14 Desember 2015

Pindad Sukses Lakukan Uji Tembak Panser Badak

14 Desember 2015


Panser kanon Badak buatan Pindad (all photos : defence.pk) 

Bandung - Panser Cannon 90mm “Badak" buatan PT Pindad (Persero) sukses menjalani uji tembak. Kegiatan yang merupakan bagian dari proses sertifikasi oleh Dinas Penelitian dan Pengembangan TNI Angkatan Darat (Dislitbang TNI AD) itu berlangsung antara 10 sampai 12 Desember 2015 di Pusat Pendidikan Infanteri (Pusdikif), Cipatat, Kabupaten Bandung, Jawa Barat.

“Kami bersyukur bahwa uji penembakan dinilai oleh pihak Dislitbang TNI AD berhasil dengan baik,” ujar Direktur Utama PT Pindad Silmy Karim di Bandung, Minggu (13/12).

Panser 90 mm Badak melakukan uji tembak dengan menggunakan 19 munisi kaliber besar. Panser buatan anak-anak bangsa itu melakukan serangkaian materi uji. Pengujian pertama yaitu masuk ke titik tengah sasaran dengan menggunaka 10 butir munisi.

Selanjutnya dilakukan penembakan arah jam 12, di mana turret dan kendaraan menggunakan 5 butir munisi. Lalu, dilakukan penembakan arah jam 6, di mana turret mengarah ke target dan badan kendaraan berbalik 180 derajat. Setelah itu dilakukan penembakan arah jam 3, di mana turret mengarah ke target dan melepaskan 2 butir munisi.



Semua penembakan mengenai target sasaran yang berukuran 4x4 m dengan jarak kurang lebih 1 km dan kendaraan dalam stabil dan terkendali.

Silmy menuturkan, rangkaian uji tembak Paner Badak itu merupakan bagian dari proses sertifikasi untuk memastikan performa panser buatan anak-anak bangsa ini sudah sesuai dengan Ketentuan Standardisasi Umum (KSU) TNI AD. Uji tembak itu bisa terlaksana dengan baik berkat dukungan Kepala Staf TNI Angkatan Darat (Kasad), Kementerian Pertahanan, Asisten Logistik Kasad, Dislitbang TNI AD, Gudang Pusat Amunisi Bojong Koneng, dan Pusdikif di Cipatat.



“Kami berharap dengan kerja sama baik ini, Panser Badak dapat segera memperkuat jajaran alutsista TNI AD tahun depan," ujar Silmy.

Sementara itu, uji tembak secara lebih spesifik dilaksanakan untuk mengukur akurasi tembakan senjata utama, yaitu turret 90 mm. Ini merupakan hasil kerja sama dengan CMI Defence, perusahaan pertahanan dari Belgia. Regional Director for Asia and Indonesia CMI Defence, Patrick Ledig menyampaikan apresiasi pada hasil kerja tim PT Pindad.


“Para staf ahli kami yang ikut hadir dari Belgia bekerja sama dengan Dislitbang TNI AD telah memastikan bahwa selama proses uji tembak kondisi kendaraan atau platform Panser Badak terlihat stabil,” ujar Patrick.

Dalam proses pengembangan Panser Badak, awak PT Pindad bekerja sama dengan CMI Defence untuk memperoleh keahlian dalam manufaktur turret 90mm sebagai bagian dari proses transfer of technology.



“Para staf kami yang terlibat dalam program manufaktur turret 90mm telah menyelesaikan proses pelatihan dan mulai kegiatan manufaktur di Pindad. Jadi, produk kendaraan dan senjata utama Panser Badak di fase produksi massal nanti merupakan karya anak bangsa,” tambah Silmy.

Di fase produksi, tidak kurang dari 25 hingga 30 Panser Badak bisa dilahirkan setiap tahun dari pabrik PT Pindad di Bandung. "Kapasitas produksi ini bisa kami tambahkan untuk menyesuaikan dengan peningkatan permintaan dari TNI AD atau Kementerian Pertahanan," kata Silmy.

