17 Desember 2015

TNI Terlambat Terima Jet Tempur F-16 Refurbished dari AS

17 Desember 2015

F-16C/D refurbished (photo : wiraaryaguna)

Jakarta, CNN Indonesia -- Sekretaris Jenderal Kementerian Pertahanan Letnan Jenderal Ediwan Prabowo mengatakan TNI Angkatan Udara tidak menerima sejumlah pesawat tempur F-16 Fighting Falcon sebagaimana tenggat waktu yang diatur pada perjanjian jual beli antara Kemhan RI dan  Departemen Pertahanan Amerika Serikat.

AS, menurut Ediwan, tak sengaja mengulur waktu pengiriman sejumlah pesawat tempur bekas pakai itu. "Saya sudah mendapat laporannya. Ini hanya masalah teknis dalam proses produksi," kata di Jakarta, Kamis (17/12).

Ediwan memaparkan, TNI AU melalui Kemhan sebelumnya merevisi spesifikasi teknis F-16. Revisi itu dilakukan untuk meningkatkan teknologi pesawat F-16 yang sebelumnya dioperasionalkan oleh Angkatan Udara AS itu.

"Pengiriman terlambat bukan karena kelalaian. Itu karena kami melakukan perubahan," kata Ediwan.

Mengutip Reuters, Indonesia dan AS sepakat melakukan jual beli 24 pesawat F-16 pada November 2011. Ketika itu pada forum Konferensi Tingkat Tinggi Asia Pasifik, kedua pemimpin negara, Susilo Bambang Yudhoyono dan Barack Obama, mengumumkan rencana tersebut.

Pada keterangan resminya, AS menyebut pembelian F-16 refurbished yang bernilai US$750 miliar itu akan meningkatkan kemampuan Indonesia mempertahankan kedaulatan udara. 

Sebelum diterbangkan ke Indonesia, AS akan melakukan upgrading dan refurbisheing terhadap rangka, sistem avionic, serta persenjataan F-16 itu di Ogden Air Logistics Center Hill AFB, Utah, AS.

Hingga akhir 2014, pesawat-pesawat tempur F-16 itu telah tiba di Indonesia dalam dua gelombang.

(CNN)

55 komentar:

  1. Sebentar lg bro muarif bayhaki akan komen mengenai isu korupsi @ rasuah. Im sure about that.

    BalasHapus
  2. Semoga upgradenya setara f16 singaporn

    BalasHapus
    Balasan
    1. ya ndak mungkin bos singapura satelitnya AS jadi segalanya lebih

      Hapus
  3. Semoga upgradenya setara f16 singaporn

    BalasHapus
    Balasan
    1. setara kok block 52 cuma rangka yg ini lebih kecil aja. Tapi Spore lagi mau upgrade lagi dari block 52 ke viper dengan program MLU.

      Hapus
    2. Saiz rangka pesawat adalah sama. Perbezaan block adalah dari segi sistem avionik dan beberapa keupayaan dan komponen pesawat sahaja. Viper adalah nama panggilan tidak rasmi F16. Disignasi asal nama pswat itu adalah Fighting Falcon. MLU adalah naik taraf berjadual kerangka dan sistem avionik pesawat.

      Hapus
  4. klw di upgrade sampai blok brp pun, tetap itu pesawat bekas...efek deterent sdh tidak ada lg.. untuk si elang botak..mungkin lbh lincah punya ttg sebelah..

    BalasHapus
  5. itu harga nya salah kali ... nulis berita kok dongok gini... 750m USd????? juta dollar kali...

    BalasHapus
  6. hadohh ...hadohh ...prediksiku waktu aku genap berumur 34 tahun sudah jadi keyataan .F16 block rongsokan tàmpa mesin $$$$$ 750 juta dolar di bilang hibah . mana tepok sorayy kruptor ??? hanya ada satu pilihan buat pemrintahan sekarang pilih 200 juta lebih atau segelintir tua bangka mantan peguasa ??? iyaaa toh . seret jeploskan ke nusa kambangan perusak system negara !!!!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Maaf bertanya bro muarif. Program "hibah" angkatan udara negara kamu ini tmasuk dalam proram FMS ataupun EDA ya? Mungkin kita boleh lanjutkan diskusi kita dari sudut itu jika kamu tdak keberatan.

