara. PT PAL Indonesia (Persero) berperan aktif dalam pameran sekaligus konverensi di bidang industri pertahanan dan energi di Filipina, melalui program Philippines Marine Expo (Philmarine) 2019 yang diselenggarakan oleh Philippines Maritime Industry Authority.


LPD baru usulan PAL kepada Philippines Navy (photo : rhk111)

Philmarine 2019 merupakan pameran internasional di bidang maritim, pembangunan kapal, teknologi minyak dan gas, industri berat serta industri penunjang. Diadakan dari Tanggal 18 – 20 Juni 2019 bertempat di SMX Convention Center Manila, Mall of Asia Complex, Pasay City, Philippines. Pembukaan acara Philmarine 2019 dihadiri langsung oleh The Deputy of Chief Staff, Armed Forces of The Philippines Vice Admiral Narcisco A. Vingston Jr. 

Pada acara Philmarine 2019, PT PAL Indonesia (Persero) menampilkan beberapa produk unggulannya seperti New Version of Strategic Sealif Vessel, Landing Platform Dock, Offshore Platform Vessel, Kapal Selam Diesel Elektrik U209/1400 serta Barge Mounted Power Plant (BMPP). Direktur Utama PT PAL Indonesia (Persero) yang turut hadir di dalam Philmarine 2019 pada kesempatan pertama menyampaikan bahwa momentum tersebut harus dijadikan sebagai sarana memperkuat posisi PT PAL Indonesia (Persero) dalam memperluas pasar serta menunjukkan eksistensi PT PAL Indonesia (Persero) dalam penguasaan teknologi kapal perang di kancah internasional.


OPV usulan PAL kepada Philippines Navy (photo : rhk111)

Komunikasi dan kerjasama yang kuat antara PT PAL Indonesia (Persero) dalam mendukung program modernisasi alat utama persenjataan Filipina sudah terbangun sejak adanya pembangunan kapal perang berjenis Strategic Sealift Vessel (SSV); BRP Tarlac LD-601 yang telah diserahkan pada tahun 2016 dan BRP Davao Del Sur LD-602 yang telah diserahkan pada tahun 2017 dan menjadi Hak Kekayaan Intelektual yang terdaftar di Indonesia atas nama PT PAL Indonesia (Persero).

Dalam acara pameran kali ini PT PAL Indoneisa (Persero) menunjukkan salah satu inovasi produk unggulannya, dan menjadi bukti kesiapan PT PAL Indonesia (Persero) untuk selalu hadir mendukung program modernisasi system persenjataan dan alat pertahanan Pemerintah Filipina khususnya di Kementerian Pertahanan Filipina.


Kapal selam Nagapasa class (photo : rhk111)

Landing Dock (LD) yang merupakan pengembangan dari produk sebelumnya Strategic Sealift Vessel (SSV) memiliki fungsi azasi sama yaitu, Militer dan Non-Militer; Operasi Militer di laut, Logistik serta sebagai Kapal Angkut. Selain itu, kapal ini mampu membawa Tank dengan kapasitas 40 ton , serta memiliki landasan pendaratan yang dapat mengangkut 2 Helikopter di landasan dan 1 Helikopter di Hangar dengan kapasitas ukuran Helikopter 10 Ton. 4 kapal support; 2 jenis Kapal Pengangkut Pasukan Batalyon (LCU) yang berfungsi untuk mendaratkan prajurit saat melakukan operasi militer ke darat dan 2 kapal pengangkut pasukan patroli militer (RHIB) untuk misi patroli pengintaian di perairan. Kemampuan lain dari kapal adalah dilengkapi dengan fasilitas support medis ini mampu menjalankan operasi kemanusian (non-militer) yang diemban. Adapun salah satu pengembangan teknis teknologi rancang bangun pada Landing Dock (LD) yang tidak ditemui di Strategic Sealift Vessel (SSV) adalah Provision Armament/persenjataan pada buritan kapal tepat di sisi port & straboard.

Produk unggulan tersebut diharapkan mampu memenuhi kebutuhan Alutsista Pemerintah Filipina serta meningkatkan kepercayaan diri dan profesionalisme Angkatan Laut Flipina di mata dunia.

(PAL)

203 komentar:

  1. Komen andalan Gempurwaria, tentang TNI yg tertembak mati OPM. Itu bagus, artinya TNI tewas dimedan pertempuran. Mau banggakan tentara malon yg tewas di medan perang jg gak ada. Adanya cuma TDM tewas kerana uji coba gempita dan tewas kerana tak cakap bawa heli nuri.
    Selebihnya cuma berita
    -TLDM tercirit birit dikejar nelayan China
    - TLDM tercirit birit dikejar Nelayan Vietnam
    - TLDM tercirit birit dibentak Kopaska.
    - Police Maritim tercirit birit dikejar boat patroli Singapore.

    Jadi gak ada tentera malon yg tewas di medan tempur, kerana sdh tercirit birit duluan di medan tempur. Gak Bbmisa dibanggakan....hikhikhik

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terbaik bang...., jadi tentara atau polisi memang sudah kontrak nyawa dengan negara dan bangsa. gugur dalam bertugas adalah suatu kemuliaan yg tak terhingga bagi perajurit. habis peluh dan darah, one way ticket, gadai nyawa. ga seperti sonora yg tergadai ke kingdom mama Elly.

      Hapus
    2. ATM tuh dah tewas sebelum berperang bro,contohnya paskau malon yg tewas saat exercise 😁😁😁😁

      Hapus
    3. Askar pondanMalaya pengalaman tempurnya di warnet bro..latihannya maen CS atau Call of Duty online doank..HAHAHA

      Hapus
    4. KABAR BAIK!!!

      Nama saya Lady Mia, saya ingin menggunakan media ini untuk mengingatkan semua pencari pinjaman agar sangat berhati-hati, karena ada penipuan di mana-mana, mereka akan mengirim dokumen perjanjian palsu kepada Anda dan mereka akan mengatakan tidak ada pembayaran di muka, tetapi mereka adalah penipu , karena mereka kemudian akan meminta pembayaran biaya lisensi dan biaya transfer, jadi berhati-hatilah terhadap Perusahaan Pinjaman yang curang itu.

      Perusahaan pinjaman yang nyata dan sah, tidak akan menuntut pembayaran konstan dan mereka tidak akan menunda pemrosesan transfer pinjaman, jadi harap bijak.

      Beberapa bulan yang lalu saya tegang secara finansial dan putus asa, saya telah ditipu oleh beberapa pemberi pinjaman online, saya hampir kehilangan harapan sampai Tuhan menggunakan teman saya yang merujuk saya ke pemberi pinjaman yang sangat andal bernama Ms. Cynthia, yang meminjamkan saya pinjaman tanpa jaminan sebesar Rp800,000,000 (800 juta) dalam waktu kurang dari 24 jam tanpa konstan pembayaran atau tekanan dan tingkat bunga hanya 2%.

      Saya sangat terkejut ketika saya memeriksa saldo rekening bank saya dan menemukan bahwa jumlah yang saya terapkan dikirim langsung ke rekening bank saya tanpa penundaan.

      Karena saya berjanji bahwa saya akan membagikan kabar baik jika dia membantu saya dengan pinjaman, sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman dengan mudah tanpa stres atau penipuan

      Jadi, jika Anda memerlukan pinjaman apa pun, silakan hubungi dia melalui email nyata: cynthiajohnsonloancompany@gmail.com dan atas karunia Allah, ia tidak akan pernah mengecewakan Anda dalam mendapatkan pinjaman jika Anda mematuhi perintahnya.

      Anda juga dapat menghubungi saya di email saya: ladymia383@gmail.com dan Sety yang memperkenalkan dan memberi tahu saya tentang Ibu Cynthia, ini emailnya: arissetymin@gmail.com

      Yang akan saya lakukan adalah mencoba untuk memenuhi pembayaran cicilan pinjaman saya yang akan saya kirim langsung ke rekening perusahaan setiap bulan.

      Sepatah kata cukup untuk orang bijak.

      Hapus
  2. Balon mana ....baslon kuning mana....hikhikhik

    BalasHapus
    Balasan
    1. Duooor, sudah meletus bro karena kefanasan tak terkira, sebab hanya mampu tengok je...

      Hapus
    2. 3 balon kuning KD MAHAROGOL yg fenomena 😁😁😁

      Hapus
  3. TDM tentara melancap yang hanya pandai tercirit birit di dikejar nelayan china....hikhikhik

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bkn tercirit2 lg bro tp dah berak seluar 😁😁😁

      Hapus
  4. TDM askar kongkek yg tercirit birit takut mampus di kejar nelayan vietnam

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kapal APMM dan ATM ditenggelamkan nelayan Vietnam πŸ˜πŸ˜πŸ˜πŸ˜‚

      Hapus
  5. Police Maritim malon banci. Kabur terberak berak dikejar boat Singapore....hikhikhik

    BalasHapus
    Balasan
    1. 😁😁😁digangbang nelayan cina berak seluar,digangbang nelayan vietnam kapal hilang,nampak kali APMM,ATM & Polis malon quality ayam sayur😁😁😁

      Hapus
  6. Balon kuning mana....balon kuning.?
    5 sdh keel liar....hikhikhik
    SU57 sdh ditawarin katanya.....hikhikhik
    Thypoon dan rafale aja kena bualkan apalagi pihak Sukhoi....RFI....RFI...hikhikhik
    Budget utk MRCA aja ditunda mau sok beli pesawat generasi 5.....cermin mana cermin.
    Ketuanya pendekar bual, anggotanya bual bual jg. Otak dipake buat melancap makanya gak pernah bisa berpikir normal....hikhikhik
    Gempita tampal stiker mana.? Yg pabriknya sebelah suzu makcik....hikhikhik

    BalasHapus
    Balasan
    1. Typical gede rasa, besar kepala sudah tiada berpisah, padahal hanya basa basi omong kosong dari rusia guna mancing respon dan potensi. respon: hight, potensi beli: LOW. kasihaaan. iya tak? hehehe...

