19 Juni 2019

Presiden Teken Perpres Pengadaan Alat Pertahanan-Keamanan Jangka Panjang

19 Juni 2019


Jenis alutsista untuk kontrak jangka panjang ditetapkan oleh KKIP (photo : Chris Cavas)

Jokowi Luncurkan Perpres Pengadaan Alat Pertahanan-Keamanan

Jakarta, Gesuri.id - Presiden Jokowi telah menandatangani Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 27 Tahun 2019 tentang Syarat dan Tata Cara Pengadaan Alat Peralatan Pertahanan dan Keamanan Produk Industri Pertahanan dengan Kontrak Jangka Panjang.

Hal itu untuk melaksanakan ketentuan Pasal 44 ayat (4) Undang-Undang Nomor 16 Tahun 2012 tentang Industri Pertahanan. Alat Peralatan Pertahanan dan Keamanan yang selanjutnya disebut Alpalhankam, menurut Perpres tersebut adalah segala alat perlengkapan untuk mendukung pertahanan negara serta keamanan dan ketertiban negara.

Disebutkan dalam Perpres tersebut, Industri Pertahanan menghasilkan Alpalhankam yang terdiri atas: 
a. alat utama sistem senjata; 
b. alat pendukung; dan 
c. alat perlengkapan.

“Pengadaan Alpalhankam sebagaimana dimaksud huruf a dilakukan dengan Kontrak Jangka Panjang,” bunyi Pasal 2 ayat (2) Perpres tersebut.

Sedangkan untuk pengadaan Alpalhankam sebagaimana dimaksud huruf b dan c, menurut Perpres ini, dilakukan dengan Kontrak Jangka Panjang jika memenuhi kriteria: a. digunakan sebagai alat material khusus Kepolisian Negara Republik Indonesia (Polri); dan b. digunakan sebagai alat utama dalam rangka melaksanakan tugas pokok kementerian dan/atau lembaga.

“Jenis produk Alpalhankam yang dilakukan dengan Kontrak Jangka Panjang ditetapkan oleh Ketua KKIP (Komite Kebijakan Industri Pertahanan) dengan mempertimbangkan usulan pengguna melalui mekanisme pengambilan keputusan KKIP,” bunyi Pasal 2 ayat (4).

Selain Alpalhankam, menurut Perpres ini, pengadaan Alpalhankam dapat dilakukan dengan Kontrak Jangka Panjang sepanjang memenuhi kriteria: 
a. proses produksi lebih dari 1 (satu) tahun; 
b. memenuhi persyaratan operasional; 
c. memiliki spesifikasi teknis sama selama kurun waktu 5 (lima) tahun atau lebih; dan/atau 
d. bernilai strategis sesuai kebutuhan pengguna.

Pengadaan

Pengadaan Alpalhankam dengan Kontrak Jangka Panjang, menurut Perpres ini, harus memenuhi persyaratan: 
a. tercantum dalam Rencana Induk Pemenuhan Kebutuhan Alpalhankam yang ditetapkan oleh Ketua KKIP; 
b. dilakukan oleh Menteri (yang menyelenggarakan urusan pemerintahan di bidang pertahanan), menteri, atau pimpinan lembaga; dan 
c. dapat diproduksi oleh Industri Pertahanan.

“Pengadaan Alpalhankam untuk pertahanan negara dilakukan oleh Menteri, pengadaan Alpalhankam untuk keamanan dan ketertiban masyarakat dilakukan oleh menteri, Kepala Kepolisian Negara Republik Indonesia (Kapolri), atau pimpinan lembaga sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan,” bunyi Pasal 5 ayat (2) Perpres ini.

Disebutkan dalam Perpres ini, pengadaan Alpalhankam dengan Kontrak Jangka Panjang dilakukan dalam bentuk: 
a. pengadaan barang pemerintah; atau 
b. penugasan pemerintah.