      Hapus
    2. pegadaan alutsista di bungkus hibah $$$ di bandrol $$$ 750 juta dolar ini politec pencitraan sang peminpin daholoo terikat perjanjian hasil nya anda ga usahh pura pura ga tahu ...jet tempur gurun Arizona gampang di tebak hancur bellom di pakai perang kebakar di landasan pacu hampir sang pilot di goreng ..ga lama punggung f16 hibah retak makan $$$ Dana jutaan dolar lagi . kalau sudah begini siapa harus bertanggung jawap ??? ini duwit rakyat lohh harus di bertanggung jawap kan bukan pura pura ga tahu mirip kodok kekeringan .makanya kalau bukan peminpin bloon dan goblok sudah tahu rawan bargo masih gotot f16 terrus akibat nya barang rongsokan hampir 4 tahun menghilang ga jellas kapan di kirim ke Indonesia

      Hapus
    3. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
  7. Anda masih tidak menjawab soalan. FMS atau EDA?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ga bakal di bales, dia tipikal perjaka tua yg kelamaan di warnet. Ga ngerti yg namanya FMS atau EDA, taunya barang rusia keren, barang barat rongsok. Padahal SU30MKI punya india jeroan sensor dan elektronik dari perancis dan israel gara2 menurut india jeroan rusia payah. Paling muter2 soal korupsi dan antek suharto dan sejenisnya.

      Hapus
    2. ha-ha kwkkwkw ....f16 nenek pungguk retak asam urat lah ...ga ada habis nya kwkw ...mana tuh menhan lama ?? gumpet di mana ??

      Hapus
    3. katanya f16 hibah harus bayar $$$ 750 juta dolar bayar kontan lunas !!!! seleaai bellom broo ...4 tahun ke mudian kasau baru geluhh delevery gadat usut punya usut mesin f16 gurun Arizona mesin hilang hahakwkw ....di mana oh di mana mesin f16 hibah ?

      Hapus
    4. Tenang bro bebei. Individu seperti bro muarif ini ada dmana mana negara sekalipun. Sesiapa sahaja yg tdak sependapat dengannya akan dianggap sebagai koruptor @ rasuah. Tp bila diajak berdiskusi secara ilmiah dia akan lari daripada topik perbincangan atau dalam bahasa kamu "kabur" (crrect me if im wrong).

      Hapus
    5. kau bicara àpa broo hehe ...Indonesia yaris bubar karna manusia seperti anda penjilat buta tuli penjarahan di mana kok anda diam sajaa ini anehh . ga maluu di America Indonesia president nya kruptor mentrinya doang masuk penjara ....otak mu otak kruptor harus di cuci pakek air aki iyaaa toh

      Hapus
    6. Bener kan apa gw bilang.. tipikal cuma bisa nyampah.. padahal ini forum militer bukan politik, tapi bahasan dia selalu ujungnya politik. :p

      Hapus
    7. forum meliter kalau yg di bahas alutsista buatan barat syrat politec lebih berkualitas senjata nya mau di belli contoh : f16 tidak boleh di pakai buat memerangi pembrontak dan senjata nya di batasi . anda ini tripikal bodoh sok pintar iyaaa toh .