      Hapus
    2. Beruk malon kebanyakan wet dream dan jaguh melancap😁😁😁😁

      Hapus
  7. To be honest the SSV proposed is better looking and it is the improvement of what we have in PN, but i dont like the part near the exhaust where there are like 2 boxes with a small gap between, i hope they fix it because its uncomfortable to look at

    BalasHapus
    Balasan
    1. terima kasih om pilipinas, semoga masukannya didengar pt pal haha!πŸ‘πŸ‘πŸ‘

      -------------

      mnurut om rhk111 sperti ini haha!πŸ‘‡πŸ‘‡πŸ‘‡

      A scale model of PT Pal's Offshore Patrol Vessel (OPV) shown during the Naval Defense 2019 event at the SMX Convention Center of the SM Mall of Asia. As per PT Pal though, they are not offering this to the Philippine Navy (PN) as of this time.
      https://www.youtube.com/watch?v=CHg6oJcH9go

      Hapus
    2. Don't buy product from bousted malayshit caused ITS all garbage 😁😁😁😁

      Hapus
    3. Woooo, sing kothak memper gupon doro iku ono fungsine mister 🀷

      Iku kabin kanggo petugas sing ngawasi prosesi penerbangan helikopter, wiwit seko take-off, nganti pas landing neng helideck, pokoke memper tower neng terminal kae....minongko gantine utowo redundant radar khusus kanggo mantau operasional helikopter πŸ€—πŸ€—πŸ€—

      Mister rak ngerti dewe....yen ora diawasi rodo ndrawasi, mergo ono salah sawijine tonggo cedak sing rodo klepto, alias senengane songlap duweke tonggo πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚

      Hapus
    4. Citra Shipyard harusnya juga ikut menawarkan OPV 80 meter hasil kolaborasi dengan Terafulk Indonesia. Linknya
      http://defense-studies.blogspot.com/2018/12/bakamla-luncurkan-3-kapal-patroli-80.html%3Fm%3D1&sa=U&ved=2ahUKEwiUxp2ugPziAhUQ448KHdh2A6QQFjAKegQIARAB&usg=AOvVaw2dNdFRdIcqpDa8rqzivczA

      Hapus
  8. Strategic Sealift Vessel (SSV); BRP Tarlac LD-601 yang telah diserahkan pada tahun 2016 dan BRP Davao Del Sur LD-602 yang telah diserahkan pada tahun 2017 dan menjadi Hak Kekayaan Intelektual yang terdaftar di Indonesia atas nama PT PAL Indonesia (Persero).

    -------------

    yg suka nanya2 silaken baca, trutama warganyet tetangga yg pnasaran kok SIPRI bkn SUPRI mencatet ekspor atas nama RI haha!πŸ˜‹πŸ˜‹πŸ˜‹

    BalasHapus
    Balasan
    1. Menurut sumber yg di rahasiakan dari orang daleman semua hoax bin bohong itu. cuting plat baja, rancang bangun SSV Rep Philipine Tarlac class yg di pakai saat ini semuanya di kerjakan di kilang boustad. wkwkwkwk....

      Hapus
    2. Tarlac & Davao tuh semua binaan bousted ompal, katanya 😁😁😁😁

      Hapus
    3. selamat pagii gaes...pagii..pagiii..paagiii..duh semangatnye haha!πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚

      mang buset eh busted upps susah bner dilafalin, nama apaan sich ituw om pit cem impor punyak haha!😜😜😜

      Hapus
    4. Sumbernya dari xikavir sama Gembul Waria, bro jewawut

      Hapus
  9. Ayo Citra Shipyard buat ajukan penawaran OPV 80 meter hasil kolaborasi dengan Terafulk Indonesia ke Philipina.

    http://defense-studies.blogspot.com/2018/12/bakamla-luncurkan-3-kapal-patroli-80.html%3Fm%3D1&sa=U&ved=2ahUKEwj4yZ-pnPviAhVBnI8KHbEhCPUQFjAJegQIBRAB&usg=AOvVaw3Gf-Tiog1c2qidUqpNnbq8

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jgn ditawarkan ke Malon miskin yg cuma jaguh PHP😁😁😁

      Hapus
    2. skalian KN Tanjung Datu kluaran Palindo marine, 110meter cink haha!πŸ’ͺπŸ’ͺπŸ’ͺ

      Hapus
  10. PT PAL Nawarin kepada yang punya duwit, yang miskin ga punya duwit ke laut aja

    Bwahahahahahaha.....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Malon sebebenarnya punya duit bro, tapi di rasuah pejabat guna simpan wang di Swiss, money laundry denga buka usaha, beli properti dan kereta mewah.

      Hapus
    2. Yg miskin cem malon cukup punya kapal peti kemas ke😁😁😁

      Hapus
  11. Perbedaan indo dan malaysia, kalau indo nyebar brosur sedangkan malaysia ngumpulin brosur RFI ......


    BWAHAHAHAHAHAHAHAHAHHEHEHEHE...

    BalasHapus
  12. KD Maharogolela harusnya masuk Guiness record kapal laut terlama sentuh air


    Bwahahahahahahhahaaha....itu kapal apa kucing gudig takut air

    BalasHapus
    Balasan
    1. 😁😁😁😁kapal KD MAHAROHOL TAKUT AIR KAYAK KAMBING BANDOT 😁😁😁😁

      Hapus
  13. Kalau ada film Titanic 2, KD Maharogolela ini cocok sebagai kapal yang terbelah 2 karena menabrak kapal nelayan cina pengganti jack dan rose nya adalah Anwar dan Azim


    Bwahahahahahahhahahaahaha.....πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚

    BalasHapus
    Balasan
    1. Lebih cocoknya di fungsikan sementara untuk wisata kuliner Cafe dan Resto music sambil menunggu dana mengucur dari kerajaan.

      Hapus
    2. Yg cocok gempur waria sama si sapier atau si pigmoon unknown bro xixixixi

      Hapus
    3. Betul bro,gempur waria,sapier,pigmoon unknown, unknown raja link zaman Jepun,maha,harta curian,Paul,scan,dein cocok jubornya di kongkek Anwar dan azim😁😁😁😁

      Hapus
  14. Kalau nawarin ke pilipine pun jelas ada uang tak macem malon yang cuma ada minyak goreng, emangnya para insinyur enginer di gaji pake minyak goreng di suruh minum minyak goreng cem enginer bousted


    Bwahahahahahahahahahahaha.....πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚

    BalasHapus
  15. Pada acara Philmarine 2019, PT PAL Indonesia (Persero) menampilkan beberapa produk unggulannya seperti New Version of Strategic Sealif Vessel, Landing Platform Dock, Offshore Platform Vessel, Kapal Selam Diesel Elektrik U209/1400 serta Barge Mounted Power Plant (BMPP)....

    Baca...tuh lon....kapal selam aja di tawarin...
    Biar paham kalau PT PAL bs buat apa aja...hahaha

    Maharogol mana nih...atu aja kaga jadi2...wakakaka...negeri sejuta sticker..kerajaan Beruk malingsia...


    Wahahaa

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bousted malon cuma bisa stampal stiker 😁😁😁😁

      Hapus
    2. Ngga sia sia hasil belajar dari DSME, akhirnya PT. PAL jualan kapal selam

      Hapus
  16. I think bousted can design more better than this....new design from bousted...look like karat style

    BalasHapus
    Balasan
    1. Paint Korosif berefek lebih stealth brother.... inilah salah satu inovasi malonsia.ckckckck.

      Hapus
    2. Bener tuh KD maharogol cocok di belah dua.. Tak guna juga melaut.. Askae TLDM tak de yg berani guna kapal rongsok ni la.. Askar TLDM lebih seka guna kapaal buatan PT. PAL daripada binaan Bousted bodoh itu... Itu cakap mat sabu dan beberapa petinggi TLDM sendiri saat Indodefense 2019...😁😁😁

      Hapus
    3. Mat sabu said"bunyi engine kapal lapok sedap" πŸ˜πŸ˜πŸ˜πŸ˜‚

      Hapus
  17. https://www.facebook.com/211591442051/posts/10157511476297052/

    Lagi kapal peguatkuasa indon masuk perairan malaysia dan tarik bot nelayan untuk masuk ke perairan indonesia...tolol apa..baik bakamla,tni al perikanan indon juga turut tolol ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Malon dongo cakap idiot tak nyambung tema... Iri jealouse tak terkira...😁😁😁


      Badan panas banyak obatnya Hati panas tak de obatnya...


      πŸ΅πŸ΅πŸ΅πŸ’πŸ’πŸŒ‘πŸŒ‘πŸŒ‘πŸŒ‘πŸ”₯πŸ”₯πŸ”₯πŸ”₯πŸ”₯🌢🌢🌢🌢🍌🍌🍌🍌🍌



      Malays begar..😁😁😁😁😁

      Hapus
    2. Terus knp kalian tdk bisa bebaskan nelayan kalian,,, xixixixi apa appm tdk punya nyali

      Hapus
    3. Terus kenapa APMM dan ATM ko tak lawan kapal KKP Indonesia,kecut ya lon😁😁😁

      Hapus
    4. Bhahahaha itu berita fitnah dari negaramu lon,,,,,coba lihat kapalnya itukan waktu kapal appm kalian merengek minta nelayan kalian di bebaskan beserta dgn helicopter kalian ,sewaktu kalian klaim mengejar kapal kami xixixixixi

      Hapus
    5. klo tetangga mrasa pinter mach, harusnya kapal nelayannya dijagain bahkan ampe kyk kapal nomor 3469(CN) ini nich haha!πŸ€ͺπŸ€ͺπŸ€ͺ

      Malaysia Military Power
      March 18 ·

      Hai Jing 3469(CN) sedang berlabuh berdekatan dengan Beting Patinggi Ali.

