24 September 2017

Tank Medium Pindad Bersiap Ikuti Parade HUT TNI

24 September 2017


Kedatangan bodi tank medium kerjasama Pindad-FNSS (all photos : defence.pk)

Dikirim dengan pesawat kargo IL-76TD buatan Rusia, bodi tank medium hasil kerjasama Pindad-FNSS tiba di bandara Soekarno Hatta sesuai rencana pada tanggal 23 September 2017. Untuk selanjutnya bodi tank buatan FNSS ini akan dipasang turret yang merupakan tanggung jawab PT Pindad.



Turret tank medium ini menggunakan jenis Cockerill 3000 series tipe CMI-3105HP buatan Belgia dengan kanon 105mm, tipe turret 105mm ini sama dengan turret yang akan dipasang pada tank boat Antasena dan panser Pandur II 8x8.



Sebagaimana diketahui pada tahun 2014 Pindad telah bekerjasama dengan produsen turret asal Belgia Cockerill Maintenance & Ingenierie SA Defense (CMI) untuk melakukan produksi lokal atas sistem meriam atau turret kaliber 90 mm dan 105 mm dari CMI untuk dipasang di kendaraan tempur produksi Pindad. Atas kerjasama ini Pindad mendapatkan lisensi untuk pembuatan turret CSE 90LP kaliber 90mm dan CMI-3105HP kaliber 105mm.



Jika prototipe#1 tank medium buatan Pindad-FNSS ditampilkan pada pameran IDEF 2017 yang berlangsung di Ankara pada 31 Mei - 02 Juni 2017 yang baru lalu, maka tank medium prototipe#2 akan ditampilkan pada parade HUT TNI ke-72 pada 5 Oktober 2017 yang akan dilangsungkan di Cilegon, Banten.



Sesuai dengan MEF 2024 TNI AD akan menggelar 15 Kodam dan 4 divisi Kostrad hingga tahun 2024, dengan demikian diperlukan 19 batalyon tank. Jumlah ini akan dibagi ke dalam 5 tipe : tank ringan (90/105mm), tank medium (105mm), MBT (120mm), panser kanon 6x6 (90mm) dan panser kanon 8x8 (105mm). Jika 1 batalyon terdiri dari 4 kompi dengan jumlah 48 tank maka dibutuhkan total 912 tank. Jika jumlah ini dibagi merata (kecuali MBT) maka kebutuhan riil tank medium TNI AD adalah 4 batalyon atau sekitar 200 tank.

(Defense Studies)

58 komentar:

  1. Air lift lagi, demi ikut parade! Niat yang penuh kesungguhan :D good job!

    BalasHapus
  2. Next medium tank for sale. Pinoy army should be buy this tank to crush marawi isis.

    BalasHapus
  3. akhirnya nongol juga..metode kplan makin rame parade HUT TNI ke 72 bravo tni

    BalasHapus
  4. Ni beli aset utk parade je ke...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kau baca paragraf terakhir,indonesia nanti akan punya 29 batalion tank yg terdiri dari 5 type,medium tank ini salah satu typenya,bila medium tank lulus uji test makan TNI akan beli medium tank sebanyak 200 biji

      Hapus
    2. Yang penting beli 😛

      Hapus
    3. Sesuai rencana awal buat ngebantuin AMX wa bakal 300san

      Hapus
    4. Tank amx 13 itu masuk kelompok light tank mas, jumlahy aja sekitar 400 unit, setelah di retro bisa dipakai sampai 15 tahun lagi, kalo buat ganti amx 13 yavharus dari light tank lagi, kan pindad juga mau buat light tank kalo medium tank sudah di produksi masal

      Hapus
    5. Rencana produksi sampai 500 unit, untuk tahap awal beli 100 unit dulu untuk 2 batalion , karena 1 batalion kavaleri butuh 50 unit tank lebih, parade ini untuk menunjukkan dan memperkenalkan sekaligus mempromosikan ke dunia luar keberhasilan produksi pindad -fnss dalam kerjasama medium tank

      Hapus
    6. Bisa jadi 5 thn lagi Indonesia menjadi pengguna Tank terbesar di Asia Tenggara yah mas ?

      Hapus
    7. Doni@ tolong kasih source ente,..ente dapet dari mana?
      Penasaran atas keyakinan ente,
      Bahwa kaplan gak akan mengantikan AMX?
      Apa yang mebedakan antara amx dan kaplan sehingga harus di bedakan?
      Mau di retro bagaimana pun tetep saja komponen utama dari AMX sudah gak produksi lagi, contoh busi aja sudah pakai busi vespa..