      Hapus
    8. Polisi America telah lama berubah selaras dgn kuatnya pengaruh cina di rantau asia. Mereka memerlukan sekutu bukannya lawan. Apatah lg indonesia kini merupakan kuasa ekonomi baru di SEA. Ini bukan lg zaman insurgensi di acheh mahupun timor timur yg memerlukan penggunaan kuasa udara bg melumpuhkan kekuatan musuh. Pemberontakan d Irian juga hampir 100% menggunakan kekuataan agkatan darat sahaja tanpa melibatkan penggunaan aset tempur milik TNI AU (selain helikopter). Kalau benar pihak barat masih meneruskan dasar tidak membenarkan pesawat buatan mereka digunakan bg memerangi pemberontak, Malaysia sendiri tidak akan dapat menggunakan pesawat hawk dan FA18Dnya semasa konflik di Lahad Datu. Malahan Turkey juga tidak akan dpt menggunakan pesawatnya bg menentang gerila kurdis. Pihak TNI AU memerlukan lebih byk pesawat bg peranan utamanya iaitu kawalan ruang udara negara Indonesia. Program "hibah" ini dilihat sbg satu cara yg baik dan cepat utk meningkatkan jumlah pegangan pesawat tempur dlm orbat TNI AU. Kamu sepatutnya bertanya apakah tambahan spesifikasi naik taraf yg telah ditetapkan sehingga menyebabkan kelewatan penerima pesawat F16 bukannya 24jam terbawa dgn nostalgia kegemilangan hubungan soviet - indonesia.

      Hapus
    9. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
    10. kalo china mau nyerang malaysia kita biarin aja biar malon ancur dulu..ngapain sekutuan ama maling..tar bukanya bantuin perang malahan maling lagi...lagian kalo maling diserang biarin ibunya dateng biar gurkha aja yang beresin china..btw china itu dalam sejarah bukan negara kuat dalam agresi, tapi negara defensif..buktinya tahun 70 an negara sekelas vietnam aja bisa jitak china..gaperlu parno

      Hapus
  8. Pesawat asal (sebelum upgrade) adalah EDA @ percuma. Kos USD750 @ adalah FMS

    BalasHapus
  9. kita ini gebahas upgrade f16 atau gebahas f16 nenek Indonesia di tipu mentah mentah...sudah tahu f16 hibah sudah bermasalah besar ehh malah comment upgrade lahh itulah ....mari kita bahas f16 gurun Arizona makan duwit rakyat triliunan ada àpa sebenarnya ?? jangan sampai ke jadian f16 hibah terulang kembali di saman pemrintahan baru . bellih lah alutsista baru harus megutamakan kwalitas dan anti embargo .

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tidakkan kamu tahu yg ussr / russia juga pernah mengenakan sekatan @ embargo terhadap indonesia semasa zaman pemerintahan suharto dulu bro?

      Hapus
    2. Kamu tahu apakah kos bg memperolehi 24 unit pesawat F16 versi terkini bro? Atau kamu akan menyarankan agar pemerintah kamu mendapatkan pesawat buatan Russia kerana kos perolehannya adalah lebih murah? Jika ya ayuh kita lanjutkan diskusinya.

      Hapus
    3. kita bicara pemrintahan politec pastilah ke alutsista . aku tahu di liat dari comment di atas kebayakan buta ilmu politec dan dangkal wawasan politec international . pegaruh America di kawasan Asia fasific sudah melemah di makan saman , negara 2 industri baru bermunculan . indonesia punya sdm dan harta karun emmas jutaan ton harus di kelola secara utuh tàmpa campur tangan asing . di situlah kawan Indonesia nanti nya bakal menjadi negara mandiri jadi negara industri baru bukan negara suka makan nasi doang komsumsi dengan sarat antec barat harus di tendang .

      Hapus
    4. And ur point is? Apakah Russia tidak pernah mencampuri urusan pentadbiran indonesia jika kamu membeli peralatan persenjataan drpd mereka? Lihat kembali pergolakan dan cabaran yg dihadapi oleh pihak Abri pada tahun 1960an. Selepas pihak ussr menarik kembali bantuan yg dberikan oleh mereka pd waktu itu. Keadaan x banyak berubah kuasa besar dunia masih meneruskan keangkuhan mereka dgn menggunakan pengaruh ekonomi dgn ketenteraan mereka. Russia tidak terkecuali. Sikap mandiri indonesi sgt saya hormati. Tp hakikatnya masih byk komponen industri pertahanan dan aeroangkasa indonesia diperolehi daripada negara luar tmasuk negara barat. Apakah kamu mendakwa yg pihak ptdi juga sebagai antec barat bro?