      Harap TLDM dan Maritim Malaysia shadow kapal ni dan update dengan kami. Supaya kami semua boleh berbangga dengan usaha tuan2

      MMP

      https://www.facebook.com/MalaysiaMilitaryPower/posts/2225275314162139?comment_tracking={%22tn%22%3A%22O%22}

      Hapus
    6. ayo tarik2 donk Hai Jing 3469(CN) pake bot kecil tuw klo brani, jgn kan zee, uda dket 12 nm tuch haha!🀣🀣🀣

      Hapus
    7. Xavier anak didik dr Azhari Jahanam, makanya dia kafir dan suka ngebom.


      hey manusia jahanam, enyah kau dari sini. nih pisank 🍌🍌🍌

      Hapus
    8. Amnesia ya lon xaxaxaxaxaxaxa itu mahkluk kan dr negara elu "malingsia" xaxaxaxaxaxaxa nih 🍌🍌🍌🍌🍌🍌

      Hapus
    9. Om@van waduhhhh sory om salah tembakπŸ™πŸ™πŸ™

      Hapus
  18. https://www.hmetro.com.my/utama/2019/06/467607/kapal-penguatkuasa-indonesia-lagak-samseng


    Tolol apa..nga cukup dana sampai harus berlagak samseng..mau di bom?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Malon dongo cakap idiot tak nyambung tema... Iri jealouse tak terkira...😁😁😁


      Badan panas banyak obatnya Hati panas tak de obatnya...


      πŸ΅πŸ΅πŸ΅πŸ’πŸ’πŸŒ‘πŸŒ‘πŸŒ‘πŸŒ‘πŸ”₯πŸ”₯πŸ”₯πŸ”₯πŸ”₯🌢🌢🌢🌢🍌🍌🍌🍌🍌



      Malays begar..😁😁😁😁😁

      Hapus
    2. Sabar bro sapier kapalnya tetap kami sita atas dasar pencurian ikan

      Hapus
    3. Boat nelayan pencurinya kami tangkap walaupun ditabrak,beza dgn malon nelayan cina berak di halaman malon sendiri ATM BERAK SELUAR😁😁😁

      Hapus
    4. Bahkan mereka mengaku di beraki kkp di halaman nya tp tdk berani bebaskan nelayannya xixixixixi

      Hapus
    5. bot vs kapal, cmn brasa geli2 doank haha!🀣🀣🀣

      Hapus
    6. Gimana kabarnya kd renchong setelah ditabrak KRI Tedong Naga, sama kapal fiber aja rusak parah harus balik ke pangkalan.

      Hapus
    7. Haha kalau mmg masuk perairan indon tkpelah tgkp ni kapal indog msuk perairan malaysia untuk tarik bot nelayan malaysia..tak ke bodoh namanya tu

      Hapus
    8. @Xxavier ,masalahnya adalah tumpang tindih perbatasan laut antar Malaysia dan Indonesia.

      Sebelum masalah ini selesai hal ini akan terus berlaku. Yang kuat dan canggih peralatannya akan selalu bisa menegakkan klaim nya.

      Jelas Indonesia diuntungkan walaupun wilayahnya besar dan luas tapi karena punya peralatan lebih canggih dan banyak dari Malaysia maka kedudukan Malaysia akan selalu kalah .

      Adalah lebih bijak jika Malaysia dalam rundingan batas antara Indonesia dan Malaysia mau take and give . Adalah lebih penting kejelasan kedudukan batas negara daripada klaim melampau tapi tak diakui jiran sementara kemampuan Malaysia untuk menegakkan klaimnya tidak mencukupi.

      Hapus
  19. https://banjarmasin.tribunnews.com/2019/06/19/kapal-pencuri-ikan-yang-ditangkap-bertambah-malaysia-paling-banyak-lalu-vietnam-dan-filipina


    Iniloh bro sapier,,, pencurinya ternyata lebih banyak dari negara ente,, ,masih mau mengelak ngga

    BalasHapus
    Balasan
    1. Cem ini lah boat nelayan pencuri ditangkap,tak cem malon halaman rumahnya diberakin nelayan cina ATM berak seluarπŸ˜πŸ˜πŸ˜‚πŸ˜πŸ˜

      Hapus
    2. uhuyy kapalnya orca bu susi ternyata gde2 yak, banyangin ini baru KKP vs appm. gimana klo lawan kapal polairud, KPLP ama bakamla pura2 bobo aje gak brasa yak haha!😴😴😴

      Hapus
  20. Sadis-sadis komennya haha. Btw di Maxdefense kok ga disebutin ya kalo PT PAL juga ikut tender OPV? Karena yang dibahas cuma Damen ama Austal. Atau untuk OPV kita sekedar nampilin mock up saja?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Boustedpun lebih canggih bro nampilin kapal selam yg cuma bisa ngambang terus cem taiπŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚

      Hapus
    2. pertama: pertanyaannya yg bilang pt pal ikyut tender opv siapa?

      kedua: link yg guwe sebut diatas, uda jelas inponya kuo om no haha!😎😎😎

      Hapus
  21. https://m.detik.com/news/berita/d-4591423/lakukan-illegal-fishing-kapal-trawl-asal-malaysia-ditangkap-di-selat-malaka



    Ini masih ada bro sapier

    BalasHapus
  22. Omaegot,omaegot ...setakat ini PT PAL dah berjaya eksport 45 biji kapal ke luar negeri,kalo Bousted telah berjaya eksport apa ya ? Bousted cuma bisa eksport submarine yg cuma bisanya ngambang terus cem tai 😁😁😁

    BalasHapus
  23. Sudahlah bro, kasih berita berimbnang

    Ada kabar, ternyata di Philippines Marine Expo ini, tetangga sebelah juga menawarkan produk pertahanannya, kemajuan yang bagus..πŸ‘

    Produknya : stiker buat tampalan


    πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚
    LoL

    BalasHapus
    Balasan
    1. 😁😁😁ane kira td malon tawarkan produk apa ternyata stiker buat di tampal😁😁😁😁

      Hapus
  24. Selain menawarkan new version SSV,LPD,OPV & kapal pembangkit tenaga listrik,PT PAL juga menawarkan kapal selam diesel elektrik U209/1400.... Omaegot,omaegot berarti Indonesia satu2nya di ASEAN yg telah berjaya bina kapal selam buatan Tempatan dan negara ke-5 di Asia setelah Korsel,Jepun,cina dan India yg mampu bina kapal selam buatan Tempatan...syabas Indonesia....MALON MAKIN TERPUROK πŸ˜πŸ˜πŸ˜πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yoiii bossπŸ€—πŸ€—πŸ€—

      Hapus
    2. Uhuy.. Tinggal di oprek sesuai selera TNI AL..

      Hapus
  25. The great leader thinks, wrongfully of course, that any actions taken by the navy will result to war.

    But here is an example of what japan is doing(Pic.)

    Vietnam does the same thing

    "Indonesia apprehended and blasted Chinese vessels"

    None of which resulted to war

    https://scontent-dfw5-1.xx.fbcdn.net/v/t1.0-9/65075120_2292158131112326_7547200855624122368_n.jpg?_nc_cat=110&_nc_ht=scontent-dfw5-1.xx&oh=a3fc49974c38bf1f0a74ec3ae2f0aaea&oe=5D82EF85
    --------
    eiitt kite disebut2, tp gred a kok gak disebut2 sich..uppss haha!πŸ˜…πŸ˜…πŸ˜…

    BalasHapus
  26. om max pingin liat klo kapal MPAC ato sekelas KMC bisa masyuk LPD.
    wedew jangankan MPAC, Landing Craft Utility 24 M, 62 ton aja uda langsung mangkal di LPD/SSV haha!πŸ˜‹πŸ˜‹πŸ˜‹

    cekidot gaes: kmc/mpac masyuk LPD, uhuyy haha!🀠🀠🀠
    kri makassar 590
    https://www.youtube.com/watch?v=UkBezDPbJGA

    Proses undocking kapal patroli ke dalam KRI banjarmasin 592 di pelabuhan teluk bayur, masyuk gan haha!πŸ‘πŸ‘πŸ‘
    https://www.youtube.com/watch?v=6BQ9xyVAoWE

    BalasHapus
    Balasan
    1. Omaegoooot 😱😱😱...2 lcu yg masing2 bertonase 62 ton aja ketelen.

      Tapi kata @antek barat kemarin, kapal desain Austal juga bisa dimuati 2 LCU....gimana caranya ya kalo desain kapal "biplane" gitu yg ga punya welldeck, memuat 2 LCU yg segede gaban gitu πŸ™†πŸ™†πŸ™†

      Hapus
    2. buat om barat guwe ada jawabannya, yg diatas ini salah satunya.
      tp klo om barat gak bole galak2 donk, kan kesian haha!πŸ˜‰πŸ˜‰πŸ˜‰

      harus pake cara yg ngejelasin lebih elegan, doi pasti ngarti dach haha!😎😎😎
      klo kagak, uda pasti reli2 panjang cem pemaen golep om smilikity haha!🏌️‍♂️🏌️‍♂️🏌️‍♂️


      Hapus
    3. Ya boleh aja, tapi setidaknya tunjukkanlah design lpd austal yg (ini satu frasa): " berlunas ganda/biplane/catamaran dan berbahan alumunium" yg sanggup memenuhi kriteria yg diminta AL-F, seperti: tonase 7000 ton, sanggup mengakomodasi 2 LCU, kemampuan enduran sekian hari dsb-dsb" πŸ€”

      Karena desain biplane gak punya welldeck, bolehlah misal LCU 62 ton dihandle dg craddling misalnya....tapi ya itu tadi, mana desainnya 🀷

      Hapus
    4. Typo: "...dihandling dg craddle..."

