21 Desember 2015

Angkatan Darat Thailand Mencari MBT Baru

21 Desember 2015


Delegasi Thailand mengunjungi Norinco, China (photo : dlogs)

Angkatan Darat membentuk Komite untuk pengadaan tank baru. Untuk mengisi kebutuhan tank, Komite ini telah mengirimkan delegasi dari Angkatan Darat untuk melakukan perjalanan ke dua negara yaitu China dan Rusia.

Di China delegasi mengunjungi pabrik Norinco, dan kemungkinan melakukan penjajakan MBT jenis VT4 (MBT-3000).


Delegasi Thailand mengunjungi Uralvagonzavod, Rusia (photo : dlogs)

Di Rusia delegasi mengunjungi Uralvagonzavod, dan kelihatannya melakukan penjajakan untuk MBT jenis T-90, karena MBT terbaru T-14 Armata belum akan diekspor dalam waktu dekat.

Dengan mengunjungi dua negara ini, Angkatan Darat memiliki informasi sebagai panduan dalam menentukan MBT mana yang akan dipilih setelah pasokan MBT Oplot dari Ukraina terhenti.

Norinco VT-4 (MBT-3000) (photo : below the turret ring)

Seperti diketahui, semula tank Oplot diproyeksikan untuk memperkuat dua batalyon kavaleri untuk menggantikan tank M48A5 yang sudah menua.

Untuk Thailand, dapat dipahami bahwa tank yang akan disodorkan China adalah jenis terbaru yaitu VT4 (MBT-3000), sebelumnya China telah memasok negara-negara di wilayah ini (Myanmar dan Banglades) dengan tank VT1A (MBT-2000). Mesin VT4 (MBT-3000) akan menggunakan tenaga 1200HP tenaga diesel yang lebih kuat.

Harga tank VT4 tidaklah murah, China menawarkan ke Angkatan Darat Peru dengan harga US 4 juta per buahnya atau sebanding dengan harga T-90S dan T-84 Oplot.

Uralvagonzavod T-90MS (photo : survincity)

Namun pilihan dapat saja ke tank T-90 buatan Rusia karena beberapa kemiripan tank ini dengan tank Oplot buatan Ukaina diantaranya adalah kinerja yang unggul, sistem kontrol tembakan dan dukungan infrastruktur pemeliharaan. T-90MS satu tingkat lebih baik dibandingkan T-90SA meskipun harganya lebih mahal.

Jika tidak ada rencana untuk melakukan kunjungan ke negara-negara lain seperti Eropa Barat atau Korea Selatan maka Komisi kemudian akan bekerja untuk melakukan pilihan MBT yang akan memperkuat Angkatan Darat

Dipercaya bahwa Angkatan Darat Thailand akan lebih memilih MBT dari Rusia yang dilengkapi dengan meriam 125mm sebagai senjata utama kavaleri di masa depan.

(AAGTH1)

6 komentar:

  1. Salut sama thailand, negara tanpa basa basi dalam hal alutsista

    BalasHapus
  2. Pembelian tank ini d butuhkan dengan segera dan bnyk kerna dia lgi bersenketa ama tetanga nya myanmar..vietnam..yg juga secara diam memperbnyk perlengkapan perang nya darat..laut..udara....negara gajah putih ini tiada pilihan utk menilik itu ini dia mau nya yg murah dari tank barat dan dengan kadar yg bnyk loh

    BalasHapus
  3. XOX/\bI COCHYT!)

    BalasHapus
  4. berkaca perang kota suriah super tank mbt sangat vital buat pertahanan se class Indonesia Thailand patut di tiru lebih megutamakan kwalitas Dan masa panjang buat ke amanan negara Thailand . ..sebaliknya Indonesia anda tahu sendiri kasus Freeport jutaan ton emas petinggi di Jakarta alias si pemburu rente bank saku asal penuh di kantong jet pribadi siap milik pribadi .
    thailand cendrung ke pincut mbt tank t90 ms berat hanya 48 ton sudah di lengkapi radar temeng peledak .

    BalasHapus
    Balasan
    1. Noh yg nanda tangani perpanjangan kontrak freeport si sudirman said masih bebas tak terjamah

      Hapus
    2. Radar temeng peledak? What are u talking about bro?

      Hapus