      Hapus
    5. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
    6. Ekonomi indonesia saling bergantung dgn ekonomi negara lain termasuk sea, amerika dan juga china. Apakah kamu menafikan perkara ini juga. Kamu cuba bersuara seperti bung tomo bro tp yg keluar bunyinya seperti orang yg keliru.

      Hapus
  10. Yup aku org Malaysia. U got a problem ke bro?

    BalasHapus
  11. It explained ur comments, zeo relevant at all

    BalasHapus
  12. Yg mana tidak releven bro. Jelaskan.

    BalasHapus
  13. No need as u r a foreigner what for? With twisting history. Please don't gives lecture on us.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya orang indonesia, dan saya sebal kalo orang asing lebih mengerti sejarah indonesia, tp kenyataannya, memang indonesia pernah kok di embargo soviet (bukan rusia). Kalo ga di embargo, itu yg namanua TU16, mig21, KRI irian dan teman2nya 12 ekor kapal selam kelas whiskey pasti masih seliweran mas. Kenyataannya gara2 embargo soviet, semuanya nyungsep di museum,kcuali KRI irian yg ilang entah kemana.
      Btw tidak perlu menghina bangsa lain, krn kl indonesia di panggil indon pasti anda marah kan? Ini forum umum jd cukup bantah omongan orang lain dg fakta, kasih link website sebagai bukti pendukung... selesai.

      Hapus
    2. Kri irian. What a magnificent ship. Sewaktu kami masih mengoperasikan kapal peronda, indonesia sudah mempunyai kapal penjelajah @ cruiser. Sejarah kapal ini juga membuktikan sikap sebenar negara2 kuasa besar. Sekiranya kamu tidak sependapat dgn mereka maka terimalah padahnya. Baik amerika, russia mahupun negara2 eropah sikap mereka tetap sama. Lihat sahaja hubungan Russia - turkey sebagai contoh.

      Hapus
    3. bei..ikut belanegara dulu lah baru komen disini..biar gua latih dulu elu ya? mo pake tinju apa sepatu bot?

      Hapus
  14. No need as u r a foreigner what for? With twisting history. Please don't gives lecture on us.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalo menurut anda si shed ini salah omong ya berikan data yg benar dong, kasih link website yg memperkuat bantahan anda, kl cuma marah2 doang yaaaah... cemeeen laaah, anak sd juga bisa kaya gitu.tunjukan kl anda lebih menguasai sejarah di banding ai shed itu... kalo trnyata ga lebih pintar ya diem aja di pojokan ga usah banyak omong.. selesai.

      Hapus
    2. Kalo menurut anda si shed ini salah omong ya berikan data yg benar dong, kasih link website yg memperkuat bantahan anda, kl cuma marah2 doang yaaaah... cemeeen laaah, anak sd juga bisa kaya gitu.tunjukan kl anda lebih menguasai sejarah di banding ai shed itu... kalo trnyata ga lebih pintar ya diem aja di pojokan ga usah banyak omong.. selesai.

      Hapus
  15. Sejarah mana yg tidak benar bro? Jelaskan.

    BalasHapus
  16. Krisis hubungan indonesia - ussr?
    Program hibah F 16 (which i support)?
    Ataupun komen nasionalis tidak bertempat bro muarif?
    Yang mana 1 tidak benar bro?

    BalasHapus
  17. Atau kamu mahu mengatakan yg forumer indonesia sahaja dibenarkan utk memberi komen dsini? Jd mengapa ada subjek khas mengenai Malaysia di blog ini? Bg aku blog ini mempunyai subject matter yg cukup menarik. Penulisannya juga bersifat neutral. Btw tdapat ramai forumer indonesia yg berdialog d blog2 pertahanan milik malaysia. Open ur eyes a bit bro. Stigma permusuhan dan ancaman malaysia - indonesia tidak akan membawa kamu kemana mana.