      Hapus
    5. Austal ga ikutang, eh ikutan buat project LPD nya om, mereka cuma ngejar yang OPV.

      Hapus
    6. Tapi kata @antek barat suruh ikut koooooq 🀷

      Hapus
  27. Sorry ikutan nimbrung baru sempet nengokin. Kalau gak salah Phil Navy mensyaratkan pembangunan salah satu kapalnya di negara nya ya ? Jadi satu dibangun di negara asal, satunya di Phil.

    Saat ini hal tsb adalah lumrah dan umum. Indonesia juga melakukan hal yg sama saat akan melakukan pembelian alutsista yg ujungnya ada "nilai tambah" bagi kemajuan SDM di negara masing-masing.

    Kalau bicara kans.. Indonesia sih masih leading yaa karena Phil sudah punya dua unit dan cukup puas dgn performa nya.. ampe dibawa ke Hawaii lho.. plus saat ini penyeragaman jenis alutsista yg tidak macam macam akan jadi nilai lebih daripada punya banyak varian (sejarah sudah membuktikan).

    Melihat sarana dan prasarana pembagunan kapal di Phil yg kurang comply (apalagi kalau harus buat big size SPT ssv), feeling saya tawaran yg akan dinegosiasikan adalah paketan 2 SSV, 6 OPV dan 4 LCU sekaligus. Disini letak kekuatan PAL. Phil akan ditawarkan pembangunan kapal sesuai kadar kemampuannya saat ini.. dgn teknik 2 SSV di PAL, 4 OPV di PAL 2 di Phil dan 2 LCU di PAL 2 LCU di Phil.

    Sorry ini cuma khayalan saya saja..😁

    For Phil Navy.. mabuhay.. every day we always Amaze on how you're leader have strong will and commitment to make your Navy airforce and army much stronger than before. In 2030 I think Phil military will surely becoming 5 big powerful military capabilities in Asean if the acquisition programs are always like you guys doing right now.

    Congrats Philippines !!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nambahin.. harusnya sekalian ini paket pembeliannya G to G.. selain kontrak SSV dgn PAL digabungkan dengan kontrak Tiger Tank, 6x6 dan 8x8 Pindad plus kontrak N212 dan Heli Caracal dari IPTN ditambah bonus paketan senjata Pindad plus bomb Dari PT.Dahana 😁

      Komplit amat yaa produk nya.. baru nyadar gw..hehehehe

      Hapus
    2. wow wow tiger tank.

      kok aku sedikit ga terima ya mt itu dinamain tiger tank.

      seakan" ngambil nama besarnya tank jerman :v πŸ˜€πŸ˜€πŸ˜€

      Hapus
    3. "Oke, komplain anda sudah disampaikan kpd yg berwenang...instansi tsb sudah menyiapkan nama baru untuknya πŸ‘‡πŸ»"

      https://youtu.be/p1bLl6vdMqY

      Hapus
    4. iseh esuk, mas hari masang jebakan betmen lagi πŸ˜‚

      Hapus
    5. Hmm... Paket lengkap + hemat + murah ana bonuse pisan sikat lah philiphin

      Hapus
  28. ...banyak CING CONG Asu Amerika...junjungan si Ntung Ndableg Blegedes...

    https://jakartagreater.com/trump-batalkan-serangan-ke-iran-10-menit-sebelum-dimulai/

    ...bilang ajach, takut sama IRAN














    ... Xixixixixixixi :-P


    BalasHapus
    Balasan
    1. ...hadiiiiiiir Ntung












      ... Xixixixixixixi :-P

      Hapus
  29. PT.PAL jauh lebih bmaju karena sudah banyak (kurang lebih 350kapal) membangun kapal2 dgn tonase besar spt Tanker,SSV,lpd,tugboat dllnya

    BalasHapus
  30. ijin om barat, gaes cekidot...yg blum selesai maren, nampaknya masi memanas di sebelah haha!πŸ˜€πŸ˜€πŸ˜€

    guwe cmn mo kasi masukan, spy gak pada naek tensilah okeh ocehπŸ‘ŒπŸ‘ŒπŸ‘Œ
    -------------
    berawal dari ini:
    Hi,hi,hi..yakinnya PAL pasti dapet lagi. Lihat pay kewajiban harus satu dibangunin disana. Nah yg bisa nyalib tuh Austal. Mereka udah punya Shipyard disana.

    https://news.usni.org/2018/07/16/35097

    Walaupun nyebutnya fast transport..tapi intinya sudah kemampuan LPD..bisa angkut MBT lho..Dan bisa langsung merapatt ke pelabuhan kecil, rool on roof off capabilities. Inget lho, ketika tuh Korea bikin dasar design Makasar, intinya juga ngembangin dari design kapal Feri.

    He,he,he...janganlah so' yakin PAL bisa dapet krn 'hanya' murah. Lah Austal yg udah punyanya fasilitas disana bisa nelikung..krn mereka bisa buat dua2nya disana..
    Bawa dari posisi Pinoy, kalau Austal bisa kasih jaminan ke Dua 'LPD' bisa dibuat di Shipyard Austal dgn dasar design 'Fast Feri' yg juga Austal Pinoy udah buat...he,he..mendingan Pinoy ngerjain dalam negeri dong..he,he..

    BalasHapus
    Balasan
    1. klo mo maen2 ama om barat harus pake data & link, klo gak gasrok ente gaes haha!🀠🀠🀠

      buat om barat yg gigih bgt, sebaiknya baca dulu kemampuan galangan kapal, kerna dari fakta yg guwe dapat sperti ini:

      pertamaks:
      Philippines - Balamban, Cebu

      Austal’s Philippines shipbuilding and support facilities opened in January 2013. Located in Balamban on Cebu, in the Philippines, Austal Philippines has modern, extensive facilities to cater for custom commercial ferry, offshore and windfarm vessel construction, servicing and sustainment.

      Land Area : 76,000m²
      Assembly Bays:
      Bay 1 60m long x 20m wide x 19.6m high
      Bay 2 60m long x 20m wide x 19.6m high
      Workshops:
      CAD plasma cutting facility
      Outfit area
      Pipe and engineering workshop
      Paint shop
      Overhead cranes
      Management and project offices
      Slipway
      Maximum 1000 tonnes
      Maximum length 80m
      Maximum beam 20m
      Repairs 80m x 80m: 3000 tonnes
      Berthing Mooring up to 80m
      Full cranage facilities
      Support facilities

      link fasilitas austal cekidot:

      https://www.austal.com/production-facilities

      Hapus
    2. keduax: Expeditionary Fast Transport (EPF)
      United States of America – Mobile, Alabama
      punya speknya seperti ini:

      Type: Expeditionary Fast Transport
      Tonnage: 1,515 tonnes
      Length: 103.0 m (337 ft 11 in)
      Beam: 28.5 m (93 ft 6 in)
      Draft: 3.83 m (12 ft 7 in)

      harganya pon tak murah +/-$220juta dolar /perbijik.
      kerajaan oman yg punya kembarannya mininya pon masi harus menebus $125 juta dolar untuk ukuran panjang 72meter.

      dari sini guwe mao kasi inpo juga, bahwa galangan kapal di austal filipin blom mampu membuat kapal kesayangan om barat ituw, dikarenakan kapasitas ukurannya aja gak nyampe okeh ocehπŸ‘ŒπŸ‘ŒπŸ‘Œ

      pabrikan kapal eft smua dilakukan di pabrik austal alabama, sila baca link dibawah, ada kontrak oman disitu jugak haha!πŸ‘πŸ‘πŸ‘

      " Austal manufactures the 103-metre EPF at its shipyard in Mobile, Alabama."
      https://www.austal.com/news/austal-delivers-first-high-speed-support-vessel

      austal ini py bbrp galangan kapal tersebar, namun rata2 gak gde klo guwe liat di link fasilitas diatas ituw haha!πŸ‘†πŸ‘†πŸ‘†

      LCS yg dikenal rancangan mereka pon, tak dibangun digalangan sendiri, melainkan tp pake py rekanan. beritanya uda guwe sebut bbrp bulan utk kontes frigat amrik, begitchu haha!😎😎😎

      Hapus
    3. Lha justru ane bertanya....mana link desain LPD milik asutal yg mo dikutin tender LPD di filipina, jangan dibolak-bolak πŸ™†πŸ™†πŸ™†

      Hapus
    4. persyaratan proyek Landing Dock ituw sperti ini:
      "“The DND/AFP, sealed bids for the Acquisition of Two (2) units New Construction Landing Docks Vessels with Four (4) units Landing Craft Utility (LCU) and Four (4) units Rigid Hull Inflatable Boat (RHIB) with Integrated Logistics Support (ILS) for the Philippine Navy. Delivery of Goods or the contract duration should not be later than 1,095 calendar days as per Bidding Documents. Similar contract shall refer to the construction and delivery of Military Vessel with a minimum gross tonnage of 7,000 tons,” the DND said in its invitation to bid."