Pindad mulai memperkenalkan Panser Badak dalam pameran IndoDefence 2014 di Jakarta. Kendaraan tempur itu dirancang sebagai program lanjutan pengembangan varian Panser Anoa sekaligus menjembatani kebutuhan fungsi penggempuran oleh TNI AD.



PanserBadak dimodifikasi dengan mesin diesel 6 silinder berkekuatan 340 tenaga kuda, monocoque body yang bisa menahan tembakan amunisi hingga 12,7 mm, dan penggunaan teknologi double wishbone independent suspension untuk menjaga kestabilan kendaraan saat menembakkan cannon 90 mm.

Setelah uji tembak, beberapa mata pengujian lain, seperti uji laboratorium dan uji jelajah eksternal, akan dilaksanakan bersama Dislitbang AD. Hasil pengujian yang maksimal tentunya diharapkan agar Panser Cannon 90 mm Badak dapat menjadi salah satu produk unggulan PT Pindad di masa depan sekaligus menjadi kebanggaan TNI dan bangsa Indonesia.

Selain mulai memproduksi Badak, pada triwulan I 2016, PT Pindad juga akan memperkenalkan produk senjata baru kepada publik.

(Berita Satu)

16 komentar:

  1. berkaca ke perang kota di suriah kendaraan angkut lapis Baja bmp tàmpa temeng peledak hancur di makan rudal panggul para pembrontak .

    BalasHapus
  2. Maksud lo lapisan ERA(explosive reactive armor)? Lah itu tank t72 aja pada jebol di hajar atgm..Trus menurut lo bagusnya ngangkut pasukan pake apa? Motor, gerobak? Delman? Pake helikopter? Tar lo ngomong gampang dihajar rudal, diterjunin? Trus kalo mereka kejebak jemputnya pake apa? Kalo banyak yg terluka ngangkutnya pake apa? Mobil? Bemo? Bajaj?

    BalasHapus
    Balasan
    1. ha-ha kwkw... yg di madsud temeng peledak avionic radar bisa mendekteksi datang nya rudal panggul jebolan barat , contoh kekebalan tank mbt t72 terbuat Baja khusus tetap àjaa jebol oleh adu domba asu hehe..tidak dengan tank mbt t90 ms sudah di lengkapi temng peledak dalam pertenpuran perang kota suriah kecanggihan mbt t90 ms berat hanya 48 ton terbukti lebih lincah di Medan tempur perang kota suriah.

      Hapus
    2. bebei ...makanya jangan sok pintar , dari duluu sebenarnya ane sudah tahu ente dangkal . masak temeng peledak ajaaa ga tahu hihihi ...iat di yutube list mbt t14 armata .

      Hapus
  3. Masukkan komentar Anda...indonesia makin maju harap masa akan datang boleh keluar kan MBT sendiri. .

    BalasHapus
  4. Muarif bayhaqi @ fans berat russia
    Pembetulan bro. T90MS masih belum memasuki tahap produksi dan belum menerima tempahan dari mana2 negara. Ianya juga tidak dioperasikan oleh agkatan darat Russia sendiri. Pihak Russia hanya membekalkan T90A kepada pihak kerajaan Syria dlm jumlah yg terhad. Tanpa sistem Arena (mahupun sistem shtora if i was not mistaken) T14 armata juga masih dalam peringkat prototype dan telah mengalami kerosakan dhadapan ribuan penonton semasa perarakan pertama yg disertainya. Apa kelebihan T14 berbanding Mbt lain yg ada sekarang? Sila senaraikan bro. Sebelum menggelarkan teman senegara kamu sebagai dangkal sila cermin diri kamu dulu bro.

    BalasHapus
    Balasan
    1. soal mbt t90 ms terlibat pertenpuran perang kota di suriah silahkan list video yutube rusian in suriah . dan super mbt t14 armata bukan protipe lagi tapi sudah di produksi massal . mbt t14 armata di lengkapi radar temeng peledak dan bisa melacak tank musuh dalam jangkuan 60 km . itulah fakta bangkit nya moskow kerap memenculkan technologies tak terpikirkan .