Pengadaan barang pemerintah sebagaimana dimaksud dengan huruf a dilaksanakan sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan. Sementara penugasan pemerintah sebagaimana dimaksud dengan huruf b dapat digunakan untuk: 
a. Alpalhankam dengan tingkat kerahasiaan tinggi; 
b. penelitian dan pengembangan untuk prototipe Alpalhankam; dan/atau 
c. tahap lanjutan dari prototipe untuk menghasilkan produk yang siap untuk diproduksi massal (first article) Alpalhankam.

Selanjutnya pengendalian dan pengawasan Pengadaan Alpalhankam dengan Kontrak Jangka Panjang, menurut Perpres ini, dilaksanakan oleh Ketua Harian KKIP, yang diatur dengan Peraturan Menteri.

“Peraturan Presiden ini mulai berlaku pada tanggal diundangkan,” bunyi Pasal 12 Peraturan Presiden Nomor 27 Tahun 2019, yang telah diundangkan oleh Menteri Hukum dan HAM Yasonna H. Laoly pada 2 Mei 2019 itu.

(Gesuri)

66 komentar:

  1. 👍👍👍👍👍👍👍👍👍👍👍👍👍👍👍👍👍👍👍👍👍👍👍👍👍👍👍👍👍👍👍👍👍👍👍👍👍👍👍👍👍👍👍👍👍👍👍👍👍👍👍👍👍👍👍👍👍👍👍👍👍👍👍👍👍👍👍👍

    BalasHapus
    Balasan
    1. opo o gambare kudu iver ?
      admine yo kegi tebak'e

      Hapus
    2. Sengaja broo.. Ben heboh dunia nyata dan goib 😁😁😁

      Hapus
    3. Pilihan Thumbnail yg pas ....buat heboh tetangga 😁😁

      Hapus
    4. omega dong harusnya, di gendutin 10k ton gitu 😂😂😂

      mulus tur lemu, koyo nyonya 😂

      Hapus
    5. Setiap perencanaan program, baik jangka pendek dan jangka panjang sudah pasti ada target capaian berdasarkan interval waktu yang sudah ditentukan dan disepakati bersama... target tersebut berkaitan dengan ancaman dan gangguan kedepan yang sudah diprediksi akan terjadi...salah contoh pengadaan 11 SU 35 yang berlarut-larut dan tidak kunjung ada kepastian, target tersebut seharusnya sudah tercapai sejak tahun 2018, berarti ada kinerja yang harus dievaluasi, siapakah yang bertanggung jawab???

      Hapus
    6. yg bertanggung jawab tentu yg bertanya 👆👆👆 haha!🤣🤣🤣

      Hapus
    7. KABAR BAIK!!!

      Nama saya Lady Mia, saya ingin menggunakan media ini untuk mengingatkan semua pencari pinjaman agar sangat berhati-hati, karena ada penipuan di mana-mana, mereka akan mengirim dokumen perjanjian palsu kepada Anda dan mereka akan mengatakan tidak ada pembayaran di muka, tetapi mereka adalah penipu , karena mereka kemudian akan meminta pembayaran biaya lisensi dan biaya transfer, jadi berhati-hatilah terhadap Perusahaan Pinjaman yang curang itu.

      Perusahaan pinjaman yang nyata dan sah, tidak akan menuntut pembayaran konstan dan mereka tidak akan menunda pemrosesan transfer pinjaman, jadi harap bijak.

      Beberapa bulan yang lalu saya tegang secara finansial dan putus asa, saya telah ditipu oleh beberapa pemberi pinjaman online, saya hampir kehilangan harapan sampai Tuhan menggunakan teman saya yang merujuk saya ke pemberi pinjaman yang sangat andal bernama Ms. Cynthia, yang meminjamkan saya pinjaman tanpa jaminan sebesar Rp800,000,000 (800 juta) dalam waktu kurang dari 24 jam tanpa konstan pembayaran atau tekanan dan tingkat bunga hanya 2%.

      Saya sangat terkejut ketika saya memeriksa saldo rekening bank saya dan menemukan bahwa jumlah yang saya terapkan dikirim langsung ke rekening bank saya tanpa penundaan.