      -------------------------------

      mintanya kapal 7000 ton loh om barat, klo dibanding EFT silakan bayangin aja haha!😝😝😝

      lalu dari segi disain yg katamaran, gimana masukin 4 bijik LCU ato MPAC, 32 ton klo kate om max disebelah haha!🧐🧐🧐

      klo dari: segi harga, fasilitas bangun kapal dan disain aja gak memenuhi syarat gimana donk om barat? puter2 euy haha!πŸ™ƒπŸ™ƒπŸ™ƒ

      Hapus
    5. duuuhh sabar donk om smiling, nyelip aja haha!🀣🀣🀣

      Hapus
    6. 2 biji LCU lay....masing 2 utk 2 LPD πŸ€—

      Hapus
    7. nach klo om barat nanya siapa patner pt pal disana? kan uda maren2 guwe kasi gosipannya masa gak nyimak haha!😱😱😱

      "abis ngecek2, ternyata galangan kapal di subic itu adalah milik Hanjin Heavy Industries and Construction's Shipyard(HHIC)
      masa iyak, teotenya ke raksasa koryo jugak, hadeuhh aya2 wae ini haha!πŸ˜…πŸ˜…πŸ˜…

      https://1.bp.blogspot.com/-1pmV6XMUokQ/XQdwGEL8w9I/AAAAAAAAGg8/TdIUXjX3eLgSSmGVnXap5lPTMBIzuqUIQCLcBGAs/s1600/hhic-phil.99af61.jpg"

      https://defense-studies.blogspot.com/2019/06/philippines-opens-landing-dock.html

      Hapus
    8. Nyelip gemenong....dari kemarin itu yg ane tanyakan diawal, tapi jawabnya selalu lari dari pertanyaan dg komen yg panjangxlebar yg bikin pusing pembacanya πŸ™†

      Maka ane sempat komen...jawabannya ngelantur

      Hapus
    9. ihh om smiling brisiik yg nulis kan mereka, dnd atawa kemhan filipin haha!

      klo yg guwe tau mach, 2 lcu, 2 lcvp. ituloh yg nempel disamping port/starboard haha!πŸ€“πŸ€“πŸ€“

      Hapus
    10. siapakah HHIC ituw? dan kenapa ada gosip ke arah sana?

      mereka adalah pengelola galangan kapal raksasa, pembuat kapal tanker VLCC yg konon diambil alih pemerintah filipin tahun ini.

      galangan kapalnya dasyat, punya dok raksasa buat bikin kapal kapasitas 220.000-450.000 DWT

      jadi klo skedar buat 7000 mach gak berasa buat galangan kapal yg py pekerja diatas 20 ribu org ini, hore haha!πŸ’ͺπŸ’ͺπŸ’ͺ

      http://www.hhic-phil.com/aboutus/shipyard1.aspx

      kerna uda diambil alih pemerintah filipin, maka calon pemenang tender berikutnya uda pasti wajib kerjasama ama galangan kapal ini, okeh oceh donk om barat? haha!🀣🀣🀣

      Hapus
    11. Tapi apa iya kalo LCU seberat 62 ton (dan sebesar itu) bakal dihandling pake craddle, dikedua sisi kapal...mana hullnya dari luminium lagi πŸ€”

      Hapus
    12. klo di LPD LCVP yg kerek om smiling, LCUnya mah tetep dari buntut kapal haha!πŸ˜‹πŸ˜‹πŸ˜‹

      moga2 penjelasan guwe, mnutup reli2 panjang tersobut, kan bosen jugak pada jahil antar sesama netijen haha!😜😜😜

      Hapus
    13. Iya gue tauk....gue nanya konsepnya @antek barat 😏

      Hapus
    14. Ane bukan mo jahil lay, kemarin tiap ane replai beliau, selalu dikonter dg memasukkan komen orang lain, seolah-olah sebagai komenan ane....kan butek jadinya🀦🀦🀦

      Hapus
    15. makanya ajak2 kongkow2 donk sambil makan fisank haha!🍌🍌🍌

      Hapus
    16. Tuh dibawah πŸ‘‡πŸ» panjang lebar...tapi ga pernah bawa desain yg bakal dimajuin πŸ™†πŸ™†πŸ™†

      Hapus
    17. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
    18. Jadi inget bambang πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚

      Hapus
  31. Lihat mock up OPV PT PAL diatas kok jadi keinget KDB Daruttaqwa ama KRI Rigel ya? Apa ini hanya kebetulan ataukah nganu.....

    BalasHapus
    Balasan
    1. gurunya kan luursen haha!😜😜😜

      Hapus
    2. Nganu sopo mas....ijeh esuk kok wes arep nganu, bar dines malem yooo πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚

      Hapus
    3. Bar isuk mau mari ketemu nganu sing gurih πŸ˜…

      Hapus
  32. https://www-upi-com.cdn.ampproject.org/v/s/www.upi.com/amp/Defense-News/2019/03/04/Austal-to-modify-bow-section-engineering-on-two-Navy-EPF-vessels/3941551720542/?amp_js_v=a2&amp_gsa=1&usqp=mq331AQA#referrer=https%3A%2F%2Fwww.google.com&amp_tf=From%20%251%24s&ampshare=https%3A%2F%2Fwww.upi.com%2FDefense-News%2F2019%2F03%2F04%2FAustal-to-modify-bow-section-engineering-on-two-Navy-EPF-vessels%2F3941551720542%2F

    Lah..
    1. Design EPF itu bisa dibuat untuk punya kemampuan mirip dg LPD itu yg kemarin ane tulisin..Dan banyak yg NYOLOT duluan. Apa itu yg menang atau ngk terserah Filipin Navy. Tapi design EPF emang Ada kekurangan dari design LPD konven..tapi Ada kelebihannya..yg jelas EPF bisa cocok untuk kepentingan kepulauan atau internal sea line.
    2. Lihat dong Dan baca dasar tender yg diminta..Ada dasar utama diluar specs..harus dibuat minimal satu di Filipin..lah PAL udah punya partner siapa ? Galangan kapal Filipin yg gede itu punyanya orang luar semua..punyanya Damen..punyanya Hanjin..punyanya Austal..PAL untuk MRSS Malaysia udah partneran sama Boulstead (plg ngk itu yg diomongin PAL)..Jadi udah punya partner dg galangan yg cukup..kalau mau making di Filipin harus punya Partner yg bisa diandalin..kalau ngk ongkos bengkak..yg Ada buntung..
    3. Dari Hal diatas intinya jgn anggap PAL pasti menang krn masalah 'cost' aja..krn Filipino dasar utama 'politisnya' mau bikin di dalam negeri.
    4. Soal harga..he,he..kualitas macam Austal yah bisa bikin harga Mercy..bisa bikin harga Xenia..
    Lihatlah APA yg dilakukan mereka di fasilitasnya di Cebu. Bikin Fery disana agar cost'nya bisa lebih murah..Dan specs yah terserah yg mesen..
    Ingat lho..LPD PAL dasarnya design Daesun yg dibuat oleh DaeSun ngembangin design Feri' mereka. Jadi jgn ngeremehin orang yg bikin Feri ngk bisa bikin LPD.

    Ini baru ngomongin Austal yg bisa nyalip ditikungan..belum lagi potensi satu lagi yaitu Damen.
    Yang jelas dua2nya punyanya kelebihan dari PAL..punyanya shipyard disana.

    Soal specs..he,he..Ini specs awal..gini deh..makane Ane bilang jangan jadi Kodok ditempurung..lihat forum dan media luar..bisa kelihatan gimana Filipin itu kalau bikin tender..bisa berulang ulang..dg specs yg berubah-ubah..lah ente udah yakin Ini tender bakalan tetap jalan satu Kali..dg specs yg ngk diubah ubah ? Historis tender di Filipin ngk bilang gitu lho..he,he..

    Kembali inti utama argumen ane (yg ente2 ributin krn masalah Austal aja..ngk baca dasar utamanya)..Harus dibuat di dalam negeri. Filipin mau Ada yg 'made in Philippines'..

    Lihat lah itu video dari Philmarine 2019..pas diseberang booth PAL Ada Booth Austal yg nunjukin produk Fast Feri mereka yg dibuat di Cebu. Ini pameran untuk Philippines Navy..ngapain Austal nunjukin produk Civilian Feri' ke Philipines Navy..kalau ngk mereka nunjukin potensinya untuk dimajukan 'as Multipurpose vessels'..

    PAL selain bawa LPD juga bawa OPV..tapi jangan lupa Austal udah maju juga dg OPV mereka yg dibuat di Cebu.

    Kembali ini baru omongin Austal sebagai pesaing..belum lagi ngomongin Damen..

    Ente2 makanya lihat Dan baca yg bener inti dari Tender mereka..
    'emphasis to made in Philipines'
    Austal, Damen (Dan potensi Mitsui kalau mereka jadi ambil alih shipyard Hanjin di Filipin)..bisa maju dg argumen 'made in Philippines'..

    Pal bisa ngk ?..udah punya ngk Partner dg galangan gede di Filipin?

    Weleh..weleh..Ini permainan International trading..PAL baru sekali berhasil jualan Naval Vessel ke luar negeri.. skrn berhadapan dengan potensi Dua pemain Global dalam Naval Vessel..yg punta galangan kapal di Philipines..dg tenaga kerja Filipino..

    Kalau Ini untuk Indonesia dg ketentuan ToT..emangnya ente milih yg Mana..buatan luar..atau buatan Batam (walaupun yg dari Batam pemiliknya Singapore)..

    Jangan Soo yakin ahhh dulu..he,he..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ini bukan bicara menang-kalah lay, tapi mana desain austal yg bakal diajuin sesuai spesifikasi yg diminta pilipina....mengingat tender segera dibuka dan timeframe penyerahannya pun sudah ditentukan, itu saja 🀷

      Hapus
    2. HHIC itu Pinoy maunya diambil alih Mitsui..Pinoy ngomongnya aja ngambil alih sama pemerintahnya..udah Ada duit masuk atau baru omongin doang ?

      Makanya Ini semua Ada kepentingan Pinoy untuk masukin Investor ke industries shipyard'nya mereka..

      PAL mau investasi shipyard disana ?..kalau mau baru kesempatan menangnya Naik..

      Jangan baca Maxdefense aja lah..get lihat loe2 pada cuma lihat kesana..lihat dasar politis mereka yg lain.. Maxdefense anti pemerintahan yg sekarang..makanya belum tentu bisa baca arah politis Philipines..

