22 September 2017

Kemahalan, Pemerintah Nego Ulang Harga Barter 11 Sukhoi

22 September 2017

Pesawat tempur Su-35 (photo : Artyom Anileev)

JAKARTA, KOMPAS.com - Pemerintah ingin, dengan imbal dagang senilai 1,14 miliar dollar AS yang awalnya akan digunakan untuk mendapatkan 11 Sukhoi Su- 35, bisa mendapatkan pesawat lebih dari yang direncanakan.

Maklum saja, berdasarkan data Wikipedia, harga satu unit Pesawat Sukhoi Su-35 diperkirakan antara 40 juta dollar AS-65 juta dollar AS.

Artinya, dengan imbal dagang 1,14 miliar dollar AS, harusnya jumlah pesawat yang bisa didapat sekitar 15 unit - 17 unit.

Mardiasmo, Wakil Menteri Keuangan mengatakan, untuk mewujudkan keinginan tersebut pemerintah akan merenegosiasikan rencana pembelian jet tempur asal Rusia tersebut. Renegoisasi dilakukan atas perintah Presiden Joko Widodo (Jokowi). 

"Presiden hanya ingin harga dinegoisasikan supaya lengkap dapatnya, dinegoisasikan supaya dapat lebih banyak," katanya di Jakarta, Rabu (20/9/2017).

Mardiasmo mengatakan, negoisasi akan dilakukan oleh Ryamizard Ryacudu, Menteri Pertahanan dan Gatot Nurmantyo, Panglima TNI. Pemerintah berencana melakukan imbal dagang dengan Rusia untuk mendapatkan Pesawat Tempur Sukhoi Su-35.

Ryamizard mengatakan, dari imbal dagang tersebut pemerintah bisa mendapatkan 11 pesawat. Direktur Fasilitasi Ekspor dan Impor Kementerian Perdagangan mengatakan, dari sisi Indonesia, nantinya ada 16 komoditas yang akan dimasukkan ke dalam kesepatan imbal dagang dalam pengadaan Sukhoi tersebut.

Produk tersebut antara lain CPO beserta turunannya, tekstil dan furnitur. Selain itu, produk pertahanan buatan Indonesia juga akan masuk dalam komoditas yang diimbaldagangkan.

Ke-16 produk tersebut merupakan permintaan dari Rusia. "Dan saat ini kami sedang koordinasi dengan eksportir untuk memenuhi itu,"katanya. 

(Kompas)

66 komentar:

  1. mbuleettt...!! beli dikit tp bnyk gaya...

    BalasHapus
  2. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  3. Soal pertahanan rezim jokowi selama 3 tahun lebih gak bisa berbuat apa2 kecuali goceh doang di media .

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kenapa?
      Biasanya ente optimis sama barang rusia ..hahahaha

      Hapus
  4. kata mbak mbak spg penjual mobil..'' konsumen kere duit cekak biasanya paling rewel tapi selera tinggi.....kalau malu merasa gak mampu beli mobil mercy mereka berdalih negosiasi yg gak masuk akal biar kesepakatan batal tapi bisa menutupi malu karena emang gak mampu duitnya''

    BalasHapus
    Balasan
    1. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
    2. ada team pasukan sakit hati gara2 diputerin film g30s.....sebagai balasan order pesawat dimbuletin aja yg super lama biar kapok katanya wakakakakaka

      Hapus
  5. Waduuuhhh.... beli 11 batang aja ributnya bukan main, pelit banget... pada hal untuk pertahanan negara untuk menjaga kedaulatan negara, yah kalo belinya 2 skadron boleh lah... lha ini belinya ngga seberapa ngga jelas jumlahnya katanya 8, katanya 11, katanya lagi 18... belom lagi dengan bla... bla... bla... sampe-sampe panglimanya teriak-teriak masih nyantai aja seperti di pantai.. haha.. haha..
    😝😝😝

    BalasHapus
  6. mungkin efek diputerin film g30s......jadi keinginan pak gatot supaya cepet belinya malah disabotase digagalkan karena film itu

    BalasHapus
    Balasan
    1. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
  7. dalam dunia permainan intelejen...'' semua orang pasti tak mau dituduh....tapi ideologi dalam hati dan fikiran tak akan mati....bagaimana bisa membaca ideologinya???harus ada suatu pencetus...agar genk gerombolan ideologi mereka muncul semua.....dan film diputar.....pihak mana yg rilex....pihak mana yg kepanasan....ya itulah jalan fikiran dan ideologinya''

    BalasHapus
  8. Whua,ha,ha..emang ini rejim pencitraan..para Jokowow selalu bilang rejim SBY lelet dan penuh pencitraan..lah kslau gitu rejim Jokowi apa tah..rejim jalan ditempat dan pencitraan narsis..ha,ha..