      Hapus
    8. Doni@ https://www.pindad.com/pindad-bakal-produksi-100-medium-tank-di-2018
      Di situs pindada saja di bilang kalau kaplan mau menggantikan bukan melangkapi

      Hapus
    9. http://militermeter.com/turki-pamerkan-tank-medium-kaplan-hasil-kerjasama-dengan-indonesia/
      Di sebutkan untuk menganti AMX

      Hapus
    10. http://bisnis.liputan6.com/read/3102285/pindad-bakal-produksi-100-medium-tank-di-2018
      Disini menggantikan tank lama

      Hapus
    11. kalau aku mending untuk melengkapi aja daripada di buang/di musiumkan,
      mending di rawat dan di jadikan aset cadangan tni, negara lain aja ada yang masih pakai m2 light tank,kwkwkwk
      karena tank nggak kaya pesawat di retrofit bisa jadi kaya baru lagi. kalau soal komponen mesin kan bisa di akali.
      lha wong isu 152 ndongkrok aja bisa di nyalain,banyak penghobi dari masyarakat biasa di luar negri yang retrofit tank ww2 kaya tiger t34 dll..
      kalau soal kecanggihan ya canggih tank modern to apa lagi ada auto loader, dan armornya mungkin sudah beda atau mungkin composite. yang penting pelornya di buat yang mantab.

      Hapus
    12. @zaka

      Ya udah terserah situ, buat ngebantuin ato ngegantiin, gimana baeknya aja...asal jangan salah bilang 500 jadi 5000 ya, tar berabe urusannya

      Hapus
    13. Smili@ ane siapa kok terserah ane,bagi ane ngasih info jangan ngasal harus ada sumber dapet di percaya...

      Hapus
    14. Artword@ menurut ane sih dari pada ngeretrofit AMX yang 10m perunitnya
      Mending di jadiin sasaran tembak uangnya di belikan leopard2 aja,..
      Tapi selama kaplan belum mencukupi pasti masih di pakai itu AMX...


      https://m.tempo.co/read/news/2014/03/26/173565646/retrofitting-tank-ringan-amx13-tni-sudah-rampung

      Hapus
    15. Murahkan 10M,..harga leopard berapa?..woke jika terpenuhi..tidak semua tempat bisa dijangkau MBT sekelas leopard..leopard nantinya akan dicampur masuk ke 48 unit tsb,tapi perbandingannya berapa2 nah..kurang tahu saya..wkkwkw malah flesibel jika bisa diganti busi vespa..kayaknya itu mesin yg lama..makanya direttofit sekalian ganti mesin diesel..ya kalopun diganti 15 tahun lagi..yg kemunhkinan besar yg dipakai laras dan meainnya..bodi ngembangin sendiri..

      Hapus
    16. Saya tambahin...itu masuknya divisi kavaleri kayaknya...belom divisi mekanis(pertahanan berat paling luar)

      Hapus
    17. kalo sama sama 10m mending beli mbt jadul, kaya t64/t65, ingat hampir semua tank termasuk mbt akan hancur dengan mudahnya jika di cium ATGM, keunggulan medium tank ya harganya yang murah bisa buat support, buat nembakin semoke grande shells saat melindungi mbt, buat nembak track, buat nembak tempat untuk melihat/periscope, buat nembak bokong/bagian samping tank lawan, buat nembak dinding dan melumpuhkan pembawa atgm gendong, buat nembak pasukan logistic lawan,buat nembak panzer,aiv atau tank kecil dan masih banyak lagi. kalo untuk eye to eye lawan MBT masih sulit, yang penting harganya murah masih cocok buat support.

      Hapus
    18. Jendral@ harga leopard 2 http://www.kompasiana.com/120673/tni-lebih-tahu-mesin-perang-apa-yang-mereka-butuhkan-termasuk-tank-leopard_54f7cd99a33311df1d8b4a3e

      Leo standar 700rb Leo Revo 1,7jt
      Saya tanyakan sama ente..lebih baik mana retrofit AMX sama leopard2 A4
      ??
      Ente masih menganut faham ambles wa?