      Karena saya berjanji bahwa saya akan membagikan kabar baik jika dia membantu saya dengan pinjaman, sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman dengan mudah tanpa stres atau penipuan

      Jadi, jika Anda memerlukan pinjaman apa pun, silakan hubungi dia melalui email nyata: cynthiajohnsonloancompany@gmail.com dan atas karunia Allah, ia tidak akan pernah mengecewakan Anda dalam mendapatkan pinjaman jika Anda mematuhi perintahnya.

      Anda juga dapat menghubungi saya di email saya: ladymia383@gmail.com dan Sety yang memperkenalkan dan memberi tahu saya tentang Ibu Cynthia, ini emailnya: arissetymin@gmail.com

      Yang akan saya lakukan adalah mencoba untuk memenuhi pembayaran cicilan pinjaman saya yang akan saya kirim langsung ke rekening perusahaan setiap bulan.

      Sepatah kata cukup untuk orang bijak.

      Hapus
  2. 🤩🤩🤩🤩🤩🤩🤩🤩🤩🤩🤩🤩🤩🤩🤩🤩🤩🤩🤩🤩🤩🤩🤩🤩🤩🤩🤩🤩🤩🤩🤩🤩🤩🤩🤩🤩

    BalasHapus
  3. ada maling..
    https://nasional.sindonews.com/read/1412782/14/curi-ikan-di-perairan-selat-malaka-kapal-malaysia-ditangkap-1560915486

    BalasHapus
  4. Ada foto iver....dan hari ini maling ikan songlapsia kembali ditangkap dan digebuki di selat malaka wakakakajaja

    BalasHapus
    Balasan
    1. ALAH SAMA AJA NELAYAN INDO MASUK MALAYSIA..NELAYAN MALAYSIA MASUK INDO HAHAHA

      Hapus
    2. Tahniah...maling ikan banyak kena pukul lagi hari ini kat selat melaka

      Hapus
    3. :v iya sama
      sama" ketangkep tapi punyamu ditenggelamin


      lah APPM mau intimidasi 2 personil KKP aja ga berasil, padal udah kirim heli :v

      lol

      Hapus
    4. Bukan intimidasi, tapi diantar ke perairan Indonesia dengan selamat. Itulah pelayanan terbaik APMM/MMEA kepada Indonesia

      Hapus
  5. Wah comelnyer....lagi dan lagi maling ikan kembali kena pukul di malaka kuh kih jom songlap

    BalasHapus
  6. Pelik tapi benar...mane satu betol?songlapsia or curiksia?

    BalasHapus
  7. SAMA AJA..NELAYAN INDON MASUK MALAYSIA..NELAYAN MALAYSIA MASUK INDON HAHAHA

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nelayan Indonesia masuk ke Malon tapi bisa pulang, Nelayan Malon masuk ke Indonesia disambut oleh KKP, Polisi, Bakamla, dan TNI-AL meriahkan penyambutan dari kami

      Hapus
    2. Dan ditenggelamkan 😁😁😁😁

      Hapus
  8. http://www.utusan.com.my/berita/jenayah/lima-nelayan-indonesia-ditahan-dekat-pulau-jarak-1.918582

    BalasHapus
  9. He,he,he..Mana tuh forumers sini yg koar2 kalo negeri Ini udah Ada perencanaan Dan pengadaan defense items jangka Panjang..

    Lihat nih..BARU DIBUAT..
    Ini juga Setelah masukan2 DepKeu, Bapenas Dan Perwira2 Muda progressive yg bisa mulai ngalahin kebiasaan OPA2 yg cuma ngejar procurement by project..

    Dibilang kalo belum Ada rencana jangka Panjang dlm procurement defense items..banyak KODOK2 dlm tempurung yg pada NYOLOT..

    He,he,..lihat tuh..BARU DIMULAI... perencanaan yg lebih bener...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Biasa aja tuh bro ini perbaikan tertib admnistrasi,syarat2 dan perencanaan pengadaan alat2 TNI dan Polri. Perwira progresif sementara ini masih manut sama telunjuk para Jendral. Bahwasanya segala sesuatu pengadaan harus terencana utk kedepan yg lebih baik, G to G dan bebas korupsi

      Hapus
    2. He,he..Lah Ini kalo dijalanin bener..bisa ngerubah pola defense items procurement secara besar2an.

