13 September 2017

Kapal Layar Latih KRI Bima Suci Diresmikan KASAL di Spanyol

13 September 2017


KRI Bima Suci, kapal layar latih tiang tinggi (photo : Atlantico Diario)

Vigo - Kapal layar latih pengganti Kapal Legendaris KRI Dewaruci yaitu KRI Bima Suci diresmikan oleh Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Ade Supandi, S.E., M.A.P., di Dermaga Vigo, Spanyol, Selasa (12/09). Dengan Acara peresmian tersebut menandai resminya KRI Bima Suci masuk ke dalam jajaran TNI AL sebagai Kapal Layar Latih Akademi Angkatan Laut (AAL).

Acara peresmian, diawali dengan laporan kesiapan oleh Dansatgas Yekda Kapal Layar Latih Laksamana Pertama TNI Sutarmono, M. Si. Han., dilanjutkan dengan penandatanganan berita acara serah terima, serta pemberian nama dan penandatanganan prasasti KRI Bima Suci oleh Ketua Umum Jalasenastri Ny. Endah Ade Supandi.

Sebagai puncak acara peresmian, dilaksanakan upacara kemiliteran di Dermaga Vigo, dimana Kasal Laksamana TNI Ade Supandi, S.E., M.A.P., bertindak selaku inspektur upacara, yang secara simbolis melaksanakan penekanan sirine sebagai tanda peresmian dan bendera Merah Putih berkibar di Kapal tersebut.

Pada upacara itu pula, Kasal mengukuhkan Letkol Laut (P) Widyatmoko Baruno Aji sebagai komandan pertama KRI Bima Suci, sekaligus merupakan Komandan Satgas Penyeberangan dan KJK 2017 yang akan membawa kapal generasi penerus KRI Dewaruci ini tiba di tanah air.


Maskot KRI Bima Suci (photo : Javier Alonso)

Rancangan teknis kapal layar tiang tinggi ini, memiliki ukuran panjang totalnya 111,20 meter, lebar 13,65 meter, kedalaman draft 5,95 meter, dan tinggi maksimal tiang layar 49 meter dari permukaan dek atas. Kapal kelas Bark (Barque, bahasa Inggris) tiga tiang itu memiliki 26 layar dengan luas keseluruhan layar 3.352 meter persegi. Ketinggian dek utamanya 9,20 meter dari permukaan laut. Keistimewaan KRI Bima Suci terletak pada instrumen navigasi pelayarannya yang lebih canggih, instrumen pemurnian air laut menjadi air tawar, hingga alat komunikasi dan data digitalnya.

Direncanakan pada 18 September mendatang, KRI Bima Suci akan langsung melaksanakan tugas pertamanya operasi penyeberangan dengan berlayar dari Spanyol menuju tanah air, sekaligus melaksanakan pelayaran Kartika Jala Krida (KJK) 2017, bersama dengan 119 Taruna/Kadet Akademi Angkatan Laut tingkat III Angkatan 64. KJK merupakan pelayaran muhibah ke luar negeri sekaligus latihan dan praktek (Latek) bagi Taruna AAL dengan menggunakan kapal latih Taruna, dan diharapkan KRI Bima Suci akan tiba di Surabaya pada 24 November 2017.

Turut hadir mendampingi Kasal para pejabat TNI AL dalam kesempatan tersebut antara lain, Asisten Operasi Kasal Laksamana Muda TNI INGN Aryatmaja, Asisten Logistik Kasal Laksamana Muda TNI Mulyadi, S.Pi., M.A.P., Panglima Armada RI Kawasan Timur Laksamana Muda TNI Darwanto, S.H., M.A.P., Gubernur Akademi Angkatan Laut Laksamana Muda TNI Wuspo Lukito, S.E., M.M., serta pejabat terkait lainnya. 

(TNI AL)

14 komentar:

  1. Udah jadi pula...gak ngurusi tetangga kepo...ayo beli terus tni ku

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tetanggga kepo, bener itu ga usah diurusi.
      Wong kita juga sama kepo-nya..hwahahaha... :D

      Hapus
  2. malaysie dah ada pon macam nie since 1995...size bigger...150 meter

    BalasHapus
    Balasan
    1. ha...ko masih nafikan kehaibatan malaysie yg suci murni ini ke???? Nanti ko akan kena santau tok bomoh kelapa super yang haibat

      Hapus
    2. Malon punya diberi nama kd suci dalam debu

      Hapus
  3. Smart move from Indonesia... Kapal model tiang dan layar besar model kuno seperti ini memang terlihat lebih eyecatching dan menarik perhatian yang melihatnya.

    Kebayang kan saat ada kunjungan ke negara2 sahabat, bbrp kapal negara lainnya modelnya begitu2 aja seperti fregat dll, kapal KRI Bima Suci ini pasti jadi point of interest karena dianggap tidak biasa dan istimewa.

    Good for TNI AL.

    BalasHapus
  4. kapal layar latih malaysia antara terbesar dunia...dah lakukan 15 x berlayar around the world...and more canggih banding indon punya

    BalasHapus
    Balasan
    1. tung tung tung, om daru melanggar dot kom

      Hapus
    2. om palunya gak ada..gimana piarannya sudah kaya wong edan...kurang gizi atau apa..seenak jidatnya aza pake panggil negara lu dengan nama larangan..lekas di fentung tu jidatnya biar kapok..jgn lupa dikasi kerjaaan..kasian dong om palu..hari harinya diisi dengan omongan sampah gitu..belum mati tapi sudah jadi mayat...tung tung tung....

      Hapus
    3. ded men wolkin haha!jiah om temenin dach, om daru kan karib om ap, lengket teruz, bagai jari telunjuk ame up*l haha! bungkus dech bungkuss, salam tung tung tung

      Hapus
  5. Ini Cocok untuk warga indonesia ambil tot


    Aku Poker Online
    Aku Poker Indonesia
    Judi Poker Android
    Poker Online Indonesia
    PokerTerbaik

    Ix ix ix

    BalasHapus
  6. Cie Cie malon iri kerana industri militernya tak de kemajuan Wkwkwk

    BalasHapus
  7. tiba 24 November 2017, wah gak bisa ikutan parade bulan depan dong.

    okelah kalo bgt, moga2 403, vampir, arisgator dll siyap

    BalasHapus