24 Desember 2015

FA-50PH PAF Dipersenjatai Rudal AIM Sidewinder

24 Desember 2015


FA-50PH dengan rudal AIM-9B (photo : Iam Hanz)

Pinoy Aviators satu situs penerbangan Philippine baru-baru ini memuat rangkaian foto pesawat Angkatan Udara Philippines (APF) dalam rangka Hari Ulang Tahun AFP (Armed Forces of the Philippines) yang ke-80. 

Beberapa gambar yang menarik adalah foto pesawat latih tempur dan serang ringan FA-50PH yang telah dilengkapi dengan rudal udara udara Sidewinder.

FA-50PH dengan rudal AIM-9B (photo : Kingjohnjoshua Bauyon)

Sebagaimana diketahui, paket persenjataan pesawat Golden Eagle ini - termasuk rudal udara ke udara - anggarannya baru diajukan sehingga praktis PAF belum menerima rudal untuk pesawat tersebut.

Rupanya rudal Sidewinder yang digunakan adalah jenis AIM-9B yang merupakan inventori PAF yang masih terawat dengan baik.

Rudal Sidewinder seri AIM-9B dalam inventori PAF (photo : Roy Kabanlt)

Rudal AIM-9B ini merupakan senjata yang dulunya digunakan untuk melengkapi persenjataan pesawat tempur F-5A/B Angkatan Udara Philippines. Pesawat ini digrounded pada tahun 2002 namun secara resmi dipensiunkan pada 28 Oktober 2005.

PAF mengoperasikan pesawat FA-50PH ke dalam 5th Fighter Group pada Skuadron Udara 7th Tactical Fighter Squadron "Bulldogs" yang berpangkalan di Basa Air Base (RPUF).

(Defense Studies)

16 komentar:

  1. jet tempur Latih t50 buatan Korea sudah makan korban bukan di gembor gambor seakan akan jet latih buatan Korea tàmpa cacat , ke jadian di jawa tegah jatuh nya jet latih t50 akibat mesin mati dan kursi pelontar tidak berfungsi akibat nya pilot tni au gugur wajip di investegasi melibat kan pihak independent supaya ke jadian serupa tidak terulang .

    BalasHapus
    Balasan
    1. Assalam mas, ada link untuk report kecelakaan pesawat t 50?

      Hapus
    2. Cek di subforum militer kaskus.co.id. jangan tanya si muarif, nyasar ga bisa pulang ente nanti.

      Hapus
    3. jet latih abal abal t50 mirip mobil buatan Korea broo ...body desain tidak kalah cantik buatan jerman ...cuma cuma soal ke selamatan buat sang pilot Allah huak lam kursi pelontar di tarik berulang ulang ejeck ...ejeck blar blar putra bangsa terbaik baik tni au gugur sia sia ....hanya saran lypakan ocehan( si bebei) ini antec barat !!! musti kita tangkap ikat atas bawah baru tahu rasa .

      Hapus
    4. Setahu aku pihak TNI AU masih belum mengeluarkan laporan khas mengenai punca kemalangan maut tersebut. Jarang sekali berlaku kerosakan serentak kerusi lenting. Semuanya masih d peringkat siasatan dan spekulasi. Btw pesawat YAK 130 juga pernah mengalami kecelakaan sehingga membawa kepada kematian juruterbangnya. Apakah kamu selaku fans berat russia boleh dtangkap dan diikat atas dan bawah oleh teman senegara kamu pula bro muarif bayhaki?

      Hapus
  2. jet latih t50 buatan Korea tni au jatuh bisa di pastikàn bukan krusakan mesin , tapi ada kesalahan desain perangkat kotak kendali system computer tidak berfungsi dengan baik ...mesin mati dadakan kursi pelontar tidak berfungsi bisa bisa mirip mobil buatan Korea . mobil buatan Korea anda tahu sendiri masih baru tahu 2 mesin mati semua system tidak berfungsi cek and ricek ada krusakan kotak system computer berkualitas buruk .

    BalasHapus
  3. Kotak system komputer???? Ck ck ck..

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehe ....kalau kurang jellas system kerja avionic computer pesawat tak bawak ke gurun Arizona ....di situlah anda paham kerja perangkat kendali computer pesawat terliahat jellas broo ....bongkar làngsung di lapangan àpa isi dalam perut jet tempur f16 dan Boeing 747 jumbo jet. maaf brooo kayak nya anda buta hurup hanya pandai gonta ganti nama di media .

      Hapus
    2. What? Flight computor error? Sejak bila pula kerusi lenting sesuatu pesawat dikawal oleh sistem komputer tersebut????? Anda jelas dan paham atau tidak dgn fungsi sistem yg kamu sebut ini td bro muarif??

      Hapus
    3. Muarif bayhaqi
      Anda harus sedar bahawa stigma anda terhadap barangan buatan korea adalah sama seperti pandangan masyarakat barat terhadap produk buatan jepun pada tahun 80an. Its cheap and unreliable. But look at them now. Korea merupakan pengeluar kapal terbesar dunia. Ianya juga agak maju d bidang aeronautik sehingga indonesia turut melabur dan terlibat d dalam projek kfx. Btw kerusi lenting tdak dkawal oleh sistem komputer pesawat seperti yg kamu sebutkan. Ianya direka sedemikian rupa agar ianya mampu berfungsi walaupun pesawat kehilangan kuasa ataupun terdapat kerosakan pd sistem komputer pesawat. Sama seperti d pesawat keluaran russia yg kamu agung agungkan. Daripada kamu terus berhujah tanpa fakta dan menimbulkan fitnah lebih baik kamu mendiamkan diri bro. Beri masa dan ruang kpd pihak Tni AU utk melakukan siasatan.

      Hapus
    4. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
  4. eeeeh baru tahu T50i. jatuh di jateng........
    berati sdh dua dong. yg satu di DIY.

    BalasHapus
    Balasan
    1. sayaa ga tahu jawa tegah atau system monarqi di diy hidup pangkuan republik tapi ada propensi meganut system kerajaan dektator lah

      Hapus
    2. Wahahaha... jatuh di jateng..makanya kalo mau ngomong mikir duluuu jd ga ketauan begonya... huahahahahaha...

      Hapus
  5. Orang goblok itu suka ber asumsi sendiri .. Bedain jateng ,DIY saja salah apalagi .. Haha

    BalasHapus