    BalasHapus
  18. Yg salah siapa si?? Sebenarnya.. coba kita balik kembali mula pembelian pesawat bekas f16 ni. Ketika itu pemerintah ingin membeli 6 unit baru f16 blok52 asli. Tidak ada calon pespur lain. Hanya f16 kerana untuk melengkapi 1 squadron di wing 3 iswahyudi yg hanya ada 10 unit f16 blok A/B. ASU yg di pimpin oleh barak obama menawarkan 24 + 6 sucad bekas dari amarc. Perbicangan dan perjumpaan dgn wakilx2 dpr pun berlangsung membahas hal ini menentukan mana yg hendak dipilih f16 blok 52 baru atau mengambil 24 bekas itu plus upgrade dgn kos usd 750 juta.. Disebabkan TNI AU kekurangan pespur untuk menjaga dan mengawasi ruang udara NKRI yg sgt luas. Maka dipilih lah 24 bekas dgn syarat diupgrade menjadi blok 52 atau setara blok 52. Itu yg diminta oleh DPR harus setara blok 52. Disini siapa yg salah? Pemerintah atau ASU. Itu ASU ngak maksa mau ambil bekas atau beli baru. Semua keputusan dari pemerintah. Mereka yg buat keputusan. Mereka lebih senang klu beli baru kerana ngak rewet ngurusnya. Duit yg masuk lebih besar dari bekas + diupgrade.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Imo X ada salahnya bro. Cuma membeli barangan terpakai ini memang ada risikonya. It comes with the territory. Isunya sejauh mana kemampuan pihak TNI AU dalam melakukan penyelenggaran terhadap aset udara ini bg mendapatkan tahap operasi yg tinggi tanpa mengabaikan aspek2 keselamatan. Singapura sbg contoh adalah pengguna pesawat skyhawk. Skuadron pesawat ini terkenal dgn tahap operasi tinggi dan kadar kemalangan yg rendah setelah kerja2 naik taraf dijalankan. Berbeza pula bila ianya dioperasikan oleh pihak TUDM. Ianya banyak bergantung kpd pengguna itu sendiri..

      Hapus
    2. Yang salah banyak...
      Mulai dari pemerintah baik itu eksekutif, legislatif dan user(tni au) dan jg masyarakat indonesia yg malas bayar pajak dan lebih suka ngasih duit ke koruptor, ke oknum, ke preman. Sisi baiknya di pembelian f16 ini adalah kontrak $750jt sudah termasuk pengadaan sparepart dalam jumlah memadai, dan itu yg terpenting. User juga dlm hal ini sdh lebih paham apa yg di mau,dan rakyat jg lebih paham bahwa urusan perut dan pertahanan negara itu harus sejalan.

      Hapus
  19. kita bicara alutsista pastilah berkubang ke politec...sejalan berjalan waktu menjaga ke untuhan negara nkri maha luas sudah terpanpang maha beràt dan kita tahu calon adi kuasa baru setelah china dan India sudah terpanpang jellas republik nusantara !!!
    kembali ke alutsista sejarah adalah guru terbaik untuk menjaga republik maha luas butuh jet tempur tàmpa persyratan megikat yaitu bomber multi roll( Sukhoi 34 fullback) 2 skuadron bukan jet tempur tua hibàh tàmpa senjata seperti di foto di atas .

    BalasHapus
    Balasan
    1. Zaman bu mega juga beli sukhoi kopongan, ketengan cuma brapa biji sukhoi, tanpa sparepart cadangan, peluru,rudal,sparepart,di beli di zaman SBY loh. Ga ada masalah kan. Bicara sejarah, soviet pernah mengembargo indonesia loh,makanya armada mig,tupolev,kapal perang dan kapal selam pada mangkrak, jd yg di maksud sejarah tanpa syarat mengikat itu yg mana bro muarif?

      Hapus
  20. Kamu tahu apa fungsi pesawat sukhoi 34 itu bro? Pembelian pesawat memang tanpa pakej senjata. Pembelian senjata biasa dibuat dlm pakej perolehan yg berasingan. Pesawat sukhoi 27 sk, skm dan 30ki TNI AU juga asalnya dterima tanpa sebarang sistem persenjataan. And the problem is??

    BalasHapus