      Hapus
    3. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
    4. Iyaaaa, terserah pendapat sampeyan....tapi desain austal yg bakal dimajuinnya mana bambaaaaaang πŸ™†πŸ™†πŸ™†

      Hapus
    5. Halah..kembali..lihat historis tender Filipin..lihat mereka itu suka rubah2 specs Dan tender bisa berulang ulang..ente yakin Ini ngk akan kejadian kaya gitu lagi..?

      Hapus
    6. Kok malah nanya yg lain....desainnya austal aja dulu bambaaaaang πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚

      Hapus
    7. Mumet endase...
      Lain yg ditanya, lain pula yg dijawab!

      Hapus
    8. Heleh..Kan udah gw bilang baca yg terirat..di Philmarine mereka bawa Fast Feri mereka untuk ke pameran yg utamanya ke Phil Navy..

      Mereka ngapain bawa Feri' Sipil kecuali until nunjukin potensinya sebagai multi purpose vessel..?

      Ini Filipin yg punya historis ngerubah ubah specs Dan tender berulang..jangan Soo yakin ngk bakalan kejadian terulang..

      Kembali ini baru tahap awal..Austal udah maju di Philmarine (emang tujuan utama untuk OPV tapi juga bawa 'multipurpose vessel'..

      Lah,lah..ente2 cuma fixiate sama satu Hal..ngk bisa lihat gambaran besarnya..
      Harus made in Philipines' gitu lho..

      Hapus
    9. Dasar bambang πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚

      Hapus
    10. Hadeh..susah deh..pade ngk ngerti mainan procurement international..ngo mau bawa historis Gaya main Philipines..

      Dan Kan lihat..Austal mau ajuin desain Fast Feri' mereka sebagai multi purpose vessels..
      Dgn argumen made in Philippines..dg kemampuan yg mirip LPD..dg lobi mereka..dg historis Pinoy yg ngetibah ubah tender..

      Ente2 yakin Ini NFL bisa diubah ?

      Ini Damen belum kelihatan main lho..

      Terserahlah lihat aja yg muncul nanti kaya' apa dari tender Ini..he,he..

      Hapus
    11. Karena ane kagak ngerti makanya nanya....desain austal yg sesuai spesifikasi yg diminta filipinanya yg mana 😢

      Hapus
    12. Pinoy mau beli dari Damen..? anggarannya terbatas bro, mereka masih memerlukan kuantitas dari pada kualitas..kita lihat saja tendernya nanti toh SSV PT.PAL standart sertifikasinya sudah dari Llyod Register (LR) dr inggris .Semua kapal TNI AL diatas 60m wajib serifikasi LR.

      Hapus
    13. Dan ane Kan udah bilang dari Philmarine mereka maju dg design Fast Feri' mereka yg dibuat di Cebu.
      Design LPD kaya' PAL juga dasarnya design Feti dari Daesun yg dimodified sama DaeSun.

      Ente bisa bilang ngk sesuai sama specs tender..
      Ane juga bilang..lihat historis tender defense Filipin..bisa berulang ulang..dg specs yg diubah ubah..

      Kembali inti dasar tender bukan di specs..tapi 'made in Philippines'..

      Hapus
    14. Ya kalo sudah ada desainnya bisa ditunjukkan dong....desainnya mereka, bukan opini sampeyan lay 🀷

      Hapus
    15. Gini lho..Damen Dan Austal punyanya fasilitas di Philipines until tender2 dimana cost gapangan mereka di Eropa, Australia atau USA ngk akan masuk..

      Alias galangan di Philipines untuk produkmurah mereka..kalau ngk ngapain mereka buat galangan disana.

      Jgn lihat hanya cost dari barang mereka dari Australia, Eropa, atau US..krn mereka akan maju dari galangan Philipines mereka.

      Tapi kembali..dasar utama tender meteka udah kelihatan Ada maksud politis..'made in Philippines'..
      Apa bedanya dg ketentuan ToT disini..

      Kalau PAL udah punta partner disana dg galangan yg besar (seperti partneran dg Boulstead until MRDS Malaysia)..bolehlah baru keyakinan ente bisa dinaikin..

      Cari Partner ngk gampang lho..salah partner cost bisa bengkak..

      Hapus
    16. Enggak sayah soal itu, taunya cuma nanya...mana desain austal yg mau diajuin πŸ˜ͺ

      Hapus
    17. Lah Kita tunggu aja perkemba gan proyek Ini..
      Saat Ini yg resmi ngajuin emang PAL..krn mereka bawa design dari yg udah dipake..

      Tapi tender belum tutup..historis Philipines nunjukin tender bisa berulang..

      PAL udah ngajuin design..tapi belum juga resmi masuk tender..krn mereka juga belum nunjukin gimana harus buat di galangan Philipines..(belum Ada partner kok disana).

      Tapi Austal udah maju di Philmarine dg Fast Feri' mereka yg made in Cebu..ngk akan jauh2 lah dati APA yg mereka buat di Cebu.

      Ente bisa bilang itu EPF design..yg ngk sesuai dg Specs..
      And bilang..tapi 'made in Philipines'..Dan punta kemampuan mirip LPD..lihat lah apa yg mereka modified dari EPF dari link diatas..

      Inget.. Philipines punyanya historis tender berulang dg specs yg berubah..
      PSL mungkin punya specs..tapi belum punya syarat utama.. partner di Philipines yg bisa bikin LPD disana.

      Hapus
    18. Poinnya ialah...
      bagaiman desain lpd austal yg "biplane-alumunium hull" bisa menandingi "perfoma dan biaya" desain lpd konvensional "monoplane-steel hull" yg ditawarkan trio : damen, korea dan pal, sesuai kebutuhan al filipina 🀷

      Udah...bahasan utamanya itu dulu, kalo misal austal&damen punya galangan di sana, anggap saja sbg keuntungan tambahan

      Hapus
    19. Kan ane udah bilang sebelumnya Ada kekurangan Ada kelebihan..
      Baca dong link yg ane tulis diatas. Dari situ udah kelihatan apa kelebihan dari double hull..

      Udah deh..ente cuma mikirin specs..tapi ngk mikirin faktor lain dari tender yaitu 'made in Philippines'..

      Ente2 cuma NYOLOT sama and ktn ngk terima kalo PAL bisa kalah dari Austal krn faktor Made in Philippines..

      Kita lihat aja siapa yg resmi maju..PAL aja baru ngelihatin design Dan belum resmi maju..krn Ane yakin mereka lagi ngitung gimana bisa bikin disana..

      Hapus
    20. "Ente cuma mikirin specs...???"

      Itu jelas diatas ☝️🏻 gue tulis faktor "perfoma dan biaya yg disesuaikan dg spek" 🀷

      Dan gak ada komen gue yg nyebut2 "ngk terima kalo PAL bisa kalah dari Austal" πŸ™†πŸ™†πŸ™†

      Coba tunjukkan dimana gue komen begitu πŸ•΅️

      Hapus
    21. reli panjang bak pertanyaan pada saksi TKN yang dipanggil beberapa hari lalu.


      mas hari tanya, "mas antek barat, austal semisal ngikut tender LPD pinoy desainnya mana ?"

      antek ":$]-:(%]&;_<%%(_<]@]}:;$]?(%]]}"

      itu mas desainnya.

      kalaupun kalian megang salah satu tender sebagai pemenang loh itu terserah kalian.

      lha cuma, sebelum maju tendering kan harusnya udah ada gambaran barang yg cocok sama mintanya pelanggan.

      tulisan "minimal 1 kapal dibangun di pilipin" juga masi ngambang.
      mereka mau full ToT, apa bikinnya disana terus pekerjanya orang luar, apa cuma mbangun saja(kasus PKR).


      gini wes, monggo di posting komen yg nunjukin mana" aja yg mau maju tuh tender.


      antek barat tetlalu suka sama desainnya austal kali ya, doble hull
      dimari kan gaada, wkwkwk


      eh, entar aku dikatain nyolot.

      Hapus
    22. Bukan dobel hull om...tapi istilahe berlunas ganda/biplane, seje maning iku 🀷

      Hapus
    23. Makanya Philippines Ini punya historis yg buruk soal tender alat pertahanan..suka diulang2 Dan specs dirubah ubah.

      Can dari kemarin2 and cuma nunjukin..jika ngelihatin faktor tender jgn fokus sama specs aja..sama Filipin Ada juga faktor politisnya..Dan kelihatan di tender Ini faktor politisnya yah made in Philippines Ini..

      Ente bilang soal made in Philipines' Ini masih ngambang..
      He,he kalo lihat historis nya Philipines punyanya tender...semuanya bisa berubah..termasuk masalah Specs..

      Kita lihat aja Ini akhirnya Mana yg lebih kuat dimauin Philipines..faktor made in Philipines..atau faktor specs..

      Hapus
  33. He,he..tunggu aja jalannya tender..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Austal dan damen punya galangan disana tapi sdm pinoynya belum punya pengalaman yg cukup utk membuat ssv
      /lpd. PT.PAL masih bangun terus tuh ssv order dr TNIAL dan bukan masalah besar jika pinoy tidak beli dr Indo. kalah menang dalam tender adalah hal yg biasa...He..he..he

      Hapus
    2. Gini deh..
      Ada Dua faktor utama dari Tender LPD Ini:
      1. Specs,
      2. Made in Philipines'

      Dari Komen and sebelumnya and udah bilang jangan mikirin specs aja tapi mikirin faktor yg satu lagi.. Made in Philipines' itu..

      Austal (dan juga Damen) bisa menang dari faktor made in Philipines' (kalau maju)..
      PAL unggul di cost kalau buat dari sini..tapi belum punya partneran disana jadi belum bisa ngomongin made in Philipines' faktor..