    BalasHapus
  9. Wkwkwkwk.....sabar...orang sabar pantat nya lebar pantat lebar kebanyakan makan nasi bebek.......

    BalasHapus
  10. Orang2 di forum militer luar negeri aja sampe bosen. Kasihan Rusia, udah offsetnya banyak, bayarnya nggak pake uang, sekarang mau dinego habis2an. Kalau mereka nggak jadi jual, ngerti kok. Ga apa2....kasian

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aneh..... kasihan kok sama rusia...... ini betul karena harganya memang terlalu mahal.... kalau bisa dapat murah kan bagus.

      Hapus
    2. Lha...Cina belinya kan harganya segitu, $2 billion dapat 24 unit. Pake cash, ga ada offset dan bayar pake kerupuk. Baca2 dong

      Hapus
  11. Dapet banyak tapi ompong juga buat apa

    BalasHapus
  12. Tpi kayaknya bakal batal Ini kalo dinego lagi. Siapa tahu pengen ngincer Viper block 72. Atau ganti haluan Gripen dor

    BalasHapus
    Balasan
    1. cakep lah kalau ini. biar mudah integrasinya dengan gerombolan elang besi yang ada saat ini

      Hapus
  13. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  14. Sabar akang...su 35 pasti datang...10 tahun lagi

    BalasHapus
  15. ini balasan gara2 bawel maksa muter film g30s......dibales.. '' su35 bataaaallll jendrallll''

    BalasHapus
  16. Indon Indon 😝🤣 AKAN BELI lagi nampak nya!! Indon memang suka omong kosong!!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Malaysia negara kaya, najib kasih duit buat bantu memperkuat ekonomi as.... War biyasah, satu warganya disini nyasar cmn jadi pengecualian... Pasti trus ngilang wkwkwkw

      Hapus
    2. Awas ada Maling..malingggg.
      Kapal fregat aja OMPONG isi baloon 3 biji koneng2 buat nyenengin ompol biji, alay ame sapik pik haha!

      Mao ngemenk ape luh ompol biji alias saiful azmi husin.

      Heran dech suka bingit ganti nama, pdhl mukanya sama aje cem biji haha! Tung tung tung

      Hapus
    3. Itulah mas bedanya TNI yg filosofinya "AKAN" dengan TLDM yg "MRCA" minded.

      Ssstt.... btw sampiyan tau kan mas arti MRCA ?

      Kalo gak tau sini saya kasih tau... MRCA itu artine Military Requirement CAncellations mas... :-)

      Hapus
    4. Daripada malaysia negara ngaku kaya nyatanya duit kosong heheheheee.... beli pesawat pejuang baru tak mampu, akhirnya MIG 29 usang mau di upgrade..... kasihan.... anggaran pertahanan malaysia kecik.

      Hapus
    5. Anjing paul mulai lagi...diemin aja anjing malon

      Hapus
    6. malonte koar koar lagi...askar injak injak bumi hasil wanita korban pria?

      Hapus
  17. Haaaahhh????? WIKIPEDIIIIAA??? guyon, iki

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wkwkwkwk harap maklum, apalagi udah dikasih TOT masih aja minta banyak.

      Hapus
  18. kalau menurut hukum bisnis,
    china belinya lebih banyak dan pembayarannya menggunakan USD, Russia yg saat ini sedang diembargo amerika jelas lebih membutuhkan USD yg bisa digunakan sesuai dengan keinginannya, sedangkan Indonesia belinya lebih sedikit pembayarannya menggunakan komoditi, jadi wajar china dapat harga lebih murah, dimana² kalau jualan mesti jelas lebih senang dibayar pakai duit daripada barter. saya ya mendukung saja semoga negonya berhasil

    BalasHapus
  19. Rejim mbulet, mirip telor.. ini telor'y telor busuk, telor'y 1 biji tp bau'y k mna2. beli'y dikit tp lama'y melebihi episode tukang bubur naik kampret.