      Hapus
    19. Artwod@ sudah ada leo kok masih mau nambah jenis..inget losgitik
      Ane mau tanyakan sama ente Leo gak punya branded smoke?
      Emang MBT gak bisa melakukan semua yang ente sebutkan di atas?
      Tapi ada yang gak di punya medium tank tapi dipunya MBT

      Hapus
    20. @zaka kalo harga emang segitu..tapi nanti mahal di pelor dll..makanya diupgrade yg sudah ada...ambles??..saya dulu ikut yg menyatakan tidak ambles pada awal pembelian di warung sebelah..tapi juga tidak semua keras..terutama lebar jembatan..untuk daerah dekat perbatasan..makanya ada pembelian rig ponton,saya juga gak tahu kenapa pembelian kog tidak ditambah jika harganya cuman segitu...heheh..soalnya murah banget kalo ukuranya MBT..1,7 jt utk revo..sekali lagi...lebar jembatan..

      Hapus
    21. Jedral@ pertanyaan ane lebih baik mana lebih baik mana retro amx atau leo2 a4?
      Ea kalau ente nyari murah retro aja salidin 76mm pasti peluru saladin lebih murah dari pada amx yang 105mm,..
      Jembatan?
      Masalah jembatan tolong dong berita jembatan ambruk gara2 di lewati. Leopard..?
      Kan leopard sudah jalan2 kemana,..

      Hapus
    22. Dan carikan berita masalah yg di sebabkan leopard2 waktu lewat jembatan di karenakan lebar jembatan

      Hapus
    23. @zaka https://www.google.co.id/search?q=AMX+13+tni+latihan&client=tablet-android-lenovo&prmd=ivn&source=lnms&tbm=isch&sa=X&ved=0ahUKEwiHw8vz8sbWAhUHHpQKHdIXBR4Q_AUIESgB&biw=600&bih=1024#imgrc=nGZLhuvOBSw4AM: disitu ada foto lebar jalan yg dilalui AMX VCI..lebar jalannya pas 1AMX ..jadi jika ada jembatannya kurang lebih lebaran sedikit,lebar AMX 2,51 m,...lebar leopard 2 3,75m..kalo masalah jembatan ambruk belom ada,soalnya sopirnya sudah mengukur mau dilewatin atau nggak..kalo sopirnya gak tahu..bisa disuruh nyopir angkot sama komandannya..kalo yg dileawti atau sekelas jalan kabupaten pasti masih kuat jembatannya..

      Hapus
    24. Jawaban saya..tetap butuh semua..tergantung penempatan dan geografi diindonesia soalnya beda2..nyari murah utk ukuran tank bro..kita ngomongin tank..

      Hapus
    25. https://id.wikipedia.org/wiki/Pengelompokan_jalan ukuran jalan diindonesia soalnya kalo terjadi perang..tidak bisa milih tempat..

      Hapus
    26. Jika masih tidak jelas tanya langsung ke TNI..kalo perlu dibagaian strategicnya...ahhahaha

      Hapus
  5. Body hull depan y prototype pertama jelek, semoga prototype ke 2 bisa di perbaiki, kasus amx 13 setelah di retro body hully jadi bagus jauh dari design asliy

    BalasHapus
  6. Baru aja pulang dari lokasi acara di Indah Kiat Merak... seneng banget bisa liat langsung Tank baru TNI macam M113, Paladin dan yg paling fresh, Pandur 2 tadi. Sayang Arisgator belum keliatan hari ini... mudah2an saat acara puncaknya bisa hadir bersama Kaplan nanti. :-)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kelupaan tadi ada juga Anoa 6x6 versi amphibi yg pakai baling2 gede dibelakangnya.

      Disamping dermaga dari puluhan kapal perang yg sandar termasuk 2 LPD dengan membawa 2 heli diatas kapalnya, saya melihat KRI RE Martadinata yg paling eye catching...lumayan futuristik modelnya.

      Hapus
    2. Kelupaan tadi ada juga Anoa 6x6 versi amphibi yg pakai baling2 gede dibelakangnya.

      Disamping dermaga dari puluhan kapal perang yg sandar termasuk 2 LPD dengan membawa 2 heli diatas kapalnya, saya melihat KRI RE Martadinata yg paling eye catching...lumayan futuristik modelnya.

      Hapus
    3. Super@ m113 bukan tank..
      SPG m109a4BE bukan paladin

      Hapus
    4. Maap salah tulis kecepetan hehehehehe....