      Itu yg gw tekanin dari kemarin2..tapi biasa disini udah Ada yg NYOLOT..he,he..

      Ane cuma bilang jangan yakin bisa menang hanya dari masalah cost..krn Ada yg bisa nyalip dari faktor 'made in Philipines'..

      Kecuali kalo Pinoy ganti tender..Dan rubah aturan..yg kalo lihat historis tender2 defense Pinoy..yah bisa aja..

      Hapus
    3. Pinoi gak mau kapal buatan manapun .pinoi hanya mau kapal murah meriah made in malon + balon koneng

      Hapus
    4. Spesifikasi juga menyangkut cost donk bro..kalau "made in philipines" hanya menyangkut nasional pride (samalah spt Indo) dan itu juga ada resiko jika ternyata sdm mereka belum mampu dan tidak memiliki pengalaman membuat kapal up to 10.000 ton ...😊

      Hapus
    5. https://en.m.wikipedia.org/wiki/Hanjin_Heavy_Industries_and_Construction_Philippines

      Hanjin shipyard di Subic itu udah bikin Bulk Carrier sampai 200 ribuan ton Dan Crude Oil Tankers VLCC sampai 300 ribuan ton.

      Tapi itu Hanjin Shipyard yg skrg lagi masalah keuangan gara2 kalah bersaing dg Chinese Shipyard.

      Soal SDM untuk buat mereka bisa..yg dicari sama mereka skrg siapa yg mau kasih design untuk buat disana..

      Kembali..kecuali aturan tender 'made in Philippines' dirubah..PAL harus Cari partner yg bisa dikasih ToT sama PAL..kaya' dulu DaeSun dg PAL.

      Austal Dan Damen udah punya Shipyard disana..tinggal lihat yg akhirnya maju resmi ke Tender Ini siapa aja..

      Hapus
  34. Well I think Indonesia should revise the design and I think that is not good for Philipine.

    In order to achieve better marketing, my advise to Indonesia is to learn more in advancement in designing maintenance and support which is for now scarce for Indonesian shipbuilding.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahaaa.. Malon hantar cakap apa pon tak rubah reality malays paling teruk sekawasan secara aset ekonomi dan IQ... Beruk malays panas...🌑🌑🌑🌑🌑πŸ”₯πŸ”₯πŸ”₯πŸ”₯πŸ”₯

      πŸ΅πŸ΅πŸ΅πŸ΅πŸ΅πŸ’πŸ’πŸ’πŸŒπŸŒπŸŒπŸŒπŸŒ

      Hapus
    2. Cakap sembang,malon bina apa2pun tak boleh,Malon cakap jaguh dan mendunia tapi tin kosong😁😁😁

      Hapus
    3. Ya pinoi tak tertarik buatan indo gara2 balonya gak ada , lebih baik produk malon kapal kongkek 2055

      Hapus
    4. MALON ngajarin kita desain yg baik, STRIDE aja bikin mock up light tank kotak kotak macam peti mati saja

      Hapus
  35. SEBUAH bot nelayan tempatan didakwa dirempuh sebelum ditahan kapal Pengawas Perikanan Indonesia di kedudukan 37.4 batu nautika tenggara Pulau Jarak, Lumut, iaitu tujuh batu nautika dari garisan sempadan kedua-dua negara, hari ini.


    Ape bodoh indogs ni..nk tangkp punya pasal masuk perairan orang haha tolol xhbis2

    BalasHapus
    Balasan
    1. Truk izusu mu kuat angkut leopard 2 RI tak..😁😁😁

      Hapus
    2. Truk izusu xkavir cuma buat mesum aja om biar lambat sasal bisa goyang2,tapi setau saya xkavir itu tukang tambal ban

      Hapus
    3. Sebelum boat nelayan ko masuk wilayah ko terlebih dahulu ia curi ikan di laut Indonesia,paham tak ko tuh lon

      Hapus
    4. Percuma diberi tau om pit mereka gak akan peduli itu sampai kapanpun pimpinan negara ,aparat dan masyarakat malonsial cuma bikin kotor kawasan asia

      Hapus
    5. Ibarat kata ini pembalasan, dahulu kalian sempat menangkap petugas KKP. Sekarang KKP sdh diperkuat bukan seperti KKP yang dahulu

      Hapus
  36. Pengarah Agensi Penguatkuasaan Maritim Malaysia (APMM) Perak, Kepten Maritim Wan Mat Wan Abdullah berkata, pihaknya menerima aduan sebuah kapal penguat kuasa Indonesia dilaporkan bertindak ganas dengan merempuh bot nelayan tempatan.


    Dasar kaum gasar..masuk perairan orang rempuh2 haha..nasib aja tidak di bom

    BalasHapus
    Balasan
    1. APMM di ayam ayam kan KKP... Hiba minta lepas satu bot pencuri berbendera malays tak dapat... KKP tetap tegas bawa ke medan, sekarang 17 bot pencuri itu kena mahkamah di medan...😁😁

      APMM pondan boleh ambil dalam bentuk rumpon....😁😁😁

      Hapus
    2. Apmm hntr bot kecil aja haha

      Hapus
    3. Itu karna aset teruk malays lagi miskin... APMM hantar bot kecik tak guna... Otak askar malon pon cc kecik lagi..😁😁

      Hapus
    4. Apmm memang gak punya bot besar karna gak bisa beli,trus lu mau ngebom bakamla emang punya uang bwt beli bom? Apa kau mau pake rudal kau yang loyo tuh kebanyakan buat konGKEk spmm

      Hapus
    5. APMM Malon diayam2kan KKP indonesia yg bkn army force😁😁😁😁

      Hapus
    6. APMM are real weak sissy and TLDM are another weak sissy too

      Hapus
  37. Menurutnya, sepanjang rundingan berkenaan, kru KP Orca 02 menyatakan mereka tidak selesa berada dalam perairan Malaysia, oleh itu mereka akan menarik bot nelayan tempatan ke sempadan sehingga rundingan selesai.


    Masuk perairan orang memang lah xselesa..apmm hntr speed boat je haha

    BalasHapus
    Balasan
    1. 17 boat malays pon sebagian kena ledak menteri susi... Sila malon ambil bot dalam bentuk rumpon..😁😁😁

      Hapus
    2. Xkavir alih profesi dari tukang sapu di izuzu lalu jadi tukang bual cerita besok jadi jago melancap kat pinggir jalan raya

      Hapus
    3. APMM guna boat atau guna kapal besar pun tetap diayam2kan KKP Indonesia yg bkn army force😁😁😁

      Hapus
    4. APMM are real weak sissy and TLDM are another weak sissy too

      Hapus
  38. Menurutnya, pihaknya kesal dengan kejadian berlaku dan tidak menyangka penguat kuasa negara jiran itu bertindak melampaui undang-undang negara dan antarabangsa serta tidak menghiraukan keselamatan serta nyawa nelayan.

    Kesal banget..kalau bot nelayan ceroboh perairan dimaklumi..ini penguatkuasa sendiri ikut ceroboh..so shameful indogs

    BalasHapus
    Balasan
    1. Atas pencerobohan 2 bot APMM... Segera KKP layangkan nota protes ke malays konkek...😁😁😁

      Hapus
    2. Sebelum boat nelayan ko masuk wilayah laut ko terlebih dahulu boat nelayan ko tuh curi ikan di laut IndonesiaπŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚

      Hapus
    3. Yang terpenting dari yang penting adalah APMM gagal menyelamatkan kapal nelayan MALINGSIALAN cuma hanya bisa action sahaja.

      Hapus
  39. Nak tangkap bot nelayan yang ceroboh bia tangkap dalam perairan indogs la tolol..nelayan indogs tolol..tni al tolol..kkp tolol bakamla tolol

    BalasHapus
    Balasan
    1. APMM mengaku salah dan meminta maaf kepada bakamla.. Bodohnya APMM itu yg tangkap KKP... Dasar malays begar..😁

      Malays sembang babi pon diklaim malays...😁😁

      Hapus
    2. Apmm dan xkavir tolol tiada terpisah kebanyakan kongkek ma jilat dubor china

      Hapus
    3. APMM diayam2kan KKP Indonesia yg bkn army force😁😁😁

      Hapus
    4. Kapal KKP Orca 02 besar,small boat apmm mana berani tangkap HAHAHAHA...kapan2 KKP kita boleh tangkap boat di Lumut naval base lah..

      Hapus
    5. Jangan hanya asset small boat APMM di Lumut naval base. Seluruh asset militer MALON di Sabah dan Sarawak kita gasak semua

      Hapus
  40. Hahaaa.. Malon hantar cakap apa pon tak rubah reality malays paling teruk sekawasan secara aset ekonomi dan IQ... Beruk malays panas...🌑🌑🌑🌑🌑πŸ”₯πŸ”₯πŸ”₯πŸ”₯πŸ”₯

    πŸ΅πŸ΅πŸ΅πŸ΅πŸ΅πŸ’πŸ’πŸ’πŸŒπŸŒπŸŒπŸŒπŸŒ

    BalasHapus
  41. Xavier maha gempur unknown berjuang konkek kat sini demi kejayaan umno dan najib... Cakap sembang babi najib pon boleh terbang...😁😁😁


    Saking strugle nya ada satu beruk klaim orang dalam kilang isuzu. Katanya samping deftech... Bual malays sudah mendunia...😁😁😁

    BalasHapus
  42. Numpang ya min ^^


    Cobalah bermain di server baru 1G Poker hanya di kenaripoker . com!
    Bonus New Member bervariasi bossku, bossku tinggal pilih saja bonusnya!!!
    Proses deposit dan withdraw tidak basa basi langsung tinggal proses dan main saja bosku,
    dicoba keberuntungan kamu sekarang juga hanya di kenaripoker . com!