    BalasHapus
  20. Sdh dibilang ggak boleh sama majikan dr benua selatan dan benua seberang barat....ngeyel sih....mk nya dijegal oleh boneka kedua majikan 😁......coba beli f16 pst lancar ggak perlu repot tot...barter ....dll...manuk ajah 😂

    BalasHapus
  21. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  22. Bukan kemahalan..kita aja yang gak punya duit...😂

    BalasHapus
    Balasan
    1. Anggaran nya sudah ada loh,tapi memang untuk meng akuisisi su 35 yang hanya 11 biji kaya nya memang ke mahalan, kalau di hitung per 1 unit su 35 bahkan lebih mahal dari f 35 yang bahkan udah generasi ke 5

      Hapus
    2. Rifki@ laah ngitungnya ente seperti apa? Kok bisa bilang lebih mahal F35?
      Anggaran kalau sudah ada ea tinggal tambah kan,kenapa harus nego lagi?
      Kalau masih bilang kemahalan dan mau nego lagi ea berarti gak punya duit

      Hapus
  23. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  24. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nah, jelas makin mundur teratur. Pak RR Nov teken kontrakan, pak W barter Des, ntar ada lagi Jan 18, dan lagi..dan lagi semoga lancar amiin

      Hapus
  25. pejabat oh pejabat... d gaji buat mbuleet doang..

    BalasHapus
  26. Beli dikit ngomel, nambah dikit ngomel...kalo gak dibliin, yach ntar f5 tiger dibliin batre baru rebes jg haha!

    Eh 410 cakep jg yak malem2, drpd fusink bisuk ntn yg mulus2 yuuk di granciti

    BalasHapus
  27. Udah gak usah di ributin lagi maslah su 35 di beli itu pasti, ikuti aja alury ngapain di bikn ribut rusia aja enjoy aja tetap tersenyum

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya curiga jangan2 tank amphibi yg kemaren2 ditengok2 TNI mau dipaketin sama Sukhoi juga mas ?

      Hapus
    2. Iy emang satu paket, state credit yang 5,7 miliar dollar as itu

      Hapus
  28. Semoga yang terbaik kita dapatkan nantinya... Tetep optimis rek!!

    BalasHapus
  29. Kalo melihat rekam jejak TNI selama ini sih (3 thn belakangan) project "AKAN" nya selalu berbuah menjadi kenyataan mas.. kecuali saat krismon.

    Project "AKAN" alias kata para hatters "OMDO" yg jadi kenyataan :
    - Leopard
    - Marder
    - Caesars
    - Vampire
    - Paladin
    - Upgrade F16
    - New LPD
    - M113
    - LVTPA7
    - Arisgator
    - Radar Baru
    - Heli antisubmarine Panther
    - New Fregat
    - BTR
    - Kasel
    - Pandur
    - Heli Apache
    ...
    ...

    Duhh masih banyak mas ampe bingung nulisnya project "AKAN" ini... :-)

    Hidup TNI...Hail !!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ooii..itu mayoritas proyek 'akan' yg loe sebut..di deal di jaman SBY..lah kalo yg skrg..ngk tahu kpn 'akan'nya..

      Hapus
    2. Antek@ LPD,sph155,arisgator,tambahan caesar,startrek,pandur,btr,nassam itu apa?

      Hapus
  30. Masa harga sukhoi berdasarkan wikipedia..keliatan mau cari SU 35 kualitas terendah..yg penting tampang luar bentuknya SU 35.. Mau gaya ecek ecek aja.. Kasihan TNI AU

    BalasHapus
  31. Kalo harga su 35 kita lebih mahal dari punya y china wajar lah, china beli su 35 Kosongan gak full armament mereka senjata bisa buat sendiri

    BalasHapus
    Balasan
    1. https://www.jejaktapak.com/2017/08/22/su-35-indonesia-seharga-rp12-triliun-per-unit-murah-apa-mahal/

      Hapus
    2. Hahaha itu salah tulis mas , siapa yang mau beli kalo 1 unit y RP 12 t, misaly kita beli 10 unit , 12 x 10 = 120 t habis itu anggaran belanja militer kita cuma buat beli sukhoi doang , lah TNI AD ma tni al ngamuk nanti , prajurit gak di bayar gaji , perawatan alutsista semua mangkrak gak jalan , karena anggaran 100t habis buat beli sukhoi, harga f35 aja gak nyampe segitu

      Hapus
  32. Menurut Menteri Pertahanan Ryamizard Ryacudu mengatakan, awalnya pihak Rusia menawarkan harga US$150 juta (sekitar Rp2 triliun) untuk satu unit Flanker-E. Setelah dilakukan tawar menawar akhirnya disepakati harga US$90 juta atau sekitar Rp1,2 triliun per pesawat.

    BalasHapus
  33. semoga bisa lebih banyak..kalo ngga ya kita ambil gripen..terpaksa

    BalasHapus
  34. Gimana reaksi gi pas baca berita ini?

    BalasHapus
  35. Gimana reaksi gi pas baca berita ini?

    BalasHapus