      Hapus
    2. Ya udah mana sini kasih link youtubenya kalo ente ga cuma asal jeplak,minta juga link yg jelasin armata dah produksi masal..minta juga sini link website yg lo bilang t14 bisa ngelacak musuh dr jarak 60km.. masih mending gw otaknya dangkal tapi jujur daripada ente bego tapi tukang asal jeplak doang. Kasih bukti dari semua yg lo bilang dan gw akan mengakui kalo ente master di bidang militer..

      Hapus
    3. Thats T90A bro muarif bayhaqi. Bukannya T90MS Tagil. Kenali dulu sub varian T90 bro. Bru komen.. T90MS cuma skadar prototype dan masih belum menerima tempahan dari mana2 negara. Russia memang mensasarkan akan menggantikan majoriti aset mbtnya dgn T14 Armata. Tetapi utk mengatakan bahawa ianya telah mencapai tahap pengeluaran massa adalah kurang tepat.

      Hapus
  5. Muarif bayhaqi @ fans berat russia
    Pembetulan bro. T90MS masih belum memasuki tahap produksi dan belum menerima tempahan dari mana2 negara. Ianya juga tidak dioperasikan oleh agkatan darat Russia sendiri. Pihak Russia hanya membekalkan T90A kepada pihak kerajaan Syria dlm jumlah yg terhad. Tanpa sistem Arena (mahupun sistem shtora if i was not mistaken) T14 armata juga masih dalam peringkat prototype dan telah mengalami kerosakan dhadapan ribuan penonton semasa perarakan pertama yg disertainya. Apa kelebihan T14 berbanding Mbt lain yg ada sekarang? Sila senaraikan bro. Sebelum menggelarkan teman senegara kamu sebagai dangkal sila cermin diri kamu dulu bro.

    BalasHapus
    Balasan
    1. anee bukan fans berat rusia tapi soal kualitasnya alutsista di belli saman kruptor rongsokan berharga triliunan fakta oerlikon anti serangan udara 6 buah sajaa $200 juta dolar lebih .

      Hapus
    2. 24jam terbawa dgn isu koruptor tidak akan memajukan diri kamu bro. Dan apakah kamu menyangkakan yg urusniaga dgn pihak russia adalah 100% bebas dari unsur korupsi? Yg bsalah adalah pelaku dlm negara. Ianya langsung tdak mencerminkan keupayaan sebenar aset yg dkeluarkan oleh pihak barat mahupun russia.

      Hapus
  6. Ralat. T90A yg dbekalkan kpd phak Syria telah dlengkapi dgn sistem Shtora. Kamu tahu apakah kegunaan sistem shtora ini td bro muarif bayhaqi?

    BalasHapus
  7. Temeng peledak avionic radar?? Apa itu? Whats that. Sistem apa yg kamu maksudkan? Arena? Shtora? Windbreaker? Bagaimana sistem yg kamu sebutkan td itu berfungsi bro? Tolong terangkan kpd kami forumer yg kebingungan ini.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ga bakal bisa jelasin dia, tuh anak warnet cuma bisa asal jeplak tanpa bisa ngasih bukti pendukung. Tar kalo di omong kaya gini pasti balesnya ngalor ngidul ga sesuai bahasan, yg ngomongin antek2 laah.. ngomongin koruptor lah.. orang bego kaya dia cuma bisa nyampah dan numpang eksis biar di bilang jago di bidang militer, aslinya mah beli kancut aja masih minta duit sama bapaknya.

      Hapus
  8. Bonus cashback setiap hari jumat bersama Anapoker
    agen judi online terbesar dan terpecaya di indonesia
    dengan minimal deposit hanya 10 dan proses cepat paling lama 3 menit!
    tunggu apa lagi segera bergabung bersama kami sekarang!!

    Contact Kami :
    WhatsApp : 0852-2255-5128
    Line id : agens1288
    Telegram : AgenS128 / https://t.me/AgenS128
    Poker Deposit Pulsa
    Poker Pulsa
    Sabung Ayam Online
    link sbobet

    BalasHapus