    WHATSAPP : +855966139323
    BBM : KENARI00
    LIVE CHAT : KENARIPOKER . COM
    ALTERNATIVE LINK : KENARIPOKER . COM

    BalasHapus
    Balasan
    1. Boleh aja cindy....tapi nanti ganti ditumpangi rame-rame πŸ˜‹

      Hapus
  43. buruknya bentuk replika kapal dia...... macam KOTAK...WKwkwkwkwkwkwkw

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yang buruk otak mu kotak kotak... Fikiran mu abstrak cem labirin..😁😁

      Hapus
    2. Jauh lebih buruk lagi design muka mu, masih jauh lebih baik muka mr. Os

      Hapus
  44. Saya sangat bersyukur kepada Ibu Fraanca Smith karena telah memberi saya
    pinjaman sebesar Rp900.000.000,00 saya telah berhutang selama
    bertahun-tahun sehingga saya mencari pinjaman dengan sejarah kredit nol dan
    saya telah ke banyak rumah keuangan untuk meminta bantuan namun semua
    menolak saya karena rasio hutang saya yang tinggi dan sejarah kredit rendah
    yang saya cari di internet dan tidak pernah menyerah saya membaca dan
    belajar tentang Franca Smith di salah satu blog saya menghubungi franca
    smith konsultan kredit via email:(francasmithloancompany@gmail.com) dengan
    keyakinan bahwa pinjaman saya diberikan pada awal tahun ini tahun dan
    harapan datang lagi, kemudian saya menyadari bahwa tidak semua perusahaan
    pinjaman di blog benar-benar palsu karena semua hautang finansial saya
    telah diselesaikan, sekarang saya )  memiliki nilai yang sangat besar danusaha bisnis yang patut ditiru, saya tidak dapat mempertahankan ini untuk
    diri saya jadi saya harus memulai dengan membagikan kesaksian perubahan
    hidup ini yang dapat Anda hubungi Ibu franca Smith via email:(
    francasmithloancompany@gmail.com)

    BalasHapus
  45. Nama saya CORINA ALVARADO, saya dari Filipina dan saya tinggal di kota dipolog. Saya ingin menggunakan kesempatan ini untuk menulis kepada orang-orang yang membutuhkan pinjaman di internet bahwa jika Anda memerlukan pinjaman nyata dan sah, ibu karina roland adalah perusahaan yang tepat untuk diterapkan dari saya ditipu oleh 2 perusahaan saya mengajukan permohonan untuk pinjaman dari dan karina roland adalah perusahaan ketiga yang saya lamar dari saya menerima pinjaman saya dari karina roland perusahaan pinjaman dalam waktu kurang dari 6 jam seperti yang dikatakan perusahaan kepada saya, jadi siapa pun yang membutuhkan pinjaman online tanpa scammed harus mengajukan permohonan dari karina roland dan menjadi yakinlah bahwa Anda akan senang dengan perusahaan ini. Anda hanya dapat menghubungi perusahaan ini melalui whatsapp +1 (312) 8721-592 atau email karinarolandloancompany@gmail.com. Salam kepada siapa pun yang membaca pesan ini di seluruh dunia. Anda dapat menghubungi saya melalui email untuk informasi lebih lanjut (alvaradocorina7@gmail.com)

    BalasHapus
  46. KABAR BAIK !!! KABAR BAIK !!! KABAR BAIK!!!

    Halo semua, nama saya Mrs. Arya Theresia, saya dari Indonesia, saya ingin menggunakan media ini untuk membagikan kesaksian saya tentang bagaimana saya mendapatkan pinjaman dari MRS CHRISTY MORRIS LOAN FIRM karena begitu banyak pemberi pinjaman kredit palsu di sini di internet dan juga untuk memberi tahu Anda bahwa saya adalah korban penipu internet berkali-kali, jadi saya tidak kehilangan harapan sampai saya dirujuk oleh seorang teman ke pemberi pinjaman terpercaya bernama MRS. CHRISTY MORRIS yang meminjamkan pinjaman tanpa jaminan sebesar Rp850.000,0000 dalam waktu kurang dari 48 jam tanpa tekanan, saya sarankan CHRISTY MORRIS LOAN FIRM adalah yang terbaik dan saya berdoa Tuhan akan memberkati mereka dan menjaga bisnis mereka maju, Amin

    Jika Anda memerlukan bantuan tentang cara mendapatkan pinjaman, Anda dapat menghubungi saya melalui email: (aryatheresia750@gmail.com)

    Anda dapat menghubungi perusahaan secara langsung dengan pinjaman mereka
    Email: (christymorrisloanfirm@gmail.com)
    Terima kasih
    Arya Theresia

    BalasHapus
  47. Saya Suryanto dari Indonesia di Kota Palu, saya mencurahkan waktu saya di sini karena janji yang saya berikan kepada LADY ESTHER PATRICK yang kebetulan adalah Tuhan yang mengirim pemberi pinjaman online dan saya berdoa kepada TUHAN untuk dapat melihat posisi saya hari ini.

    Beberapa bulan yang lalu saya melihat komentar yang diposting oleh seorang wanita bernama Nurul Yudianto dan bagaimana dia telah scammed meminta pinjaman online, menurut dia sebelum ALLAH mengarahkannya ke tangan Mrs. ESTHER PATRICK. (ESTHERPATRICK83@GMAIL.COM)

    Saya memutuskan untuk menghubungi NURUL YUDIANTO untuk memastikan apakah itu benar dan untuk membimbing saya tentang cara mendapatkan pinjaman dari LADY ESTHER PATRICK, dia mengatakan kepada saya untuk menghubungi Lady. Saya bersikeras bahwa dia harus memberi tahu saya proses dan kriteria yang dia katakan sangat mudah. dari Mrs. ESTHER, yang perlu saya lakukan adalah menghubunginya, mengisi formulir untuk mengirim pengembalian, mengirim saya scan kartu identitas saya, kemudian mendaftar dengan perusahaan setelah itu saya akan mendapatkan pinjaman saya. . Lalu saya bertanya kepadanya bagaimana Anda mendapatkan pinjaman Anda? Dia menjawab bahwa hanya itu yang dia lakukan, yang sangat mengejutkan.

     Saya menghubungi Mrs ESTHER PATRICK dan saya mengikuti instruksi dengan hati-hati untuk saya, saya memenuhi persyaratan mereka dan pinjaman saya disetujui dengan sukses tetapi sebelum pinjaman dipindahkan ke akun saya, saya diminta membuat janji untuk membagikan kabar baik tentang Mrs. ESTHER PATRICK dan itulah mengapa Anda melihat posting ini hari ini untuk kejutan terbesar saya, saya menerima peringatan Rp350.000.000. jadi saya menyarankan semua orang yang mencari sumber tepercaya untuk mendapatkan pinjaman untuk menghubungi Mrs. ESTHER PATRICK melalui email: (estherpatrick83@gmail.com) untuk mendapatkan pinjaman yang dijamin, Anda juga dapat menghubungi saya di Email saya: (suryantosuryanto524@gmail.com)

    BalasHapus
  48. NAMA SAYA ........... RIKRIK BUDIANTI,
    NEGARA ............ INDONESIA
    KOTA ..................... BANDUNG, JAWA BARAT
    PINJAMAN PINJAMAN ...... Rp150.000.000,00
    EMAIL SAYA ........... rikrikbudianti27@gmail.com

    Kabar baik, kabar baik, kabar baik
    Nama saya RIKRIK BUDIANTI, warga negara Indonesia. Saya telah scammed oleh 3 pemberi pinjaman internasional yang berbeda di internet, semua setuju untuk memberi saya pinjaman, saya kehilangan uang yang saya peroleh dengan susah payah. Suatu hari, ketika menjelajah melalui internet dan tanpa daya saya menemukan kesaksian dari seorang wanita bernama EINNA FAIZ, yang juga ditipu oleh pemberi pinjaman kredit palsu, tetapi akhirnya dihubungkan dengan perusahaan pemberi pinjaman yang sah bernama KARINA ELENA ROLAND LOAN COMPANY di mana ia mendapatkan pinjamannya . Saya memutuskan untuk menghubungi perusahaan pinjaman yang sama dan kemudian menceritakan kepada mereka kisah saya tentang bagaimana saya dibohongi oleh 3 pemberi pinjaman yang berbeda. Saya menjelaskan kepada perusahaan melalui email dan mereka meyakinkan saya bahwa saya memberikan pinjaman di perusahaan dan juga mengatakan kepada saya bahwa saya telah membuat keputusan yang tepat untuk menghubungi mereka. Saya mengisi akun kredit dan menyimpan semua yang meminjam dari saya dan kepada Tuhan kemuliaan saya mendapat pinjaman sebesar Rp150.000.000 dari perusahaan besar ini, Dikelola oleh MRS. KARINA ROLAND, dan di sini saya sangat bermanfaat karena KARINA ELENA ROLAND LOAN COMPANY telah mengubah hidup saya, jadi saya berjanji pada diri sendiri bahwa saya akan terus bersaksi di internet tentang bagaimana saya mendapat pinjaman. Jadi, jika Anda membutuhkan pinjaman, Anda harus menghubungi KARINA ROLAND
    via atau whatsapp (karinarolandloancompany@gmail.com) +1585 708-3478 dan ikuti aturan, karena saya setuju Anda mendapatkan pinjaman dalam waktu kurang dari 24 jam. Anda masih dapat menghubungi saya melalui email jika Anda meminta bantuan tentang bagaimana saya mendapat pinjaman (rikrikbudianti27@gmail.com).

    PERUSAHAAN PINJAMAN ROLAND KARINA ELENA
    WHATSAPP ONLY ........ +1585 708-3478
    NAMA FACEBOOK ......... KARINA ELENA ROLAND
    EMAIL ......... KARINAROLANDLOANCOMPANY@GMAIL.COM

    BalasHapus