      Ane dulu bilangin kalau defense procurement di negeri Ini blm Jalan dgn pola terencana jangka Panjang..banyak yg NYOLOT.

      Tapi kenyataan krn ngk Ada kontrak jangka Panjang didepan..banyak 'proyek2' ajaib bisa muncul.

      Kalo Ini dijalanin dg bener..Kita udah diarah yg dilakukan Little Red Dot Dan Ustrali..Ini bisa ngarahin setiap procurement Dan project sudah dari jauh Hari dimasukin specs yg terencana.
      Jadi ngk bisa ganti komanean..masukin proyek baru yg ajaib ditengah Japan.

      Ini kalo dijalanin dg bener..

      Hapus
    3. Baiklah..Good job bro..👍

      Ente mbok bisikin pak dhe : "...ssst pak dhe, beli CV dunk.." 😁

      Hapus
    4. Halah CV..jadi beli Iver atau Omega dg full specs aja udah bagus.

      Skrg aja masih ngk jelas mau ngelanjutin PKR Dan Full Frigate..atau salah satu..

      Jalanin Ini procurement plan yg bener aja dulu..Ini udah langkah yg bener..kasih jempol sama kawan2 di Bapenas dan Kemenkeu yg ikut nyadarin kantor President..he,he..

      Hapus
    5. (soal CV itu ane sarkasme)
      😏

      Yup! Kalau ini diterapin mereka akan 'bekerja' & 'berpikir' lebih 'keras'...😁

      Hapus
    6. Ane bingung mas PS@....ane masuk keperpus, nemuin ada halaman yg disobek trus ane laporin 🤷

      Bujukbuneeeeeng....malah ane yg ketiban sial, dituduh yg nyobek halamannya 😱😱😱

      Hapus
    7. Liyo dino nek entuk sing "suwek" rasah lapor mas..

      Wes terusno sampek thutuk wae 😚, yen wes rampung ndang move on & ra sah baper, langsung ndang golek "liyane"...😂😂😂😂

      Hapus
    8. Btw..sampeyan nang perpus endi kuwi..? 😂😂😂😂

      Hapus
    9. Perencanaan jangka panjang ada, masalahnya sering tidak disiplin mengikuti rencana tersebut. Apakah rencananya realistis, saya kurang tahu. Kalau dilihat apa yg tidak akan tercapai tahun 2024,
      TNI AL: Jumlah PKR dan KS pasti tidak terpenuhi, status KCT juga belum jelas.
      TNI AU: Skadron tempur dan skandron angkut masih kurang.
      TNI AD: Jumlah skadron penuh penerbad sudah pasti tidak terpenuhi.

      Pasti masih banyak hal lain selain itu.

      Hapus
    10. @mase PS

      Iku gor sanepo mas....pemerintah saiki wes rekoso kasil ngrancang rencana pengadaan jangka panjang, malah dituduh sing ora-ora 😖😖😖

      Wong iki jane malaikat opo setan tenane 🙆

      Hapus
    11. Hahaha...ini orang kaga ngerti blas...

      tata urutan perundang-undangan yang berlaku di Indonesia adalah:
      1. UUD 1945
      2. UU/Perpu
      3. Peraturan Pemerintah
      4. Peraturan Presiden
      5. Peraturan daerah

      Paham kan urutannya...kalau paham ayo kita kupas satu2...tp jng kaya kemarin di unjuki UU nya tentang Buku Putih pertahanan dan MEF malahan kabur....
      Inget ga pake NYOLOT,ntar kalau pake urat ente keliatan bloon nya...hahaha

      Hapus
    12. Tek...ente tau ga Buku putih pertahanan itu apaan?
      Kalau ga tau di kasih tau nih...biar ente paham...baru abis itu perihal MEF...