      Hapus
    5. Super@ gak ap2 sama2 belajar ane juga belajar

      Hapus
  7. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  8. Tanknya butuh segitu,IFVnya??...APCnya???...anti udara setara tunguska???....xiixixix(kalo pengen lengkap formasinya..walaupun baru berjalan tapi semua kan terpenuhi)..kenapa butuh setara tunguska atau pantsyr..yg bisa mobile langsung,..kalo yg dipunya sekarang sifatnya baru ngebase..utk tipe markas..tapi tetep mantaap!!.

    BalasHapus
  9. Dengan belasan ribu pulau dan selain pulau2 besar yang berbatas denga. Negara lain, ada juga pulau2 kecil yang berbatas dengan negara lain, kementerian pertahanan, Bappenas, dan DPR R.I serta DPD harus memikirkan keamanan dan pertahanan pulau2 tersebut baik besar dan kecil, termasuk dalam pengadaan tank dari berbagai ukuran mulai dari kelas berat sampai kelas ringan dan juga panser dati roda 6 sampai roda 8, yang menurut saya, saya sendiri sebagai masyarakat masih belum puas dengan design dan yang ada, yang harus dipikirkan adalah dalam pengadaan juga tank dan panser tersebut dilengkapi dengan persenjataan multi guna jangan hanya canon 105 mm atau 120 atau 125 mm, melainkan semuanya dilengkapi alat penglihatan malam, infra merah, jammer, anti jammer, peluncur rudal anti tank, peluncur rudal anti pesawat, meriam 30 mm atau oerlikon, untuk melindungi aset tank dan panser itu sendiri, kemudian dari sisi depan dan belakang dilengkapi senapan mesin yang berperisai, dan juga dari sisi samping, dilengkapi kamera bukan hanya 1 unit, melainkan sampai 5 unit, dari samping2, depan dan belakang serta dari atas, juga dilengkapi radar dalam jarak 100 m utk peringatan apabila ada rudal yang diluncurkan oleh lawan, kompartemen pintu darurat bagian bawah, serta tabung oksigen darurat, dan tempat untuk logistik makanan, minuman dan obat2an di tank dan panser untuk 8 hari, serta alat berupa tenda dan selimut tank juga panser yang berkamuflase sesuai dengan lingkungan, dilengkapi dengan alat utuk mengetahui posisi tembakan lawan, utk melancarkan serangan balik, serta emergency lamp yang dilengkapi panel surya, portable telp satelit dengan tenaga matahari,

    BalasHapus
    Balasan
    1. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
    2. Selain punya kemampuan amfibi, jangan lupa juga harus dilengkapi sistim "anti hoax"...mosok jendral makan hoax, xixixixi

      Hapus
    3. Sekalian aja di lengkapi TV sama kulkas...

      Hapus
    4. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
  10. Dari 5 tipe tank dan panser itu saya pikir totsl angka 900 untuk 5 tipe dinilai masih kurang, paling tidak perlu 9000 yang disebar ke provinsi2 di pulau besar dan juga ditempatkan ditempatkan di pos2 militer yang berada di pulau2 yang berbatasan dengan negara lain, paling tidak untuk masing2 tipe ditempatkan 20 unit, dilengkapi gedung garasi, mess utk perwira dan prajurit, klinik kesehatan, landasan pesawat sepanjang 800 m dan lebar 300 meter, landasan heli pad, dermaga yang dapat menampung 5 kapal terdiri dari 2 kapal patroli, dan 2 kapal perang dan 1 kapal logistik serta pasukan, mercusuar, gedung dengan instalisasi radar, menara telekomunikasi, peralatan jammer dan anti jammer, sel surya, lampu penerang bandara dan dermaga, pembangunan jalan yang memadai di pulau tersebut, bunker, dilengkapi dengan 6 unit oerlikon, gudang logistik makanan, minuman, obat2an, logistik, komunikasi satelit di darat untuk jaringan internet, tb kabel, ditempatkan masyarakat transmigrasi yang dibantu penyediaan kapal penangkap ikan dengan bobot 5 Gt, tempat penyimpanan ikan, dermaga kapal nelayan, dibangunkan sumur bor, embung, pemasangan sel surya, bengkel dengan peralatan lengkap termasuk mesin bubut untuk onderdil untuk tank dan panser, pembangunan kolam ikan, kandang syam, kambing, domba dan sapi, cetak kebun dan sawah,pembuatan tempat untuk pelihara ikan di tengah laut yang dilengkaoibsel surya dan lampu kode serta detektor keberadaan manusia

    BalasHapus
  11. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  12. Kapan lalu saya pernah lihat cuplikan di yutup kalau angkatan darat jerman sampai saat ini masih menggunakan Tank kecil...bahkan sekilas lebih kecil dari Scorpion

    Sepertinya divisi Light Tank harus tetap ada yaa ? Untuk recon ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Namanya Wiesel, kalo yang artis bininya Gading Martin...Gissel

      Hapus
  13. A very powerful Indonesia. No one can match. Good good Indonesia

    BalasHapus
  14. banyak yg gak tau...turet medium tank itu sama dengan yg digunakan tank boat......dan lagi...turet ini bisa diubah2 sesuka hati.....mau dicopotin ganti laras dari 105 menjadi laras 25 mm juga bisa......aneka sensor juga bisa diprotolin sesuka hati sesuai selera.....pokoknya turet ajaib deh....plug and play....fit but no with juga bisa.......kedepannya kalau bisa medium tank juga ada versi amphibinya....buat temanin bmp3f

    BalasHapus
  15. KABAR BAIK

    Saya telah berpikir bahwa semua perusahaan pinjaman online curang sampai saya bertemu dengan perusahaan pinjaman Suzan yang meminjamkan uang tanpa membayar lebih dulu.

    Nama saya Zara, saya ingin menggunakan media ini untuk memperingatkan orang-orang yang mencari pinjaman internet di Asia dan di seluruh dunia untuk berhati-hati, karena mereka menipu dan meminjamkan pinjaman palsu di internet.

    Saya ingin membagikan kesaksian saya tentang bagaimana seorang teman membawa saya ke pemberi pinjaman asli, setelah itu saya scammed oleh beberapa kreditor di internet. Saya hampir kehilangan harapan sampai saya bertemu kreditur terpercaya ini bernama perusahaan Suzaninvestment. Perusahaan suzan meminjamkan pinjaman tanpa jaminan sebesar 400 juta rupiah (Rp400.000.000) dalam waktu kurang dari 48 jam tanpa tekanan.

    Saya sangat terkejut dan senang menerima pinjaman saya. Saya berjanji bahwa saya akan berbagi kabar baik sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman mudah tanpa stres. Jadi jika Anda memerlukan pinjaman, hubungi mereka melalui email: (suzaninvestment@gmail.com) Anda tidak akan kecewa mendapatkan pinjaman jika memenuhi persyaratan.

    Anda juga bisa menghubungi saya: (Zaradam@yahoo.com) jika Anda memerlukan bantuan atau informasi lebih lanjut

    BalasHapus
  16. Nama saya Andy Senang rasanya ketika saya pikir semuanya sudah selesai dengan saya tahun ini. Ibu Yuliana datang menyelamatkan saya. Saya sangat berhutang pada orang-orang yang saya pinjam uang dari mereka yang melawan saya dan kemudian saya ditangkap oleh polisi sebagai akibat dari hutang saya. selama berbulan-bulan sudah waktunya lagi bagi saya ketika saya dibebaskan untuk pergi dan mendapatkan uang untuk semua utang, saya menerima uang saya dari kreditur yang sah secara online saya harus mencari melalui petualangan blog saya tetapi komplikasi saya menemukan ANTHONY YULIANALENDERS, Tuhan menuntun saya untuk dia dan benar-benar keajaiban karena Tuhan telah melihat bahwa saya telah menderita banyak dan saya ingin saya bahagia lagi. Jadi saya melamar untuk pinjaman saya dan saya dikreditkan dengan jumlah persis yang saya minta setelah membayar biaya asuransi pinjaman saya karena saya berbicara dengan Anda sekarang saya dapat menghapus semua hutang saya dan sekarang saya memiliki supermarket sendiri, Saya tidak punya urusan dengan Polisi lagi. Saya sekarang orang merdeka. Jika Anda ingin keajaiban dalam hidup Anda hubungi ibu yuliana melalui email (Anthony.yulianalenders@gmail.com) Anda tidak dapat memperdebatkan fakta-fakta di dunia kemalangan ini yang akan membantu Anda mengatasi masalah keuangan dalam hidup Anda dalam satu atau lain cara, jadi saya memberi Anda mandat untuk mencoba dan menghubungi ibu yuliana dan mengelola keuangan Anda dalam hidup Anda. Anda dapat menghubungi saya melalui email: (andydenny124@gmail.com) selalu positif dengan ibu yuliana dia akan melihat Anda melalui semua tantangan Anda dan kemudian Anda akan terlihat baru secara finansial.

    BalasHapus