      Jd biar paham ente...ntar ujung2nya klo ente melintir pasti bawa2 Rezim...hahaha

      Nih biar kaga nyalahin rezim ya...gw kasih sedikit...

      Buku Putih Pertahanan Indonesia panduan resmi dari Kementrian Pertahanan RI untuk penyusunan Doktrin TNI, Strategi Pertahanan TNI, dan pengadaan alutsista TNI, dan lain hal terkait pertahanan Indonesia...

      Sampai sini paham gak...kalau ga paham bilang jng diem aje...

      Hehehe

      Hapus
    13. MEF TNI berlandaskan pada UUD 1945 Perubahan dan berpayung pada Undang-Undang Pertahanan Negara Tahun 2003 dan Undang-Undang TNI Tahun 2004.spesifiknya MEF TNI mengacu kepada Peraturan Presiden Nomor 7 Tahun 2008 tentang Kebijakan Umum Pertahanan Negara....

      Paham gak...
      Ini yg ngomong UU,dr undang2 di perkuat pakai Pepres...
      Posisi UU di atas Pepres...paham kan sekarang...kalau paham ane jabarin lagi nih biar ente paham jd ga ketahuan bloon nya...hehehe

      Hapus
    14. Dah om gk usah dilayani antek barat buang 2 waktu

      Hapus
    15. Unknown..hooi..low bawa buku putih..bawa MEF..ngerti ngak kalo itu cuma perencanaan umum..

      Perencanaan Budget jangka Panjang Ini baru Jalan yg bener..
      Kalo ngandalin buku putih ama MEF..itu belum jelas specs asset yg mau dibeli,rencana kontrak Dan pembayaran..

      Buntutnya kaya' sekarang muncul pembelian asset yg ngk jelas..yg Tina muncul.
      Dg perencanaan Budget yg lebih bener..ngk akan ada asset aneh tiba2 muncul..
      Itu yg dilakukan dinegara2 maju..Dan Hari sekarang dengan peraturan Ini..negara Ini mau ngelangkah kesana.

      Wua,ha,ha..loe emang masih KODOK dalam tempurung...masih cetek ilmu..NYOLOT lagi dg kedangkalan ilmu loe..ha,ha,ha..

      Hapus
    16. Eh tek...bloon tuh ud d jabarin...penyusunan Doktrin TNI, Strategi Pertahanan TNI, dan pengadaan alutsista TNI, dan lain hal terkait pertahanan Indonesia...terkait di buku putih...
      Sesuai yg di amanatkan UU
      bahasan di atas periha peraturan untuk mendorong pemerintah memberikan kontrak jangka panjang kepada perusahaan pertahanan lokal...paham ga...jng NYOLOT blh bloon jangan...hahaha

      Hapus
    17. Si kampret blom move on...hahaha
      Ujungnya bahas rezim...woy forum alutsista bukan forum politik...
      Ayam di pelihara biar gede enak di makannya jng bloon di pelihara...hahaha

      Wakakkaa

      Hapus
  10. peraturan dibuat utk dilanggar, yg se-7 acungkan rudal haha!🚀🚀🚀

    BalasHapus
    Balasan
    1. ga nduwe Transport Erected Launcher (Kendaraan Peluncuran Ngac*ng) kok ape pamer rudal to mas 😂😂😂

      mbeguru ndek kemukus disik dong

      Hapus
    2. 👆 🤣🤣🤣🤣 👆

      Hapus
  11. Tye only things I could say about this move by Indonesia specifically with Pres. JOKOWIS system of procurement that it will unlikely to create unbalance in funding of specific prioritize that Indonesia is facing right now.

    It is quite a big challenge for the Indonesia.

    Ok lets talk about it in my own analysis and advise with this Presidential declaration of Indonesia.The inherent constraints to achieving this revolution in Indonesia’s defense industry are also unclear. There are a long list of them, but a couple are worth noting here. Funding is one concern. Despite recent increases, Indonesia’s military budget has never constituted more than one percent of its GDP, unlike some of its neighbors like KL Singapore Philipine or Vietnam. Jokowi says he plans on raising the budget to 1.5 percent of GDP, but it is unclear whether he will achieve it, and how much of that budget will be devoted to goals like providing support for state-owned defense entities as opposed to personnel costs, which form the bulk of the budget. Funny right?

    So I may say that goodluck for now for the Indonesia and as I said, neighboring countries in Asean economy is very overwhelmed and achievable already except for Indonesia which is still in poor state.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jiah malon.. Kami sudah mapan secara demokratis politik dan ekonomi, sudah teruji selalu bertahan pada setiap krisis melanda... So malays bahkan diluar krisis global pun ekonomi kian terpuruk apalagi boom waktu disintegrasi diantara kerajaan bagian yang ingin keluar dari zona kemiskinan yg dibuat oleh semenanjung.... Makin teruk malays ni.. Hutang 1 mdb aja dah bising mendunia...lah malon bengap...😂

      Hapus
    2. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
    3. unknown...Tidak ada masalah bagi Indonesia utk menaikan budget militer kedepannya,prioritasnya saat ini adalah pembangunan infrastruktur dan ekonomi. Anggaran militer utk tahun 2020 sudah naik usd.1,5 Billion, dan secara bertahap akan terus dinaikan menjadi usd.20 Billion kedepannya. Malon yg miskin bisa membayangkan betapa besarnya belanja militer Indonesia dan tidak akan bisa dikejar oleh malon yg budget militer hanya usd.3,5 Billion..?? Saya meyakini Indonesia lambat namun pasti akan semakin baik dari segi ekonomi dan militernya....Malingsia is so BROKE n POOR ...

      Hapus
  12. Ada yg mengatakan bahwa mendapatkan "bintang' adalah suatu berkah sekaligus kutukan. pola pikir yg mendapatkan itu bukan lagi masalah taktis atau bahkan strategis. Tapi juga politis. gak akan nyangkal ato mengiyakan..

    Fakta d lapangan bisa menggambarkan pernyataan mas@antekbarat & mas@Palugada👻

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ora nyandak yen sing abot-abot nggene kui....sing penting penitipan sandal rame, keno nggo nyukupi butuhe anak, bojo lan tonggo teparo 🤗

      Hapus
    2. Wejangan kuncen gunung Everest 😇iki...

      Hapus
    3. Setuju mbah har😁😁🤣🤣

      Hapus
    4. wess pindah to mas@hari? kadohan to yoo nek nganti ning everest..

      Hapus
    5. Sing kono wes tak percayakke karo rondo nepal kok mas....dadi le ngawasi cukup seko kadohan 🏔🔭

      Hapus
    6. Ralat boss.. Maksudte mas boy nee🧐

      Hapus
    7. Weeehh...rondo Nepal 😤

      Jare sampeyan rondo bule wae apek ra tau adus, opomaneh rondo Nepal..😰

      Hapus
    8. Yen ras asia ki arepo arang adus, ning seje penguke mas 😂😂😂

      Hapus
    9. Sak enak-enake penguk, yen mbolot yho nggilani mas...😂😂😂

      Hapus
    10. Ah ora, lha wong sing asia daratan le adus ya arang arang. Penguk e jan wis marai mukok. Penak kuwi geisya ambune wabgi😀😀

      Hapus
    11. #Slot iklan pewangi lgi kosong... Silahkan hub saya😌

      Hapus
  13. Harapannya PKR bisa jalan terus minimal hingga mencapai 12 unit dan heavy fregate hingga 6 unit 😇

    BalasHapus
  14. Kata mbak di sebelah, perpres ini untuk beli destroyer dan fighter dalam jumlah besar yang susah pakai dana cicilan kontrak.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yang susah atau yang sudah maksudnya pak?

      Hapus
    2. Iver 2 unit and f 16 viper 32 unit... penyempurnaan Perpres untuk persiapan ttd kontrak...🤸🤸🤸

      Hapus
  15. permisi ya
    mau numpang promosi bo kelinci99
    cashback kami berikan sebesar 5% untuk permainan live casino ya bos
    silahkan kunjungi WWWoKELINCIPOKER99oME

    BalasHapus